P. 1
skala waktu geologi

skala waktu geologi

|Views: 1,389|Likes:
Published by Yunita Permata Sari

More info:

Published by: Yunita Permata Sari on Dec 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2014

pdf

text

original

skala waktu geologi (geology time scale

)
Menurut kebanyakan orang sih umur 1000 tahun pada batuan atau lapisan tanah atau dalam kejadian pembentukan macam-macam singkapan itu,umur seribu tahun di anggap sudah lama atau tua. padahal dalam geologi umur segitu tuch muda banget...belum ada apa-apa nya.. nih coba kalo di lihat dari awal nya. bumi kita tuch terdiri dari berlapis-lapis lapisan tanah yang membentuk kerak dan mantel bumi,tapi perlu di inget untuk membuat lapisan-lapisan kayak gitu tuh butuh waktu sampe ratusan juta tahun sampe bahkan miyaran tahun untuk bisa mendapat kan bentuk kayak kue lapis tersebut,,,hehehehe. coba tafaddhol di lihat pembagian zaman atau periode menrut waktu geologi nih.

a. Zaman Arkeozoikum (4,5 sampai dengan 2,5 milyar tahun yang lalu) Artinya masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen. b. Masa Proterozoikum (2,5 milyar sampai dengan 290 juta tahun yang lalu) Masa ini merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer, pada masa ini sudah ada perkembangan mikroorganisme bersel tunggal menjadi bersel banyak.

c. Zaman Kambrium (590 sampai dengan 500 juta tahun yang lalu) Pada masa ini banyak hewan invertebrata yang selama hidupnya berada di lautan. d. Zaman Ordovisium (500 sampai dengan 440 juta tahun yang lalu) Meluapnya samudra dari zaman es. Gondwana dan benua lainnya menutupi celah samudra yang berada diantaranya. e. Zaman Silur (440 sampai dengan 410 juta tahun yang lalu) Selama zaman Silur deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, dan pantai utara Amerika. f. Zaman Devon (410 sampai dengan 360 juta tahun yang lalu) Pada zaman ini samudra menyempit sementara, benua Gondwana menutupi Eropa, Amerika Utara, dan Greenland. g. Zaman Karbon (360 sampai dengan 290 juta tahun yang lalu) Pada zaman ini benua-benua di permukaan bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Pangea. h. Zaman Perm (290 sampai dengan 250 juta tahun yang lalu) Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai massa daratan. i. Zaman Trias (250 sampai dengan 210 juta tahun yang lalu) Benua Pangea bergerak ke utara dan gurun terbentuk. Lembaran es di bagian selatan mencair dan celah-celah mulai terbentuk di Pangea. j. Zaman Jur a (210 sampai dengan 140 juta tahun yang lalu) Pangea terpecah di mana Amerikan utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika selatan melepaskan diri dari Amerika. k. Zaman Kapur (140 sampai dengan 65 juta tahun yang lalu) Pada zaman ini iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia. l. Zaman Tersier (65 sampai dengan 1,7 tahun yang lalu) Pada zaman ini kemunculan dan kepunahan hewan dan tumbuhan yang saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global. m. Zaman Kuarter (1,7 juta tahun yang lalu) Zaman ini terdiri atas Pleistosen dan Holosen. Pada Masa Pleistosen sebagian besar daratan ditutupi es dengan ditandai flora dan fauna yang bervariasi seperti

Ketika memasuki masa Holosen terjadi evolusi dengan ditandai mencairnya es secara global dan kemunculan manusia gua Skala waktu geologi Dari Wikipedia bahasa Indonesia. cari Diagram skala waktu geologi .Pithecanthropus Erectus. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi.

Sebagai contoh. Dalam juta tahun . batas antara zaman Kapur dan Paleogen didefinisikan dengan peristiwa kepunahan dinosaurus dan baerbagai spesies laut. (kala terakhir) terlalu kecil untuk dapat terlihat jelas pada garis waktu ini. didefinisikan dengan umur absolut. Masing-masing zaman pada skala waktu biasanya ditandai dengan peristiwa besar geologi atau paleontologi. Periode yang lebih tua. Waktu geologi bumi disusun menjadi beberapa unit menurut peristiwa yang terjadi pada tiap periode. Holosen.Skala waktu geologi digunakan oleh para ahli geologi dan ilmuwan untuk menjelaskan waktu dan hubungan antar peristiwa yang terjadi sepanjang sejarah Bumi. Tabel periode geologi yang ditampilkan di halaman ini disesuaikan dengan waktu dan tatanama yang diusulkan oleh International Commission on Stratigraphy dan menggunakan standar kode warna dari United States Geological Survey. seperti kepunahan massal. yang tak memiliki peninggalan fosil yang dapat diandalkan perkiraan usianya. Rentang waktu Rentang waktu kedua dan ketiga masing-masing merupakan subbagian dari garis waktu sebelumnya yang ditandai dengan atau tanda bintang (asterisk). Bukti-bukti dari penanggalan radiometri menunjukkan bahwa bumi berumur sekitar 4.570 juta tahun.

dan stage.00013[4] manusia. Holosen Fanerozoikum Kenozoiku m Neogen [3] Berkembangnya dan selanjutnya punahnya banyak mamalia Pleistosen besar 1. Sejarah skala waktu Tabel waktu geologi Tabel berikut memberikan ringkasan peristiwa-peristiwa utama dan karakteristik pada periode waktu yang membentuk skala waktu geologi. Tinggi tiap baris tidak menggambarkan rentang waktu tiap subdivisi waktu. period.005 * (megafauna Pleistosen). sedangkan epoch diterjemahkan menjadi kala. Awal . eon kadang diterjemahkan menjadi masa. period diterjemahkan menjadi periode atau zaman. epoch. Eon Era Periode [1] Mulai.Peristilahan Dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia. Evolusi manusia modern secara anatomis. juta Kala/Seri Peristiwa utama tahun yang lal u[2] Akhir glasiasi dan kebangkitan 0. Seperti diagram di atas.806 ± 0. era. .011430 ± peradaban 0. skala waktu ini didasarkan pada International Commission on Stratigraphy. berturut-turut skala waktu geologi dari yang terbesar adalah eon.

Kera pertama muncul. Evolusi dan penyebaran utama berbagai Pliosen Miosen Paleogen [3] Oligosen .Zaman Es terkini. Australopitheca. Iklim hangat.9±0.1 * pesat. terutama mamalia. Orogeny di belahan utara. Iklim dingin dan kering. Evolusi dan diversifikasi pada fauna 33. 23. Homo habilis muncul.005 * yang saat ini ada mulai muncul. Iklim moderat.332 ± 0.03 ± 0. Rumput tumbuh di mana-mana. banyak mamalia dan moluska 5. Mamalia dan familia burung modern dikenali.05 * Berbagai kuda dan mastodon berkembang.

Munculnya beberapa keluarga 55. Mamalia kuno (mis.jenis tumbuhan berbunga modern. Mamalia besar Eosen Paleosen . Rumput pertama. dll) berkembang.8±0.2 * mamalia "modern". Uintatheriidae.3 keturunan primitif menyusul kepunahan dinosaurus. Condylarth. Iklim tropis.5±0. Creodont. Tumbuhan modern muncul. Ice cap berkembang di Antarktika. Paus primitif terdiversifikasi. Mamalia terdiversikasi menjadi * beberapa garis 65.

6±0. Hadrosauridae. Ikan bertulang sejati (Teleostei) modern mulai bermunculan. Titanosauridae.5 ± 4. mosasaurus dan hiu modern Mesozoiku Kapur m . Bivalvia rudist. bersama dengan jenis-jenis baru insekta. Tyrannosauridae .pertama (sampai seukuran beruang atau kuda nil kecil). al Banyak jenis baru dinosaurus (mis. Atas/Akhir Tumbuhan 99. Ammonita. Belemnoidea.0 ditemukan. dan Ceratopsidae) berkembang. juga Crocodilia modern. Echinoidea dan Bawah/Aw Porifera umum 145.9 * berbunga berkembang.

2 ± 4. Atas/Akhir Gymnospermae 161. and stegosaurus. Gondwana terpecah. 199.6 ± 2.muncul di laut. Bennettitales dan sikas) dan paku-pakuan umum ditemukan.6 ± 0.0 * tumbuhan runjung.6 al carnosaurus. marsupialia and eutheria bermunculan. Mamalia monotremata. Banyak jenis dinosaurus. Mamalia kecil umum ditemukan.0 (terutama Tengah 175. seperti Bawah/Aw sauropoda. Burung primitif perlahan menggantikan pterosaurus. Burung pertama dan hewan melata bersisik Jura .

Ichthyosaurus dan Nothosaurus di Bawah/Aw lautan.0 ± 1. ammonita dan Belemnoidea juga banyak dijumpai. Bulu babi sangat umum.5 Trias 251.4 * . Ichthyosaurus dan plesiosaurus berkembang. dan Rhynchonellida. Porifera. Terebratulida. Cynodonta menjadi lebih 228. Brachiopoda. bintang laut. Terpecahnya Pangaea menjadi Gondwana dan Laurasia. Atas/Akhir Dinosaurus mendominasi: Tengah Archosaurus di daratan.0 245. juga lili laut. Bivalvia.0 ± 0.(Squamata). dan al Pterosaurus di udara.0 ± 2.

4 ± 0.kecil dan lebih menyerupai mamalia.7 * Paleozoiku Perm m 299. Ammonita sangat umum. Cisuralian Akhir tahap glasial PermoCarboniferous.6 ± 0.7 * 270. membentuk Pegunungan Appalachia. dan juga banyak insekta.8 * . Koral modern dan ikan bertulang sejati (Teleostei) muncul.0 ± 0. Banyak terdapat amfibi Temnospondylu s . Dicrodium merupakan flora umum di daratan. Reptilia 260. mamalia dan crocodilia pertama muncul. Lopingian Daratan bergabung Guadalupi menjadi an superbenua Pangaea.

sementara parareptilia dan [Amfibia Temnospondylia masih umum ditemukan. . flora zaman Karbon mulai digantikan oleh tumbuhan runjung (tumbuhan berbiji sejati pertama) dan tumbuhan lumut sejati pertama. Brachiopoda (Productida dan Spiriferida) .Synapsida (Pelycosaurus dan Therapsida) melimpah. Kehidupan laut berkembang di bagian terumbu dangkal yang hangat. Kumbang dan serangga bersayap dua berevolusi. Pada zaman Perm pertengahan.

Foraminifera.Bivalva. termasuk seluruh trilobita.7 ± 1. Karbon[5] Atas/Akhir Winged insects 306. dan amonit Orthocerida melimpah. Kepunahan massal antara Perm dan Trias terjadi 251 juta tahun yang lalu: 95 persen kehidupan di bumi pun. graptolita.1 Pennsylsuddenly. some . dan Blastoidea.5 ± 1.0 / radiate Tengah 311.

).3 ± 2.1 ± 1. club Bawah/Aw trees.1 amphibious seascorpions live Bawah/Aw amid coal359. Highest-ever oxygen levels. Goniatites. ferns. etc.5 * forming coastal al swamps. Amphibians common and diverse. Lobefinned Karbon[5] / Mississippian . first land Tengah vertebrates. First reptiles and coal forests (scale trees. Cordaites.4 ± 1. bivalves.6 trees. and 345. giant 318. bryozoa. Protodonata and Palaeodictyopte ra) are quite large. Testate forams proliferate.2 ± 2.3 * al horsetails. Atas/Akhir Large primitive 326. brachiopods.vanian (esp. and corals plentiful in the seas.

rhizodonts are big fresh-water predators. Corals. as do the first seed-bearing plants Bawah/Aw (progymnosper 416. But trilobites and nautiloids decline. goniatites and brachiopods (Productida. echinoderms (esp.7 * horsetails and ferns appear. and first Devon .5 ± 2. In the oceans. etc.) very common. Spiriferida.6 * clubmosses. early sharks are common and quite diverse.8 * al ms). crinoids and blastoids) abundant. Glaciation in East Gondwana. Tengah 397.3 ± 2. bryozoa.0 ± 2. first trees (the tree-fern Archaeopteris). Atas/Akhir First 385.

while squid-like coleoids arise. "Old Red Continent" of Euramerica. while jawed fishes (placoderms.9 ± 2.7 * First vascular plants (the Atas/Akhir whisk ferns and 422.7 ± 2. Goniatite ammonoids are plentiful. 418. and crinoids are all abundant in the oceans. Strophomenid and atrypid brachiopods.(wingless) insects. First amphibians still aquatic.5 * (Ludlow) their relatives). lobe-finned and ray-finned fish. Pridoli Silur . and early sharks) rule the seas. rugose and tabulate corals. Trilobites and armoured agnaths decline.

5 * rugose corals. Seascorpions reach large size. populate the seas.6 (e. and crinoids all abundant.3 * and arthropleurids on land. graptolites not as varied. Wenlock Atas/Akhir Invertebrates 460..first millipedes 428.7 * Early corals. Trilobites and mollusks diverse.3 ± 1. long Ordovisiu straight-shelled m Bawah/Aw cephalopods). (Llandover brachiopods y) (Pentamerida.2 ± 2. al articulate brachiopods .9 ± 1. Rhynchonellida. etc. First jawed fishes. as well as many armoured jawless fish. Bawah/Aw Tabulate and al 443.6 * diversify into Tengah many new types 471. 488.8 ± 1.).7 ± 1.g.

). nautiloids. Strophomenida. First green plants and fungi on land.0 * ) life in the Kambrium Kambriu Tengah Explosion.0 ± 2. most modern animal Bawah/Aw phyla appear. branched graptolites. cystoids. etc.0 m fossils. and other taxa all common.(Orthida. ostracods. bivalves. Conodonts (early planktonic vertebrates) appear. along . Ice age at end of period.3 * al First chordates appear. trilobites. Many 513.). many types of echinoderms (crinoids. etc. Atas/Akhir Major (Furongian diversification of 501. bryozoa.0 ± 2. 542. starfish.0 ± 0.

Praka Proter Good fossils of multi-celled 630 Neoprotero Ediacaran moanimals. problematic phyla.. Prokaryotes. while many Ediacaran fauna die out. Trilobites. fungi and algae continue to present day. priapulid worms. sponges. Gondwana emerges. Ediacaran fauna (or brium zoiku Vendobionta) flourish +5/-30 * . and many other animals numerous. Reefbuilding Archaeocyatha abundant. inarticulate brachiopods (unhinged lampshells). Anomalocarids are giant predators. protists (e. forams).with a number of extinct. then vanish.g.

Trace fossils of simple multi-celled eukaryotes.[6] m [7] zoikum worldwide in seas. First radiation of dinoflagellate-like acritarchs. n Paleoproter First complex single-celled Statheria olife: protists with nuclei. Trace fossils of worm-like Trichophycus. Enigmatic forms include oval-shaped Dickinsonia. Possible "snowball Earth" Cryogeni period. 850 [8] Tonian 1000 [8] Stenian Mesoproter ozoikum Ectasian Narrow highly metamorphic belts due to orogeny as 1200 [8] supercontinent Rodinia is formed. Platform covers continue to expand. Green algae 1400 [8] colonies in the seas. Fossils still rare. 1600 [8] 1800 [8] Calymmia Platform covers expand. . Rodinia supercontinent persists. an Rodinia landmass begins to break up. etc. frond-shaped Charniodiscus. First sponges and trilobitomorphs. and many soft-jellied creatures.

Siderian 2500 [8] Neoarkean Stabilization of most modern cratons. Simple single-celled life (probably bacteria and perhaps archaea). Oldest macrofossils. 2800 [8] Mesoarkea First stromatolites (probably colonial n cyanobacteria). Arkean [7] 3200 [8] Paleoarkea First known oxygen-producing bacteria.zoikum n Columbia is the primordial supercontinent. 2300 [8] Huronian glaciation. Oxygen Catastrophe: banded iron formations result. 3600 [8] n Oldest definitive microfossils. [7][9] . Rhyacian 2050 [8] Bushveld Formation occurs. possible mantle overturn event. Zircon. mineral tertua n c. Vredefort and Orosirian Sudbury Basin asteroid impacts. Eoarkean Hadea Pembentukan bumi (4570 jtl). Much orogeny. Oldest 3800 probable microfossils. The atmosphere became oxygenic.4570 yang diketahui (4400 jtl).

Ciri-ciri dari fosil index tersebut ialah: Memiliki rentang hidup yang singkat Penyebarannya luas .UMUR GEOLOGI Umur geologi merupakan skala umur yang menunjukkan jaman-jaman yang telah berlangsung sejak bumi terbentuk hingga kehidupan saat ini. skala waktu yang digunakan disebut skala waktu geologi yang bagannya dapat dilihat pada gambar berikut: Contoh skala waktu geologi Amerika Utara Contoh skala waktu geologi Amerika Utara Masing-masing dari jaman pada skala waktu geologi tersebut memiliki fosil penciri yang disebut fosil index.

Fosil index tiap jaman. Material yang dapat diukur antara lain ialah sedimen. umur absolut ini langsung menunjukkan angka umurnya sehingga dapat diketahui pada jaman apa batuan tersebut terbentuk. dan Coeloptychium rude. batuan beku. Umur absolut ialah umur yang ditunjukkan dengan suatu angka yang diperoleh dari pengukuran radioaktif. Penentuan Umur Umur geologi terbagi menjadi 2. Dengan kata lain. fosil. Umur relatif ialah umur yang ditentukan berdasarkan posisi batuan atau fosil relatif terhadap posisi batuan atau fosil di sekitarnya. benda arkeologi dan tumbuhan seperti yang terdapat pada gambar berikut: . jumlahnya bisa lebih dari satu. tetapi pernyataan bahwa tentang mana yang lebih tua dan mana yang lebih muda berdasarkan proses pembentukannya. Jadi. Misalnya saja jaman Cretaceous atau Kapur yang memiliki fosil index Inoceramus sp. dapat hidup dalam iklim dan cuaca apapun dalam satu jaman. yaitu umur relatif dan umur absolut.Tidak memiliki periode hidup yang khusus. Jadi. umur relatif tidak menunjukkan angka.

Berdasarkan . Fosil suksesi merupakan analisa kesejajaran fosil atau disebut juga biostratigrafi. lebih efisien menggunakan umur relatif. Tetapi. Tiap material tersebut dapat diukur umur relatif maupun umur absolutnya. Penentuan umur relatif dapat ditentukan melalui prinsip superposisi. Prinsip superposisi menjelaskan bahwa lapisan batuan yang berada di bawah. potong memotong. dan prinsip kesebandingan. jika ingin mengetahui kapan material tersebut terbentuk.Contoh material yang dapat diukur umurnya. fosil suksesi. tergantung pada keperluan penelitian yang dilakukan. dalam kondisi normal (tidak terdeformasi) lebih tua daripada lapisan di atasnya. sedimen (tengah) dan benda arkeologi (kanan). Fosil tumbuhan (kiri). Untuk mengetahui urutan proses pembentukannya. lebih efektif menggunakan umur absolut.

Dalam Prinsip potong memotong. kosmogenik (Cl-36. misalnya ialah radiokarbon atau C-14. metode yang cocok ialah radiokarbon karena metode yang lain kesalahannya terlalu besar untuk penentuan umur absolut daun. Lalu.prinsip ini. yaitu: Metode menghitung. terdapat dua metode. Khusus untuk daun. Be-10. dan sclerochronology (menghitung lapisan dari pertumbuhan organisme seperti koral. Al-26). Untuk menentukan umur absolut. He-3. lapisan yang mengandung fosil yang sejenis. Metode isotop. atau Uranium series disequilibrium. atau kayu yang membatu). Skala Waktu Geologi: (1) Hadean . misalnya fosil yang memiliki sutura sederhana lebih tua daripada fosil yang suturanya lebih kompleks. prinsip kesebandingan ialah membandingkan bentuk. contohnya ialah menghitung lingkaran tahunan. memiliki rentang umur yang sama. jumlah endapan atau sutura fosil. kerang-kerangan. lapisan yang memotong lebih tua daripada lapisan yang dipotongnya.

Rn) yg lebih dense pada . gue sendiri baru tahu ada Hadean…biasa-nya kan langsung ke Proterozoic… dr mana angka 3800 itu…? ternyata muncul dr batuan sedimen yg ter-alterasi (terubah secara fisika dan kimia) di Greenland dr satu vulcanic dike (mmhhh…apa ya istilah Indonesia-nya…?…angka 4400 muncul dr mineral zircon yg di-temukan di Canada bagian barat dan Australia bagian barat…sedimen di Greenland di-ketahui mengandung karbon organik yg bisa jd meng-indikasi-kan bahwa pada saat itu telah ada proses photosintesis…pada masa Hadean ini jg ternyata ada peristiwa yg di-sebut Late Heavy Bombardment: bulan.500 juta tahun yg lalu)…perlu di-inget bahwa umur geologi sangat-lah lama untuk ukuran umur manusia…nggak hanya 70 atau 80 tahun tapi sampe juta-an tahun untuk satu umur geologi… jujur. bahasa Yunani untuk "nggak keliatan" atau "neraka" hanya sekedar untuk meng-gambarkan suasana bumi pada saat itu…"Eon" adalah sebutan untuk satu masa atau satu periode…jd Hadean adalah bukan hanya ber-umur satu atau dua tahun tapi adalah satu periode waktu…mulai dr 3800-4500 Ma (3. umur bumi jg bisa di-tentuin lewat jenis fauna yg di-temukan pada lapisan batuan tertentu…karena jenis fauna tertentu tersebut punya masa hidup yg tertentu jg…misal binatang2 yg hidup pada jaman Jurrasic akan ber-beda dgn binatang2 yg hidup pada jaman modern sekarang…pasti.570 juta tahun (4570 Ma)…selain karena bukti radiometric. sekitar 20 cekungan dgn diameter 1000km dan beberapa cekungan dgn diameter sekitar 5000m… se-jumlah air kemungkinan sudah ada pada saat itu…hidrogen dan helium diperkirakan masih bisa di-hasil-kan dr atmosfer…tapi sedikit-nya jumlah noble gas (unsur2 di Grup 18 pada tabel unsur: He. Kr. Venus dan Mars mendapat-kan impact dr benda2 di angkasa…akibat peristiwa ini. Xe. bumi. bumi jd punya sekitar 22.800 sampai 4. Ne. Merkurius. Ar.skala umur geologi (geologic time scale) di-gunakan geologist & scientist lain-nya buat penentuan waktu dan hubungan-nya dgn kejadian2 selama bumi ini pernah ada… bukti radiometric me-nyebutkan bahwa bumi kita ini umur-nya udah 4.000 kawah akibat tabrakan benda angkasa dgn diameter lebih dr 20km. dong… umur 4570 Ma ini di-sebut sebagai "Eon Hadean" (bagian dr Precambrium)…nama Hadean di-adapt dr Hades.

meng-indikasikan bahwa telah terjadi sesuatu yg hebat pada atmosfer Hadean… studi pada mineral zircon menyebutkan bahwa cairan air telah terdapat paling nggak sejak 4400 Ma.modern atmosfer. se-saat setelah pembentukan bumi…hal ini meng-haruskan terdapat-nya atmosfer pada saat itu… .

LAPANGAN PEKERJAAN TEKNIK GEOFISIKA OLEH NAMA NMP : YUNITA PERMATA SARI : 1115051039 PROGRAM STUDI TEKNIK GEOFISIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG 2011 .

studi pada mineral zircon menyebutkan bahwa cairan air telah terdapat paling nggak sejak 4400 Ma. se-saat setelah pembentukan bumi…hal ini meng-haruskan terdapat-nya atmosfer pada saat itu… LAPANGAN PEKERJAAN TEKNIK GEOFISIKA .

OLEH NAMA NMP : YUNITA PERMATA SARI : 1115051039 PROGRAM STUDI TEKNIK GEOFISIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LAMPUNG 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->