MAKALAH

POLUSI UDARA

Oleh : Home Group 4
1. Almer Radilatujani

(1106087515) (1106054914) (1106001126) (1106054901) (1106053691)

2. Aulia Pangestu
4. Indar Fauziah 5. Irvan Ramadhan Z. 6. M. Rayanovtam

3. Fadli Robby Rizki A. (1106087566)

7. Putu Agya Paramarta (1106054896)

UNIVERSITAS INDONESIA DEPOK 2011

.............. 3 2...............................................................................................................7 Daftar pustaka ..................................................................4 4..................... Tujuan……………………………………………………………………........3 3...........DAFTAR ISI Daftar isi …………………………………………………………………………............ 2 3.........8 ii i ........ i Kata pengantar ... Latar Belakang ....... Dampak Polusi Udara ..................................................... 2 BAB II PEMBAHASAN 1.................... Rumusan Masalah…………………………………………………….………………………………………….................................................................................... Pengertian Polusi Udara ................ 1 2..... Penanggulangan Polusi Udara................. ii BAB I PENDAHULUAN 1................................................................................................................... Penyebab Timbulnya Polusi Udara .....................................5 BAB III KESIMPULAN…………………………………………………………..........................

Polusi udara membawa dampak yang sangat buruk bagi manusia dan lingkungan. dampaknya. Pada dasarnya makalah ini tentu memiliki kekurangan. kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sebagai media pembelajaran kami dalam menyusun makalah. Oleh karena itu. Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. kami dapat menyelesaikan makalah ini. dan cara penanggulangan polusi udara. tetapi sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Oleh karena itu. Kami mengharapkan makalah ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Santoso Sukirno selaku dosen MPKT B Kelas D Fakultas Ilmu Komputer yang telah membimbing kami. November 2011 Penulis ii .KATA PENGANTAR Polusi udara merupakan masalah yang sangat serius. Depok. Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahNya. makalah ini membahas tentang sebab timbulnya polusi udara.

hewan. hidrokarbon. kesadaran masyarakat tentang bahaya yang ditimbulkan oleh polusi udara masih sangat rendah . mobil penumpang sebanyak 177%. Latar Belakang Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan tanah yang subur serta sumber daya alam yang melimpah. Akan tetapi. serta mudah merusak harta benda adalah partikulat yang mengandung partikel aspal dan jelaga. pada tahun 1993-1997 terjadi peningkatan jumlah sepeda motor sebanyak 207%. World Bank menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan atau partikulat tertinggi setelah Beijing. pada tahun 2009. Luas hutan yang dimiliki Indonesia mencapai 10% dari luas hutan dunia. Seperti yang terjadi di Jakarta. Hal yang sangat ironis terjadi pada bumi kita pertiwi. Berdasarkan hal tersebut. Semuanya merupakan emisi dari kendaraan bermotor. Ribuan orang meninggal setiap tahunnya karena menderita infeksi saluran pernapasan. Akan tetapi.BAB I PENDAHULUAN I. Polusi udara membawa dampak negatif bagi kesehatan manusia. Bahkan. Diperkirakan 70% pencemaran udara terjadi karena adanya kendaraan bermotor. Udara yang bersih sangat sulit untuk didapatkan. Polutan udara yang berbahaya bagi kesehatan manusia. New Delhi. dan bus sebanyak 138%. Polusi udara di kota-kota besar merupakan salah satu masalah yang sangat memprihatinkan. mobil barang sebanyak 176%. dan nitrogen oksida. dan Mexico City. asma. idealnya Indonesia memiliki kualitas udara yang sangat baik. dan kanker paru-paru sebagai akibat terhirupnya udara yang mengandung kadar gas-gas beracun dan jelaga yang tinggi. salah satu studi melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkan beberapa jenis polutan yang dianggap berbahaya bagi makhluk hidup. sulfur dioksida.

Mengetahui penyebab timbulnya polusi udara. Bagaimana cara mengatasi polusi udara? 2 . 1 III. Rumusan Masalah Makalah ini akan membahas beberapa permasalahan tentang polusi udara. Apakah yang menyebabkan terjadinya polusi udara? 3.II. Mengetahui dampak polusi udara terhadap manusia dan lingkungan. Tujuan Penulisan makalah ini bertujuan untuk: • • • • Mengetahui definisi dari polusi udara. Apakah polusi udara itu? 2. Permasalahanpermasalahan tersebut adalah: 1. Mengetahui cara penanggulangan polusi udara. Apakah kaitan polusi udara dengan kehidupan makhluk hidup? 4.

yaitu pencemaran yang tidak menimbulkan kerugian bagi manusia. yaitu pencemaran yang sudah dapat bereaksi pada daya tahan tubuh dan menyebabkan terjadinya penyakit yang kronis. Pencemaran tingkat ketiga. Istilah polusi atau pencemaran berasal dari negara Yunani yang berarti mengotorkan. Ada empat tingkatan pencemaran yang diklasifikasikan oleh WHO. Udara dikatakan "normal" dan dapat mendukung kehidupan manusia apabila komposisinya seperti tersebut diatas. polusi / pencemaran adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup. baik manusia maupun makhluk hidup lainnya.BAB II PEMBAHASAN I. Udara merupakan campuran dari gas. Sedangkan polusi udara adalah penyusutan kualitas udara sampai pada yang mengganggu kehidupan karena masuknya polutan ke udara. yaitu pencemaran yang mulai menimbulkan kerugian bagi manusia seperti terjadinya iritasi pada indra kita. metan (CH4) dan hidrogen (H2). Pengertian Polusi Udara Setiap makhluk hidup membutuhkan udara. Pencemaran tingkat pertama. Dan yang terakhir adalah pencemaran tingkat keempat. zat energi. yang terdiri dari sekitar 78% nitrogen (N2). Oleh karena itu. sehingga kualitas turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi secara optimal. yaitu pencemaran yang telah menimbulkan sakit akut dan kematian bagi manusia maupun hewan dan tumbuh-tumbuhan. Menurut UU RI No. Pencemaran tingkat kedua. maka dikatakan udara sudah tercemar atau terpolusi. .93% argon.03% karbon dioksida (CO2) dan sisanya terdiri dari neon (Ne). merusakkan atau mencemarkan. helium (He). 0. 20% oksigen (O2). 0. 23 Tahun 1997 Pasal 1 Ayat 3. Sedangkan apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan serta perubahan komposisi tersebut. dan atau komponen lain kedalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan dari kegiatan proses alam. udara adalah hal yang sangat penting dan mendasar bagi kehidupan.

pembusukan. Sementara itu. HC. dan partikulat. kendaraan bermotor menyumbang hampir 100% timbal. Polusi udara mmberikan pengaruh baik bagi kesehatan manusia maupun pada lingkungan. benda partikulat (PM). Secara alami. sumber utama dari polusi udara ditimbulkan oleh manusia. dan hampir seluruh karbon monoksida ke udara Jakarta. 34%-73% oksida nitrogen. hal ini menuntut bertambahnya jumlah kendaraan. maupun karena ulah manusia. sulfur dioksida (SO2). 71%-89% hidrokarbon. polusi udara timbul karena letusan gunung berapi. Fardiaz (1992) mengungkapkan bahwa 60% dari pencemar udara terdiri dari karbon monoksida dan 15 % dari hidrokarbon. CFC. Ozon (O3). Penyebab Timbulnya Polusi Udara Polusi udara terjadi karena masuknya polutan ke dalam udara. Hasil pembakaran tersebut berupa polutan yaitu CO. Jika arus mobilitas meningkat. khususnya kendaraan bermotor sehingga kendaraan bermotor menjadi penyebab utama polusi udara karena kendaraan bermotor mengeluarkan emisi gas karbon monoksida (CO). SO2. dan nitrifikasi serta denitrifikasi makhluk hidup. dan hidro karbon (HC). Polusi udara dapat timbul baik secara alami. kegiatan rumah tangga. Jumlah penduduk yang terus-menerus bertambah secara tidak langsung menimbulkan polusi udara. NO2. Walhi (2004) menjelaskan bahwa.II. timbal (Pb). Negara-negara yang sedang berkembang memiliki angka pertambahan penduduk yang tinggi. Zat-zat yang dapat menyebakan polusi udara diantaranya adalah karbon monoksida (CO). Akan tetapi. karbon dioksida (CO2). 13%-44% SPM. 3 III. Dampak Polusi Udara Polusi udara menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan di bumi. Dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia diantaranya adalah: . Selain kendaraan bermotor. polusi udara juga disebabkan oleh kegiatan perindustrian dan rumah tangga. asap-asap yang dihasilkan dari kegiatan perindustrian mengandung sulfur dioksida. nitrogen dioksida (NO2). Pada umumnya. kebakaran hutan dengan sebab alamiah. Pertambahan penduduk menyebabkan arus mobilitas meningkat. seperti pembakaran sampah rumah tangga merupakan sumber utama debu yang tercampur di udara.

dan semprotan aerosol. • Penurunan kecerdasan (IQ) anak-anak Pb (timbal) dapat terakumulasi dalam tubuh manusia. terbawa ke paru-paru. metan. Zat-zat pencemar tersebut berkumpul di atmosfer membentuk lapisan tebal yang menghalangi matahari dan menyebabkan pemanasan planet dan efek rumah kaca. dan mengendap di paru-paru. dan bronkhitis Zat-zat asing yang terdapat pada udara akan terhirup. dan dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan sel syaraf dan sistem otak. • Terjadinya kerusakan lapisan ozon Semakin menipisnya lapisan ozon disebabkan oleh zat CFC yang bersumber dari AC. • Membuat pertumbuhan tanaman terhambat . dan oksida nitrat. Keberadaan zat asing tersebut akan menyebabkan infeksi dan gangguan kerja paru-paru.• Menyebabkan penyakit pernapasan. asma. serta menganggu pertumbuhan anak. Sementara itu. • Penurunan kesehatan dan kemampuan mental anak-anak Unsur timbal (Pb) yang terhirup anak akan menyerang sel syaraf. • Terjadinya hujan asam Hujan asam diebabkan oleh SO2 dan NO2 yang berasal dari asap knalpot dan pupuk yang digunakan dalam pertanian. misalnya paru-paru. mengurangi intelegensia. lemari es. dampak polusi udara terhadap lingkungan diantaranya adalah: • Terjadinya pemanasan global (global warming) dan efek rumah kaca Pemanasan global disebabkan oleh emisi dari zat-zat pencemar seperti karbon dioksida (CO2). dapat meracuni atau 4 merusak fungsi mental dan perilaku.

campuran pencemar-pencemar seperti nitrogen dioksida dan sulfur dapat merusak batu lebih cepat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi udara di bumi ini.  Memanfaatkan kendaraan umum .  Melakukan penghijauan dan reboisasi 5 Penghijauan dan reboisasi sangat penting untuk dilakukan agar jumlah tumbuhan menjadi semakin banyak sehingga CO2 yang berada di udara dapat diubah menjadi O2 melalui proses fotosintesis. IV.  Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi Sepeda tidak menghasilkan emisi gas apapun sehingga sangat ramah lingkungan.  Menghentikan pembakaran hutan Pembakaran hutan menyebabkan luas hutan yang bertindak sebagai paru-paru dunia berkurang secara signifikan.Beberapa studi menunjukkan bahwa tumbuhan yang ditanam di sepanjang jalur jalan utama di perkotaan tingkat pertumbuhannya lebih rendah dibandingkan dengan tumbuhan yang ditanam di desa. Penanggulangan Polusi Udara Permasalahan polusi udara harus sesegera mungkin ditanggulangi secara maksimal. dan partikel udara yang berasal dari kendaran bermesin diesel menyebabkan kotornya permukaan bangunan. asap. Berdasarkan hasil percobaan. • Mempercepat pengikisan bangunan Kepadatan daerah perkotaan. Selain itu. Cara-cara tersebut diantaranya adalah:  Mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar bernilai oktan tinggi Bahan bakar yang mempunyai nilai oktan yang tinggi melakukan pembakaran yang lebih efisien sehingga hanya menghasilkan sedikit gas karbon monoksida (CO). asap yang timbul dari kebakaran hutan menghasilkan emisi gas CO2 dalam jumlah yang sangat besar.

Dengan menggunakan kendaraan umum yang dipakai bersama. 6 . Semua elemen masyarakat harus sadar akan dampak buruk polusi udara dan berpartisipasi aktif dalam usaha meminimalisasi polusi di bumi ini agar tingkat polusi dapat benar-benar berkurang sehingga kita dapat menyelamatkan bumi dari kerusakan yang lebih parah dan manusia dapat hidup di lingkungan yang sehat. berarti kita mengurangi jumlah kendaraan yang beroperasi dan pencemaran udara pun berkurang.  Memakai kendaraan yang usianya maksimal 10 tahun Kendaraan yang usia mesinnya sudah tua melakukan pembakaran yang tidak efisien sehingga menghasilkan banyak gas CO dan tidak ramah lingkungan.

dan nitrifikasi serta denitrifikasi makhluk hidup dapat menyebabkan polusi udara. limbah industri. Kejadian-kejadian yang terjadi di alam. pembusukan. seperti mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar bernilai oktan tinggi. hujan asam. menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. memanfaatkan kendaraan umum. yaitu pemanasan global (global warming). dan efek rumah kaca. penurunan kesehatan dan kemampuan mental anak-anak. Polusi udara juga membawa dampak buruk bagi lingkungan. dan bronkhitis. Selain itu. Untuk mengatasi masalah polusi udara. misalnya paru-paru. asma. serta penurunan kecerdasan (IQ) anak-anak dapat disebabkan pula oleh polusi udara.BAB III KESIMPULAN Polusi udara merupakan masalah serius yang sering dianggap remeh oleh manusia di muka bumi ini. melakukan penghijauan dan reboisasi. seperti letusan gunung berapi. kebakaran hutan dengan sebab alamiah. zatzat asing atau komponen lain di udara yang menyebabkan berubahnya tatanan udara oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam. Akan tetapi. memakai kendaraan yang usianya maksimal 10 tahun. Polusi udara berdampak buruk bagi kesehatan manusia. dan menggunakan teknologi ramah lingkungan. Polusi udara adalah kondisi udara yang tercemar dengan adanya bahan. kerusakan lapisan ozon. polusi udara lebih banyak berasal dari manusia. seperti asap kendaraan bermotor. 7 . menghentikan pembakaran hutan. banyak hal yang dapat kita lakukan. serta limbah rumah tangga. Polusi udara menyebabkan penyakit pernapasan.

dephan. pukul 13:33:22.net/2009/01/07/pencemaran-udara-dampak-dan-solusinya/.com/2009/08/07/12/. 2009.asp?mnorutisi=8&vnomor=7. 8 8 . 19 Oktober 2011. http://buletinlitbang. Riki Apriyandi. dan Solusinya!!. Dampak. 2007. Polusi Air dan Udara.id/index. Kanisius.wordpress. Yogyakarta. http://bio04.go. 1992. 19 Oktober 2011. Dampak Pencemaran Udara di Indonesia. Putra. http://putracenter. Dampak dan Upaya Penanggulangan Pencemaran Udara. Pencemaran Udara. 05 November 2011. pukul 13:44:03. pukul 22:31:29. Indah Kastiyowati.DAFTAR PUSTAKA Fardiaz.