SILABUS

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Alokasi Waktu : SMPLB-B : Ilmu Pengetahuan Sosial : VIII/I : 8 kali pertemuan (2x45 menit)

Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan social berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk 2. Memahami Proses kebangkitan nasional 3. Memahami masalah penyimpangan social 4. Memahami pelaku kegiatan ekonomi di masyarakat Mata pelajara n Geografi 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik Kompetensi Dasar  Menunjukkan letak wilyah Indonesia  Indikator Pengalaman Belajar Melihat peta dunia secara nyata dalam Alokasi waktu 2 kali pertem uan Jenis tagihan Tes dan Demonst non tes rasi Ceramah Tes tulis Tes lisan 1. Jelaskan letak geologis Indonesia! tehnik Penilaian instrumen

Contoh soal

serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah • Mendengarkan cerita secara langsung dari saksi sejarah atau ahli sejarah 2 kali pertem uan (4x45 menit) Tes dan Ceramah non tes Tanya Jawab Tes tulis Tes lisan 1. Mengapa musim kemarau terjadi sekitar bulan Mei hingga Oktober? Sejarah 2. Sebutkan 3 (tiga) kebijakankebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah kolonial di Indonesia! 2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat.wilayah dan penduduk  Menyebutkan dua musim yang terjadi di wilayah Indonesia  Menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia  Menjelaskan sebab terjadinya perubahan musim  Menjelaskan perkembangan kolonialisme dan imperialism barat di Indonesia  Mengidentifikasi kebijakan-kebijakan pemerintah colonial  Menyebutkan 3 pengaruh yang •  volume yang besar (4x45 menit) Tanya Jawab 2. Sebutkan 4 (empat) jasa-jasa Raffles waktu .

Sebutkan 3 (tiga) akibat positif dan 3 (tiga) akibat negatif dari pelaksanaan kebijakankebijakan pemerintah kolonial di Indonesia! Sosiologi 3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras.disebabkan oleh kebijakan-kebijakan kolonialisme dan imperialism di berbagai daerah berkuasa di Indonesia tahun 1811 – 1816! 3. PSK. Mengapa  . Apakah perilaku menyimpang itu? 2. narkoba. judi. dan sebagainya)  Menjelaskan pengertian penyimpangan social  Menyebutkan berbagai penyakit sosial sebagai akibat adanya  Mengetahui perilaku menyimpang dan berusaha untuk menjauhi dan tidak melakukannya. 2 kali pertem uan (4x45 menit) Tes dan Ceramah non tes Demonst rasi Tanya Jawab Tes tulis Tes lisan Tes perbuatan 1. HIV/Aids. Mengapa perilaku menyimpang dapat muncul dalam diri seseorang? 3.

Mungkinkah kebutuhan primer  . Apa yang terjadi jika pengendalian sosial dalam masyarakat tidak berfungsi? upaya pencegahan dan pengendalian penyimpangan social Ekonomi 4.sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat  Menjelaskan pengendalian sosial diperlukan dalam hidup bermasyarakat? 4. Jelaskan apa saja yang dapat memengaruhi kebutuhan manusia! 2. Jelaskan fungsi nilai dan norma sosial sebagai alat pengendalian sosial! 5.1 Mendeskripsik an hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan  Menjelaskan arti dari kebutuhan  Menyebutkan 3 macam-macam kebutuhan  Menyebutkan 3 macam Sumber  Mementingkan kebutuhan yang paling utama Belajar menghemat sumber daya alam dan tidak 2 kali pertem uan (4x45 menit) Tes dan Ceramah non tes Demonst rasi Tanya jawab Tes tulis Tes lisan 1.

Mengapa kebutuhan pribadi masing-masing orang berbeda? .kebutuhan manusia yang tidak terbatas Daya yang ada di Bumi  Menjelaskan kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia bertindak boros dapat ditunda pemenuhannya? Jelaskan! 3.

M.PENDIDIDIKAN IPS Dosen Pembimbing : Prof. 3. Siti Masitoh. Dr.Pd Disusun oleh : 1.M. Firdausiy Wiwit Yuswanjaya Lailatul Mufidah (091044030) (091044222) (091044239) PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011 . R. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful