P. 1
Teori

Teori

|Views: 65|Likes:
Published by Febryan Atma

More info:

Published by: Febryan Atma on Dec 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2011

pdf

text

original

Teori-Teori Implementasi Kebijakan

oleh: thiarong Pengarang : H.A.R. Tilaar

Implementasi kebijakan adalah hal myang paling- berat, karenah di sini masalah-masalah yang kadang tidak dijumpai didalam konep, muncul dilapangan. Selain itu, ancaman utama, adalah konsistensi implementasi. Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa teori implementasi kebijakan. 1. Teori van Meter dan van Horn Teori ini mengandalkan bahwa implementasi kebijakan berjalan secara linier dari kebijakan publik, implementor, dan kinerja kebijakan publik. 2. Teori Mazmanian dan Sabetier Mengemukakan bahwa implementasi adalah upaya melaksanakan keputusan kebijakan. Teori ini biasa juga disebut sebagai teori Kerangka analisis implementasi . Kedua ahli ini mengklasifikasikan proses implementasi kebijakan ke dalam tiga variabel. Pertama variabel independen, yaitu mudah tidaknya masalah dikendalikan yang berkenaan dengan indikator masalah teori dan tehnis pelaksanaan, keragaman obyek, dan perubahan seperti apa yang dikehendaki. Kedua variabel intervening yaitu variabel kemampuan kebijakan untuk menstrukturkan proses implementasi dengan indikator kejelasan dan kosistensi tujuan. 3. Teori Hoodwood dan Gun Menurut kedua pakar ini untuk melakukan implementasi kebijakan diperlukan beberapa syarat. yaitu jaminan bahwa kondisi eksternal yang dihadapi oleh lembaga/badan pelaksana tidak akan menimbulkan masalah yang besar. Syarat kedua adalah apakah untuk melaksanakannya tersedia sumber daya yang memadai, termasuk sumber daya waktu. Syarat ketiga apakah perpaduan sumber-sumber yang diperlukan benar-benar ada. Syarat keempat apakah kebijakan yang akan diimplementasikan didasari hubungan kausal yang andal. Syarat kelima adalah seberapa banyak hubungan kausalitas yang terjadi 4. Teori Goggin ahli ini bertujuan mengembangkan teori implementasi kebijakan yang lebih ilmiah dengan mengedepankan pendekatan "metode penelitian" dengan adanya variabel independen, intervening dan dependen 5. Teori Grindle Ide dasarnya adalah bahwa setelah kebijakan ditransformasikan, maka implementasi kebijakan dilakukan. 6. Teori Elmore dkk Teori implementasi ini didasarkan pada jenis kebijakan publik yang mendorong masyarakat untuk mengerjakan sendiri implentasi kebijakannya atau masih melibatkan pejabat pemerintah, namun hanya ditataran rendah.

dan bureaucratic structures.shvoong.com/business-management/management/2176937-teori-teoriimplementasi-kebijakan/#ixzz1gHRpkSYd . resource.7. Sumber: http://id. yaitu communication. Teori Edward Menyatakan bahwa untuk memperhatikan empat isu pokok agar implementasi kebijakan menjadi efektif. dispotition.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->