BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kebutuhan manusia terhadap energi semakin lama semakin meningkat.Energi yang digunakan saat ini berasal dari minyak bumi. Namun, eksploitasiyang berlebihan terhadap minyak bumi mengakibatkan persediaannya semakin menipis. Tuhan menganugrahkan pada manusia akal untuk berfikir. Dengan akal manusia inilah teknologi-teknologi baru ditemukan. Kemajuanteknologi juga telah sampai pada penggunaan energi alternatif sebagaipengganti sumber energi utama yang semakin sedikit jumlahnya . Dengan harga minyak sekarang ini, pemerintah telah berada dalam pilihan yang sangat berat untuk mengambil keputusan menaikkan harga minyak. Selain mengurangi kebiasaan boros energy yang dapat menstabilkan harga minyak, sekarang ini bangsa Indonesia harus segera memperoleh solusi untuk masalah energi pada masa yang akan datang. Walaupun krisis energi sekarang ini akan berlalu, usaha untuk mengganti peran bahan bakar fosil dengan sumber energi baru dan terbarukan perlu ditingkatkan lagi. Di antara berbagai sumber energi terbarui yang sedang dikembangkan, di bumi Indonesia terkandung potensi sumber energi sangat besar yang dapat mengurangi peran bahan bakar fosil dalam membangkitkan tenaga listrik. Yaitu sumber energi angin, hidroelektrik dan geothermal atau panas bumi

1.2 Rumusan Masalah

1.2.1 1.2.2 1.2.3

Apa pengertian dari energi angin, hidroelektrik, dan geothermal. Apa manfaat dari energi angin, hidroelektrik, dan geothermal. Apa saja keuntungan dari energi angin, hidroelektrik, dan geothermal.

1

3. hidroelektrik. dan geothermal. 1.3. dan geothermal.3.2. hidroelektrik. dan geothermal. dan geothermal. dan geothermal.3. hidroelektrik.5 Bagaimana prinsip kerja dari energi angin. 1. hidroelektrik. dan geothermal.4 Untuk mengetahui kerugian dari energi angin.3. 1.3 Untuk mengetahui keuntungan dari energi angin. dan geothermal. 2 . hidroelektrik. 1.3 Tujuan Masalah 1. 1. hidroelektrik.5 Untuk mengetahui prinsip kerja dari energi angin.4 Apa saja kerugian dari energi angin. hidroelektrik.1.1 untuk mengetahui pengertian dari energi angin.2. 1.2 Untuk mengetahui manfaat dari energi angin.

Angin kekuatan berbeda-beda dan dengan demikian tidak dapat menjamin power secara berkelanjutan. Pada 2005. dan dalam praktek sangat sedikit wilayah yang memiliki angin yang bertiup terus menerus. Energi Kinetik dari angin dapat Digunakan untuk Menjalankan Turbin angin. Meskipun masih berupa sumber energi listrik minor di kebanyakan negara. Sementara ini mungkin berubah sejalan dengan 3 . penghasilan tenaga angin lebih dari empat kali lipat antara 1999 dan 2005. Namun begitu di daerah Pesisir atau daerah di ketinggian.BAB II PEMBAHASAN 2. maka Turbin tersebut paling tidak membutuhkan angin dalam kisaran 5. Tenaga angin menunjuk kepada pengumpulan energi yang berguna dari angin. kapasitas generator tenaga-angin adalah 58. angin yang cukup Tersedia konstan.000 MW dari kapasitas pembangkitan dapat diandalkan hanya kekuatan 333MW yang berkesinambungan.1 Energi Angin • Pengertian Energi Angin Karena matahari memanaskan permukaan bumi secara tidak merata. maka terbentuklah angin. Keluaran tenaga Kubus adalah fungsi dari kecepatan angin.5 m / d (20 km / j). Beberapa mampu memproduksi tenaga 5 MW.982 MW. Beberapa perkiraan menyarankan thpada angin 1. hasil tersebut kurang dari 1% penggunaan listrik dunia.

Selain untuk pembangkitan listrik. seperti tanaman Desalination. g. Energi angin adalah bebas polusi jauh bentuk energi yang berkelanjutan. Tidak seperti bahan bakar fosil seperti batubara dan minyak. d. turbin angin sangat cocok untuk mendukung kegiatan pertanian. Dapat berkontribusi dalam ketahanan energi dunia di masa depan f. penghemat listrik. b. Energi angin adalah salah satu yang termurah dari teknologi energi terbarukan. advokat telah mengusulkan menggabungkan tenaga angin dengan sumber daya lain. perladangan dan perikanan. aerasi tambak ikan. • Keuntungan Energi Angin Keuntungan energy angin antara lain : a. atau penggunaan teknik penyimpanan energi. • Manfaat Energi Angin Energi angin tidak melepaskan polusi ke udara atau air. turbin angin memanfaatkan pasokan energi kinetik tak terbatas dalam bentuk angin. Energi angin adalah salah satu yang tumbuh paling cepat bentuk pembangkit listrik di dunia. Eksploitasi sumber energi ini tidak akan membuat sumber daya angin berkurang seperti halnya penggunaan bahan bakar fosil. yang ada dalam persediaan terbatas dan yang harus diekstrak dari bumi dengan biaya lingkungan yang besar. 4 . dan sebagainya.perkembangan teknologi.Daya angin merupakan salah satu dan tak habis-habisnya ("diperbaharui") bebas sumber energi. atau cadangan beban. energy angin digunakan pembangkit listrik. dan tidak berkontribusi pada pemanasan global. c. seperti untuk keperluan irigasi. Merupakan sumber energi yang ramah lingkungan. untuk mengurangi dampak ekonomi dari variabilitas sumber daya. Hal ini paling baik digunakan dalam konteks suatu sistem yang memiliki kapasitas cadangan signifikan seperti hidro. dengan ini dalam pikiran. pengolahan gandum. e.

Sehingga membuat pembangkitan tenaga angin di daratan menjadi terbatas. Derau mekanik yang terjadi disebabkan oleh operasi mekanis elemen-elemen yang berada dalam nacelle atau rumah pembangkit listrik tenaga angin. Dalam keadaan tertentu turbin angin dapat juga menyebabkan interferensi elektromagnetik. c. Dampak Visual Penggunaan ladang angin sebagai pembangkit listrik membutuhkan lahan yang luas dan tidak dapat disembunyikan. mengganggu penerimaan sinyal televisi atau transmisi gelombang mikro untuk perkomunikasian. Derau Suara (derau frekuensi rendah) Putaran dari sudu-sudu turbin angin dengan frekuensi konstan lebih mengganggu dari pada suara angin pada ranting pohon. b. Tidak menghasilkan gas rumah kaca sekali dibangun dan tidak menghasilkan limbah beracun atau radioaktif. Pembangunan pembangkit angin pada lahan yang 5 . Adanya pembangkit listrik tenaga angin ini dapat mengganggu migrasi populasi burung dan kelelawar.h. Selain derau dari sudusudu turbin. pemasangan barisan pembangkit angin dapat mengurangi lahan pertanian serta pemukiman. • Kerugian Energi Angin Kincir angin modern tidak bebas dari dampak lingkungan pada tempattempat mereka dan yang paling penting ini dapat terdaftar sebagai berikut : a. Burung dan kelelawar dapat terluka atau bahkan mati akibat terbang melewati sudut-sudut yang sedang berputar. Selain mengganggu pandangan. Penempatan ladang angin juga menjadi persoalan bagi penduduk setempat. Masalah Ekologi Pengaruh ekologi yang terjadi dari penggunaan pembangkit tenaga angin adalah terhadap populasi burung dan kelelawar. penggunaan gearbox serta generator dapat menyebabkan derau suara mekanis dan juga derau suara listrik.

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. generator merubah energi mekanik menjadi energi listrik dari generator energi listrik menuju transformer untuk menaikan tegangannya kemudian baru didistribusikan ke konsumen • 2. • Prinsip Kerja Energi Angin Cara kincir angin bekerja sangat sederhana yaitu: • • • Angin akan meniup bilah kincir angin sehingga bilah bergerak bilah kincir angin akan memutar poros didalam nacelle Poros dihubungkan ke gearbox. Bentuk yang kurang umum adalah memanfaatkan energi kinetik seperti tenaga 6 . • Manfaat Hydroelektrik satu bentuk tenaga hidro digunakan untuk Hydroelektrisitas adalah memproduksi listrik. secara luas. Kebanyakan tenaga hidroelektrik berasal dari energi potensial dari air yang dibendung dan menggerakkan turbin air dan generator. di gearbox kecepatan perputaran poros ditingkatakan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox • gearbox dihubungkan ke generator.2 Hydroelektrik • Pengertian hydroelektrik Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Namun.bertanah kurang bagus juga dapat menyebabkan rusaknya lahan di daerah tersebut. pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun. Energi listrik yang dibangkitkan ini biasa disebut sebagai hidroelektrik. melainkan juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

aerasi tambak ikan. Pusat tenaga yang dijalani oleh provinsiprovinsi ini disebut BC Hydro. Biaya listrik yang konstan Karena bahan bakar tidak diperlukan untuk pembangkit listrik tenaga air. Ontario. hydroelektrik sangat cocok untuk mendukung kegiatan pertanian dan perikanan. Tidak ada polusi udara dibuat Karena pembangkit listrik tenaga air tidak membakar bahan bakar pun tidak ada polusi disebabkan oleh mereka. 7 . Negara bahkan tidak harus mengimpor bahan bakar untuk menjalankan pembangkit listrik tenaga air sehingga menghemat banyak mata uang lokal. b. dan sebagainya. c. Ia tidak memancarkan gas berbahaya dan partikel. seperti untuk keperluan irigasi.ombak. minyak dan gas alam di pasar internasional. Labrador) bagian Kanada (provinsi British Columbia. Di Hidroelektrisitas banyak adalah dan sumberenergi Newfoundland and terbaharui. Quebec. Ini tidak bergantung pada biaya bahan bakar seperti batubara. dan Newfoundland and Labrador Hydro.512 MW (2005). hidroelektrisitas digunakan secara luas. Hydro-Québec merupakan perusahaan penghasil listrik hydro terbesar dunia. Keuntungan Hidroelektrik a. ( Manitoba Hydro ). biaya listrik yang dihasilkan oleh mereka kurang lebih konstan. Selain untuk pembangkitan listrik. dengan total listrik terpasang sebesar 31. sehingga membuat suasana di sekitarnya bersih dan sehat untuk hidup. Tidak ada bahan bakar yang dibutuhkan Salah satu keunggulan utama dari pembangkit listrik tenaga air adalah bahwa mereka tidak memerlukan bahan bakar apapun untuk menghasilkan tenaga. Manitoba. Hydro One(dulunya "Ontario Hydro". Pembangkit listrik tenaga air memanfaatkan energi terbarukan air untuk pembangkit listrik. Hydro-Québec.

d. h. sebagai pembangkit listrik tenaga air menjadi tua. f. Daya puncak terjadi pada malam hari. Dapat dengan mudah bekerja selama sehari-hari beban puncak tinggi Permintaan harian kekuasaan tidak konstan sepanjang hari. Pembangkit listrik tenaga air dapat dengan mudah dimulai dan dihentikan tanpa memakan banyak waktu. Selanjutnya. Ada beberapa pembangkit listrik tenaga air yang dibangun lebih dari 50-100 tahun yang lalu dan masih berjalan. Long kehidupan Kehidupan pembangkit listrik tenaga air lebih panjang dari kehidupan pembangkit listrik termal. sehingga biaya operasi pembangkit listrik tenaga air yang rendah. g. e. biaya pembangkitan listrik dari itu menjadi lebih murah karena biaya modal awal yang diinvestasikan dalam tanaman pulih selama periode panjang operasi. Hal ini sangat sulit untuk memulai dan menghentikan pembangkit listrik termal dan nuklir setiap hari. Air olahraga dan taman 8 . Irigasi pertanian Air dari bendungan juga dapat digunakan untuk irigasi lahan pertanian sehingga menghasilkan output pertanian sepanjang tahun bahkan di wilayah di mana terdapat hanya sedikit atau tidak ada curah hujan. Air dapat dikumpulkan dalam bendungan sepanjang hari dan ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik selama periode puncak. Biaya pembangkitan listrik Untuk kerja pembangkit listrik tenaga air sedikit orang yang sangat diperlukan karena sebagian besar operasi otomatis.

h. Kekurangan Hidroelektrik a. Tingginya biaya konstruksi bendungan berarti bahwa mereka harus beroperasi selama beberapa dekade menjadi menguntungkan. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius antara negara-negara tetangga. Membangun bendungan besar mengubah tingkat air tabel alami. f. pembangunan Bendungan Hoover di Amerika Serikat memicu sejumlah gempa bumi dan telah tertekan permukaan bumi di lokasinya. Sebagai contoh. Bendungan sangat mahal untuk membangun dan harus dibangun dengan standar yang tinggi sangat.Di sekitar bendungan air dari waduk dapat dimanfaatkan untuk membangun fasilitas rekreasi publik seperti taman air untuk olahraga air dan kebun. Meskipun perencanaan modern dan desain bendungan yang baik. Di beberapa negara. Mencegah Banjir Bendungan itu juga membantu mencegah banjir di daerah sebelah sungai besar. orang paksa dibuang sehingga tenaga air skema bisa pergi ke depan. c. Masyarakat yang tinggal di desa-desa dan kota-kota yang berada di lembah yang akan banjir. Hal ini mengakibatkan kematian dan banjir. harus pindah. di bendungan lama terakhir telah diketahui melanggar (bendungan memberikan di bawah berat air di danau). Sebagai contoh. pembangunan Bendungan Aswan di Mesir telah 9 . b. e. Banjir areal tanah berarti bahwa lingkungan alam ini hancur. Ini berarti bahwa mereka kehilangan tanah pertanian mereka dan bisnis. g. i. d. Pembangunan bendungan besar dapat menyebabkan kerusakan geologi serius. Bendungan dibangun menghalangi kemajuan sungai di satu negara biasanya berarti bahwa pasokan air dari sungai yang sama di negara berikut ini di luar kendali mereka.

Manusia. yang oksigenat air. flora. dan fauna bisa kehilangan habitat alami mereka. Mempertahankan arus minimum air hilir dari instalasi listrik tenaga air juga sangat penting bagi kelangsungan hidup habitat riparian. budaya lokal dan situs sejarah mungkin banjir. k. m. j. Hal ini perlahan-lahan menyebabkan banyak kerusakan monumen kuno sebagai garam dan mineral merusak disimpan dalam pekerjaan batu dari 'naik lembab' disebabkan oleh tingkat air tabel berubah. populasi ikan dapat berpengaruh jika ikan tidak dapat bermigrasi terakhir bendungan impoundment hulu untuk bertelur atau jika mereka tidak dapat bermigrasi hilir ke laut. daya Hydro dapat mempengaruhi kualitas air dan arus. Hydro pembangkit listrik dapat menyebabkan rendahnya kadar oksigen terlarut dalam air. Hydro pembangkit listrik bisa dipengaruhi oleh kekeringan. Baru hydro power fasilitas dampak lingkungan lokal dan dapat bersaing dengan kegunaan lain tanah. yang berdampak ikan dan ekosistem sekitarnya. tumbuhan. masalah yang berbahaya bagi riparian (tepi sungai) habitat dan ditangani dengan menggunakan berbagai teknik aerasi. Hilir bagian ikan dibantu dengan mengalihkan ikan dari intake turbin menggunakan layar atau rak atau bahkan lampu bawah air dan suara. Mereka juga mengambil banyak ruang dan dapat memaksakan pada hewan. bagian ikan Hulu dapat dibantu dengan menggunakan tangga ikan atau lift. pembangkit listrik tenaga air tidak bisa menghasilkan listrik. sehingga renovasi fasilitas ini juga harus peka 10 . atau dengan menjebak dan pengangkutan ikan hulu dengan truk. Bila air tidak tersedia. l. Beberapa tenaga air fasilitas yang lebih tua mungkin memiliki nilai sejarah.mengubah tingkat meja air. Mereka menggunakan alternatif mungkin lebih sangat dihargai dari pembangkit listrik. dan bahkan lingkungan manusia. dan dengan mempertahankan aliran tumpahan minimum melewati turbin. i. dam daya Hydro dapat merusak lingkungan sekitarnya dan mengubah kualitas air dengan membuat tingkat oksigen terlarut rendah.

Air yang keluar dari turbin melalui Tail Race selanjutnya kembali ke tempat semula. kinetik) dirubah menjadi energi mekanik dengan dialirkan melalui siripsirip pengarah (sudu tetap) akan mendorong sudu jalan/runner yang terpasang pada turbin. diproyeksikan bahwa persentase tenaga yang diperoleh dari bendungan-bendungan listrik tenaga air akan menurun menjadi sekitar empat persen karena tidak ada tanaman baru dalam karyakarya.terhadap masalah pelestarian tersebut dan dampak pada kehidupan tumbuhan dan hewan. dan karena lebih banyak uang sedang diinvestasikan dalam sumbersumber energi alternatif lainnya seperti tenaga surya dan tenaga angin . di stop e. b. 2. f.3 Geothermal • Pengertian geothermal 11 . g. masuk ke Pipa Pesat (Penstock) untuk merubah energi potensial Pada ujung pipa pesat dipasang Katup Utama (Main Inlet Valve) Katup utama akan ditutup otomatis apabila terjadi gangguan atau Air yang telah mempunyai tekanan dan kecepatan tinggi (energi a. d. n. Pada tahun 2020. menjadi energi kinetic. untuk mengalirkan air ke turbin. c. Energi putar yang diterima oleh turbin selanjutnya digunakan untuk menggerakkan generator yang kemudian menghasilkan tenaga listrik. • Prinsip Kerja Hydroelektrik Air dialirkan melalui saringan Power Intake.

Secara singkat geothermal didefinisikan sebagai panas yang berasal dari dalam bumi. Sedangkan energi panas bumi adalah energi yang ditimbulkan oleh panas tersebut. uap air dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan. • Manfaat Geothermal Manfaat menggunakan panas bumi untuk pembangkit listrik. mata air panas. pemanfaatan panas bumi akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak sehingga dapat menghemat cadangan minyak bumi • Keuntungan Energi Panas Bumi 12 . dan therme adalah panas. dan geyser. Untuk menangkap panas bumi tersebut harus dilakukan pemboran sumur seperti yang dilakukan pada sumur produksi minyakbumi. Uap air panas dibersihkan dan dialirkan untuk memutar turbin. Bahkan jauh lebih dalam lagi sampai pada sumber panas yang ekstrim dari batuan yang mencair atau magma. adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas.Geothermal berasal dari bahasa Yunani yaitu geo adalah bumi. Panas bumi sebagaimana didefinisikan dalam Undang-undang Nomor 27 Tahun 2003 tentang Panas bumi. kemudian uap dan air panas dipisahkan. Sumberdaya energi panas bumi dapat ditemukan pada air dan batuan panas di dekat permukaan bumi sampai beberapa kilometer di bawah permukaan. Panas bumi menghasilkan energi yang bersih (dari polusi) dan berkesinambungan atau dapat diperbarui. Panas bumi mengalir secara kontinyu dari dalam bumi menuju ke permukaan yang manifestasinya dapat berupa: gunung berapi. sehingga perlu didorong dan dipacu perwujudannya. Pemanfaatan panas bumi relatif ramah lingkungan. terutama karena tidak memberikan kontribusi gas rumah kaca. Air panas yang telah dipisahkan dimasukkan kembali ke dalam reservoir melalui sumur injeksi yang dapat membantu untuk menimbulkan lagi sumber uap. Panas bumi dapat menghasilkan listrik yang reliabel dan hampir tidak mengeluarkan gas rumah kaca. Sumur tersebut menangkap air tanah yang terpanaskan.

peneliti akan melakukan survei tanah (yang mungkin memakan waktu beberapa tahun untuk menyelesaikan) dan kemudian posting temuan mereka kepada perusahaan yang dikontrak survei. Geothermal memiliki kelemahan utama pada saat membangun pembangkit energi panas bumi terutama terletak pada tahap eksplorasi. g. Panas bumi juga dapat terbarukan karena praktis sumber panas alami dari dalam bumi tidak ada batasnya. Energi panas bumi adalah sumber tenaga yang andal yang dapat mengurangi kebutuhan impor bahan bakar fosil. dan ini adalah kerugian utama tentang menemukan lokasi yang cocok membangun.Energi panas bumi dapat menyediakan sumber tenaga yang bersih dan terbarukan serta dapat memberikan keuntungan yang signifikan. Panas geothermal diekstrak dari jauh di dalam permukaan bumi. Ada beberapa faktor penentu lain yang dapat meyakinkan konstruktor untuk membangun berbagai jenis pembangkit listrik energi terbarukan di lokasi yang berbeda. Selama eksplorasi. seperti turbin angin . b. Beberapa keuntungan sumber energi panas bumi adalah: a. fosil • Kerugian Energi Panas Bumi. e. Menyediakan tenaga listrik yang andal dengan Terbarui dan berkesinambungan Memberikan tenaga beban dasar yang konstan Dapat meng”conserve” bahan bakar fosil Memberikan keuntungan ekonomi secara lokal Dapat dikontrol secara jarak jauh Dapat mengurangi polusi dari penggunaan bahan bakar pembangkit yang tidak memakan Tempat. d. Emisi energi panas bumi tak mengandung polutan kimiawi atau tak mengeluarkan limbah dan hanya mengandung sebagian besar air yang diinjeksikan kembali kedalam bumi. f. c. 13 .

Semburan uap dialirkan ke turbin uap penggerak generator.Kelemahan lain besar ekstraksi energi panas bumi. sebuah situs yang memiliki gembira telah mengeluarkan uap dan mengubahnya menjadi listrik selama bertahun-tahun. 14 . hingga uap dalam kantong akan menyembur keluar. gas berbahaya dapat melarikan diri dari dalam bumi. Tepatnya di atas lapisan batuan yang keras di atas magma dan mendapat air dari lapisan humus di bawah hutan penahan air hujan. Pabrik harus dapat mengandung gas bocor. uap akan diembunkan dalam kondensor menjadi air dan disuntikkan kembali ke dalam perut bumi menuju kantong uap. Pengeboran dilakukan di atas permukaan bumi menuju kantong uap tersebut. tapi membuang gas bisa sangat sulit untuk melakukan dengan aman. melalui lubang-lubang dibor oleh konstruktor. Setelah menggerakkan turbin. Pengembang situs tersebut harus hati-hati dan menyadari bahwa dalam beberapa kasus. Hal ini dapat terjadi dan berlangsung selama sekitar 10 tahun di beberapa kasus. adalah bahwa dalam banyak kasus. • Prinsip Kerja Geothermal Bumi didapatkan dari suatu kantong uap di perut bumi. tiba-tiba bisa berhenti memproduksi uap.

hydroelektrik. hydroelektrik. Hydroelektrik adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Secara singkat geothermal didefinisikan sebagai panas yang berasal dari dalam bumi. dan geothermal berbeda-beda. dan geothermal sama-sama digunakan untuk pembangkit listrik. Sedangkan energi panas bumi adalah energi yang ditimbulkan oleh panas tersebut. 15 . dan “therme” adalah panas. Dan energy angin. Sedangkan Geothermal berasal dari bahasa Yunani yaitu “geo” adalah bumi. Manfaat secara umum dari energy angin.BAB III PENUTUP 3. Keunggulan dan kerugian dari energy angin.1 Kesimpulan Dari pembahasan diatas dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa energi angin merupakan energy alternative yang menggunakan angin. hydroelektrik.

googleusercontent.brighthub.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www. hydroelektrik.com/penghemat-energi-keuntungandan-kekurangan-energi-angin.crayonpedia.id&twu=1&u=http://www.co.aspx&usg=ALkJrhgNT8MoimZi TliDBP6J6QuqwPQsGg#ixzz1OHpaCTvz.com/translate_c?hl=id&langpair=en %7Cid&rurl=translate.cleanenergy-ideas.google. DAFTAR PUSTAKA http://www.2. http://translate. 3.geothermal ternyata sangat berguna bagi kehidupan kita. Sehingga energy angin. dan geothermal dapat digunakan sebagai energy alternative untuk menangulangi permasalahan krisis bahan bakar fosil di dunia. http://translate.answers. http://wiki. karena dilihat dari manfaatnya tersebut kita dapat menghemat energy.2 Saran Kami sebagai penulis menyarankan agar menggunakan energy alternative untuk mengurangi krisis bahan bakar fosil di dunia ini.co.com/2010/05/4-sumber-energi-terbaharui-modern.harga-murah. dan dampak pada lingkungan sekitar tidak begitu besar. http://ipoetmedia.html. http://www.com/e nvironment/renewableenergy/articles/7728.blogspot.org/mw/Energi_6.com/articles/advantages_of_geoth.penghematlistrik. 16 .google.com/Q/What_are_the_advantages_and_disadvantages_of_hyd ro-electric_power#ixzz1OHpuv2QN.html.

http://isamas54.blogspot.html. http://ichsandi.http://yefrichan.blogspot.com/2011/05/pusat-listrik-tenaga-air-plta.wordpress. 17 .com/2010/05/12/pembangkit-listrik-tenaga-anginbayupltb/.com/2011/03/pembangkit-tenaga-listrik-bagian-3.html.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful