Aliran Lukisan Mancanegara

Ditugaskan oleh: Ibu Dini Birdieni, S.Pd

Disusun oleh: Gerina Maylinda

SMP Negeri 34 Bandung Tahun ajaran 2011/2012 Jl. Waas Soekarno-hatta Telp (022) 7565790-70834334 Bandung

Aliran Lukisan Mancanegara

Page 2

Seni Lukis
Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi lukisan. untuk Alat mendapat yang kesan tertentu. juga bisa Mediumlukisan bisa bermacam-macam, berbentuk dengan apa syarat saja, bisa seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media digunakan memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.

Aliran Lukisan Mancanegara

Page 3

karya-karya yang dihasilkannya pun nampak aneh. Hal in sebenarnya lebih terdorong oleh adanya sikap sinis akibat Perang Dunia I. pengaturan bidang secara dramatis yang dipandu dengan penerapan bidang yang serba prespektif. ataupun tumbuh-tumbuhan. dan penuh misteri. Intuisi adalah pengetahuan intuitif yang diperoleh melalui pengkhayalan tentang hal-hal individual yang menghasilkan gambar angan-angan. Perintis aliran ini Benedotto Croce (1866-1952) menyatakan bahwa seni adalah pengungkapan dari kesan-kesan (art is expression of impression). Kubisme Kubisme sebagai suatu aliran dalam seni lukis Kubis mempergunakan bentuk-bentuk geometri (segituga. anti perasaan. warna cenderung cerah. Sehingga. bahken cenderung menonjolkan kekerasan serta kejorokan. Nilai estetisnya indah di mana terdapat buaian garis-garus diagonal. binatang. Romantisme Aliran ini mengambil tema terhormat dan besar. oleh seniman figure-figur tersebut dipecah menjadi susunan bentuk-bentuk geometris.Aliran Seni Lukis Mancanegara Surrealisme Para seniman dari kelompok Surrealisme ini berusaha membebaskan diri dari kesadaran pikir. Aliran Lukisan Mancanegara Page 4 . Tokoh-tokohnya antara lain: Salvador Dali dan Sudibio. karenanya banyak pula orang yang menyebut karya semacam ini dengan istilah ‘Realisme Dunia Mimpi’. dll. seperti halnya mengkopi lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci tetapi ditambah kumis. Walaupun sebenarnya yang digambarkan adalah figure manusia. Pispot dari tempat sampah diangkat sebagai karya yang diberi judul dan dipamerkan. kubus. gambar-gambar poster. ungkapan penuh gerak dan berlebihan. kecenderungan dramatisasi. Teknik yang digunakan adalah teknik realistic. tragedi yang luas. Ciri-cirinya :     tema kerjadian yang mengenaskan/kegetiran. asing. Ekspresionisme Penganut paham Ekspresionisme memiliki dalil bahwa ‘Seni adalah suatu pengungkapan dari dari perasaan manusia’ atau ‘Art is an expression of human feeling’. menghendaki kebebasan yang besar sebebas orang yang tengah bermimpi dalam menciptakan karyakaryanya. kaku dalam keseluruhan komposisinya. karya-karyanya serba aneh. Menurut Croce ekspresi dama dengan intuisi. Teknik yang digunakan adalah kolase yaitu dengan menempel potongan kertas surat kabar. atau kejadian yang dinamis. Aliran ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seseorang seniman ketikan menciptakan suatu karya seni. statis. Dilihat secara keseluruhan karya-karya seperti ini mempunyai kesan monumental. Artinya. Dadaisme Dadaisme sering disebut sebagar aliran anti seni (anti dalam arti dalil dan pengertian seni sebenarnya). Karya-karya kubisme dapat dilihat pada karya Pablo Picasso (Bapak Kubisme) dan George Braque. dll) dalam karya-karyanya.

 mengutamakan unsur-unsur keindahan. komposisi terbuka.pelukis fauvis berpendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut.Fauvisme Fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis. Dalam kata lain aliran lukis yang membebaskan diri dari aturan-aturan yang berlaku. Sebagai sanggahan atas aliran klasisme yang statis dan romantisme yang berlebihan dan mengada-ada terutama didukung oleh bangkitnya rasa social/sosialis. Memiliki ciri:  tema alam lingkungan. Aliran ini mendapat inspirasi dari kehidupan yang berubah menjadi modern berkat teknologi mesin yang menghasilkan unsur gerak dan kecepatan sebagai unsur yang sangat berpengaruh bagi kehidupan menusia di awal abad ke-20. Impresionisme Impresionisme adalah seni lukis yang pengungkapannya atas dasar kenyataan alam sesungguhnya dengan pertimbangan waktu dan cuaca.  tidak banyak melibatkan ekspresi. Aliran Lukisan Mancanegara Page 5 . penekanan pada kualiatas pencahayaan. Karakteristik utama lukisan Impresionisme adalah kuatnya goresan kuas.  ungkapan apa adanya sesuai dengan kasat mata. Naturalisme Aliran seni lukis yang mengungkapkan keadaan alam yang divisualisasikan ke dalam kanvas. dan sudut pandang yang tidak biasa. Ciri-ciri :  tema mengungkapkan rakyat jelata/kaum miskin. Realisme Gaya yang mengungkapkan kenyataan alami/kehidupan apa adanya terutama kaum miskin. Futurisme Aliran seni lukis yang mengimbangi segala sesuatu serba cepat dan dinamis. Tidak seperti karya impresionisme. warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis Impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya). subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol.

Aliran Lukisan Mancanegara Page 6 . tanda dari arsitek yang menegaskan kegunaan dan aspek fungsional.Abstraksionisme Aliran lukisan yang tumbuh dari kalangan yang berpandangan bahwa bentuk yang diungkapkan tidak menyamai bentuk yang ada di alam. Konstruktivisme Konstruktivisme dapat diartikan sebagai pergerakan di dalam seni dan arsitektur yang pertama kali berkembang di Moscow tahun 1915 dan merupakan pengaruh kubisme yang dipengaruhi oleh De Stij dan Bauhaus. Arsitek konstruk tivisme meminta peninggalan dari semua tradisi dan peraturan yang bersejarah.

Surrealisme dan Romantisme Gambar 3 Gambar 4 Masih sama seperti dibandingkan dengan Lukisan Kubisme. menjadikan kita lebih nyaman untuk menikmati lukisan.Perbandingan antar Aliran Lukisan Surrealisme dan Kubisme Gambar 1 Sleep. Aliran Lukisan Mancanegara Page 7 . Pablo Picasso-1932 Lukisan Surrealisme lebih jelas penggambarannya. Berbeda dengan Lukisan Kubisme yang kaya akan warna dan tekateki yang harus kita pecahkan untuk menemukan bentuk dari lukisan tersebut. namun menurut saya gambar yang dilukiskan menumbuhkan kesan seram sehingga timbul rasa takut untuk menikmatinya. bila melilih saya lebih suka untuk menikmati Lukisa Roman yang lebih nyata dan menggambarkan peristiwa walaupun kadang lukisannya sangat didramatisir. 1937-Salvador Dali Gambar 2 Girl Before a Mirror.

saya memilih untuk tidak melihatnya.Surrealisme dan Ekspresionisme Gambar 5 Gambar 6 Jika dihadapkan dengan 2 lukisan seperti ini. Kedua lukisan sama-sama menumbuhkan kesan seram. pada Lukisan Surrealisme terdapat kepala patung yang dipegang oleh tangan. Di mana. Surrealisme dan Dadaisme Gambar 7 Gambar 8 Surrealisme dan Dadaisme adalah kedua aliran yang menyeramkan bagi saya. Aliran Lukisan Mancanegara Page 8 . dan pada Lukisan Ekspresionisme ada seorang yang seperti berteriak dengan bentuk yang menyeramkan. Karena gambar-gambar pada lukisannya yang banyak menggambarkan hal yang aneh dan sangat tidak nyata.

Di mana kita melihat bentuk abstrak dengan berbagai bentuk dan warna-warna dop yang cerah. akan terlihat kontras sekali. Aliran Lukisan Mancanegara Page 9 . Pablo Picasso-1932 Gambar 10 Bila kita menempatkan Lukisan Kubisme dan Romantisme berdekatan. Perpaduan yang tidak tepat menurut saya. disatukan dengan lukisan yang menggambarkan bentuk yang begitu spesifik dengan pilihan warna yang lebih lembut. Lukisan dengan nuansa hitam putih dengan berbagai tumpukan bentuk yang acak didekatkan dengan pemandangan pedesaan yang hijau dan langit mendung.Kubisme dan Romantisme Gambar 9 Girl Before a Mirror. Kubisme dan Ekspresionisme Gambar 11 Gambar 12 Kembali terjadi kontras warna dan bentuk pada Lukisan Kubisme dan Lukisan Ekspresionisme bila diletakkan berdekatan.

karena memilik kesamaan arna yang sama terang dan penggambaran yang tidak nyata. Aliran Lukisan Mancanegara Page 10 . Kubisme dan Fauvisme Gambar 15 Gambar 16 Lukisan Kubisme yang terikat akan bentu-bentuk geometris di mana-mana disatukan dengan Lukisan Fauvisme yang sangat tidak terikat dengan prosedur melukis. tetapi bila kedua ukisan ini diletakkan berdekatan tidak terjadi kesenjangan lukisan. Perpaduan yang menonjolkan ciri khas masing-masing aliran.Kubisme dan Dadaisme Gambar13 Gambar 14 Walaupun bentuk yang dilukiskan sama-sama menumbuhkan kesam seram. Perpaduan ini cocok.

semua yang terlukiskan dalam kedua lukisan ini dapat kita lihat di dunia nyata. Romantisme dan Dadaisme Gambar 19 Gambar 20 Rasa seram dan takut dapat kembali datang bila kita melihat kedua lukisan ini. ekspersi yang terlihat pada muka wanita yang seperti ketakutan/kebingungan dengan background alam yang tandus membuat kita bertanya-tanya. Karena. dan akan mebuat kita membayangkan imajinasi buruk. Gambaran yang mengikatkan kita akan neraka.Romantisme dan Ekspresionisme Gambar 17 Gambar 18 Walaupun terdapat kontras warna di kedua Lukisan tersebut. tetapi akan membuat mata kita betah untuk melihatnya. Pada Lukisan Roman. Ditambah pada Lukisan Dadaisme. terdapat gambar wanita yang sedang berteriak seperti kesakitan yang di atasnya terdapat kaki yang seperti akan menginjak. Aliran Lukisan Mancanegara Page 11 .

Romantisme dan Fauvisme Gambar 21 Gambar 22 Bila kita melihat Lukisan Roman dan Fauvisme ini bersamaan. seperti melihat 2 lukisan beraliran sama. kita seperti melihat lampu temaram tetapi tiba-tiba lampu tersebut menyala dengan terangnya. Karena Romantisme adalah bagian Realisme hanya lebih didramatisir kembali. Romantisme dan Realisme Gambar 23 Gambar 24 Kedua lukisan ini bila diletakkan berdekatan. Kontras warna yang menyilaukan mata. Aliran Lukisan Mancanegara Page 12 .

yang ada hanyalah kita melukis sesuka hati. dapat diumpamakan Lukisan Ekspresionisme merupakan hasil lukisan pelukis dewasa dan Lukisan Fauvisme hasil coretan kuas anak-anak. perpaduan warna yang tepat. Ekspresionisme dan Fauvisme Gambar 27 Gambar 28 Bila kita melihat kedua lukisan ini. karena. dan Lukisan Fauvisme yang lebih terang. Tak peduli apakah lukisan berkesan seram.Ekspresionisme dan Dadaisme Gambar 25 Gambar 26 Lukisan Ekspresionisme yang begitu bebas dan Lukisan Dadaisme yang liar menunjukan kebabasan kita untuk melukis sesuka hati. terlihat dari perpaduan warna Lukisan Ekspresionisme yang lembut dan kalem. Aliran Lukisan Mancanegara Page 13 . mengkopi.

Tetapi. Ekspresionisme dan Naturalisme Gambar 31 Gambar 32 Seperti sketsa dan keadaan sebenarnya. Lukisan Realisme dilukis dengan melihat kenyataan yang terjadi di dunia nyata. dua lukisan. Begitu hebatnya seni. di mana Lukisan Ekspresionisme lebih melukiskan kebebasan dan menuangkan apa yang ada di kepala kita pada kanvas. berbeda pelukis. berbeda aliran. Seperti melihat gambar dan keadaan sebenarnya. Aliran Lukisan Mancanegara Page 14 . Perbedaan sudut pandang.Ekspresionisme dan Realisme Gambar 29 Gambar 30 Lukisan Ekspresionisme dan Lukisan Realisme ini mengingatkan kita akan bagaimana lukisan ini dibuat. tetapi dapat dipadukan menjadi perbaduan yang sempurna.

pada Lukisan Dadaisme melukiskan seorang wanita yang hancur. pada Lukisan Realisme 2 wanita dengan riang memakai baju balet memakaikan bando pada temannya. keduanya sangat jauh berbeda. Tetapi. Yang terkadang. Dadaisme dan Fauvisme Gambar 35 Gambar 36 Lukisan Dadaisme dan Lukisan Fauvisme ini. Aliran Lukisan Mancanegara Page 15 . Di mana.Dadaisme dan Realisme Gambar 33 Gambar 34 2 Lukisan ini melukiskan 2 kehidupan yang sangat senjang. memberi tahu bahwa manusia mempunyai imajinasi dan kehidupan nyata.

Dadaisme dan Impresionisme Gambar 39 Gambar 40 Melihat sekilas. kedua lukisan ini sama aliran. Di sini juga memberi tahu bahwa aliran Dadaisme begitu bebas dari ‘seni’ dalam artian sebenarnya melihat Lukisan Realisme yang begitu indah dan menyegarkan mata siapun yang memandangnya. ditutup dengan Lukisan Impresionisme yang diwarnai dengan warna lembut dan mengesankan suatu perhentian kereta pada musim dingin.Dadaisme dan Naturalisme Gambar 37 Gambar 38 Sama seperti bila dibandingkan dengan Lukisan Fauvisme. Aliran Lukisan Mancanegara Page 16 . Lukisan Dadaisme di sini tak terlihat mengkopi dan ‘melecehkan’ lukisan lain.

Fauvisme dan Realisme Gambar 41 Gambar 42 Kedua lukisan ini menunjukkan bahwa mereka berasal dari aliran yang sangat berbeda. dimulai dari pemilihan warna. Terlihat sekali perbedaannya. Fauvisme dan Naturalisme Gambar 43 Gambar 44 Sama-sama bertema alam. Lukisan Naturalisme menyajikan bentuk yang sangat jelas dan siap dinikamti oleh mata kita. Tetapi. hanya memberi warna-warna cerah yang akan mebebaskan kita menebak bentuk lukisan tersebut. gambar yang dilukiskan. Aliran Lukisan Mancanegara Page 17 . juga kelembutan tekstur gambar. tetapi dilukiskan dengan aliran yang berbeda. Lukisan Fauvisme tidak memperjelas bentuk.

Aliran Lukisan Mancanegara Page 18 .Fauvisme dan Impresionisme Gambar 45 Gambar 46 Terlihat perbedaan. krakter dan ciri khas maasing-masing aliran sangat berperan. Fauvisme dan Surrealisme Gambar 47 Gambar 48 Melihat kedua lukisan ini. dapat menumbuhkan imajinasi kita. diantara Lukisan Fauvisme dan Lukisan Impresionisme ini. Lukisan Fauvisme membebaskan ekspresi dan hasil lukisannya terlihat jelas dengan warna cerah dan prespektifnya pun dapat membawa imajinasi kita lebih bebas. di Lukisan Surrealisme kita dapat mebayangkan kelelahan hidup yang ada diwajah kita. pada Lukisan Fauvisme kita dapat membayangkan pedesaan di dekat laut yang indah. dan banyak imajinasi lain yang dapat timbul bila kita melihat kedua lukisan ini. Di sini. Berbeda dengan Lukisan Impresionisme yang bewarna gelap dengan benyak sekali lukisan manusia yang tidak begitu jelas membuat mata lelah untuk menikmatinya karena banyak tabrakan warna yang gelap.

menonjolkan kontras tema. terlihat bagaimana kelembutan dan detailnya olesan kuas sangat berpengaruh. Banyak gambaran manusia di sana tetapi tidak ditonjolkan. di sini kita seperti melihat lukisan sesungguhnya yang hanya menyajikan keindahan dan imajinasi yang bebas. tapi cukup untuk membuat mata kita betah melihat dua lukisan ini. Lukisan Realisme yang bertema kejadian nyata dipadu dengan Lukisan Naturalisme yang menampilkan keindahan alam. Lukisan Realisme yang sangat mendetail menjadikan gambar lukisan jelas terlihat. Realisme dan Impresionisme Gambar 51 Gambar 52 Di sini. Lukisan Impresionisme di sini lebih menonjolkan pelukisan cahaya yang membias ke dalam statsiun kereta. Perpaduan yang tidak tepat.Realisme dan Naturalisme Gambar 49 Gambar 50 Gambar yang dilukiskan. Aliran Lukisan Mancanegara Page 19 .

Lukisan Real yang memakai warna cerah. Aliran Lukisan Mancanegara Page 20 . Pemilihan warna pun menjadikan perbedaan 2 lukisan ini sangat terlihat. dan Lukisan Kubis yang hanya memakai warna hitam putih. Realisme dan Kubisme Gambar 55 Gambar 56 Kembali perbedaan tema dan aliran sangat jelas terlihat diantara 2 lukisan ini.Realisme dan Surrealisme Gambar 53 Gambar 54 Lukisan Realisme dan Lukisan Surrealisme menunjukan bahwa kehidupan ‘nyata’ terkadang lebih menarik dan baik daripada kehidupan ‘mimpi/tidak nyata’.

dipadu dengan Lukisan Impresionisme yang sangat tergantung dengan waktu dan cuaca yang memperlihatkan bagaimana kedua hal itu sangat berperngaruh pada hasil lukisan.Naturalisme dan Impresionisme Gambar 57 Gambar 58 Lukisan Naturalisme yang sangat memperhatikan setiap detail berbagai obyek alam sehingga menghasilkan lukisan yang hampir seperti foto dengan segala keindahannya. Aliran Lukisan Mancanegara Page 21 . Naturalisme dan Surrealisme Gambar 59 Gambar 60 Keindahan dunia nyata dipadu dengan magisnya dunia mimpi. Kita dapat melihat perbedaan lukisan dari sudut pandang. Perpaduan yang tidak tepat yang membuat mata tidak bosan melihatnya secara bergantian.

Dipadu dengan rumitnya bentuk-bentuk geomteris dengan warna-warna dop cerah. Aliran Lukisan Mancanegara Page 22 . tetapi membuat imajinasi sangat bebas bila kita melihta kedua lukisan ini. Perpindahan kesan yang sangat jauh. yang menghasilkan gambar yang hampir sempurna. Membuat mata tidak jenuh melihat keduanya. Naturalisme dan Romantisme Gambar 63 Gambar 64 Ketenangan yang ditunjukan oleh Lukisan Natural bersatu dengan kesan perjuangan dan ketegangan yang ditunjukan Lukisan Roman.Naturalisme dan Kubisme Gambar 61 Gambar 62 Kelembutan coretan kuas lukis.

Impresionisme dan Surrealisme Gambar 65 Gambar 66 Kesan marah dan murka yang ditunjukan Lukisan Surrealisme dapat dihapus dengan melihat Lukisan Impresionisme yang terdapat kereta di dalamnya. Impresionisme dan Kubisme Gambar 67 Gambar 68 Kelembuatan dan ketenangan yang disajikan Lukisan Natural. Aliran Lukisan Mancanegara Page 23 . Menunjukan bagaimana perbedaan pada 2 aliran sangat terlihat jelas. pemilihan warna yang lembut membuat mata teduh dan ingin berlama-lama melihat lukisan. Berdekatan dengan Lukisan Kubus yang berwarna dop dengan banyak perpaduan warna terang dengan bentuk yang abstrak membebaskan imajinasi tetapi mebuat mata lelah dan sedikit takut untuk memandang.

tidak bersatu dengan Lukisan Roman yang mnyajikan kejelasan gambar dan ekspresi yang ditunjukan. Lukisan Impresion yang lebih ‘nyata’ memperlihatkan keindahan yang dapat dihasilkan kuas dan warna. tetapi berbeda. Aliran Lukisan Mancanegara Page 24 . Lukisan Dadaisme yang sangat jauh dari ‘nyata’ memperlihatkan kesan seram dan seuatu yang ‘tidak jelas’. Impresionisme dan Dadaisme Gambar 71 Gambar 72 Lukisan Impresion dan Dadaisme bila diletakkan berdekatan akan terlihat sekali perbedaannya. Dua aliran yang bila diletakkan berdekatan terlihat sama.Impresionisme dan Romantisme Gambar 69 Gambar 70 Kerumitan gambar pada Lukisan Impresion yang tetap menyajikan keindahannya tersendiri.

Futurisme dan Abstrak Gambar 73 Gambar 74 Lukisan Futurisme dan Abstrak sama-sama mempunyai gambar yang rumit dan memusingkan. Futurisme dan Konstruktivisme Gambar 75 Gambar 76 Dua lukisan unik dan aneh tetapi menumbuhkan banyak imajinasi bila kita melihatnya. keduanya mempunyai daya tari sendiri. Perpaduan lukisan yang menarik dan menimbulkan keindahan tersendiri. Lukisan Abstrak yang bebas. Lukisan Futurisme yang modern. Aliran Lukisan Mancanegara Page 25 . Akan tetapi.

Persilangan lukisan dengan masa yang jauh berbeda.Futurisme dan Fauvisme Gambar 77 Gambar 78 Lukisan Futurisme yang serba cepat dan dinamis dengan warna hita dan kuning. Bagaimana tekhnologi terus berkembang. Aliran Lukisan Mancanegara Page 26 . Terkadang. tetapi banyak rakyat yang masih terbelakang. Futurisme dan Realisme Gambar 79 Gambar 80 Bentuk ‘nyata’ abad ke-20 ini seperti dicerminkan oleh Lukisan Futurisme dan Real. perpaduan warna yang bagus. lukisan seperti artikel tanpa kalimat. Didekatkan dengan Lukisan Fauvisme yang ceria dengan berbagai warna terang dengan kesan yang sederhana.

Aliran Lukisan Mancanegara Page 27 . dibedakan aliran dan bagaimana cara pelukis mengoleskan kuasnya dikanvas. sangat terlihat bahwa kebebasan ekspresi lebih menarik daripada modernnya keadaan kita sekarang.Abstrak dan Konstruktivisme Gambar 81 Gambar 82 Di sini. Abstrak dan Impresionisme Gambar 83 Gambar 84 Keduanya seperti lukisan yang sama-sama abstrak. Hanya.

Aliran Lukisan Mancanegara Page 28 . kedua lukisan ini seperti berasal dari aliran yang sama. Lukisan Abstrak dapat kita nikmati dengan berbagai misterinya. Lukisan Abstrak juga mungkin bangian dari Lukisan Ekspresionisme yang digambarkan lebih bebas. walaupun sebenarnya itu berasal dari kebebasan sang pelukis mengekspresikan imajinasinya. Pada Lukisan Ekspresionisme terlihat seperti abstrak.Abstrak dan Ekspresionisme ` Gambar 85 Gambar 86 Sekilas. Hasilnya. dan Lukisan Natural dapat kita nikmati dengan detail gambarnya yang begitu indah. yang membedakan bagaimana tema itu dituangkan dalam kanvas. Abstrak dan Naturalisme Gambar 87 Gambar 88 Lukisan Abstrak dan Lukisan Naturalisme keduanya sama bertemakan alam.

Aliran Lukisan Mancanegara Page 29 . diletakkan berdekatan dengan Lukisan Impres yang sarat akan berbagai bentuk dan kesan sangat berlawanan dan tidak dapat dipadukan. dapat didamaikan oleh Lukisan Natural yang teduh dengan pilihan warna yang lebih lembut.Konstruktivisme dan Naturalisme Gambar 89 Gambar 90 Lukisan Konstruksi yang megah dengan warna yang mencolok mata saat melihatnya. Konstruktivisme dan Impresionisme Gambar 91 Gambar 92 Lukisan Konstruksi yang sangat sederhana ini.

di sini perbedaan aliran apa dan siapa pelukisnya sangat diperlihatkan. menghasilkan dua lukisan yang sangat berbeda.Konstruktivisme dan Ekspresionisme Gambar 93 Gambar 94 Walaupun sama-sama menampilkan gambar yang berkonstruksi. Sehingga. Konstruktivisme dan Romantisme Lukisan Konstruktivisme yang begitu rumit dengan dominasi warna hitam dan merah sangat kontras dengan Lukisan Roman dengan suasana perang yang diwarnai warna-warna cerah dan terlihat begitu nyata. Aliran Lukisan Mancanegara Page 30 .

Dali seorang artis dengan talenta dan imaginasi yang besar. Ia dikenal lewat karya-karyanya yang surealis. Aliran Lukisan Mancanegara Page 31 . Dia mengakui bahwa dia mencintai melakukan hal yang tidak biasa untuk menarik perhatian dirinya sendiri. karena perilaku "keteaterannya" yang eksentrik kadang-kadang membayangi hasil karyanya di perhatian publik. Hasil karya dikenal karena kombinasi mimpi aneh (bizzare) dengan draftmanship dan keahlian menggambar yang luar biasa dipengaruhi oleh master Renaissance. yang kadang-kadang mengganggu penggermar yang mencintai lukisannya dan juga para pengkritiknya.Dunia berbahasa Catalan Biografi Singkat Pelukis Tersohor Mancanegara Salvador Dalí Bahasa Tata bahasa Fonologi dan ortografi Institut d'Estudis Catalans Salvador Felip Jacint Dalí Domènech (11 Mei 1904 – 23 Januari 1989) adalah salah Acadèmia Valenciana de la Llengua Sejarah Sejarah Catalonia · Pangeran Barcelona Takhta Aragon · Perjanjian Pirenia Konstitusi Catalan Dekrit Nueva Planta Geografi Negeri-negeri Catalan Catalonia · Valencia · Kepulauan Balearic Catalonia Utara · Franja de Ponent Andorra · Alghero Pemerintah Generalitat de Catalunya Generalitat Valenciana Govern de les Illes Balears Consell General de les Valls (Andorra) Tradisi Castells · Correfocs · Sardana · Caganer · Tió Mitos dan legenda Seni Literatur Catalan · Antoni Gaudí · Modernisme La Renaixença · Noucentisme Salvador Dalí · Joan Miró satu pelukis terpenting dari Spanyol.

tempat para penyair. Kemudian burung merpati. beda dari yang pernah ada sebelumnya. Inspirasi dari Kenyataan Hidup Picasso adalah seniman yang melankolis. kemelankolisan Picasso terungkap dari sifatnya yang sangat sensitif serta rinci dalam menilai suatu kenyataan hidup. Guernica terjadi ketika perang sipil dan jatuhnya ratusan bom. Pendidikan Picasso memiliki sifat yang selalu ingin belajar.Pablo Ruiz Picasso Pablo Ruiz Picasso (lahir 25 Oktober 1881 – meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner padaabad ke-20. Aliran Lukisan Mancanegara Page 32 . Pada usia 23 tahun. karya karyanya banyak mencerminkan kepribadiannnya itu. Ia sanggup membuat kenyataan hidup itu sebagai sumber inspirasi karyanya. Jenius seni yang cakap membuat patung. Lukisan Guernica yang menjadi pusat mata di Museum Reina Sofia (Madrid) adalah goresan tangan dari hasil ingatannya pada tragedi berdarah awal tahun 1930-an di daerah Basque. grafis. mencerminkan masa-masa sulit Picasso di tengah situasi yang kompetitif. ternyata juga merupakan rancangannya. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco. egois dan bebas. lukisan Mesra Cinta (periode biru) yang bersuasana muram dan pesimis. kostum penari balet sampai tata panggung. simbol perdamaian dunia. kepribadiannya yang kuat. artis dan kritikus untuk tukar menukar ide yang didapat dari luar Spanyol. keramik. banyak terlihat dari karya seninya yang berkesan kontroversial dan sangat ekspresif. Di sisi lain. berkepribadian kuat. Picasso menyelesaikan seni grafis itu setelah terisnpirasi oleh burung Melanesia. Di usia 14 tahun. Lahir di Malaga. Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. kota pusat seni dunia pada masa itu. ia lulus ujian masuk School of Fine Arts di Barcelona dan dua tahun pindah ke Madriduntuk belajar di Royal Academy. Tak lama kemudian dia kembali lagi ke Barcelona dan bergabung di Els Quatre Gats. Misalnya. Perbedaan kota atau negara bukan suatu halangan untuk memperoleh beragam ilmu. pemberian Henri Matisse. Tak heran. Picasso pindah ke Paris. seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez. egois dan hidupnya sangat bebas.

Picasso juga menjadikan wanita sebagai sumber inspirasi.402. Eva Gouel. Marie-Terese Walter. antara lain dengan Fernande Olivier. Olga Kohklova dan Jaqueline Roque. Selain berganti-ganti kekasih.Lebih unik lagi. yang termasuk salah satu adikarya gaya kubistis.500 dolar AS. ia menghasilkan karya La Reve (mimpi) yang laku terjual 48. Aliran Lukisan Mancanegara Page 33 . ia juga telah menikah beberapa kali. Konon. Misalnya dari kekasihnya. setiap wanita memberikan inspirasi berbeda baginya. terlahir lukisan Femme Assise Dans Un Fauteuil. Tak heran jika Picasso sampai dijuluki Don Juan (playboy). Marchelle Thumbert. Dari kekasihnya yang lain.

Basoeki Abdullah pada tahun 1933 memperoleh beasiswa untuk belajar di Akademik Seni Rupa (Academie Voor Beeldende Kunsten) di Den Haag. Jawa Tengah. Jelasnya pada tanggal 6 September 1948 bertempat di Belanda Amsterdam sewaktu penobatan Ratu Yuliana dimana diadakan sayembara melukis.Ia dikenal sebagai pelukis aliran realis dan naturalis. Di masa revolusi Basoeki Abdullah tidak berada di tanah air yang sampai sekarang belum jelas apa yang melatarbelakangi hal tersebut. Sejak umur 4 tahun Basoeki Abdullah mulai gemar melukis beberapa tokoh terkenal diantaranya Mahatma Gandhi. Masa muda Bakat melukisnya terwarisi dari ayahnya Abdullah Suryosubro yang juga seorang pelukis dan penari. Basoeki Abdullah juga aktif dalam Keimin Bunka Sidhosjo (sebuah Pusat Kebudayaan milik pemerintah Jepang) bersama-sama Affandi. dan menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun dengan meraih penghargaan Sertifikat Royal International of Art (RIA). Berkat bantuan Pastur Koch SJ. S. Pendidikan formal Basoeki Abdullah diperoleh di HIS Katolik dan Mulo Katolik di Solo. Belanda. Otto Djaya dan Basoeki Resobawo. Di dalam Gerakan Poetra ini Basoeki Abdullah mendapat tugas mengajar seni lukis. Selain organisasi Poetra. Basoeki Abdullah berhasil mengalahkan 87 pelukis Eropa dan berhasil keluar sebagai pemenang. Ia pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta dan karya-karyanya menghiasi istana-istana negara dan kepresidenan Indonesia. Yesus Kristus dan Krishnamurti. disamping menjadi barang koleksi dari berbagai penjuru dunia. Murid-muridnya antara lain Kusnadi (pelukis dan kritikus seni rupa Indonesia) dan Zaini (pelukis impresionisme). Basoeki Abdullah bergabung dalam Gerakan Poetra atau Pusat Tenaga Rakyat yang dibentuk pada tanggal 19 Maret 1943. Rabindranath Tagore. negeri Belanda Basoeki memperdalam berkeliling Eropa dan berkesempatan menjelajahi Italia dan Perancis dimana banyak bermukim para pelukis dengan reputasi dunia. seni putera Indonesia yang Abdullah sering kali lukis dengan Page 34 nama Indonesia. Sejak mengharumkan itu pula dunia mulai Selama mengenal di pula Basoeki Abdullah. 25 Januari 1915 – meninggal 5 November 1993pada umur 78 tahun) adalah salah seorang maestro pelukis Indonesia. Sedangkan kakeknya adalah seorang tokoh Pergerakan Kebangkitan Nasional Indonesia pada awal tahun 1900-an yaitu Doktor Wahidin Sudirohusodo.Basoeki Abdullah Basoeki Abdullah (lahir di Surakarta.Sudjoyono. Aliran Lukisan Mancanegara . Aktivitas Pada masa Pemerintahan Jepang.

Lukisan "Kakak dan Adik" karya Basoeki Abdullah (1978). Hampir sebagian hidupnya dihabiskan di luar negeri diantaranya beberapa tahun menetap di Thailand dan diangkat sebagai pelukis Istana Merdeka dan sejak tahun 1974 Basoeki Abdullah menetap di Jakarta. Aliran Lukisan Mancanegara Page 35 . diapun melukis pemandangan alam. Kini disimpan di Galeri Nasional Indonesia. fauna. keluarga kerajaan dan kepala negara yang cenderung mempercantik atau memperindah seseorang ketimbang wajah aslinya. flora. pembangunan dan sebagainya. Jakarta. Malaysia. terutama melukis wanita-wanita cantik. Jepang. Selain sebagai pelukis potret yang ulung. Basoeki Abdullah banyak mengadakan pameran tunggal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Portugal dan negara-negara lain. Inggris. tema-tema perjuangan.Basoeki Abdullah terkenal sebagai seorang pelukis potret. antara lain karyanya pernah dipamerkan di Bangkok (Thailand).Belanda. Lebih kurang 22 negara yang memiliki karya lukisan Basoeki Abdullah. Lukisan "Balinese Beauty" karya Basoeki Abdullah yang terjual di tempat pelelangan Charities di Singapura pada tahun 1996.

Potret Dr. Belanda Nama lahir Vincent van Gogh Potret dirit (1887) dengan impresionisme dan neoimpresionisme yang warna-warnanya yang lebih cerah dan gaya lukisannya Kewarganegaraan Belanda Bidang Aliran Karya terkenal Pelukis Pasca-Impresionisme Pemakan kentang. Perancis Lahir 30 Maret 1853 Zundert. dia tetap melukis. Van Gogh juga pernah memotong telinganya sendiri. Diagnosa ini dibuat oleh 2 orang dokter berbeda yang merawatnya. paling terkenal. Pada masa mudanya Van Gogh bekerja pada sebuah perusahaan penjual karya seni. Vincent Van gogh didiagnosa menderita epilepsi yang cukup parah. dan setelah beberapa waktu bekerja sebagai guru. Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence. ia melayani sebagai misionaris yang bekerja di wilayah pertambangan yang sangat miskin.Vincent Willem van Gogh (ucapan (30 Belanda: [vɪnˈsɛnt vɑnˈxɔx] Vincent van Gogh Maret 1853– 29Juli 1890) adalah pelukis pasca-impresionis Belanda.S. Gachet dikembangkannya menjadi sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali. Aliran Lukisan Mancanegara Page 36 . ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di R. Malam berbintang. Bunga matahari. Mulanya karya-karyanya menggunakan warna-warna yang suram. Gaya lukisannya ini mencapai tingkat perkembangannya yang penuh ketika ia tinggal di Arles. Perancis. Pada akhir hidupnya. terhadap ketidakpuasan pengekangan ekspresi seni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme. Perancis. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik. Awalnya zamannya Namun mengikuti dengan tipikal gaya pelukis di impresionisme. Jiwa Saint Paul-deMausole. Baru ketika di Paris ia berjumpa Wafat 29 Juli 1890 (37 tahun) Auvers-sur-Oise. dan paling mahal di dunia. Ia baru menjadi seniman pada tahun 1880.S. Di R.

web.us/thread/5177040 http://kirstinwoody.com/2011/07/aliran-aliran-dalam-seni-lukisan.DAFTAR PUSTAKA Website : http://profnazly.blogspot.blogspot.kaskus.html http://pshycochrometd1a.id/lukisan-affandi-painting.html http://archive.html http://eka.com/2011/05/naturalism-gives-people-true-picture-of.wordpress.com/2008/03/19/constructivism/ Aliran Lukisan Mancanegara Page 37 .

Awalnya mengikuti tipikal pelukis di zamannya dengan gaya impresionisme. Gachet wilayah pertambangan yang sangat miskin. dan paling mahal di dunia. Diagnosa ini dibuat oleh 2 orang dokter berbeda yang merawatnya. ia melayani sebagai misionaris yang bekerja di Nama lahir Potret dirit (1887) Vincent van Gogh 30 Maret 1853 Zundert. Pada masa mudanya Van Gogh bekerja pada sebuah perusahaan penjual karya seni. paling terkenal. Aliran Lukisan Mancanegara Page 38 . Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik. Ia Lahir baru menjadi seniman pada tahun 1880. Namun ketidakpuasan terhadap pengekangan ekspresi seni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme. dan setelah beberapa waktu bekerja sebagai guru. Mulanya karya-karyanya menggunakan warnawarna yang suram. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Perancis Belanda Pelukis Pasca-Impresionisme Pemakan kentang. Potret Dr. Bunga matahari. Perancis. Gaya lukisannya ini Aliran mencapai tingkat perkembangannya yang Karya terkenal penuh ketika ia tinggal di Arles. Baru ketika di Paris ia berjumpa lebih cerah dengan impresionisme dan neowarna-warnanya gaya yang Kewarganegaraan Wafat impresionisme yang dan lukisannya Bidang dikembangkannya menjadi sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali. Vincent Willem van Gogh (ucapan (30 Vincent van Gogh Belanda: [vɪnˈsɛnt Maret 1853– 29Juli 1890) vɑnˈxɔx] adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Malam berbintang. Van Gogh juga pernah memotong telinganya sendiri. Vincent Van gogh didiagnosa menderita epilepsi yang cukup parah.Lukisan "Balinese Beauty" karya Basoeki Abdullah yang terjual di tempat pelelangan Charities di Singapura pada tahun 1996. Belanda 29 Juli 1890 (37 tahun) Auvers-sur-Oise.

blogspot.S.us/thread/5177040 http://kirstinwoody. Di R.com/2008/03/19/constructivism/ Aliran Lukisan Mancanegara Page 39 .kaskus.web.html http://archive.html http://eka.blogspot.Pada akhir hidupnya.com/2011/07/aliran-aliran-dalam-seni-lukisan.html http://pshycochrometd1a.com/2011/05/naturalism-gives-people-true-pictureof. Perancis. ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di R. dia tetap melukis. Jiwa Saint Paul-deMausole. Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence.S.id/lukisan-affandi-painting.wordpress. DAFTAR PUSTAKA Website : http://profnazly.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful