Permeabilitas merupakan sifat bahan berpori, dia dapat mengalir / merembes dalam tanah, (dalam tanah dapat terjadi

erkolasi air). Tinggi rendahnya permeabilitas ditentukan ukuran pori. Pori bersifat sangat permeabel = permeabilitasnya tinggi. = bersifat pervius - Lempung bersifat impermeabel = permeabilitasnya rendah. = impervius = rapat air / kedap air. - Lanau dan tanah campuran pasir lempung permeabilitasnya antara pasir lempung
Go!

    

Home festival Bagus My Biodata Pesantren Luhur Malang Kumpulan Hymne

PERMEABILITAS TANAH
April 7, 2011 at 6:46 pm 4 komentar PENDAHULUAN 1. LATAR BELAKANG Permeabilitas adalah tanah yang dapat menunjukkan kemampuan tanah meloloskan air. Tanah dengan permeabilitas tinggi dapat menaikkan laju infiltrasi sehingga menurunkan laju air larian. Pada ilmu tanah, permeabilitas didefenisikan secara kualitatif sebagai pengurangan gas-gas, cairan-cairan atau penetrasi akar tanaman atau lewat. Selain itu permeabilitas juga merupakan pengukuran hantaran hidraulik tanah.hantaran hidraulik tanah timbul adanya pori kapiler yang saling bersambungan dengan satu dengan yang lain. Secara kuantitatif hantaran hidraulik jenuh dapat di artikan sebagai kecepatan bergeraknya suatu cairan pada media berpori dalam keadaan jenuh. Dalam hal ini sebagai cairan adalah air dan sebagai media pori adalah tanah. Penetapan hantaran hidraulik didasarkan pada hukum Darcy. Dalam hukum ini tanah dianggap sebagai kelompok tabung kapiler halus dan lurus dengan jari-jari yang seragam. Sehingga gerakan air dalam tabung tersebut di anggap mempunyai kecepatan yang sama.

2. TUJUAN Mempelajari tentang permeabilitas tanah

- Agar kita mengerti untuk arti permeabilitas Mengetahui hal yang mempengaruhi permeabilitas Mengetahui hal yang dipengaruhi permeabilitas Mengetahui penrtian dari permeabilitas. Permeabilitas tanah memiliki lapisan atas dan bawah. ( N. Pori sangat menentukan sekali dalam permeabilitas tanah. Faktor yang mempengaruhi permeabilitas a. maka semakin cepat juga permeabilitas dalam tanah tersebut. Semakin banyak ruang antar struktur. Definisi Permeabilitas a. Tekstur. TINJAUAN PUSTAKA 2. Struktur Struktur juga mempengaruhi permebilitas. semakin kental air tersebut. Misalnya tanah yang bertekstur pasir akan mudah melewatkan air dalam tanah b. maka semakin cepat pula permeabilitas tanah tersebut d. maka semakin sulit juga air untuk menembuas tanah tersebut . semakin besar pori dalam tanah tersebut. Lapisan atas berkisar antara lambat sampai agak cepat (0. Permeabilitas tanah adalah suatu kesatuan yang melipui infiltrasi tanah dan bermanfaat sebagai permudahan dalam pengolahan tanah.Suharta dan B. (Dede rohmat.10 -3. sedangkan di lapisan bawah tergolong agak lambat sampai sedang (1.20 – 9. H Prasetyo. tekstur sangat mempengaruhi permeabilitas tanah. 2009) b.62 cm jam-1). Misalnya tanah yang berstruktur lempeng akan sulit di tembus oleh air daru pada berstruktur remah c. Porositas Porositas atau ruang pori adalah rongga antar tanah yang biasanya diisi air atau udara.2008) 2.46 cm jam-1).2. Viskositas Viskositas sama juga dengan kekentalan air. Hal ini dikarenakan permeabilitas itu adalah melewati tekstur tanah.1.

Erosi Pengikisan juga dipengaruhi oleh permebilitas. maka pengolahan dalam tanah akan semakin mudah d. maka waktu dalam pergerakan air akan semakin cepat. 2010) 2. begitu pula sebaliknya b. semakin baik permeabilitas dalam tanah. Infiltrasi Penyerapan yang dilakukan tanah akan semakin cepat apabila drainase tanah itu baik c. karena permeabilitas adalah gaya yang masuk ke tanah menrut gaya gravitasi (praktikum. Gravitasi Gaya gravitasi atau gaya tarik bumi juga sangat menentukan permeabilitas tanah. Evaporasi Evaporasi akan semakin maksimal jika permeabilitas tanah tersebut baik (praktikum. Alat Buku.3. Alat dan Bahan a. 2010) METODOLOGI 1.e. sebagai media tulis . Faktor yang dipengaruhi permeabilitas a. Perkolasi Pergerakan air dalam tanah akan baik bila drainase dalam tanah juga baik e. Drainase Apabila permeabilitas tanah baik. Pengolahan Apa bila drainase dalam tanah tersebut baik. maka erosi akan minimum f.

sebagai pengamatan Tabung. untuk pengamatan tambahan ring Alat permeabilitas. sebagai pengukur permeabilitas tanah Tanah. Bahan Air. Cara Kerja Tanah Diamati Diidentifikasi Disimpulkan Dibuat laporan JELASKAN 3. sebagai pengamatan 2.- Bulpoin. Analisis Perlakuan Praktikum permeabilitas adalah menentukan konduktifitas air maupun udara yang ada di dalam tanah. Praktikum yang pertama kali dilakukan adalah menyediakan tanah yang sudah ada di dalam ring yang sudah dijenuhkan. sebagai media catat Ring. Setelah itu ring yang sudah ada tanahnya itu disambung dengan pipa paralon yang disediakan. sebagai alat pengukur b. sebagai tempat tanah Pipa paralon. . sebagai tempat air Penggaris. Sebelumnya di ukur terlebih dahulu panjang pipa paralon.

5 4. Jurnal 1 Permeabilitas tanah dilapisan bawah lebih lambat dari pada dilapisan atas.5 5. Tabel hasil pengamatan TANAH DIAMETER PANJANG TINGGI WAKTU TANAH AIR V1 OMA 5.diameter ring. Sperti yang telah dilakukan pada filtrip tanh yang oma kampus.4 1.hubungan antara dua karakteristik tanah tersebut dapat di formulasikan melaui penalitian empirik. HASIL DAN PEMBAHASAN 1.2 1. atau pemadatan pedogenesis karena ada penimbunan liat seperti terjadi pada tanah yang mempunyai horizon argilik.3 22 1 mnt 2 KAMPUS UIN 5.namun hinnga sekarang ini masih tetap digunakan karena hasil pendugaanya tidak lebih buruk dari hasil pendugaan metode-metode pendugaan infltrasi yang baru.53 44 57 51.16 .5 LUAS KHJ PERMUKAAN V V V2 V3 RATA-RATA 1. Lalu di hitung volume air terkumpul. Merupakan metode yang sudah lama dikembangkan. Kemudain air mengalir Lalu air itu di kumpulkan di tabung selama 1 menit.8 22 1 mnt 62. Lalu pipa tersebut yang telah disambung dengan ring itu di masukkan ke dalam alat permeabilitas dan dimasukkan air secukupnya kedalam atas pipa paralon sampai air itu tumpah ke corong alat permeabilitas. sedangkan dilapisan bawah tergolong agak lambat sampai sedang. Keadaan seperti ini dapat disebabkan oleh pengaruh pengolahan tanah. perakaran tanaman. Hasil penetapan menunjukkan permeabilitas lapisan tanah berkisar antara lambat sampai agak cepat. dan KHJ (Konduktivitas hidrolik jenuh) yang telah diamati. Dari metode yang terdapat di jurnal 1 dan 2 mempunyai huunga erat dengan karakteristik fisik yanh. Jurnal 2 Hubungan antar infiltrasari dengan faktor yang mempengaruhi permebilitas di tujukan pada metode green-ampt.

0217 0. PERHITUNGAN V total = V1 +V 2 +V 3 3 Luas permukaan = 1 4 KHJ = Volume x panjang tanah Luas permukaan x t.air 3. luas permukaan.93 0. volume rata-rata. Pembahasan nilai KHJ sampel tanah Dalam praktikum permeabilitas dapat diketahui dengan nilai diameter.93 5. volume terkumpul (ml). tinggi tekanan dibagi panjang lintasan Dari rumus tersebut dapat didefinisikan k adalah kecepatan aliran bila gradien hidrolik 1 = 1 .5. Pada nilai KHJ menunjukkan bahwa tanah di UIN dan OMA KAMPUS nilainya berbeda-beda. dan KHJ. Hal tersebut diakibatkan karena tanah di UIN memiliki tekstur liat. panjang tanah. adalah jika permeabilitas baik dalam suatu lahan pertanian bisa menambahkan kesuburan tersendiri dalam tanah tersebut.627 2.627. tinggi air. waktu. Semakin permeeabilitas baik maka tanaman ang dibudiidaya akan semakin baik pula. Hubungan permeabilitas dengan bidang pertanian Hubungan tanah yang perrmeabilitas baik dengan pertanian.0217 dibandingkan dengan tanah di OMA KAMPUS yaitu 0. PEMBAHASAN A. Pada nilai KHJ di UIN lebih rendah yaitu 0. Hubungan permeabilitas dengan erosi Hubungan antara permeabilitas dengan erosi adalah apabila permeabiltas dalam tanah terlalu tinggi sehingga menutupi seluruh pori tanah dapat terjadi berkurangnya kekuatan dalam tanah sehingga bila mendapatkan tekanan terhadap tanah tersebut dapat mengakibatkan mudahnya tanah itu terjadi longsoran atau erosi C. sedangkan tanah di OMA KAMPUS memiliki tekstur lempung berpasir B.

Struktur dan tekstur serta unsur organik lainnya ikut ambil bagian dalam menaikkan laju permeabilitas tanah. sedangkan kondisi dapat terjadi bila tanah dengan permeabilitas tinggi di permukaan atasnya dibatasi oleh lapisan muka air tanah setempat.Semua jenis tanah bersifat lolos air (permeable) dimana air bebas mengalir melalui ruang-ruang kosong (pori-pori) yang ada di antara butiran-butiran tanah. Lapisan permeabilitas lempung yang bercelah lebih besar dari pada lempung yang tidak bercelah (unfissured). tetapi karena sifat-sifat ini jarang seragam. (Rumus Fair dan Hatch 1933) dapat dipandang sebagai sumbangan yang khas. Di tempat itu dapat juga terjadi muka air tanah dangkal. Permeabilitas tanah menunjukkan kemampuan tanah dalam meloloskan air. Porositas efektif ditentukan oleh distribusi ukuran butiran. Permeabilitas intrinsik suatu akifer bergantung pada porositas efektif batuan dan bahan tak terkonsolidasi. Permeabilitas ini merupakan suatu ukuran kemudahan aliran melalui suatu media poreus. Profil tanah itu merupakan suatu irisan melintang pada tubuh tanah dibuat dengan cara menggali lubang dengan ukuran (panjang dan lebar) tertentu dan kedalaman yang tertentu pula sesuai dengan keadaan tanah dan keperluan penelitiannya. di bawah muka air tanah. Banyak peneliti telah mengkaji problema permeabilitas dan mengembangkan beberapa rumus.5 meter. dan mungkin bervariasi cukup besar tergantung pada arah gerakan air. makin kecil ukuran partikel. dan ruang bebas yang diciptakan oleh patahan dan larutan. di atas muka air tanah biasa. Secara kuantitatif permeabilitas diberi batasan dengan koefisien permeabilitas. Secara garis besar. bentuk dan kekasaran masing-masing partikel dan susunan gabungannya. konduktivitas hidrolik suatu akifer yang berkembang dibatasi oleh permeabilitas lapisan-lapisan atau masing-maisng zone. bentuk partikel dan struktur tanah. tetapi berdasarkan tinggi muka air tanah pada suatu tempat lain yang lapisan atasnya tidak dibatasi oleh lapisan rapat air.3. Tanah diasumsikan jenuh walaupun sebenarnya tidak demikian karena ada rongga-rongga udara. Tinggi muka air tanah berubah-ubah sesuai dengan keadaan iklim tetapi dapat juga berubah karena pengaruh dari adanya kegiatan konstruksi. Tekanan pori diukur relatif terhadap tekanan atmosfer dan permukaan lapisan tanah yang tekanannya sama dengan tekanan atmosfer dinamakan muka air tanah atau permukaan freasik. Koefisien permeabilitas terutama tergantung pada ukuran rata-rata pori yang dipengaruhi oleh distribusi ukuran partikel. pembuatan profil tanah dapat mencapai kedalaman sekitar 3 . Dalam hal ini misalnya untuk keperluan genesa tanah pada oksisol yang solumnya tebal. Berarti suatu lapisan tanah berbutir kasar yang mengandung butiran-butiran halus memiliki harga k yang lebih rendah dan pada tanah ini koefisien permeabilitas merupakan fungsi angka pori. Tanah dengan permeabilitas tinggi menaikkan laju infiltrasi dan dengan demikian. . menurunkan laju air larian. makin kecil pula ukuran pori dan makin rendah koefisien permeabilitasnya. Kalau tanahnya berlapis-lapis permeabilitas untuk aliran sejajar lebih besar dari pada permeabilitas untuk aliran tegak lurus.

padi dapat hidup pada tanah-tanah dengan drainase buruk. Berdasarkan atas kelas drainasenya. ( Santun dkk. Air dapat hilang dari permukaan tanah maupun melalui presepan tanah. tetapi jagung. Keadaan drainase tanah menentukan jenis tanaman yang dapat tumbuh. tanah dibedakan menjadi kelas drainase terhambat sampai sangat cepat. karet. kopi dan lain-lain tidak akan tumbuh dengan baik kalau tanah tergenang air. Sebagai contoh.Permeabilitas adalah kecepatan masuknya air pada tanah dalam keadaan jenuh. Selain itu bagi daerah berdrainase buruk atau tergenang memerlukan data kecepatan permeabilitas tanah agar perencanaan fasilitas drainase dapat dibuat untuk dapat menyediakan jumlah air dan udara yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Mudah tidaknya air hilang dari tanah menentukan kelas drainase tanah tersebut. Penetapan permeabilitas dalam tanah baik vertial makupun horizontal sangat penting peranannya dalam pengelolaan tanah dan air. Perkiraan kebutuhan air bagi tanaman memerlukan pertimbangan-pertimbangan kehilangana air dari tanah melalui rembesan ke bawah dan ke samping. 2003) . 1980 ) Permeabilitas berhubungan erat dengan drainase. cengkeh. ( Hardjowigeno. Tanah-tanah yang mempunyai kecepatan permeabilitas lambat. diinginkan untuk persawahan yang membutuhkan banyak air.