KEGUNAAN MEMPELAJARI FILSAFAT, METODE FILSAFAT DAN SEJARAH LAHIRNYA FILSAFAT A.

Kegunaan Filsafat Sudah dapat diduga bahwa setiap ilmu sudah pasti memiliki kegunaan, termasuk juga ilmu Filsafat para ahli dibidang ini telah banyak meneliti secara teoritis mengenai kegunaan Filsafat. Omar Muhammad Altoomy Assyaibani misal mengemukakan 3 mamfaat dari mempelajari Filsafat pendididkan tersebut sebagai :  Filsafat pendidikan itu dapat menolong para perancang pendididkan dan orang-orang yang melaksanakn pendidikan dalam suatu Negara untuk membentuk pemikiran sehat terhadap proses Pendidikan.  Filsafat pendidikan dapat menjadi asas yang terbaik untuk penilaian pendidikan dalam arti yang menyeluruh.  Filsafat Pendidikan akan menolong dalam memberikan

pendalaman pikiran bagi factor-faktor spiritual, kebudayaan, social, ekonomi, dan politik di Negara kita. B. Metode lain yang digunakan dalam study Filsafat Pendidikan. 1.Metode Analitis Sintesis yaitu suatu metode yang berdasarkan suatu pendekatan Nasional dan Logis terhadap sasaran pemikiran

Oleh karena filsafat dipandang sebagai analisa logis dari bahan dan penjelasan tentang arti kata dan konsep. maka metode pengungkapan permasalahan-permasalahan pun menggunakan analisa bahasa dan analisa konsep. filsafat yang bermaksud mengambil hasil sains yang bermacam-macam dan menambahnya dengan hasil pengalaman keagamaan dan budi pekerti sedangkan filsafat krisis adalah filsafat yang berusaha menggunakan segala hakikat segala sesuatu dengan cara analisis yang terlepas dari ikatan waktu 2. sejauh mana kegunaan analisa bahasa dan analisa konsep tersebut. maka caranya menggali dapat dilakukan dengan menggunakan metode berpikir “Induktif”.secara induktif dan dedukatif serta analisa ilmiah Study Filsafat terletak pada problem kependidikan dalam masyarakat untuk menggali hakikatnya. yaitu cara berfikir yang menganalisa fakta yang bersifat khusus dan kaitannya dengan hasil study Filsafat. Analisa bahasa dan konsep itu dipandang oleh hampir semua ahli filsafat sebagai fungsi pokok yang sah dari fisafat. pendapat Harry Khofield yang dikutip oleh . maka ada perbedaan antara filsafat spekulatif dan filsafat krisis Filasafat spekulatif menurut G.D Broad atau.

iamam bernadib dalam bukunya “Filsafat Pendidikan” mengenai system dan metode (hal 89. Dasar sebuah tindakan adalah ide. agar secara konsekuen dibedakan antara sejarah dengan ilmu sejarah. Ide-ide itulah yang akan membawa manusia kearah suatu kemampuan untuk merentang kesadarannya dalam segala tindakannya. cakrawala yang semakin luas. akan jelasa pengertian kedua analisa tersebut) yaitu analisa Linguistik (bahasa) dan analisa konsep Sejarah Filsafat Sejarah filsafat adalah penyelidikan yang tidak ada kaitannya dengan perkataan tentang apakah teori idea (misalnya) benar atau salah. Kegunaan mempelajari filsafat Dengan belajar filsafat diharapkan akan dapat menambah ilmu pengetahuan. karena dengan bertambahnya ilmu pengetahuan akan bertambah pula cakrawala pemikiran. Sehingga manusia akan . tetapi dengan pertanyaan apakah ide itu. antara sejarah dengan huruf besar dan ilmu sejarah. bahwa sejarah belum pernah mempelajari sejarah salah satu zaman tertentu dengan mengusulkan. Demikian dapat dikatakan.

dapat lebih hidup. Dengan adanaya ilu pengetahuan dan teknologi kita semakin ditantang dengan memberikan alternativenya. apa yang dihasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi bersamaan itu pula manusia keholangan pendirian dan di hantui kebingungan dan keraguan. Hanya ilmu filsafatlah yang dapat diharapkan mampu memberikan manusia suatu integrasi dalam membantu mendekatkan manusia pada nilai-nilai kehidupan untuk mengetahui mana yang pantas kita tolak.Kegunaan filsafat ini sering muncul bagi para pemula belajar filsafat. Akhirnya kita akan menjadi manusia “terbelakang”. lebih sadar tehadap hak dan kewajibannya. Dengan semakin jauhnya kita dengan tata nilai dan moral. mana yang pantas kita tujui. lebih tanggap (peka) terhadap diri dan lingkungannya. selagi . kita sangat memerlukan suatu ilmu yang sifatnya memberikan pengarahan (ilmu pengetahuan) atau since of direction. Dan apabila kita tidak berani menghadapai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mana yang pantas kita ambil sehingga dapat memberikan makna kehidupan. akhirnya banyak ilmuan keholangan bobot kebijaksanaannya. Mengingat hal-hal tersebut di atas. Dengan demikian. masalah tersebut harus ditubtaskan.

masalah tersebut masih berada dalam diri seseorang yang sedang belajar filsafat Filsafat berguna bsgi manusia abapila feilsafat tersebut memperlihatkan kemajuan yang positif bagi kehidupan manusia Metode-metode fillsafat Para ahli piker (filosof) dalam melaksankan pekerjaanya tidak berbeda dengan cara bekerjanya sebuah pabrik. analogi dan koparamsi. Kegiatan berpikir atau kegiatan kefilsafatan sesungguhnya yang berupa “perenungan” perenungan terseut untuk menyusun suatu bagian yang konsepsional. ‘’’Analisis . Sebagai perangkat berpikir adalh analisa dan sintesis. Bekerjanya seorang ahli piker (filosof) adalah berpikir . Dalam menganalisis dan mensintensis para ahli piker menggunakan alat pemikiran berupa logika. tidak boleh memuat pernyataan yabg sifatnjya konttradiktif. kegiatan kefilsafatan artinya bagaimana seorang ahli piker mulia bekerja-proses bekerjanya sampai pada keasimpulan . yaitu mengadakan kegiatan kefilsafatan. sedangkan bekerjanya sebuah pabrik meghasilkan sebuah proses produksi. deduksi.

Pengertian analisis dalm kegiatan filsafat adalh rincaim istilah atau pernyataan dalam bagian sehingga kita dapat melakukan pemeriksaan atas makna yang terkandung sebagai contoh adalah perkataan “nyata” -Apakah meja itu adalah sesuatu yang nyata ? -Apakah impian adalah sesuatu yang indah ? Maksud analisis adalah melakukan pemeriksaan secara konsepsional terhadap makna istilah yang kita pergunakan dalam pernyataan yang kita buat. mengumpulkan suatu pengetahuan yag dapat diperoleh karena dalam menyuusn suatu system pemikiran seorang ahli pikir (filosof) mendasrkan pikirannya pada sejumlah besar bahan yang dicari ‘’’Logika Logika adalah ilmu pengetahuan tentang penyimpulan yang lurus serta menguraikan tentang aturan-aturan atau cara untuk mencapai kesimpulan dari premis-premis. ‘’’Logiaka ada 2 yaitu : . ‘’’Sintesis Sintesis sebagai upaya mencari kesatuan didalam kergaman maksudnya.

-Logika deduksi Logika deduksi membicarakan cara untuk mencapai suatu kesimpulan dengan telebih dahulu mengajukan pernyataan yang kusus mengenai sebuah atau/sejumlah diantara suatu ke. melainkan dari pernyataan yang khusus.-Logika induksi Logika induksi membicarakan penarikan kesimpulan buka dari pernyataan yang umum. .lompok barang tertentu .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful