1/4

Kode Unit : FQCCORFQM01.A Judul Unit : Memelihara Laboratorium Agar Sesuai dengan Tujuan Uraian Unit : Unit kompetensi ini mencakup secara umum pembersihan permukaan meja kerja, pembersihan dan penyimpanan peralatan serta pemantauan cadangan (stok) laboratorium. Sub Kompetensi 1. Membersihkan area kerja Kriteria Unjuk Kerja 1.1 Ruangan persiapan dibersihkan menggunakan zat pembersih yang sesuai dan prosedur yang disarankan 1.2 Tumpahan dibuang menggunakan zat dan peralatan pelindung diri yang benar 1.3 Limbah dibuang sesuai dengan prosedur 1.4 Tumpahan yang besar dilaporkan dan kemudian disingkirkan. 2.1 Alat gelas dan peralatan yang terkontaminasi dikumpulkan untuk dibersihkan dan bila perlu, untuk disanitasi 2.2 Kerusakan alat gelas diperiksa dan tidak digunakan lagi jika perlu 2.3 Reagen yang benar digunakan dan prosedur yang disarankan untuk menyingkirkan residu dari alat gelas dan peralatan 2.4 Alat pembersih otomatis dijalankan sesuai dengan prosedur tempat kerja 2.5 Alat gelas dan peralatan disimpan di tempat dan dengan cara yang ditentukan.

2. Membersihkan dan menyimpan peralatan gelas dan peralatan

3. Memantau stok bahan dan peralatan 3.1 Pemeriksaan stok dilaksanakan dan laboratorium catatan penggunaan dijaga sebagaimana ditentukan 3.2 Stok berlabel disimpan untuk keamanan dan pemeliharaan yang efisien

3 Keadaan kesehatan dipantau sesuai dengan prosedur laboratorium Persyaratan Unjuk Kerja 1. Kebijakan/prosedur penyimpanan dan penanganan cairan yang mudah terbakar dan menyala e. pergerakan orang dan bahan. Kebijakan/prosedur kode-kode berbahaya bahan kimia 3. Peralatan khas yang ada dalam suatu laboratorium disesuaikan dengan jenis atau lingkup analisanya. meja. dan urutan kerja/pembersihan ditaati untuk mencegah kontaminasi dan lintaskomunikasi 4. Peralatan dan Fasilitas yang Diperlukan a. Penyiapan ruang kerja. Kebijakan/prosedur penyimpanan dan penanganan gas-gas dalam tabung g.1 Peraturan yang berkenaan dengan pakaian pelindung. b. dan lemari asam c. alat gelas dan peralatan . termasuk: a. persediaan. Konteks Unit Kompetensi Kompetensi harus ditunjukkan dengan kemampuan untuk mengikuti prosedur kerja dengan aman yang berkenaan dengan perawatan laboratorium agar sesuai atau dapat digunakan sebagaimana mestinya. Ruang persiapan meliputi. Kebijakan/prosedur keselamatan dalam laboratorium b. kesehatan perorangan. Turut memelihara kesehatan laboratorium 4.2 Orang lain diberitahu mengenai potensi bahaya dan kontaminasi di ruang kerja sendiri 4. dan memonitor persediaan-persediaan laboratorium. kebersihan dan penyimpanan peralatan. bak cuci. Kebijakan/Prosedur yang Tersedia Acuan untuk penanganan dan pengangkutan barang-barang berbahaya. Unit kompetensi ini meliputi kebersihan permukaan kerja. 2. Kebijakan/prosedur penyimpan dan penanganan bahan-bahan yang korosif d.2/4 4. Kartu-kartu informasi penanganan dan keamanan penyimpanan c. Kebijakan/prosedur penyimpanan dan penanganan bahan-bahan beracun f.

viii. ix. minjaman iii. pendekontaminasi. Prosedur Penilaian Cara penilaian berikut ini disarankan: a. vii. Pesanan perusahaan.A) 3. Catatan-catatan stok meliputi: i. tanda-tanda dan catatancatatan/form g. Bahan yang khas dapat meliputi: pereaksi/reagen. Menanyakan untuk menilai pengetahuan yang mendasari peraturan dan prosedur bila pengamatan langsung sukar dikerjakan (misalnya yang berkenaan dengan bahaya) dan pemilihan reagen dan peralatan. Mengamati bagaimana teknik calon membersihkan. embaran-lembaran data iv. media dan plat agar serta deterjen h. Memeriksa ulang catatan persediaan yang diisi oleh calon c. pakaian sekali pakai. Pengetahuan dan Keterampilan Penunjang Kompetensi meliputi kemampuan menerapkan dan menjelaskan prosedur tempat kerja dan tata cara yang berkenaan dengan . dan membuang limbah b. Teknik bertanya sebaiknya sesuai dengan bahasa dan tingkat keberakhsaraan (literacy) calon 2. cah barang ii. disinfektan. uku pegangan Dokumen garansi/ jaminan Buku Penggunaan Alat Catatan perawatan Katalog Buku penuntun/manual Standar-standar mutu dan Standar pengujian Pe Pe L B v. Peralatan perlindungan diri f. Persyaratan Awal atau Kaitan dengan Unit Kompetensi Lain Unit kompetensi ini diuji dengan unit kompetensi Melakukan Praktek Berlaboratorium yang Baik/Good Laboratory Practice (GLP) (FQCGENLAB04. x. mendekontaminasi. vi. Zat dan peralatan pembersih. Acuan Penilaian 1. Mendapatkan umpan balik dari atasan atau mitra d. mendisinfeksi. dan/ atau pendisinfeksi e.3/4 d.

Aspek Kritis Penilaian Penilai harus mengamati apakah calonnya dapat melakukan aspek kritis berikut: a. pendekontaminasi dan/ atau pendisfeksi dan penyimpanan peralatan c. Menyimpan bahan-bahan dan peralatan laboratorium dengan aman f. Pengurangan dan pembuangan limbah d. Melaporkan potensi bahaya Aspek lain dapat dipertimbangkan seperti laporan praktikum peserta yang berkaitan dengan unit ini.4/4 a. logsheet atau pengalaman obyektif (dapat dibuktikan) lainnya dari peserta. Dengan aman membersihkan ruang kerja dan peralatan menggunakan zat dan peralatan pembersih b. Pembersihan. Diartikan bahwa kompetensi dibutuhkan untuk mengatur kegiatan yang memerlukan alternatif/pilihan. pendekontaminasi dan/ atau pendisfeksi permukaan kerja b. Pembersihan. Meminimumkan resiko kontaminasi pada diri sendiri. Dengan aman menyingkirkan tumpahan dan membuang limbah c. laboratorium dan orang lain e. aplikasi dan integrasi dari sejumlah elemen untuk membuat penilaian (judgements) atas kualitas proses proses dan hasil. Memonitor persediaan laboratorium Kompetensi juga meliputi kemampuan untuk menerapkan informasi yang terkandung dalam lembar data keamanan bahan (MSDSs) untuk bahan-bahan yang biasa ditangani secara teratur selama melakukan tugas perawatan 4. 2 3 . buku catatan laboratorium. Tingkat Kompetensi Kunci dalam Unit Ini Informasi ini mengacu kepada tujuh area kompetensi umum yang mendukung kegiatan tempat kerja yang efektif. Mendisinfeksi dan/atau mendekontaminasi ruang kerja dan peralatan sebagaimana diperlukan d. Diartikan bahwa kompetensi dibutuhkan untuk mengevaluasi dan merancang kembali proses. Pengertian Level Kompetensi Kunci Level 1 Karakteristik Level Diartikan bahwa kompetensi dibutuhkan untuk melakukan aktifitas secara efisien dan memuaskan berdasar kemampuan mandiri dan memperoleh hasil kerja berdasar pada kriteria atau parameter yang ditetapkan. Menjaga catatan tetap akurat h. Kompetensi – kompetensi kunci ini mencakup tiga tingkat/level kinerja (unjuk kerja) dalam area berikut : 1. menetapkan dan menggunakan prinsipprinsip (rumus) dalam rangka menemukan cara yang terbaik dan tepat untuk pendekatan kegiatan serta menetapkan kriteria untuk penilaian kualitas proses dan hasil. laporan pihak ketiga. Memonitor dan melaporkan kondisi peralatan laboratorium dan persediaan g.

5/4 2. Tingkat Kompetensi Kunci KOMPETENSI KUNCI Mengkomunikasikan ideide dan informasi Mengumpulkan. mengelola dan menganalisa informasi Merencanakan dan mengorganisasi kegiatan Bekerjasama dengan orang lain dan kelompok TINGKAT KOMPETENSI KUNCI 1 Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 1 Memecahkan masalah 1 1 Menggunakan teknologi TINGKAT 1 1 1 .