P. 1
Resource Based View of the Firm

Resource Based View of the Firm

|Views: 19|Likes:
Published by Budi Prasetiyo

More info:

Published by: Budi Prasetiyo on Dec 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2013

pdf

text

original

Resource based view of the firm Resource based view of the firm ( RBV ) membuktikan bahwa perusahaan memiliki

sumber daya yang dapat menjadikan perusahaan memiliki keunggulan bersaing dan mampu mengarahkan perusahaan memiliki kinerja jangka panjang yang baik. Resources yang berharga dan langka dapat diarahkan untuk menciptakan keunggulan bersaing, sehingga resources yang dimiliki mampu bertahan lama dan tidak mudah ditiru, ditransfer atau digantikan. Secara umum, kajian empiris sangat mendukung RBV ini.

Teori ini sangat relevan untuk menjelaskan 3 konsep utama, yaitu Achievment Motivation, Unique Value dan kinerja perusahan. Resource based view of the firm didasarkan pada 2 hal utama. Pertama, resource divercity ( juga disebut resource heterogeneity ) menyinggung apakah sebuah perusahaan memiliki sumber daya atau capability yang juga dimiliki oleh sejumlah perusahaan lain yang menjadi kompetitornya, sehingga resource tersebut dianggap tidak dapat menjadi suatu keunggulan bersaing. Kedua, resource in mobility menunjuk pada suatu sumber daya yang sulit didapat oleh competitor karena biaya pengembangannya sulit untuk mendapatkan atau jika menggunakan sumber saya tersebut biayanya sangat mahal.

Resource based view menyarankan sebuah perusahaan untuk menerapkan human capital management nya, sehingga secara signifikan dapat meningkatkan keunggulan bersaingan dengan menciptakan pengetahuan yang khusus, keterampilan, dan budaya (achievement Motivation) yang ada di dalam perusahaan yang sulit untuk ditiru. Dengan kata lain mengembangkan Unique Value yang ada di dalam perusahaan sebagai resource akan dapat mengembangkan inovasi yang sukar ditiru oleh para pesaing dan pada akhirnya memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan.

Resource-based view of the firm theory (Barney, 1991)

Teori ini membuktikan bahwa sumber daya perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing bagi perusahaan serta mampu mengarahkan perusahaan menciptakan kinerja jangka panjang yang baik. Teori ini sangat relevan untuk menjelaskan hubungan antra Achievmment Motivation , Unique Value dan Company performance, Resource-Bassed Valure of the fir (RBV) berdasarkan dua hal, yaitu ; pertama Resource Diversity (resource heterogeneity) sumber daya atau capability perusahaan yang juga dimiliki oleh perusahaan lain (kompetitor) sehingga sumber daya tersebut dianggap tidak memiliki keunggulan bersaing. Ke dua, Resource Immobility di mana sumber daya perusahaan tidak bisa disamai atau dimiliki oleh pesaing karena sulitnya mendapatkan tau besarnya biaya pengembangan serta besarnya biaya penggunaan sumber daya tersebut.

serta penciptaan penawaran berbeda oleh SDM yang ada sehingga Unique Value lebih terdorong untuk menciptakan kinerja perusahaan yang lebih baik .Selain itu RBV mengisyaratkan perushaan mengembangkan Human Capital Mmanagement untuk selalu bisa mengembangkan keunggulan bersaing melalui kapabilitas pekerja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->