BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Sejak awal 1900-an, natrium benzoat telah digunakan sebagai pengawet makanan.. Hal ini digunakan dalam berbagai aplikasi pengawet karena aksi antimikroba yang dikombinasikan dengan toksisitas rendah dan rasa rendah.. Dari karbonasi dan non-karbonasi minuman bersoda, buah dan jus buah, sirup, buah zaitun, acar dan lain natrium benzoat bumbu yang banyak digunakan dalam sejumlah produk yang kita konsumsi melalui penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, wadah harus tetap tertutup saat tidak digunakan. Natrium benzoat ini akan mudah larut dalam air, membentuk warna, serta solusi transparan. Ada sejumlah cara menjaga agar makanan dan minuman tetap layak untuk dimakan atau diminum walaupun sudah tersimpan lama. Salah satu upaya tersebut adalah dengan cara menambahkan zat aditif kelompok pengawet (zat pengawet) ke dalam makanan dan minuman. Penggunaan natrium benzoat semakin marak di sekitar kita seiring berjalannya waktu, natrium benzoat sepertinya juga sudah menjadi konsumsi khalayak secara tak sadar dalam hal makanan dan minuman dalam kemasan. Perlunya tingkat kewaspadaan pada makanan ataupun minuman yang mengandung zat aditif itu penting. 1.2 Rumusan Masalah a. Apa yang dimaksud dengan Natrium Benzoat itu? b. Apakah Natrium Benzoat masuk ke dalam golongan zat aditif pada bahan makanan? c. Bagaimana rumus struktur dari Natrium Benzoat itu sendiri? d. Apa saja dampak positif maupun negatif yang dapat ditimbulkan oleh Natrium Benzoat?

Profil Natrium Benzoat | 1

Mengidentifikasi komposisi dari minuman ringan (softdrink) yang mengandung bahan pengawet. Bagaimana upaya kita untuk menjaga kesehatan diantara maraknya penggunaan zat aditif seperti Natrium Benzoat? 1.3 Tujuan Penulisan a. 1. Profil Natrium Benzoat | 2 .e. Menambah wawasan tentang Natrium benzoat di dalam dunia kimia. b. Menambah sumber pengetahuan kita dalam berbagai aspek. Mengetahui dampak yang dapat ditimbulkan oleh Natrium Benzoat itu sendiri bagi kesehatan kita. b.4 Manfaat Penulisan a. Dapat dijadikan sebagai acuan untuk tetap menjaga kesehatan kita baik di hari ini maupun di hari tua nanti. c.

berasa payau. beberapa beri. Profil Natrium Benzoat | 3 . Produksi massal dihasilkan secara murah dari toluena. sedikit berbau.1 Pengertian Natrium Benzoat Natrium benzoat adalah garam sodium dari asam benzoat dan ada dalam bentuk garam ketika dilarutkan dalam air. dan pada pemanasan yang tinggi akan meleleh lalu terbakar. ketika digunakan sebagai bahan pengawet. Natrium benzoat yang terbentuk secara alami pada makanan kira-kira dalam takaran 40 mg/kg.000 mg/kg (50 kali lipat dari takaran sebenarnya). Hal ini dapat diproduksi dengan mereaksikan sodium hidroksida dengan asam benzoat. Secara historis. serta terdapat pula dalam rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Benzoat alami terdapat dalam beberapa buah-buahan. Natrium benzoat diproduksi dengan menetralisasi dari asam benzoat dengan natrium hidroksida. halus. asam benzoat berasal dari destilasi kering dari getah kapur barus. Benzoat yang biasa diperdagangkan adalah garam natrium benzoat. dan struktur bangunnya sebagai berikut : Benzoat merupakan unsur alami yang terdapat dalam beberapa tumbuhan dan sering digunakan sebagai anti bakteri atau anti jamur untuk mengawetkan makanan. Rumus kimia natrium benzoat yaitu C6H5COONa. diperlukan takaran kira-kira 2. seperti buah apel.BAB II PEMBAHASAN 2. dengan ciri-ciri berbentuk serbuk atau kristal putih.

6. Banyak merek telah kita kenal sebagai softdrink seperti Coca-Cola. Karena natrium benzoat hanya akan bekerja ketika keseimbangan pH makanan kurang dari 3. Meskipun asam benzoat adalah pengawet yang lebih efektif. tetapi makanan ringan juga dibubuhi pengawet buatan ini. Hal ini juga ditemukan dalam obat kumur berbasis alkohol dan semir perak. teh dan jus. selai dan jus buah (asam sitrat). Vitazone. hanya saja kecenderungan produksi minuman ringan (softdrink) yang mengandung natrium benzoat lebih banyak karena memberikan suatu citarasa asam yang dapat menyegarkan saat dikonsumsi. warung bahkan pedagang kaki lima selalu menyediakan minuman berkarbonasi ini. Hal ini disebabkan karena di setiap restoran. minuman bersoda (asam karbonat). Profil Natrium Benzoat | 4 . Natrium benzoat digunakan paling lazim berupa asam dalam makanan seperti cuka. ia efektif dalam kebanyakan soda. serta dalam obat batuk seperti Robitussin Sodium benzoat.2 Sasaran Penggunaan Natrium Benzoat Minuman ringan berkarbonasi atau yang lebih dikenal sebagai softdrink ini. dan masih banyak lagi minuman berkarbonasi lainnya yang menjadi sasaran empuk dari para produsen. Minuman soft drink sebenarnya dikonsumsi untuk meningkatkan nilai gizi. Maka. Fanta. ia juga merupakan bakteriostatik dan fungistatik di bawah kondisi asam. Sprite. Pepsi. Akan tetapi pada perkembangannya ternyata banyak softdrink yang menggunakan bahan pengawet untuk memperpanjang umur simpan. natrium benzoat lebih sering digunakan sebagai bahan tambahan makanan karena natrium benzoat 200 kali lebih larut dalam air dibandingkan asam benzoat yang tidak larut dalam air. cuka. sehingga softdrink ini dapat diperjualbelikan secara bebas. depot. peredarannya sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat dewasa ini. Tidak hanya minuman. 2. bersifat menghilangkan rasa haus. dan bumbu. Mizone. Popularitasnya pun menanjak dibandingkan kopi. mempunyai efek untuk menyembuhkan. acar (cuka).Natrium benzoat dikenal sebagai pengawet sintesis. dan jus buah.

2. Aman untuk bahan pangan namun ada batas maksimal yang harus diperhatikan. tidak terdapat pada softdrink jernih. → Berikut rincian komposisi yang lazimnya terdapat dalam minuman ringan : 1. Zat pengawet : Umumnya soft drink diawetkan dengan natrium benzoat atau natrium benzoat. membantu seseorang tetap terjaga atau tidak mengantuk. jantung dapat berdegup kencang. root beer sampai cream soda. dan ada pula jenis flavor lain seperti rasa nanas. Gula / pemanis : → Soft drink regular : sukrosa (gula tebu). sirup fruktosa atau HFCS (High Fructose Corn Syrup) → Soft drink diet : pemanis sintetis aspartam. 3. coffee cream. sehingga tidak direkomendasikan bagi mereka yang hipertensi. Sedangkan di negara-negara maju menggunakan pemanis sintetis mutakhir : sukralosa dan acesulfame-K. suatu bahan pengawet sintetis. karena tidak memiliki kandungan gizi yang berarti selain kadar gula yang tinggi. berflavor buah jeruk. berpotensi serangan jantung koroner atau stroke. Berguna untuk memperbaiki flavor minuman.Minuman ringan juga dikenal sebagai minuman yang statusnya ringan gizi. Ada zat pewarna alamiah seperti caramel (pada soft drink cola) tetapi yang banyak digunakan adalah zat pewarna sintetis seperti : karmoisin Profil Natrium Benzoat | 5 . Minuman ringan tersedia dari bermacam-macam aroma buah seperti cola. Air : komponen utama soft drink. sakarin atau siklamat. 6. 5. Zat pewarna : Ditemukan pada beberapa jenis soft drink. 4. Kafein (terutama pada jenis cola dan coffee cream) : kadarnya cukup tinggi. CO2 : sama dengan gas buang pernafasan kita.

Berikut beberapa sampel penggunaan natrium benzoat dalam makanan maupun minuman yang berada di sekitar kita :  Selai buah  Makanan kaleng (canned food) Profil Natrium Benzoat | 6 . Flavor buatan : seperti rasa jeruk. bukan hasil ekstraksi buah-buahan. rasa strawberry. 7. merupakan flavor sintetik.dan tartrazin. jadi jangan harapkan mengandung vitamin dan mineral seperti yang ada pada buah-buahan. rasa nanas dan sebagainya.

 Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda  Obat batuk sirup  Kecap Profil Natrium Benzoat | 7 .

Menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. natrium benzoat dan kalium benzoat membentuk benzena yang bersifat karsinogenik. b. E300). Dampak Positif a. Mencegah terjadinya dekomposisi (penguraian) dini. karena natrium benzoat merupakan agen yang efektif untuk antimikrobia untuk tujuan pengawetan. Panas. Berdasarkan penelitian. d. Makanan maupun minuman ringan yang mengandung natrium benzoat dikemas dalam bentuk yang rapi dan kedap udara. dimana organ sel tersebut tak lain adalah mitokondria. Mitokondria itu sendiri menkonsumsi oksigen dari Profil Natrium Benzoat | 8 . Menghilangkan rasa haus 2. Menciptakan citarasa yang enak nan menyegarkan dan aroma yang mengundang selera saat dikonsumsi. Natrium benzoate memiliki kemampuan untuk menyebabkan rusaknya DNA di dalam mitokondria secara total. berikut paparannya : 1. namun tingkat di bawah mereka yang dianggap berbahaya untuk konsumsi. fermentasi anaerobik glukosa melalui fosfofruktokinase ini mengalami penurunan sebesar 95%. sehingga hal tersebut menjadi salah satu daya tarik dari para konsumen. benzoat dapat merusak suatu area DNA yang penting.3 Dampak Natrium Benzoat Dampak yang ditimbulkan oleh natrium benzoat ada 2 yaitu dampak positif dan dampak negatif. Jika perubahan pH intraselular 5 atau lebih rendah.2. c. Mekanisme ini dimulai dengan penyerapan asam benzoat ke dalam sel. Dalam kombinasi dengan asam askorbat (vitamin C. Dampak Negatif Hampir disetiap makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya ada tertera Natrium benzoat. e. cahaya dan kehidupan tak dapat mempengaruhi tingkat di mana benzena terbentuk.

maka sel mulai mengalami kegagalan fungsi yang sangat serius. namun terutama sekali.Penyakit ini menyebabkan kematian dan belum ditemukan obatnya. jus AFI dan Sportion. karena mengandung natrium benzoat dan kalium sorbat. Pengawet ini menyebabkan peradangan menahun yg menyerang berbagai bagian tubuh terutama kulit. Vita-zone. keseluruhan dari proses penuaan. Mekanisme terjadinya penyakit lupus ini kurang lebih hampir sama dengan mekanisme penyakit Sindrome Parkinson dimana karsinogenik yang terbentuk menyerang mitokondria sebagai bagian dari produksi energy kita. dan bila dirusak (seperti terjadi pada sejumlah kondisi pada saat sakit).penyakit Parkinson dan beberapa penyakit akibat degenerasi saraf. sendi darah dan ginjal. Profil Natrium Benzoat | 9 . Dampak negatif ini berlaku jika dikonsumsi dalam jangka panjang. NU apple. Sekedar informasi. yang perlu diwaspadai untuk selanjutnya yaitu minuman isotonik yang banyak disiarkan oleh beberapa media dengan modus memperbaiki ion-ion tubuh yang hilang. Sistem kekebalan tubuh yg harusnya menjadi antibodi tidak berfungsi melindungi tetapi malah menggerogoti. seperti Pocari sweat. selain itu dapat pula terserang kanker karena sifat benzene adalah karsinogenik dan sebagai polutan udara. kencing berdarah dan membuih. serta gatal-gatal. minuman isotonik yang patut kita waspadai digolongkan dalam 4 kategori. Karena disebabkan adanya gangguan autoimun dalam tubuh.kombinasi vitamin C bersama natrium benzoat yang membentuk benzena lalu menyerapnya guna menghasilkan energi. Tidak hanya itu. Minuman isotonik ini berpotensi menyebabkan penyakit lupus. Dan ada sejumlah penyakit dimana yang sekarang dikaitkan dengan kerusakan DNA ini . yakni : 1) Produk yang tidak mengandung bahan pengawet natrium benzoat dan kalium sorbet. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain yaitu kulit membengkak.

Arinda sweat. seperti Kopi kap. 4) Mengandung bahan pengawet tetapi tidak mencantumkan dalam kemasan. masih belum bertindak tegas dengan tidak memberi izin peredaran minuman isotonik/minuman elektrolit yang berbahaya bagi kesehatan kita. di setiap makanan ataupun minuman dalam rupa kemasan. Delli juss dan Frutsam. Hal ini mungkin saja berdasarkan faktor makanan serta minuman instan/ cepat saji. Zestea. Okky jelly drink. Bahan pengawet seperti Natrium benzoat ini adalah masalah serius yang patut kita waspadai karena. Kino sweat. Profil Natrium Benzoat | 10 . Jungle juice. kita sebagai konsumen. Yang perlu dicamkan adalah pepatah menabung sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.2) Produk yg mengandung natrium benzoat dan mencantumkan di label kemasan. seperti Frezz mix. Amazone. Boyzone. Jolly cool drink. rata-rata semuanya mengandung Natrium benzoat. Vzone. 3) Mengandung natrium benzoat dan kalium sorbat tetapi hanya mencantumkan satu jenis pengawet. Maka dari itu. Ice pop. Nihau orange drink. Sampai saat ini Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Zporto. Jika kita ibaratkan menabung bahan pengawet Natrium benzoat di dalam tubuh sedikit demi sedikit kita konsumsi. akan menjadi bukit penyakit yang membuat kita menderita. Zhuka sweat. Zegar isotonic. sudah sepatutnya selektif dalam memilih bahan pangan yang baik sesuai untuk dikonsumsi.4 Upaya untuk Menjaga Kesehatan Kita dari Bahan Pengawet Kenapa umur manusia pada zaman dahulu lebih panjang dari pada umur manusia zaman sekarang ? mungkin masing-masing orang memiliki asumsi yang berbeda-beda . Arinda ice coffee. 2. Pocap. maka lama kelamaan seiring berjalannya waktu. Cafeta. seperti Mizone.

dan lain sebagainya. Profil Natrium Benzoat | 11 . dan masih banyak lagi yang dapat merusak tubuh kita bahkan menyebabkan kematian. zat pewarna dan flavor buatan yang beraneka rasa.1 Kesimpulan Komposisi yang terkandung dalam minuman isotonik yaitu air. sindrom Parkinson. Dampak positif merupakan dampak fisik yang dapat mempengaruhi daya tarik dari para konsumen. zat pengawet. Hampir semua minuman isotonik/elektrolit mengandung Natrium benzoat yang dapat membahayakan bagi tubuh kita jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan terus menerus. Lupus.2 Saran    Meminimalisir makanan ataupun minuman instan yang beredar bebas di lingkungan sekitar kita. warna. kafein. baik dari segi tampilan. Sedangkan untuk dampak negatif. yang ditimbulkan adalah berbagai macam penyakit seperti kanker. rasa.BAB III PENUTUP 3. 3. Memperbanyak konsumsi bahan pangan yang sifatnya alami dan aman bagi kesehatan. CO2 (karbondioksida). gula/pemanis. Sebagai konsumen yang baik. sudah sepatutnya kita pintar memilah bahan pangan yang baik atau tidak untuk kelangsungan ke depan. Dampak yang ditimbulkan meliputi dampak positif dan negatif.

smartclick.com  www.SUMBER  www.scribd.wordpress.kaskus.com  www.com Profil Natrium Benzoat | 12 .com  www.net  www.us  www.prostate.indoforum.bayuputra.