BAB 1 1 PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang Masalah Dalam era kompetisi global seperti sekarang ini, persaingan yang ketat membuat suatu perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lainnya. Untuk dapat mempertahankan posisi bersaingnya, maka perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan (Sustainable Competitive Advantage) dan perusahaan harus dapat mengelola biaya seefisien mungkin. Untuk dapat meningkatkan daya saing tersebut, badan usaha perlu meningkatkan efisiensi dan efektivitas baik dalam hal biaya maupun dalam aktivitas perusahaan, dan juga pengambilan keputusan yang tepat dari pihak manajemen. Untuk hal tersebut, suatu perusahaan perlu didukung oleh informasi dan analisis yang berkaitan dengan akuntansi manajemen. Perusahaan memerlukan pengelolaan biaya yang efektif dan efisien dalam setiap aktivitasnya. Perusahaan berusaha mengatasi masalah biaya dengan mencari cara-cara baru dan menggunakan analisis-analisis biaya agar biaya dapat ditekan seefisien mungkin. Seiring dengan berkembangnya lingkungan usaha dan teknologi manufaktur, kepentingan manajemen akan informasi juga semakin berkembang dan kompleks. Untuk itu akuntansi manajemen diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut dan dapat memberikan informasi yang

Dalam akuntansi manajemen.2 akurat kepada manajemen. Manajemen biaya strategik merupakan perpaduan tiga tema kunci yaitu. Analisis ini dilakukan tidak hanya pada aktivitas internal saja. dimana analisis Value Chain difokuskan pada aktivitas internal perusahaan saja. Kemudian dalam perkembangan akuntansi manajemen. Konsep tersebut adalah manajemen biaya strategik (Strategic Cost Management). Analisis Strategic Positioning adalah analisis penempatan . analisis Value Chain. Manajemen biaya strategik adalah analisis biaya dalam konteks lebih luas dari analisis biaya secara tradisional. adalah analisis yang memecah badan usaha menjadi aktivitas-aktivitas yang relevan secara strategis dalam rangka memahami perilaku biaya. yaitu dimulai dari perolehan bahan baku dasar sampai menjadi produk akhir yang siap untuk dijual. lahirlah sebuah konsep analisis biaya baru yang pada akhirnya dapat membantu perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. yaitu dimulai dari perolehan bahan baku dasar sampai menjadi produk jadi di tangan konsumen. Manajemen biaya strategik membantu perusahaan memahami kekuatan internal dan kekuatan eksternal perusahaan sehingga perusahaan dapat memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Manajemen biaya strategik menganalisis biaya dengan menggunakan Value Chain Analysis. analisis Value Chain masih terbatas pada Production Value Chain Analysis. tetapi dilakukan secara lebih luas dengan melibatkan aktivitas eksternal perusahaan.

dibandingkan dengan pesaing untuk menarik konsumen atau memberikan nilai yang sama atau lebih.3 perusahaan pada posisi yang strategis. Penekanan strategi biaya rendah fokus terhadap penekanan pada harga jual yang lebih rendah. Analisis Value Chain dapat digunakan untuk menelusuri aktivitas Value Added dan aktivitas Non Value Added untuk dilakukan pengurangan atau penghilangan aktivitas Non Value Added sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya. harus ditanggapi dengan meniadakan ketidakekonomisan (diseconomies) yang terjadi. perlu diidentifikasi dan ditiadakan biaya-biaya yang diakibatkan dari aktivitas-aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. dengan perilaku para konsumen yang makin berkembang. Analisis ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alat analisis manajemen biaya. Berdasarkan uraian-uraian yang telah disampaikan di atas. Untuk itu. yang cenderung menghambat kelancaran arus proses penciptaan nilai tambah dari para pemasok sampai ke para konsumen. baik kepada pelanggan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan pesaing. Dan analisis Cost Drivers adalah analisis atas faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya biaya. penulis bermaksud melakukan suatu penelitian yang akan dituangkan ke dalam skripsi dengan judul : “Analisis Value Chain dalam meningkatkan efisiensi Biaya Produksi dan Keunggulan Bersaing pada PT. yang dapat digunakan untuk memberikan informasi guna membuat keputusan strategis dalam menghadapi persaingan bisnis. Bangka Bintang Lestari”. . Demi mencapai keunggulan kompetitif.

Bagaimana upaya perusahaan dalam peningkatan daya saing. Bangka Bintang Lestari. guna meningkatkan efisiensi Biaya Produksi dan Keunggulan Bersaing perusahaan ? hidup 1. dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut : 1. Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah disebutkan di atas. Bagaimana peranan analisis Value Chain. sedangkan kemampuan penulis dalam hal ini sangat terbatas.3. guna mempertahankan kelangsungan perusahaan ? 2. Batasan Masalah Mengingat masalah penelitian yang sangat luas dan kompleks. Bagaimana perusahaan meningkatkan keunggulan kompetitif dalam mengahadapi persaingan.2. bagaimana peranan analisis Value Chain guna meningkatkan efisiensi Biaya Produksi dan Keunggulan Bersaing pada PT. maka untuk menghindari ketidakjelasan dan kesimpangsiuran di dalam penjelasan. selanjutnya penulis ingin membatasi masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu. guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam hal biaya ? 3.4 1. .

Bangka Bintang Lestari ? 2. . Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis adalah : 1. 3. 2. Untuk mengetahui kebijakan apa saja yang diambil perusahaan dalam upaya meningkatkan daya saing. Bangka Bintang Lestari.5 1.4. Bagaimana peranan analisis Value Chain guna meningkatkan efisiensi Biaya Produksi pada PT. Bangka Bintang Lestari. Bangka Bintang Lestari ? 3. Untuk mengetahui bagaimana peranan analisis Value Chain guna meningkatkan efisiensi Biaya Produksi pada PT. Untuk mengetahui bagaimana peranan analisis Value Chain guna meningkatkan Keunggulan Bersaing pada PT. Perumusan Masalah Dengan mengetahui batasan masalah tersebut di atas.5. Bagaimana peranan analisis Value Chain guna meningkatkan Keunggulan Bersaing pada PT. Kebijakan apa yang diambil perusahaan dalam upaya meningkatkan daya saing ? 1. maka penulis menetapkan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah : 1.

7. 1. Bagi Pembaca Dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat atau sebagai salah satu sumber referensi yang berguna untuk penelitian sejenis yang relevan dan lebih sempurna di masa yang akan datang. 3. 2.Sistematika Penulisan Sistematika penulisan ini dibuat dengan maksud untuk memberikan penjelasan secara singkat tetapi jelas tentang gambaran secara garis besar dari isi skripsi yang akan penulis susun. pengetahuan dan pemahaman penulis terhadap permasalahan yang diteliti.6. masukan dan bahan pertimbangan sebagai dasar penyusunan strategi untuk mengelola biaya secara efisien dan meningkatkan keunggulan bersaing melalui penerapan analisis Value Chain.6 1. Bagi Perusahaan Dapat dijadikan sumber informasi. Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat. antara lain : 1. dan dibagi dalam 6 (enam) bab. sekaligus sebagai sarana untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan materi-materi perkuliahan yang diperoleh selama kuliah di STIE IBEK Pangkalpinang. Sistematika penulisan skripsi ini dapat penulis kemukakan secara garis besarnya adalah sebagai berikut : . Bagi Penulis Untuk meningkatkan wawasan.

variabel-variabel yang akan diteliti. riwayat singkat berdirinya PT. BAB II : LANDASAN TEORI Pada bab ini diuraikan berbagai teori. serta sistematika penulisan penelitian. BAB III : METODOLOGI PENELITIAN Pada bab ini diuraikan mengenai waktu dan tempat penelitian. dan Keunggulan Bersaing. Bangka Bintang Lestari. BAB IV : GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN Pada bab ini membahas mengenai lokasi penelitian. Bangka Bintang Lestari. Struktur Organisasi PT. sebagai pedoman dalam menganalisa masalah. Bangka Bintang Lestari. Selain itu juga membahas mengenai penerapan strategi bersaing. Biaya. serta kerangka berpikir peneliti. . batasan masalah. tujuan dan manfaat penelitian. dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Visi dan Misi PT. identifikasi masalah. dan teknik pengolahan data serta analisa data.7 BAB I : PENDAHULUAN Merupakan bab pendahuluan yang menguraikan secara singkat latar belakang masalah. perumusan masalah. teknik pengumpulan data yang dipakai oleh penulis. keterangan dan pendapatpendapat para ahli mengenai analisis Value Chain.

pengujian dan hasil analisis. serta pembahasan mengenai bagaimana peranan analisis Value Chain guna meningkatkan efisiensi Biaya Produksi dan Keunggulan Bersaing pada PT. BAB VI : PENUTUP Bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dan saransaran yang dapat diambil dari penyusunan skripsi. . Bangka Bintang Lestari. serta rekomendasi yang akan diberikan kepada perusahaan dengan suatu rekomendasi yang memberikan alternatif pemecahan masalah.8 BAB V : PEMBAHASAN Dalam bab ini merupakan bagian ulasan data dan hasil penelitian lapangan dan kepustakaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful