Renang adalah olah raga therapy dan menjaga kebugaran, beda dengan olah lain yang akan terasa

capai setelah ber-olah raga, tetapi renang akan tetap bugar dan segar
1. Gerakan kaki Gerakkan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian (seperti orang yang sedang berjalan kaki), tetapi antara kaki dan paha dengan posisi lurus atau dengkul tidak boleh ditekuk. Gerakan ini dilakukan terus menerus.

Perhatikan: Selama melakukan gerakan ini, kaki dan paha harus selalu dengan posisi lurus. Dengkul tidak boleh ditekuk. Jadi yang bergerak bukan lutut/kaki, melainkan pangkal paha/pinggul

2. Gerakan tangan a. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan agak berdekatan, tetapi tidak perlu menempel) b. Kemudian tarik tangan kiri ke bawah, terus ditarik sampai ke belakang. c. Kemudian angkat tangan kiri keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kiri tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air, siku tangan kiri agak ditekuk di dekat telinga. Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air). d. Pada waktu tangan kiri diangkat keluar dari permukaan air, langsung gerakkan dan tarik tangan kanan ke bawah sampai ke belakang -sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah b.

Ulangi langkah b – e di atas Jadi urutan gerakan tangan gaya bebas : .Begitu seterusnya Perhatikan Tangan kiri dan kanan bergerak secara bergantian. Pada saat itulah.e.Tarik tangan kanan mengayuh ke bawah sampai ke belakang . Kemudian diluruskan kembali dan diayunkan sejauh mungkin ke depan masuk ke permukaan air)-sama dengan gerakan tangan kiri pada langkah c.Tarik tangan kiri mengayuh ke bawah sampai ke belakang . . angkat tangan kiri tersebut ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kiri sejauh mungkin ke depan . angkat tangan ke atas permukaan air dan ayunkan tangan kanan sejauh mungkin ke depan . gerakkan kepala ke kanan untuk ambil nafas.Posisi Awal Kedua tangan lurus ke depan . sedangkan tangan kanan akan naik ke permukaan air. tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang.Setelah tangan kiri selesai mengayuh sampai ke belakang. kaki & mengambil nafas Kaki terus bergerak seperti pada point 1 di atas. Pengambilan nafas dilakukan ketika tangan kiri sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air. begitu seterusnya. 3. siku tangan kanan agak ditekuk di dekat telinga. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air. Kemudian angkat tangan kanan keluar dari permukaan air dan ayunkan tangan kanan tersebut sejauh mungkin ke depan (ketika tangan di atas permukaan air.Setelah tangan kanan selesai mengayuh sampai ke belakang. Gerakan kombinasi tangan.

Ketika mengambil nafas. Jadi jangan sekali gerakan tangan langsung mengambil nafas. Jangan menunggu gerakan tangan kanan (tangan kiri) selesai.pilih salah satu yang menurut Anda lebih nyaman) Tips : 1) Kaki terus bergerak (tidak boleh berhenti). 4) Ketika kepala menoleh ke kanan (atau ke kiri) untuk mengambil nafas. walau ketika sedang mengambil nafas. yaitu dilakukan ketika tangan kanan sedang diayunkan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air. 2) Tangan kanan dan kiri bergerak terus secara bergantian (tanpa jeda /istirahat). Jadi seolah-olah ujung ibu jari tangan yang menyentuh permukaan air lebih dulu. 5) Agar gaya bebas ini bisa lebih cepat dan gerakannya lebih stabil.Hand Paddle Dari WIKIPEDIA . 3) Posisi telapak tangan agak menghadap ke luar ketika akan menyentuh permukaan air.Papan Pelampung .. kemudian langsung secepatnya gerakkan kembali kepala ke dalam air. kepala jangan diangkat ke atas.3 set gerakan tangan. melainkan hanya menoleh ke samping kanan (atau boleh juga ke kiri . Perlengkapan renang yang biasa digunakan untuk belajar gaya Bebas: . pengambilan nafas dilakukan setelah 2 ..Begitu juga bila Anda lebih suka bernafas ke kiri.

atau melakukan olahraga air. gaya bebas dan gaya kupu-kupu. Iliad. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896. Tidak seperti halnya gaya dada. perenang dapat menggunakan berbagai macam gaya renang. Kitab Yesaya 25:11). mandi. gaya punggung. serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst). sehingga gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam nomor renang gaya bebas. gaya punggung.Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Sebagian besar peserta waktu itu berenang dengan gaya dada. dan gaya kupu-kupu. Persatuan renang dunia. Odyssey. Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas. [sunting] Gaya renang Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar gaya renang Dalam renang untuk rekreasi. Gaya kupukupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952. kecuali gaya dada. Kisah Para Rasul 27:42. gaya dada. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh. Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air. dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5. Mesir barat daya. dan gaya bebas. Gaya renang yang dilombakan dalam perlombaan renang adalah gaya kupukupu. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Pada 1538. hampir semua perenang berenang dengan gaya krol. mencari ikan. [sunting] Gaya bebas . Dalam lomba renang nomor gaya bebas. Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama. gaya punggung. dan biasanya tanpa perlengkapan buatan. orang berenang dengan gaya dada. Walaupun demikian. Pada tahun 1900. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. dan gaya kupu-kupu. gaya punggung. gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Sejarah Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah renang Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir. Pada 1873. Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908.

Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju . orang berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. baik yang sudah terlatih maupun para pemula. perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air. Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. namun berbeda dari gaya bebas. Sewaktu berlomba. posisi wajah menghadap ke permukaan air. Dibandingkan gaya berenang lainnya. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. [sunting] Gaya punggung Artikel utama untuk bagian ini adalah: gaya punggung Sewaktu berenang gaya punggung. setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Dalam gaya punggung. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa di gunakan oleh beberapa orang. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas. Sewaktu berenang gaya bebas. perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. Dalam pelajaran berenang. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Namun perenang hanya dapat melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. [sunting] Gaya dada Artikel utama untuk bagian ini adalah: gaya dada Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.Artikel utama untuk bagian ini adalah: gaya bebas Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Gaya dada atau gaya katak (gaya kodok) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. namun dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Sewaktu mengambil napas. Posisi wajah berada di atas air sehingga orang mudah mengambil napas. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

Sebelum memasuki air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas [sunting] Gaya kupu-kupu Artikel utama untuk bagian ini adalah: gaya kupu-kupu Gaya kupu-kupu atau gaya dolfin adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.pinggang seperti gerakan mengayuh. sungai. perenang pemula yang belajar gaya kupu-kupu perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. gaya dada. Sewaktu berlomba. Dibandingkan dalam gaya berenang lainnya. Berenang di sungai atau di laut bisa sangat berbahaya bila datang arus deras atau ombak besar secara tiba-tiba. atau laut yang ingin direnangi. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900. . Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. dan merupakan gaya berenang paling baru. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air. Berbeda dari renang gaya lainnya. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Orang yang sedang dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan dilarang untuk berenang. dan gaya kupukupu yang semuanya dilakukan di atas balok start. perenang gaya kupu-kupu tidak dapat menutupi teknik gerakan yang buruk dengan mengeluarkan tenaga yang lebih besar. Gaya kupu-kupu diciptakan tahun 1933. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. berbeda dari sikap start perenang gaya bebas. perenang harus mencari tahu kedalaman kolam renang. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan. [sunting] Risiko Kecelakaan di air karena bisa menyebabkan cedera hingga kematian akibat tenggelam. sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. Berenang gaya kupu-kupu juga menuntut kekuatan yang lebih besar dari perenang. dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air. perenang gaya punggung melakukan start dari dalam kolam.

dalam berenang terkadang membutuhkan perlengkapan khusus [5] seperti kaca mata renang. Akibatnya. Secara umum perlengkapan renang tersebut ditujukan untuk memudahkan berenang dan menghindari risiko yang [5] timbul akibat berenang. Kita ambil contoh mengambil nafas ke sisi kiri. beberapa perenang hebat seperti Grant Hackett mengambil nafas setiap dua kayuhan sekali. penutup telinga dan hidung. Berenang di air kotor akan menyebabkan penyakit kulit dan iritasi mata. Ini akan menimbulkan gelembung-gelembung air yang keluar dari hidung Anda. dan kita akhiri pada saat tangan kita kembali masuk kedalam air. penutup kepala. keluarkanlah udara dengan santai dari hidung Anda. yang paling sulit cara bernafasnya adalah gaya bebas. Pergantian air yang teratur akan meningkatkan kualitas air kolam yang sehat. kepala kita tidak boleh sepenuhnya menyembul dari permukaan air. gaya bebas. Di kolam renang. Dalam gaya dada dan gaya kupu-kupu. Dan kemiringan tubuh kita dengan sendirinya akan membantu wajah kita untuk bisa menyembul keatas permukaan air dengan mudah dan alami. Pada saat wajah Anda kembali terbenam kedalam air. .Kaca mata renang bisa mencegah mata orang yang memakainya dari iritasi. Inilah yang menjadikan bernafas dalam gaya bebas terasa lebih sulit. rancangan seperti ini ditujukan bagi kegiatan berenang untuk kompetisi. Pada saat itulah kita mulai mengambil nafas. Namun jika sudah biasa. Lalu kapan kita mengambil nafas? Untuk renang jarak jauh semisal 1500 meter. dan karenanya bernafasnya pun hanya ke satu sisi saja: ke kiri saja atau ke kanan saja. Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara ke dalam pakaian. Adapun dalam gaya bebas. bernafas bisa dilakukan dengan mudah karena ada saat dimana kepala kita seluruhnya berada diatas permukaan air. Diantara empat gaya renang yang ada (gaya dada. Ini artinya hanya berselang satu kayuhan saja. tubuh pun akan miring menghadap ke sisi kiri. dan gaya punggung). Perlengkapan Berenang secara alami tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. bakteri penyebab penyakit dikendalikan dengan pemberian kaporit. Pakaian yang digunakan untuk berenang dirancang untuk memudahkan manusia bergerak di air. Pada saat kayuhan tangan kiri kita sejajar dengan dada. tidak akan ada lagi hal yang sulit. Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga terkadang membutuhkan pakaian dan perlengkapan khusus untuk membantu memudahkan bergerak [5] di air. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Mengambil (menghirup) nafas dalam gaya bebas kita lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan kita. Bernafas dalam gaya punggung juga tidak sulit karena kepala dan tubuh kita menghadap dengan bebas ke arah langit. Selain pakaian yang dirancang khusus. akan timbul gaya angkat pada sisi kiri tubuh kita. Pakaian renang juga dirancang untuk mempercepat [5] pergerakan manusia di air. gaya kupu-kupu. ban renang.

santai. 500 meter. Meski demikian.Namun ada juga beberapa perenang yang mengambil nafas setiap tiga kayuhan sekali. 1.000 m. Lakukanlah yang menurut Anda lebih rileks. Olimpiade kedua diselenggarakan di Paris.200 meter. hanya empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Lalu mana yang lebih baik antara mengambil nafas ke satu sisi saja atau mengambil nafas ke dua sisi secara bergantian? Jawabannya. dan 100 meter bagi para pelaut. Cara bernafas seperti dikenal sebagai bilateral breathing. Prancis pada 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m.000 m. renang termasuk dalam tujuh kemahiran yang harus dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata. dan 200 m nomor beregu. nomor bebas. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi pengurangan kecepatan yang biasanya terjadi ketika seorang perenang gaya bebas sedang mengambil nafas. Sejarah mencatat. 200 m gaya dada. Olahraga renang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern 1896 di Athena. renang adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. Renang dapat sebagai rekreasi sekaligus olahraga Renang telah dikenal sejah zaman pra-sejarah. 1. Di Jepang. nyaman dan cocok untuk Anda. Yunani. Renang : Sebagai Olahraga Dan Rekreasi Renang adalah aktifitas di air yang cukup menyenangkan anak dan remaja. suka-suka Anda. Pada Olimpiade ini. . banyak perenang sprint gaya bebas (50 meter atau 100 meter) yang berusaha semaksimal mungkin untuk menahan nafas mereka selama balapan. Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800 dan sebagian besar menggunakan gaya dada. Ini artinya pengambilan nafas akan dilakukan bergantian ke kiri dan ke kanan. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya gua-gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. 4. Anda merasa nyaman ketika bernafas. nomor bebas. pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi. Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trudgen. Mereka hanya mengambil nafas ketika betul-betul memerlukannya. Jadi yang terpenting. Masing-masing adalah nomor 100 meter. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada 1902. Di abad pertengahan.

John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba-romba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Penggemar renang semakin bertambah. Seiring dengan perkembangan olah raga renang renang semakin popular. Bersama-sama dengan loncat indah. gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada sebelum dianggap sebagai gaya renang tersendiri pada 1952. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas. . Bahkan. gaya kupu-kupu. Sejarah Perlombaan berenang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800.Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) dibentuk tahun 1908 semula menetapkan. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari. Richard Cavill memperkenalkan renang gaya bebas. dan polo air. Itupun baru nomor bebas. seringkali anak-anak diajarkan renang pada usia sangat dini Renang di Pegunungan. dan pemenang semifinal maju ke babak final. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. Sebagian besar perenang berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1902. Pada awalnya. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm. dan gaya dada. Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping. Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. renang indah. renang perairan terbuka. Pada 1873. Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia. Belanda. Gaya kupu-kupu pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an. sebagai rekreasi Olahraga Renang Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. gaya punggung. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat.

Tali lintasan dibedakan menurut warna: hijau untuk lintasan 1 dan 8.Di Hindia Belanda. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952. 6. dan 7.0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start. Pelampung pada tali lintasan dapat berputar-putar bila terkena gelombang air. dimulai dari 1. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. dan kuning untuk lintasan 4 dan 5.5 m dengan jarak paling sedikit 0. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1. Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917.0 m. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951.9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung.2 m di luar lintasan pertama dan lintasan terakhir. . Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Tali lintasan terdiri dari rangkaian pelampung berukuran kecil pada seutas tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond). perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59. biru untuk lintasan 2. dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927.35 meter. Masing-masing lintasan dipisahkan dengan tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan. Fasilitas dan peralatan Kolam renang Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m.[1] Pada 1936.0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6. dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda. 3. Lintasan Lebar lintasan paling sedikit 2. Kedalaman kolam minimum 1.

Di kolam berlintasan ganjil.75 dari permukaan air. dan 8. dan di atasnya dilapisi bahan antilicin. dan gaya bebas. posisi start dilakukan di dalam air dengan badan menghadap ke dinding kolam.5 m hingga 0. perenang tercepat diunggulkan di lintasan paling tengah. 7.Perenang diletakkan di lintasan berdasarkan catatan waktu dalam babak penyisihan (heat). 3. 6. Tebal papan sentuh ini hanya 1 cm. papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang di kedua sisi dinding kolam. Di kolam 8 lintasan. Peraturan Pada nomor renang gaya kupu-kupu. Tinggi balok start antara 0. Papan sentuh pengukur waktu produksi Omega mulai dipakai di Pan-American Games 1967 di Winnipeg. Kedua tangan memegang pegangan besi pada balok start. Kemiringan balok start tidak melebihi 10°. sementara kaki bertumpu di dinding kolam.5 m. Posisi start gaya punggung juga dipakai oleh perenang pertama dalam gaya ganti estafet. 2. gaya dada. Ukuran balok start adalah 0. perenang melakukan posisi start di atas balok start.5 x 0. Pada nomor gaya punggung. 1. . Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk. Pengukur waktu Dalam perlombaan internasional atau perlombaan yang penting. perenang tercepat ditempatkan di lintasan 4 (di lintasan 3 untuk kolam 6 lintasan). Perenang-perenang dengan catatan waktu di bawahnya secara berurutan menempati lintasan 5. Perenang mencatatkan waktunya di papan sentuh sewaktu pembalikan dan finis. dan kedua lutut ditekuk di antara kedua lengan. Balok start Di setiap balok start terdapat pengeras suara untuk menyuarakan tembakan pistol start dan sensor pengukur waktu yang memulai catatan waktu ketika perenang meloncat dari balok start. Kanada.

namun dengan gerakan kaki gunting. gerakan lengan. Gaya bebas (front crawl) Gaya trudgen (trudgeon): serupa dengan gaya bebas. tempo. Start dinyatakan tidak sah bila perenang meloncat dari balok start sebelum ada aba-aba.Wasit start memanggil para perenang dengan tiupan peluit panjang untuk naik ke atas balok start (bersiap di dalam air untuk gaya punggung dan gaya ganti estafet). perenang memulai dengan gaya kupu-kupu. Dalam nomor renang gaya ganti perorangan. atau hanya dengan kedua belah lengan sementara kaki tetap diam. Perenang berada dalam posisi start setelah aba-aba Siap ((Take your marks dalam bahasa Inggris) diteriakkan oleh wasit start. Meskipun demikian. Gaya renang diberi nama berdasarkan posisi badan di air (gaya dada. orang juga dapat berenang hanya dengan menggerakan kedua belah kaki sementara lengan tetap diam. diteruskan dengan gaya punggung. Gaya kupu-kupu Gaya dada . Cara berenang seperti demikian dilakukan penyandang tuna daksa dan orang lumpuh. dan pernapasan. dan gaya kupu-kupu). Dalam perlombaan renang dikenal istilah renang gaya ganti yang mengacu kepada urutan gaya renang yang harus dilakukan. Daftar gaya renang Gaya renang adalah cara melakukan gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari kedua gerakan tersebut yang memungkinkan orang berenang maju di dalam air. gerakan tungkai. dan diakhiri dengan gaya bebas. gaya punggung. gaya bebas. Selain empat jenis gaya renang yang dipertandingkan (gaya dada. tubuh perenang harus dalam keadaan diam. Hingga tembakan pistol start dimulai. gaya punggung) atau nama pencipta (gaya trudgen). gaya dada. Gaya renang yang utama Keseluruhan gaya renang merupakan kombinasi dari posisi badan. masih dikenal berbagai variasi gaya renang yang lain.

800 m (putri).Gaya anjing: kepala mendongak di atas air sementara tungkai dan lengan digerakgerakan di dalam air seperti anjing berenang. 200 m. berasal dari perkembangan gaya dada. 200 m Gaya dada: 100 m. 100 m. 100 m. dan gaya dada). Gaya punggung Gaya samping. Nomor perlombaan Perlombaan renang terdiri dari nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh. jenis kelamin. Gaya ganti perorangan: 200 m dan 400 m Gaya ganti estafet: 4 x 100 m Gaya bebas estafet: 4 x 100 m. gaya kupu-kupu. 400 m. 100 m. dan empat gaya renang (gaya bebas. 4 x 200 m Marathon 10 km. 1500 m Gaya punggung: 50 m. 200 m Gaya punggung: 100 m. gaya punggung. 200 m . 100 m. 800 m. 1500 m (putra) Gaya kupu-kupu: 100 m. 200 m. 200 m Gaya dada: 50 m. Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomor-nomor renang: Gaya bebas: 50 m. 200 m. Nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam Olimpiade: Gaya bebas: 50 m. 400 m.

gaya dada. misalnya sarung tangan berselaput. dilanjutkan perenang gaya dada. dan sebagainya Sumber : wikipedia dan berbagai sumber lainnya . daya apung. 200 m. seorang perenang memakai keempat gaya secara bergantian untuk satu putaran. gaya punggung. atau ketahanan selama berlomba.Gaya kupu-kupu: 50 m. Pakaian Federasi Renang Internasional memiliki daftar merek dan tipe pakaian renang yang disetujui dalam perlombaan renang. Perenang pertama memulai dengan renang gaya punggung. Perenang tidak dibolehkan memakai alat atau pakaian renang yang dapat mempengaruhi kecepatan. 100 m.[9] Pada nomor gaya ganti perorangan. perlombaan diadakan di kolam renang lintasan pendek 25 m. dan diakhiri oleh perenang gaya bebas. kaki katak. Pada nomor renang gaya ganti perorangan 100 m. 4×200 m Gaya ganti estafet: 4×100 m. 400 m Gaya bebas estafet: 4×100 m. Pada nomor 4 x 100 m gaya ganti estafet. Perenang berkacamata dapat memilih untuk mengenakan kacamata renang minus. atau mengenakan lensa kontak bersama kacamata renang normal. Perenang dibolehkan memakai topi renang dan kacamata renang. perenang gaya kupu-kupu. sirip. satu regu diwakili empat orang perenang yang masing-masing berenang 100 m. dan gaya bebas. dengan urutan: gaya kupu-kupu. 200 m Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek).

and even surgical treatment are required. From this research. the mice were split into two groups. cancer is the second largest cause of death in the U. the size of tumors in mice trained to swim can be reduced by 64% compared to the size of tumors in mice that were not trained to swim. manfaat tersebut antara lain : 1. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin. cancer is a disease that also cost quite a lot. In fact. dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang. lancar. 2. Expensive cancer treatments make researchers interested to seek alternative treatment for this disease even more affordable.S. After 6 weeks. Then. Let's swim to keep our health. They prove that the swimming training inhibits the growth of tumor cells in mice. Many cancer patients are trapped by the expensive cost of cancer treatment. chemical treatment. dapat memacu aliran darah ke jantung. In May 2009. radiation. Menambah tinggi badan Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya). female breast. kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh. In the year 2006. Saat bergerak di dalam air.Swimming can prevent and treat cancer? Can swimming prevent and treat cancer? Based on statistics. Penapasan kita menjadi lebih sehat. .S. after heart disease. To treat cancer. ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. One group was given swim training 5 times a week for 6 weeks. Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. mulai dari kepala. Membentuk otot Saat berenang. 3. berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. 4. 559.888 die from this disease. dan telapak kaki. Malignancy in the prostate. Melatih pernafasan Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. lung cancer is a disease that causes the most deaths. pembuluh darah. researchers from Norway published a study that gives new hope in the field of cancer treatment. and lung cancer occupying the top three most widely attacked U. Berenangadalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). punggung. In this study. From these three malignancies. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki. Artinya. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas). pinggang. leher. perut. the size and weight of tumors from both groups were compared. dada. population. we expect a controlled physical activity such as swimming can be a new approach inpreventing cancer and improving the effectiveness of cancer treatment. dan paru-paru. anggota gerak bawah. tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. Besides being the largest cause of death. anggota gerak atas. researchers injected tumor cells into mice.

com/2010/04/manfaat-olah-raga-renang. Suasana hati jadi sejuk. badan pun bebas gerah. Self safety Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).5. Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan. 7. latihan bisa ditingkatkan. atau bersepeda. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam. ag tubuh tidak ‘kaget’. Sebaiknya. berjalan kaki. Untuk mengatasinya. Sebelum berenang. pikiran lebih adem. seperti joging. Menghilangkan stres.blogspot. mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. source: http://shahnaz-cinta. sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh. berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih. Setelah beberapa minggu. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi.html . 6. tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit. seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan. lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 2040 menit tanpa henti. Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain. Secara psikologis. Membakar kalori lebih banyak Saat berenang. Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful