Artikel Renang

Marshallino Persada T.P XI IPA 7 Daftar isi

Kata pengantar 1 Renang 2 Sejarah Renang 3 Fasilitas dan Peralatan 4 Peraturan Manfaat dan Resiko 8 Gaya Bebas 11 Gaya Dada 14 Gaya Punggung 15 Gaya Kupu-kupu 16 6

Saya juga berterimakasih kepada Pak Benny atas kebaikannya untuk memberi tugas artikel ini untuk melengkapi nilai saya yang kosong akibat saya tidak belum bisa berenang. Terima kasih saya ucapkan pula kepada kakak saya yang telah membantu saya untuk menyusun artikel ini agar hasilnya dapat cukup memuaskan. karena atas rahmat-Nya saya masih diberikan kesempatan untuk membuat artikel renang ini. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi para pembaca dan dapat memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang olahraga renang. Tidak lupa juga kepada orang tua saya yang selalu memberi dukungan kepada saya untuk mengerjakan artikel ini. Terima kasih . Tugas ini dibuat untuk melengkapi nilai olahraga kelas 3 SMA saya.Kata Pengantar Puji syukur saya haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa.

gaya punggung. renang perairan terbuka. Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia. gaya kupu-kupu. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas. . dan pemenang semifinal maju ke babak final. dan polo air. Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. atau melakukan olahraga air. danau. dan laut sebagai bentuk rekreasi. Bersama-sama dengan loncat indah.Renang Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. mencari ikan. renang indah. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal. dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Manusia juga berenang di sungai. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). mandi.

serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. . Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Athena 1896.Sejarah Renang Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah. Pada tahun 1900. Mesir barat daya. Saat itu. Pada 1873. dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh. Iliad. Odyssey. Federation Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada 1908. bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir. gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama. Persatuan renang dunia. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Kisah Para Rasul 27:42. sebagian besar peserta berenang dengan gaya dada. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Kitab Yesaya 25:11). Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst). Pada 1538.

.0 m.Fasilitas dan Peralatan Kolam renang Kolam renang adalah suatu konstruksi buatan yang dirancang untuk diisi dengan air dan digunakan untuk berenang. karena membutuhkan banyak tempat dan biaya perawatan yang besar. atau aktivitas air lainnya. Kolam renang umum biasanya adalah bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi. dengan fasilitas-fasilitas lainnya meliputi sauna. dimulai dari 1.0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start. lapangan olahraga (squash. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1. Untuk menjernihkan dan mendisfeksi air biasanya digunakan kaporit. Kedalaman kolam minimum 1.0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m.Masing-masing lintasan dipisahkan dengan tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan. Kolam renang pribadi adalah simbol status bagi pemiliknya. dll) dan rumah makan.5 m dengan jarak paling sedikit 0. menyelam. Lintasan Lebar lintasan paling sedikit 2. Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m.2 m di luar lintasan pertama dan lintasan terakhir.35 meter. tenis.

dan kuning untuk lintasan 4 dan 5. Perenang mencatatkan waktunya di papan sentuh sewaktu pembalikan dan finis. 7. Tali lintasan dibedakan menurut warna: hijau untuk lintasan 1 dan 8. Tebal papan sentuh ini hanya 1 cm. perenang tercepat diunggulkan di lintasan paling tengah. Kanada. Balok start Di setiap balok start terdapat pengeras suara untuk menyuarakan tembakan pistol start dan sensor pengukur waktu yang memulai catatan waktu ketika perenang meloncat dari balok start. 1. Kemiringan balok start tidak melebihi 10°. dan 8. Papan sentuh pengukur waktu produksi Omega mulai dipakai di Pan-American Games 1967 di Winnipeg. dan 7.Tali lintasan terdiri dari rangkaian pelampung berukuran kecil pada seutas tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Di kolam berlintasan ganjil. Ukuran balok start adalah 0. dan di atasnya dilapisi bahan antilicin.75 dari permukaan air. perenang tercepat ditempatkan di lintasan 4 (di lintasan 3 untuk kolam 6 lintasan). 3. 6. 3. papan sentuh pengukur waktu otomatis dipasang di kedua sisi dinding kolam. Tinggi balok start antara 0. . Pengukur waktu Dalam perlombaan internasional atau perlombaan yang penting. Perenang diletakkan di lintasan berdasarkan catatan waktu dalam babak penyisihan (heat).Perenang-perenang dengan catatan waktu di bawahnya secara berurutan menempati lintasan 5. Pelampung pada tali lintasan dapat berputar-putar bila terkena gelombang air. biru untuk lintasan 2.5 m hingga 0. 2. 6.5 m.5 x 0. Di kolam 8 lintasan.

Start dinyatakan tidak sah bila perenang meloncat dari balok start sebelum ada aba-aba. posisi start dilakukan di dalam air dengan badan menghadap ke dinding kolam. perenang melakukan posisi start di atas balok start. Perlombaan renang terdiri dari nomor-nomor perlombaan menurut jarak tempuh.Peraturan Pada nomor renang gaya kupu-kupu. Posisi start gaya punggung juga dipakai oleh perenang pertama dalam gaya ganti estafet. gaya kupu-kupu. jenis kelamin. gaya dada. Badan dibungkukkan ke arah air dengan lutut sedikit ditekuk. sementara kaki bertumpu di dinding kolam. dan empat gaya renang (gaya bebas. tubuh perenang harus dalam keadaan diam. Kedua tangan memegang pegangan besi pada balok start. Perenang berada dalam posisi start setelah aba-aba Siap ((Take your marks dalam bahasa Inggris) diteriakkan oleh wasit start. dan kedua lutut ditekuk di antara kedua lengan. Hingga tembakan pistol start dimulai. dan gaya bebas. gaya . Pada nomor gaya punggung. Wasit start memanggil para perenang dengan tiupan peluit panjang untuk naik ke atas balok start (bersiap di dalam air untuk gaya punggung dan gaya ganti estafet).

dilanjutkan perenang gaya dada. 400 m. 4×200 m Gaya ganti estafet: 4×100 m. 200 m. 200 m Gaya kupu-kupu: 50 m. . 200 m Gaya punggung: 100 m. gaya dada. Perenang pertama memulai dengan renang gaya punggung. 100 m. 100 m.punggung. 400 m Gaya bebas estafet: 4×100 m. 200 m. 800 m. dan gaya bebas. 400 m. 200 m Gaya dada: 100 m. 1500 m Gaya punggung: 50 m. Federasi Renang Internasional mengakui rekor dunia putra/putri untuk nomornomor renang: Gaya bebas: 50 m. Pada nomor gaya ganti perorangan. 4 x 200 m Marathon 10 km. Nomor-nomor renang putra dan putri yang diperlombakan dalam Olimpiade: Gaya bebas: 50 m. dan gaya dada). perlombaan diadakan di kolam renang lintasan pendek 25 m. Gaya ganti perorangan: 200 m dan 400 m Gaya ganti estafet: 4 x 100 m Gaya bebas estafet: 4 x 100 m. 200 m. Pada nomor renang gaya ganti perorangan 100 m. 200 m. 100 m. seorang perenang memakai keempat gaya secara bergantian untuk satu putaran. 200 m Gaya ganti perorangan: 100 m (hanya lintasan pendek). 800 m (putri). 1500 m (putra) Gaya kupu-kupu: 100 m. 200 m Gaya dada: 50 m. satu regu diwakili empat orang perenang yang masing-masing berenang 100 m. Pada nomor 4 x 100 m gaya ganti estafet. perenang gaya kupu-kupu. dan diakhiri oleh perenang gaya bebas. gaya punggung. dengan urutan: gaya kupu-kupu. 100 m. 100 m.

ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang terbilang minim risiko cedera fisik. manfaat tersebut antara lain : .Manfaat dan Resiko Berenang Manfaat: Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang juga merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas). Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin.

anggota gerak bawah. Self safety .Membentuk otot Saat berenang. sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh. punggung. berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air. lancar. Melatih pernafasan Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. dan paru-paru. dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang. leher. pembuluh darah. mulai dari kepala. Artinya. Penapasan kita menjadi lebih sehat. pinggang. Menambah tinggi badan Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya). Saat bergerak di dalam air. tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh. tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. perut. dapat memacu aliran darah ke jantung. dada. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki. dan telapak kaki. kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh. anggota gerak atas. Membakar kalori lebih banyak Saat berenang.

perenang harus mencari tahu kedalaman kolam renang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Setelah beberapa minggu. Menghilangkan stres Secara psikologis. Pergantian air yang teratur akan meningkatkan kualitas air kolam yang sehat. Kecelakaan di air dapat menyebabkan cedera hingga kematian akibat tenggelam. sungai. badan pun bebas gerah. seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. atau laut yang ingin direnangi. berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. latihan bisa ditingkatkan. Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain. Oleh karena itu. bakteri penyebab penyakit dikendalikan dengan pemberian kaporit. Resiko: Terdapat berbagai risiko saat manusia berada di air. mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit. Orang yang sedang dalam pengaruh alkohol dan obat-obatan dilarang untuk berenang. Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan.Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut. berjalan kaki. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam. berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih. sebelum memasuki air. Suasana hati jadi sejuk. Berenang di sungai atau di laut bisa sangat berbahaya bila terdapat arus deras atau ombak besar secara tiba-tiba. Berenang di air kotor akan menyebabkan penyakit kulit dan iritasi mata. Kaca mata renang dapat mencegah mata orang yang memakainya dari iritasi. pikiran lebih adem. Untuk mengatasinya. dll). . Di kolam renang. atau bersepeda. Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. baik sengaja maupun tidak sengaja. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan. seperti joging. Sebaiknya. lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. agar tubuh tidak ‘kaget’. Sebelum berenang.

Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air. Tidak seperti halnya gaya punggung.Gaya Bebas Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba . posisi wajah menghadap ke permukaan air. dan gaya kupu-kupu. Dibandingkan gaya berenang lainnya. Sewaktu berenang gaya bebas. Sewaktu mengambil napas. gaya dada. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh.

gaya renang yang dikembangkan Cavill disebut gaya krol (crawl). Perenang dari suku Indian dengan mudah mengalahkan perenang Inggris. Richard Cavill memenangi lomba renang 100 yard dengan catatan waktu 58. Arthur (Tums). mereka berdua melihat Alick Wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. gaya punggung. Di dunia Barat. . Dalam lomba renang. Pada 1905. karena banyak memercikkan air ke sana ke mari. atau gaya kupu-kupu. kecuali gaya dada. Dalam lomba renang. perenang Inggris tetap mempertahankan gaya dada. Sejarah Gaya Bebas Manusia sudah berenang gaya bebas sejak zaman kuno. Wickham adalah orang Kepulauan Solomon yang tinggal di Sydney. Perenang dari suku Indian dengan mudah mengalahkan perenang Inggris. gaya bebas pertama kali dilombakan tahun 1844 di London. Percy. Walaupun demikian. perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya dari Kieran. Sewaktu pergi ke Argentina antara tahun 1870 dan 1890. namun tahun 1873 adalah angka tahun yang paling sering dikutip. Di kemudian hari. "seperti merangkak (crawl) di dalam air". Namun di Inggris Trudgen memakai gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini. setelah bertemu dengan perenang Australia Barney Kieran yang mengadakan tur di Inggris pada 1905. Walaupun sebenarnya masih ada teknik-teknik renang "gaya bebas" yang lain. perenang Inggris tetap mempertahankan gaya dada. pria Inggris waktu itu menganggap gaya bebas tidak elegan. Berbagai sumber menyebut angka tahun yang berbeda-beda. putra dari instruktur renang Inggris "Profesor" Frederick Cavill yang menetap di Australia sejak 1879. Manusia sudah berenang gaya bebas sejak zaman kuno.renang kategori gaya bebas. gaya bebas pertama kali dilombakan tahun 1844 di London. Dalam Kejuaraan Renang Internasional 1902. pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan. Frederick Cavill memiliki enam anak laki-laki yang semuanya perenang mahir. Di dunia Barat. sehingga gaya krol identik dengan gaya bebas. Charles. Gaya renang campuran yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya trudgen. Ernest.8 detik. dan Richmond (Dick). Ketika Dick dan "Tums" sedang mengembangkan gaya trudgen. Sydney. Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti dikenal orang sekarang. Ketika ditanya nama gaya renang yang dipakainya. Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja. Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill. karena banyak memercikkan air ke sana ke mari. menurut salah satu dari anggota keluarga Cavill. gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang gaya bebas. pria Inggris waktu itu menganggap gaya bebas tidak elegan. Walaupun demikian.

Frederick Cavill memiliki enam anak laki-laki[4] yang semuanya perenang mahir.Manusia sudah berenang gaya bebas sejak zaman kuno. Wickham adalah orang Kepulauan Solomon yang tinggal di Sydney. Perenang dari suku Indian dengan mudah mengalahkan perenang Inggris. Dalam lomba renang. Dalam Kejuaraan Renang Internasional 1902. Sewaktu pergi ke Argentina antara tahun 1870 dan 1890. namun tahun 1873 adalah angka tahun yang paling sering dikutip. Berbagai sumber menyebut angka tahun yang berbeda-beda. Di dunia Barat. Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti dikenal orang sekarang. Sydney. Ernest. pria Inggris waktu itu menganggap gaya bebas tidak elegan. Charles. Gaya renang campuran yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya trudgen. dan Richmond (Dick). Walaupun demikian. setelah bertemu dengan perenang Australia Barney Kieran yang mengadakan tur di Inggris pada 1905. putra dari instruktur renang Inggris "Profesor" Frederick Cavill yang menetap di Australia sejak 1879. Di kemudian hari. dan Richmond (Dick). karena banyak memercikkan air ke sana ke mari. Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill. "seperti merangkak (crawl) di dalam air". Percy. gaya bebas pertama kali dilombakan tahun 1844 di London. namun tahun 1873 adalah angka tahun yang paling sering dikutip.[1] Namun di Inggris Trudgen memakai gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini. Arthur (Tums). perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya dari Kieran.8 detik. Ernest. gaya renang yang dikembangkan Cavill disebut gaya krol (crawl). Pada 1905. Richard Cavill memenangi lomba renang 100 yard dengan catatan waktu 58. Ketika Dick dan "Tums" sedang mengembangkan gaya trudgen. Charles. Namun di Inggris Trudgen memakai gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini. mereka . Arthur (Tums). Percy. Sydney. mereka berdua melihat Alick Wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. perenang Inggris tetap mempertahankan gaya dada.Sewaktu pergi ke Argentina antara tahun 1870 dan 1890. Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill putra dari instruktur renang Inggris "Profesor" Frederick Cavill yang menetap di Australia sejak 1879. menurut salah satu dari anggota keluarga Cavill. Gaya renang campuran yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya trudgen. pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan. Frederick Cavill memiliki enam anak laki-laki yang semuanya perenang mahir. Berbagai sumber menyebut angka tahun yang berbeda-beda. Ketika ditanya nama gaya renang yang dipakainya.[5] Ketika Dick dan "Tums" sedang mengembangkan gaya trudgen. pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan.

Wickham adalah orang Kepulauan Solomon yang tinggal di Sydney.berdua melihat Alick Wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. Ketika ditanya nama gaya renang yang dipakainya. setelah bertemu dengan perenang Australia Barney Kieran yang mengadakan tur di Inggris pada 1905. Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti dikenal orang sekarang. Gaya Dada . perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya dari Kieran. Dalam Kejuaraan Renang Internasional 1902. Di kemudian hari. "seperti merangkak (crawl) di dalam air". Richard Cavill memenangi lomba renang 100 yard dengan catatan waktu 58. menurut salah satu dari anggota keluarga Cavill. gaya renang yang dikembangkan Cavill disebut gaya krol (crawl).8 detik. Pada 1905.

21 km itu diseberanginya dengan berenang gaya dada selama 21 jam 45 menit. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Dalam lomba renang tahun 1844 di London.Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. namun berbeda dari gaya bebas. orang Inggris lebih senang berenang gaya dada. Hingga tahun 1873. . dekat Wadi Sora. Pada tahun 1696. dan gaya bebas. buku tersebut berisi cara belajar gaya dada. gaya punggung. Tujuannya menulis buku bukan untuk mempromosikan berenang. melainkan untuk mengurangi bahaya tenggelam. Meskipun demikian. pengarang Perancis Melchisédech Thévenot menulis buku The Art of Swimming yang menjelaskan berenang gaya dada yang serupa dengan gaya dada sekarang ini. sejumlah perenang suku Indian ikut serta. Kapten Matthew Webb berhasil mencatatkan diri sebagai orang pertama yang berenang menyeberangi Selat Inggris. Dalam pelajaran berenang. Olimpiade St. Pada waktu itu diperlombakan nomor gaya dada. Lomba renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sejarah Gaya Dada Manusia sudah berenang gaya dada sejak Zaman Batu seperti digambarkan dalam lukisan di Gua Perenang. Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Mesir barat daya. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional (FINA). Gerakan kaki gaya dada diperkirakan meniru gerakan berenang katak. Salah seorang dari pembacanya adalah Benjamin Franklin. Sebagian besar perenang memakai gaya dada. perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. Di lukisan dinding yang dibuat orang Assyria dan lukisan relief yang ditemukan di Babilonia Pada tahun 1538. Perenang Inggris menggunakan gaya dada sementara perenang suku Indian berenang gaya bebas. setelah satu kali gerakan tangankaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Colymbetes. seorang profesor ilmu bahasa berkebangsaan Jerman bernama Nicolas Wynman menerbitkan buku berenang yang pertama. perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Louis 1904 adalah Olimpiade yang pertama kali mempertandingkan nomor gaya dada secara terpisah untuk jarak 440 yard (402 m). Pada tahun 1875. Selat selebar 34.

Gaya Punggung Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start. Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas. perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan. Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas. perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Sewaktu berlomba. gaya dada. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900. . Sewaktu berenang gaya punggung.

Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Dibandingkan gaya renang lainnya. Gaya kupu-kupu merupakan hasil pengembangan gaya dada. Sejarah Gaya Kupu-kupu Pada akhir tahun 1933. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air. Sieg berenang dengan tubuh dimiringkan ke salah satu sisi.Gaya Kupu-kupu Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Pada tahun berikutnya (1935). Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. perenang Jack Sieg dari Universitas Iowa mengembangkan teknik menendang seperti sirip ekor ikan. Armbruster menyebut gaya "baru" tersebut sebagai gaya "kupu-kupu". Armbruster diduga telah memperbaiki metode mengayunkan lengan ke depan sewaktu berenang gaya dada. dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang terbaru dalam pertandingan renang. Armbruster dan Sieg lalu bersama-sama mengembangkan kedua teknik ini menjadi . Pelatih renang David Armbruster dari Universitas Iowa meneliti masalah hambatan air sewaktu berenang gaya dada. Ia menyebut tendangannya sebagai "tendangan sirip ekor lumba-lumba". Perenang gaya kupu-kupu pertama kali ikut dalam lomba renang pada tahun 1933. Dibandingkan ketiga gaya berenang lainnya. teknik gerakan yang buruk dalam gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. gaya dada. perenang gaya kupu-kupu bisa berenang lebih cepat. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. perenang Amerika Serikat bernama Henry Myers berenang gaya kupu-kupu di perlombaan renang Brooklyn Central YMCA. berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Berbeda dari gaya bebas. Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai gaya tersulit untuk dipelajari. Walaupun gaya kupu-kupu sulit dipelajari. Pada tahun 1934. pemula perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. dan gaya punggung yang umumnya dapat mudah dikuasai.

Wilson terkena diskualifikasi. Volney Wilson mencoba gerakan barunya di penyaringan wakil Amerika Serikat untuk Olimpiade 1938. Richard Rhodes mengklaim bahwa Volney Wilson adalah orang yang menciptakan "tendangan lumba-lumba" setelah mempelajari gerakan ikan. Hasilnya.gaya renang yang sangat cepat. . Satu ayunan lengan kupu-kupu dipadu dengan dua tendangan lumba-lumba.