P. 1
PERNAFASAN HEWAN 2

PERNAFASAN HEWAN 2

|Views: 453|Likes:
Published by Putri Pertiwi

More info:

Published by: Putri Pertiwi on Dec 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2014

pdf

text

original

PERNAFASAN HEWAN

TUJUAN
1.

:

Mengetahui banyaknya penggunaan oksigen untuk pernafasan hewan dengan berat yang berbeda-beda Menyebutkan factor yang mempengaruhi perbedaan penggunaan oksigen pada respirometer
2.

RUMUSAN MASALAH: Bagaimana perbedaan penggunaan oksigen untuk pernafasan hewan dengan berat dan ukuran tubuh yang berbeda-beda.
1.

2. Apakah yang mempengaruhi perbedaan oksigen pada respirometer.

HIPOTESA : 1. Pernafasan hewan dengan tubuh besar dan kapasitas paru-paru besar memiliki jumlah pernafasan yang lebih sedikit dibandingkan pernafasan hewan dengan tubuh kecil dengan kapasitas paru-paru kecil. 2. Factor yang mempengaruhi perbedaan oksigen adalah ukuran tubuh serangga, dan kapasitas paru-paru.

VARIABEL :

Manipulasi Kontrol Respon

: ukuran tubuh serangga : respirometer yang sama : banyaknya penggunaan oksigen

 

Timbangan 4. 3 ekor JANGKRIK yang berbeda ukuran 2. : Gambar Alat dan Bahan 1. Pinset .ALAT DAN BAHAN N O. Jarum Suntik Kecil 3.

5. Vaselin 7. Kristal NaOH 8. Kapas 6. Eosin .

. Memasukka Kristal NaOH yang telah di balut dengan kapas kedalam botol respirometer 3. atau jarum suntik agar tidak terjadi kebocoran. Menimbang serangga kemudian memasukkan kedalam botol respirometer 4.9. Menutup botol dengan penutup pipa berskala dengan ibu jari selam 2-3 menit. Respirometer Sederhana CARA KERJA : 1. Olesi dengan vaselin pada tutup berskala itu. Kemudian melepaskan dan tutup dengan eosin dengan cara meneteskan menggunakan pippet. Menyiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan 2.

16 skala 3 menit ke-3 0.28 skala ANALISA : Dari table di atas dapat diketahui bahwa ada hubungan antara besar tubuh / berat tubuh dengan keperluan udara pernafasan selama waktu yang sama. dan catatlah pengamtanmu dalam table pengamatan 6. mengamati perubahan kedudukan eosin setiap tiga menit selama sembilan menit.065 skala 3 menit ke-2 0. jumlah skala respirometer serangga kecil lebih besar dari pada serangga lain yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Hal ini mendukung teori bahwa kapasitas paru-paru mempengarui jumlah pernafsan untuk memenuhi keperluan metabolisme tubuh.15 skala 0. HASIL PENGAMATAN: No 1 2 3 Berat serangga Serangga kecil Serangga sedang Serangga besar Perubahan kedudukan eosin 3 menit ke-1 0. Kapasitas paru-paru yang lebih besar akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memenuhi keperluan . Dapat dilihat dari table pengamatan di atas. Mencatat letak eosin.46 skala 0.Menutup dengan jari menggunakan jarum suntik 5.2 skala 0.24 skala 0.38 skala 0.07 skala 0. Melakukan percobaan ini menggunakan jangkrik yang berbeda ukuran.

5 0.15 0.4 0. Dan tabung yang berada di ujung respirometer telah di buat kedap udara sehingga tidak ada udara yang dapat keluar masuk dari tabung. . Buatlah grafik yang menunjukkan hubungan antara berat tubuh serangga dengan kebutuhan oksigen ! 0.1 0.45 0. seperti yang dapat dilihat di table pengamatan dan di grafik di bawah. Benarkah perubahan volume pada pipa skala merupakan jumlah O2 yang diperlukan oleh serangga dalam waktu tertentu? Berikan alasannya ! Ya.2 0.35 0.25 0. Oleh karena itu. sedangkan kapasitas paru-paru yang lebih kecil memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk memenuhi keperluan metabolisme tubuhya. karena pada respirometer benar-benar dibuat untuk menilai keperluan pernafasan serangga dalam kurun waktu tertentu. pemilik kapasitas paru-paru kecil akan lebih sering mengambil nafas untuk memenuhi keperluan metabolism tubuhnya. PERTANYAAN DAN JAWABAN DI LKS 1.3 0.metabolism tubuh.05 0 serang akecil g serang asedang g serang abesar g 3m enit 6m enit 9m enit 2.

ada tidaknya penghalang pergerakan cairan pada respirometer.  posisi respirometer . Hipotesa diterima 2. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pergerakan cairan dalam pipa respirometer? Kecepatan pernapasan serangga.kedap udaranya respirometer. jenis cairan pada pipa respirometer. Faktor yang mempengaruhi pergerakan cairan dalam skala respirometer adalah :  Kecepatan pernapasan serangga. posisi respirometer.3. Bila kapasitas paru-parunya kecil maka pernafasannya akan semakin banyak. bila kapasitas paru-parunya besar maka pernafasannya tidak akan sebanyak pemilik kapasitas paru-paru kecil. kapasitas paru-paru. ukuran tubuh serangga. 4.  ada tidaknya penghalang pergerakan cairan pada respirometer. 3.  kapasitas paru-paru. SIMPULAN : 1..  kedap udaranya respirometer. Pernafasan hewan dengan kapasitas paru-paru kecil lebih banyak di bandingkan pernafasan hewan dengan kapasitas paru-paru besar.  ukuran tubuh serangga. Apakah yang dapat anda simpulkan pada percobaan ini? Kami menyimpulkan bahwa pernafasan hewan atau makhluk lain tergantung dari kapasitas paru-paru yang dimiliki makhluk tersebut.  jenis cairan pada pipa respirometer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->