BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Salah satu ciri dari negara berkembang adalah sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani. Kegiatan pertanian yang dilakukan masih

menggunakan peralatan tradisional, dan mengandalkan tenaga hewan dan manusia. Lalu, apakah di negara maju tidak mengenal pertanian? Tentu saja negara maju juga masih mengenal pertanian meskipun hanya sebagian kecil saja. Tetapi perbedaannya terletak pada peralatan dan teknologi

yangdigunakan. Pertanian di negara maju menggunakan peralatan modern berupa traktor untuk mengolah tanah. Dalam konteks ekonomi internasional, dikenal dengan istilah ―negara maju‖ dan ―negara berkembang‖. Kedua istilah tersebut merupakan penggolongan negara-negara di dunia berdasarkan kesejahteraan atau kualitas hidup rakyatnya. Negara maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan. Negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua Eropa terutama kawasan Eropa Barat serta Amerika (Utara) Misalnya Belanda, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan lain-lain. Sedangkan yang digolongkan negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Selatan (Latin). Di kawasan Asia terdapat beberapa negara maju seperti Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru. Tolok ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara maju atau negara berkembang sebagai berikut.

Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Namun demikian, tingginya pendapatan perkapita bukan penentu kemakmuran suatu negara. Meskipun negara itu pendapatan perkapitanya tinggi, namun jika terjadi perang saudara di dalam negara tersebut, maka tidak dapat disebut sebagai

1

negara makmur/sejahtera. Karena dengan adanya peperangan banyak menimbulkan kematian, penderitaan, dan rasa tidak aman. Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan. Suatu negara dikatakan makmur/sejahtera apabila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit saja.

Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat pengangguran. Di negara maju umumnya tingkat

penganggurannya rendah. Sebaliknya di negara berkembang biasanya tingkat penganggurannya tinggi.

B. Kegunaan/Manfaat Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi di mana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain. Pengertian Negara Berdasarkan Pendapat Para Ahli :  Roger F. Soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.  Georg Jellinek : Negara merupakan organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu.  Prof. R. Djokosoetono : Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Negara merupakan suatu organisasi dari rakyat negara tersebut untuk mencapai tujuan bersama dalam sebuah konstitusi yang dijunjung tinggi oleh warga negara tersebut. yang menjadi cita-cita bangsa secara bersama-sama.

2

Fungsi-Fungsi Negara : 1. Mensejahterakan serta memakmurkan rakyat Negara yang sukses dan maju adalah negara yang bisa membuat masyarakat bahagia secara umum dari sisi ekonomi dan sosial kemasyarakatan. 2. Melaksanakan ketertiban Untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang kondusif dan damani diperlukan pemeliharaan ketertiban umum yang didukung penuh oleh masyarakat. 3. Pertahanan dan keamanan Negara harus bisa memberi rasa aman serta menjaga dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar. 4. Menegakkan keadilan Negara membentuk lembaga-lembaga peradilan sebagai tempat warganya meminta keadilan di segala bidang kehidupan.

3

Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin di masa lalu. Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'mundur'. IMF dan CIA. melalui imperialisme dan kolonialisme. dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. melalui proses globalisasi. Beberapa negara maju Organisasi seperti Bank Dunia. biasanya setuju bahwa sekelompok negara maju termasuk: Anggota Uni Eropa: Austria Belgia Jerman Yunani Belanda Portugal Spanyol Swedia Negara bukan Eropa: Australia Kanada Korea Selatan Hong Kong Israel Jepang Selandia Baru Singapura Taiwan Amerika Serikat Denmark Irlandia Finlandia Italia Prancis Luxemburg Inggris 4 . Pengamat dan teoritis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara payah. sebuah model ekonomi pasar bebas. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi).BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Negara-Negara Maju Negara maju adalah sebutan untuk negara yang payah. atau di masa sekarang.mati saja.

Air (%) 0.1.4171 km2 (41) .Presiden Nicolas Sarkozy .Total 675. (Bahasa Perancis: Kebebasan. Perancis République française Bendera Lambang Fraternité Keadilan.Per kapita US$27. Motto: Liberté.26% Penduduk .600 PDB (nominal) Perkiraan 2006 .0002 (20) . Persaudaraan) Lagu kebangsaan: La Marseillaise Ibu kota Paris (dan kota terbesar) Bahasa resmi Bahasa Perancis Pemerintahan Republik presidensiil .190 (8) Mata uang Euro (€)3 (EUR) Zona waktu CET4 (UTC+1) .Musim panas (DST) CEST4 (UTC+2) Ranah Internet .045.fr Kode telepon 33 5 .Kepadatan 111/km2 PDB (KKB) Perkiraan 2003 .Total US$13.245 miliar (1) .661 miliar (5) . Egalité.Perkiraan 2006 61.Total US$1.Per kapita US$44.Perdana Menteri François Fillon Kemerdekaan Luas .

Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara. membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara. dengan ekonomi terbesar keenam (PDB nominal) atau kedelapan (PPP) terbesar di dunia. Perancis adalah negara maju. Perancis berbatasan dengan Belgia. Perancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brasil dan Suriname (berbatasan dengan Guyana Perancis). Monako. dan dari Rhine ke Samudera Atlantik.[2] Perancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa. NATO.[1] Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara. dan Sint Maarten (berbatasan dengan Saint-Martin). Perancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel. dan Spanyol. Italia. ejaan Perancis: [ʁepyblik fʁɑsɛz]). Swiss. tapi tak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis). Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensia yang tidak punya presiden. Luksemburg. Perancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa. dan Uni Latin.Perancis. secara resmi Republik Perancis (bahasa Perancis: République française. merupakan sebuah negara yang teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Karena memiliki departemen seberang laut. Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai "L'Hexagone" ("Heksagon") karena bentuk geometris teritorinya. Andorra. Di abad ke-18 dan 19. yang berada di bawah Selat Inggris. menerima 82 juta turis asing per tahun (termasuk pelancong bisnis. Merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan BangsaBangsa. Jerman. juga kekuatan nuklir yang besar dengan 360 hulu ledak aktif dan 59 pembangkit listrik tenaga nuklir. Merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia. dan anggota Francophonie. G8. memengaruhi budaya dan politik daerah. 6 . dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota.

874[3] 2 Februari 962 Romawi Suci Gini (2006) 27 (low) .1% Kelompok etnik PDB (KKB) Perkiraan 2009 lain-lain[1] Pemerintahan Republik parlementer federal . 2.Per kapita AS$34.Unifikasi 18 Januari 1871 IPM (2007) ▲ 0.352 triliun[3] Pembentukan Kekaisaran .600[2] (ke-14) 2010 Bahasa resmi bahasa Jerman[3] . 6.947[4] (very high) (ke-22) .Total 357. Jerman Republik Federal Jerman Bundesrepublik Deutschland (Jerman) Lagu kebangsaan: Stanza ketiga Das Lied der Deutschen (juga disebut "Einigkeit und Recht und Freiheit") Peta lokasi Jerman (hijau tua) – di Eropa (hijau muda & abu-abu tua) – di Uni Eropa (hijau muda) — [Legenda] Penduduk Ibu kota Berlin (dan kota terbesar) Perkiraan 1.Kepadatan 229/km2 (ke-55) 91.Kanselir Angela Merkel PDB (nominal) Perkiraan 2009 .Total AS$2.4% Turki.2.Presiden Christian Wulff .806 triliun[3] .Air (%) 2.Per kapita AS$40.212[3] . Jan.5% Jerman. 52°31′N 13°23′E ▼ 81.416 Kode telepon 49 7 .Total AS$3.757.Reunifikasi 3 Oktober 1990 Zona waktu CET (UTC+1) Bergabung ke UE 25 Maret 1957 Musim CEST (UTC+2) Luas panas (DST) .021 km2 (ke-63) Ranah Internet .de [5] .Republik federal 23 Mei 1949 Mata uang Euro (€)[4] (EUR) .

di abad ke-8 menjadi rintisan terbentuknya suatu imperium konfederatif berusia hampir 1000 tahun yang dikenal sebagai Imperium Romawi Suci. Imperium ini sangat mewarnai budaya feodal di seluruh Eropa serta menjadi pusat Reformasi gereja kristen di abad ke-16 yang melahirkan Protestantisme. Sebagai negara penting.Republik Federal Jerman (bahasa Jerman: Bundesrepublik Deutschland) adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat Negara ini merupakan negara dengan posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. negara modern yang terbentuk kemudian tidak sanggup menyatukan cita-cita kebangsaan itu karena Austria membentuk sekutu bersama Hungaria menjadi negara terpisah dari negara Jerman modern. Pemisahan ini berakhir 3 Oktober 1990 (menjadi hari nasional Jerman sekarang) ketika Jerman Timur secara resmi menyatukan diri dengan Jerman Barat. urutan kedua negara pengekspor[7][8][9] dan urutan kedua negara pengimpor barang (2009). Namun demikian. menduduki urutan keempat dalam Produk Domestik Bruto dan urutan kelima dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (2009). dengan wilayah yang jauh berkurang akibat dua perang besar di Eropa. negara dengan 16 negara bagian (jamak: Länder) ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa (penduduk terbanyak). Jerman.[5] Meskipun negara-bangsa Jerman modern baru terbentuk pada tahun 1871. Penyatuan wilayah Eropa Tengah pada masa Karl Yang Agung (Charlemagne). seusai Perang Perancis-Prusia. Negara ini juga menjadi anggota zona Schengen dan pengguna mata uang Euro sejak 2002. satuan-satuan politik di wilayah ini telah lama memainkan posisi penting dalam era monarki di Eropa sejak penguasaan oleh Kekaisaran Romawi menjelang era modern (Masehi) hingga berakhirnya Perang Napoleon. G20. Jerman adalah anggota G8. dan menduduki urutan kedua di dunia dalam nilai bantuan pembangunan dalam anggaran tahunannya (2008). terbagi menjadi dua negara terpisah: Jerman Barat[6] dan Jerman Timur. telah tumbuh rasa satu kebangsaan sebagai masyarakat berbahasa sama (bahasa Jerman). penghubung transportasi barang dan jasa antara negara-negara sekawasan dan menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia. pemimpin Kerajaan Franka.021 kilometer persegi (kira-kira dua setengah kali Pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa. Jerman (Barat) adalah negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa (kelak menjadi Uni Eropa pada tahun 1993). Ketika Imperium Romawi Suci dibubarkan pada tahun 1806 akibat perpecahan yang ditimbulkan oleh perang Napoleon. Dengan luas 357. 8 . Pada tahun 1949.

Penerapan istilah 'negara berkembang' ke seluruh negara yang kurang berkembang dianggap tidak tepat bila kasus negara tersebut adalah sebuah negara miskin. 1. Negara-Negara Berkembang Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah. yaitu negara yang tidak mengalami pertumbuhan situasi ekonominya. Indonesi Republik Indonesia Bendera Lambang Motto: Bhinneka Tunggal Ika (Bahasa Jawa Kuno: "Berbeda-beda tetapi tetap Satu") Ideologi nasional: Pancasila Lagu kebangsaan: Indonesia Raya 9 . dan juga telah mengalami periode penurunan ekonomi yang berkelanjutan. Negara maju biasanya memiliki sistem ekonomi berdasarkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan menahan-sendiri. infrastruktur yang relatif terbelakang. sebuah istilah yang digunakan pada masa Perang Dingin. Perkembangan mencakup perkembangan sebuah infrastruktur modern (baik secara fisik maupun institusional) dan sebuah pergerakan dari sektor bernilai tambah rendah seperti agrikultur dan pengambilan sumber daya alam. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga. dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global.B.

734[4] (menengah) (111) Mata uang Rupiah (Rp) (IDR) WIB (+7). WITA (+8).821 triliun .7′E Bahasa resmi Bahasa Indonesia Pemerintahan Republik presidensial .Total (AS$ 909 miliar)[3] Rp.904.538 juta . WIT Zona waktu (+9) Lajur kemudi Kiri Ranah Internet . 37.576 triliun .Ketua DPD Irman Gusman Kemerdekaan dari Belanda .Ketua MPR Taufiq Kiemas . 21.Sensus 2010 237.Ketua DPR Marzuki Alie .Wakil Presiden Boediono .Kembali ke RI 17 Agustus 1950 Luas .Presiden Susilo Bambang Yudhoyono .Total [3] (AS$ 511 miliar) Rp.id Kode telepon +62 lihat • bicara • sunting 10 .Perkiraan 19 Juni 2009 230.113 juta . 8.Diproklamasikan 17 Agustus 1945 .472.Air (%) 4.556.85% Penduduk .238) ▲ IPM (2006) 0.Per kapita [3] (AS$ 3.5′S 106°49. 4.Ibu kota Jakarta (dan kota terbesar) 6°10.Diakui (sebagai RIS) 27 Desember 1949 .363[2] .833[1] (4) .Kepadatan 124/km2 (84) PDB (KKB) Perkiraan 2009 Rp.Total 1.569 km2 (15) .979) PDB (nominal) Perkiraan 2009 Rp.Per kapita [3] (AS$ 2.

Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan.[7] Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006.Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara. serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. Australia. Semboyan nasional Indonesia. Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II.487 pulau [5] [6]. diikuti para pedagang yang membawa agama Islam. bahasa dan agama yang berbeda. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan.[8] Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7. proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat. Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. 11 . Negara tetangga lainnya adalah Singapura. berarti keberagaman yang membentuk negara. yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Filipina. dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13. korupsi. dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik. separatisme. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan. dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. "Bhinneka tunggal ika" ("Berbeda-beda tetapi tetap satu"). Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia. Ibukota negara ialah Jakarta. Dari Sabang sampai Merauke. di samping Jawa yang dianggap pusat). Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas. yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. ancaman dan tantangan dari bencana alam. oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara ("pulau luar". Indonesia terdiri dari berbagai suku. Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. meskipun secara resmi bukanlah negara Islam.

hạnh phúc (Vietnam: "Kemerdekaan.2.689 km2 (65) 1.3% 12 . tự Lambang do. Kebahagiaan") Lagu kebangsaan: Tiến Quân Ca Ibu kota Kota terbesar Bahasa resmi Pemerintahan Presiden Perdana Menteri Sekretaris Jendral Ketua Parlemen Hanoi Hồ Chí Minh City Vietnam Negara komunis Trương Tấn Sang Nguyễn Tấn Dũng Nguyễn Phú Trọng Nguyễn Sinh Hùng dari Perancis Kemerdekaan Luas Total Air (%) 331. Vietnam Cộng Hòa Xã Hội Chủ Nghĩa Việt Nam Bendera Motto: Độc lập. Kebebasan.

vn 84 PDB (KKB) Total Per kapita Mata uang Zona waktu Lajur kemudi Ranah Internet Kode telepon Vietnam (Bahasa Vietnam: Việt Nam). Laos di sebelah barat laut. Dengan populasi sekitar 84 juta jiwa. Vietnam adalah negara terpadat nomor 13 di dunia.173 253/km2 (46) Perkiraan 2005 US$251. Kamboja di sebelah barat daya dan di sebelah timur terbentang Laut China Selatan. menurut pemerintah.323. GDP Vietnam tumbuh sebesar 8.238. menteri keuangan menyatakan pertumbuhan GDP Vietnam diperkirakan mencapai rekor tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir sebesar 8.Penduduk Perkiraan 2005 Sensus 1999 Kepadatan 85.025 (123) Đồng (VND) (UTC+7) kanan .8 miliar (36) US$3. Vietnam berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara.000 (13) 76. negara dengan pertumbuhan tercepat kedua di Asia Timur dan pertama di Asia Tenggara.17% pada tahun 2006. bernama resmi Republik Sosialis Vietnam (Cộng Hòa Xã Hội Chủ Nghĩa Việt Nam) adalah negara paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam termasuk di dalam grup ekonomi "Next Eleven".44%. Pada akhir tahun 2007. 13 .

Namun beberapa negara telah mencapai GDP tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan-jasa tidak dianggap memiliki status 'maju'.BAB III PEMBAHASAN A. Ciri-Ciri Negara Maju a.Barang Hasil Produksi dan Jasa d. sebuah model ekonomi pasar bebas. Kesetaraan Gender. Produktivitas Masyarakat Didominasi Barang. Tingkat Kesehatan Sudah Baik h. dan Penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia Dijunjung Tinggi g. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi). Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin di masa lalu. Sumber Daya Alam Dimanfaatkan secara Optimal b. dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. Dapat Mengatasi Masalah Kependudukan c. Kebanyakan negara dengan GDP per kapita tinggi dianggap negara berkembang. melalui proses globalisasi. atau di masa sekarang. melalui imperialisme dan kolonialisme. Tingkat Pendapatan Penduduk Relatif Tinggi i. Kesadaran Hukum. Tingkat Pendidikan Relatif Tinggi 14 . Tingkat dan Kualitas Hidup Masyarakat Tinggi e. Tercukupinya Penyediaan Fasilitas Umum f. Pengamat dan teoritis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Karakteristik Negara Maju Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

351.558 sq mi).[6] Perancis Metropolitan juga memiliki sistem sungai panjang seperti Loire.035.260. Karibia.383. dengan departemen dan teritori seberang lautnya (tak termasuk Daratan Adélie). Perancis memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) terbesar kedua di dunia. adalah 674.000 sq mi). titik tertinggi di Eropa Barat. dengan 11. Perancis memiliki berbagai macam lanskap. Mont Blanc. 0. titik terendah di Perancis(2 m / 6. Samudera Pasifik.5 ft di bawah permukaan laut).[7] Total luas tanah Perancis.000 kilometer persegi (4. Calanque Sugiton. Perancis juga memiliki sejumlah teritori di Amerika Utara. Seine dan Rhône.770 ft) di atas permukaan laut. Massif Central di tengah-selatan dan Pyrenees di baratdaya.030 kilometer persegi (211. 15 .209 sq mi). Tetapi.[6] Corsica terletak di lepas pantai Mediterania. Perancis Metropolitan menempati wilayah seluas [5] 547. Perancis Geografi Sementara Perancis Metropolitan terletak di Eropa Barat. setelah Amerika Serikat (11. Di ketinggian 4.45% dari luas Bumi. wilayah negara terluas di antara semua anggota Uni Eropa dan sedikit lebih besar dari Spanyol.000 sq mi) dan sebelum Australia (8.[4] Teritori ini memiliki berbagai bentuk pemerintahan mulai dari departemen seberang laut hingga jajahan seberang laut.232. Amerika Selatan.[8] Taman Nasional Mercantour.807 meter (15.843 kilometer persegi (260.000 km² / 3.000 sq mi). selatan Samudera Hindia.000 km² / 4.1.178. mulai dataran pantai di utara dan barat hingga jejaring pegunungan Alpen di tenggara. sekitar 8% dari total permukaan semua ZEE dunia. dan Antarktika. Zona Ekonomi Eksklusif Perancis memanjang lebih dari 11 juta km² (4 juta mil persegi) lautan di seluruh dunia. Garonne. terletak di Alpen di perbatasan antara Perancis dan Italia. Marseille. yang membelah Massif Central dari Alpen dan mengalir ke Laut Mediterania di Camargue.

Kristen masuk pada abad ke-2 dan 3 M. Di barat. khususnya dari Frank. sementara gabungan pengaruh laut. dan Perancis mengambilnya sebagai penyesuaian julukan "Kerajaan Perancis Paling Kristen". dimana berkembanglah bahasa Perancis) dan budaya Romawi. Sejarah Roma hingga revolusi Perbatasan Perancis modern sama dengan Galia kuno. pertahanan timur Galia di sepanjang Rhine dihancurkan suku Jermanik. Dinasti 16 . diangkat sebagai Raja Perancis. musim dingin yang dingin dan kurang hujan. Di tenggara iklim Mediterania terjadi. Galia dikuasai untuk Roma oleh Julius Caesar pada abad ke-1 SM. Wilayah utara dan baratlaut memiliki iklim sedang. di sisi barat Eropa. Biru terang: Domain kerajaan Pada abad ke-4 M. sehingga Perancis memperoleh julukan "Gereja termuda" (La fille ainée de l’Église). Keturunannya. Perancis Metropolitan terletak antara 41° dan 51° Utara. darinyalah nama kuno "Francie" berasal. musim dingin sejuk hingga musim panas hangat. Iklim Alpen dan wilayah pegunungan lainnya adalah alpen. dengan pembagian Kekaisaran Karoling Charlemagne menjadi Francia Timur. Francia Barat adalah wilayah yang diduduki Perancis modern dan awal dari Perancis modern. Francia Tengah dan Francia Barat. Garis merah: Perbatasan Kerajaan Perancis. Capetia Langsung. Nama modern "France" berasal dari nama domain feodal Raja Capetia Perancis di sekitar Paris. yang dihuni oleh Galia Kelt. Duke of France dan Bangsawan Paris. dan ditetapkan pada abad ke-4 dan 5 sehingga St. ketika Hugh Capet. Di darat iklimnya lebih kontinental dengan musim panas yang panas dan berbadai. Dinasti Karoling memimpin Perancis hingga 987. Jerome menulis bahwa Galia satu-satunya wilayah yang "bebas dari kepercayaan menyimpang". Frank adalah suku pertama di antara penguasa Jermanik di Eropa setelah keruntuhan Kekaisaran Romawi untuk berpindah agama ke Kristen Katolik daripada Arianisme (Raja Clovis berpindah agama pada 498). dan terletak di zona iklim sedang utara. Pendirian sebagai entitas terpisah dimulai dengan Perjanjian Verdun (843). garis lintang dan ketinggian menghasilkan berbagai iklim di seluruh [9] Perancis Metropolitan. iklim didominasi laut dengan curah hujan tinggi. Perancis tahun 1477. dengan jumlah hari dengan temperatur di bawah nol hampir 150 per tahun dan salju menutupi hingga enam bulan. dan Galia menggunakan Romawi (Latin.Lavender di Mont Ventoux.

Perancis menjadi. Perancis menggunakan notasi infiks seperti negara-negara lainnya. Konvensi dan notasi   Perancis adalah rumah bagi Sistem Satuan Internasional (sistem metrik). Perancis menggunakan 17 . Majelis memiliki kekuasaan untuk membubarkan kabinet. dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden. bahasa umum dalam urusan luar negeri. Selain itu. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden Republik. biasanya livre (satuan berat yang sama dengan setengah kilogram) dan quintal (satuan berat yang sama dengan 100 kilogram). Cabang eksekutif kebanyakan terdiri dari anggota UMP. Sebagian satuan pra-metrik masih digunakan. Dalam matematika. dan banyak penemuan ilmiah berasal dari ilmuwan Perancis pada abad ke-18.Valois dan Dinasti Bourbon. ekonomi. Monarki ini mencapai kejayaannya selama abad ke-17 dan kekuasaan Louis XIV dari Perancis. Pada waktu itu Perancis memiliki jumlah penduduk terbesar di Eropa (lihat Demografi Perancis) dan memiliki pengaruh hebat terhadap politik. dan Pemerintah. Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Sistem Imperial hampir seluruhnya tidak digunakan di Perancis.[11] Kekuasaan legislatif Senat terbatas. Perancis memiliki berbagai jajahan di Amerika. dan budaya Eropa. mempersatukan negara melalui berbagai perang dan pewarisan dinasti. Banyak Pencerahan terjadi di dalam lingkaran intelektual Perancis. Senator dipilih oleh dewan pemilih untuk jabatan 6 tahun (sebenarnya 9 tahun). Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum tanggal 28 September 1958. sebelumnya dipusatkan pada Rassemblement pour la République (RPR) dan sekarang Persatuan untuk Gerakan Rakyat (UMP). dan ditetapkan selama beberapa waktu. dalam penentangan antara kedua pihak. Politik Perancis ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang secara politik: pertama sayap kiri. Parlemen Perancis adalah sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri dari Majelis Nasional (Assemblée Nationale) dan Senat. Untuk jumlah yang besar. Pemerintah Logo Republik Perancis Republik Perancis adalah sebuah republik semipresidensial uniter dengan tradisi demokratis yang kuat. Deputi Majelis Nasional mewakili konstituensi lokal dan terpilih langsung selama 5 tahun. dipusatkan di sekitar Partai Sosialis Perancis. Majelis Nasional memiliki perkataan terakhir. dan setengah kursi dimasukkan dalam pemilihan setiap 3 tahun yang dimulai pada September 2008. dan mayoritas anggota Majelis menetapkan pilihan pemerintah. skala panjang digunakan. kecuali untuk hukum konstitusional dan lois organiques (hukum yang disediakan langsung oleh konstitusi) dalam beberapa hal. yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun). dan lainnya sayap kanan. Afrika dan Asia. Pemerintah memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan agenda Parlemen.

000. milliard. Berarti. sementara di negara yang menggunakan skala pendek disebut trillion. satu bilyun disebut un milliard ("satu miliar") dalam bahasa Perancis. dan larangannya adalan pengecualian. Contohnya €25 048. Selain penggunaan skala panjang. yang berarti. Satu trilyun akan sering disebut mille milliards ("seribu miliar") dalam bahasa Perancis. sementara negara yang menggunakan skala pendek disebut bilyun.000. hukum berasal terutama dari peraturan tertulis. Angka tiga ribu lima ratus sepuluh dapat ditulis sebagai 3 510 sementara lima belas juta lima ratus ribu tiga puluh dua dapat ditulis sebagai 15.000. Semua bentuk angka untuk tanggal berada dalam urutan hari-bulan-tahun. dan bukan mille millions ("seribu juta").05 € (selali dengan spasi tambahan antara angka dan simbol mata uang). koma (. untuk jumlah 1. Hukum Prinsip dasar bahwa Republik Perancis harus menghargai tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara 1789 Perancis menggunakan sebuah sistem hukum sipil.000. Prinsip dasar peraturan hukum tercantum dalam Kode Napoleon.     kata billion untuk jumlah 1. Awalan SI digunakan. dan jarang un billion. dengan h sebagai pemisah antara jam dan menit (contohnya 2:30 p. dalam bahasa Perancis terdapat kata. Dalam notasi angka Perancis. menggunakan garis miring sebagai pemisah (contoh: 31/12/1992 atau 31/12/92). hakim tidak membuat hukum. Kendaraan dikemudikan di lajur kanan Dalam komputer.000. Sebuah spasi juga dapat digunakan untuk memisahkan setiap kumpulan tiga digit khususnya untuk jumlah kecil. Dalam perjanjian dengan prinsip Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara hukum seharusnya hanya mlarang aksi yang merugikan masyarakat. menulis mengenai pengelolaan penjara: Kebebasan adalah peraturan.05 ditulis 25 048€05 atau 25 048. Dalam keuangan. presiden pertama Mahkamah Kasasi. simbol mata uang digunakan sebagai pemisah desimal atau diletakkan setelah nomor.000. Waktu 24 jam digunakan. berarti "8"). Seperti Guy Canivet.) digunakan antara setiap kumpulan tiga digit khususnya untuk jumlah yang besar. sementara titik (.032. Tetapi.000.m. Juga perlu diketahui bahwa nama jumlah di atas milliard jarang digunakan. tapi mengartikannya (meskipun jumlah penerjemahan hakim dalam beberapa hal menjadikannya sama dengan hukum kasus). larangan kebebasan apapun harus dibuat oleh Hukum dan harus mengikuti prinsip kewajiban dan perbandingan.) adalah pemisah desimal. dan bila ketidaknyamanan disebabkan oleh larangan ini tidak melebihi ketidaknyamanan yang 18 .500. satu bit disebut satu bit sementara satu byte disebut oktet (dari akar Latin octo. Hukum harus mengeluarkan larangan hanya apabila dibutuhkan. menjadi 14h30).

karena hanya diperuntukkan benua Eropa. Kemudian lambang Perancis digunakan dan dipakai pada paspor. Perancis telah membuat hubungan dekat dengan Jerman bersatu untuk menjadi penggerak paling berpengaruh di UE. Sejak 1990-an. Perancis tidak lagi memiliki hukum pengumpatan atau hukum sodomi (terakhir dihapus tahun 1791). Hukum pribadi meliputi. Sebagai konsekuensi. Dalam praktik. Tetapi "serangan terhadap kesusilaan umum" (contraires aux bonnes mœurs) atau perusak perdamaian (trouble à l'ordre public) telah digunakan untuk menekan kembali ekspresi publik atas homoseksualitas atau prostitusi jalanan. ideologi ini sering gagal ketika hukum dibuat. Perancis tidak mengakui hukum agama. Sekretariat Komunitas Pasifik (SPC) dan Komisi Samudera Hindia (COI). Juga anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). hukum Perancis terdiri dari tiga bagian utama: hukum sipil.diwajibkan larangan untuk pemulihan. Memiliki kantor pusat OECD. Hukum hanya dapat digunakan di masa depan dan bukan masa lalu (hukum ex post facto dilarang). dalam praktik. ataupun pengakuan keyakinan religius atau moralitas sebagai motivasi untuk penetapan larangan. biasanya. Negara ini adalah anggota terkait Asosiasi Negara Karibia (ACS) dan anggota utama Organisasi Francophone Internasional (OIF) dari lima puluh satu negara penutur bahasa Perancis. Tahun 1953 Perancis menerima permintaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membuat lambang yang dapat mewakilinya secara internasional.Perancis berusaha mengeluarkan Britania Raya dari organisasi itu. yang merupakan anggota pendiri. dan harus dilaksanakan. Kebijakan luar negeri Perancis telah dibentuk oleh keanggotaan Uni Eropa. tapi menyaingi Britania dan membatasi pengaruh negara-negara Eropa Timur. Hukum Perancis terbagi menjadi dua bagian utama: hukum pribadi dan hukum umum. tentunya. 19 . hukum harus secara resmi diterbitkan dalam Journal Officiel de la République Française. Tetapi. Alliance Base dan International Bureau for Weights and Measures. Interpol. Hukum umum meliputi. hukum sipil dan hukum kriminal. Hubungan luar negeri Perancis adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjabat sebagai salah satu anggota permanen Dewan Keamanan PBB dengan hak veto. hukum kriminal dan hukum administratif. hukum administratif dan hukum konstitusional. Tahun 1960-an. UNESCO.

Belgia. Ceko. Reichenau. Pegunungan Erz. Sauerland. selain itu terdapat pulau wisata Helgoland. Titik terendah Jerman adalah Wilstermarsch (Rawa Wilster). dan Sungai Main. Pemerintahan dan pembagian administrasi Jerman adalah negara demokrasi parlementer.54 meter dpl. Jerman Keadaan alam Peta topografi Jerman dengan pembagian wilayah negara bagian dan negara-negara berbatasan. serta Kaliningrad (atau Königsberg. Austria juga memiliki kanselir. Pegunungan di Jerman rata-rata berketinggian menengah sampai agak tinggi. Pegunungan Rhein (mencakup wilayah Perbukitan Eifel. atau Deutsche Demokratische Republik disingkat DDR). Beberapa yang penting adalah Pegunungan Alpen. deikat Steinburg di bagian utara. Wilayahnya pernah pula terpecah secara politik sejak tanggal 7 Oktober 1949 hingga tanggal 3 Oktober 1990.962 meter dpl yang merupakan bagian dari sistem Pegunungan Alpen di perbatasan dengan Austria. dan di sebelah utara berbatasan dengan Denmark. Jerman memiliki pantai yang berhadapan dengan Laut Baltik di timur dan Laut Utara di bagian barat. Puncak tertingginya adalah Zugspitze setinggi 2. yang berperan seperti perdana menteri di negara lain dengan bentuk pemerintahan serupa. Apabila tetangga di seberang laut (Laut Baltik) juga dihitung. Posisi kanselir diraih 20 . Bergisches Land. seperti Sungai Rhein. Pulau Fehmarn. Selain Jerman. Westerwald. Di pantai bagian barat terdapat padang gumuk (sand dune) yang luas yang terlindungi oleh Kepulauan Frisia Utara dan Kep. Selain itu terdapat banyak danau lainnya. yaitu Danau Konstanz (Bodensee) dengan tiga pulau kecil: Mainau. Siegerland. Danau terluas berada di selatan. Frisia Timur. Rothaargebirge (Pegunungan Rothaar). yaitu -3. Pemerintahan sehari-hari dipegang oleh seorang kanselir. seperti Pulau Ruegen. Wilayah negara ini sekarang adalah hasil dari Perang Dunia II dan sebelumnya memiliki cakupan yang jauh lebih luas. Schwarzwald ("Rimba Hitam"). di saat bagian timur negara ini dikuasai oleh rezim komunis dan bernama Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur. Sungai-sungai yang mengalir cukup besar sehingga beberapa dapat dilayari oleh kapal berukuran sedang hingga jauh ke hulu.2. dan Lindau. maka Jerman juga bertetangga dengan Swedia. Sungai Weser. Luksemburg. sekarang dikuasai Rusia). dan Taunus). dan Pulau Usedom. Rhoen. dan Perancis. di sebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia. Beberapa pulau kecil di lepas pantai timur menjadi tempat wisata. Secara umum. dan Pegunungan Harz. Jerman terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan langsung dengan sembilan negara. topografi Jerman adalah dataran rendah di utara dan wilayah berbukit-bukit di bagian selatan. seperti Chiemsee dan Danau Mueritz. yaitu antara 500-1000 meter. di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria. mencakup bagian dari Polandia. Sungai Donau. Sungai Elbe. Thüringischer Wald. Di sebelah barat berbatasan dengan Belanda.

yang dapat merupakan gabungan dari beberapa desa atau kota kecil. berhaluan kiri progresif) dan CDU/CSU (kristen demokrat/sosialis yang berhaluan kanan konservatif). Hessen. Secara administrasi. meskipun pada kenyataannya memiliki wewenang yang berbeda. dan Hamburg). Beberapa Gemeinde akan membentuk satuan 21 . Freistaat Bayern atau Bavaria. Schleswig-Holstein. Unit kesatuan komunitas terendah (aras pertama) adalah Gemeinde. yang anggota-anggotanya dipilih. Niedersachsen. dan Freistaat Thüringen) dan tiga kota setingkat negara bagian (Stadtstaaten atau Stadtländer. Negara-negara bagian (Länder) Jerman dan ibukotanya sejak penyatuan kembali 1990. Bündnis 90/Die Grüne (kiri hijau). dan Die Linke (berhaluan kiri. Terdapat enam partai politik utama di Jerman. yang anggota-anggotanya adalah perwakilan pemerintahan negaranegara bagian. MecklenburgVorpommern. Freistaat Sachsen. Jerman adalah negara federasi (Bundesland) dengan 13 negara bagian (Flächenland. meskipun ia dapat menyetujui atau tidak menyetujui beberapa hal penting.secara otomatis oleh kandidat utama partai pemenang pemilihan umum federal. Rheinland-Pfalz. Jabatan presiden lebih banyak bersifat seremonial. Terdapat pula parlemen tingkat negara bagian. Selain Bundestag terdapat pula Bundesrat. merupakan gabungan dari partai komunis dan pecahan SPD). yaitu Berlin. Negara bagian diperintah oleh seorang perdana menteri (Ministerpräsident) lengkap dengan kabinetnya. yaitu SPD (demokrat sosial. Partai-partai lainnya adalah FDP (demokrat liberal). Bundesrat sering disamakan dengan senat. tidak dipilih langsung) ke Bundesrat. yaitu Baden-Württemberg. Parlemen dikenal sebagai Bundestag. Pembagian administratif Republik Federal Jerman. Bremen. Setiap negara bagian mengirim wakil-wakil (anggota kabinet. Sachsen-Anhalt. Negara-negara bagian ini dibentuk secara bertahap semenjak berakhirnya Perang Dunia II sebagai penyederhanaan atas garis batas negara bagian peninggalan masa Reich Jerman yang lebih bersifat feodalistik. Brandenburg. Nordrhein-Westfalen. Partai yang memerintah adalah partai dengan koalisi dominan di dalam parlemen ini. dengan tiga yang terbesar (dua di antaranya membentuk koalisi permanen). Saarland.

Namun demikian hanya tiga kota yang memiliki penduduk lebih dari satu juta orang: Berlin dengan 3.[13] Keengganan keluarga Jerman untuk memiliki anak dan naiknya angka kematian menjadi sebab yang sering ditunjuk untuk keadaan ini. sekaligus menunjukkan beragamnya asal-usul orang Jerman. berasal dari nama Latin yang digunakan oleh orang-orang Romawi untuk wilayah di sekitar Sungai Rhein. Jerman memiliki banyak kota besar.4 juta). beberapa di antaranya telah berusia lebih dari dua ribu tahun. Untuk melancarkan administrasinya. Demografi Hamburg adalah kota kedua terbesar di Jerman. bukan perwakilan masyarakat. Germany. Tidak jelas etimologinya. diambil dari nama sungai yang mengalir di sana) di negara bagian Nordrhein Westfalen. dipakai misalnya dalam bahasa Perancis.8 juta). dan München (1. yang dihuni sekitar 20 juta orang dan menjadi salah satu kawasan megapolitan terbanyak penduduknya di 22 . Puak Nemeti pernah menghuni wilayah yang sekarang dikenal sebagai Alsace.4 juta orang. Sejak 2003 total penduduk Jerman berkurang secara lambat meskipun negara ini masih menerima imigran. Allemani adalah puak yang tinggal di bagian selatan. Sakson (Sachsen) adalah puak yang pernah tinggal di bagian hilir Jerman sekarang. Sejumlah Kreis membentuk negara bagian. Spanyol. Swedia. tetapi ada kemungkinan orang Romawi mengadopsi dari sebutan orang Kelt di Galia untuk masyarakat di sana yang berarti "tetangga". Hamburg (1. terdapat pula satu puak Germanik di yang tinggal di bagian utara (Semenanjung Jutland) yang bernama Teutoni. Foto ini memperlihatkan pusat kota Hamburg sebelum Perang Dunia I. Karena letaknya yang berada di tengah-tengah Eropa dan sejarah panjangnya sebagai puakpuak yang berbeda sebelum akhirnya bersatu. Di negara bagian kota (Stadtländer). yaitu Germania sejak abad ke-3 SM. Jerman memiliki banyak nama sebutan. pembagian wilayah hanya bersifat administratif. keturunannya menyebar pula ke Belanda dan Inggris. Konsentrasi penduduk tertinggi terletak di wilayah cekungan Ruhr (Ruhrgebiet atau Ruhrbecken.7 juta orang (2009). Deutsch (baca /doitʃ/) berasal dari kata Jerman Hulu Kuna diutisc. dan Arab). tetapi di Bayern terdapat satuan komunitas aras ketiga yang dikenal sebagai Bezirk. dan Niemcy (bahasa Polandia dan variasinya di beberapa tetangganya) mengacu pada puak-puak bangsa Germanik yang berbeda-beda. Nama negara ini dalam bahasa Inggris. dan Belanda).komunitas lebih besar yang disebut Kreis (diterjemahkan sebagai distrik) sebagai aras kedua. Saksa (dipakai dalam bahasa Finlandia). dipakai misalnya dalam bahasa Jerman.[12] Allemania (dengan variasinya. Jerman adalah negara ke-15 terbanyak penduduknya di dunia. pemerintahan di banyak negara bagian membentuk Regierungsbezirk untuk membantu tata laksana administrasi. Nama "Jerman" yang dipakai dalam bahasa Melayu diambil dari nama bahasa Inggris German yang berarti "orang Jerman" atau bahasa Jerman. juga Deutsch (dengan variasinya. Penduduk Dengan total penduduk sekitar 81. Nama-nama Jerman Lihat pula Nama-nama untuk negara Jerman.

Secara legal. dikenal sebagai kaum pedagang. Kölsch. etnik Frisia di barat laut. Sebelum munculnya rasa kebangsaan tersebut. orang Jerman dibedakan dari satuan-satuan politik utama yang menyusun negara ini atau perbedaan dialek. kebanyakan dari mereka adalah orang Yahudi. Booming industri pada tahun 1960-an dan 1970-an juga mengundang imigran. orang Jerman adalah mereka yang berkewarganegaraan Jerman. Sachsen. Kota besar dan penting lainnya adalah Bremen. Hannover.000 sejak 1991. Rasa satu bangsa ini tumbuh pada abad ke-19 setelah banyak pihak merasa bahwa orang Jerman terpecah-belah akibat Perang Napoleon. Dortmund. yang agak lebih serius. Pada 2004. dalam penempatan suatu pusat industri penting. terdapat etnik-etnis asli minoritas dan etnis-etnis minoritas pendatang (imigran). Etnis minoritas asli mencakup etnik Denmark di utara. Pengusiran terhadap orang Jerman). Semangat subetnik ini kadang-kadang masih muncul dalam isu-isu tertentu. Baden. Semenjak Revolusi Industri. Kawasan ini menghimpun kota-kota seperti Bochum. Duisburg. imigran dari Italia. Sekarang kaum Yahudi memiliki suara dalam kehidupan publik Jerman melalui lembaga payung Dewan Yahudi di Jerman (Zentralrat der Juden in Deutschland). Karlsruhe. seperti subetnik Bayern. 23 . Orang Yahudi sering mempropagandakan ini sebagai Holocaust atau pemusnahan etnis Yahudi padahal sasaran sebenarnya pemusnahan ini hanya untuk orang-orang yang menentang NAZI. jumlah orang Yahudi dari bekas Uni Soviet yang tinggal di Jerman dua kali lipat dibanding dengan yang tinggal di Israel. Orang Yahudi telah sejak lama menghuni kota-kota di Jerman dan. Frankfurt am Main. Duesseldorf. banyak imigran dari negara-negara Eropa lain bekerja dan menetap di Jerman. Etnis Jerman aedalah negara-bangsa untuk orang Jerman. sebagaimana di tempattempat lain.dunia. membuat total pertumbuhan lebih dari 200. misalnya pertandingan antarklub dalam Bundesliga atau. Dengan batasan ini. Di bawah Nazi Jerman yang berpaham Fasis terjadi pemusnahan sistematis terhadap orang-orang yang menentang NAZI. Pada abad ke-19. Jerman sekarang memiliki populasi Yahudi terbesar ke-3 di Eropa. subetnik Swabia. terutama dari daerah Balkan dan Turki. dan Gelsenkirchen. Berakhirnya Perang Dunia II menyebabkan berdatangannya keturunan Jerman yang sebelumnya menetap di berbagai negara Eropa Timur (Vertreibung. dan Stuttgart. Jerman membuka diri bagi keturunan Jerman yang masih menetap di Eropa Timur. sehingga praktis orang tidak melihat batas di antara kota-kota tersebut. serta etnik Sorbia dan Kashubia di beberapa tempat di Jerman timur laut. Koeln. Polandia. Essen. Gelombang besar imigrasi terakhir terjadi semenjak Penyatuan Kembali Jerman: setelah peristiwa ini. dan sebagainya. dan Ceko bekerja di industri tambang batu bara dan pabrik-pabrik di daerah Ruhr dan Rhein. Nuernberg.

sedangkan angka harapan hidup rendah. Kondisi demikian mengakibatkan penduduk negara berkembang memiliki penghasilan atau pendapat ratarata yang relatif rendah. Taraf kehidupan penduduk negara berkembang yang masih rendah juga berdampak pada tingkat kesehatan penduduknya. Tingkat Pendidikan Masih Rendah g. 3) tingginya angka beban tanggungan. Tingkat pendidikan serta penguasaan Iptek oleh penduduk yang rata-rata masih rendah menyebabkan penduduk tidak mampu bersaing untuk bekerja atau menciptakan pekerjaan di sektor lain. 4) kualitas penduduk relatif rendah. Minimnya sarana dan prasarana kesehatan menyebabkan tingkat kesehatan rata-rata penduduk di negara berkembang masih rendah juga ditandai dengan angka kematian dan angka kelahiran tinggi. Sumber Daya Alam Belum dapat Dimanfaatkan secara Optimal d. Ciri-Ciri Negara Berkembang a. Keterbatasan Fasilitas Umum f. antara lain: 1) laju pertumbuhangfttttt dan jumlah penduduk relatif tinggi. serta 6) rendahnya pendapatan perkapita. Ketergantungan terhadap Negara Maju e. 5) angka kemiskinan dan pengangguran relatif tinggi. sehingga pendapatan perkapita juga rendah. Tingkat Kesehatan 24 . Karakteristik Negara Berkembang Mayoritas penduduk negara berkembang bekerja pada sektor pertanian yang umumnya masih dikerjakan secara tradisional. Tingkat Pendapatan Masih Rendah h. Produktivitas Masyarakatnya Masih Didominasi Barang-Barang Primer c. Pada umumnya penduduk negara berkembang belum memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan.B. Memiliki Berbagai Masalah Kependudukan Berbagai tekanan dan masalah kependudukan yang merupakan masalah kompleks di negara-negara berkembang. sehingga mengakibatkan tingkat produktivitas penduduk juga rendah. b. 2) persebaran penduduk tidak merata.

kemudian kota memiliki DPRD Kota dan walikota. Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya. namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi lagi. Namun pos-pos penting dan strategis umumnya diisi oleh menteri tanpa portofolio partai (berasal dari seseorang yang dianggap ahli dalam bidangnya). atau istilah lain yang diakomodasi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Komisi Yudisial. Meskipun demikian keberadaan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tetap dipertahankan. gampong. Bagaimanapun di Jakarta tidak terdapat DPR Kabupaten atau Kota. Indonesia Indonesia menjalankan pemerintahan republik presidensial multipartai yang demokratis. Meskipun demikian. dan komposisi keanggotaannya juga berubah. 25 . Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidensial sehingga para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen. ditambah dengan 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen.1. kampung. Tiap provinsi memiliki DPRD Provinsi dan gubernur. Lembaga Yudikatif sejak masa reformasi dan adanya amandemen UUD 1945 dijalankan oleh Mahkamah Agung. eksekutif dan yudikatif. DPR saat ini diketuai oleh Marzuki Alie. MPR pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral. dan kabinet. Tujuannya untuk menjaga stabilitas pemerintahan mengingat kuatnya posisi lembaga legislatif di Indonesia. wakil presiden. MPR setelah amandemen UUD 1945. semuanya dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilu dan Pilkada. Provinsi dibagi menjadi 399 kabupaten dan 98 kota yang dibagi lagi menjadi kecamatan dan lagi menjadi kelurahan. Lembaga eksekutif berpusat pada presiden. Presiden saat ini yakni Susilo Bambang Yudhoyono yang diusung oleh Partai Demokrat juga menunjuk sejumlah pemimpin Partai Politik untuk duduk di kabinetnya. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Pembagian administratif Indonesia saat ini terdiri dari 33 provinsi. MPR saat ini diketuai oleh Taufiq Kiemas. lima di antaranya memiliki status yang berbeda.[27] Anggota DPR dan DPD dipilih melalui pemilu dan dilantik untuk masa jabatan lima tahun. dan Mahkamah Konstitusi. pekon. sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif. yaitu sejak 2004 menjelma menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik. karena Kabupaten Administrasi dan Kota Administrasi di Jakarta bukanlah daerah otonom. Sebelumnya. termasuk pengaturan administrasi para hakim. sedangkan DPD saat ini diketuai oleh Irman Gusman. sementara kabupaten memiliki DPRD Kabupaten dan bupati. anggota MPR adalah seluruh anggota DPR ditambah utusan golongan dan TNI/Polri. desa. nagari.

Pontianak Kalimantan Tengah .Medan Sumatera Barat .Manado Gorontalo . Aceh berhak membentuk sistem legal sendiri. dan Papua memiliki hak istimewa legislatur yang lebih besar dan tingkat otonomi yang lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya. pada tahun 2003.Pekanbaru Kepulauan Riau . mendapat status otonomi khusus tahun 2001.[29] Provinsi Papua.Denpasar Nusa Tenggara Barat .Makassar Sulawesi Tenggara . Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU 11°08'LS dan dari 95°'BT . yang kemudian memisahkan diri melalui referendum menjadi Negara Timor Leste. yang menyebar disekitar khatulistiwa. Papua Barat. adalah daerah khusus ibukota negara.[31] Provinsi di Indonesia dan ibukotanya Sumatera           Kalimantan     Aceh .Jambi Sumatera Selatan . sekitar 6. Daerah Istimewa Yogyakarta.141°45'BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.000 di antaranya tidak berpenghuni[33].Mamuju Sulawesi Selatan .Sofifi Papua bagian barat   Kepulauan Sunda Kecil    Papua Barat .Kendari Daerah Khusus Ibukota Jakarta Banten .Samarinda Sulawesi       Jawa       Sulawesi Utara . Contohnya. 26 .Palu Sulawesi Barat . sebelumnya disebut Irian Jaya.Banda Aceh Sumatera Utara .Surabaya Kepulauan Maluku   Maluku .Mataram Nusa Tenggara Timur .Palembang Kepulauan Bangka Belitung Pangkal Pinang Bengkulu .[30] DKI Jakarta.Gorontalo Sulawesi Tengah . Aceh mulai menetapkan hukum Syariah.Banjarmasin Kalimantan Timur .Bandung Jawa Tengah . yang memberikan cuaca tropis.504 pulau besar dan kecil.Tanjung Pinang Jambi . Timor Portugis digabungkan ke dalam wilayah Indonesia dan menjadi provinsi Timor Timur pada 1979– 1999.Jayapura Bali .Manokwari Papua .Bengkulu Lampung .[28] Yogyakarta mendapatkan status Daerah Istimewa sebagai pengakuan terhadap peran penting Yogyakarta dalam mendukung Indonesia selama Revolusi.Palangka Raya Kalimantan Selatan .Bandar Lampung Kalimantan Barat .Ambon Maluku Utara .Serang Jawa Barat .Padang Riau .Kupang Geografi Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara[32] yang memiliki 17.Provinsi Aceh.Semarang Daerah Istimewa Yogyakarta Yogyakarta Jawa Timur .

Ekonomi Peta yang menunjukkan Produk Domestik Regional Bruto per kapita provinsi-provinsi Indonesia pada tahun 2008 atas harga berlaku. Namun pada tahun 2007 alokasi yang disediakan tersebut baru sekitar 17.100 juta ██ Rp.50 juta ++ ██ Rp.Rp. Maluku Utara.20 juta ██ Rp.30 juta ██ Rp. dan Samudra Indonesia Barat Samudra Indonesia Negara Papua Nugini dengan perbatasan sepanjang 820 km[33]. dan Timur Samudra Pasifik Sumber daya alam Sumber daya alam Indonesia berupa minyak bumi.2 %. Sumatera dengan luas 473. timah.257. Luas daratan Indonesia adalah 1. yaitu: Negara Malaysia dengan perbatasan sepanjang 1. gas alam.970 km[35] Pendidikan Sesuai dengan konstitusi yang berlaku.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. yang selanjutnya berganti menjadi Rupiah.570 km² dan luas perairannya 3. bahwa pemerintah Indonesia baik pusat maupun daerah mesti mengalokasikan anggaran untuk pendidikan sebesar 20% dari APBN dan APBD diluar gaji pendidik dan biaya kedinasan.100 juta manakala PDRB per kapita Maluku.10 juta .107 km².Rp.Rp. Timor Leste. dan Nusa Tenggara Timur kurang dari Rp.922.40 juta ++ .10 juta ██ Rp. nikel.5 juta ++ . Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa. PDRB per kapita provinsi Kalimantan Timur mencapai Rp.30 juta ++ .[34] searah penjuru mata angin. batu bara. Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan dengan menggunakan territorial laut: 12 mil laut serta zona ekonomi eksklusif: 200 mil laut.483 km². bauksit. Filipina.Rp.40 juta ██ Kurang dari Rp. 27 . Singapura. dan Utara Laut Cina Selatan Selatan Negara Australia.Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.5 juta. ██ Lebih dari Rp.20 juta ++ .5 juta Sistem ekonomi Indonesia awalnya didukung dengan diluncurkannya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI) yang menjadi mata uang pertama Republik Indonesia.460 km².Rp. emas. kayu. dan lainnya sebesar 14% dengan lahan irigasi seluas 45.100 juta ██ Rp. Sulawesi dengan luas 189. dimana setengah populasi Indonesia bermukim. jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara Malaysia. yaitu: Jawa dengan luas 132. Timor Leste. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar. dan Papua dengan luas 421. perkebunan sebesar 7%. Kalimantan dengan luas 539.50 juta ++ . yaitu berdasarkan UUD 1945 pasal 31 ayat 4 dan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.Rp.782 km[33]. padang rumput sebesar 7%. hutan dan daerah berhutan sebesar 62%. Thailand dan Filipina yang telah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan lebih dari 28 %[36].216 km².606 km². tanah subur. dan perak dengan pembagian lahan terdiri dari tanah pertanian sebesar 10%.981 km².

Hanya organisasi politik yang bekerjasama atau didukung oleh Partai Komunis diperbolehkan ikut dalam pemilihan umum. Sebuah konstitusi baru disahkan pada April 1992 menggantikan versi 1975. terdiri atas 498 anggota. menduduki Dewan Nasional untuk Pertahanan dan Keamanan (Council National Defense and Security). Pembagian administratif Provinsi di Vietnam Ibukota Vietnam adalah Hanoi (dahulu berfungsi sebagai ibukota Vietnam Utara). Seluruh anggota kabinet berasal dari Majelis Nasional. TRV lebih jauh lagi dibagi menjadi Angkatan Darat Rakyat Vietnam (termasuk Pasukan Pendukung Strategis dan Pasukan Pertahanan Perbatasan). TRV secara aktif dilibatkan dalam pembangunan Vietnam untuk mengembangkan ekonomi Vietnam. politik dan masyarakat. Pengadilan Militer Vietnam juga cabang adjudikatif yang kuat dengan kewenangan khusus dalam hal keamanan nasional. Mahkamah Agung Rakyat (Supreme People's Court of Vietnam) memiliki kewenangan hukum tertinggi di Vietnam. sedangkan kota terbesar dan terpadat adalah Kota Ho Chi Minh (dahulu dikenal sebagai Saigon). mengepalai kabinet yang terdiri atas 3 deputi perdana menteri dan kepala 26 menteri-menteri dan perwira-perwira. Angkatan Laut Rakyat Vietnam. yang diorganisasikan mencontoh pada organisasi Tentara Pembebasan Rakyat. Tentara Rakyat Vietnam (TRV) adalah tentara nasional Vietnam. Pemerintah juga mengontrol pasukan cadangan sipil dan kepolisian. Sekretaris Jendral Partai Komunis mungkin adalah salah satu pemimpin politik terpenting di Vietnam. juga mengatur undang-undang.000 tentara. Perdana Menteri Vietnam adalah kepala pemerintahan. Peran militer dalam sektor kehidupan rakyat pelan-pelan dikurangi sejak tahun 1980an. Majelis Nasional Vietnam (National Assembly of Vietnam) adalah badan pembuat undangundang pemerintah yang memegang hak legislatif. Peran utama terdahulu Partai Komunis disertakan kembali dalam semua organ-organ pemerintah. kekuatan TRV mendekati 500. perhutanan. Vietnam Pemerintah dan politik Republik Sosialis Vietnam adalah sebuah negara partai tunggal. Majelis ini memiliki posisi yang lebih tinggi daripada lembaga eksekutif dan judikatif. partai serikat pedagang dan pekerja. makna ideologi tersebut telah berkurang secara besar sejak tahun 1990-an. juga bertanggung jawab kepada Majelis Nasional.2. Angkatan Udara Rakyat Vietnam serta Penjaga Pantai. perikanan dan telekomunikasi. Ini meliputi Barisan Tanah Air Vietnam (Vietnamese Fatherland Front). Mayoritas orang-orang yang ditunjuk pemerintah adalah anggota-anggota partai. propinsi (dalam Bahasa Vietnam di sebut tỉnh) dan 5 kotamadya yang di kontrol langsung 28 . TRV diterjunkan di bidang seperti industri. Dalam sejarahnya. Ini dilakukan dalam upaya untuk mengkoordinasikan pertahanan nasional dan ekonomi. Meskipun negara tetap secara resmi berjanji kepada sosialisme sebagai doktrinnya. Di bawah Mahkamah Agung Rakyat adalah Pengadilan Kotamadya Propinsi dan Pengadilan Daerah Vietnam. pertanian. mengontrol organisasi nasional partai dan perjanjian-perjanjian negara. Semua organ-organ pemerintah Vietnam secara besar dikontrol oleh Partai Komunis. Saat ini. Presiden Vietnam adalah kepala negara dan secara nominal adalah panglima tertinggi militer Vietnam.

Dataran Tinggi Tengah. Ke-59 propinsi-propinsi tersebut kemudian dibagi-bagi menjadi kotamadya propinsi (thành phố trực thuộc tỉnh. Delta Sungai Merah Bắc Ninh Ha Nam Ha Tay Hai Duong Hung Yen Nam Dinh Ninh Binh Thai Binh Vĩnh Phúc Ha Noi (kabupaten) Hai Phong (kabupaten) Dataran tinggi pusat Dak Lak Dak Nong Gia Lai Kon Tum Lam Dong Pantai Tengah Utara Ha Tinh Nghe An Quang Binh Quảng Trị Thanh Hóa Thừa Thiên-Huế Timur laut Bắc Giang Bắc Kạn Cao Bang Ha Giang Lang Son Lao Cai Phu Tho Quang Ninh Thái Nguyên Tuyen Quang Yen Bai Barat laut Dien Bien Hoa Binh Lai Chau Son La Pantai Tengah Selatan Binh Dinh Khanh Hoa Phu Yen Quang Nam Quang Ngai Da Nang (kabupaten) Tenggara Ba Ria-Vung Tau Binh Duong Binh Phuoc Binh Thuan Dong Nai Ninh Thuan Tay Ninh Ho Chi Minh (kabupaten) Delta Sungai Mekong An Giang Bạc Liêu Bến Tre Ca Mau Dong Thap Hau Giang Kien Giang Long An Soc Trang Tien Giang Tra Vinh Vĩnh Long Cần Thơ (kabupaten) 29 . Pantai Tengah Selatan. Tenggara dan Delta Sungai Mekong. dan kemudian. dibagi lagi menjadi kelurahan (phường). dan kemudian dibagi lagi menjadi kota (thị trấn) atau komune (xã). Timur Laut. Pantai Tengah Utara. Sering kali. pemerintah Vietnam mengelompokkan berbagai propinsi menjadi delapan wilayah regional: Barat Laut. 5 kota madya yang dikontrol oleh pemerintah pusat di bagi menjadi distrik (quận) dan kabupaten. daerah perkotaan (thị xã) dan pedesaan (huyện). Delta Sungai Merah. Sedangkan.oleh pemerintah pusat dan memiliki level yang sama dengan propinsi (thành phố trực thuộc trung ương).

Suhu tahunan rata-rata umumnya lebih tinggi di dataran rendah daripada di pegunungan dan dataran tinggi. dengan dataran rendah meliputi tidak lebih dari 20%.312 ft). Delta Mekong meliputi sekitar 40. diisi oleh deposit besar endapan sungai selama periode millenium dan memanjang 100 meter ke Teluk Tonkin setiap tahunnya. Bagian Vietnam yang berbatasan dengan batas-batas internasionalnya seluas 4. Phan Xi Pang. Teluk Ha Long. Selatan dibagi menjadi datran rendah tepi pantai. pegunungan berkontribusi sebesar 16% bagi tanah arable (= tanah yang cocok untuk pertanian seperti jagung dan gandum) Vietnam dan 22% dari total lahan berhutan Vietnam. mirip apa yang dilakukan Indonesia di zaman Orde Baru lewat Rencana Pembangunan Lima Tahun. pemerintah menciptakan sebuah ekonomi terencana.066 sq mi). Vietnam memiliki iklim monsoon (hujan lebat) tropis.688 kilometer persegi (128. Tetapi.883 mi). puncak Annamite Chain. umumnya terjadi dari November hingga April. angin monsoon biasanya bertiup dari Timur Laut sepanjang pantai RRT dan mengarah ke Teluk Tonkin. adalah dataran rendah yang tidak lebih dari tiga meter di atas permukaan laut dari titik manapun dan saling menyilang (crisscross) oleh sebuah maze (jaringan) kanal-kanal dan sungai-sungai. dampaknya.143 m (10. pabrik-pabrik dan modal ekonomi diterapkan.Geografi dan iklim Luas Vietnam kurang lebih 331. hutan-hutan luas dan tanah yang buruk.000 kilometer persegi. ekonomi Vietnam terganggu 30 . Untuk beberapa dekade. dan jutaan orang diperkerjakan pada program-program pemerintah. berbentuk segitiga seluas 3. Ekonomi Workshop di Hoi An. dengan kelembaban rata-rata 84% sepanjang tahun. Pada saat pengambilalihan kekuatan. adalah gunung tertinggi di Vietnam setinggi 3. adalah sebuah wilayah rata. Terdiri dari 5 plato tanah basalt yang rata-rata rata. karena perbedaan pada garis lintang dan keanekaragaman topografi. meningkatkan banyak kelembaban. Dahulu Delta Sungai Merah adalah sebuah teluk kecil di kawasan Teluk Tonkin. berlokasi di propinsi Lao Cai. 2001 Perang Vietnam sangat menghancurkan bagi perekonomian Vietnam. Sangat banyak sedimen yang dibawa oleh cabang-cabang dan aliran-aliran Sungai Mekong sehingga delta tersebut memanjang sekitar 60 hingga 80 meter ke arah laut setiap tahunnya. Kolektivisasi pertanian. iklim cenderung sangat bervariasi dari satu tempat terhadap tempat yang lainnya. lebih kecil tetapi lebih berkembang dan berpenduduk padat daripada Delta Sungai Mekong. salah satu Situs Warisan Dunia Delta Sungai Merah (juga dikenal sebagai Song Hong). musim dingin di sebagian besar Vietnam adalah kering. dengan bukit-bukit kecil berkontribusi sebesar 40% dan hutan tropis 42%. Topografinya terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat. Pegunungan berkontribusi sebesar 40% dari total luas Vietnam. Bagian Utara kebanyakan terdiri atas pegunungan dan Delta Sungai Merah. Pada saat musim dingin atau musim kering.000 kilometer persegi.693 km (2.

31 . perdagangan dan pertanian. India dan Filipina. Selain beras. Partner-partner perdagangan utama Vietnam termasuk Jepang. Daya beli publik meningkat dengan pesat. Australia. Vietnam.93%. sedangkan pengangguran di pedesaan sudah mencapai level kritis. Kongres Partai Keenam memperkenalkan reformasi ekonomi penting dengan elemen-elemen ekonomi pasar sebagai bagian dari paket reformasi ekonomi luas yang disebut Doi Moi (Renovasi). Vietnam adalah salah satu negara Asia yang memiliki kebijakan ekonomi paling terbuka. daripada negara-negara lain di Sub-wilayah Mekong Raya (Greater Mekong Subregion). berdasarkan jumlah penduduk yang hidup dengan pendapatan di bawah $1 per hari. telah menurun secara drastis dan sekarang lebih sedikit daripada di Cina.oleh ketidak efisien-an dan korupsi dalam program-program negara. lebih dari dua kali rasio yang dimiliki Cina dan lebih dari empat kali rasio India.300 per kapita (atau US$726 per kapita berdasarkan market exchange rate).2 miliar (estimasi 2006). neraca perdagangan mencapai sekitar 160% GDP. 6. Pada 1986. Vietnam juga menderita akibat embargo perdagangan oleh Amerika Serikat dan kebanyakan negara-negara Eropa setelah Perang Vietnam. Vietnam secara relatif adalah pemain baru dalam bisnis perminyakan. Pengangguran diperkotaan meningkat terus menerus dalam beberapa tahun terakhir karena tingginya tingkat migrasi dari desa ke kota-kota. Vietnam berhasil mencapai pertumbuhan GDP tahunan sebesar 8% dari tahun 1990 hingga 1997 dan berlanjut sekitar 7% dari tahun 2000 hingga 2005. Kepemilikan swasta digenjot dalam bidang industri.[2] Sebagai hasil dari langkah-langkah reformasi tanah (land reform). pada Juli 2006 meng-update peraturan properti intelektualnya untuk mematuhi TRIPS. Vietnam sekarang adalah produsen kacang cashew terbesar dengan pangsa 1/3 dari kebutuhan dunia dan eksportir beras kedua terbesar di dunia setelah Thailand. kualitas buruk dan di bawah target produksi dan pembatasan pada kegiatan perekonomian dan perdagangan. karet dan produk-produk perikanan. Vietnam diterima sebagai anggota WTO pada 7 November 2006. Kemiskinan. akibat dari meningkatnya produksi sektorsektor ekonomi lainnya. membuat Vietnam sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat kedua di dunia. jatuh berdasarkan sumbangan terhadap GDP dari 42% pada tahun 1989 menjadi 20% pada tahun 2006.[1] Vietnam secara umum masih tergolong negara miskin dengan GDP US$280. kunci ekspor adalah kopi. partner-partner perdagangan dengan blok-blok Komunis mulai surut. Tingkat inflasi diperkirakan 7. teh. Pada saat yang bersamaan. teknologi informasi dan industri teknologi canggih membentuk bagian besar dan tumbuh dengan cepat daripada ekonomi nasional. negara-negara ASEAN.000 barel per hari. tetapi sekarang Vietnam adalah produser minyak terbesar ketiga di Asia Tenggara dengan nilai produksi 400. Manufaktur. Vietnam memiliki persentasi tertinggi atas penggunaan lahan untuk kepentingan cocok tanam permanen. Dalam satu pihak. Ini menandakan kemampuan daya beli sebesar ~US$3. Setelah itu. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat. Tetapi. peranan pertanian terhadap pemasukan ekonomi telah berkurang.5% per tahun pada 2006. investasi asing tumbuh tiga kali lipat dan simpanan domestik tumbuh empat kali lipat. Di antara langkah-langkah lain yang diambil dalam proses transisi ke ekonomi pasar.

32 . Pakistan. seperti Inggris. kesetaraan gender dan penghormatan terhadap hak asasi manusia relatif rendah. dan ada yang telah mampu memberi bantuan kepada negara lain.  Negara-negara di dunia dikelompokkan menjadi negara maju dan negara berkembang. memiliki ketergantungan terhadap negara maju. Hal tersebut dikarenakan mayoritas negara maju perekonomiannya bertumpu pada sektor industri.  Ciri-ciri negara berkembang antara lain. baik yang bersifat fisik ataupun nonfisik. produktivitas. Kesimpulan Suatu negara memiliki kondisi sosial ekonomi yang berbedabeda. Amerika Serikat. keterbatasan fasilitas umum serta kesadaran hukum. Perbedaan kondisi tersebut menyebabkan terjadinya pengelompokan- pengelompokan negara berdasarkan kondisi sosial ekonominya. Suatu negara digolongkan sebagai negara maju jika negara tersebut telah mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan.BAB IV PENUTUP A. sumber daya alam belum dimanfaatkan secara optimal. Negara berkembang pada umumnya bercorak agraris. Laos. Ada yang masih bergantung pada negara lain. mengapa suatu negara digolongkan sebagai negara berkembang atau negara maju? Adakah kriteria-kriterianya? Untuk lebih jelasnya perhatikan uraian berikut. Tahukah kalian. jasa dan perdagangan. Malaysia. Adapun negara-negara seperti Afrika Selatan. Kemajuan negara-negara tersebut dapat dilihat dari banyaknya kota-kota metropolitan yang dicirikan dengan kondisi fisik berupa banyaknya bangunan atau gedung-gedung tinggi sebagai kawasan industri dan perkantoran. Kalian tentu pernah mendengar bahwa negara-negara. masyarakatnya masih didominasi barangbarang primer. Prancis ataupun Jerman disebut sebagai negara maju. India. sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah terwujud. ada yang sebatas mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. dan termasuk negara kita disebut negara berkembang. karena masih banyak ditemui lahan pertanian yang luas dan subur. Sementara suatu negara digolongkan sebagai negara berkembang jika negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan. memiliki berbagai masalah kependudukan.

 Contoh negara-negara maju. sedangkan contoh negara berkembang adalah Thailand dan Philipina. produktivitas masyarakat didominasi barang-barang hasil produksi dan jasa. yaitu Inggris dan Kanada. kesadaran hukum. sumber daya alam dimanfaatkan secara optimal. B. tercukupinya penyediaan fasilitas umum. Saran 1) karena sektor alam bukan menjadi faktor pendapatan utama.  Tahap-tahap perkembangan negara menurut W.W. kesetaraan gender dan penghormatan terhadap hak asasi manusia di junjung tinggi. ekspor yang dilakukan adalah ekspor hasil industri dan jasa.  Berdasarkan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang. Ciri-ciri negara maju antara lain.melainkan perindustrian yang menjadi faktor pendapatan utama 2) lebih bisa memanfaatkan SDA yang ada 3) agar mendapat cara atau aran yang lebih baik dari negara lain /mendapatkan inspirasi lebih baik jika dpt bekerja sama dengan negara maju . tahap prakondisi lepas landas (precondition for take off stage). tingkat dan kualitas hidup masyarakat tinggi. Rostow terbagi menjadi lima tahapan yaitu: tahap masyarakat tradisional (traditional society stage). tahap gerak menuju kematangan (drive for maturity stage) serta tahap konsumsi massa tinggi (age of high mass consumption stage). karena negara maju mempunyai taraf hidup tinggi dan kualitas hidup bermutu di bandingkan negara berkembang masyarakat dan traf hiduupnya masih relatif sedang atau bahkan sedang berkembang untk lebih baik 33 . tahap lepas landas (take off stage). Michael Todaro membagi wilayah negara-negara di dunia menjadi dua kawasan yaitu kawasan Utara untuk menyebut negara-negara maju dan kawasan Selatan untuk menyebut negara-negara berkembang. dapat mengatasi masalah kependudukan.

org/arti-definisi-pengertian-negara-dan-fungsi-negara-pendidikankewarganegaraan-pkn  http://www.1_( BAB_1)  http://organisasi.crayonpedia.DAFTAR PUSTAKA  http://www.scribd.org/mw/BSE:Negara_Maju_dan_Negara_Berkembang_9.com/doc/34380835/NEGARA-BERKEMBANG 34 .

1_( BAB_1) ➢ http://organisasi.com/doc/34380835/NEGARA-BERKEMBANG 35 .scribd.org/mw/BSE:Negara_Maju_dan_Negara_Berkembang_9.org/arti-definisi-pengertian-negara-dan-fungsi-negara-pendidikankewarganegaraan-pkn ➢ http://www.DAFTAR PUSTAKA ➢ http://www.crayonpedia.