P. 1
Teori Lempeng Tektonik Kaitannya Dengan Persebaran Gunung API Serta Daerah Gempa Bumi Di Indonesia

Teori Lempeng Tektonik Kaitannya Dengan Persebaran Gunung API Serta Daerah Gempa Bumi Di Indonesia

|Views: 4,974|Likes:
Published by Arfan Muchtar

More info:

Published by: Arfan Muchtar on Dec 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2013

pdf

text

original

Teori Lempeng Tektonik Kaitannya Dengan Persebaran Gunung Api Serta Daerah Gempa Bumi di Indonesia PERSEBARAN GUNUNG

BERAPI DI INDONESIA Pinggiran lempengan India-Australia bertabrakan dengan lempengan Eurasia,lempengan tersebut longsor jauh kedalam bumi.suhu yang sangat tinggi telah melelehkan pinggiran lempeng sehingga menghasilkan magma.Kemudian magma ini muncul melalui retakan di permukaan bumi dan membentuk gununggunung api

atas 3 barisan : 1. sumatra-jawa-nusa tenggara-sekitar laut banda 2. halmahera dan pulau-pulau disebelah baratnya 3. sulawesi utara-pulau sangihe-pulau mindanao Ada 3 sistem pokok persebaran pegunungan yang bertemu di Indonesia, yaitu: 1. Sistem sunda sistem ini dimulai dari Arakan Yoma di Myanmar sampai ke kepulauan banda di Maluku dengan panjang kurang lebih 7000 km. terdiri dari 5 busur pegunungan: a. Busur arakan yoma berpusat di Shan Myanmar b. Busur Andaman Nicobar berpusat di Mergui c. Busur Sumatra-Jawaberpusat di anambas d. Busur Kep. Nusa Tenggara e. Busur Banda berpusat di Banda 2. sistem busur tepi asia sistem in dimulai dari Kamsyatku melalui Jepang, filipina, kalimantan, dan Sulawesi. di fillipina busur ini bercabang tiga yaitu: a. cabang pertama dari pulau lauzon melalui pulau palawan ke kalimantan utara b. cabang kedua dari pulau Luzon melalui pulau samar ke mindanau, dan kep. Sulu ke kalimantan utara c. cabang ketiga dari pulau samar ke mindanau dan pulau sangihe ke Sulawesi 3. sistem sirkum Australia sistem ini dimulai dari selandia baru melalui keledonia baru ke irian jaya (papua). bagian utara dari sistem ini bercabang dua yakni : a. cabang pertama dari ekor pulau irian melalui bagian tengah sampai ke pegunungan charleslois di sebelah barat b. cabang kedua dari kepulauan bismarck melalui pegunungan tepi utara irian ampai ke kepala burung menuju halmahera Daerah Persebaran Rawan Gempa Bumi Di Indonesia Indonesia merupakan daerah pertemuan rangkaian Sirkum Mediterania dan rangkaian sirkum Pasifik, dengan proses pembentukan pegunungan yang masih berlangsung. Oleh sebab itu di indonesia banyak terjadi gempa bumi. Pusat gempa di

KAITAN LEMPENG TEKTONIK DENGAN PERSEBARANG G.BERAPI DAN GEMPA BUMI Lempeng India-Australia sedang didorong ke bawah lempengan Eurasia. proses ini dinamakan penujaman. Tabrakan kedua lempeng tersebut membentuk pegunungan Himalaya, yakni busur gunung api di Indonesia, parit Sunda dan Jawa, serta tanah tinggi Nugini. Australia bagian utara telah didorong ke arah bawah sehinga membentuk teluk Carpentari dan Laut Timor serta Laut Arafuru.

Ketika pinggiran lempengan India-Australia bertabrakan dengan lempengan Eurasia, lempengan tersebut longsor jauh ke dalam bumi, di bawah Indonesia. suhu yang sangat tinggi melelehkan pinggiran lempengan sehingga menghasilkan magma. kemudian magma muncul melalui retakan di permukaan bumi dan membentuk gunung-gunung api. Busur gunung api di Indonesia terbentuk dengan cara seperti itu. Di indonesia terdapat 400 gunung berapi, tapi yang masih aktif kira-kira 80 gunung saja. gunung-gunung tersebut di golongkan

dalam bumi disebut hiposentrum di indonesia terdapat hiposentrum yang dalamnya lebih dari 500km, contohnya di bawah laut flores yang dalamnya kira-kira 720km. Pusat gempa pada permukaan bumi disebut episentrum. Kerusakan terbesar yang diakibatkan oleh gempa terdapat di daerah episentrum, di indonesia episentrum banyak terdapat di bawah permukaan air laut.

2. getaran transfersal atau naik turun Getaran ini berasal dari hiposentrum dan bergerak melalui bagian dalam bumi. kecepatan getaran ini antara 4-7 km/jam. getaran ini datang setelah getaran longitudinal dan merupakan getaran pendahuluan kedua dan disebut getaran sekunder,getaran ini belum menimbulkan kerusakan. 3. getaran gelombang panjang Getaran ini berasal dari episentrum dan bergerak melalui permukaan bumi. kecepatan getaran ini antara 3,8-3,9 km/jam. getaran ini datang paling akir, tetapi merupakan getaran pokok,getaran ini yang menimbulkan kerusakan. Gempa bumi ada yang mempunyai kekuatan besar dan ada yang berkekuatan kecil. dilihat dari intensitasnya ada dua macam gempa yaitu : 1. makroseisme yaitu gempa yang intensitasnya besar dan dapat diketahui tanpa alat 2. mikroseisme yaitu gempa yang intensitasnya kecil sekali dan hanya dapat diketahui dengan menggunakan alat saja.

Pada peta gempa ada beberapa macam garis yang di kenal yaitu: 1. homosiesta : adalah garis yang menghubungkan tempattempat yang dilalui gempa pada waktu yang sama 2. isosiesta : adalah garis yang menghbungkan tempat-tempat yang dilalui oleh gempa yang berintensitas yang sama 3. pleistosiesta : adalah garis yang mengelilingi daerah yang mendapat kerusakan terhebat dalam gempa bumi. pleistoseista ini mengelilingi epsentrum, karena daerah sekitar episentrum mengalami kerusakan yang paling parah. isoseista yang pertama juga merupakan pleistoseista. Proses perambatan gempa bumi melalui tiga macam getaran yaitu: 1. getaran longitudinal atau merapat-meregang Getaran ini berasal dari hiposentrum dan bergerak malalui dalam bumi. kecepatan getaran ini besar sekali, yaitu 7-14 km/jam. getran ini datang paling awal dan disebut getaran primer, getaran ini belum menimbulkan kerusakan.

Menurut sebab terjadinya gempa ada tiga macam yaitu: 1. gempa runtuhan atau gempa guguran terjadi karena gugurnya atu runtuhnya tanah. daerah yang terjadi gempa guguran adalah daerah tambang yang berbentuk terowongan, pegunungan kapur, atau lubang. umumnya gempa runtuhan terjadidalam skala kecildan terjadi dalam wilayah lokal.

2. gempa vulkanis terjadi karena meletunya gunung api. jika gunung api akan meletus, timbullah tekanan gas dari dalam sumbat kawah. tekanan ini menyebabkan terjadinya getaran yang disebut gempa bumi. gempa ini hanya terdapat disekitar gunung api yang meletus. bahaya gempa bumi ini lebih besar dari pada gempa bumi runtuhan, namun lebih kecil dibandingkan dengan gempa tektonik.

karena gempa ini selalu mengakibatkan pergeseran muka bumi.932 km. dengan ketebalan lapisan 1300km. maka gempa ini disebut juga gempa dislokasi. besi. Suhu udara pada lapisan inti dalam dapat mencapai 5. oksigen. 2. Lapisan-lapisan bumi itu adalah sebagai berikut: 1.250 km. Bagian bawah mantel yang dekat dengan lapisan inti luar.000 derajat celcius..900km. Bumi tersusun atas lapisan-lapisan yang dibatasi oleh bidangbidang dicontinue. .182 km. dan 5. antara lain silikon. retakan. 22 November 2009 KARAKTERISTIK PERLAPISAN BUMI Posted by dean itu pembajak sawah at 4:08 AM 3. daerah yang seringkali mengalami gempa ini adalah daerah pegunungan lipatan muda. Lapisan inti luar. suhunya dapat mencapai 2. suhunya dapat mencapai 2. gempa tektonis terjadi karena gerak lempeng tektonik dan merupakan akibat dari gerak orogenetik. yaitu daerah rangkaian mediterania dan rangkaian sirkum pasifik. Lapisan ini memiliki ketebalan 2.200 derajat celcius. Bagian atas mantel suhunya sekitar 870 derajat celcius.6 gr/cm.bahaya dari gempa ini dapat besar sekali karena lapisan bumi dapat mengalamilipatan. Berat jenis lapisan inti bumi adalah 9.200 derajat celcius dengan ketebalan lapisan 2. 2. Lapisan inti bumi terdiri atas lapisan inti dalam dan lapisan inti luar. patahan atau bergeser. Mantel Lapisan antara atau lapisan selubung bumi adalah lapisan yang ada di atas lapisan inti luar. Berat jenis lapisan ini rata-rata 5gr/cm. dan magnesium. Bidang-bidang tersebut dapat ditemukan pada kedalaman 32 km. Minggu. Lapisan ini terdiri atas beberapa unsur. Lapisan Inti Bumi (barisfer) Lapisan inti yang tersusun atas unsur-unsur nikel dan besi.

tanggul seperti itu memanjangdari barat ketimur.Australia kearah utara. Dinamakan lempeng. Setelah mengalami pengikisan. Akan tetapi. silikon. deretan pulau Sumatra. mendorong dasar lempeng Samudera Hindia atau lempemg Indonesia . Lapisan ini terdapat pada lapisan bagian bawah litosfer. Celah ini menjadikan Benua Amerika bergerak saling menjauh dengan benua Afrika dan Eropa. Pergeseran lempeng tersebut mendorong anak benua India yang berasal dari dekat Antartika. Lapisan ini terdapat pada lapisan bagian atas lapisan litosfer. bertabrakan dengan lempeng benua Asia dan menyebabkan pembentukan Pegunungan Himalaya. intrusi.  Lapisan sial: Lapisan yang tersusun atas silisium dan aluminium. saling bertubrukan. kalsium. dan magnesium. Pegunungan di pantai Barat Amerika.  Lapisan sima: Lapisan yang tersusun atas silisium dan magnesium. 1. maka terjadilah tiga jenis batas pertemuan antara lempeng-lempeng itu. kerak bumi merupakan bagian atas litosfer. Perenggangan lempeng yang disertai pertumbukan kedua tepi lempeng tersebut  Pembentukan tanggul dasar samudera di sepanjang tempat perenggangan lempeng  Aktivitas vulkanisme laut dalam yang menghasilkan lava basa berstruktur bantal dan hamparan leleran lava yang encer  Aktivitas gempa didasar laut dan sekitarnya Terbentuknya tanggul diakibatkan proses vulkanisme yang bertumpuk sepanjang celah. Litosfer dapat dibedakan menjadi dua. Pembalikan terjadi akibat bagian puncak lipatan itu terdiri atas batuan yang mudah dierosikan sementara batuan pada sinklin lebih tahan terhadap erosi. Kerak bumi terdiri atas beberapa unsur. Litosfer adalah lapisan padat yang terletak dibagian paling atas bumi. yaitu dasar laut yang dalam dan memanjang.tetapi ukutran kecil pada arah vertikal. sebuah antiklin dapat dapat pula menjadi lembah. dan ekstrusi  Merupakan daerah hiposentrum gempa dangkal dan dalam Sebuah lipatan yang mengalami pembalikan relief dan yang tidak mengalami pembalikan relief 3. besi. dan saling berpapasan. Di daerah dua lempeng saling menjauh terdapat beberapa fenomena. aluminium. antara lain oksigen. seperti: Ilustrasi terjadinya penunjaman Lempeng tektonik karena proses tabrakan antar lempeng tektonik 2.yaitu saling menjauh. Tanggul dasar samudera di bagian tengah samudera Atlantik ternyata terputus-putus sebagai akibat dari pergeseran mendatar itu. Pelapiasan bumi dari inti bumi sampai litosfer Litosfer terpecah-pecah menjadi 12 lempeng. Dibagian selatan samudera hindia. yaitu lapisan sial dan lapisan sima. Di sepanjang pegunungan dan pulau-pulau itu bermunculan puncak gunung api.Akibat arah pergeseran yang tidak sama . Di daerah dua lempeng saling berpapasan terjadi pergeseran mendatar Di daerah seperti ini terdapat aktivitas vulkanisme yang sangat lemah disertai gempa yang tidak kuat.3.Di Samudera Pasifik yrtdapat tanggul di bagian tengah samudera yang membujur ke utara sampai ke teluk California. terjadi beberapa fenomena sebagai berikut  Terdapat aktivitas vulkanisme. sebuah antiklin dapat menjadi puncak pegunungan menderet memanjang. Tanggul seperti itu terdapat di samudera Atlantik. sodium.7 gr/cm. Lapisan ini memiliki ketebalan antara 8-32 km. Gejala seperti ini dinamakan pembalikan relief.  Berat jenis kerak bumi adalah 2. karena bagian litosfer ini mempunyai ukuran yang besar di kedua dimensi horisontal. Di tempat ini terbentuk palung laut.sehingga bertahan terhadap menjadi puncak pegunungan. . memanjang dari kutub utara sampai mendekati kutub selatan. Lapisan litosfer memiliki ketebalan antara 50-100 km. Di daerah pertemuan dua lempeng. Gejala pergesaran itu tampak pada tanggul dasar samudera yang tidak bersinambungan dan terputus-putus.  Lempeng dasar samudera menunjam ke bawah lempeng benua  Terbentuk palung laut di tempat tumbukan itu  Pembengkakan tepi lempeng benua yang merupakan deretan pegunungan  Penghancuran lempeng akibat pergeseran lempeng  Timbunan sedimen campuran yang dalam geologi di kenal dengan nama batuan bancuhmelange Lempeng dasar samudera yang lebih tipis dapat didesak kebawah oleh lempeng benua yang lebih tebal dan keras. Kerak Bumi Lapisan yang berada diatas mantel atau lapisan bumi paling luar. Di wilayah tersebut sering terjadi gempa bumi yang kadang-kadang sangat kuat. Jawa dan Nusa Tenggara itu adalah akibat pembentukan lempeng benua. sedangkan sinklin berubah menjadi puncak pegunungan.

terlepas pula sebagian dari planet tetapi juga tetap berputar dan mengelilingi gumpalan yang ditinggalkan. dan di antanya dapat ditemukan bentuk-bentuk peralihan. maupun dari pelebeuran dan penghabluran kembali sedimen sedimen dan batuan batuan lainnya. Seandainya terdapat perlapisan. seringkali batu-batuan prakambium sangat sulit diselidiki untuk mengetahui proses manakah di antara ketiga proses tersebut ang sesungguhnya telah membentuk batua tadi. Gumpalangumpalan yang terpisah dan masih tetap berputar tersebut setelah mengalami proses pendinginan akan menjadi padat.macam lipatan Diposkan oleh Pecinta Alam di 07. yang disebabkan oleh perubahan kimiawi dan fisis pada sedimen sedimen dan batuan beku.PRAKAMBRIUM Era ini memiliki lapisan yang selalu terdapat fosil dibawahnya. berikut merupakan penyusun lapisan bumi : 1. silsium dan magnesium 3. 22 November 2009 SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI Sejarah Pembentukan Bumi Permulaan terjadinya Bumi merupakan sebagian dari gumpalan gas dari Matahari. Macam . maka seringkali hal ini disebabkan juga oleh perubahan-perubahan fisis dan kimiawi tertentu pada tekanan yang tinggi. Era Sejarah Pembentukan Bumi A. itulah yang disebut bulan atau satelit. Lapisan batuan baru dikatakan berumur Prakambrium jika terutup lapisan yang berfosil Kambrium. terlepaslah sebagian gumpalan itu. walaupun seolah-olah dicampakkan sangat jauh tetapi gumpalan itu masih tetap berputar terus-menerus mengelilingi gumpalan besar (matahari) tersebut. karena gelombang gempa di biarkan oleh lapisan tadi sesuai dengan kecepatan getaran lapisan tadi. Diperkirakan batuan . Lapisan Prakamrium terdiri dari batuan batuan beerhablur.Dikarenakan sesuatu hal.Contoh pegunungan lipatan yaitu Pegunungan Mediterania dan Sirkum pasifik. 2.07 Minggu. baik yang berasal dari pembekuan magma cair. Padatan itulah kemudian yang menjadi planet-planet di tata surya kita. persenyawaan logam sulfida 4. Setelah bumi terbentuk bersama-sama planet lain. kerak bumi. Gumpalan gas yang besar tersebut selalu dalam keadaan berputar. terdiri dari unsur-unsur silisium dan aluminium. Dari gumpalan yang terlepas tersebut (planet).maka bahanbahan yang lebih berat menggumpal di dalam intinya. inti (besi dan nikel) Tebal dari masing-masing bagian dapat diketahui dengan menyelidiki jalanya gelombang gempa.

Selanjutnya. fauna kambrium bawah b. Fosil silur berupa koral terbulat yang bernama Halisites. 200 juta tahun yang lalu Pangaea pecah menjadi benua-benua yang lebih kecil yang kemudian bergerak menuju ke tempatnya seperti yang dijumpai saat ini. merupakan permulaan era baru dengan munculnya mnanusia pertama di dunia. Laurasia dan Gondwana inilah merupakan cikal bakal benua-benua yang ada saat ini . Teori Continental Drift Teori ini dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener (1912) dalam bukunya The Origin of the Continental and Ocean’s • Teori ini menyatakan bahwa dahulu kala bumi hanya mempunyai satu benua yang disebut Pangea yang mengapung di atas benua yang disebut Thetys. sehingga jasadjasadnya meninggalkan bekas pada lapisan batu gamping yang tebal.KENOZOIKUM Kenozoikum disebut juga era Neozoikum. Keadaan iklim sangat panas. penyebaran fauna lebih luas dibandingkan dengan zaman Kamrium. Isinya. sedimen pasir gamping. Maka kambrium diperkirakan lamanya 70 juta tahun. pada zaman devon banyak ditemukan lapisan-lapisan endapan daratan yang luas. Dengan menggunakan jejak fosil. D. Batuan pada zaman kambrium bercirikan endapan gamping yang mengandung banyak pirit. Perkembangan flora dan fauna meluas serta sudah berkembang denagan baik. dan Trias. Silur Pada zaman Silur. seperti Amronit. Karbon beperan penting menjadi pentujuk keadaan cuaca atau iklim. tumbuh-tumbuhan berkembang baik dan meluas keseluruh wilayah kontinen. 2. 5. Jura. Terdiri dari zaman tersier dan kuarter dan merupkan tingkat kehidupan baru. dimana kedua benua ini bergerak ke arah yang berbeda. 4. telah ditemukan orang dalam batu-batu lepas dalam suatu sungai di papua (irian jaya) 3. Zaman Kapur berumur lebih dari 90 juta tahun. contohnya: archaecyatha dan binatang petunjuk. fauna kambrium tengah c. Ketiga zaman ini disebut tingkat kehidupan pertengahan. benua tersusun dari batuan sial yang terapung pada batuan sima yang lebih besar berat jenisnya. Diantaranya adalah vetebrata. bila dibandingkan dengan yang dijumpai pada era prakambium. Banyak kelompok bintang baru yang muncul dalm zaman Silur. Zaman kuarter. Banyak binatang karang berkembang biak dengan baik .MEZOZOIKUM Mezozoikum terdiri dari zaman Kapur. Keadaan iklim tidak begiyu berbeda dengan zaman sebelumnya. Zaman tersier. Deon dibagi menjadi tiga: Bawah. Teori Apungan Benua Teori Kontraksi — Teori ini dikemukakan oleh Descartes (1596-1650) yang kemudian diteruskan oleh Suess (1831-1914) . kebanyakan di endapkan pada tempat-tempat yang terangkat di dekatanya. Pergerakan benua itu menuju khatulistiwa dan juga ke arah barat. maka inti-inti prakabrium disebut "perisai benua". belempung.Semua masih hidup terbatas pada air laut. Karbon Zaman ini ditandai dengan timbulnya sejarah besar karbon bebas di berbagai bagian dunia. fauna kambrium atas 2. Perm Perm memiliki letak lapisan yang diskor dan berada ddi atas karbon mengandung batu bara. demikian juga mulai timbul dan berkembang tumbuh-tumbuhan yang berbunga. Keadaan iklim panas dan basah. hal hal inilah yang menybabkan zaman Karbon dapat dikenal deengan nyata. maka dapatlah di ketahui 3 macam zaman kambrium : a. Dilaut dijumpai perkembangan luas kelompok kelompok bintang yang tidak bertulang berlakang. Penyebaran flora dan fauna pada era ini masih terbatas. Terjadinya batu bara sangat erat hubungannya dengan oengangkatan dan pembentukan pegunungan. Jura 145 juta tahun. Tengah. Di indonesia. Hipotesis utamanya adalah di bumi pernah ada satu benua raksasa yang disebut Pangea (artinya "semua daratan") yang dikelilingi oleh Phantalassa ("semua lautan"). Pada zaman ini batu bara muda mulai terbentuk. Pada zaman Kan ini terjadi pembentukan pegunungan. terutama jasad-jasad samudera.PALEOZOIKUM 1. Devon Zaman ini berceririkan munculnya tumbuhtumbuhan darat dan binatang bertulang belakang. Karena bentuknya yang agak melingkar dan permukaannya sedikit cembung. C. dan Trias 190 juta tahun. Atas. Hal ini dapat diketahui dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan flora dan fauna. sedimen pasir. 1.prakambrium tampak dipermukaan bumi karena batuan-batuan itu sejak terjadi tidak pernah tertutup oleh sedimen yang lebih muda. Benua Pangea ini pada akhirnya terpecah menjadi Laurasia dan Gondwana. Kambrium Zaman ini ditandai oleh adanya endapan-endapan yang mengandung jasad-jasad fosil yang telah mencapai tingkat perkembangan yang tinggi. Grapalit adalah ciri fosil penunjuk pada zaman Silur dan merupkan kumpulan bintang kecil yang disebut Robdosoma. dan kaya akan fosil. mengakibatkan terjadinya tanah merah yang bersifat laten. B. zaman silur adalah zaman tertua yang diketahui. Ciri lain adalah adanya penyimpangan fauna laut dari 2 karbon fosil pada era Paleozikum yang penghabisan. dan didaerah tropis tumbuhan berkembang baik.

yaitu : 1. 3) Kedua benua tersebut kemudian bergerak secara perlahan ke arah ekuator sehingga terpecah-pecah membentuk benuabenua yang tampak sekarang. sedang dibagian lain akan masuk kembali ke lapisan dalam dan bercampur dengan materi di lapisan itu. Amerika Selatan. dalam hal ini kerak bumi. Setiap tipe garis tepi dapat dikenali dari gerakan lempeng. merupakan benua yang pernah bersatu 2) Frank B Taylor (1910) menyatakan bahwa pada mulanya hanya terdapat dua benua di bumi. dan bagian barat Lautan Hindia 6. Laurasia dan Gondwana. Lempeng Pasifik. mengalami pengerutan / penyusutan karena terjadinya pendinginan di bagian dalam bumi akibat konduksi panas. Aliran konveksi yang keluar dari punggung laut menyebar ke kedua Lempeng Tektonik Di Dunia Pada saat ini dipermukaan bumi terdapat enam lempeng utama. wilayahnya meliputi Kontinen Antartika dan lautan Antartika . Lempeng Afrika.— Teori ini menyatakan bahwa bumi. Pengerutan-pengerutan itu mengakibatkan bumi menjadi tidak rata. dan setengah bagian barat Lautan Atlantik 5.5 cm – 7. dan daerah pinggirannya termasuk Indonesia 2. yaitu berkisar 1. terutama Afrika dan Amerika Selatan.5 cm per tahun. — Pergerakkan lempeng didunia berbeda-beda. wilayahnya meliputi Amerika Utara. Pergerakan lempeng tercepat dapat ditemukan di daerah Greendland (36 meter/tahun) dan Kep.21 Teori Lempeng Tektonik — Teori merupakan penyempurnaan dari teori-teori sebelumnya. Lempeng Eurasia. wilayahnya meliputi Lautan Hindia serta subkontinen India dan Australia bagian barat 3. Lempeng Amerika. Asia.Madagaskar (9 meter/tahun) — Para ahli geofisika menyatakan bahwa bagian luar bumi terbentuk oleh sekitar enam lempengan besar dan sekurangkurangnya delapan lempengan kecil yang bergerak sendirisendiri — Lempengan-lempengan tersebut saling bertemu di sepanjang tiga tipe garis tepi yang berbeda-beda. sehingga terjadilah gunung-gunung dan lembahlembah Teori Laurasia & Gondwana 1) Awalnya seorang ilmuwan bernama AntonioSnidar-Pellegrini mengatakan bahwa benua-benua. gempa. Diposkan oleh ndut eksis pasti di 07. Lempeng Indo-Australia. dan gejala-gejala lainnya yang berbeda-beda pula. wilayahnya meliputi Eropa. Lempeng Antartika. setengah bagian timur Lautan Atlantik. wilayahnya meliputi Afrika. — Teori ini menyatakan kerak bumi (litosfer) yang mengapung di atas lapisan astenosfer dianggap satu lempeng (lempeng benua / lempeng samudera) yang saling berhubungan. wilayahnya meliputi seluruh Lautan Pasifik 4. Afrika dan Australia dahulu menyatu dalam Gondwanaland sisinya. 4) Amerika Selatan.

pada lubang atau gua dalam tanah.net. b. atau dapat juga terjadi tidak lama sebelum atau sesudahnya. c. silahkan dibaca disana ya Gempa Bumi Bencana yang akhir akhir ini mulai menjadi familiar di tengah bangsa indonesia ini. Berdasarkan letak episentrumnya. gempa dibedakan menjadi: a. Indonesia . Ilustrasi gambar diperoleh dari BMG dan e-dukasi. yakni: a. Kadang-kadang gempa ini kuat dan merusak bangunanbangunan yang ada di daerah itu. '09 10:29 PM for everyone Demi meningkatkan kewaspaan kita terhadap bencana alam . Gempa menengah yaitu gempa yang letak hiposentrumnya antara 100 – 300 km di bawah permukaan bumi. misalnya di daerah tambang. atau copy paste terutama untuk gambar gambar karena saya bukan artis yang baik dalam menggambar pribadi. akan tetapi karena episentrum gempa yang dalam dan jauh dari area pemukiman seringkali kita tidak merasakan gempa tersebut Terus terang saja. Berdasarkan penyebabnya. Akan tetapi hal ini jangan membuat terlena karena kita berada di cincin api teraktif di dunia dan merupakan pertemuan dari beberapa lempeng benua. maupun tulisan tulisan biasa muncul saat terjadi gempa kadang kita anggap sebagai gangguan sakit kepala biasa. Gempa Tektonik (gempa dislokasi) Terjadi karena pergeseran letak lapisan kulit bumi (dislokasi). gempa dibedakan menjadi tiga macam. c. atau runtuhan pada rongga di dasar bumi. baik dengan menyarikan artikel orang lain. dan rongga rongga lainnya. Gempa ini terasa di sekitar gunung berapi.aktifitas vulkanik. secara berkala saya akan mem-post informasi mengenai bencana alam seperti ini . b. Inilah yang kemudian menjadikan banyak korban gempa terperangkap di reruntuhan. b. Sumber yang lebih detail akan saya tampilkan dalam bentuk link saja . Kesalahan dalam mengantisipasi gempa dapat berakibat fatal. Wajar bila kemudian gempa gempa besar sangat doyan menghampiri bangsa ini. Gempa ini sering menibulkan malapetaka besar. Berdasarkan letak hiposentrumnya. sebagai permata khatulistiwa terkenal dengan kekayaan alamnya serta kesuburan tanahnya. Gempa Vulkanis (gempa gunung berapi) Terjadi bersamaan dengan meletusnya gunung berapi. 3. Sebenarnya untuk gempa dibawah 5 SR sangat sering terjadi . a. Gempa dangkal Yaitu gempa yang letak hiposentrumnya kurang dari 100 km dibawah permukaan bumi. gua alam ataupun artifisial. Garis besar pembagian gempa : Gempa Bumi ada berbagai macam yang dapat digolongkan menjadi berikut ini.. Sedikit beda dengan gunung berapi misalnya yang terlokalisasi pada kawasan gunung tersebut.Seri Edukasi Bencana : Gempa Bumi Oct 4. Gempa laut Yaitu gempa yang letak episentrumnya berada di dasar laut. gempa dibedakan menjadi: Akan tetapi harap maklum kalau memang artikel ini bersifat ringan dan memberi gambaran umum karena saya tidak ingin membosankan rekan rekan dengan perkuliahan tentang geologi dan mitigasi bencana lainnya. patahan (sesar) gempa terbentang luas dalam beberapa lempeng yang melingkupi seluruh dunia. Apalagi background saya elektro hehehe. Gempa semacam ini sifatnya lemah dan hanya terasa pada daerah reruntuhan. Untuk itu lah selalu waspada terhadap perilaku kejadian alam . Gempa daratan Yaitu gempa yang letak episentrumnya berada di daratan. Gempa bumi merupakan fenomena alam yang paling unik karena tidak dapat di prediksi kapan dan dimana lokasi akan terjadinya gempa bumi. Gempa ini sangat berbahaya. Gempa Runtuhan Terjadi apabila ada tanah runtuh. pada detik detik awal gempa sering kali kita tidak sadar bahwa tengah terjadi gempa bumi. Gempa dalam Yaitu gempa yang letah hiposentrumnya pada kedalaman lebih dari 300 km. 1. sehingga sering menimbulkan gelombang pasang (tsunami). 2. Rasa pusing yang Ilustrasi singkat tentang proses gempa tektonik Sementara definisi dari Gempa bumi adalah suatu peristiwa pelepasan energi gelombang seismik secara tiba tiba diakibatkan oleh adanya deformasi lempeng tektonik yang terjadi pada kerak bumi.

allahuakbar. sebuah gempa masih mungkin disertai gempa berikutnya yang lebih besar. Bersikaplah tenang dan ikuti arahan petugas kereta. jauhi persimpangan. cari waktu yang tepat untuk bisa secepatnya keluar ruangan... Di Dalam Mobil Saat terjadi gempa besar.6 cm/tahun tergantung densitas kerapatan lempeng). cepatlah mengungsi ke dataran yang tinggi. Maka. lempeng Australia akan bergerak ke arah utara mendekati matahari. segera keluarlah dari mobil. dan jawa barat lainnya… teringat daku dulu. bogor. Maka. Langkah paling praktis. Menjauhlah dari tempat-tempat yang melandai.. Di Gunung atau Pantai Gempa bisa memicu tanah longsor dan tsunami. Pada kondisi jenuhnya lempeng AUSTRALIA akan mengalami kelembamam gerak sehingga menubruk Lempeng ASIA...deretan Pegunungan selatan Jawa . HUBUNGAN GEJALA ALAMI (PEMANASAN GLOBAL DENGAN GEMPA) Sekarang ini akibat adanya deviasi poros bumi.kepulauan Maladewa .. Library Think Quest : di sini ( Bahasa Indonesia ) : di sini ( Bahasa Indonesia ) : di sini tadi siang ada gempa hebat di samudra indonesia. yang membentang mulai dari pegunungan Himalaya .!! munari GUNUNG MELETUS.. Atap atau barang-barang diatas kepala Anda mungkin saja berjatuhan. Ternyata hanya butuh waktu kurang dari 1 tahun sejak Tsunami yang terjadi tahun lalu. Di Dalam Kereta Api Berpeganglah dengan erat pada tiang sehingga Anda tidak terjatuh seandainya kereta berhenti mendadak. segeralah menjauh untuk menghindari bahaya tsunami.. Jauhi sebisa mungkin gedung tinggi. nb: subhanallah. September 2nd. Wikipedia 2. jika Anda berada di pesisir pantai. Karena kalah kuat. Di Dalam Ruangan Gempa biasanya terjdi beberapa kali. pelindung seperti bantal serta tangan juga bisa digunakan untuk melindungi kepala Anda. Oleh sebab itu. dibalik itu semua sebetulnya Gempa adalah proses bumi menuju titik kestabilannya. sempat belajar di geologi upn dulu.. segeralah pinggirkan mobil ke kiri jalan dan berhentilah. 2. HAL ini suatu yang alami banget. dan tiang listrik.Kepulauan Nusa Tenggara dan ke timur. HUBUNGAN ANTARA GEMPA TEKTONIK DENGAN GUNUNG MELETUS APA? berdasarkan gempa tektonik tempo hari kita sudah dapat memperkirakan bahwa bakal ada letusan gunung berapi atau kemungkinan munculnya gunung baru di sepanjang deretan pegunungan di tepi batas lempeng Asia. (sorry istirahat sejenak capek tangan) Lempeng Australia menabrak lempeng Asia. pada daerah (luasan pengaruh tubrukan di dekat garis perbatasan lempeng / SEDUCTION ZONE) terjadi pemampatan massa yang sedemikian rupa (penyempitan porisitas lempeng). kamu sangka dia tetap di tempatnya.yang sulit ditebak ini. yang intinya menjelaskan bahwa gunung gunung yang kita lihat kokoh berdiri itu sebetulnya bergerak lembut seperti awan… Gempa sejatinya terjadi akibat dua hal. bandung. getaran terasa sampai ke jakarta. Yang jelas. Anda harus merasa seakan-akan roda mobil Anda gundul. Dalam Qur'an tertulis: "Dan kamu lihat gunung-gunung itu. jika pada saat kritis tidak juga menemukan meja. Di Luar Rumah Berada di luar ruangan jauh lebih aman dibanding di dalam ruangan..Anak Gunung Rakatau . Inilah Tulisan Saya pada 4 Juni 2006: SHELF COLLISION PHENOMENA .deretan pegunungan selatan Sumatera . dan atau bergeser (sliding) antar lempeng tektonik satu sama lain… gempa juga dapat terjadi karena aktifitas gunung api (vulkanik)… potensi tsunami adalah hal yang paling menakutkan. Lalu. janganlah gegabah – karena ingin menyelamatkan barang-barang berharga – lalu masuk ke dalam rumah.. National Geographics : di sini dan banyak lagi . padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. janganlah melakukan tindakan yang tidak perlu. 5. sebetulnya ada di AL_QUR’AN juga tentang gempa ini.? Karena Lempeng Asia relatif muda (densitas kerapatan lempeng lebih rendah) dibanding dengan lempeng sebelahnya (Lempeng Australia). Tindakan bila terjadi gempa (Secara garis besar) 1. e-dukasi... yaitu tektonik dan vulkanik. Jika situasi aman. 4. jendela atau bagian ruangan lain yang bisa pecah. barat daya pangandaran – tasikmalaya. karena membawa kerusakan yang sangat hebat pada daerah yang diterjangnya…. Saat Anda merasakan getaran dan tanda-tanda tsunami tampak. tektonika judul mata kuliahnya. tektonik sejatinya terjadi akibat pergeseran lempeng yang terjadi pada kerak bumi.. tiang lampu. Menjauhlah dari benda-benda. Maka secara geo-magnetik.an-Naml:88).(QS-27 . jika tidak terjadi gempa maka tekanan bumi akan sangat tinggi dan potensi kerusakan pastilah sangat dahsyat . 2009 Beberapa sumber edukasi bencana : 1. dimana kutub utara lebih mendekati matahari (dibuktikan dengan mencairnya gleyser di kutub utara istilahnya pemanasan Global) dan kutub selatan menjauh dari matahari. serang. pergeseran lempeng tektonik dapat terjadi dalam zona saling bertabrakan (subduction). Gunung Merapi Meletus di Juni 2006 Sesuai dengan apa yang saya ramalkan di dalam tulisan saya dalam AFTER NIAS EARTHQUAKE BY MUNARI. sehingga lempeng Australia bergerak mendekati lempeng Asia (dengan kecepatan 2 . 3. AKIBATNYA... untuk informasi lebih lanjut di sini (bahasa indonesia) dan disini (Bahasa Inggris) tentang gempa Wednesday.? Sesudah terjadi gempa tektonik di Aceh kemudian bergerak ke timur laut (daerah Nias) akan timbul tendesi letusan gunung di sepanjang deretan pegunungan di sepanjang pulau Sumatera dengan kecenderungan di Gunung Kerinci (mungkin) atau malah Danau Toba. 4. MENGAPA. Namun.. salah satunya tentang gempa.net 3. masuklah ke bawah meja yang kuat untuk melindungi kepala dan tubuh. Anda akan kehilangan kontrol terhadap mobil dan susah mengendalikannya. lempeng .

. Karena mengkerut inilah maka bumi bergetar. Teori ini akhirnya berkembang justru kebalikannya yaitu bumi yang mengembang atau dikenal “earth expanding theory“. at Wed May 17 04:26:17 EDT 2006...5 cm/tahun . an earthquake is one of the WHY EARTHQUAKES?— necessary consequences of the gradual cooling of the earth.. and even large cities.. seratus tahun yang lalu para saintist-nya mengetahui bagaimana terjadinya gempa. Even a slight displacement of one extensive surface over another would be accompanied by violence greatly exceeding that which we might expect from so small a displacement.Poisson rasio Lempeng Asia = miu2 . Hal ini karena diketemukan adanya pemekaran samodra di tengah laut.. KEJADIANNYA MULA-MULA PELAHAN. dapat ditentukan kapan waktunya terhitung dari saat mulai terjadinya gempa tektonik.Porositas rata-rata Lempeng Asia = P2 %/m3 . villages. NAH SEKARANG KITA BERHITUNG KAPAN GUNUNG ITU MELETUS DAN DIMANA? Jika : Epicentrum gempa tektonik kemarin = L km .Densitas Lempeng Australia = A kg/m3 . Bumi yang semakin terasa sempit karena manusia bertambah (sumber UNEP) Kalau akhir tahun biasanya anda mengenang apa yang terjadi setahun yang lalu. karena mirip teori kulit jeruk yang mengkerut karena masuk kulkas . NAMUN PADA KONDISI MAMPAT / JENUH (SESUAI TEORI PEMANPATAN (BAYANGKAN SEPON / YANG BUAT CUCI MOBIL ITU. LOKASI SEMBULAN BIASANYA MENCARI DAERAH YANG RAPUH (BIASANYA GUNUNG-GUNUNG BERAPI).Densitas Lempeng Asia = B kg/m3 Kecepatan Lempeng Austrilia = 3. Selamat belajar ilmu baru di tahun 2009 Ya. Accordingly the crust of the earth has from time to time to accommodate itself to the fact that the whole globe is slowly but surely getting smaller. it follows that the bulk of the earth must be gradually shrinking. “Brarti Pakdhe nantinya juga hanya jadi bahan tertawaan dunk !” .NAH GUNUNG BERAPI ITU SEBENARNYA MERUPAKAN DAERAH/ CHANNEL DARI ALIRAN MAGMA. As terrestrial heat is gradually declining through its radiation out into space.Poisson rasio Lempeng Australia = miu1 ..Jarak terhadap titik epicentrum ke titik rentan letus / rapuh yang terdekat = Y km maka dengan sejumlah formulasi (bisa diminta ke saya rumusnya)... sebelum kita tahu ada teori plate tektonik (diambil dari Scientific American (SciAm-Mag) JANUARY 1909 ”In all probability.. AMIN..PAK)... Teori tektonik lempeng (plate tectonic) ini yang saat ini dipercaya oleh scientist. Teori plate tectonic ini akhirnya menjelaskan juga hubungan antara gempa dengan tsunami. Tapi bagi geologist ini mengenang itu untuk yang seratus tahun yang lalu. DEMIKIAN SEMOGA INI BISA MENJADI WACANA BARU.. Nah apa yang dipikirkan scientist Amerika seratus tahun lalu tentang gempa bumi.ASIA terdorong ke belakang dan Lempeng AUStralia melesak ke bawah lempeng ASIA (EFEK ENERGI TUMBUKAN DI SEKITAR LOKASI ZONA KITA SEBUT "GEMPA BUMI TEKTONIK") DORONGAN KE BELAKANG DARI LEMPENG ASIA AKAN MENIMBULKAN SEJUMLAH MASSA LEMPENG DAN MEDIA APAPUN YANG ADA DI BELAKANGNYA IKUT TERDORONG KE BELAKANG DAN MEMBENTUK BENJOLAN (SEMBULAN) SEJUMLAH MASSA BUMI KE ATAS.Porositas rata-rata Lempeng Australia = P1 %/m3 .TAPI TUHAN JUALAH YANG MENENTUKAN posted to AFTER NIAS EARTHQUAKE BY MUNARI.... Menengok 100 tahun lalu – Happy New Year from a geologist Posted on 24 Desember 2008 by Rovicky Rate This Selamat tahun baru kawan-kawan.. and infrequently great sacrifice of human life. Namun tidak mengherankan bila nanti seratus tahun lagi ada orang yang mentertawakan teori ini.. JIKA DITEKAN).. MAKA GUNUNG ITU AKAN MEMUNTAHKAN SEGALA ISINYA (GUNUNG MELETUS. resulting in the wholesale destruction of houses.” Baru pada tahun 1940-an teori apungan benua sebagai awal “plate tectonic theory” berkembang. DAN KITA BISA MEMPERSIAPKAN DIRI SEBELUMNYA.

Deitz menggunakan beberapa bukti yang menguatkan bukti bahwa arus konveksi dari mantel bumi itu memang ada. Wow keren kan? Jadi jangan kaget kalo di negara kita sering dilanda gempa bumi dan tsunami karena daerah kita dibatasi oleh pertemuan lempeng-lempeng besar di dunia. Bagian-bagian terluar dari bumi ini bahasa kerennya “tectonic plate” atau lempeng tektonik. daerah kita terletak di pertemuan lempeng Australian dan Eurasian dimana lempeng Australian menyusup ke dalam zona eurasian sehingga membentuk zona subduksi sepanjang Sumatra. North America. Sampai akhirnya tahun 1929 adalah Arthur Holmes yang kembali mengemukakan bahwa bergeraknya lempeng-lempeng ini akibat konveksi panas dimana kalo suatu benda dipanaskan maka densitasnya akan berkurang dan muncul ke permukaan sampai benda tersebut dingin dan tenggelam lagi. Sedangkan Irian Jaya adalah tempat bertemunya beberapa lempeng yaitu Australian. Akibat dari terbentunya zona subduksi inilah maka banyak sekali ditemukan gunung berapi di Indonesia. Apalagi dengan adanya beberapa bencana yang sangatlah berkaitan dengan pergerakan ini seperti gempa bumi dan tsunami. patahan naik (thrust fault). Ngomong-ngomong tahunnya hampir sama dengan tahun berdirinya Institut Teknologi Bandung ya? Beliau berteori demikian bukan tanpa bukti akan tetapi beliau menggunakan beberapa bukti yang dapat meyakinkan teorinya ini. September 29. Dia menjelaskan bahwa gaya sentrifugal dari bumi ke arah khatulistiwa menyebabkan bumi ini terpecah-pecah. Salah satunya adalah penemuan fosil atau sisa-sisa makhluk hidup di beberapa benua yang kalau benua itu didekatkan jarak antar fosil itu cukup dekat dan masuk akal kalau memang dulunya makhluk hidup itu hidupnya berdekatan. Pada saat lantai samudera tersebut terbelah. Nah Indonesia ada dimana? Kalau melihat Indonesia. Patahan normal biasanya berhubungan dengan gaya extentional atau regangan sedangkan patahan naik berhubungan dengan compressional atau tegasan atau dorongan. Berdasarkan temuan-temuan inilah beberapa ilmuwan terutama ahli kebumian mulai meyakini pergerakan beberapa lempeng di bumi. Makanya orang-orang banyak menyebut daerah kita sebagai RING OF FIRE. dan Antartica. Mereka menyebut teorinya dengan sebutan “SEA FLOOR SPREADING” yang artinya pemekaran lantai samudera. Bukti ini ditunjang dengan penemuanpenemuan seperti pematang tengan samudera di lantai samudera dan beberapa temuan anomali geomagnetik. Jadi banggalah sebagai warga negara Indonesia. Perubahan panas dingin ini dipercaya dapat menghasilkan arus yang mampu menggerakkan lempeng-lempeng di bumi. Tapi banyak kalangan saat itu tidak percaya dengan teori ini. South America. Di bawah lempeng-lempeng inilah arus konveksi berada dan astenosphere (lapisan dalam dari lempeng) menjadi bagian yang terpanaskan oleh peluruhan radioaktif seperti Uranium. 2006 . Wah ternyata bumi memang bergerak. dan Philipine. Teori beliau ini pada tahun 1912 sering disebut-sebut sebagai “CONTINENTAL DRIFT”. Lempenglempeng inilah yang menyusun bentuk rupa dari bumi kita sekarang. apa yang terjadi di daerah pertemuan lempeng tektonik? Daerah pertemuan lempeng ini umunya banyak menghasilkan gempa bumi dan kalo sumber gempa bumi ini ada di samudera maka besar kemungkinan terjadi tsunami. Magma ini terus keluar keatas di pematang tengah samudera dan menghasilkan aliran magma yang mengalir kedua arah berbeda dan menghasilkan kekuatan yang mampu membelah pematang tengah samudera. Nah kalau memang bergerak. Nusa Tenggara. Bagian yang terpanaskan inilah yang menjadi sumber dari lava yang sering kita lihat di gunung berapi dan juga sumber dari material yang keluar di pematang tengah samudera dan membentuk lantai samudera yang baru. Beliau juga mengatakan bahwa gunung-gunung itu terbentuk karena tabrakan dari kontinen-kontinen. Mereka adalah patahan normal (normal fault). Apa sih lempeng tektonik ini dan bagaimana kok bisa bergerak? Apa benar lempenglempeng ini yang menjadi penyebab bencana-bencana seperti gempa bumi dan tsunami? Lempeng tektonik ini adalah lapisan terluar dari bumi yang terdiri dari lapisan luar yang bernama “lithosphere” dan lapisan dalam yang bernama “astenosphere”. Selain ketiga kelompok ini ada satu lagi yang biasanya disebut tumbukan atau obduction dimana kedua lempeng sama-sama relatif ringan sehingga bertumbukan dan tidak menunjam seperti di selatan Iran dan di India dimana lempeng Arabian dan lempeng Indian bertumbukan dengan lempeng Eurasian. Jawa. Kemudian lantai samudera tersebut bergerak menjauh dari pematang tengah samudera sampai dimana akhirnya bertemu dengan lempeng kontinen dan akan menyusup ke dalam karena berat jenisnya yang umumnya berkomposisi lebih berat dari berat jenis lempeng kontinen. yang pertama-tama menyatakan bahwa bumi kita ini dulunya satu yang disebut PANGAEA (berarti semua daratan) dan terletak di kutub selatan. retakan terjadi di tengah pematang dan magma yang meleleh mampu keluar dan membentuk lantai samudera yang baru. Eurasian (lempeng dimana Indonesia berada). Kejadian ini berlangsung secara terus-menerus.Bumi bergerak (Moving Earth) Banyak yang sudah tahu bahwa bagian-bagian terluar dari bumi kita ini bergerak. ahli astronomi yang senang geofisika. Timur dan melingkar di Banda. Australian. Tsunami itu apa? Nanti deh disambung di wacana yang lain biar nambah wacana. Lempeng ini bergerak beberapa sentimeter setiap tahunnya seperti tumbuhnya kuku kita. Patahan geser banyak berhubungan dengan gaya transformasi. Adalah Alfred Wegener. Lombok. Dia mengumpamakan konveksi panas ini seperti konveyor yang dengan berubahnya tekanan dapat memecah lempeng-lempeng tersebut. dan Potasium. Penyusupan lempeng samudera kedalam lempeng benua inilah yang menghasilkan zona subduksi atau penunjaman dan akhirnya lithosphere akan kembali menyusup ke bawah astenosphere dan terpanaskan lagi. African. Pertemuan dari lempeng-lempeng tersebut adalah zona patahan dan bisa dibagi menjadi 3 kelompok.Posted by doddys | GeO . Thorium. Saat itu tidak banyak orang yang percaya sampai akhirnya di awal tahun 1960 dimana Harry Hess dan R. Prinsip saya “The great nation is the nation surrounded by the great features”. Bali. Eurasian. dan patahan geser (strike slipe fault). Pasific. Mari kita lihat sejarahnya kenapa lempeng tektonik ini jadi populer. Di bumi ini ada 7 lempeng yang besar yaitu Pacific.

SuGAR secara kontinyu memonitor pergerakan tektonik disepanjang pantai barat Sumatra dan Kep. gempa ini disebabkan oleh pergerakan patahan pada Subduksi di sebelah barat Sumatera (Sumber : Danny Hilman. Sejak tahun 2002. Makanya perlu diberitahukan secara terbuka” Menurut ahli geologi gempa dari Laboratory for Earth Hazard LIPI. “gempa 7. dan sekaligus juga di ujung utara dari sumber gempa bawah laut – megathrust yang menurut prediksi para ahli masih berpotensi untuk mengeluarkan gempa besar sampai 8. dan gempa 7.7 SR. ya Pakdhe” .9 SR yang terjadi 12 jam setelahnya. Mentawai. LIPI) Di wilayah ini terdapat jaringan statsiun GPS kontinyu SuGAR (Sumatran GPS Array) yang dioperasikan bersama oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Earth Observatory of Singapore (EOS) – Nanyang Technological University. Posted on 13 November 2010 by Rovicky Sunda megathrust. “Wah Pakdhe Danny Hilman bisa ngikuti gempa-gempa ini juga ya. Danny Hilman sebagai ahli gempa dari LIPI memberikan penjelasan cukup sederhana dibawah ini Press Release: Gempa Mentawai 7.4 SR tahun 2007 tersebut. gempa 7. Kalau saja semua pulau-pulau aktif di Indonesia ini memiliki stasiun pengamatan seperti SuGAR ini tentunya akan memberikan data serta pengetahuan tentang gerakan kerakbumi. Semua gempa-gempa susulan ini. gempa utama 8. yaitu pada bidang batas tumbukan Lempeng Hindia-Australia terhadap Lempeng Sunda (Lihat peta dan penampang terlampir). serta prediksi gempa dengan lebih bagus.4 SR tahun 2007”. termasuk yang kemarin. Danny Hilman Natawidjaja. termasuk gempa 7. Gempa ini bisa disebut sebagai gempa susulan dari gempa besar 8.” kata Prof. Kerry Sieh. Pagai After Shock (sumber Danny Hilman. terjadi gempa besar berkekuatan 7. yang dibilang Pak Danny Hilman ini dasarnya sains bukan dukun. tim EOS-LIPI akan menganalisis data dari jejaring alat GPS ini untuk lebih mengerti tentang mekanisme gempa kemarin. “Wah pakde jangan nakut-nakutin doonk!” “Thole. Kemarin (25 Okt 2010). Direktur EOS.0 SR yang terjadi 3 jam kemudian. Dari analisa US Geological Survey dan juga BMKG. “Ooh potensi gempa 8.8 SR dalam waktu mendatang (lihat Peta). “Dalam beberapa bulan ke depan. Yang masih kurang jelas adalah apakah gempa ini merupakan bagian dari proses yang menuju ke akan pecahnya sumber gempa 8.7 SR kemarin jelas merupakan bagian dari healing process setelah terjadi gempa 8.4 SR yang terjadi pada tanggal 12 September 2007. Propinsi Sumatra Barat.0 SR yang terjadi 5 bulan setelah itu (lihat Peta).7 Skala Richter (USGS) di baratdaya Pulau Pagai Selatan. terjadi disekitar wilayah patahan gempa 8.4 SR tahun 2007 sudah diikuti oleh rentetan beberapa gempa susulan besar. Dr. Episenter gempa 7.Ancaman tsunami Padang masih ada.8 ini yang pernah dibuat simulasinya itu di dongengan Simulasi komputer : gempa dan tsunami di Padang itu ya Pakdhe ?” Dibawah ini Press Release dari LIPI tentang masih berbahayanya daerah pantai timur Sumatera walaupun terjadi gempa yg menyebabkan tsunami Mentawai (tepatnya gempa Pagai) pada tanggal 25 Oktober 2010. Hebat ya Pakdhe?” D “Lah iki. dasarnya emang penelitian ilmiah.8 SR dari megathrust Sunda yang masih tersisa di bagian sebelah utaranya (lihat peta). Jadi secara terbuka akan diberitahukan juga dasardasar berfikirnya. Kabupaten Mentawai. Thole.7 SR ini terletak di sebelah barat dari bagian utara sumber gempa September 2007. LIPI) Sebelumnya.

Kekuatannya dahsyat (seperti tidak habis-habis) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram. Jika amplitudo maksimumnya sebesar 1 mm. Tiga tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar. tanaman. (Danny Hilman) Note : Jadi gempa dengan potensi 8. teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala biarpun tidak ada arus listrik. cek apakah lampunya blinking biarpun lagi tidak transmit data.8SR yang diperkirakan oleh LIPI ini masih akan dilepaskan. Tingginya gelombang bisa puluhan meter. Kerry Sieh dan DR. segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. * Perhatikan hewan-hewan. Ukuran Kekuatan Gempa: Skala Richter dan Skala Mercalli Skala Richter Skala Richter atau SR. itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak dapat dirasakan oleh manusia. Awan yang bentuknya aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi. Tapi biarpun hanya dua meter.. gelombangnya tidak mainmain. Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi. Karena kekuatan gelombang jadi terpecah dan tidak memusat kalau membentur semak. 1.Coba matikan aliran listrik. Kalau melihat dua tanda seperti itu. Kalau skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis. Di atas magnitudo itu. * Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah. bisa juga hanya dua meter. tetap tidak bisa memastikan kapan gempa terjadi.0 skala Richter. . Cek apakah hewan-hewan seperti “menghilang”. Danny Hilman Natawidjaja sering bilang sebelumnya. ciri-ciri mau terjadi gempa. mendekati kekuatan gempa yang menyebabkan tsunami Aceh-Andaman tahun 2004. Copas dari : http://www. cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak.kabarindonesia. Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut tibatiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan tinggi ke arah daratan. Tapi kalau tidak sempat lari sementara tsunami sudah di depan mata. kalau di langit kelihatan ada awan yang bentuknya seperti angin tornado atau seperti pohon atau seperti batang. bentuknya berdiri..Kalo ada mesin fax. sharing tentang gempa. langsung selamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi. didefinisikan sebagai logaritma dari amplitudo maksimum yang diukur dalam satuan mikrometer (µm) dari rekaman gempa oleh alat pengukur gempa (seismometer) Wood-Anderson. kapan persisnya hal itu akan terjadi tetap masih merupakan misteri alam. skala ukuran kekuatan gempa yang diusulkan oleh fisikawan Charles Richter. semak-semak. Bisa terjadi 30 menit lagi atau 30 tahun yang akan datang. Namun. Tapi belum tentu juga kalau ada awan seperti itu di langit berarti akan ada gempa.semua tentang Gempa Bumi Posted by azkhaz under Mumpung lagi anget nih.” Yang jelas. IT Knowledge Sharing Blog pada jarak 100 km dari pusat gempa. Bisa saja memang bentuknya seperti itu. Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet. rawa). . Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain: * Melihat ke langit. kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami.Beberapa segmen dari Sunda Megathrust sudah pecah secara beruntun selama 10 tahun terakhir ini menghasilkan rentetan gempa-gempa besar di sepanjang pantai barat Sumatra. Sumber : LIPI Bacaan terkait :  Simulasi komputer : gempa dan tsunami di Padang All About Earthquake. . apakah ada suara brebet-brebet ataukah tidak. yaitu terjadinya gempa yang jauh lebih besar. . Seperti Prof. karena bisa hancur dan malah membahayakan orang yang berlindung. padahal sedang tidak transmitting. Berdasarkan pola siklus gempa besar selama 700 tahun terakhir di Mentawai.8 SR tersebut. Misal kita mempunyai rekaman gempa bumi (seismogram) dari seismometer yang terpasang sejauh 100 km dari pusat gempanya. Sebisa mungkin berlindung di balik daerah rimbunan (pohon. lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun tak ada arus listrik. “Gempa besar dari megathrust di bawah Pulau Siberut-SiporaPagai Utara tersebut bisa terjadi dalam 30 menit lagi atau 30 tahun lagi. para ahli percaya bahwa rentetan gempa-gempa besar ini sedang menuju klimax. sebisa mungkin langsung melakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk. (*) (Dihimpun dari berbagai sumber). Nah kalau tiga tanda-tanda itu ada atau terlihat dalam waktu bersamaan. Walaupun demikian. Sebagai contoh. Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu.Cek siaran TV.com/berita…20090905003715 2. jangan berlindung di balik bangunan yang terbuat dari tembok/beton.Coba minta orang lain mengirim fax ke kita. gempa kemarin sama sekali tidak mengurangi potensi gempa besar Mentawai yang diprediksi mempunyai akumulasi tekanan bumi sampai 8. maka kekuatan gempa tersebut adalah log (103) µm sama dengan 3.0. oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti tersedot ke bawah. Skala Richter ini hanya cocok dipakai untuk gempa-gempa dekat dengan magnitudo gempa di bawah 6. lampu fax blinking. Ciri terjadinya Gempa KabarIndonesia – Ada beberapa ciri-ciri yang dapat terlihat jika akan terjadi gempa bumi. sehingga gelombang elektromagnetis tersebut ‘menghisap’ daya listrik di awan. kekuatan gempa dll please enjoy. .

Terasa oleh hampir semua orang. Jambatan dan tangga rusak. Semua anak remuk sampai ke tulang mereka. suara gaduh bergetar. Ruangan kosong ini lah yang saya sebut segitiga kehidupan. Tetapi skala Mercalli yang dimodifikasi. yakni segitiga kehidupan. Bangunan pertama yang ia masuki adalah sebuah sekolah di Mexico City. Seluruh bangunan hancur dan hancur lebur 3. 5.0-2. “Segitiga Keh idupan ” dan 10 tips saat terjadi Gempa Bumi Doug Copp. kami merangkak ke dalam puing-puing dan masuk ke dalam bangunan untuk membuat dukumentasi film mengenai hasilnya. Tidak terasa 2. Oleh itu.9 Dapat merusak area hingga jarak sekitar 160 km 7. Doug bersama timnya membuat film yang membuktikan keakuratan metode bertahan hidup yang ia buat. 10 boneka menunduk dan berlindung dan 10 lainnya menggunakan metode bertahan hidup segitiga kehidupan.0-7. terjadi tanah longsor. bekerja sama dengan tim penyelamat dari 60 negara. dan disaksikan pada program televisi di USA. Mereka meruntuhkan sebuah sekolah dan rumah dengan 20 boneka di dalamnya. Bangunan yang tidak kuat akan mengalami kerusakan. pada tahun 1931 oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann masih sering digunakan terutama apabila tidak terdapat peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian. benda tergantung bergoyang.0-8. tim penyelamat paling berpengalaman di dunia.9 Menghancurkan area ribuan mil > 10. Skala Modifikasi Mercalli 1. Dapat dirasakan di luar rumah. serta salah satu dari ahli PBB untuk menginvestigasi bencana selama 2 tahun. Terasa oleh orang yang berada di bangunan tinggi 3. langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furnitur.0-4.9 Tidak terasa. dan mendirikan tim penyelamat di beberapa negara. Secara sederhana. Umumya kerusakan kecil pada bangunan yang didesain dengan baik 6. 10.9 Dapat menyebabkan kerusakan serius hingga dalam area ratusan mil 9. Pada saat itu. benda kecil di atas rak mampu jatuh. 4. Ia telah merangkak di bawah 875 reruntuhan bangunan. Getaran dirasakan seperti ada kereta yang berat melintas. Canada dan Amerika Latin. 12. namun jarang menimbulkan kerusakan 4. Film ini telah dilihat oleh jutaan orang melalui televisi di Turki dan sebagian Eropa.perhitungan dengan teknik Richter ini menjadi tidak representatif lagi. Bangunan yang tidak kuat akan mengalami kerusakan tekuk. namun terekam oleh alat 3. skala Mercalli sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain. Semua anak berlindung di bawah meja masing-masing. Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI).0 Gempa kecil . pada gempa bumi tahun 1985.0-9. Kerusakan tidak terlalu signifikan. 11.0-3. sejak tahun 1985. mempunyai peluang yang jauh lebih besar untuk bisa bertahan hidup. 8. Dinding pagar yang tidak kuat pecah. hiasan dinding bergerak. Setelah simulasi gempa. 5.9 Dapat menyebabkan kerusakan besar pada bangunan pada area yang kecil.0 Belum pernah terekam Skala Mercalli Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi yang diciptakan oleh vulkanologis dari Italia bernama Giuseppe Mercalli pada 1902. Skala Richter Efek Gempa < 2. Mereka mungkin dapat selamat jika berbaring di samping meja masing-masing di lorong. Getaran dirasakan seperti ada benda berat yang menabrak dinding rumah.0-5. Ia telah bekerja di seluruh bencana besar di dunia.9 Seringkali terasa.0-6. menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. murid-murid diajarkan untuk berlindung di bawah sesuatu. 9. Saat ini penggunaan skala Richter lebih luas digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.9 Dapat menyebabkan kerusakan serius dalam area lebih luas 8. Pada tahun 1996. Film itu menunjukkan bahwa mereka yang menunduk dan berlindung tidak dapat bertahan hidup dan mereka yang menggunakan metode saya. orang tidak dapat berjalan/berdiri. dinding rumah rusak. saat bangunan runtuh. 7. sehingga menghancurkan benda-benda ini. 6. . tidak terasa 2. Rel kereta api rusak. bahkan hingga 100%.9 Dapat diketahui dari bergetarnya perabot dalam ruangan. Informasi dalam artikel ini mungkin dapat menyelamatkan nyawa and a dari gempa bumi. Skala Mercalli dibagi menjadi 12 bagian berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat dan membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

kemungkinan untuk selamat sangat mustahil! 7. Dalam kedua kasus tersebut. 2. peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. tangga tersebut akan runtuh juga pada saat orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Bahkan. anda melihat bangunan runtuh di televisi. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Jangan pernah lari melalui tangga. Orang-orang yang lari ke tangga sebelum tangga itu rubuh akan terpotong-potong olehnya. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur. maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk. Akan lebih aman untuk berada di sebelah luar bangunan daripada di dalamnya. Itu juga yang harus kita lakukan pada saat gempa. Ini adalah insting alami untuk menyelamatkan diri. Disamping itu. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan 8. Jika pintu tersebut rubuh ke samping. anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secara alami. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang. 10 Tips Saat Melindungi Diri dari Gempa 1. Berdirilah di dekat dinding paling luar dari bangunan atau di sebelah luarnya jika memungkinkan. maka berbaring lah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar. Mengapa? Jika kita berdiri di belakang pintu dan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang kita akan tertimpa langit-langit di atasnya. di samping benda besar yang akan remuk sedikit. maka akan semakin besar kemungkinan jalur menyelamatkan diri tertutup. Kucing. kita akan tertimpa dan terbelah dua olehnya. di samping sofa. berguling lah ke samping tempat tidur. Suatu saat. 6. Bahkan jika gempa tidak meruntuhkan tangga. ini . bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Tangga akan menjadi bagian bangunan yang paling mungkin untuk rusak. Tangga memiliki “momen frekuensi” yang berbeda (tangga akan berayun terpisah dari bangunan utama). semakin besar ruang kosongnya. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. 5. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh.Semakin besar bendanya. Tangga dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus berbenturan satu sama lain sampai terjadi kerusakan struktur dari tangga tersebut. Orang-orang yang berada di dalam kendaraan akan tertimpa jika jalanan di atasnya runtuh dan meremukkan kendaraan. Tangga tetap harus diperiksa walaupun bagian lain dari bangunan tidak rusak. Semakin jauh kita dari bagian luar bangunan. banyak ruangan kosong yang ama n akan terbentuk. 9. jika bangunan tidak runtuh. semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka. Segitiga ini ada di manamana dan merupakan bentuk yang umum. Jika terjadi gempa dan kita tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu. tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Semakin sedikit remuk. 4. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya. Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunan runtuh akan meninggal. meninggal karena tertimpa runtuhan. jauhilah tangga. Ambil posisi di samping suatu benda. 3. hitunglah segitiga kehidupan yang anda temui. Kita dapat bertahan hidup dalam ruangan yang sempit. Jika kita berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi. Hampir semua orang yang hanya menunduk dan berlindung pada saat bangunan runtuh.

penderita akan diberi obat depresi. Gempa Tektonik 7.100 orang tewas dan ribuan terperangkap dalam reruntuhan bangunan. Diharapkan dengan penyebaran informasi gempa dan tsunami dengan cepat maka masyarakat bisa melakukan tanggap darurat yang cepat dan tepat. (Artikel Doug Copp mengenai Segitiga Kehidupan. * 2 September 2009. seluruh dunia. Untuk mereka yang fobia hingga tidak berani keluar rumah.wav Simpan dalam satu folder di komputer anda.wordpress. dan orangtua dalam hal ini berperan penting. Saya menemukan. Latihan bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari. Kalau gangguan ini sudah mencapai depresi. hingga goncangan pribadi dialami. Tak jarang gangguan emosi. kecuali kendaraan yang tertimpa langsung oleh kolom jalan tol. Sementara anak korban gempa sebaiknya dikembalikan ke tempat asal. pada saat merangkak di bawah kantor perusahaan koran dan kantor lain yang menyimpan banyak kertas bahwa kertas tidak memadat.com — Dampak trauma akibat gempa bagi kehidupan seseorang bisa jadi sangat luar biasa. Latihan ini . SpKJ dari Mitra International Hospital menyarankan agar pemerintah menyebarluaskan pengetahuan mengenai stres pascatrauma ini dan cara mengatasinya. perawat. Para pemuka agama.9 Skala Richter * 9 Agustus 2007 – Gempa bumi 7.com/…-tsunamibmkg/ Aplikasi ini berguna untuk menyebarkan. Mereka mesti diajak ke lingkungan terdahulu dan familiar. Aplikasi ini hasil kerjasama BMG dengan LSM Air Putih. dr Tony Setiabudhi. bidan. anak bisa diajak ke tempat baru dan mulai hidup baru.wav tsunami. Karena itu. hasil analisa Badan Meteorologi dan Geofisika kepada Masyarakat. maka terapi farmakologis (terapi obat) diperlukan. 10. Post Traumatic Syndrome Disorder atau stres pascatrauma yang kerap terjadi pada korban gempa dapat diatasi dengan rileksasi. maka informasi gempa dan tsunami yang terakhir akan muncul. Tony menyarankan agar penderita dirawat dan dilatih perlahan-lahan dengan proses desensitisasi. Jika ada informasi terbaru yang masuk akan disertai suara sirine dari speaker komputer. Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya sambil menyebut huruf s perlahan sehingga perasaan menekan di dada menjadi rasa nyaman.5 Skala Richter * 6 Maret 2007 – Gempa bumi tektonik mengguncang provinsi Sumatera Barat. Penderita bisa diberi anxiolitika seperti diazepam. gempa dan tsunami yang terbaru berikutnya yang akan disertai suara sirene.zip red) bmg.exe alert.exe. Klik file bmg.3 Skala Richter mengguncang Tasikmalaya. Gempa bumi 5. Satu hari sebaiknya dilakukan minimal pagi-sore sekitar 10 menit. jalur yang ditempuh diperluas.yang ternyata terjadi pada lantai-lantai jalan tol Nimitz. gempa ini berkekuatan 7. Setelah tenang dan mulai terbiasa. Pertama-tama. Indonesia. penderita disarankan menempuh jalan yang berbeda dengan sang terapis dan bertemu di suatu tempat yang sudah direncanakan. informasi Gempa Bumi dan Potensi Tsunami. kemudian klik connect. Komputer harus selalu terhubung dengan internet dan komputer memiliki speaker. Jika gangguan psikis ini memparah kondisi korban gempa hingga tidak bisa tidur misalnya. pemuka masyarakat. guru-guru. Indonesia. Jika lingkungan dan orang di sekitarnya sudah tidak ada. Software Info Gempa n Warning Tsunami BMKG Memakai Add on Firefox buat peringatan gempa. Original Post: credit to: http://tonyaguswijaya. Dem ikian selanjutnya. Gempa ini terasa hingga Jakarta dan Bali. berpotensi tsunami. The Biggest Earthquake on Record Sejarah Gempa Bumi Besar Pada Abad Ke-20 Dan 21 * 30 September 2009. pecahnya konsentrasi. Perlahan. Menyebabkan sedikitnya 1. Gempa bumi Sumatera Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari pergeseran patahan Semangko. dr Intan Airlina Febiliawanti 6. Semua kendaraan yang hancur. Korban dari gempa bumi San Fransisco semuanya bertahan di dalam kendaraan mereka dan meninggal. memiliki ruangan kosong yang aman setinggi 1 meter di sampingnya. Diedit untuk briefing Komite Keselamatan MAA) (kp/bun) 4. Ruangan kosong yang besar ditemukan di sekitar tumpukan kertas-kertas. Indonesia. Laporan terakhir menyatakan 79 orang tewas [3]. * 27 Mei 2006 – Gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05. Setiap informasi gempa dan tsunami terbaru akan dikirim secara otomatis melalui internet.9 Skala Richter(BMG Amerika) mengguncang Padang-Pariaman. sampai ia berani sendiri. Aplikasi ini berjalan di komputer dengan sistem operasi Windows. Langkah Instal : Copy 3 buah file yaitu : (terdapat dalam file . dan siap menerima informasi sebaiknya didampingi.55 WIB selama 57 detik. individu akan diajak pergi keluar bersama-sama di suatu tempat. Korban jiwa masih belum diketahui jumlah pastinya karena terjadi Tanah longsor sehingga pengevakuasian warga terhambat. Mengurangi Dampak Stres Usai Gempa KOMPAS. * 12 September 2007 – Gempa Bengkulu dengan kekuatan gempa 7. nama folder dan letak folder bebas (apa saja). tunggu beberapa saat. Mereka mungkin dapat selamat seandainya keluar dari kendaraan dan berbaring di sebelah kendaraan mereka.

* 30 September 1993 – Di Latur.570 korban jiwa. lebih dari 6. Bukares (Bucureşti). menelan sekitar 1.9 pada skala richter dan menewaskan 2. Chile dengan ukuran 8. Turki pada ukuran 7.500 ada juga yang mengatakan jumlah korban mencapai 13. * 21 September 1999 – Taiwan. India dengan ukuran 6. * 16 September 1978 – Di timur laut Iran.5 pada skala Richter dan menyebabkan 22. dan menyebabkan 33. berukuran 7. Indonesia berukuran 7.000 kematian dan memusnahkan seluruh kota Agadir.tersebut berkekuatan 5. * 12 Desember 1992 – Di Flores.9 pada skala Richter dan menewaskan 2. * 4 Februari 1976 – Di Guatemala. merengut 50. berukuran 7.6 skala Richter di Asia Selatan.2 pada skala Richter.5 skala Richter dan menewaskan 50.3 skala Richter dan merenggut sedikitnya 140.778 terbunuh. berukuran 7. * 7 Desember 1988 – Barat laut Armenia. * 26 Januari 2001 – India.6 pada skala Richter. Jepang dengan ukuran 7.000 orang tewas.7 pada skala Richter dan menyebabkan 25. berukuran 7. dengan besar 7.1 pada Skala Richter.000 nyawa. * 17 Agustus 1999 – barat Turki. * 28 Juli 1976 – Tangshan.2 skala Richter dan merenggut 6.000 keluarga kehilangan tempat tinggal. * 25 Januari 1999 – Barat Colombia. * 26 Desember 2003 – Gempa bumi kuat di Bam.171 nyawa. United States Geological Survey melaporkan 6.500 orang tewas. diantaranya seorang aktor Rumania Toma Caragiu. * 26 Desember 1939 – Wilayah Erzincan.500 orang. * 21 Juni 1990 – Di barat laut Iran. India pada ukuran 7.9. * 17 Januari 1995 – Di Kobe. pada magnitudo 6 dan merenggut 1.3 pada skala Richter.4 pada skala Richter dan merenggut 17. berukuran 7.400 korban tewas.8 pada skala Richter dan menyebabkan 240. * 26 Desember 2004 – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 9. * 21 Mei 2002 – Di utara Afganistan. * 8 Oktober 2005 – Gempa bumi besar berkekuatan 7.0 skala Richter mengguncang Aceh dan Sumatera Utara sekaligus menimbulkan gelombang tsunami di samudera Hindia. meragut lebih dari 9.000 orang. lebih dari 1. Teori Tektonik Lempeng (Plate Tectonics Theory) menjadi pijakan utama dalam menjelaskan proses kejadian gempa tektonik serta . berukuran 7.2000/Jam.net warnet cuma Rp. Sabtu.8 pada skala Richter dan menyebabkan lebih dari 1. Jepang pada ukuran 8.000 orang. berukuran 5.000 orang.5 pada skala Richter dan menyebabkan lebih dari 41. dan lebih dari 300.9 pada skala Richter menyebabkan sekitar 5.000 nyawa. * 30 Mei 1998 – Di utara Afganistan dan Tajikistan dengan ukuran 6. barat daya Iran berukuran 6.000 orang terbunuh. * 4 Maret 1977 – Vrancea. * 31 Mei 1935 – Di Quetta. Bencana alam ini telah merenggut lebih dari 220. * 19 September 1985 – Di Mexico Tengah dan berukuran 8. Pakistan. Cina. Gempa tektonik kouzi. menyebabkan kira-kira 12.000 jiwa.500 nyawa.9 pada skala Richter.000 kematian.3 pada skala Richter.000 orang tewas. berpusat di Kashmir. timur Rumania. berukuran 6.000 kematian.0 pada skala Richter dan menewaskan 1. juga menghancurkan sebagian besar dari ibu kota Rumania. * 1 September 1923 – Di Yokohama. * 24 Januari 1939 – Di Chillan.000 orang tewas. 10 April 2010 Gempa tektonik Gempa tektonik merupakan gempa yang terjadi saat batuan di dalam kerak bumi terpecah karena tekanan geologis yang ditimbulkan oleh pergerakan lempeng-lempeng tektonik. menyebabkan 2. 28.000 orang tewas.000 orang tewas. berukuran 7.000 nyawa. * 29 Februari 1960 – Di barat daya pesisir pantai Atlantik di Maghribi pada ukuran 5.9 pada skala Richter dan menyebabkan 25.4 SR.000 kematian.000 nyawa.7 skala Richter.

Perlu diketahui bahwa pada zona patahan aktif. Kemudian. Litosfer terdiri atas dua macam lempeng.jalur-jalur pusat gempa. yaitu Lempeng Benua dan Lempeng Samudra. Pasifik. strain inilah yang mengakibatkan deformasi batuan dan kerak bumi. Saat patahan/retakan terjadi. Stres ini menyebabkan terjadinya strain. yaitu Lempeng Eurasia. Spoiler for bumi: tanah yang kita injak sekarang sebenarnya seperti rakit raksasa di atas Magma. dan arus konveksi pada lapisan mantel magma. Ada enam lempeng besar di bumi ini. Begitu juga yang terjadi dengan aksi lempeng bumi. Lempenglempeng tersebut bergerak karena adanya perbedaan tinggi antara zona pemekaran lantai samudra dan palung (hasil dari tumbukan antara lempeng benua dan lempeng samudra). Proses kejadian Gempa tektonik berhubungan dengan aktivitas gaya-gaya tektonik yang sedang berlangsung dalam proses pembentukan gunung. energi dari strain terakumulasi selama puluhan bahkan ratusan tahun akibat adanya pergerakan relatif di antara kedua blok (kiri kanan) pada zona patahan tersebut. Gaya-gaya di dalam bumi menciptakan suatu tegangan (stres). dan zona transform (dua lempeng bergerak satu sama lain relatif secara horizontal). Litosfer ini terbagi menjadi beberapa lempeng besar yang saling bergerak relatif satu sama lain. kejadian patahan batuan. Indo-Australia. Saat lempeng tersebut bergerak dengan gaya-gaya yang dimilikinya. Saat gaya yang diberikan pada suatu benda maka benda tersebut menjadi dalam keadaan stres. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). yaitu zona pemekaran lantai samudra. Dietz dan Hess saat mengemukakan teori Tektonik Lempeng memperlihatkan bahwa gempa banyak terjadi di tepi/pinggiran lempeng yang tidak lain merupakan batas-batas lempeng bumi. Batas-batas lempeng bumi pada prinsipnya ada tiga. selalu bergerak. Saat gayanya cukup besar.* gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. stres muncul sebagai energi yang bergerak melalui bumi dalam bentuk gelombang. Spoiler for lempeng: Kenapa bisa terjadi pergerakan lempeng? Bumi kita walaupun padat.nah rakit raksasa yang dimaksud adalah lempeng bumi yang terus bergerak karena berada di atas magma Spoiler for gambar: . zona tumbukan dua lempeng (termasuk zona subduksi). Pada prinsipnya. dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. teori Tektonik Lempeng menjelaskan bahwa kulit bumi (litosfer) merupakan suatu lempeng padat yang seolah-olah mengapung pada bagian dalam yang bersifat cair (plastis) yang dinamakan astenosfer. lempeng tersebut memberikan gaya pada lempeng lain. kerak/lempeng tersebut patah atau bergeser. dan Amerika Selatan. Afrika. Efek dari pergerakan tersebut pada wilayah-wilayah atau zona-zona batas lempeng menjadi pusat akumulasi energi regangan (strain) sehingga di wilayah-wilayah tersebut banyak terjadi gempa. Kejadian inilah yang mengakibatkan gempa. Amerika Utara. Tentunya setelah stres dikenakan maka kerak bumi mengalami deformasi dan saat itu strain muncul. Akumulasi strain ini kemudian dilepas sekaligus dalam suatu entakan keras. dan tarikan serta tekanan dari pergerakan lempeng batuan penyusun kerak bumi.

Untuk pertama kali bambu dipatahkan memerlukan tenaga yang sangat besar.9 SR yang mengguncang DIY dan sebagian wilayah Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 juga Ia mengatakan hal itu ketika dikonfirmasi terkait dengan gempa kecil yang terjadi tiga kali di Kabupaten Bantul. pukul 06. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). tetapi kapan. gempa-gempa kecil yang terjadi makin lama makin pendek jaraknya. bersumber (pusat gempa. "Kalau sesar Opak masih aktif. Kalau penduduk yang diungsikan tidak sebanyak itu. menurut perkiraan jumlah korban bisa lebih dari 200. Sedangkan gempa ketiga yang terjadi selama 58 detik dengan kekuatan 3. kita tidak tahu. Kedua.COM YOGYAKARTA . Dalam satu hari bisa terjadi 20 kali gempa swarm. Gempa ini tidak terlalu besar kekuatannya. China pada 1975 jumlah korban jiwa dan kerugian bisa ditekan sekecil mungkin. Pusat gempa ini juga di darat pada kedalaman 10 km.08 WIB.5 skala Richter (SR) dengan pusat gempa di darat pada kedalaman 11 kilometer (km). Gempa swarm dapat dianalogikan seperti bambu yang patah. Para ahli seismologi China curiga. tetapi terjadi terus-menerus dalam waktu yang lama. pusat gempanya di sekitar sesar (patahan purba. Sebab.5 SR terjadi pada posisi 7. tetapi jarak waktu antara gempa yang satu dengan berikutnya relatif pendek.50 Bujur Timur (BT). yang diawali dengan gempa-gempa kecil dalam rentang waktu selama dua bulan. Senin (18/5) pukul 06. Pertama. Tetapi satu tahun kemudian.3 SR. itu satu-satunya ramalan atau prediksi yang dinilai sukses." katanya.000 orang.Waluyo. Gempa China 1975 Budi Waluyo mengatakan di China yaitu di kota Haicheng di wilayah Yingkouw pada 1975 pernah terjadi gempa bumi tektonik cukup besar. Karena lempeng terus bergerak maka akan ada kemungkinan tabrakan antar lempeng bumi. dan tak pernah berhenti. Sedangkan tipe ketiga adalah gempa "swarm". Sekitar 1. pusat gempanya di darat pada kedalaman 10 km. karena selalu bergerak.000 orang meninggal. Senin (18/5). "Apalagi pada H-1 atau sehari sebelum terjadi gempa besar. Karakteristik gempa bumi tektonik adalah akan terulang kembali. karena ada tipe gempa besar yang diawali dengan gempa-gempa kecil. Sebelumnya tidak ada tanda-tanda berupa gempa-gempa Gempa Kecil Harus Diwaspadai By Republika Newsroom Senin.000 jiwa penduduk diungsikan. Gempa swarm tidak memiliki gempa utama. posisi bagian tenggara Kabupaten Bantul. Selama dua bulan itu. Kekuatan gempa biasanya hanya 2-3 SR. Para ahli seismologi kemudian menyarankan kepada pemerintah setempat agar mengungsikan penduduk daerah itu.57 WIB. Untuk selanjutnya. Gempa bumi tektonik berkekuatan 5.Gempa tektonik berkekuatan kecil harus tetap diwaspadai. kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Budi . jumlah korban hanya 2.99 LS dan 110. gempa bumi yang mengguncang Tangshan di Provinsi Hebei. dan dilakukan prediksi terhadap kemungkinan akan terjadi gempa besar." katanya. bagian yang patah itu tidak lagi mampu menyimpan energi yang besar. yakni berkekuatan 7.38 BT. sehingga ketika gempa berkekuatan 7. beberapa jenis binatang seperti anjing menunjukkan tingkah laku yang aneh. bambu itu akan patah lagi meskipun hanya diberi sedikit tekanan. China Utara menewaskan 242. dan keesokan harinya ketika terjadi gempa besar. Menurut dia.87 Lintang Selatan (LS) dan 110. red) dari sekitar sesar Opak. Kemudian gempa kedua dengan kekuatan 2.000 orang. 18 Mei 2009 pukul 16:51:00 DKIMAGES.4 SR. Menurut para ahli gempa. yaitu pada 1976. tipe gempa besar (gempa utama) yang diawali gempa-gempa kecil sebagai gempa pendahuluan. tipe gempa besar (gempa utama) yang kemudian diikuti gempa-gempa susulan. DIY itu. memang perlu terus diwaspadai. dan dalam frekuensi yang tinggi. tabrakan antar lempeng tersebut mengakibatkan gempa tektonik Spoiler for : BMKG Yogyakarta mencatat gempa pertama berkekuatan 3.42 WIB dan pukul 06. gempa kecil yang terjadi tiga kali di tenggara Bantul. Ia mengatakan tumbukan lempeng bumi akan terus terjadi. red) Opak.3 SR mengguncang kota Haicheng di wilayah Yingkouw. Budi menyebutkan ada tiga tipe gempa tektonik.000. posisi 7.

lembah. dan Amerika Selatan. berputar dan pada akhirnya bersatu karena pengaruh gravitasi. A. Australia. dan gas kosmis tersebut terus . sedangkan planet-planet termasuk bumi masih dalam wujud awan. yaitu Laurasia di sekitar kutub utara dan Gondwana di sekitar kutub selatan bumi. Menurutnya benua tersebut kemudian terpecah-pecah dan terus mengalami perubahan melalui pergerakan dasar laut./ant/itz 1. Gerakan rotasi bumi yang sentripugal. b. termasuk di dalamnya Planet Bumi. sehingga para ahli tidak bisa memprediksi akan terjadi gempa besar (gempa utama) di Tangshan. debu. sedangkan Gondwana terpecah menjadi Afrika. o Ia menyatakan bahwa pada awalnya di bumi hanya ada satu benua maha besar disebut Pangea. dan Amerika Utara. o Ia menyatakan bahwa bumi semakin lama semakin susut dan mengerut disebabkan terjadinya proses pendinginan sehingga di bagian permukaannya terbentuk relief berupa gunung.pendahuluan atau tanda-tanda lainnya. o Teori Kontraksi didukung pula oleh James Dana (1847) dan Elie de Baumant (1852). Eropa. Keduanya berpendapat bahwa bumi mengalami pengerutan karena terjadi proses pendinginan pada bagian dalam bumi yang mengakibatkan bagian permukaan bumi mengerut membentuk pegunungan dan lembah-lembah. serta adanya kesamaan batuan dan fosil di kedua daerah tersebut. China itu. kemudian mengelompok membentuk bulatan-bulatan bola besar disebut planet. dan dataran. Kedua benua tersebut kemudian bergerak perlahan ke arah equator bumi sehingga pada akhirnya terpecah-pecah menjadi benua-benua yang lebih kecil. kota tetangga Haicheng. Teori Perkembangan Muka Bumi a. Awan. o Teori Laurasia-Gondwana kali pertama dikemukakan oleh Edward Zuess pada 1884. Teori ini didukung oleh bukti-bukti berupa kesamaan garis pantai Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur. Teori Dua Benua (Laurasia-Gondwana Theory) o Teori ini menyatakan bahwa pada awalnya bumi terdiri atas dua benua yang sangat besar. Teori Kontraksi (Contraction Theory) o Teori ini dikemukakan kali pertama oleh Descrates (1596– 1650). dan gas kosmis yang disebut nebula yang berputar mengelilingi matahari. yaitu sekitar 5. debu. Laurasia terpecah menjadi Asia. Perkembangan Benua PERKEMBANGAN BENUA Bumi merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya yang diyakini terbentuk bersamaan dengan terbentuknya tata surya itu sendiri. mengakibatkan pecahan benua tersebut bergerak ke arah barat menuju ekuator. Teori Pengapungan Benua (Continental Drift Theory) o Teori pengapungan benua dikemukakan oleh Alfred Wegener pada 1912. Satu Benua : Pangea c.000 juta tahun yang lalu. Para ahli memperkirakan bahwa matahari terbentuk terlebih dahulu.

umur batuan semakin tua. tsunami. Selain itu. Artinya. Teori Konveksi (Convection Theory) o Menurut Teori Konveksi yang dikemukakan oleh Arthur Holmes dan Harry H. Teori ini juga membuktikan bahwa benua-benua selalu bergeser. berdasarkan hasil pengamatannya beberapa bagian benua terdapat kesamaan bentuk pantai antara benua satu dengan lainnya. dan samudra. benua. dikemukakan bahwa di dalam bumi yang masih dalam keadaan panas dan berpijar terjadi arus konveksi ke arah lapisan kulit bumi yang berada di atasnya. Arus Konveksi Dua Benua : Laurasia-Gondwana d. o Teori lempeng tektonik muncul setelah Alfred Lothar Wagener. o Inti dari teori lempeng tektonik adalah kerak Bumi sebetulnya terdiri atas lempengan-lempengan besar yang seolah mengapung dan bergerak pada lapisan inti Bumi yang lebih cair. o Berdasarkan Teori Lempeng Tektonik. kulit bumi terdiri atas beberapa lempeng tektonik yang berada di atas lapisan astenosfer yang berwujud cair kental. seperti gempa bumi.mengemukakan bahwa benua yang padat sebenarnya terapung dan bergerak di atas massa yang relatif lembek (continental drift). dan Pasific-Atlantic Ridge di permukaan bumi. Lempeng-lempeng tektonik pembentuk kulit bumi selalu bergerak karena adanya pengaruh arus konveksi yang terjadi pada lapisan astenosfer dengan posisi berada di bawah lempeng tektonik kulit bumi. Hess dan dikembangkan lebih lanjut oleh Robert Diesz. Hingga kini teori ini telah berhasil menjelaskan berbagai peristiwa geologis. Ketika arus konveksi yang membawa materi berupa lava sampai ke permukaan bumi di mid oceanic ridge (punggung tengah samudra). o Bukti lainnya didasarkan pada penelitian umur dasar laut yang membuktikan semakin jauh dari punggung tengah samudra. Ia juga mendapati kesamaan geologi dan kesamaan makhluk yang hidup di pantai seberang. seperti mid Atlantic Ridge. seorang ahli meteorologi dan geologi dari Jerman dalam buku The Origin of Continents an Oceans (1915). dan meletusnya gunung berapi. o Bukti dari adanya kebenaran Teori Konveksi yaitu terdapatnya mid oceanic ridge. terdapat gerakan yang berasal dari mid oceanic ridge ke arah yang berlawanan disebabkan oleh adanya arus konveksi dari lapisan di bawah kulit bumi. Teori Lempeng Tektonik (Tectonic Plate Theory) o Teori Lempeng Tektonik dikemukakan oleh Tozo Wilson. Lempeng di permukaan bumi . lava tersebut akan membeku membentuk lapisan kulit bumi yang baru sehingga menggeser dan menggantikan kulit bumi yang lebih tua. serta bagaimana terbentuknya gunung. Gerakan lempeng menurut Teori Konveksi 2. Teori ini dibuktikan oleh pakar-pakar geologi dengan waktu hampir setengah abad dan diterima sejak tahun 1960-an.

yaitu gerakan saling bertumbukan antarlempeng tektonik. contohnya. yaitu sebagai berikut. Amerika Utara dan Eurasia merupakan bagian utara Pangaea dan disebut Laurasia. disebut zona subduksi (subduction zone). Di wilayah ini umumnya rawan terhadap gempa bumi dan banyak ditemui gunung api Konvergen : lempeng benua-lempeng samudra 2) Divergen Divergen yaitu gerakan saling menjauh antarlempeng tektonik. 80 Juta Tahun yang Lalu. Amerika Selatan dan Afrika mulai terpisah sepanjang suatu 3) Sesar Mendatar (Transform). Gerakan sesar mendatar 3. dengan munculnya Samudra Atlantik Utara di antara Laurasia dan Gondwana. Pada bidang batas pertemuan akan terjadi palung laut atau lipatan. Contoh lainnya. Di sebelah timur terdapat Laut Tethys. contohnya gerakan saling menjauh antara lempeng Afrika dan Amerika bagian selatan. Zona atau tempat terjadinya tumbukan antara lempeng tektonik benua dan benua disebut zona konvergen. Contohnya tumbukan antara lempeng India dan lempeng benua Eurasia yang menghasilkan terbentuknya pegunungan lipatan muda Himalaya dan merupakan pegunungan tertinggi di dunia dengan puncak tertingginya. gerakan lempeng-lempeng tektonik dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Proses Perkembangan Muka Bumi a. Contohnya gesekan antara lempeng Samudra Pasifik dan lempeng daratan Amerika Utara yang mengakibatkan terbentuknya Sesar San Andreas yang membentang sepanjang kurang lebih 1. 1) Konvergen. Benua-benua tergabung dalam satu superbenua bernama Pangaea. 35 Juta Tahun yang Lalu. tumbukan lempeng Italia dengan Eropa yang menghasilkan terbentuknya jalur Pegunungan Alpen. b. . 200 Juta Tahun yang Lalu. Terjadi pergeseran dua lempeng dengan arah yang berlawanan Pergersaran tidak menimbulkan penghilang atau pemunculan kerak bumi. Mount Everest.Konvergen : lempeng benua-lempeng benua yaitu gerakan saling bergesekan (berlawanan arah) antarlempeng tektonik. Gondwana sendiri pecah menjadi tiga bagian dan Laut Tethys menjadi lebih sempit. yaitu Gondwana. Lempeng bergerak saling menjauh ( berlawanan ). tetapi akan terjadi patahan ( sesar ) Gerakan ini akan menimbulkan terjadi gempa tektonik Persamaan fosil beberapa benua o Berdasarkan arahnya.200 km dari San Francisco di utara sampai Los Angeles di selatan Amerika Serikat. Sebuah retakan melebar antara Amerika Utara dan Eurasia dengan memperlebar Atlantik Utara. tumbukan antara lempeng benua Amerika dan lempeng dasar Samudra Pasifik yang menghasilkan terbentuknya Pegunungan Rocky dan Andes. Pada batas pergerakan akan terbentuk kerak bumi yang baru karena naiknya materi dari lapisan mantel ( magma ) ke permukaan bumi dan membeku sehingga membentuk punggung laut. Benua Pangaea mulai pecah. Zona berupa jalur tempat bergesekan lempeng-lempeng tektonik disebut Zona Sesar Mendatar (zona transform). Zona berupa jalur tempat berpisahnya lempeng-lempeng tektonik disebut zona divergen (zona sebar pisah). atau antara lempeng benua dan lempeng dasar samudra. c. Benuabenua lain bergerombol di segmen selatan. Tumbukan antarlempeng tektonik dapat berupa tumbukan antara lempeng benua dan benua. Zona berupa jalur tumbukan antara lempeng benua dan lempeng dasar samudra.

4. Lapisan antara atau Chalkosfera o Lapisan ini memiliki ketebalan kira-kira 1. Prediksi 50 Juta Tahun yang Akan Datang. yaitu : a) Inti Luar (Outer Core) adalah inti bumi yang ada di bagian luar.7 gram/cm3. yaitu sekitar 4. o Kerak Bumi dan selubung Bumi ini merupakan lapisan litosfer. o Kerak Bumi dibagi menjadi dua.4–4 gram/cm3.9000 b) Inti Dalam (Inner Core) adalah inti bumi yang ada di lapisan dalam dengan ketebalan sekitar 2. o Lapisan ini dapat pula dibedakan atas dua bagian. Selubung Bumi atau Sisik Silikat (Astenosfer) o Lapisan ini memiliki ketebalan kira-kira 1.500 km.700 km dengan berat jenis kira-kira 6. Tebal lapisan mencapai 2. sementara Australia telah berpindah ke utara dari Antartika. 5 Juta Tahun yang Lalu. terdiri atas batuanbatuan basa dan masam yang memiliki berat jenis kira-kira 2. dan panas yang berpijar dengan suhu sekitar 3. tersusun dari besi dan nikel yang bersifat cair. B. Amerika Utara dan Eropa masih berhubungan dengan Greenland. akan tetapi tetap dalam keadaan padat dengan densitas sekitar 10 gram/cm3 . Struktur Bumi .4 gram/cm3.retakan yang menjadi Samudra Atlantik Selatan. kental. 3. Samudra Atlantik terus melebar. Saat Ini. o Bagian atas dan bagian tengah kerak Bumi disebut lapisan sial karena sebagian besar terdiri atas zat-zat silisium dan aluminium. Kerak benua memiliki ketebalan lebih besar dibandingkan dengan kerak samudra. Laut Merah melebar dan Teluk Persia lenyap. o Lapisan ini sebagian besar merupakan sisik oksida dan sulfida. India telah menabrak Asia. Amerika Selatan dan Afrika telah menempuh jalan masing-masing. Inti dalam tersusun atas besi dan nikel pada suhu yang sangat tinggi. India bergerak ke utara menuju Asia.200 km. Inti Besi-Nikel atau Barysfera o Barisfer adalah lapisan inti bumi yang merupakan bagian bumi paling dalam tersusun atas lapisan Nife (Niccolum atau nikel dan ferrum atau besi). Sedangkan India mendekati Asia. Kerak Bumi o Bagian ini memiliki ketebalan 30–70 km. Lembah retak Afrika terbuka dan tergenang. 1. Greenland telah terpisah.800° C. Australia mendekati Asia. STRUKTUR BUMI Suess dan Wiechert mengadakan pembagian perlapisan bagian dalam Bumi sebagai berikut. sedangkan bagian bawah disebut sima karena sebagian besar terdiri atas zat-zat silisium dan magnesium. d. 2. yaitu kerak benua dan kerak samudra.200 km dan memiliki berat jenis 3. e. f. sementara Samudra Pasifik menciut.

o Ia menyatakan bahwa bumi semakin lama semakin susut dan mengerut disebabkan terjadinya proses pendinginan sehingga di bagian permukaannya terbentuk relief berupa gunung. o Ia menyatakan bahwa pada awalnya di bumi hanya ada satu benua maha besar disebut Pangea. Dua Benua : Laurasia-Gondwana d. Teori ini didukung oleh bukti-bukti berupa kesamaan garis pantai Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur. dan Amerika Selatan. o Bukti dari adanya kebenaran Teori Konveksi yaitu terdapatnya mid oceanic ridge. o Teori Laurasia-Gondwana kali pertama dikemukakan oleh Edward Zuess pada 1884. b. dan Pasific-Atlantic Ridge di permukaan bumi. dikemukakan bahwa di dalam bumi yang masih dalam keadaan panas dan berpijar terjadi arus konveksi ke arah lapisan kulit bumi yang berada di atasnya. Keduanya berpendapat bahwa bumi mengalami pengerutan karena terjadi proses pendinginan pada bagian dalam bumi yang mengakibatkan bagian permukaan bumi mengerut membentuk pegunungan dan lembah-lembah. dan Amerika Utara. Australia. Gerakan rotasi bumi yang sentripugal. Eropa. lembah. mengakibatkan pecahan benua tersebut bergerak ke arah barat menuju ekuator. o Teori Kontraksi didukung pula oleh James Dana (1847) dan Elie de Baumant (1852). Satu Benua : Pangea c. seperti mid Atlantic Ridge. Teori Pengapungan Benua (Continental Drift Theory) o Teori pengapungan benua dikemukakan oleh Alfred Wegener pada 1912. yaitu Laurasia di sekitar kutub utara dan Gondwana di sekitar kutub selatan bumi. Kedua benua tersebut kemudian bergerak perlahan ke arah equator bumi sehingga pada akhirnya terpecah-pecah menjadi benua-benua yang lebih kecil. Hess dan dikembangkan lebih lanjut oleh Robert Diesz. Teori Dua Benua (Laurasia-Gondwana Theory) o Teori ini menyatakan bahwa pada awalnya bumi terdiri atas dua benua yang sangat besar. serta adanya kesamaan batuan dan fosil di kedua daerah tersebut. Menurutnya benua tersebut kemudian terpecahpecah dan terus mengalami perubahan melalui pergerakan dasar laut. dan dataran. Artinya. Ketika arus konveksi yang membawa materi berupa lava sampai ke permukaan bumi di mid oceanic ridge (punggung tengah samudra). terdapat gerakan yang berasal dari mid . sedangkan Gondwana terpecah menjadi Afrika. Laurasia terpecah menjadi Asia. Teori Konveksi (Convection Theory) o Menurut Teori Konveksi yang dikemukakan oleh Arthur Holmes dan Harry H. umur batuan semakin tua. lava tersebut akan membeku membentuk lapisan kulit bumi yang baru sehingga menggeser dan menggantikan kulit bumi yang lebih tua. o Bukti lainnya didasarkan pada penelitian umur dasar laut yang membuktikan semakin jauh dari punggung tengah samudra.

Persamaan fosil beberapa benua o Berdasarkan arahnya. Zona atau tempat terjadinya tumbukan antara lempeng tektonik benua dan benua disebut zona konvergen. Contoh lainnya. seorang ahli meteorologi dan geologi dari Jerman dalam buku The Origin of Continents an Oceans (1915). Contohnya tumbukan antara lempeng India dan lempeng benua Eurasia yang menghasilkan terbentuknya pegunungan lipatan muda Himalaya dan merupakan pegunungan tertinggi di dunia dengan puncak tertingginya. contohnya.oceanic ridge ke arah yang berlawanan disebabkan oleh adanya arus konveksi dari lapisan di bawah kulit bumi. 1) Konvergen. Hingga kini teori ini telah berhasil menjelaskan berbagai peristiwa geologis. dan samudra. Ia juga mendapati kesamaan geologi dan kesamaan makhluk yang hidup di pantai seberang. disebut zona subduksi (subduction zone). seperti gempa bumi. Zona berupa jalur tumbukan antara lempeng benua dan lempeng dasar samudra. tumbukan antara lempeng benua Amerika dan lempeng dasar Gerakan lempeng menurut Teori Konveksi 2. Tumbukan antarlempeng tektonik dapat berupa tumbukan antara lempeng benua dan benua. Mount Everest. o Teori lempeng tektonik muncul setelah Alfred Lothar Wagener. Teori ini dibuktikan oleh pakar-pakar geologi dengan waktu hampir setengah abad dan diterima sejak tahun 1960-an. berdasarkan hasil pengamatannya beberapa bagian benua terdapat kesamaan bentuk pantai antara benua satu dengan lainnya. yaitu sebagai berikut. serta bagaimana terbentuknya gunung. tsunami. dan meletusnya gunung berapi. atau antara lempeng benua dan lempeng dasar samudra. o Berdasarkan Teori Lempeng Tektonik. Teori Lempeng Tektonik (Tectonic Plate Theory) o Teori Lempeng Tektonik dikemukakan oleh Tozo Wilson. yaitu gerakan saling bertumbukan antarlempeng tektonik. Arus Konveksi bumi selalu bergerak karena adanya pengaruh arus konveksi yang terjadi pada lapisan astenosfer dengan posisi berada di bawah lempeng tektonik kulit bumi. mengemukakan bahwa benua yang padat sebenarnya terapung dan bergerak di atas massa yang relatif lembek (continental drift). Selain itu. kulit bumi terdiri atas beberapa lempeng tektonik yang berada di atas lapisan astenosfer yang berwujud cair kental. o Inti dari teori lempeng tektonik adalah kerak Bumi sebetulnya terdiri atas lempengan-lempengan besar yang seolah mengapung dan bergerak pada lapisan inti Bumi yang lebih cair. benua. Teori ini juga membuktikan bahwa benuabenua selalu bergeser. Lempeng-lempeng tektonik pembentuk kulit Lempeng di permukaan bumi . gerakan lempenglempeng tektonik dapat dibedakan menjadi tiga jenis. tumbukan lempeng Italia dengan Eropa yang menghasilkan terbentuknya jalur Pegunungan Alpen. Pada bidang batas pertemuan akan terjadi palung laut atau lipatan.

Di wilayah ini umumnya rawan terhadap gempa bumi dan banyak ditemui gunung api Gerakan sesar mendatar 3. Sedangkan India mendekati Asia. Amerika Utara dan Eurasia merupakan bagian utara Pangaea dan disebut Laurasia. b. Kerak Bumi o Bagian ini memiliki ketebalan 30–70 km. dengan munculnya Samudra Atlantik Utara di antara Laurasia dan Gondwana. Samudra Atlantik terus melebar. Greenland telah terpisah. sedangkan bagian bawah disebut sima karena sebagian besar terdiri atas zat-zat silisium dan magnesium. Amerika Selatan dan Afrika telah menempuh jalan masing-masing. Lempeng bergerak saling menjauh ( berlawanan ). B. Australia mendekati Asia. Benua-benua tergabung dalam satu superbenua bernama Pangaea. Zona berupa jalur tempat berpisahnya lempeng-lempeng tektonik disebut zona divergen (zona sebar pisah). Saat Ini. tetapi akan terjadi patahan ( sesar ) Gerakan ini akan menimbulkan terjadi gempa tektonik . 35 Juta Tahun yang Lalu. Laut Merah melebar dan Teluk Persia lenyap. Gondwana sendiri pecah menjadi tiga bagian dan Laut Tethys menjadi lebih sempit. e. Prediksi 50 Juta Tahun yang Akan Datang. STRUKTUR BUMI Suess dan Wiechert mengadakan pembagian perlapisan bagian dalam Bumi sebagai berikut. contohnya gerakan saling menjauh antara lempeng Afrika dan Amerika bagian selatan. c. Amerika Selatan dan Afrika mulai terpisah sepanjang suatu retakan yang menjadi Samudra Atlantik Selatan. Amerika Utara dan Eropa masih berhubungan dengan Greenland. Benuabenua lain bergerombol di segmen selatan. Pada batas pergerakan akan terbentuk kerak bumi yang baru karena naiknya materi dari lapisan mantel ( magma ) ke permukaan bumi dan membeku sehingga membentuk punggung laut. India telah menabrak Asia. Konvergen : lempeng benua-lempeng benua Konvergen : lempeng benua-lempeng samudra 2) Divergen Divergen yaitu gerakan saling menjauh antarlempeng tektonik. 1. d. 5 Juta Tahun yang Lalu. India bergerak ke utara menuju Asia. yaitu gerakan saling bergesekan (berlawanan arah) antarlempeng tektonik.7 gram/cm3. 200 Juta Tahun yang Lalu. Terjadi pergeseran dua lempeng dengan arah yang berlawanan Pergersaran tidak menimbulkan penghilang atau pemunculan kerak bumi. terdiri atas batuan-batuan basa dan masam yang memiliki berat jenis kira-kira 2. Benua Pangaea mulai pecah. o Bagian atas dan bagian tengah kerak Bumi disebut lapisan sial karena sebagian besar terdiri atas zat-zat silisium dan aluminium.200 km dari San Francisco di utara sampai Los Angeles di selatan Amerika Serikat. Zona berupa jalur tempat bergesekan lempeng-lempeng tektonik disebut Zona Sesar Mendatar (zona transform). f.Samudra Pasifik yang menghasilkan terbentuknya Pegunungan Rocky dan Andes. Lembah retak Afrika terbuka dan tergenang. sementara Samudra Pasifik menciut. Di sebelah timur terdapat Laut Tethys. 3) Sesar Mendatar (Transform). sementara Australia telah berpindah ke utara dari Antartika. Contohnya gesekan antara lempeng Samudra Pasifik dan lempeng daratan Amerika Utara yang mengakibatkan terbentuknya Sesar San Andreas yang membentang sepanjang kurang lebih 1. yaitu Gondwana. Proses Perkembangan Muka Bumi a. 80 Juta Tahun yang Lalu. Sebuah retakan melebar antara Amerika Utara dan Eurasia dengan memperlebar Atlantik Utara.

yaitu sekitar 4. Struktur Bumi . Kerak benua memiliki ketebalan lebih besar dibandingkan dengan kerak samudra. kental. dan panas yang berpijar dengan suhu sekitar 3. o Lapisan ini sebagian besar merupakan sisik oksida dan sulfida.500 km. Inti Besi-Nikel atau Barysfera o Barisfer adalah lapisan inti bumi yang merupakan bagian bumi paling dalam tersusun atas lapisan Nife (Niccolum atau nikel dan ferrum atau besi). tersusun dari besi dan nikel yang bersifat cair. Tebal lapisan mencapai 2.800° C. akan tetapi tetap dalam keadaan padat dengan densitas sekitar 10 gram/cm3 .200 km dan memiliki berat jenis 3. 3.4–4 gram/cm3. 4. o Lapisan ini dapat pula dibedakan atas dua bagian.4 gram/cm3.9000 b) Inti Dalam (Inner Core) adalah inti bumi yang ada di lapisan dalam dengan ketebalan sekitar 2. yaitu kerak benua dan kerak samudra. Lapisan antara atau Chalkosfera o Lapisan ini memiliki ketebalan kira-kira 1.o Kerak Bumi dibagi menjadi dua.700 km dengan berat jenis kira-kira 6. 2. Inti dalam tersusun atas besi dan nikel pada suhu yang sangat tinggi.200 km. o Kerak Bumi dan selubung Bumi ini merupakan lapisan litosfer. yaitu : a) Inti Luar (Outer Core) adalah inti bumi yang ada di bagian luar. Selubung Bumi atau Sisik Silikat (Astenosfer) o Lapisan ini memiliki ketebalan kira-kira 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->