P. 1
PONDASI CAKAR AYAM

PONDASI CAKAR AYAM

|Views: 1,036|Likes:

More info:

Published by: Rafi Usman Opla-oplo on Dec 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Dalam mendirikan bangunan – bangunan gedung, jalan – jalan dan landasan pesawat terbang di Indonesia (juga di luar negeri) kita sering menjumpai keadaan – keadaan tanah yang menyulitkan, antara lain keadaan tanah yang terlalu lembek, sehingga tanpa cara-cara yang khusus kita tidak dapat membangun diatasnya. Cara-cara yang khusus ini biasanya mahal biayanya dan/atau memakan waktu yang tidak sedikit, misalnya mengadakan perbaikan tanah, membuat pondasi sumuran, pondasi caisson, pondasi tiang pancang dsb. Maka untuk mengatasi persoalan ini oleh Prof.Dr. Ir. Sedijatmo telah menemukan suatu cara yang relatif tidak mahal dan tidak memakan waktu, pembuatannyapun tidak sulit, dan tidak memerlukan alat-alat yang khusus dan tinggi harganya. Cara baru ini dinamakan oleh penemunya "Pondasi Cakar Ayam". B. RUMUSAN MASALAH a) Bagaimana proses ditemukannya pondasi cakar ayam? b) Apakah struktur pondasi cakar ayam itu? c) Apa saja kelebihan “pondasi cakar ayam” ini, terutama jika dibandingkan dengan konstruksi pondasi lain yang sebelumnya pernah ada? C. TUJUAN a) Mengetahui proses dan siapa penemu pondasi cakar ayam b) Memahami tentang struktur pondasi cakar ayam c) Memahami apa saja kelebihan pondasi cakar ayam jika di bandingkan dengan konstruksi pondasi lain yang sebelumnya pernah ada

1

karena masih bergantung pada beban bangunan yang harus dipikul oleh pondasi. tapi juga untuk membuat jalan dan landasan. Probema ini pernah dihadapi oleh Prof Dr Ir sedijatmo tahun 1961. ketika sabagai pejabat PLN harus mendirikan 7 menara listrik tegangantinggi di daerah rawa – rawa Ancol Jakarta.BAB II PEMBAHASAN A. seperti pondasi umpat/setempat. Meski begitu. Satu keuntungan lagi. pondasi cakar ayam tidak hanya cocok untuk mendirikan gedung. dan mencengkram tanah lembek secara meyakinkan. bila tanah keras terletak sangat dalam dan tanah permukaan tidak memiliki daya dukung tinggi. Pondasi System Cakar Ayam termasuk pondasi dangkal. maka cukup dipakai pondasi dangkal dan tidak diperlukan pondasi pile. sangat kecil dibanding dengan lebar 2 . maka dicarilah system baru untuk mengatasi masalah itu. System Pondasi Cakar Ayam Pondasi Cakar Ayam Untuk pekerjaan pondasi bangunan dikenal beberapa jenis podasi. sedangkan system pondasi konvensional sangat sukar diterapkan di rawa – rawa tersebut. masih kasar dengan dimensi 2. pondasi tiang pancang. Perletakan dasar pondasi pada tanah keras. pondasi dangkal. pondasi sumuran . hasil temuannya itu diberi mana system Pondasi Cakar Ayam. B. Oleh Ir Sedijatmo. Perhitungan yang dipakai saat itu (1961). tapi karena tekanan bangunan ke tanah dasar kecil. Bagi daerah yang bertanah lembek.5 kali lebih besar dibanding dengan system Pondasi Cakar Ayam yang diterapkan sekarang. sistem ini tidak memerlukan sistem drainase dan sambungan kembang susut. Misalnya. bukanlah persyaratan yang mutlak. Lahirlah ide Ir Sedijatmo untuk mendirikan menara di atas pondasi yang terdiri dari plat beton yang didukung oleh pipa – pipa beton d bawahnya. karena kedalaman dasar pondasi kurang dari 3 meter. Karena waktunya sangat mendesak. Menara tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan tetap kokoh berdiri di daerah Ancol yang sakarang menjadi kawasan industri. Menara ini untuk menyalurkan listrik dan pusat tenaga listrik di Tanjung Priok ke Gelanggang Olah Raga Senayan dimana akan diselenggarakan pesta olah raga Asian Games 1962. ternyata biayanya lebih murah dan waktunya lebih cepat daripada menggunakan tiang pancang biasa. Untuk menentukan type pondasi harus mempertimbangkan letak kedalaman tanah keras di site yang akan dibangun. Asal mula Pondasi Cakar Ayam Perlakuan yang seimbang antara beban dan kondisi tanah lembek perlu dipecahkan. Dengan susah payah dengan system pondasi konvensional 2 menara berhasil didirikan sedangkan sisa yang 5 lagi masih erbengkalai. Pipa dan plat itu melekat secara monolit (bersatu).

sedang pipa-buis beton bertulang berdiameter 120 cm. gedung. Sedijatmo (alm). Buis-buis beton ini gunanya untuk pengaku pelat. Tulisan-tulisan tentang pondasi Cakar Ayam memang telah banyak dibuat oleh Prof.pondasinya. Karena plat cakar ayam yang tipis (sekitar 10-20 cm) maka pondasi ini termasuk tipe pondasi yang fleksibel. Pemakaian jenis pondasi ini umumnya menggantung pada lapisan tanah permukaan. DR. Berdasarkan bentuknya yang melebar itu. Sedijatmo (alm) telah dipakai secara luas di Indonesia untuk berbagai keperluan seperti transmisi tegangan tinggi. pelat buis beton dan tanah yang terkurung di dalam pondasi bekerjasama. jalan tol dan jembatan. Pondasi Cakar Ayam ciptaan Prof. Namun sejauh ini tak ada yang tahu tentang apa sebenarnya pondasi Cakar Ayam itu. tebal 8 cm dan panjang berkisar 150-250 cm. menara. yaitu sebagai berikut : bh3 = η a3y dimana: b = diameter pipa h = tinggi pipa η = angka keamanan a = jarak pipa y = ƒ (q. berat satuan tanah dan 3 . Orang tidak tahu bagaimana merencanakannya. tapi tidak dijelaskan bagaimana cara mendesainnya. kecuali hanya dikatakan bahwa y adalah fungsi dari tekanan tanah. Bahkan rumus persamaan momen ditulis dalam bentuk tersamar. lapangan terbang. maka pondasi ini termasuk tipe pondasi rakit (raft foundation). C. menghitung stabilitas dan kekuatannya.α) Dalam rumus tersebut tidak dijelaskan berapa harga variable y. sehingga cara perancangan berbeda dengan pondasi rakit lainnya yang biasanya pelat pondasinya lebih kaku. Ir. Dalam mendukung beban bangunan. Struktur Pondasi Cakar Ayam Pondasi cakar ayam terdiri dari plat beton bertulang yang relatif tipis yang didukung oleh buis-buis beton bertulang yang dipasang vertikal dan disatukan secara monolit dengan plat beton pada jarak 200-250 cm. sehingga menciptakan suatu siatem komposit yang di dalam cara bekerjanya secara keseluruhan akan identik dengan pondasi rakit(ralft foundatin).γ. DR. hanggar. Tebal pelat beton berkisar antara 10-20 cm. Ir.

E. Momen lawan cakar dipengaruhi oleh dimensi cakar dan kondisi kepadatan (kuat geser) tanah disekitar cakar. yang menyebabkan pelat melendut secara bertahap sesuai dengan berjalannya waktu. maka akan menyebabkan tanah di sekitar cakar mengalami konsolidasi primer. Lendutan ini menyebabkan buis-buis cakar ayam berotasi. Rotasi cakar memobilisasi tekanan tanah lateral di belakang cakar-ayam dan merupakan momen yang melawan lendutan pelat. maka setelah unloading (kendaraan/beban lewat. Kecuali itu. maka tekanan pondasi pada tanah dasar yang lunak harus diperhitungkan terhadap penurunannya. Mekanisme System Podasi Cakar Ayam Dalam memikul beban dari hasil pengamatan adalahsebagaiberikut: Bila diatas pelat bekerja beban titik. Suryani Ismail mencoba menjabarkan rumus tersebut sehingga bisa dipakai untuk memahami cara kerja pondasi Cakar Ayam. 4 . dimana System Cakar Ayam terletak pada tanah asli atau pada tanah urugan yang tidak banyak mengakibatkan penurunan pondasi (yang umumnya tanah lunak) di bawahnya. cara mengurangi lendutan pelat. maka semakin besar momen lawan terhadap lendutan pelat yang dapat diperoleh. Dengan demikian. Untuk beban jangka pendek. semakin besar momen lawan cakar untuk melawan lendutan maka semakin besar reduksi lendutan. Jika System Cakar Ayam digunakan untuk mendukung beban statis dan permanen yang relatif berat.konstanta tekanan tanah. maka beban tersebut membuat pelat melendut. Kondisi Yang Cocok Untuk System Pondasi Cakar Ayam Berdasar riset terungkap bahwa sistem Cakar Ayam sangat cocok pada kondisi beban-beban berat yang bekerja pada jangka pendek (Short-term loading). H.yaitu semakin panjang (dan juga lebar) cakar. fungsi Cakar Ayam dalam mereduksi lendutan plat menjadi berkurang. Dalam buku ini Ir. D. Hasil pengamatan pada model menunjukkan riotasi cakar terbesar adalah pada cakar yang terletak di dekat beban. terutama penurunan konsolidasi. Bila dipakai untuk mendukung beban statis/permanen yang bekerja pada waktu lama (long term loading). lendutan pelat dan rotasi cakar juga dipengaruhi oleh konsolidasi sekunder (crep) yang juga akan menyebabkan efek yang sama. seperti roda pesawat atau beban roda kendaraan berat. Karena jika cakar secara permanen berotasi.

seyogyanya sebelum tanah dasar diurug (di mana Sistem Cakar Ayam bertumpu) maka harus dilakukan perbaikan tanah dahulu. hanya pada bahian tertentu dari jalan raya yang terletak pada timbunan yang tinggi dan terletak di atas tanah lunak.momen lawan oleh tekanan tanal lateral di sekitar Cakar Ayam akan mengembalikan posisi pelat ke kedudukannya semula. yang berguna mengurangi deformasi lateral tanah (dan bangunan) sekecil mungkin. Misalnyadengan preloading dan pemasangan drainase vertikal atau dengan metode lain. terutama penurunan pondasi ke tanah dasar. Di bagian pinggir. maka biaya total selama umur layanan yang dikehendaki manjadi lebih kecil. maka tanah pondasi mengalami penurunan konsolidasi. F. Bila System Cakar Ayam diletakkan di atas tanah urugan dan buis-buis Cakar Ayam hanya menggantung saja pada badan urugan. terutama penurunan yang tidak seragam (differential settlement). Dengan demikian. seperti menara listrik. seperti yang dilaporkan oleh Cakar Ayam Construction System and Application on Foundation for Structures and pavements oleh Ir. tapi karena free maintenance. untuk mereduksi penurunan yang tidak seragam itu. Jika aplikasi Pondasi Cakar Ayam pada bangunan gedung. pondasi diberi pagar betis berupa pagar cakar ayam yang lebih panjang daripada cakar sebelah dalam. menara air. agar tidak menimbulkan penurunan yang berlebihan.Hadmodjo. Karena sifatnya yang flexible. maka oleh karena urugan tersebut. maka hubungan kolom pelat Cakar Ayam umumnya dengan pengaku. agar tidak menimbulkan penurunan yang berlebihan.  Aplikasi Untuk Pondasi Bangunan Sistem Cakar Ayam telah digunakan untuk fondasi-fondasi bangunan. gedung. dan jembatan. Penurunan yang berlebihan pada bangunan dengan pondasi Cakar Ayam mungkin akibat analisa penurunan (penurunan konsolidasi umumnya) yang kurang akurat. harus diperhitungkan tekanan pondasi ke tanah dasar. Rianto P. bila menerapkan System Cakar Ayam di atas urugan yang tinggi. Kelebihan Pondasi Cakar Ayam Bila dipakai untuk perkerasan jalan raya. memberikan konstruksi jalan yang kuat dan awet. sehingga biaya pemeliharaan kecil. Karena itu. Walaupun biaya awal lebih mahal. Bagian yang dilakukan perbaikan tanah ini. Hal ini disebabkan System Cakar Ayam akan mengikuti penurunan tanah di bawahnya. pemakaian pondasi cakar ayam tidak harus menyeluruh di bagian jalan yang akan dibangun jalan raya. Fondasi Cakar Ayam dibangun seperti sistem fondasi rakit (raft foundation) yang luasannya 5 . Hal ini sudah dilakukan sejak penggunaan Pondasi Cakar Ayam contohnya pada Gedung Kantor Cipta Karya Surabaya.

Dengan fondasi sistem Cakar Ayam yang dipasang memenuhi dasar kaki-kaki menara. pada aplikasi untuk fondasi gedung. maka sistem perkerasan ini dapat meminimalkan penurunan tidak seragam. Sediyatmo Cengkareng yang terletak pada timbunan setinggi 3. sistem Cakar Ayam lebih kuat dan tahan lama. pada bagian ini pelat beton dibuat lebih tebal. maka tekanan menara ke tanah fondasi menjadi sangat kecil. Karena sistem Cakar Ayam merupakan sistem rakit yang relatif fleksibel. maka gaya-gaya lateral yang terjadi akan dilawan oleh interaksi pelat-cakar-tekanan tanah lateral di sekitar pipa-pipa.  Aplikasi Untuk Perkerasan Jalan Sistem Cakar Ayam sangat cocok digunakan sebagai perkerasan kaku (rigid pavement). masalah penurunan yang berlebihan dan tidak seragam harus menjadi perhatian. maka guna memperkecil penurunan tidak seragam di antara kolom-kolom dan geser pons yang besar pada pelat fondasi. 6 . sehingga bangunan tetap stabil. namun hingga sekarang perkerasan sistem Cakar Ayam masih dalam kondisi baik. Karena itu. Karena sistem Cakar Ayam tidak dapat mengatasi masalah penurunan. tarikan kawat. dan bila terjadi bebanbeban kejut seperti angin. bila dasar pipa-pipa Cakar Ayam tidak mencapai tanah keras. juga menjaga pelat tetap dalam kontak yang baik dengan tanah di bawahnya. dibatasi sampai gedung berlantai dua atau tiga. Dengan demikian. Sistem Cakar Ayam sangat cocok digunakan untuk fondasi menara listrik. sehingga menjaga kerataan permukaan jalan beton. sistem Cakar Ayam pada Jalan Tol Prof. karena pipa-pipa Cakar Ayam kecuali mengurangi lendutan pelat akibat beban. Sebagai contoh. Dibandingkan dengan perkerasan jalan beton konvensional. gempa yang bebannya bersifat sementara. Timbunan telah mengalami penurunan konsolidasi sekitar 100 cm.memenuhi atau bahkan lebih lebar dari lebar bangunannya sendiri untuk memperkecil tekanan bangunan ke tanah fondasi. aplikasi fondasi sistem Cakar Ayam untuk bangunan gedung di atas tanah lunak. cara kerja fondasi Cakar ayam dalam mendukung beban mirip dengan fondasi sumuran atau fondasi rakit. Bila perkerasan jalan dari sistem Cakar Ayam diletakkan di atas timbunan yang mengalami penurunan konsolidasi yang berlebihan.5 m.

7 . dimana mula – mula tanah tersebut tidak dapat dibangun pondasi karena adanya Pondasi Cakar Ayam dapat dibangunlah suatu bangunan yang beralaskan pondasi. Karena pengaruh beban yang dipikul oleh pondasi lama – kelamaan keadaan tanah dapat mengalami penurunan bersama dengan pondasi tersebut. Tetapi keadaan tanah stempat juga sangat berpengaruh terhadap berbagai macam bentuk pondasi.BAB III PENUTUP Kesimpulan Pondasi Cakar Ayam bisa di bilang pondasi yang sangat cocok untuk berbagai jenis tanah.

com/cakar_ayam. tanggal akses 09 Desember 2011.wordpress.jp/~rac/pub/kanigara/id/Home/sedijatmo.htm.com/2008/10/pondasi-cakar-ayam. tanggal akses 09 Desember 2011.45 WIB http://netsains.com/2010/02/mengenal-seluk-beluk-pondasi-cakar-ayam-bersamapakarnya/.15 WIB http://pondasicakarayam. jam 21. 09 Desember 2011.blogspot.html.html.share.ac.30 WIB 8 .eddysriyanto.DAFTAR PUSTAKA http://www. jam 21. jam 20.jaist.com/2009/06/22/pondasi-cakar-ayammenjabarkan-teori-prof-sedijatmo/. tanggal akses 09 Desember 2011.05 WIB http://www.30 WIB http://hamisatimuftia. jam 21. jam 20. tanggal akses 09 Desember 2011.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->