Epirogenesa Positif Epirogenesa Positif Adalah gerakan turunnya permukaanbumi sehingga seolaholahpermukaan laut naik.

Gerakan inidisebabkan karena tambahan beban.

Epirogenesa Negatif Epirogenesa Negatif Gerakan ke atas yang menyebabkannaiknya permukaan daratan sehinggaseolah-olah permukaan laut menjaditurun. Gerakan ini biasanyadisebabkan karena berkurangnyabeban lapisan kerak bumi.

Lipatan Lipatan terjadi jika terdapat tekanan horizontal maupun vertical pada kulit bumi yang bersifat liat (plastis), sehingga kulit bumi mengalami pengerutan. Hal ini dapat kita bandingkan seperti taplak meja yan ditekan secara horizontal pada satu sisi, sehingga terjadi pengerutan atau pelipatan.

1

lipatan miring c. 1 Patahan Mendatar 2 Patahan Normal 3 Patahan Membalik 2 . lipatan isoklin Patahan. baik secara vertical maupun horizontal terhadapstruktur batuan keras sehingga antara struktur lapisan yang satu dan yang lainnya jadi terpisah dan patah. terjadi akibat tenaga endogen yang relative cepat.a. Patahan. lipatan rebah d. lipatan menggantung e. lipatan tegak b.

para ahli gunung berapi lebih memilih menggunakan istilah stratovolcano untuk membedakannya dari gunung berapi karena semua gunung berapi dari bentuk apapun memiliki struktur gabungan (berlapis) — yakni terbentuk dari penumpahan berangkai material eruptif. juga dikenal sebagai gunung berapi komposit.Macam Macam Gunung Api 1. ialah pegunungan (gunung berapi) yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras. Lava seperti itu dikelompokkan asam karena tingginya konsentrasi silikat. stratovolcano Stratovolcano. Sering tercipta oleh subduksi lempeng tektonik. memberinya dasar kuat dan dengan hati-hati raut yang melandai. yang terbentuk dari lava yang kurang kental. Banyak stratovolcano yang melampaui ketinggian 2500 m. Di ujung lain spektrum itu ialah gunung berapi pelindung (seperti Mauna Loa di Hawaii). dan begitu dingin serta mengeras sebelum menyebar jauh. Bentuk gunung berapi itu secara khas curam tampaknya karena aliran lava yang membentuk gunung berapi itu amat kental. Meski stratovolcano kadang-kadang disebut gunung berapi gabungan. 3 .

dan Caldera de Taburiente di La Palma. Gunung api perisai 4 . seorang ahli geologi Jerman Leopold van Buch mengunjungi kaldera Las Cañadas dari Teide di Tenerife. Kata "kaldera" berasal dari bahasa Spanyol. Contoh di Indonesia adalah danau Toba yang berawal dari letusan gunung purba. ia memperkenalkan istilah caldera kedalam perbendaharaan kata geologi.2. yang artinya wajan. Kaldera sering tertukar dengan kawah vulkanik. Ketika catatannya dipublikasikan. Pada tahun 1815. keduanya di Kepulauan Canaria. Kaldera Kaldera adalah fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. 3.

Contohnya. 5. Renggang Lempeng tektonik secara literal mengambang pada mantel bumi membentuk kerak. Rangkaian Kepulauan Hawaii memiliki gunung tipe ini.Gunung api perisai tak memiliki lereng curam seperti stratovolcano. namun di wilayah lain akan saling menjauh. 4. Gunung api perisai umumnya terbentuk bersama dengan retakan di titik panas kerak bumi. Gunung api Campuran Ketika banyak ventilasi mencapai permukaan. sementara ventilasi lainnya menciptakan stratovolcano. Gunung api ini terbentuk dari aliran lava di sepanjang retakan di bumi. Lempeng ini saling mendorong di beberapa wilayah. Area di mana tektonik saling menjauh disebut gunung api renggang. Renggangan dapat membentuk retakan sepanjang permukaan bumi. termasuk gunung Mauna Loa dan Kilauea. Area renggangan dominan terjadi di 5 . Struktur gunung ini terbentuk pada waktu yang berbeda-beda. Gunung api ini diklasifikasikan dalam gunung api campuran. Ventilasi yang ada berhubungan dengan gunung renggang di sepanjang permukaan bumi. gunung api memiliki banyak karakteristik. letusan pada satu ventilasi menciptakan perisai atau kerucur. Gunung Pacaya di Guatemala memiliki beberapa puncak dan pada setiap bentuknya memiliki stratovolcano dan kerucut. Serangkaian gunung api di sepanjang retakan memiliki perisai dan struktur kerucut abu.

7. Gunung Paricutin di Mexico merupakan kerucut sinder. Paricutin muncul pada Februari 1943. Kerucut Tuff terbentuk dari letusan gunung yang mengeluarkan abu dan batu apung. Gunung 6 . Kerucut Sinder dan Tuff Kerucut sinder terbentuk ketika scoria (lava ) keluar selama letusan. dan mendingin saat keluar dari ventilasi. Scoria biasanya berpori dan ringan. Gunung Meja Gunung ini merupakan hasil letusan gunung di bawah gletser. Contoh klasik gunung meja adalah Herdubreid di Islandia.dasar laut Mid Atlantic Ridge.5 meter) tercipta dan letusan terus berlanjut. Sepanjang pegunungan ini. Gunung tipe ini banyak dijumpai di Islandia. Gunung ini terbentuk dari lava dan gas menghasilkan gunung dengan bentuk hampir seperti kubus. Gunung ini pernah meletus 10 ribu tahun silam ketika terjadi retakan di bawah es. Dalam hitungan hari. kerucut sinder setinggi 100 kaki (30. 6. lava didorong keluar menciptakan pegunungan di bawah Samudera Atlantik.

Batuan yang mengelilingi pluton disebut country rock. Pergesekan antara 2 lempeng menimbulkan panas dan mampu melelehkan batuan yang kemudian lelehan batuan tersebut menjadi dapur magma. sebuah intrusi adalah sebuah batuan beku yang telah menjadi kristal dari sebuah magma yang meleleh di bawah permukaan Bumi. sebagai akibat penurunan suhu yang sangat lambat. batolit adalah intrusi magma yang berada dekat dengan dapur magma. yang diantaranya : a) Batolit Batolit adalah batuan beku yang terbentuk di dalam dapur magma. Dia berlawanan dengan batuan ekstrusif. 7 . Magma dengan temperature yang tinggi dan tekanan tinggi pula akan selalu menuju ke tekanan yang lebih rendah yaitu di permukaan bumi. Magma yang membeku di bawah tanah sebelum mereka mencapai permukaan bumi dinamakan pluton. Macam-macam intrusi tampak seperti pada gambar. Ekstrusi adalah proses keluarnya magma dari dapur magma hingga ke permukaan bumi. Maka dari itu usaha magma untuk keluar atau menuju ke tekanan yang lebih rendah dikenal dengan ekstrusi dan intrusi. Intrusi adalah proses terobosan magma ke dalam lapisan kulit bumi (litosfer) tetapi tidak sampai keluar dari permukaan bumi. Atau dengan kata lain. Dewa Romawi dunia bawah tanah.300 kaki (396 m) pun terbentuk.terus meletus hingga 1952. Batuan dari jenis ini juga disebut sebagai batuan beku plutonik atau batuan beku intrusif. Atau dengan kata lain. Menurut jenisnya intrusi terbagi menjadi beberapa macam intrusi yang terjadi di bawah permukaan bumi. Namun intrusi magma menyebabkan permukaan cembung akibat pengangkatan lapisan kerak bumi. dari nama Pluto. gunung baru setinggi 1. Intrusi magma juga menyebabkan berbagai bentuk penampang Gunung api. Bentuk Intrusi Magma Telah kita ketahui bersama bahwa magma terbentuk di litosfer yang berasal dari pergesekan antara 2 lempeng dalam zona subduksi. Pada gambar diatas tergambar pada angka 1 yang menunjukkan posisi terbentuknya batuan beku akibat dari intrusi yang disebut batolit. ketika letusan reda. Dalam geologi.

f) Apolisa Apolisa adalah semacam cabang dari intrusi gang namun lebih kecil atau percabangan magma yang ukurannya kecil atau sering disebut juga urat-urat magma. e) Intrusi korok Intrusi korok atau gang adalah batuan hasil intrusi magma memotong lapisan-lapisan litosfer dengan bentuk pipih atau lempeng. Sedangkan apabila intrusi korok adalah batuan beku yang terbentuk dari intrusi magma yang berbentuk pipih yang posisinya memotong antar lapisan batuan. c) Sill Sill adalah lapisan magma yang tipis menyusup di antara lapisan batuan. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan angka 2. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan angka 3.b) Lakolit Lakolit adalah magma yang menyusup di antara lapisan batuan yang menyebabkan lapisan batuan di atasnya terangkat sehingga menyerupai lensa cembung. Dan perbedaan antara intrusi korok dengan sill adalah apabila sill batuan beku diantara 2 lapisan batuan. berbentuk silinder. mulai dari dapur magma sampai ke permukaan bumi. Pada gambar diatas ditunjukkan dengan angka 4. sementara permukaan atasnya tetap rata. d) Diaterma Diatrema adalah batuan yang mengisi pipa letusan. 8 .

seismograf terdiri dari gantungan pemberat dan ujung lancip seperti pensil. proses terjadinya gempa Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.Seismograf Seismograf adalah sebuah perangkat yang mengukur dan mencatat gempa bumi. Gempa bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. 9 . Frekuensi suatu wilayah. Dengan begitu. Pada prinsipnya. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). mengacu pada jenis dan ukuran gempa bumi yang di alami selama periode waktu. dapat diketahui kekuatan dan arah gempa lewat gambaran gerakan bumi yang dicatat dalam bentuk seismogram. moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa bumi terjadi untuk seluruh dunia.skala rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude.

B. yaitu batuan beku dalam (contohnya batu granit). dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Contohnya kapur (kalsit) berubah menjadi marmer.0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011). Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan. Gempa bumi besar terakhir besarnya 9. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas. A. C. Batuan Beku Ada dua macam batuan beku. yaitu batuan sedimen klastik. Sedimen klastik berupa campuran hancuran batuan beku. atau batuan kuarsa menjadi kuarsit. Gempa bumi terbesar bersejarah besarnya telahvlebih dari 9. 10 . Batuan sedimen Ada beberapa macam batuan sedimen. contohnya breksi. meskipun tidak ada batasan besarnya. contohnya batu kapur dan batu giok. dan batuan beku luar (contohnya batu andesit.) Untuk Mengetahui ketepatan batuan jenis batuan harus dilakukan uji laboratorium dengan menggunakan mikroskop untuk melihat bentuk kristal batuanya. Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut contohnya batu gamping dan koral. konglomerat dan batu pasir. tergantung pada kedalaman gempa.Kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. sedimen kimiawi dan sedimen organic. Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang berubah bentuk.0 atau lebih besar adalah 9. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful