Microsoft Access

MS ACESS IS APLICATION FROM MS OFFICE PRODUCTION Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

Sejarah Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte. Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang

dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar. Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat formantarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat formyang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA). Versi

Tanggal Nama versi

Nomor versi

Sistem operasi yang didukung

Versi Microsoft Office

1992

Microsoft Access 1.1

1

Microsoft Windows

T/A

1993

Microsoft Access 2.0

2

Microsoft Windows

Microsoft Office 4.3 Professional

Microsoft 1995 Access for Windows 95 7

Microsoft Windows 95 dan Windows NT 3.51

Microsoft Office 95 Professional

1997

Microsoft Access 97

8

Microsoft Windows 95/98 dan Windows NT 3.51/NT 4.0

Microsoft Office 97 Professional

0/2000 Microsoft Office 2000 Premium dan Office 2000 Professional 2001 Microsoft Access 2002 10 Microsoft Windows 98/Me.1999 Microsoft Access 2000 9 Microsoft Windows 98/Me. Windows NT/2000/XP Microsoft Office XP Professional 2003 Microsoft Access 2003 Microsoft Windows 2000 (Service 11 Pack 3 ke atas)/XP (Service Pack 1 ke atas)/Server 2003 Microsoft Office System 2003 2007 Microsoft Access 2007 Microsoft Windows XP (Service Pack 12 2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas) Microsoft Office System 2007 Microsoft Windows XP (Service Pack Microsoft Access 2010 3)/Windows Server 2003 R2(3214 bit)/Windows Server 2008(32-bit atau 64-bit)/Windows Vista (Service Pack 1)/Windows 7 Microsoft Office Professional 2010 2010 . Windows NT 4.

seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access). dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC. Microsoft SQL Server. dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Meskipun demikian. mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Fitur Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Meskipun demikian. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). tampilan muka Access (form. report. . dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya.Penggunaan Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah. dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Oracle Database. penggunaan Access kurang disarankan. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek. query. khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar. Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool). query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL.

.MDB). adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dantrigger. dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure. meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server. dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (passthrough dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya. ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. report. fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*. selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut.0. ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter. dan modul. macro. seperti halnya trigger. sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut. dengan menggunakan ADP. stored procedure. view. Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya. Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit. dan UDF). yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form. yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000.Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000. dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine. Meskipun demikian. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data. Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Sehingga. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.

form. Untuk membuat Query. Dua buah pustaka komponenComponent Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan. dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid. dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*. yakni Data Access Object (DAO). yang hanya terdapat di dalam Access 97. Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA). kueri. para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query.Pengembangan dengan Access Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data.MDB). Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan. Join juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL. . dan ActiveX Data Objects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru. Access menggunakan Query Design Grid. DI dalam Query Design Grid. seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office.

Report digunakan untuk membuat laporan e. Table digunakan untuk menyimpan data b. Di Microsoft Access ada bagian-bagian apa. Form digunakan untuk frontend aplikasi. Contohnya data barang disimpan di table barang Kenapa kita harus buat table ? Karena kalau kita tidak buat table kita tidak dapat menyimpan data. Switchboard digun Table Apa itu Table? Table adalah tempat untuk menyimpan data. Biasanya untuk menampilkan data. Misalnya Program untuk Kasir di koperasi. menambah data dll. f. Microsoft Access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. a. Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasiaplikasi yang kecil. Jika tidak ada data yang disimpan data tidak dapat diproses. Query digunakan untuk memanipulasi data c. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi. . penjualan untuk toko. d.KEGUNAAN MICROSOFT ACCESS Untuk Apa kita belajar microsoft Access.

Dapat melakukan operasi perhitungan. pada jendela table ketikan field-field table beserta tipe datanya. 4.dan Form. Menampilkan data-data tertentu pada suatu table. c. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja.Langkah membuat Table 1. ataupun berdasarkan pada query yang telah ada. Contohnya kita ingin melihat Nomor Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. atau pada dua/lebih tabel. untuk mengolah data dalam tabel(tabel) menjadi satu informasi yang bisa dimengerti. Query. . contohnya kita hanya ingin melihat data pada table barang yang kode barangnya “B001” b. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report. Pada jendela database klik Table. 2. Itulah tiga fungsi utama query. Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr table itu ada field yang berhubungan. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh customer yang dimiliki. Query Query adalah 'permintaan data' kita berupa bahasa bisnis. Manfaat Query ? Dengan Query kita dapat : a. klik dua kali create table in design view 3. Pilih File �� Save. Di sini kita mengambil data dari table Header Penjualan dan Table Karyawan. tutup table untuk membuat table-table lainnya. Sebagai penghubungnya adalah field NIK. 5.

form dalam access bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form. Bagaiamana Cara Membuat ? Report dapat dibuat dengan dua cara yaitu maual dan wizards. Dengan Report kapanpun Laporan dibutuhkan maka dengancepat kita dapat menyediakannya. Pada Jendela Database klik Report. Sumber data sebuah report bisa dari table atau dari Query. akan tampil design report stru . Cara yang terbaik adalah dengan membuat Laporan Penjualan tersebut dengan menggunakan Report. anda tinggal mengikuti langkah-langkah pembuatannya. Sebelum kita buat reportnya terlebih dulu kita buat sumberdata untuk report ini. Pada tutorial terdapat beberapa contoh pembutan report. tentunya anda akan segera menyiapkannya anda bisa mencetak table penjualan sebagai laporan tetapi hasil cetakannya tidak seperti laporan yang diinginkan. tombol.Form Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid. Simpan dengan nama qry_Struk 2. Klik New. dan lain-lain kontrol windows. Klik Finish. Untuk keperluan ini kita akan membuat Query Struk. seperti halnya form. Berikut Design untuk Query Struk.. Pembuatan Report Report Struk Penjualan digunakan untuk mencetak struk barang-barang yang dibeli karyawan. Mengapa kita perlu membuat Report ?. biasanya jika bekerja dalam transaksi master-detail. Report Report. muncul jendela Report Wizard Klik dua kali No_Fak untuk menghasilkan gambar. digunakan untuk merepresentasikan hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran kertas. Jika Atasan Anda meminta laporan penjualan kepada anda. 1.

dan Microsoft PowerPoint. tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007. . Caranya : . Microsoft SQL Server. Microsoft Excel. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Pada Access kita dapat membuat menu utama dengan memakai SwitchBoard. selain tentunya Microsoft Word.Pada menu bar Pilih Tools �� Database Utilities �� Switchboard Manager . Access juga mendukung teknik-teknik pemograman berorientasi objek.SwitchBoard Semua Form dan Report telah selesai. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Microsoft acces Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks.Akan muncul message box switchboard klik Yes . atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Oracle Database. sekarang kita buat Menu Utamanya.Pada Jendela Switchboard Manager klik Edit lalu klik New Kelebihan dan Kekurangan Microsoft acces A. Microsoft Jet Database Engine.

44 megabyte. dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar. memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte).0 pada tahun 1993. Memory : 4 MB (6 MB lebih disarankan) HD : 8 MB ( 14 MB lebih disarankan) Versi 2.0 adalah: OS : Microsoft Windows 3. Proyek ini dinamakan dengan Thunder.0. Sebagai contoh.0 dari Microsoft Access 7 buah floppy disc 3½ inci berukuran 1. Sejarah Microsoft Acces Microsoft merilis Microsoft Access 1. sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby.0 pada November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.A. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah. . Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA). Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic.

51 Microsoft Access 97 : 1997 Versi 8 (Mic.0/2000 Microsoft Access 2002 : 2001 Versi 10 (Mic Office XP Professional) Mendukung Win 98/Me.0 Microsoft Access 2000 : 1999 Versi 9 (Mic Office 2000 Premium/Professional) Mendukung Win 98/Me dan NT 4. Win NT/2000/XP Microsoft Access 2003 : 2003 Versi 11 (Microsoft Office System 2003) Mendukung Win 2000 (SP3 ke atas)/XP(SP1 ke atas) Server 2003 Microsof Office 2007 : 2007 Versi 12 ( Mic Office System 2007) Mendukung XP(SP2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas) .2 : 1993 Versi 2 ( Microsoft Office 4. Office 97 Professional) Mendukung Win 95/98 dan NT3.51/NT 4.3 Professional) Mendukung Microsoft Windows Microsoft Access for Windows 95 : 1995 Versi 7 (Microsoft Office 95 Professional) Mendukung Win 95 dan NT 3.1 : 1992 Versi 1 (T/A) Mendukung Microsoft Windows Microsoft access 2.Versi Microsoft access 1.

query. Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat clien/server. mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access). di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar. . dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Acces Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah. dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC. Meskipun demikian. Penggunaan Ms. dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya. C. Penggunaan Access kurang disarankan. dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Oracle Database. report. tampilan muka Access (form. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek. query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL. khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool). Fitur Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahsa pemograman Sructured Query Language(SQL). Microsoft SQL Server.B.

adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan trigger. Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4. Meskipun demikian.MDB). yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000. dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine. stored procedure. dan modul. Tidak seperti sebuah system menajemen basis data relasional yang komplit. fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*. dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya. report. macro. yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah form. selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut. ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure. ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap table basis data. sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut. karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server.Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000. seperti halnya trigger. . Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure.0. dengan menggunakan ADP. view. Sehingga. dan UDF).

Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek. .D.MDB). E. form. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office. yang hanya terdapat di dalam Access 97. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. dan ActiveX Data Objects (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru. Join juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan. Microsoft SQL Server. yang digunakan untuk menangani pembuatan dan Manipulasi data dan juga di gunakan sebagai basis data untuk aplikasi web dasar. Pengembangan Dengan Access Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data. Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA). Access menggunakan Query Design Grid. Dua buah pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses basis data pun disediakan. seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Microsoft Excel. para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query. yakni Data Access Object (DAO). dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*. atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. Microsoft Jet Database Engine. Oracle Database. Kelebihan dan Kekurangan MS. DI dalam Query Design Grid. dan Microsoft PowerPoint. Untuk membuat Query. dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam grid.Acces Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemograman SQL. selain tentunya Microsoft Word. kueri.

Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek. form. . 2009 Memasukkan Records(Arsip) Untuk memasukkan arsip baru ke tabel dalam tampilan datasheet dengan mengetik dalam arsip disamping tanda asterisk (*) yang bertanda itu arsip baru.Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah. dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*. 2009 Kamis. kueri. Anda bisa juga mengklik tombol arsip baru pada bawah datasheet untuk menskip ke akhir arsip kosong. akan tetapi penggunaan Access kurang disarankan. Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Access menggunakan Query Design Grid. Mengoperasikan Microsoft Access Diposkan oleh Nova Indrianidi Kamis.MDB). Januari 08. mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Untuk membuat Query. Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications (VBA). sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL. Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data. seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Januari 08.

selanjutnya. Sebelumnya. pertama. mereka bisa juga dengan cepat memasukkannya dalam datasheet view. Lebar kolom bisa diubah dalam beberapa cara dengan mendrag ukuran baris antara kolom. Klik . dan akhir tombol arsip pada bawah datasheet membantu dalam manuver datasheet. Gunakan panah untuk memindahkan arsip.Mengedit Records Untuk mengedit arsip.. Menghapus Records Menghapus arsip pada dataseheet dengan menempatkan kursor dalam baris dan pilih Edit|Delete Record dari menu bar atau klik tombol Delete Record pada datasheet toolbar. Memasukkan dan Menghapus Kolom Walaupun yang terbaik adalah membuat field baru (tampilan kolom dalam datasheet) pada design view karena banyak pilihan disediakan. Dengan mengubah tinggi satu baris. Sorot kolom yang merupakan kolom baru yang ditampilkan ke sebelah kiri dengan mengklik label di atas datasheet dan pilih Insert|Column dari menu bar. Mengubah ukuran Baris dan Kolom Tinggi baris dalam datasheet bisa diubah dengan mendrag garis abu antara label baris diatas dan bawah dengan mouse. Memasukkan kolom bisa juga dengan menghapus dengan menempatkan kursor dalam kolom dan memilih Edit|Delete Column dari menu bar. mudah saja tempatkan kursor dalam arsip yang akan diedit dan buat perubahan yang penting. tinggi semua baris dalam datasheet akan berubah menjadi value yang baru.

ganda pada baris untuk mendapatkan kolom otomatis cocok untuk value yang panjang dari kolom. Tidak seperti baris. . Ceklist kotak disaming semua field yang ingin ditampilkan pada tabel data dan klik tombol Close. Freeze kolom dengan cara menempatkan kursor pada suatu arsip dalam kolom lalu pilih Format|Freeze Columns dari menu bar. . kolom pada datasheet bisa berbeda lebarnya. Ukuran nya bisa diubah dengan memilih Format|Row Height atau Format|Column Width dari menu bar. Ini membantu jika datasheet memiliki banyak kolom dan data relevan akan tidak tampak dilayar pada saat bersamaan. tempatkan kursor pada sembarang arsip dalam kolom atau sorot beberapa kolom yang bersebelahan dengan mengklik dan mendrag mouse sepanjang kolom header. dan pilih Format|Hide Columns dari menu bar Untuk menampilkan kolom yang disembunyikan. Menyembunyikan Kolom Kolom bisa juga disembunyikan dari tampilan dalam datasheet walaupun mereka tidak akan dihapus dalam database. Untuk menyembunyikan kolom. Jendela akan menampilkan semua field dalam tabel daftar dengan daftar kotak disamping masing-masing nama field. Pilih option yang sama untuk menghilangkan freeze kolom atau pilih Format|Unfreeze All Columns. Kolom pada tabel Access table bisa dibekukan (Freezing). pilih Format|Unhide Columns dari menu bar. Freezing Columns Sama seperti dalam Excel.

terus klik Find Next sampai anda mencapai arsip yang benar.. klik tombol Find Next. Dari Look In: menu panah kebawah.Mencari Data dalam tabel Data dalam datasheet bisa dengan cepat ditemukan lokasinya dengan menggunakan perintah Find 1.). Mengganti Fungsi Replace mengijinkan anda untuk secara cepat mengganti data tunggal denan value baru atau mengganti semua kejadian dalam tabel 1. 6.. 4. Buka tabel dalam tampilan datasheet. dari menu bar (atau klik Replace tab jika menemukan jendela telah terbuka. 5. 2.. Pilih kriteria yang sesuai dari Match: dan klik tombol >> untuk menambahkan parameter pencarian. Masukkan nilai kriteria value dalam kotak Find What: . gambarkan area pencarian dengan memilih keseluruh tabel atau hanya field dalam tabel yang tempat anda meletakkan kursor dalam langkah ke 2. Pilih Edit|Replace. Jika lebih dari satu arsip menemukan kriteria. Ketika semua kriteria pencarian diset.. dari menu bar 3. . Tempatkan kursor dalam suatu arsip dalam field yang ingin dicari dan pilih Edit|Find.

Siapa yang tahu mengapa Microsoft Access dibuat? Secara tepat penulis tidak tahu tetapi kita dapat melihat dari namanya saja. Klik Replace All untuk mengganti semua data dalam satu langkah. Ikuti langkah prosedur pencarian data untuk mengganti dan mengetik nilai baru dari data dalam kotak Replace With:. Bila target pengguna aplikasi adalah perusahaan atau institusi di mana orang-orangnya tidak terlalu menguasai IT maka database Microsoft Access sebagai back-end adalah pilihan yang lebih tepat.Microsoft Office.2.sebagai aplikasi client server. Jadi kalau anda ingin membuat program “3D Game” atau program yang mengontrol “hardware” maka memilih Microsoft Access adalah pilihan yang salah.sebagai aplikasi file server. Tetapi jika kita ingin membuat aplikasi database dengan banyak pengguna dan jumlah data yang besar. Namun jika anda ingin membuat aplikasi database dan ingin memanfaatkan objek-objek Microsoft Office yang kaya maka Microsoft Access adalah pilihan yang tepat. 3. dan database itu akan diletakkan dalam komputer server yang mempunyai konfigurasi mesin yang cepat maka Microsoft Access sebagai front-end dan Microsoft SQL Server dapat digunakan untuk maksud tersebut . Dengan tidak mempertimbangkan philosophy Microsoft Access dan dua sifat Microsoft Access maka perdebatan atau diskusi tentang Microsoft Access akan mengarah kepada diskusi yang kurang tepat. Dan yang lebih penting lagi adalah target pengguna aplikasi anda. Microsoft Access database dan dalam kategori mana Microsoft Access database dimasukkan. Klik tombol Find Next dan tombol Replace untuk membuat pergantian tunggal. . apakah Microsoft Access back-end atau Microsoft Access sebagai Front-end? Jika yang akan dibuat adalah aplikasi database sederhana dengan sedikit pengguna dan jumlah data yang tidak terlalu banyak maka kita dapat menggunakan Microsoft Access sebagai front-end dan back-end sekaligus . Sekarang pertanyaannya adalah Microsoft Access yang mana yang akan digunakan untuk aplikasi database.

profesor di universitas yang hanya menggunakan Microsoft Access untuk kepentingan tugas atau pribadi yang tidak mungkin terdeteksi satu persatu.      Microsoft Access tidak banyak digunakan. Kenyataannya adalah Microsoft Access database adalah RDBMS yang paling populer di muka bumi yang pemakainya berjuta-juta orang. mahasiswa-mahasiswi. apakah yang paling disukainya. Anak-anak akan mengatakan bahwa mereka suka mainan. Tepatnya berapa tidak ada yang bisa tahu karena banyak sekali mereka-mereka seperti bos di atas. Sebelum kita masuk pada ulasan-ulasan ini ada baiknya kita harus mengingat dua hal yang penting di atas yaitu: Philosophy dan dua sifat Microsoft Access. Apakah Benar Microsoft Access Tidak Banyak Digunakan? Yang mengatakan ini pasti tidak pernah melihat diskusi di situs-situs internet seperti MSDN. Orang-orang teoritis ini suka sekali pada hal-hal yang ruwet . Sukses kecil dari awal akan memberikan motivasi yang luar biasa untuk belajar. Apa salahnya dengan hal-hal yang menyenangkan dalam pekerjaan? Microsoft Access adalah alat yang menyenangkan karena mudahnya pembelajar awal untuk membuat sesuatu yang berguna. Microsoft Access adalah mainan/“toy”. siswa-siswi. Google dan lain sebagainya. Kritik ini dapat dipastikan dari orang-orang yang menyukai hal-hal teoritis dan tidak mengerti alasan dibuatnya Microsoft Access. Microsoft Access tidak berkembang. Microsoft Access tidak bisa membuat komponen komponen. Microsoft Access adalah Mainan/“Toy” Tanya seorang anak kecil. maka sudah saatnya kita mengulas pendapat tentang Microsoft Access yang ada dalam banyak forum termasuk di dalam forum atau blog MSDN. Demikian pula orang dewasa suka sekali pada hal yang menyenangkan.Perdebatan tentang Microsoft Access Setelah ulasan-ulasan singkat pada bagian sebelumnya untuk memberikan sedikit latar belakang teori. Aplikasi Microsoft Access adalah aplikasi yang hanya cocok untuk prototipe.

Lihat bagian lampiran Database Specifications yang penulis ambil dari dokumentasi Help Microsoft Access 2007 yang memang tidak banyak perubahan. OOP dan VB hanya mainan bagi pengembang pemula. Pertanyaannya adalah untuk apa dan mengapa? Banyak keluhan bersumber karena lemahnya mereka pada teori desain database sehingga mereka memerlukan banyak sekali tabel untuk aplikasinya yang semestinya bisa berkurang lebih dari 50 persen dari yang seharusnya. Microsoft Access Tidak Berkembang Ini keluhan dari pengembang profesional Microsoft Access yang ditemukan di blog MSDN. . yang dirancang bagi mereka yang tidak bisa mengatasi C++” Penulis setuju dengan kritikan Dan Appleman. Bila yang dimaksud adalah Microsoft Access sebagai back-end maka hal ini ada benarnya. VB bukan bahasa berorientasi objek yang benar. Harap diingat yang dimaksud VB dalam komentarnya adalah VB 6 atau sebelumnya.istilah itu adalah untuk menyatakan pembuatan class dari class sampai beberapa kali. “Saya pikir pengembang VB merasa terintimidasi oleh pengembang C++.dan tidak mempertimbangkan kecepatan dalam pengembangan. Ada pendapat menarik dari Dan Appleman dalam bukunya “Moving to VB NET” halaman 61 yang yang mengkritik programmer yang terlalu teoritis. Kemungkinan besar bos itu sama sekali tidak mengerti istilah yang dimaksud. Namun sayangnya karena tidak memberikan keterangan Microsoft Access yang mana maka keluhan ini bisa mengarah pada hal yang tidak tepat. Kebalikannya. yang mempunyai kecenderungan untuk menaikkan hidungnya dan berkata. Tetapi itu tidak masalah karena C++ adalah bahasa yang modern. elegan. profesional. Bahasa berorientasi objek mempunyai sifat „Inheritance‟ – yang mana pengembang dalam bahasa VB dapat menyelesaikan kode yang sama banyak dalam satu jam sedangkan pengembang C++ menyelesaikannya dalam satu minggu. pimpinan perusahaan seperti di atas sangat menghargai kecepatan dan waktu dan tidak peduli bila Microsoft Access “heavily sub classing”.

Penulis lebih memilih menghilangkan Access back end. Jadi aplikasi Microsoft Access . koneksi ke SharePoint dan tampilan terbarunya dengan UI Ribbon. Kalau penulis itu merubah kalimatnya dengan “Microsoft Access cocok untuk membuat prototipe” maka penulis setuju tetapi Microsoft Access tidak hanya cocok untuk membuat prototipe. mana yang anda pilih. Aplikasi Microsoft Access adalah Aplikasi yang Hanya Cocok untuk Prototipe Saya pernah membaca buku yang mengatakan bahwa Microsoft Access hanya cocok untuk membuat prototipe aplikasi. Dan bila diperlukan untuk membuat dll maka kita bisa membuatnya dengan aplikasi VB6 atau sebelumnya. Alasan utama mengapa penulis tidak pernah membuat dll dengan teknologi NET adalah karena keharusan mempunyai NET Framework bila pengguna menggunakan aplikasi Microsoft Access yang kami buat. Microsoft Access adalah alat pengembangan database yang handal yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi database desktop ataupun untuk membuat aplikasi client server dengan Microsoft SQL server sebagai back-end nya. Secara pribadi penulis sependapat dengan perkembangan yang terjadi dengan Microsoft Access. Penulis mengharapkan SQL server Express ini dapat terus dikembangkan dan disederhanakan. Ini juga mungkin akan mengejutkan anda. Microsoft Access Tidak Bisa Membuat Komponen-Komponen Jika yang dimaksud dengan membuat dll (Dynamic Linking Library) maka ada benarnya pendapat tersebut tetapi kita bisa membuat sub sistem-sub sistem dari aplikasi dengan memecahnya menurut fungsi-fungsinya. bila kami katakan bahwa Microsoft Access juga bisa dikembangkan dengan metodologi OOP dan dirancang dengan teknologi “Three or More tier”. Jika karena suatu hal Microsoft Access harus dipisahkan dan menghilangkan salah satu dari dua sifat Microsoft Access (lihat teori divergensi). menghilangkan Access sebagai back-end atau menghilangkan Access sebagai front-end.Bila melihat Access sebagai front-end maka keluhan itu bisa jadi salah besar dengan terus ditambahkannya fitur-fitur yang bermanfaat seperti koneksi Microsoft Access Project untuk koneksi ke SQL Server. Perhatikan perkembangan yang terjadi dengan Microsoft SQL Server Express yang databasenya dapat dianggap sebagai file server. Ini mungkin akan mengejutkan bila saya katakan bahwa Microsoft Access juga bisa menggunakan dll yang dibuat oleh teknologi NET.

anda jangan dibuang tetapi perlu terus dipelihara dan dikembangkan sesuai dengan spesialisasi perusahaan di mana anda bekerja. Dan bila anda ingin tahu. misalnya saja untuk fungsi clipboard untuk gambar yang mengharuskan kami menggunakan API yang cukup rumit dan kode yang panjang. dibandingkan dengan satu baris kode bila menggunakan satu Class pada NET. . ASP NET dengan bahasa VB NET adalah alat favorit kami untuk membuat aplikasi database di internet atau intranet. Microsoft Access adalah keluarga Microsoft Office dan kami ingin menggunakan objek-objek di dalam Microsoft Office dengan mudah dan cepat. Mengapa demikian? Ada hal yang membuat iri penulis kepada pengembang NET karena tersedianya koleksi “Class” yang luar biasa besar pada teknologi NET. Kesimpulan Microsoft Access adalah alat favorit penulis namun bukan alat pengembangan yang ideal. Untuk saat sekarang Microsoft Access adalah alat favorit kami untuk pembuatan aplikasi database di desktop. Kami cukup dibuat repot dengan keterbatasan pada Microsoft Access karena terbatasnya “library” yang ada. Mengapa tidak menggunakan VB NET? Ada satu alasan yang masuk akal mengapa tidak menggunakan VB NET untuk aplikasi database kami. Walaupun VB NET dapat melakukan itu tetapi Microsoft Access dapat dipastikan jauh lebih mudah dan cepat.

Biasanya digunakan untuk pembuatan aplikasi – aplikasi yang kecil. Form digunakan untuk frontend aplokasi. Query digunakan untuk memanipulasi data c. Table digunakan untuk menyimpan data b. Di dalam Microsoft Access ada apa aja sich ? a. sebelum mulai belajar jangan lupa berdo‟a dulu kemudian tanamkan pada diri kita bahwa microsoft access itu gampang dan sangat mudah untuk dipelajari. Switchboard . Kuatkan keyakinan kita bahwa kita dapat menguasainya.Membuat Aplikasi Sederhana dengan Microsoft Access Untuk Apa Kita belajar microsoft access ? microsoft access adalah suatu aplikasi yang dapat membantu kita membuat sebuah aplikasi database dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya untuk menampilkan data. penjualan toko. menambah data dll d. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi f. Misalnya program untuk kasir di koperasi. Report digunakan untuk membuat laporan e.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful