Narkoba : Narkotika dan Obat - Obatan

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan singkatan dari 'Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif'. Semua istilah ini, baik "narkoba" atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai resiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis. Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas, pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD pun banayk yang terjerumus narkoba. macam macam narkoba antara lain : 2. NARKOTIKA Adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menimbulkan pengaruh-pengaruh tertentu bagi mereka yang menggunakan dengan memasukkannya ke dalam tubuh manusia. Pengaruh tersebut berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat , halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan yang menyebabkan efek ketergantungan bagi pemakainya. Macam-macam narkotika: A. OPIOID (OPIAD) Opioid atau opiat berasal dari kata opium, jus dari bunga opium, Papaver somniverum, yang mengandung kira-kira 20 alkaloid opium, termasuk morfin. Nama Opioid juga digunakan untuk opiat, yaitu suatu preparat atau derivat dari opium dan narkotik sintetik yang kerjanya menyerupai opiat tetapi tidak didapatkan dari opium.opiat alami lain atau opiat yang disintesis dari opiat alami adalah heroin (diacethylmorphine), kodein (3methoxymorphine), dan hydromorphone (Dilaudid).Bahan-bahan opioida yang sering disalahgunakan adalah :

Candu Getah tanaman Papaver Somniferum didapat dengan menyadap (menggores) buah yang hendak masak. Getah yang keluar berwarna putih dan dinamai "Lates". Getah ini dibiarkan mengering pada permukaan buah sehingga berwarna coklat kehitaman dan sesudah diolah akan menjadi suatu adonan yang menyerupai aspal lunak. Inilah yang dinamakan candu mentah atau candu kasar. Candu kasar mengandung bermacam-macam zat-zat aktif yang sering disalahgunakan. Candu masak warnanya coklat tua atau coklat kehitaman. Diperjual belikan dalam kemasan kotak kaleng dengan berbagai macam cap, antara lain ular, tengkorak,burung elang, bola dunia, cap 999, cap anjing, dsb. Pemakaiannya dengan cara dihisap. Morfin Morfin adalah hasil olahan dari opium/candu mentah. Morfin merupaakan alkaloida utama dari opium ( C17H19NO3 ) . Morfin rasanya pahit, berbentuk tepung halus berwarna putih atau dalam bentuk cairan berwarna. Pemakaiannya dengan cara dihisap dan disuntikkan. Heroin (putaw) Heroin adalah obat bius yang sangat mudah membuat seseorang kecanduan karna efeknya sangat kuat. Obat ini bisa di temukan dalam bentuk pil, bubuk, dan juga dalam cairan. Seseorang yang sudah ketergantungan heroin bisa di sebut juga "chasing the dragon." Heroin memberikan efek yang sangat cepat terhadap si pengguna, dan itu bisa secara fisik maupun mental. Dan jika orang itu berhenti mengkonsumsi obat bius itu, dia akan mengalami rasa sakit yang berkesinambungan.Heroin mempunyai kekuatan yang dua kali lebih kuat dari morfin dan merupakan jenis opiat yang paling sering disalahgunakan orang di Indonesia pada akhir - akhir ini . Efek pemakaian heroin: kejang-kejang, mual, hidung dan mata yang selalu berair, kehilangan nafsu makan dan cairan tubuh, mengantuk, cadel, bicara tidak jelas, tidak dapat berkonsentrasiSakaw atau sakit karena putaw terjadi apabila si pecandu putus menggunakan putaw. Sebenarnya sakaw salah satu bentuk detoksifikasi alamiah yaitu membiarkan si pecandu melewati masa sakaw tanpa obat, selain didampingi dan dimotivasi untuk sembuh.Gejala sakau: mata dan hidung berair, tulang terasa ngilu, rasa gatal di bawah kulit seluruh badan, sakit perut/diare dan kedinginan.Tanda-tanda dari seseorang yang sedang ketagihan adalah : kesakitan dan kejang-kejang, keram

perut dan menggelepar, gemetar dan muntah-muntah, hidung berlendir, mata berair, kehilangan nafsu makan, kekurangan cairan tubuh. Heroin disebut juga dengan nama : putauw, putih, bedak, PT, etep, dll. Codein Codein termasuk garam / turunan dari opium / candu. Efek codein lebih lemah daripada heroin, dan potensinya untuk menimbulkan ketergantungaan rendah. Biasanya dijual dalam bentuk pil atau cairan jernih. Cara pemakaiannya ditelan dan disuntikkan.

Demerol Nama lainnya adalah Demerol adalah pethidina. Pemakaiannya dapat ditelan atau dengan suntikan. Demerol dijual dalam bentuk pil dan cairan tidak berwarna.

Methadone Saat ini Methadone banyak digunakan orang dalam pengobatan ketergantungan opioid. Antagonis opioid telah dibuat untuk mengobati overdosis opioid dan ketergantungan opioid. Kelas obat tersebut adalah nalaxone (Narcan), naltrxone (Trexan), nalorphine, levalorphane, dan apomorphine. Sejumlah senyawa dengan aktivitas campuran agonis dan antagonis telah disintesis, dan senyawa tersebut adalah pentazocine, butorphanol (Stadol), dan buprenorphine (Buprenex). Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buprenorphine adalah suatu pengobatan yang efektif untuk ketergantungan opioid. Efek yang ditimbulkan dari Opoid ini adalah:
• • • • •

Mengalami pelambatan dan kekacauan pada saat berbicara Kerusakan penglihatan pada malam hari Mengalami kerusakan pada liver dan ginjal Peningkatan resiko terkena virus HIV dan hepatitis dan penyakit infeksi lainnya . Penurunan hasrat dalam hubungan sex, kebingungan dalam identitas seksual, kematian karena overdosis.

Gejala putus obat dari ketergantungan opioid adalah:

KOKAIN (SHABU-SHABU) Kokain adalah zat yang adiktif yang sering disalahgunakan dan merupakan zat yang sangat berbahaya.Pemakai shabu-shabu secara mental akan bergantung pada zat ini dan penggunaan yang terus menerus dapat merusakan otot jantung dan bahkan menyebabkan kematian. Orang yang mengalami putus Kokain seringkali berusaha mengobati sendiri gejalanya dengan alkohol. hipnotik. Nama lain dari kokain adalah snow. termasuk pipotermia dan hipertermia. Bahkan sering menyebabkan impoten. lever terganggu. menguap. Pada tiap waktu selama sindroma abstinensi. Shabu-shabu mengakibatkan efek yang sangat kuat pada system syaraf . paranoid. iritabilitas. halusinasi. disregulasi temperatur. C. CANNABIS . bradikardia. tremor. lady dan crack ( kokain dalam bentuk yang paling murni dan bebas basa untuk mendapatkan efek yang lebih kuat). dimana daun dari tanaman belukar ini biasanya dikunyah-kunyah oleh penduduk setempat untuk mendapatkan efek stimulan. depresi. B. Kokain merupakan alkaloid yang didapatkan dari tanaman belukar Erythroxylon coca. hidung dan tenggorokan. Gejala penyerta putus opioid adalah kegelisahan. Berat badan menyusut. demam.Efek yang ditimbulkan: • • • • Menjadi bersemangat. kecuali orang tersebut memiliki penyakit fisik dasar yang parah. Shabu-shabu sangat berbahaya karena prilaku yang menjurus pada kekerasan merupakan efek langsung dari penggunannya. seperti penyakit jantung. tidak bisa makan. kram perut. diare berat.• • • Kram otot parah dan nyeri tulang. Saat ini Kokain masih digunakan sebagai anestetik lokal. dan muntah. dan kecanduan opiat mungkin menetap selama sebulan setelah putus zat. coke. yang berasal dari Amerika Selatan. Seseorang yang ketergantungan opioid jarang meninggal akibat putus opioid. suatu suntikan tunggal morfin atau heroin menghilangkan semua gejala. paranoid. atau obat antiensietas seperti diazepam ( Valium ). khususnya untuk pembedahan mata. kejang-kejang. karena efek vasokonstriksifnya juga membantu. bersama dengan morfin dan heroin karena efek adiktif dan efek merugikannya telah dikenali. kerusakan usus ginjal. kelemahan. hipertensi takikardia disregulasi temperatur. sedatif. Gejala pecandu yang putus obat: Kecenderungan untuk bunuh diri. dilatasi pupil. Kokain diklasifikasikan sebagai suatu narkotik. gelisah dan tidak bisa diam. Gejala residual seperti insomnia. girl. mual. rinorea lakrimasipiloereksi.

ganja. ketakutan dan rasa panik. weed. Akibat-akibat lainnyaganja adalah: kehilangan konsentrasi. para pengguna ganja akan mencari obat-obatan yang lebih keras dan lebih mematikan. Dan seringkali. grass. dipotong kecil . Nama lain untuk menggambarkan tipe Kanabis dalam berbagai kekuatan adalah hemp. kebingungan dan halusinasi.kecil dan digulung menjadi rokok disebut joints.meningkatnya denyut nadi. keseimbangan dan koordinasi tubuh yang buruk. bhang. cimenk. dagga. Bentuk yang paling poten berasal dari tanaman yang berbunga atau dari eksudat resin yang dikeringkan dan berwarna coklat-hitam yang berasal dari daun yang disebut hashish atau hash. Ganja dianggap narkoba yang aman dibandingkan dengan putauw atau shabu. Mary Jane. Akan mengikat pikiran dan dapat membuatmu menjadi ketagihan. Ganja dikenal juga dengan sebutan : marijuana. dikeringkan.• • • • • • • Semua bagian dari tanaman mengandung kanabioid psikoaktif. Jika menggunakan ganja. chasra. Tanaman kanabis biasanya dipotong. Ganja dapat mempengaruhi konsentrasi dan ingatanmu. Orang bilang memakai sekali-sekali tidak akan bikin katagihan. Kenyataannya sebagian besar pecandu narkoba memulai dengan mencoba ganja. tea. dinsemilla. maka pikiran akan menjadi lamban dan akan nampak bodoh dan membosankan. Ganja mengandung sejenis bahan kimia yang disebut delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) yang dapat mempengaruhi suasana hati manusia dan mempengaruhi cara orang tersebut melihat dan mendengar hal-hal disekitarnya. • . pot. depresi.

dsb. dan perilaku seseorang. Fenobarbital. Bila kelebihan dosis bisa mengakibatkan kematian. dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin. inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Metifenidat. hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (UndangUndang No. yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. Depresan. bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah. Psikotropika adalah zat atau obat. 5/1997). Zat yang termasuk psikotropika antara lain: • Sedatin (Pil BK). serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas. Fensiklidin. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. kokaina. jicingko). Yang termasuk jenis Narkotika adalah : • Tanaman papaver. Magadon. baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. LSD (Lycergic Alis Diethylamide). ether. Amfetamine. morfina. Jenis narkoba depresan antara lain opioda. Metakualon. opium masak (candu. Flunitrazepam. ekgonina. Ekstasi. Shabu-shabu. baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika. Rohypnol. suasana hati atau perasaan. Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia. narkoba bisa dibedakan menjadi tiga: 1. Contoh yang populer sekarang adalah Putaw.apa yang disebut NARKOBA Narkoba (singkatan dari Narkotika. Valium. maupun disuntikan. seperti: • Alkohol yang mengandung ethyl etanol. Mandarax. dan damar ganja. aceton. opium mentah. . tanaman ganja. baik secara oral/diminum. semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistim syaraf pusat. dihirup. jicing. yaitu menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang. dsb. 22 tahun 1997). Contoh: lem/perekat. Jenis Narkoba menurut efeknya Dari efeknya. dapat mengubah pikiran. • Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina. opium obat.

disebut juga kecanduan. gangguan kesadaran. Contoh yang sekarang sering dipakai adalah Shabu-shabu dan Ekstasi. Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai.maka narkoba kemudian disalahgunakan. Yang paling banyak dipakai adalah marijuana atau ganja. coba-coba senang-senang menggunakan pada saat atau keadaan tertentu penyalahgunaan ketergantungan Dampak penyalahgunaan Narkoba Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. halusinasi. merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Penggunaan terus menerus dan berianjut akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi. Selain itu ada jugayang diramu di laboratorium seperti LSD.2. paru-paru. Jenis stimulan: Kafein. 5. Halusinogen kebanyakan berasal dari tanaman seperti mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur-jamuran. 2. . gangguan peredaran darah 3. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis. Penyalahgunaan Narkoba Kebanyakan zat dalam narkoba sebenarnya digunakan untuk pengobatan dan penefitian. 3. 3. dll. dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik. Kokain. Tetapi karena berbagai alasan . ingin melupakan persoalan. karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung. alergi. Dampak Fisik: 1.mulai dari keinginan untuk coba-coba. efek utamanya adalah mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. Halusinogen. eksim . kerusakan syaraf tepi 2. psikis maupun sosial seseorang. Stimulan. Secara umum. ikut trend/gaya. Tingkatan penyalahgunaan biasanya sebagai berikut: 1. Amphetamin. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses). Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung. 4. hati dan ginjal. lambang status sosial. kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang.

risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B. apatis. bahkan bunuh diri Dampak Sosial: 1. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik. penuh curiga 3. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan. ketidakteraturan menstruasi. pengerasan jaringan paru-paru 5. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi. mual-mual dan muntah. masa depan suram Dampak fisik. Lamban kerja. perasaan kesal dan tertekan 5. khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian. ceroboh kerja. Over dosis bisa menyebabkan kematian Dampak Psikis: 1. seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen. progesteron. dan amenorhoe (tidak haid) 8. Cenderung menyakiti diri. anti-sosial dan asusila. Ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa (sakaw) bila terjadi putus obat (tidak mengkonsumsi obat pada waktunya) dan dorongan psikologis berupa keinginan sangat kuat untuk mengkonsumsi (bahasa gaulnya sugest). suhu tubuh meningkat. murus-murus. perasaan tidak aman. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Sering sakit kepala. menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal 4. pengkhayal. serta gangguan fungsi seksual 7. Merepotkan dan menjadi beban keluarga 3. Dampak terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin. Hilang kepercayaan diri. sering tegang dan gelisah 2. Agitatif. testosteron). C. psikis dan sosial berhubungan erat. kesukaran bernafas. pengecilan hati dan sulit tidur 6. Gejata fisik dan psikologis ini juga . dikucilkan oleh lingkungan 2. dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya 9. Gangguan mental. Sulit berkonsentrasi.4. Pendidikan menjadi terganggu.

pada saat penggunaan sudah terjadi dan diperlukan upaya penyembuhan (treatment). Instansi pemerintah. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa. justru keinginan untuk mencoba-coba. . Primer. dan Fase sosialiasi dalam masyarakat. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.berkaitan dengan gejala sosial seperti dorongan untuk membohongi orang tua. tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Fase ini meliputi: Fase penerimaan awal (initialintake)antara 1 .3 hari dengan melakukan pemeriksaan fisik dan mental. Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba. kegiatan dilakukan seputar pemberian informasi melalui berbagai bentuk materi KIE yang ditujukan kepada remaja langsung dan keluarga. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. dll. yaitu upaya untuk merehabilitasi merekayang sudah memakai dan dalam proses penyembuhan. Walaupun semua kecenderungan itu wajarwajar saja. maka suram atau bahkan hancurlah masa depannya. manipulatif. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba. Ada tiga tingkat intervensi. lebih banyak berperan pada tahap intervensi ini. para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Tertier. Sekunder. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. mencuri. mengikuti trend dan gaya hidup. Pada masa remaja. Tahap ini biasanya berupa kegiatan konseling. sebelum penyalahgunaan terjadi. dan Fase detoksifikasi dan terapi komplikasi medik. pendekatan melalui keluarga. 2. agar mantan penyalahguna narkoba mampu mengembangkan kehidupan yang bermakna di masyarakat. serta bersenang-senang besar sekali. membuat kelompok-kelompok dukungan. Tahap ini biasanya terdiri atas Fase stabilisasi. Apa yang masih bisa dilakukan? Banyak yang masih bisa dilakukan untuk mencegah remaja menyalahgunakan narkoba dan membantu remaja yang sudah terjerumus penyalahgunaan narkoba. seperti halnya BKKBN. antara 3-12 bulan. yaitu 1. dll. 3. dll. mengembangkan kegiatan alternatif. untuk mempersiapkan pengguna kembali ke masyarakat. Bahaya bagi Remaja Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. penyebaran informasi mengenai bahaya narkoba.3 minggu untuk melakukan pengurangan ketergantungan bahan-bahan adiktif secara bertahap. pemarah. biasanya dalam bentuk pendidikan. antara 1 . Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian.

badannya lesu dan selalu gelisah 7. wajah anak pucat dan kuyu 3. mulut kering 3. • Pecandu putauw : Sering menyendiri di tempat gelap sambil dengar musik. suka menantang orang tua Lalu bagaimana mengetahui bahwa anggota keluarga jadi pecandu obat terlarang itu? Mardan Sadzali memberikan ciri-ciri yang mudah diketahui pada pecandu narkoba. narkotika menghasilkan perasaan “lebih membaik” yang dikenal dengan eforia dengan mengurangi tekanan psikis. badan kurus. dapat dilihat dari tanda – tanda fisik si pengguna. seperti : 1. bibir suka pecah-pecah dan badan suka keringatan.EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA Efek narkotika tergantung kepada dosis pemakaian. wajah terlihat lelah. . • Pecandu sabu-sabu : gampang gelisah dan serba salah melakukan apa saja. marah. sering minder setelah pengaruh inex hilang. batuk dan diare akut. nafasnya tersengal dan susuh tidur 6. kelopak mata mengattup terus. tanda tanda fisik. mata merah 2. mata sering jelalatan. pemakaian sebelumnya dan harapan pengguna. perilakunya tidak wajar 5. bibir bewarna kecoklatan 4. doyan makan karena perut merasa lapar terus dan suka tertawa jika terlibat pembicaraan lucu. Efek ini dapat mengakibatkan ketergantungan. karakternya dominan curiga. badan berkeringat meski berada di dalam ruangan ber-AC. cara pemakaian. anak menjadi pemurung dan penyendiri 2. selalu riang jika mendengar musik house. • Pecandu inex atau ekstasi : Suka keluar rumah. apalagi pada orang yang baru dikenal. • Pecandu daun ganja : Cenderung lusuh. jarang mau menatap mata jika diajak bicara. mata merah. anak menjadi mudah tersinggung. terdapat bau aneh yang tidak biasa di kamar anak 4. Selain kegunaan medis untuk mengobati nyeri. suka marah dan sensitive. malas mandi karena kondisi badan selalu kedinginan. daya ingatannya menurun Ada pun tanda – tanda dini anak yang telah menggunakan narkotik dapat dilihat dari beberapa hal antara lain : 1. layu serta selalu apatis terhadap lawan jenis. bicaranya kacau 6. matanya berair dan tangannya gemetar 5.

agitasi psikomotor/gelisah .rasa harga diri meningkat .mengantuk .kejang .Gejala-Gejala Pemakaian Narkoba Yang Berlebihan 1.denyut jantung cepat .mual/muntah .kewaspadaan meningkat .tekanan darah meningkat . morfin. Ganja .mulut kering .santai dan lemah .rasa senang dan bahagia .malas bergerak .kewaspadaan meningkat .pupil (manik mata) melebar . ekstasi) . Kokain .depresi 3.pupil mata mengecil (melebar jika overdosis) .nafsu makan meningkat .kurang konsentrasi .denyut nadi dan tekanan darah meningkat . ganja) .rasa senang.bicara cadel .perasaan senang dan bahagia .mata merah .acuh tak acuh .acuh tak acuh (apati) .pengendalian diri kurang .euforia/rasa gembira berlebihan .bergairah .pupil mata melebar .sering menguap/ngantuk .sukar tidur/ insomnia . Amfetamin (shabu. bahagia .rasa mual .mudah berkelahi .banyak bicara .gangguan perhatian/daya ingat 2.berkeringat/rasa dingin . Opiat (heroin.hilang nafsu makan 4.

Fisik .buang air besar dan kecil kurang lancar .mata terlihat cekung dan merah.jalan sempoyongan . dan bibir kehitam-hitaman .mudah marah .bila ditegur atau dimarahi.- psikosis perdarahan darah otak penyumbatan pembuluh darah nystagmus horisontal/mata bergerak tak terkendali distonia (kekakuan otot leher) 5.bicara cadel . Emosi .nafas bau alkohol 6.nafsu makan tidak menentu c.mudah marah .wajah kemerahan .menunjukkan sikap tidak peduli dan jauh dari keluarga . Goresan dan perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan . pergi tanpa pamit dan pulang lewat tengah malam .wajah kemerahan .jalan sempoyongan .berat badan turun drastis .bicara cadel .banyak bicara . Benzodiazepin (pil nipam.sembelit atau sakit perut tanpa alasan yang jelas b. Perilaku . dia malah menunjukkan sikap membangkang . seperti bekas gigitan nyamuk dan ada tanda bekas luka sayatan. Alkohol .banyak bicara .emosinya naik turun dan tidak ragu untuk memukul orang atau berbicara kasar terhadap anggota keluarga atau orang di sekitarnya . mogadon) . BK. muka pucat.malas dan sering melupakan tanggung jawab dan tugas-tugas rutinnya .gangguan pemusatan perhatian .sering bertemu dengan orang yang tidak dikenal keluarga.tangan penuh dengan bintik-bintik merah.gangguan pemusatan perhatian Tanda-Tanda Kemungkinan Penyalahgunaan Narkotika dan Zat adiktif a.sangat sensitif dan cepat bosan .

Efek dari narkoba dapat bervariasi tergantung pada : * Jenis narkoba yang digunakan.sering menguap .takut akan air. hal tersebut biasanya diakibatkan berbagai faktor..mengalami nyeri/ngilu sendi-sendi Apa yang membuat seseorang menyalahgunakan narkoba yang mengakibatkan kehilangan rumah. diantaranya tidak mampu-nya sesorang untuk untuk menahan diri atau jiiwa.selalu kehabisan uang .sering berbohong dan ingkar janji dengan berbagai macam alasan . stress. kamar mandi.sikapnya cenderung jadi manipulatif dan tiba-tiba tampak manis bila ada maunya.sering mengalami mimpi buruk . Dan jalan pintas yang diambil oleh orang kebanyakan yaitu dengan mengkonsumsi narkoba. Begitupun dengan barang-barang berharga miliknya. atau tempat-tempat sepi lainnya . keluarga dan pekerjaan. biasanya terjadi pada saat gejala “putus zat” . sekolah ataupun tempat pekerjaan dan menggadaikan barang-barang berharga di rumah. * Berapa banyak obat yang diambil * Seberapa sering obat itu digunakan * Seberapa cepat obat itu naik ke otak.sering batuk-batuk dan pilek berkepanjangan. seperti saat membutuhkan uang untuk beli obat .suka mencuri uang di rumah. gudang. banyak yang hilang .mengalami nyeri kepala . kloset.mengeluarkan air mata berlebihan .waktunya di rumah kerapkali dihabiskan di kamar tidur. .mengalami jantung berdebar-debar . kesendirian dan depresi. ruang yang gelap. Jika terkena akan terasa sakit – karena itu mereka jadi malas mandi .mengeluarkan keringat berlebihan .

dari mulainya tekanan darah ke jantung. Dibawah ini adalah beberapa kumpulan gambar terhadap penyalahgunaan narkoba. Gambar diatas Pecandu yang sudah mengkonsumsi ekstasi yang sedang trance.Efek Narkoba juga dapat berbeda satu sama lain. rasa malu dan cemas pun menghilang. penyalahgunaan Narkoba akan mempengaruhi otak dan tubuh secara langsung. .

pemakai akan terikat secara .Gambar yang di atas merupakan efek heroin pada kulit yang digunakan dalam jangka waktu panjang. sedangkan yang di bawah merupakan bubuk heroin. efeknya bisa memberikan rangsangan bagi perasaan manusia. Gambar diatas merupakan cairan dan pill dari Ampetamin.

cara pemakaian biasanya dengan dihisap seperti rokok.fisik dan mental walau tubuh sudah sangat lelah. akan tetapi sering membuat jiwa si pemakai merasakan ganjil & aneh sehingga sering membuatnya berubah menjadi brutal. bisa menyebabkan pingsan dan mati karena kelelahan. Efek psikologis dari crack jauh lebih kuat ketimbang kokain. Gambar diatas merupakan Crack Cocain. jika tubuh tidak dapat lagi menanggung beban. .

efeknya bagi si Pemakai akan lebih bersemangat. Penggunaan yang terus menerus dapat merusakan otot jantung dan bahkan menyebabkan kematian dan impoten.Gambar di sebelah kiri merupakan daun kokain dan sebelah kanan adalah bubuk kokain. Gambar diatas merupakan seorang perempuan yang meninggal akibat pengaruh Kokain (shabu-shabu) yang berlebihan. tidak bisa diam. gelisah. tidak nafsu makan. . lever terganggu. paranoid.

. lamban berfikir. depresi dan kematian. membuat si pemakai malas. paranoid. meningkat. nyaman. Gambar diatas merupakanan tanaman Ganja. hati. Namun bisa merusak otak. efeknya si pemakai akan merasa gembira. gangguan kejiwaan. dapat menimbulkan rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab. efek bagi si pemakai. dan penglihatan kabur. kerusakan jantung.Gambar diatas merupakan berbagai jenis tablet ekstasi.

jalan sempoyongan. pill BK. . bicara jadi cadel. Efek bagi si pemakai. mudah marah dan banyak bicara.Gambar diatas merupakan tablet Magadon. atau nipam.

Jamur ini tumbuh di alam liar khususnya di daerah yang lembab dan seperti hutan. atau di sekitar tinja dari hewan-hewan herbivora liar yang telah diproses oleh bakteri. . bukit.Gambar diatas merupakan mashroom (jamur jenis Psilocybe). magic atau jamur yang bisa membuat orang menjadi hilang kesadaran. halusinasi ( fly ).

nah getah ini mengandung 12 % morfin. Pemakai opium dapat merasakan keadaan yang tenang dan semuanya serasa baik-baik saja.Gambar diatas merupakan biji opium setelah disayat. berpengaruh pada tubuh sebagai analgetik atau mengurangi sakit. yang sering diproses secara kimia untuk dijadikan heroin. . menekan aktivitas psikologi yang dapat menyebabkan tubuh tak sadarkan diri.

.Gambar diatas merupakan pabrik untuk pembuatan tablet ekstasi.

Molekul heroin lebih mudah masuk ke dalam otak melalui BBB (blood brain barrier) ketimbang molekul morphine itu sendiri. dalam memakai heroin. baik itu dihisap.Gambar diatas merupakan berbagai cara pecandu. . dibakar dan di suntik. si pemakai akan merasakan ketenangan dan kesenangan yang lebih tinggi dibandingkan morfin.

Selain Narkoba. istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan RI adalah NAPZA yaitu singkatan dari Narkotika. Sebenarnya dahulu kala masyarakat juga mengenal istilah madat sebagai sebutan untuk candu atau opium. JENIS-JENIS NARKOBA Jenis-jenis Narkoba Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika dan Obat/Bahan berbahaya yang telah populer beredar dimasyarakat perkotaan maupun di pedesaan. termasuk bagi aparat hukum. akibat pengaruh heroin. Semua istilah ini sebenarnya mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko yang oleh masyarakat disebut berbahaya yaitu kecanduan (adiksi). Pasikotropika dan Zat adiktif lainnya. Narkoba atau NAPZA merupakan bahan/zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat/otak sehingga bilamana .Gambar diatas merupakan seorang wanita tidak sadarkan diri sedang diseret oleh petugas Rehabilitasi. Myanmar dan Laos (The Golden Triangle) maupun di Pakistan dan Afganistan. suatu golongan narkotika yang berasal dari getah kuncup bunga tanaman Poppy yang banyak tumbuh di sekitar Thailand.

OPIAT atau Opium (candu) Merupakan golongan Narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap (inhalasi). mariyuana. lexotan. Timbul masalah kulit di sekitar mulut dan hidung. Zat adiktif lainnya disini adalah bahan/zat bukan Narkotika & Psikotropika seperti alkohol/etanol atau metanol. termasuk LSD. pil koplo. Karena itu Pemerintah memberlakukan Undang-Undang untuk penyalahgunaan narkoba yaitu UU No. Jenis Narkotika yang sering disalahgunakan adalah morfin. Sedangkan jenis Psikotropika yang sering disalahgunakan adalah amfetamin. rohypnol. . mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit dan dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi). Pusing.5 tahun 1997 tentang Psikotropika dan UU No.22 tahun 1997 tentang Narkotika. termasuk ganja atau kanabis. heroin (putauw). tembakau. psikis/jiwa dan fungsi sosial. Golongan Psikotropika adalah zat atau obat baik alami maupun sintetis namun bukan Narkotika yang berkhasiat aktif terhadap kejiwaan (psikoaktif) melalui pengaruhnya pada susunan syaraf pusat sehingga menimbulkan perubahaan tertentu pada aktivitas mental dan perilaku. petidin. Mushroom. Merasa rangsang birahi meningkat (hambatan seksual hilang). shabu. gas yang dihirup (inhalansia) maupun zat pelarut (solven). Sering kali pemakaian rokok dan alkohol terutama pada kelompok remaja (usia 14-20 tahun) harus diwaspadai orangtua karena umumnya pemakaian kedua zat tersebut cenderung menjadi pintu masuk penyalahgunaan Narkoba lain yang lebih berbahaya (Putauw). obat penenang seperti mogadon. ekstasi. • • • • • • Menimbulkan rasa kesibukan (rushing sensation) Menimbulkan semangat Merasa waktu berjalan lambat. BK. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang akan menyebabkan perubahan kesadaran. hashis dan kokain. dumolid. kehilangan keseimbangan/mabuk.disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik.

MORFIN Merupakan zat aktif (narkotika) yang diperoleh dari candu melalui pengolahan secara kimia. Timbul rasa kesibukan yang sangat cepat/rushing sensastion (± 30-60 detik) diikuti rasa menyenangkan seperti mimpi yang penuh kedamaian dan kepuasan atau ketenangan hati (euforia). Ingin selalu menyendiri untuk menikmatinya. Kebingungan (konfusi). Otot-otot menjadi lemas/relaks. Mulut kering dan warna muka berubah. . Umumnya candu mengandung 10% morfin. sulit buang hajat besar (konstipasi). • • • Denyut nadi melambat. jantung berdebar-debar. Berkeringat. muntah. Gelisah dan perubahan suasana hati. Umumnya digunakan dengan cara disuntik atau dihisap. Mual. Heroin murni berbentuk bubuk putih sedangkan heroin tidak murni berwarna putih keabuan (street heroin). Dapat menyebabkan pingsan. Cara pemakaiannya disuntik di bawah kulit. HEROIN atau Putaw Merupakan golongan narkotika semisintetis yang dihasilkan atas pengolahan morfin secara kimiawi melalui 4 tahapan sehingga diperoleh heroin paling murni berkadar 80% hingga 99%. ke dalam otot atau pembuluh darah (intravena) • • • • • • • Menimbulkan euforia. Zat ini sangat mudah menembus otak sehingga bereaksi lebih kuat dari pada morfin itu sendiri. Tekanan darah menurun.

semakin mudah depresi dan marah sedangkan efek euforia semakin ringan atau singkat GANJA atau kanabis Berasal dari tanaman kanabis sativa dan kanabis indica. Kesulitan kinerja yang membutuhkan konsentrasi. Gangguan kebiasaan tidur. mencuri. tabs Termasuk sebagai golongan halusinogen (membuat khayalan) yang biasa diperoleh dalam bentuk kertas berukuran kotak kecil sebesar ¼ perangko dalam banyak warna dan gambar. timbul gangguan kebiasaan tidur. Berfantasi. . kanabinol dan kanabidiol. Efek samping timbul kesulitan dorongan seksual. warna dan waktu. Selera makan bertambah. Bilamana pemakaian dihentikan dapat diikuti dengan sakit kepala. • Timbul rasa yang disebut Tripping yaitu seperti halusinasi tempat. trips. kriminal. mual yang berkepanjangan. Pada tanaman ini terkandung 3 zat utama yaitu tetrahidrokanabinol. • • • • • • • • • • • • Denyut jantung atau nadi lebih cepat. Penyimpangan perilaku : berbohong. Cara menggunakannya dengan meletakkan LSD pada permukaan lidah dan bereaksi setelah 30-60 menit kemudian dan berakhir setelah 8-12 jam. Jika sudah toleransi. Membentuk dunia sendiri (dissosial) : tidak bersahabat. reaksi yang cepat dan koordinasi. Sulit mengingat sesuatu kejadian. kemerahan dan gatal di sekitar hidung. Sensitif dan gelisah. LSD atau lysergic acid atau acid. Kadang-kadang menjadi agresif bahkan kekerasan. kesulitan membuang hajat besar. banyak bicara dan bergembira. Mulut dan tenggorokan kering. Cara penggunaannya dihisap dengan cara dipadatkan menyerupai rokok atau dengan menggunakan pipa rokok. Berkeringat. Mengurangi bahkan menghilangkan kepercayaan diri. menipu. rasa letih/capek. jantung berdebar-debar. Ketergantungan dapat terjadi dalam beberapa hari.• • • • • • Diafragma mata (pupil) mengecil (pin point). Merasa lebih santai. Ada juga yang berbentuk pil atau kapsul.

Paranoid. Nama jalanan kadang disebut koka. kegembiraan yang berlebihan (ecstasy). Bicara seperti menelan (slurred speech). kegelisahan. Timbul masalah kulit. coke. Nama lain fantacy pils. Memperlambat pencernaan dan menutupi selera makan. Kejang-kejang. Gangguan penglihatan (snow light). Depresi. Kemudian dihirup dengan menggunakan penyedot atau gulungan kertas. Cara lain adalah dibakar bersama tembakau yang sering disebut cocopuff. happy dust.• • • • • • • • • • Biasanya halusinasi ini digabung menjadi satu hingga timbul obsesi terhadap yang dirasakan dan ingin hanyut di dalamnya. KOKAIN Mempunyai 2 bentuk yakni bentuk asam (kokain hidroklorida) dan bentuk basa (free base). AMFETAMINNama generik/turunan amfetamin adalah D-pseudo epinefrin yang pertama kali disintesis pada tahun 1887 dan dipasarkan tahun 1932 sebagai pengurang sumbatan hidung (dekongestan). snow. Penggunaan jangka panjang mengurangi berat badan. rasa sedikit pahit dan lebih mudah larut dibanding bentuk basa bebas yang tidak berbau dan rasanya pahit. Gangguan persepsi seperti merasa kurus atau kehilangan berat badan. inex. Berupa bubuk warna putih dan keabu-abuan. Menghirup kokain berisiko luka pada sekitar lubang hidung bagian dalam. kewaspadaan dan dorongan seks. Metamfetamin bekerja lebih lama dibanding MDMA (dapat mencapai 12 jam) dan efek halusinasinya lebih kuat. kesulitan bernafas. Pusing Panik dan rasa takut berlebihan. Disorientasi. Menjadi sangat indah atau bahkan menyeramkan dan lama kelamaan membuat perasaan khawatir yang berlebihan (paranoid). Diafragma mata melebar dan demam. • • • • • • • • • • • • • Menimbulkan keriangan. Flashback (mengingat masa lalu) selama beberapa minggu atau bulan kemudian. Kokain asam berupa kristal putih. Denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Kebingungan (konfusi). Disalahgunakan dengan cara menghirup yaitu membagi setumpuk kokain menjadi beberapa bagian berbaris lurus di atas permukaan kaca dan benda yang mempunyai permukaan datar. Sering mengeluarkan dahak atau lendir. putih. Nama . Hasutan (agitasi). srepet. Merokok kokain merusak paru (emfisema). Ada 2 jenis amfetamin yaitu MDMA (metil dioksi metamfetamin) dikenal dengan nama ectacy. charlie. Merasa seperti ada kutu yang merambat di atas kulit (cocaine bugs). salju.

Dalam bentuk kristal dibakar dengan menggunakan kertas alumunium foil dan asapnya dihisap melalui hidung. disuntik intravena. Obat tidur/hipnotikum terutama golongan barbiturat dapat disalahgunakan misalnya seconal. Gigi rapuh. gusi menyusut karena kekurangan kalsium. Dum. atau dibakar dengan memakai botol kaca yang dirancang khusus (bong). Bila BDZ dicampur dengan zat lain seperti alkohol. misalnya aprazolam/Xanax/Alviz. Menjadi lebih berani/agresif. pusing. Lexo. Tekanan darah meningkat. ice. Kehilangan nafsu makan. Rohip. Banyak bicara (talkativeness). Nampak bahagia dan santai. dan melalui dubur. Cara pemakaian BDZ dapat diminum. Sakit kepala. Dosis mematikan/letal tidak diketahui dengan pasti.lainnya shabu. Bicara seperti sambil menelan (slurred speech). • • • • • • Terjadi gangguan konsentrasi dan keterampilan yang berkepanjangan. Cara penggunaan dalam bentuk pil diminum. Jalan sempoyongan. Suhu badan naik/demam. Tidak bisa tidur. Mual dan merasa sakit. Menimbulkan hasutan (agitasi). • • Akan mengurangi pengendalian diri dan pengambilan keputusan. Menghilangkan kekhawatiran dan ketegangan (tension). Berkeringat. Timbul rasa letih. Mulut kering dan merasa haus. Merasa sangat bergembira (euforia). Perilaku aneh atau menunjukkan tanda kebingungan proses berpikir. Menjadi sangat acuh atau tidak peduli dan bila disuntik akan menambah risiko terinfeksi HIV/AIDS dan hepatitis B & C akibat pemakaian jarum bersama. Umumnya dokter memberi obat ini untuk mengatasi kecemasan atau panik serta pengaruh tidur sebagai efek utamanya. MG. . Dalam bentuk kristal yang dilarutkan dapat juga melalui suntikan ke dalam pembuluh darah (intravena). SEDATIF-HIPNOTIK (Benzodiazepin/BDZ) Sedatif (obat penenang) dan hipnotikum (obat tidur). putauw bisa berakibat fatal karena menekan sistem pusat pernafasan. Nama jalanan BDZ antara lain BK. takut dan depresi dalam beberapa hari. Ada yang minum BDZ mencapai lebih dari 30 tablet sekaligus. SS. tremor/gemetar. • • • • • • • • • • • • • • • Jantung terasa sangat berdebar-debar (heart thumps).

Dari peragian tersebut dapat diperoleh alkohol sampai 15% tetapi dengan proses penyulingan (destilasi) dapat dihasilkan kadar alkohol yang lebih tinggi bahkan mencapai 100%. gangguan irama jantung. cairan untuk dry cleaning. tinner. Pada umumnya alkohol : • • • • • Akan menghilangkan perasaan yang menghambat atau merintangi. Tidak mampu membuat keputusan. Menimbulkan kebingungan. uap bensin. aica aibon. Merasa lebih tegar berhubungan secara sosial (tidak menemui masalah). Kadar alkohol dalam darah maksimum dicapai 30-90 menit. Kehilangan nafsu makan. Halusinasi. kadar etanol 20%-45% (Whiskey. Alkohol diperoleh atas peragian/fermentasi madu. Kamput). kadar etanol 1%-5% (bir). keletihan otot. Contohnya aerosol. namun dengan penurunannya orang tersebut menjadi depresi. Terlihat mabuk dan jalan sempoyongan. Pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan syaraf otak menetap. Manson House. Bernafas menjadi lambat dan sulit. gula. Dengan peningkatan kadar alkohol dalam darah orang akan menjadi euforia. Vodca. isi korek api gas. Setelah diserap. kadar etanol 5%-20% (minuman anggur/wine) dan golongan C. Perilaku menjadi agresif/berani atau bahkan kekerasan.• Tidak bisa memberi pendapat dengan baik. ALKOHOL Merupakan suatu zat yang paling sering disalahgunakan manusia.Umumnya digunakan oleh anak di bawah umur atau golongan kurang mampu/anak jalanan. Merasa senang dan banyak tertawa. • • • • • • • • • • • Pada mulanya merasa sedikit terangsang. Bisa terjadi henti jantung (cardiac arrest). batuk dan bersin-bersin. golongan B. Mual. Dapat menghilangkan pengendalian diri atau fungsi hambatan. kerusakan hati dan . TKW. Penggunaan menahun toluen yang terdapat pada lem dapat menimbulkan kerusakan fungsi kecerdasan otak. radang selaput mata. Tidak mampu berjalan. Johny Walker. sari buah atau umbi-umbian. INHALANSIA atau SOLVEN Adalah uap bahan yang mudah menguap yang dihirup. alkohol/etanol disebarluaskan ke suluruh jaringan dan cairan tubuh. Dikenal 3 golongan minuman berakohol yaitu golongan A.

• Dapat terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian di antaranya karena jatuh. kebakar. bat intoksikasi/keracunan dan sering sendirian. .ginjal dan gangguan pada darah dan sumsum tulang. tenggelam yang umumnya akibat intoksikasi/keracunan dan sering sendirian. Terjadi kemerahan yang menetap di sekitar hidung dan tenggorokan.