KONSEP AKHLAK

KONSEP AKHLAK
DEFINISI AKHLAK OBJEK AKHLAK QALBU MANUSIA PROSES TERBENTUKNYA AKHLAK STUMULUS KEINGINANKEINGINAN BIMBINGAN TUJUAN MEMPELAJARI AKHLAK MEMAHAMI POLA AKHLAK MEMILIKI AKHLAK TERPUJI

BAHASA

ISTILAH

KEPUTUSAN

BERBUAT

SIFAT

PERTANYAAN DAN JAWABAN: 1. a) Apakah akhlak seseorang bisa berubah? b) Kapan akhlak seseorang bisa berubah? c) Prosesnya lama atau tidak? Jawab: a) Bisa, salah satu faktor yang berpengaruh merubah akhlak adalah lingkungan. b) Saat suatu perbuatan sudah menjadi sifat, maka akhlaknya berubah sesuai sifat tersebut. Tetapi, jika perbuatannya baru satu kali dilakukan atau belum menjadi sifat, maka akhlak seseorang belum berubah. c) Proses perubahannya lama. 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengertian akhlak secara terminologi yang menyebutkan bahwa akhlak tidak perlu pemikiran? Jawab: Maksudnya bahwa perbuatan akhlak adalah perbuatan yang telah tertanam kuat dalam jiwa seseorang dan telah menjadi kepribadian, sehingga dalam melakukannya pun mudah, tanpa paksaan dari luar dan tanpa pikir panjang. Maksud tanpa pemikiran, tidak berarti pada saat melakukan perbuatan yang bersangkutan dalam keadaan tidak sadar. Tetapi pada saat melakukan suatu perbuatan tetap dalam keadaan sehat pikiran dan sadar. 3. Ketika akhlak terpuji dinilai negatif, manakah yang salah, konsep akhlak atau yang menilainya? Contoh : dermawan. Jawab : Yang salah adalah orang yang menilai atau yang melakukannya. Sedangkan konsep akhlak tidak salah. Seperti orang dermawan terkadang dinilai sebagai orang yang riya, mungkin karena orang yang menilai memang merasa iri terhadap orang yang dermawan atau bisa karena orang yang dermawan tersebut dalam melakukan kedermawanannya dengan keriyaan. Tetapi akhlak dermawannya tetap merupakan akhlak terpuji.

1

a) Hati manusia lebih cenderung kepada kebaikan atau keburukan? b) Keburukan itu muncul dari mana? c) Bagaimana cara membedakan antara petunjuk Tuhan dengan yang bukan? Jawab : a) Hati manusia sebenarnya lebih cenderung terhadap kebaikan. c) Petunjuk Tuhan selalu baik. Dan untuk membersihkannya dengan banyak beribadah dan beramal saleh. namun hati nurani yang tahu nilai dari hal tersebut. Keburukan itu ibarat rumput di suatu lahan. 2. kemudian pikiran menentukan kelogisan dari nilai tersebut. b) Keburukan itu muncul dari hawa nafsu buruk. Begitu sebaliknya juga dengan akhlak tercela. a) Antara suara hati dan hati kecil sama atau berbeda? b) Ketika membayangkan suatu hal. Jika hawa nafsu tidak terkendali dengan baik. meskipun ia tidak ditanam maka tetap akan tumbuh dengan sendirinya. maka perbuatan yang dilakukan adalah keburukan. hawa nafsu buruk atau hati nurani.NILAI AKHLAK HATI NURANI STANDAR NILAI AKHLAK KONSENSUS MASYARAKAT PETUNJUK TUHAN AKHLAK TERPUJI AKHLAK TERCELA NILAI AKHLAK RENTANG NILAI AHLAK PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. dan yang dapat membedakannya adalah hati nurani. sehingga harus selalu dibersihkan. Dan kehendak yang menenukan apakah perbuatan tersebut dilakukan atau tidak. berdasarkan petunjuk Tuhan dan biasanya hati nurani pun tahu mana yang baik dan mana yang tidak. Jika semuanya singkron akan lebih baik. Dari tiga standar nilai akhlak. apakah itu dari suara hati atau pikiran? Jawab : a) Antara suara hati dan hati kecil itu sama. a) bagaimana jika peraturan tidak sesuai dengan konsensus masyarakat? b) Cara menilainya apakah harus semuanya singkron? Jawab : a) Akhlak yang baik biasanya itu selalu bernilai positif baik berdasarkan hati nurani. 3. tergantung mana yang lebih dominan. tetapi dalam memutuskan untuk melakukan suatu perbuatan. 2 . b) Cara menilainya. b) Ketika membayangkan suatu hal berasal dari pikiran. konsensus masyarakat maupun petunjuk Tuhan.

Dengan demikian. Rasul telah menjelaskan bahwa kita harus bermuamalah yang baik terhadap sesama manusia termasuk non muslim karena mereka juga manusia terlepas dari apapun keyakinan yang mereka anut. a) Bagaimana kiat untuk mendorong kehendak yang lemah? b) Bagimana ahklak terhadap nonmuslim? Apakah bom di Solo termasuk perbuatan baik atau buruk? Jawab : a) Kehendak lemah itu adalah akibat kurang maksimalnya usaha yang dilakukan untuk meraih kehendak tersebut. TERHADAP MAKHLUK CIRI-CIRI DAN ARAH AKHLAK ARAH AKHLAK PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. islam dan ihsan). Usaha apa yang dilakukan agar dapat mencontoh sifat-sifat Allah? Jawab : Beriman dan bertakwa kepada Allah dengan mendekatkan diri melalui ibadah wajib maupun sunah. 3 . 2. 3. peristiwa pemboman di Solo pun merupakan perbuatan yang salah dan termasuk pembunuhan. Jika salah satu hilang maka tidak bisa disebut akhlak. Untuk mendorongnya harus dipaksakan agar menjadi suatu kebiasaan dan kehendak lemah itupun akan hilang dengan sendirinya. dan melakuan amal shaleh (iman. Jelaskan mengenai akhlak yang pangkalanya sengaja? Jawab : Ciri akhlak yang pangkalnya sengaja itu berawal dari kehendak yang kemudian sering dilakukan yang pada akhirnya menjadi terbiasa. b) Mengenai akhlak terhadap non muslim. Ketiga ciri akhlak tersebut tidak bsa dipisahkan satu sama lain karena pada prosesnya semuanya kontinu.CIRI DAN ARAH AKHLAK NIAT KEHENDAK KEKUATAN KEHENDAK PENDORONG BERBUAT DIRI SENDIRI MANUSIA ORANG LAIN KELESTARIAN ALAM NON MANUSIA HEWAN TUMBUHAN PANGKAL DISENGAJA CIRI-CIRI AKHLAK PROSES TERBIASA EKSISTENSI TERHADAP ALLAH SWT.

Usahakan agar tidak sering melihat hal-hal seperti itu. 2. asal jangan keterusan. Tipsnya diantaranya melaksanakan ciri-ciri orang yang bertakwa. PERTANYAAN DAN JAWABAN : Bagaimana caranya agar potensi fitrah sejalan dengan potensi ego? Apa tips-tipsnya? Jawab : Masing-masing harus dimaksimalkan terlebih dahulu. Bagaimana menurut kelompok anda mengenai laki-laki yang melihat aurat wanita sexy dalam kehidupan sehari-hari? Jawab : Pandangan pertama tidak dosa. 4. Tergantung niat laki-laki tersebut. Antara fitrah dan ego harus searah. 3. Manusia beragama seperti apa yang sesuai dengan fitrahnya? Jawab : Yaitu manusia yang memenuhi semua fitrahnya dan berusaha untuk mengembangkan serta memaksimalkan fitrahnya tersebut. Bagaimana agar potensi fitrah itu bisa optimal munculnya? Jawab : Harus dikembangkan tiap fitrahnya terlebuh dahulu.POTENSI DASAR DAN INDUK AKHLAK FITRAH BERIMAN FITRAH BERISLAM POTENSI FITRAH FITRAH BERIHSAN FITRAH BERILMU FITRAH BERAMAL SALEH POTENSI DASAR AKHLAK FITRAH BERTAKWA ASFEK RASA UNSUR EGO ASFEK RASIO ASFEK FISIK POTENSI DASAR DAN NDUK AKHLAK POTENSI EGO HIKMAH INDUK AKHLAK ASSYAJA'AH IFFAH ADIL SIFAT EGO EGO KEDIRIAN EGO KEKELUARGAAN EGO KESUKUAN EGO KEAGAMAAN EGO KEBANGSAAN EGO KENEGARAAN 1. 4 .

Apakah ada perbedaan tertentu antara seorang muslim dan muslimat dalam hal kewajiban dan haknya sebagai seorang khalifah? Jawab : Yang membedakan anatara hak dan kewajiban seorang khalifah adalah umatnya. b) Status sebagai saksiNya. Ketika kita meninggal. Karena hak yang didapatkan sesuai dengan kewajiban yang telah ditunaikan. Ketika kita lahir. 5 . Sebelum dilahirkan kita telah bersaksi bahwa Allah adalah Tuhan kita (potensi tauhid) melalui perjanjian dengan Allah (bersyahadat). Bagaimana bila seseorang sudah merasa telah melaksanakan seluruh kewajiban. itu pun merupakan proses penanaman potensi tahuid dala diri kita. Rakyat yang baik ikut mengontrol pemerintahnya. saat raga masuk keliang kubur. Ketika bhalig. harus berikrar kembali dihadapan orang banyak (bersyahadat). Maka dari mulai ruh kita diciptakan sampai hari pembalasan status kita tetap sebagai saksi Allah swt. a) Bagaimana hak kita dari pemerintah yang tidak menunaikan kewajibannya? b) Jelaskan kembali mengenai status sebagai saksi-NYA! Jawab : a) Kita wajib menuntut hak kita jika kita telah menunaikan kewajiban kita. KEWAJIBAN DAN HAK STATUS KEWAJIBAN HAK SEBAGAI SAKSI-NYA BERIKRAR MENJADI MUSLIM SEBAGAI HAMBA-NYA BERIBADAH/ TAQWA DITERIMA / BERSIH SEBAGAI KHALIFAH-NYA MEMIMPIN UMAT UMAT MENJADI MAKMUR PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. Kalau pemerintah tidak melaksanakan kewajibannya yang merupakan hak kita maka kita harus menuntut hak kita tersebut kepada pemerintah. KEWAJIBAN DAN HAK STATUS. maka hak seperti apa yang akan dia dapatkan? Jawab: Jika wadah dirinya belum bersih berarti belum melaksanakan seluruh kewajiban dengan baik. Pemerintah yang baik akan memenuhi hakhak rakyatnya. bahwa manusia mempunyai status sebagai saksi Allah swt. 3. tetapi wadah dirinya belum bersih. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita mendengar adzan.STATUS. maka potensi tauhid tersebut ditanamkan kembali melalu adzan. 2. potensi tauhid tersebut ditanamkan kembali melalui adzan yang dikumandangkan ketelinga kita.

karena keimanannya. dilihat. a) Apakah tasawuf itu sebenarnya? b) Bagaimana sikap kita mengenai anggapan bahwa kopiah itu lebih tinggi derajatnya daripada helm ketika mengendarai kendaraan? Jawab : a) Tasawuf merupakan proses pensucian diri dari pengaruh benda untuk menuju Allah atau suatu perjalanan panjang berdimensi spiritual sebagai upaya menuju Tuhan. Kegunaan dan Fungsi Sifat Umat terhadap tasawuf Bahasa Positif Thinking Istilah Objek Persoalan Tasawuf : Qalbu Manusia Negatif Thinking Netral PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. karena ia telah mencapai tingkat makrifat. Jangan menjadi orang yang terlalu panatik terhadap hal-hal yang tidak terlalu urgen.KONSEP TASAWUF KONSEP DASAR TASAWUF Wilayah Kajian dan Objek Persoalan Tasawuf Wilayah Kajian : Syariat batin Defenisi Tujuan. yakni penegasan terhadap kesaksian seorang muslim berupa pengucapan dua kalimat syahadat. Karena tasawuf bersangkutan dengan batiniah/spriritual bukan material. 2. b) Hal tersebut bukanlah kajian dalam tasawuf. mungkin karena ia sebenarnya bukan bertasawuf atau juga karena tidak mempunyai guru spiritual. 3. b) Tasawuf itu harus ada guru untuk berkonsultasi. Seorang muslim yang baik taat terhadap aturan-aturan yang berlaku selama aturan tersebut juga baik. hal tersebut beliau bicarakan kepada orang-orang awam yang tak tahu ilmunya sehingga beliau dituduh orang yang mengaku sebagai Tuhan/musyrik. Orang yang menjadi gila. dekat dan akhirnya merasa bersatu dengan Allah. a) Apakah dasar untuk bertasawuf ? b) Apa pendapat kelompok anda mengenai ada orang yang menjadi gila karena mengaku bertasawuf yang tidak tercapai? Jawab : a) Dasar bertasawuf adalah tauhid. Dari mulai merasa melihat. Hanya saja. Sehingga beliau sudah merasa bersatu dengan Allah swt. 6 . Apakah Syeh Siti Zenar sudah termasuk tasawuf? Jawab : Ya.

tidak muncul tasawuf filsafat dan ekslusif Munculnya tasawuf falsafi dan tarekat Tasawuf mulai redup. Apa yang dimaksud dengan membesar-besarkan kuburan? Jawab : Maksudnya dikalangan tasawuf banyak yang mensucikan kuburan-kuburan orang yang dianggap wali. Seperti di Mesir ada adat berhari raya setiap tahun ke kuburan seseorang yang dianggap wali dan mengantarkan surat-surat rekes ke kuburan Imam Syafi. adanya taklid dan terjadinya membesarbesarkan kuburan Banyaknya tarekat dan adanya neosufimisme PERKEMBANGAN TASAWUF Sejarah Perkembangan Tasawuf PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. 3. 4. Apa isi dari karya Ibnu Sabi’in yang berjudul Budd al Arif? Jawab : tidak tahu.i. Jelaskan mengenai karakteristik tasawuf tentang pemenuhan fana dalam realitas mutlak dan penggunaan simbol dalam pengungkapan makna yang tersirat! Jawab : Karakteristik tasawuf tentang pemenuhan fana dalam realitas mutlak dan penggunaan simbol dalam pengungkapan makna yang tersirat maksudnya adalah tarekat dalam tasawuf. tasawuf metafisik dan tasawuf ekslusif serta sudah dikenal sufi Berkembang tasawuf Sunni. Dalam suatu tarekat terdapat amalan-amalan tertentu yang dilakukan oleh para penganut tarekat tersebut. 7 . 2. Apakah bentuk penyelewengan yang terjadi pada abad ke 12 H tentang paham wasilah? Jawab : penyelewangan yang terjadi adalah membesar-besarkan kuburan orang-orang yang dianggap wali dikalangan tasawuf.PERKEMBANGAN TASAWUF Fase kesatu : Abad ke 1 dan 2 H Asal-usul dan Cikal Bakal Tasawuf Fase kedua: Abad ke 3 dan 4 H Fase ketiga : Abad ke 5 H Fase keempat: Abad ke 6 dan 7 H Fase kelima: Abad ke 8 H dan seterusnya Tasawuf Masa Kini Tasawuf belum begitu terkenal dan belum ada aliran-aliran tasawuf Berkembang tasawuf akhlaki. tetapi mungkin perkembangan dari kitab-kitab sebelumnya.

tahally dan tajally. yaitu takhally. sebelum sepenuhnya qanaah tidak bisa mencapai tawakal dan sebelum sepenuhnya tawakal tidak bisa mencapai taslim. sebagai bentuk struktur nilai yang diinternalisasikan dalam dirinya. Ada pula langkah tasawuf menurut pendapat lain. a) Apa perbedaan maqamat dan ahwal? b) Mana yang harus didahulukan antara maqamat dan ahwal? Jawab : a) Maqam merupakan upaya dan hal merupakan karunia. karena untuk mencapai maqam tertentu. karena untuk mencapai tujuan spiritual harus melalui semua rangkaian maqam yan telah dipetakan. a) Apakah struktur yang ada tersebut harus dimiliki oleh setiap mujahadah? b) Apakah struktur tersebut harus selalu berurutan seperti itu? Jawab : a) Iya.b) Harus berurutan.MAQAM DAN HAL MAQAMAT DAN AHWAL Maqamat Ahwal Definisi Struktur Definisi Struktur Bahasa Tobat Muraqabah Zuhud Mahabbah Khauf Raja' Istilah Wara Faqir Shauq Sabar Uns Syukur Tawakal Ridha Tumanianah Musyahadah Yaqin PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. harus dipenuhi terlebih dahulu syarat yang ada pada maqam tersebut. Seperti. 8 . 2. Setelah kita berusaha melakukan perjalanan spiritual (maqamat) maka barulah kita mendapatkan hal sebagai karunia dari Allah swt. b) Maqamat terlebih dahulu.

Sedangkan malaikat memang dari awal sampai kapanpun tetap akan memiliki tingkat mahabah yang tinggi. sehingga tingkat mahabbahnya dari awal penciptaan sampai akhir hayatnya tidak sama kualitasnya (naik-turun). Tujuan dan Kedudukan Konsep dan Tokoh Definisi. karena malaikat diciptakan dari cahaya dan tidak di beri hawa nafsu. sedangkan tingkat makrifat tertinggi seorang manusia biasa hanya merasa bersatu dengan Allah tetapi tidak pernah bertemu langsung dengan Allah. sehingga tingkat mahabbah malaikat dari awal penciptaannya kualitasnya akan sama sampai kapanpun. Apakah maksud dari makrifat itu menghubungkan antara hamba dengan Allah swt. 2. Sedangkan manusia diberi hawa nafsu. Nabi Muhammad memiliki tingkat makrifat yang paling tinggi karena beliau telah langsung bertemu dengan Allah.? Jawab : Bahwa orang yang sudah mencapai tingkat makrifat akan merasa bahwa dirinya bersatu dengan Allah. karena tingkat mahabbah dan makhrifah seorang nabi berbeda dengan manusia biasa. 3. 9 . Apakah mahabbah antara manusia dan malaikat itu sama? Jawab : Berbeda. Apakah jika kita sudah mencapai tingkat mahabbah dan ma’rifah berarti derajat kita sudah sama dengan nabi? Jawab : Tidak. karena memang Allah akan selalu dekat dengannya.MAHABBAH DAN MAKRIFAT MAHABBAH DAN MAKRIFAH Makrifah Mahabbah Definisi. Tujuan dan Kedudukan Konsep dan Tokoh PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. Seorang manusia untuk mencapai tingkat mahabbah harus s berjuang keras. Karena nabi adalah orang yang dipilih langsung oleh Allah.

Untuk maqam dan ahwalnya tetap sama. Seperti apakah aktivitas salafi yang coba dihidupkan kembali oleh Nurcholis Majid? Jawab : Aktivitas salafi yang dihidupkan kembali seperti tidak mengisolir diri dari kehidupan keduniaan tetapi jug bergaul dengan masyarakat umum.TASAWUF DAN MASYARAKAT MODERN TASAWUF DAN MASYARAKAT MODERN KRISIS MODERENISME TASAWUF SEBAGAI ALTERNATIF KRISIS PADA MASYARAKAT MODERN KRISIS PADA MASYARAKAT MUSLIM TAWARAN TASWUF TERHADAP MASYARAKAT MODERN TAWARAN TASAWUF TERHADAP MASYARAKAT MUSLIM PERTANYAAN DAN JAWABAN : 1. baik melalui suatu tarekat maupun non tarekat. karena tasawuf juga bisa dilakukan tanpa melalui tarekat. a) Jelaskan mengenai tasawuf sebagai jantungnya islam! b) Maka apakah setiap muslim harus bertasawuf? c) Apakah tasawuf harus selalu melalui tarekat? Jawab : a) Tasawuf dikatakan sebagai jantungnya islam maksudnya bahwa inti dalam islam itu adalah tasawuf (tauhid) yaitu membersihkan diri dari benda untuk mecapai Allah swt. 2. Jadi. islam akan tetap kokoh jika orang-orang islamnya tetap bertasawuf. perbedaannya pada metodenya. 10 . 3. c) tidak. Apa perbedaan inti dari tasawuf dulu dengan tasawuf masa sekarang? Apakah maqam dan ahwalnya berbeda? Jawab : Neosufisme merupakan kelanjutan dari tasawuf lama. b) Pada dasarnya setiap muslim memang harus bertasawuf.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful