P. 1
BAB I

BAB I

|Views: 156|Likes:

More info:

Published by: Elya Oktavia Simanjuntak on Dec 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) memiliki risiko tinggi, sebab hampir selalu karib dengan kekerasan, pelecehan seksual, penindasan, dan penganiayaan yang dilakukan majikan. Tak cukup itu, bahkan ketika masih di Tanah Air (sebelum berangkat ke luar negeri) atau sekembali dari luar negeri mereka dihadapkan pula dengan beragam pemerasan yang mewujud dalam pungutan liar. Mereka bukan tidak tahu dengan risiko itu. Tapi, karena desakan ekonomi dan tuntutan hidup, maka menjadi TKI adalah solusi instan sekaligus tawaran menggiurkan, setelah negara mereka sendiri (Indonesia) tidak lagi mempesona karena tak bisa menyejahterakan hidup mereka. Derita TKI seakan tak pernah menemukan titik henti. Di setiap tahun bahkan di setiap putaran waktu, bangsa Indonesia selalu disuguhi berita penganiayaan, pemerkosaan, gaji yang tak terbayarkan, bahkan juga kematian misterius warga negaranya yang tengah mengais rizki menjadi TKI. Tragedi Ceriyati binti Dapin, pembantu rumah tangga (PRT) asal Brebes Jawa Tengah, adalah kasus yang tengah menghangat saat ini. Ia nekat kabur dari kondominium Tamarind Lantai 15, Sentul, Kuala Lumpur karena tidak tahan dipukuli majikannya, dan selama lima bulan bekerja ia juga tidak pernah mencerap nikmatnya gaji.

1

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Tenaga Kerja Indonesia Tenaga Kerja Indonesia (disingkat TKI) adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri (seperti Malaysia, Timur Tengah, Taiwan, Australia dan Amerika Serikat) dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Namun demikian, istilah TKI seringkali dikonotasikan dengan pekerja kasar. TKI perempuan seringkali disebut Tenaga Kerja Wanita (TKW). 2.2 Devisa Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional yang diterima dan diakui oleh dunia internasional. Devisa terdiri atas valuta asing, yaitu mata uang yang dapat diterima oleh hampir semua negara di dunia (seperti US Dollar ($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling Inggris), emas, surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional, dan lainnya. Devisa yang biasanya digunakan saat ini adalah dollar amerika (usd). Fungsi devisa : Pada dasarnya devisa dapat berfungsi sebagai : 1. Alat pembayaran luar negeri (perdagangan, ekspor, impor, dan seterusnya) 2. Alat pembayaran utang luar negeri. 3. Alat pembiayaan hubungan luar negeri, misalnya perjalanan dinas, biaya korps diplomatik kedutaan dan konsultan, serta hibah (hadiah, bantuan) luar negeri. 4. Sebagai sumber pendapatan negara.

2

Pembiayaan kegiatan perdagangan luar negeri 4. misi kebudayaan. Membayar hutang pokok serta bunga hutang luar negeri 3.Sumber Devisa Bersumber Dari : 1. Kesiapan mental tersebut sangat dibutuhkan agar TKI tidak merasa terganggu dan 3 . Hadiah. syarat-syarat yang telah ditentukan oleh BP3TKI harus dipenuhi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. dll) 5. Penerimaan deviden serta bunga dari luar negeri 4. konsulat. Seorang calon TKI harus memiliki kesiapan mental sebagai pekerja di luar negeri yang jauh dari keluarga dan kampong halaman. Devisa kredit yakni adalah devisa yang diperoleh dari kredit pinjaman luar negeri 2. studi banding / perjalanan dinas pejabat Negara Jenis-Jenis / Macam-Macam Devisa : 1. Wisatawan yang belanja di dalam negeri dll Kegunaan / Manfaat Devisa : 1. Hasil ekspor barang dan jasa 5. Devisa umum yaitu devisa yang didapat dari kegiatan ekspor. bantuan atau sumbangan luar negeri 3. penjualan jasa serta bunga 2. Syarat-syarat menjadi TKI antara lain : 1. Kiriman valuta asing dari luar negeri 6. Membiayai perwakilan di luar negeri (duta besar.3 Syarat-syarat Menjadi TKI Untuk menjadi seorang TKI. Pinjaman / hutang luar negeri 2. membiayai atlit. Membeli barang atau jasa dari luar negeri (impor) 2.

Dengan begitu.kehilangan konsentrasi dalam bekerja di luar negeri termasuk menerima kenyataan yang mungkin tidak sesuai dengan harapan. 2. Untuk mengambil formulir pendaftran TKI dapat dilakukan di Kantor BP3TKI di daerah yang ditunjuk atau BNP2TKI dengan ketentuan: 1. Pengembalian formulir yang telah diisi harus dilengkapi dengan melampirkan persyaratan : 4 . Calon TKI harus mengurus dan memiliki dokumen resmi sebagai pekerja di luar negeri yang pengurusannya dilakukan dengan benar dan proses akhir dokumentasinya harus di BP3TKI. 6. Calon TKI harus memiliki pengetahuan dan keterampilan tertentu yang akan menjadi modalnya dalam menawarkan jasa sebagai pekerja. seorang calon TKI sangat dianjurkan untuk menjadi peserta asuransi agar mendapatkan jaminan diri. Menunjukan asli kartu identitas diri KTP/SIM yang bersangkutan. 5. Selaku pekerja di luar negeri. Tidak dipungut biaya (gratis). TKI mengikuti program pembekalan akhir pemberangkatan (PAP) sebelum yang bersangkutan berangkat ke luar negeri. 4. 4. Menunjukan asli Sertifikat lulus KLPT yang bersangkutan yang masih berlaku. 3. 3. TKI yang menjadi peserta asuransi akan mendapatkan bantuan jika mengalami halhal yang tidak diinginkan di luar negeri. TKI dapat mengetahui ke mana akan mengadu jika mengalami masalah ketika bekerja di luar negeri. Jika sudah berada di luar negeri. seorang TKI sangat dianjurkan untuk mencari tahu terlebih dahulu keberadaan Kantor Kedutaan Besar RI atau Konsulat Jenderal RI di negara tujuan. 2. Dalam program PAP itu akan diajarkan apa yang menjadi hak dan kewajiban seorang TKI ketika bekerja di luar negeri. Tidak dapat diwakilkan.

4. Berkas lamaran yang masuk akan di Validasi dan yang memenuhi syarat dan lengkap pasti di Sending dan tidak bayar (gratis). Asli surat keterangan sehat mental dan fisik termasuk batas pAndang dan buta dari Dokter/klinik yang telah ditunjuk. dilakukan melalui beberapa tahap : a. Suami bagi istri yang akan bekerja atau istri bagi suami yang akan bekerja ke luar negeri. Foto Copy Ijasah Pendidikan terakhir. 5.go. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm. 2. Foto copy KTP yang masih berlaku. Foto Copy Kartu Keluarga.id. Asli surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari polisi domisili calon TKI. 7.4 Prosedur Menjadi TKI Formal Prosedur untuk menjadi TKI di sektor formal yang dilakukan melalui agen TKI BERSAMA. Asli surat Ijin dari: Orang tua bagi yang belum berkeluarga atau wali bagi yang belum berkeluarga namun orang tua sudah meninggal. dan setelah itu agar pelamar mengirimkan kembali. Bagi berkas lamaran yang tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat. Nama-nama calon TKI yang sending dapat dilihat pada website: www. 6. Foto Copy Sertifikat lulus KLPT. 2. 9. Surat izin tersebut harus diketahui lurah / kepala desa domisili calon TKI.1. Pengumpulan data 5 . 3.bnp2tki.go.id untuk dilengkapi kekurangan persyaratanya. Asli tAnda bukti pendaftaran sebagai pencari kerja dari dinas kab/kota(Kartu AK I).bnp2tki. 8. akan diumumkan di website: www.

Penyelesaian persyaratan akhir Setelah calon TKI dinyatakan lulus tes kesehatan. Penyaluran dan konfirmasi Merupakan tahap penyaluran data-data calon TKI ke PJTKI terdekat. Tugas agen TKI BERSAMA hanya sampai tahap ini. b. untuk tahap selanjutnya sepenuhnya merupakan kewenangan PJTKI yang bersangkutan. proses penyaluran tersebut akan dikonfirmasi kepada calon TKI untuk mengetahui PJTKI mana yang akan menangani keberangkatan calon TKI tersebut. pihak PJTKI akan meminta untuk melakukan MCU di laboratorium ataupun klinik kesehatan yang telah di tunjuk oleh pemerintah. e. Penyelesaian persyaratan awal Pihak PJTKI yang akan menangani keberangkatan calon TKI akan memberikan beberapa dokumen yang merupakan bagian dari persyaratan awal yang harus dipenuhi sebelum melakukan medical check up. Proses selanjutnya 6 . kecuali jika biaya keberangkatan ditanggung PJTKI. Biaya MCU ini sepenuhnya harus ditanggung oleh calon TKI. d. baik pengadaan dokumen-dokumen yang diminta maupun penyelesaian pembiayaan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan penyaluran calon TKI ke PJTKI yang lokasinya berdekatan dengan alamt asal calon TKI. maka semua calon TKI harus menyelesaikan seluruh persyaratan yang telah di tetapkan. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data-data mereka yang berminat bekerja ke luar negeri. Medical check up Setelah persyaratan awal dipenuhi. f. Pengolahan data Data-data peminat kerja ke luar negeri di kelompokkan sesuai daerah asal dan Negara tujuan yang diminati. g. dengan besarnya bervariasi tergantung dari negra tujuan. c.Tahap ini dilakukan baik secara online melalui internet maupun iklan di beberapa media masa local maupun nasional.

Lamanya proses rekruitmen hingga keberangkatan bias memakan waktu antara 1-6 bulan. pekerjaan warga negaranya. serta pembekalan akhir pra pemberangkatan. Negara menjamin kesejahteraan. tanah yang subur. Sehingga kerap kali TKI sering mendapatkan perlakuan yang tidak layak seperti dihina. hak hidup. disiksa. Namun mengapa Masyarakat Indonesia lebih senang menjadi tenaga kerja diluar negeri. hasil tambang seperti emas. minyak bumi. bahkan dibunuh dengan cara yang mengenaskan. perak. menunggu visa. Sering kita dengar bahwa Tenaga Kerja Indonesia atau yang sering disebut TKI adalah Pahlawan Devisa Negara. Buruh Kasar. Yang menjadi pertanyaan mengapa Gelar Pahlawan devisa diberikan oleh pemerintah kepada TKI dan banyak LSM maupun TKI mendukung gelar tersebut disematkan kepada TKI? Apakah TKI sudah menerima perlakuan seperti layaknya seorang Pahlawan? 7 . dan sudah menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya. tembaga. pembuatan passport. uranium yang luar biasa banyaknya. 2. Pemberangkatan Pemberangkatan dilakukan setelah seluruh persayaratn dan dokumendokumen yang diperlukan telah selesai dan visa telah turun.5 TKI Sebagai Devisa Negara Dalam Konstitusi. dan yang lebih ironisnya adalah mayoritas Tenaga Kerja Indonesia bekerja di luar negeri menduduki level pekerjaan paling rendah seperti : Pembantu Rumah Tangga (PRT).Setelah seluruh persyaratan dipenuhi oleh calon TKI. Jika kita melihat Negara Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki Sumber Daya Alam (kekayaan alam) yang melimpah. h. maka proses selanjutnya akan meliputi pendidikan dan latihan.. Ditambah dengan wilayah yang begitu luas yang memungkinkan dapat terciptanya industri-industri yang dapat menyerap tenaga kerja lokal. laut yang kaya akan kekayaan hayati. tergantung cepat tidaknya pengurusan persyaratan dan turunnya visa.

Bahkan di Bandara Soekarno-Hatta.2003. Sebelumnya seluruh kegiatan operasional di bidang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri dilaksanakan oleh Ditjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN) Depnakertrans.000.TKI sering disebut sebagai pahlawan devisa karena dalam setahun bisa menghasilkan devisa 60 trilyun rupiah (2006). tetapi dalam kenyataannya. (saat ini pungutan ini sudah dilarang)." kata Ketua Pergantian Antar Waktu (PAW) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Adi Putra Tahir dalam acara Seminar Nasional Mengurai Benang Kusut Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja di Luar Negeri. Jakarta. termasuk pungutan liar yang resmi seperti punutan Rp.berdasarkan Surat Menakertrans No 437. mereka disediakan terminal tersendiri (terminal III) yang terpisah dari terminal penumpang umum. "Saya harapkan ini menjadi gerakan nasional yang rapi. TKI menjadi ajang pungli bagi para pejabat dan agen terkait. Pemisahan ini beralasan untuk melindungi TKI tetapi juga menyuburkan pungli. Sehingga kata dia pembenahan masalah penempatan dan perlindungan TKI harus menjadi gerakan nasional yang tertata baik dan sinergi. Pada tahun 2009 saja devisa TKI melalui pengiriman remitansi ke Tanah Air mencapai US$ 6.33.25. Rabu (2/6). para 8 . "TKI menyumbang devisa terbesar kedua setelah migas. bagi TKI yang pulang melalui Terminal III wajib membayar uang jasa pelayanan Rp25.000. Sumbangan devisa negara yang berasal dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih menduduki urutan kedua terbesar setelah sektor minyak dan gas (migas)..617 miliar. di Hotel Bidakara. Ia menuturkan kebijakan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih belum maksimal.HK. Pada 9 Maret 2007 kegiatan operasional di bidang Penempatan dan Perlindungan TKI di luar negeri dialihkan menjadi tanggung jawab BNP2TKI.

9 . Pilipina meraup devisa hingga 15 miliar dolar AS per tahun dan menjadi penghasil yang terbesar dari seluruh devisa yang dihasilkan oleh pemerintah Filipina. penempatan. katanya. sedangkan penempatan untuk kawasan Asia Pasifik pada sektor formal bisa mencapai 52 persen pada tahun-tahun terakhir. Nurfaizi mengatakan penempatan TKI di sektor informal masih mendominasi hingga 78 persen. "Hasil. dalam seminar tentang TKI yang diselenggarakan oleh Kadin di Jakarta. Rabu (2/6).004 orang. bahkan perlindungannya. tapi juga meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja di dalam negeri. Nurfaizi yang juga Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa TKI (APJATI) itu membandingkan dengan Filipina yang telah menempatkan 10 persen dari jumlah penduduknya untuk bekerja di luar negeri. penempatan TKI telah mencapai empat juta orang dan ditargetkan bertambah empat juta orang pada dua tahun mendatang. banyaknya TKI yang bekerja ke luar negeri tidak terlepas dari penyediaan lapangan kerja oleh pemerintah yang masih terbatas. Indonesia bisa menempatkan tenaga kerja luar negeri (TKI) sampai 10 juta orang atau sekitar lima persen dari jumlah penduduknya. ada peningkatan jumlah penempatan TKI yang tidak hanya dilihat sebagai keberhasilan program penempatan TKI. Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri jumlah TKI yang bekerja di luar negeri mencapai 3.690 orang menjadi 696. Perlu perhatian khusus mulai dari perekrutan." katanya. Peningkatan jumlah penempatan TKI dengan pertumbuhan 21 persen per tahun mulai dari 2004 yang berjumlah 380." jelas Adi. Menurut Adi.stakeholder harus berjalan sinergis. "Itu bila didukung semua pihak dan komitmen pemerintah yang konsisten. Secara umum." katanya. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir.246 juta orang tersebar di banyak negara. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komite Tetap Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri Kadin. Dari jumlah itu hingga tahun 2009 kasus TKI bermasalah mencapai 69. katanya. Nurfaizi. Laju pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan mencapai 6% masih belum mengangkat ketersediaan lapangan kerja di tanah air.743 orang pada 2007 dengan negara tujuan Timur Tengah dan Asia Pasifik.

penganiayaan.004 TKI yang bermasalah selama tahun 2009. 1. dan sebagainya.800 riyal dan 140. mengatakan ada 2. Lutfi Rauf. Untuk kasus-kasus TKI antara lain gaji yang tidak dibayar.8 juta orang TKI pada kurun 20052009 dengan "remittance" (pengiriman uang TKI ke dalam negeri) mencapai 6. "trafficking" (perdagangan manusia). Mari Kita lihat Apa Arti Pahlawan Yang Sebenarnya Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia. pelecehan seksual. kasus pembunuhan. Pemerintah RI belum memiliki perjanjian bilateral dengan semua negara penempatan TKI. pengiriman TKI secara ilegal. Menlu Marty Natalegawa dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI pada 2 Desember 2009 mengatakan masalah perlindungan WNI di luar negeri adalah prioritas Kemlu. Selama 2009. Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. kecelakaan kerja. tanda jasa dan tanda kehormatan. dalam ketentuan umum dikatakan bahwa Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan 10 .750 dolar AS dan 326.941. Pada Januari .736.845 dirham Uni Emirat Arab.000 dolar Singapura.Mengutip data Kemnakertrans. Lutfi mengatakan kendala yang mereka temukan dalam perlindungan WNI antara lain tidak dipatuhinya aturan dan perundangan. Rp185.416 dolar AS. pelanggaran keimigrasian. Kemlu berkoordinasi dengan Perwakilan RI telah berhasil mengupayakan pemenuhan hak-hak normatif TKI yang mengalami permasalahan di luar negeri dengan hak-hak normatif yang terhimpun mencapai 438.Mei 2010. gaji dibayar rendah. dan TKI yang tidak kompeten. Kemlu dan Perwakilan RI berhasil memfasilitasi pemenuhan hak-hak normatif TKI sebanyak 156. Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri. Kemudian berdasarkan Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2009 tentang gelar.617 dolar AS pada 2009 dengan 69.495 dolar Singapura. pejuang yang gagah berani. 4.

Bintang Republik Indonesia Adipradana 3. Tanda Kehormatan Bintang Republik yang terdiri atas 5 (lima) kelas. Bintang Republik Indonesia Utama 4. Bintang Mahaputera Adipradana 3. Bintang Republik Indonesia Pratama 5. apakah TKI kita selama ini sudah diperlakukan selayaknya seorang pahlawan oleh pemerintah? Apakah ada salah satu dari TKI kita yang diberikan gelar kepahlawanan sebagai perhargaan pahlawan Devisa Negara? Cara negara memperlakukan seorang pahlawan yang sering kita lihat bersama adalah dengan memberikan penganugerahan bintang jasa kepahlawanan. Bintang Mahaputera Utama 4.di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur atau meninggal dunia demi membela bangsa dan negara. Bintang Mahaputera Adipurna 2. Bintang Mahaputera Nararya Silahkan anda lihat. memasukan namanya dan tindakannya dalam museum kepahlawanan dan membangun monumen / patung agar dapat terkenang sepanjang masa 11 . Bintang Republik Indonesia Nararya Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera yang terdiri atas 5 (lima) kelas. atau yang semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia. yakni : 1. Bintang Mahaputera Pratama 5. Bintang Republik Indonesia Adipurna 2. mengabadikan namanya sebagai nama jalan. yakni : 1.

disiksa. banyak orang. niat bekerja ke luar negeri tak pernah surut. Apakah hal ini lebih tepat jika dikatakan bahwa TKI adalah Sapi Perah Negara. dibunuh di negara lain.6 Pahlawan Devisa yang Teraniaya Akar persoalan TKI adalah kemiskinan.. namun yang terjadi adalah pemerintah hanya diam. LSM yang mengaku pembela nasib TKI yang mendukung kebohongan yang dilakukan oleh pemerintah dengan terus mengatakan bahwa TKI adalah Pahlawan Devisa Negara. seharusnya pemerintah memperlakukan seluruh TKI layaknya seorang pahlawan. Coba kita melihat secara cermat. karena tidak mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi warganya. „Batu‟ 12 . sebenarnya pemerintah sedang menggadaikan warga negaranya menjadi pekerja di negara lain. karena tidak mampu mengelola kekayaan negara sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan kemudian mendapatkan kompensasi pajak yang sering disebut devisa negara. lebih baik hujan batu di negeri sendiri. „hujan batu‟ itu sudah tak bias diterima lagi. untuk menutupi kegagalan pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi warganya. 2. Negara gagal mensejahterakan rakyatnya dan mencari jalan pintas untuk menutupi kebobrokan itu. meski berbagai kasus menimpa TKI. Buktinya. Ironisnya.?? Jika memang benar gelar pahlawan devisa itu diberikan kepada TKI.” tak berlaku bagi para tenaga kerja Indonesia yang mengais rezeki ke luar negeri. Bias jadi. bahkan terlihat tidak perduli terhadap nasib TKI "pahlawan devisa" yang terlantar. Gelar tersebut diberikan agar orang yang bekerja sebagai TKI bangga karena dirinya adalah seorang pahlawan penghasil devisa untuk negaranya. Seperti kata pepatah : “daripada hujan emas di negeri orang.Gelar Pahlawan Devisa Negara yang diberikan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kita adalah merupakan pembohongan publik yang merupakan strategi pemerintah dengan sengaja membuat stigma "pahlawan" agar melekat dalam diri para TKI.

39 Tahun 2004. Sekretaris Utama.I. Informasi. Pembekalan akhir pemberangkatan. Inspektorat. penyelesaian masalah. dan melakukan pengawasan mengenai :Dokumen. No. Mereka tak mampu lagi mencari alternative lain guna mencukupi kebutuhan hidupnya. tapi „batu‟ gunung yang besar. Jabatan Kepala BNP2TKI adalah Jabatan Negara. BNP2TKI melakukan penempatan atas dasar perjanjian secara tertulis antara Pemerintah dengan Pemerintah Negara Pengguna Tenaga Kerja Indonesia. BNP2TKI merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi. Fungsi BNP2TKI adalah melaksanakan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan TKI di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi. pemberangkatan sampai pemulangan. 13 .81 Tahun 2006 tentang Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia. Kepala BNP2TKI dapat dijabat oleh bukan Pegawai Negeri. melalui Peraturan Presiden R.7 BNP2TKI Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. Deputi Bidang Perlindungan. atau Pengguna berbadan hukum di Negara tujuan penempatan. pengkoordinasian. 2. tentang Penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Tugas lainnya yakni memberikan pelayanan. peningkatan kualitas calon TKI. Dalam melaksanakan fungsi dan tugas BNP2TKI dikoordinasikan oleh Menteri yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan. dan peningkatan kesejahteraan TKI dan keluarganya. sumbersumber pembiayaan. Organisasi BNP2TKI terdiri atas Kepala BNP2TKI.yang turun dari langit tak lagi batu kerikil. Deputi Bidang Penempatan. kualitas pelaksanaan penempatan TKI. selain jadi TKI kendati harus berkorban. meninggalkan keluarga dan kehilangan nyawa.

Deputi Bidang Perlindungan merumuskan. Kemudahan pelayanan dilakukan bersama-sama dengan instansi pemerintah terkait baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. dan mengawasi pelaksanaan kebijakan teknis di bidang penempatan dan perlindungan TKI untuk kerjasama bilateral. regional dan multilateral di tingkat Pertemuan Pejabat Tinggi. dan sampai dengan pemulangan. serta melakukan promosi TKI. regional dan multiteral. Merumuskan. melaksanakan. dan penyiapan penempatan.dan dilengkapai dengan Balai-Balai Pelayanan dan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI). Menteri dan Kepala Negara/Pemerintahan. dan mengawasi pelaksanaan kebijakan teknis penempatan TKI di luar negeri meliputi penyuluhan. serta Pos-Pos Pelayanan. Bidang tugas masing- 14 . serta melakukan promosi TKI. perekrutan. Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi mempunyai tugas Menyiapkan bahan teknis di bidang penempatan dan perlindungan TKI untuk kerjasama bilateral. mengkoordinasikan. Menteri dan Kepala Negara/Pemerintahan. Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) mempunyai tugas memberikan kemudahan pelayanan pemrosesan seluruh dokumen penempatan. mengkoordinasikan. perlindungan dan penyelesaian masalah TKI secara terkoordinasi dan terintegrasi di wilayah kerja masing-masing BP3TKI. Deputi Bidang Penempatan mempunyai tugas melakukan penempatan atas dasar perjanjian secara tertulis antara Pemerintah dengan Pemerintah Negara Pengguna TKI dan/atau Pengguna berbadan hokum di Negara tujuan penempatan atau Negara tujuan yang mempunyai peraturan perundang-undangan yang melindungi tenaga kerja asing. Merumuskan. di tingkat Pertemuan Pejabat Tinggi. selama penempatan. melaksanakan. melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan kebijakan teknis perlindungan TKI yang meliputi standardisasi sosialisasi dan pelaksanaan perlindungan mulai dari pra pemberangkatan. mengkoordinasikan.

Hubungan Luar Negeri. dikoordinasikan oleh BP3TKI. Market Intelligence. Untuk melaksanakan fungsi-fungsinya di BNP2TKI seperti keimigrasian. Pos Pelayanan dipimpin oleh seorang Koordinator. Bidang Tugas Hubungan Luar Negeri yaitu Pengesahan Job Order/Demand Letter/Visa/Wakalah. Bidang Tugas Kesehatan yaitu pemeriksaan awal kesehatan CTKI. Kepala BNP2TKI dapat mengangkat tenaga Profesional paling banyak 5 orang yang berfungsi untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala BNP2TKIdalam perumusan kebijakan teknis penempatan dan perlindungan TKI. Perjanjian Kerjasama dengan Negara penerima TKI. Bidang Tugas Administrasi Kependudukan yaitu Dokumen jatidiri/KTP. keimigrasian. seperti namanya Pos Pelayanan akan melakukan pelayanan untuk memperlancar pemberangkatan dan pemulangan TKI. Wakil-wakil Intansi Pemerintah Terkait (Di Luar Bidang Tugas Ketenagakerjaan). Pos Pelayanan dibentuk dalam rangka kelancaran pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan TKI di pintu-pintu embarkasi dan clebarkasi. Penyediaan kloter khusus TKI untuk pelayanan imigrasi di embarkasi dan debarkasi. Bidang Tugas Keimigrasian yaitu Penerbitan Paspor di daerah. Kepolisian dan Perhubungan. Sementara. fasilitas penyediaan bantuan hukum bagi TKI di LN. Bidang Tugas Perhubungan yaitu penyediaan layanan TKI di embarkasi dan debarkasi. Penempatan liason officer di Negara penempatan TKI. Sedangkan Kepolisian melakukan pencegahan dan penindakan praktek percaloan TKI di daerah serta melakukan tindakan preventif dan represif bagi calo dan premanisme di embarkasi dan debarkasi. 15 . kepolisian dan bidang lain yang dianggap perlu. dan Pembentukan Citzzen Services/Atase Ketenagakerjaan di Negara Penerima TKI. Administrasi Kependudukan. verifikasi dokumen kependudukan. Pemeriksanaan lanjutan kesehatan khusus sesuai permintaan Negara penempatan CTKI. kesehatan. Kesehatan.masing instansi pemerintah meliputi ketenagakerjaan.

Untuk wilayah Asia Pasifik. misalnya. Taiwan dan Singapura. tiga Negara utama penyerap TKI adalah Malaysia. Hal ini dapat dilihat. TKI memang dapat memberikan pemasukan bagi Negara dan meningkatkan kesejahteraan rumahtangga TKI. sebagian besar TKI ditempatkan di dua kawasan utama yaitu Asia Pasifik dan Timur Tengah. Selanjutnya dilihat berdasarkan kawasan tujuan penempatan TKI. Berkaitan dengan besarnya TKI yang memilih Malaysia sebagai Negara tujuan. Di samping adanya kesempatan kerja di luar nergeri yang lebih besar. secara geografis Malaysia merupakan 16 .8 Antar Kerja Antar Negara Antar kerja antar Negara (AKAN) juga tidak kalah penting untuk dianalisis mengingat kontribusi pekerja kategori ini yang umumnya dikenal dengan TKI terhadap perekonomian nasional mungkin cukup signifikan. Pertama.Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 2/M/2007 tanggal 11 Januari 2007. tetapi di sisi lain meningkatnya jumlah TKI dari waktu ke waktu juga dapat mengindikasikan berapa hal. sementara hanya sebagian kecil yang ditempatkan di wilayah Eropa. Di satu sisi. pada besarnya pemasukan devisa bagi Negara yang berasal dari TKI yang dikirim ke keluarganya di Indonesia. ada beberapa factor yang mungkin dapat menjelaskan. 2. telah ditetapkan Moh. Jumhur Hidayat sebagai Kepala BNP2TKI. sedangkan untuk kawasan Timur Tengah sebagian besar TKI utamanya ditempatkan di Saudi Arabia. kesempatan kerja yang tersedia di dalam negeri terbatas. meskipun pemerintah telah berupaya menaikkan tingkat upah minimum di semua propinsi setiap tahunnya. Pola tersebut hampir tidak berubah dari tahun ke tahun. Uni Emirat Arab dan Kuwait. Pertama. Kedua. faktor tingkat upah mungkin menjadi daya tarik yang lebih besar bagi sejumlah pencari kerja untuk memperoleh pekerjaan dengan tingkat upah yang jauh lebih baik. Susahnya mencari kerja di dalam negeri ini dapat mendorong para pencari kerja untuk mencoba mengadu nasib mereka di luar negeri yang member peluang kerja yang lebih besar. upah tenaga kerja di luar negeri yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat upah di dalam negeri.

26 milyar di tahun 1997 menjadi AS$5. Karena itu TKI juga sering dijuluki pahlawan devisa negara. meskipun UU No. Sejumlah langkah kebijakan pemerintah untuk melindungi TKI di luar negeri belum banyak terlihat.Negara tentangga terdekat Indonesia. 39 tahun 2004 tetang Penempatan dan 17 .7 milyar pada tahun 2006 (IOM 2008). sementara hanya sebagian kecil yang bekerja di sector informal pembantu rumahtangga. Berdasarkan catatan Bank Dunia. bukannya tidak ada permasalahan yang muncul. Berbagai masalah yang menimpa tenaga kerja Indonesia yang sebagian besar adalah wanita sering diungkap berbagai media. Transportasi yang relatif mudah. keluarga TKI akhirnya menjadi tergantung pada pengiriman uang dan akibatnya para TKI terjebak dalam siklus migrasi. Hal ini sangat berbeda dengan yang ditemukan di Negara lain seperti Filipina dimana pengiriman uang diinvestasikan untuk meningkatkan kesejahteraan malalui kegiatan produktif. Sementara itu. cepat dan murah untuk mencapai Malaysia mungkin menjadi pertimbangan utama TKI. Selain itu. membangun rumah. bahasa tampaknya juga tidak menjadi kendala yang menjadikan TKI cepat beradaptasi dan mudah berkomunikasi. pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia di luar negeri meningkat dari AS$1. dengan adanya pola penggunaan uang kiriman oleh TKI yang umumnya untuk konsumsi bukan untuk kegiatan produktif. IOM juga mencatat bahwa migran Indonesia (TKI) cenderung menggunakan uang kiriman untuk membayar hutang. Meskipun TKI telah memberikan kontribusi ekonomi yang cukup besar bagi Negara. Kontribusi TKI terhadap perekonomian Negara cukup signifikan khususnya dalam hal pemasukan devisa. Kasus yang menimpa TKI masih terus menerus terjadi dengan jenis kasus yang kurang lebih sama. membeli barang mewah dan konsumsi keluarga yang tinggal di Indonesia. Sebagian besar dari TKI yang bekerja di Malaysia ditempatkan di sektor formal (68 persen). tingginya jumlah TKI ke Arab Saudi dikarenakan adanya permintaan yang cukup tinggi akan pembantu rumahtangga seperti diindikasikan oleh dominasi pekerja wanita (sekitar 90 persen) dan sebagian besar mereka bekerja di sektor informal (lebih dari 95 persen) yang diduga sebagian besar didominasi pekerja rumahtangga. Berdasarkan data yang ada.

(iv) tidak tercatat dalam daftar data sebanyak 5 PPTKIS. Sayangnya. hanya 328 PPTKIS (68. paspor ditahan majikan. Barangkali peraturan-peraturan yang ketat terhadap perusahaan pengirim tenaga kerja ke luar negeri (PPTKIS) menjadi langkah yang penting untuk perlindungan TKI di luar negeri. Studi lain yang dilakukan oleh Fadjri (2007) menemukan beberapa permasalahan lain. 18 . (v) ditemukan diluar daerah yang tercatat sebanyak 6 PPTKIS. tidak diberikan tiket pulang. pelecehan seksual. Selain itu peran pemerintah juga masih terbatas khususnya dalam hal perlindungan TKI di Negara penempatan. banyak di antara mereka yang tidak menyelesaikan kontrak kerja (42 persen).9%) yang dapat dievaluasi. dan (vi) tidak kooperatif sebanyak 27 PPTKIS. (ii) belum aktif sebaik 5 PPTKIS. Karena pada umumnya TKI berpendidikan rendah dan berasala dari daerah perdesaan serta tidak memahami perjanjian kontrak kerja. gaji tidak dibayar dan sebagainya (Fadjri 2007). yaitu 148 (31. sementara sekitar 16 persen mengalami berbagai masalah seperti tindak kekerasan. antara lain karena beberapa alasan: (i) tidak ditemukan sebanyak 82 PPTKIS.1%) tidak dapat dievaluasi . Temuan menarik lain dari studi studi Guk-Guk adalah bahwa dari 476 PPTKIS yang diteliti.Perlindungan TKI telah diundangkan. (iii) tidak aktif sebanyak 23 PPTKIS. Catatan penting lain dari hasil studi tersebut adalah adanya trend penempatan yang belum banyak berubah karena masih banyak didominasi oleh pekerja rumahtangga (pembantu rumahtangga). berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Guk Guk (2006) tentang kinerja PPTKIS menyimpulkan bahwa kurang dari 50% PPTKIS yang berkinerja baik dan cukup baik (6% berkinerja baik dan 40% berkinerja cukup baik). Sisanya. Beberapa permasalahan tersebut muncul utamanya mungkin disebabkan karena keterbatasan kemampuan TKI untuk memperoleh pembekalan pelatihan dan pembekalan akhir pemberangkatan seperti yang terungkap diungkapkan dalam studi oleh Fadjri.

Lalu. Pembunuhan itu dilakukan dengan cara membacok kepala korban beberapa kali dengan pisau jagal dan kemudian dilanjutkan dengan menusuk leher korban dengan pisau dapur.2. Usahanya untuk turun kurang berhasil karena dia berhenti pada lantai 6 dan akhirnya harus ditolong petugas Pemadam Kebakaran setempat. Sementara itu. Dalam usahanya untuk turun Ceriyati menggunakan tali yang dibuatnya sendiri dari rangkaian kain. 19 . pihak keluarga bertekad akan mengirimkan surat permohonan bantuan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk dapat memulangkan jenazah. Mereka prihatin dengan peristiwa yang dialami Ruyati. b. Ceriyati Ceriyati adalah seorang TKW di Malaysia yang mencoba kabur dari apartemen majikannya. Ruyati tewas dihukum pancung di Arab Saudi akibat perbuatannya itu. Ruyati Ruyati adalah seorang TKW asal Bekasi. Dia berusaha membunuh ibu majikannya yang bernama Khairiyah Hamid yang berusia 64 tahun karena merasa tidak tahan dengan kekejamannya. [1] Pada 18 Juni 2011. Ceriyati berusaha turun dari lantai 15 apartemen majikannya karena tidak tahan terhadap siksaan yang dilakukan kepadanya. Keluarganya tetap meminta jenazah Ruyati untuk dipulangkan dan dimakamkan oleh pihak keluarga. Bahkan. dan segera menyadarkan pemerintah kedua negara adanya pengaturan yang salah dalam pengelolaan TKI.9 Kasus-kasus TKI Beberapa kasus yang melibatkan TKI: a. Jawa Barat di Arab Saudi yang membunuh majikannya. Tetapi kisahnya dan juga gambarnya (terjebak di lantai 6 gedung bertingkat) menjadi headline surat kabar Indonesia serta Malaysia. Ruyati melaporkannya ke KJRI di Jeddah. suasana di rumah duka terus didatangi para pelayat dari kerabat dan warga sekitar.

Dia terancam hukuman mati karena membunuh. Darsem belum sepenuhnya bebas dari hukuman secara maksimal meski telah membayar tebusan.[3] c. Ia mengemukakan itu menjawab pertanyaan anggota dewan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR di Jakarta. Saat ini Darsem sedang memasuki sidang umum. "Uang itu hanya untuk membebaskan Darsem dari hukum pancung.7 miliar. TKI yang dijatuhi hukuman pancung di Arab Saudi. 20 ." urai Gatot. Terkait keyakinan pemulangan jenazah Ruyati. setelah uang tebusan itu dibayarkan." kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi. Darsem Seorang TKW asal Subang.Kedutaan Besar Indonesia untuk Arab Saudi Gatot Abdullah Mansyur. Gatot Abdullah Mansyur saat melakukan rapat dengan pendapat dengan Komisi I Bidang Luar Negeri di Jakarta. Rupanya. Kamis (23/6). Meski demikian. "Apakah terganggu dengan pembunuhan yang dilakukannya. Menurut Gatot. belum bisa memastikan pemulangan jenazah Ruyati ke Tanah Air. bisa dikembalikan ke Tanah Air dan diserahkan kepada keluarga. Hukuman ini dapat diperingan dengan membayar diyat atau tebusan senilai Rp4. Jawa Barat di Arab Saudi yang membunuh majikannya. pemerintah Arab Saudi akan menanyakan kepada keluarga korban dan masyarakat. berdasarkan sejarah selama ini korban pemancungan tidak ada yang pernah bisa kembali ke tanah airnya. maka Darsem terancam hukuman 6 atau 10 tahun penjara. Kamis 23 Juni 2011. Jika keluarga dan masyarakat menyatakan terganggu dengan perbuatan Darsem. pihaknya terus melakukan upaya agar jenazah Ruyati.

f. Pungutan Liar di KBRI/KJRI Malaysia Para warga negara Indonesia yang ingin memperoleh pelayanan keimigrasian dimana kebanyakan dari mereka adalah TKI yang bekerja di Malaysia. TKI Dihukum gara-gara Menyimpan Rokok Supriadi seorang pekerja Indonesia yg bekerja di Brunei Darussalam dihukum oleh Mahkamah Brunei Darussalam pada tgl 12 Januari 2011 atas kesalahan memiliki barang selundupan rokok sebanyak 731 slop yang ditemukan oleh petugas Bea Cukai Brunei Darussalam di Toko Syarikat Nur Abdaa. untuk SK pungutan tinggi ditunjukan sewaktu memungut biaya. Potongan ini disebutkan sebagai biaya penempatan dan "bea jasa" yang diklaim oleh PJTKI dari para TKI yang dikirimkannya.d. Tidak sedikit TKI yang terpaksa menyerahkan seluruh gajinya dan harus bekerja tanpa gaji selama berbulan-bulan. Pungli ini berawal dari PPATK yang mencium aliran dana tidak wajar dari para pegawai negeri di Konjen Penang pada Oktober 2005.Erick Hikmat Setiawan (kepala KJRI Penang) dan M Khusnul Yakin Payapo (Kepala Subbidang Imigrasi Konjen RIPenang). bahkan ada yang sampai sembilan bulan gaji. Pungli ini menyeret para pejabat ke meja hijau. Bandar Seri Begawan pada tgl 12 Desember 2010 pagi . pungutan serupa juga terjadi di KBRI Kuala Lumpur. sedangkan SK pungutan rendah digunakan sewaktu menyetor uang pungutan kepada negara. mulai dari tiga bulan sampai tujuh. Besarnya potongan bervariasi.[4] e. dikemudian hari terungkap. dibebani tarif pungutan liar. Praktik ini memunculkan kesan bahwa TKI adalah bentuk perbudakan yang paling aktual di Indonesia. Pemotongan Gaji Ilegal Hampir semua TKI atau buruh migran Indonesia mengalami potongan gaji secara ilegal. Dengan 21 . termasuk mantan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hadi A Wayarabi. Modusnya adalah terbitnya SK/Surat Keputusan ganda.[3] Erick Hikmat Setiawan divonis 20 bulan penjara. bangunan bertingkat.

22 . Pola tersebut masih ditemui pada saat ini. namun keburu ditangkap oleh petugas Bea Cukai yang sedang mengadakan inspeksi di toko tersebut.10 Dampak Positif dan Negatif Pengiriman TKI 1. rokok2 tersebut adalah titipan temannya. Supriadi mengaku rokok-rokok tersebut bukan untuk dijual belikan tetapi untuk konsumsi sendiri dan teman2nya. di Kabupaten Cilacap terjadi juga migrasi pekerja ke luar negeri yang menunjukan jumlah yang terus bertambah tiap tahunnya. Supriadi dikenakan denda sebanyak B$23. Perusahaan pengerah tenaga kerja memperkerajkan tenaga kerja dengan sistem kontrak atau “outsourching”.000 atau delapan bulan penjara. Samsul yg bekerja sebagai tukang urut. 2. serta sudah mulai merambah ke beberapa negara di Eropa. Secara kebetulan Supriadi hendak ke toko untuk memeriksa rokok-rokok tersebut. Amerika Utara dan Australia. Berdasarkan kondisi tersebut dirumuskan problem statemen: dampak positif dan dampak negatif dari pengiriman tenaga kerja Indonesia. Bila melihat sejarah. Jumlah perusahaan pengerah tenaga kerja mencapai ratusan perusahaan. Dampak Positif Seiring dengan maraknya migrasi tenaga kerja internasional beberapa tahun terakhir dari Indonesia ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Kini model ini makin marak. Asia Timur dan Timur Tengah. Jumlah TKI yang dikirim mencapai jutaan orang. Menurut pengakuannya.kesalahannya tersebut. Sebagai akibat dari tingginya upah tersebut. Pola perekrutan adalah menggunakan sistem kerja kontrak. Upah yang lebih memadai di negara asing menjadi salah satu penyebab kegiatan tersebut terus berlangsung. pengiriman remitan sebagai salah satu hasil kerja di daerah asal juga semakin meningkat. Pengiriman tenaga kerja ke luar negeri sudah ada pada tahun 1890.

Selebihnya ilegal. dan rawan pelanggaran hak asasi manusia. Mampu menggerakkan roda perekonomian kampung halaman. Yang tercatat hanya 1. Tahun 2008 TKI menyumbang devisa bagi negara 82 triliun.000 TKI di Malaysia yang melewati perusahaan pemasok tenaga kerja (“outsourching”) dari sedikitnya 2. Dengan kriteria kinerja TKI yang baik menjadi kontribusi positif bagi peningkatkan produktifitas negara tujuan . Terlepas dari pengelolaan TKI diluar negeri secara benar atau salah. Pekerja migran mengirim upahnya untuk memperbaiki rumah di kampung halaman.2 juta TKI. membantu biaya pendidikan anggota keluarganya. kalah atau kurang memenuhi syarat namun punya semangat tinggi untuk mencari penghidupan di negeri lain lantaran desakan ekonomi. Pekerja migran adalah pahlawan. Banyaknya korban yang di alami TKI di luar negeri menunjukkan bahwa Para pengusaha jasa tenaga kerja belum memberikan jaminan terhadap keselamatan TKI. Persaingan akan melahirkan siapa yang paling kuat. trampil dan mampu beradaptasi mudah mendapat pekerjaan. Harapan TKI memperoleh penghasilan yang layak pun akan memberi dampak positif bagi pembangunan di tanah air. terbukti bahwa Pekerja migran telah menjadi pahlawan devisa bagi bangsa. Mereka berjasa bagi keluarga.Itu artinya persaingan. Sehingga trend yang muncul adalah perusahaan pengerah tenaga kerja hanya mengejar profit semata. Kaum inilah yang rentan terhadap pelanggaran hak asasi manusia. Tapi sebaliknya makin banyak calon TKI yang terpinggirkan.2 juta TKI. membeli sawah. TKI memberi nilai tambah bagi keluarganya. Padahal kalau dikelola dengan profesional. Pembinaan serama proses berlangsung (pra pemberangkatan hingga pemulangan TKI kembali ke Indonesia) berjalan denganbaik dapat meningkatkan kinerja TKI di luar negeri. TKI bekerja lebih 23 . Pengawasan berjalan dengan baik. dan bangsa. pintar. Tahun ini ada 70.

air yang melimpah. Meski di Malyasia dimana jumlah TKI terbanyak berada di sana masih sering musibah bagi TKI. Keberadaan tenaga kerja migran di luar negeri membantu negara tujuan pekerja migran. khususnya di Malaysia. nepotisme. Ternyata pengiriman tenega kerja ke luar negeri bila dikelola dengan baik dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja. Bencana terbesar kedua yang menyebabkan buruknya SDM kita diluar negeri adalah masih adanya praktik tata kelola perusahaan dan pemerintahan yang tidak bersih. sogok. sehingga TKI nekat bekerja dengan upah yang rendah. Menjadi sapi perahan para majikan di luar negeri. di satu sisi tenaganya dipakai dan di sisi lain mereka dikejar polisi Malaysia. Keterlibatan atau campur tangan pemerintah RI di Hongkong yang memberi pembekalan. tumbuh-tumbuhan yang tahan penyakit. Lantaran banyak tenaga kerja migran yang tidak melalui prosesdur resmi menjadi sasaran empuk bagi pengguna. maka urusan TKI atau buruh migran dapat 24 . Baru-baru ada sedikit kabar gembira karena Pemerintah Malaysia yang dicap buruk dalam penanganan tenaga kerja asing di telingan dunia internasional akan memberlakukan 1 hari istrahat bagi pekerja informal dari Indonesia. menguasai teknologi pertanian. pungli. Seandainya penduduk memiliki lahan garapan yang subur. pengalaman dan pengetahuan. Para pekerja migran ini. Pengelolaan tenaga kerja di luar negeri yang berhasil adalah Hongkong. Seperti praktik korupsi. Keberadaan mereka yang bersedia bekerja kasar dan berupah murah menjadi pilihan majikan. Kondisi itu membuat mereka memiliki posisi tawar lemah.dari 8 jam sehari diupah 300 ringgit – 450 ringgit (1 juta – 1. perhatian terhadap tenaga kerja Indonesia berhasil mewujudkan mimpi pemuda Indonesia untuk mengumpulkan uang. harga hasil pertanian yang kompetitif. kita juga perlu mengangkat jempol karena masih ada lokasi tujuan TKI yang positif bagi TKI. perlindungan.3 juta rupiah) per bulan.

Karena sekali lagi penulis nilai penduduk desa sesungguhnya mencintai tanah kelahirannya. Karena pengiriman tenaga kerja ke luar negeri sesuangguhnya dialami oleh semua negera. 25 . Yakinlah bangsa kita akan dipuji karena menjadi bangsa yang pandai mencetak SDM tangguh. membunuh . bangunana dan pabrik. Karena mereka tinggal di bedeng yang lembab. Dampak Negatif Mengirim tenaga ke luar negeri sesunggunya netral. TKI yang mayoritas ilegal tersebut sesungguhnya juga tidak mendapatkan upah yang layak di negeri orang karena banyak kena pungli oleh oknum. Korban TKI meninggal dunia di Malaysia tahun 2007-2008 hingga Maret 2009 mencapai 40 orang per bulan.dikurangi atau dihilangkan. Penyebab penyakit di Malaysia paling besar karena radang paru-paru. sakit akibat kerja. Yang bermasalah adalah pengelolaannya. penganiayaan. Penduduk Desa akan lebih nyaman menggarap sawah. berpengalaman. diperkosa. ladang atau sebagai nelayan bila mereka memperoleh keuntungan dari pekerjaan mereka. digantung. ahli di bidangnya ke luar negeri akan digaji sesuai pasar yang berlaku. 2. khususnya pekerja perkebunan. komunikasi kurang lancar. dipenjara. gaji tak dibayar. pekerjaan tidak sesuai perjanjian kerja. bunuh diri. Kasus yang muncul berbagai bentuk. pelecehan seksual. Masalah pengerahan tenaga kerja ke luar negeri tidak bisa dihentikan begitu saja. Sudah tidak terhitung penderitaan warga negera Indonesia di luar negeri ketika mengadu nasib sebagai tenaga kerja. Justru kalau bisa mengirimkan sebanyak mungkin tenaga terdidik. Bahkan masyarakat kita memiliki persepsi senang dan bangga bila tempat kerjanya memiliki konsultan asing. seperti TKI yang dibunuh.

penguasaan bahasa asing. Pengadilan di Arab Saudi menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara kepada mantan majikan Sumiati binti Salan. Sumiati kini dibolehkan meninggalkan RS King Fahd. Hatab Bin Soleh. Sumiati diperkirakan akan berada di rumah sakit selama dua minggu. pembantu rumah tangga di Madinah Al Munawwarah. Yang jelas. Arab Saudi. hampir 70% TKI lulusan sekolah dasar (SD). Contohnya. Prosedur yang profesional mengenai pengelolaan TKI ke luar negeri masih lemah. berpendidikan rendah. yang mengalami penyiksaan oleh majikannya akan menjalani operasi paru-paru. juru bicara Kementerian Tenaga Kerja Arab Saudi. dengan bekal pendidikan dan keterampilan minim. Siapa pun mereka. bekerja profesi apapun. melalui proses pengiriman ilegal. Sumiati kemudian mengalami penyiksaan di Madinah. bahkan ada kasus ternyata ditemukan TKI buta huruf. menambah usia Sumiati menjadi lima tahun lebih tua. kini dirawat di sebuah rumah sakit di Madinah. Nusa Tenggara Barat itu masih di bawah umur. minta kasus yang menimpa Sumiati tidak digeneralisasikan atau disamaratakan karena kasus itu adalah perilaku buruk oknum majikan dan bukan seluruh majikan. Sumiati. berpotensi menimbulkan masalah. Penderitaan TKI di luar negeri terus berulang sepanjang tahun. Orang yang 26 . Mataram. Pihak Agen atau sponsor diduga telah mengubah dokumen Sumiati binti Abdul Salam. Dan sepanjang tahun juga pengiriman TKI terus berlangsung. Madinah. di mana bibirnya terpotong.Kasus warga negera Indonesia di luar negeri mayoritas diborong oleh tenaga kerja indonesia yang lemah dalam penguasaan keterampilan. Tahun 2010 lalu. hidungnya patah. dan tulang iganya retak. Yang utama adalah mempertemukan kandidat pekerja dengan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan pekerja. Sumiati Sulan Musthafa (24 tahun). kasus gadis asal Dompu. Padahal dalam dunia “human resource” khususnya dalam proses rekrutmen tenega kerja tidak hanya meluluskan calon pekerja yang punya keterampilan atau kemampuan. tenaga kerja Indonesia yang disiksa oleh majikannya di Arab Saudi. “The right people on the right job”. masih ada TKI yang kurang bahkan tidak mendapat orientasi atau pembekalan sebelum diberangkatkan ke luar negeri.

Hongkong maupun Taiwan termasuk negara yang sangat baik dalam memperlakukan tenaga kerja Indonesia. Apalagi orang salah pada posisi salah. Hingga pulang kembali ke kampung halamannya mereka dipungli. Penempatan yang kadang dimanfaatkan pihak tertentu melakukan praktik perdagangan manusia.ada yang menjual ternak dan sawah. mengumpulkan 27 . akan menimbulkan problem. Prosedur administrasi dan pembekalan. maka banyak pencari kerja menginginkan bekerja di sana dan agen pun bisa keuntungan paling banyak dari negara tujuan Hongkong/Taiwan. sang calon TKI sudah dibebani biaya tidak sedikit. Proses perekrutan yang menggunakan celah tertentu karena lemahnya pengawasan menjadi ujian pertama yang harus dilewati para calon TKI. menjual emas. Negara tujuan pencari kerja juga dilatarbelakangi dengan kesungguhan pihak atase kita di luar negeri dalam menyikapi permasalahan di Negara tujuan. contoh negara Malaysia dikarenakan seringnya terjadi kasus penganiayaan tenaga kerja membuat negara tersebut masuk dalam Moratorium ( kebijakan politik untuk menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja) untuk tenaga kerja informal (pembantu rumah tangga).benar pada posisi pekerjaan yang tidak sesuai dengan “job require”dapat menimbulkan masalah. Padahal modal yang mereka keluarkan cukup besar. menggadaikan harta.

hasil tambang seperti emas. Namun mengapa Masyarakat Indonesia lebih senang menjadi tenaga kerja diluar negeri. tembaga. Buruh Kasar. dan sudah menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya.1 Kesimpulan Dalam Konstitusi. tanah yang subur. perak. 28 .. minyak bumi. hak hidup. Negara menjamin kesejahteraan. laut yang kaya akan kekayaan hayati. dan yang lebih ironisnya adalah mayoritas Tenaga Kerja Indonesia bekerja di luar negeri menduduki level pekerjaan paling rendah seperti : Pembantu Rumah Tangga (PRT).BAB III PENUTUP 3. uranium yang luar biasa banyaknya. Sering kita dengar bahwa Tenaga Kerja Indonesia atau yang sering disebut TKI adalah Pahlawan Devisa Negara. Jika kita melihat Negara Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki Sumber Daya Alam (kekayaan alam) yang melimpah. Sehingga kerap kali TKI sering mendapatkan perlakuan yang tidak layak seperti dihina. disiksa. Ditambah dengan wilayah yang begitu luas yang memungkinkan dapat terciptanya industri-industri yang dapat menyerap tenaga kerja lokal. pekerjaan warga negaranya. bahkan dibunuh dengan cara yang mengenaskan.

DAFTAR PUSTAKA http://www. Diakses tanggal 10 Desember 2011 http://www.htm.htm. Diakses tanggal 2011 Ahmad Toha Almansur/Koran SI/fer/tki sumber devisa/bnp2tki-siapkan-rp100juta-dampingi-kasus-tki-imas. Diakses tanggal 10 Desember 2011 M Jumhur Hidayat . Diakses tanggal 10 Desember 2011 http://www.tki sumber devisa/persyaratan_tki.htm.html. tki sumber devisa/tki-merupakan-devisa.htm.com/Abdul Rauf/ Devisa Itu Adalah TKI.inilah. Diakses tanggal 10 Desember 2011 29 .tki sumber devisa/TKI-Sumber-Devisa-Terbesar-Bagi-Indonesia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->