CARA PEMANFAATAN KULIT JERUK BALI

. atau pamelo. kulit jeruk bali dikenal sangat tebal dan empuk sehingga sayang sekali apabila tidak dimanfaatkan. Selain itu kulit jeruk bali dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Nama ilmiah dari jeruk bali adalah Citrus grandis.Pengenalan Jeruk Bali ► Jeruk bali. ► Di Indonesia. jeruk besar.

Cara Mengolah Kulit Jeruk Bali Menjadi Selai .

Bahan: ► kulit jeruk bali 1 kg ► gula pasir ¾ kg ► asam sitrat 0.2 g/kg bubur buah ► natrium benzoate 0.5 gram/kg bubur buah ► garam dapur secukupnya ► vanili secukupnya .

Rebus dalam air panas (suhu 85-100 0C) selama 30-40 menit. Ambil kulit bagian tengah atau dalam yang menyurapai gabus berwarna putih dan ada juga yang berwarna kemerah-merahan.Cara Pembuatan : ► ► ► ► Pilih kulit jeruk yang sudah tua tapi tidak terlalu matang karena kandungan pektinnya tinggi yang sangat dibutuhkan untuk pembuatan selai dalam rangka pembentukan gel atau kekentalan. kemudian rendam selama 24 jam lalu tiriskan . selanjutnya dilakukan pencucian untuk menghilangkan kotoran dan getah yang menempel. Cuci dengan air bersih secara berulang-ulang.

vanili. Masak bubur kulit jeruk bersama gula. . asam sitrat dan Na Benzoat sebagai pengawet selama kurang lebih 1 jam sambil diaduk-aduk sampai mengental berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan bila terlalu cepat/singkat.► ► ► Hancurkan/ giling kulit buah yang telah ditiriskan. garam. Pemanasan atau pemasakan yang terlalu lama menyebabkan hasil selai menjadi keras dan membentuk kristal gula. Kemas selai yang telah jadi. Ukuran partikel dari hasil penggilingan diusahakan tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus yang berbentuk serat-serat kasar. selai yang dihasilkan akan encer.

saran ► Mengajak warga smpn 5 untuk memanfaatkan kulit jeruk bali ini agar tidak terbuang percuma .

Thank you for your attention .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful