Mengembangkan Strategi dan Rencana Pemasaran

Bab 2 Mengembangkan Strategi dan Rencana Pemasaran

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran

Perencanaan Strategis
 Perencanaan strategis memberikan dasar bagi perencanaan lanjutan perusahaan
 Kontribusi pemasaran bagi perencanaan strategis, dan keseluruhan rencana mendefinisikan peranan pemasaran dalam perusahaan  Walaupun perencanaan formal menawarkan berbagai macam keuntungan bagi perusahaan, tidak semua perusahaan menggunakannya atau menggunakannya dengan baik

2

Menilai peluang pertumbuhan 3 . Menegasikan sumber daya pada setiap SBU 4. Mendefinisikan misi korporat 2. Menentukan unit-unit bisnis strategis 3.Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Perencanaan Strategi Korporat dan Divisi  Semua kantor pusat korporat melaksanakan empat kegiatan perencanaan : 1.

Mendefinisikan misi korporat      Pernyataan misi yang baik mempunyai lima karakteristik utama Memfokuskan diri pada jumlah tujuan yang terbatas Menekankan kebijakan dan nilai utama perusahaan Pernyataan misi mendefinisikan bidang kompetitif utama tempat perusahaan akan beroperasi Mengambil pandangan jangka panjang Pendek.mudah diingat dan mempunyai arti 4 .Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Pengembangan Strategi Empat Langkah (1) 1.

Menentukan unit bisnis strategis Sebuah bisnis dapat mendefinisikan dirinya sendiri berdasarkan tiga dimensi : kelompok pelanggan.Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Pengembangan Strategi Empat Langkah (2-4) 2. kebutuhan pelanggan dan teknologi 5 .

yang dapat direncanakan secara terpisah dari bagian perusahaan lainnya 2. UBS mempunyai kelompok pesaingnya sendiri 3. yang mengendalikan sebagian besar faktor yang mempengaruhi laba 6 . atau kumpulan bisnis yang behubungan. UBS adalah satu bisnis tunggal. UBS mempunyai manajer yang bertanggungjawab atas perencanaan strategis dan kinerja laba.Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Tiga Karakteristik Unit Bisnis Startegis 1.

terdapat beberapa model perencanaan portofolio yang diperkenalkan untuk memberikan sarana analitis bagi pengambilan keputusan investasi. menggunakan pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan pasar tahunan sebagai kriteria mengambil keputusan investasi 7 .Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Menentukan Sumber Daya bagi setiap UBS  Pada tahun 1970-an.  Matriks GE/Mc Kinsey mengklasifikasikan setiap UBS menurut perluasan keunggulan kompetitifnya dan daya tarik industriknya  Matriks pertumbuhan BCG.

reposisi atau penentuan ulang sasaran.Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran  Model Perencanaan portofolio seperti ini tidak banyak lagi digunakan karena terlalu sederhana dan subjektif  Metode terbaru yang digunakan perusahaan untuk mengambil keputusan investasi internalnya didasarkan pada analisis nilai pemegang saham. dan outsourcing strategis 8 . dan apakah nilai pasar perusahaan lebih besar dengan UBS atau tanpa UBS (baik dijual maupun dipisahkan)  Perhitungan nilai ini menilai potensi bisnis berdasarkan peluang pertumbuhan potensial dan ekspansi global.

dan menghilangkan bisnis lama. manajemen korporat harus mengembangkan atau mengakuisisi bisnis baru untuk mengis .4.Menilai Peluang Pertumbuhan  Penilaian peluang pertumbuhan meliputi perencanaan bisnis baru. Jika ada kesenjangan antara penjualan yang diinginkan di masa depan dengan penjualan yang diproyeksikan. penyusutan.

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Peluang Pertumbuhan  Pertumbuhan intensif  Pertumbuhan integratif  Pertumbuhan diversifikasi  Menyusutkan dan mendivestasikan bisnis lama 10 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Perencanaan Strategis  Proses perenc  Dalam unit bisnis individual. pemasaran:  Merancang strategi untuk mencapai tujuan unit  Membantu menjalankannya secara menguntungkan 11 .

keuangan. akuntansi.Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Perencanaan Strategis Kerja Sama dalam Mencapai Tujuan Dalam rencana strategis. operasi. pembelian. sistem informasi. sumber daya manusia. dan lain-lain— harus bekerja sama untuk mencapai tujuan strategis 12 . departemen fungsional utama —pemasaran.

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Kerja Sama dalam Mencapai Tujuan Manajemen Hubungan Kemitraan  Pemasar tidak dapat menghasilkan nilai yang unggul bagi pelanggannya apabila bekerja sendirian  Kesuksesan perusahaan bergantung pada:  Bagaimana masing-masing departemen melaksanakan aktivitas bernilai tambah bagi pelanggan  Bagaimana departemen bekerja sama dengan baik untuk melayani pelanggan  Karena itu. pemasar harus menjalankan manajemen hubungan kemitraan 13 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Manajemen Hubungan Kemitraan  Manajemen hubungan kemitraan bekerja secara erat dengan rekan dalam departemen lainnya di perusahaan dan membentuk rantai nilai (value chain) untuk melayani pelanggan  Manajemen hubungan kemitraan harus bekerja sama secara efektif dengan perusahaan lainnya dalam sistem pemasaran untuk membentuk jaringan penghantar nilai (value delivery network) unggul yang kompetitif 14 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Strategi Program Pemasaran Inti Utama Nilai dan hubungan pelanggan merupakan inti utama strategi dan program pemasaran 15 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Strategi Program Pemasaran Melalui:  Segmentasi pasar  Penetapan target pasar  Diferensiasi dan posisi pasar Perusahaan:  Membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil  Memilih segmen yang dapat dilayani paling baik  Menentukan bagaimana perusahaan memberikan nilai kepada pelanggan sasaran 16 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Strategi Program Pemasaran Bauran Pemasaran  Perusahaan kemudian merancang bauran pemasaran yang terintegrasi untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran  Bauran pemasaran terdiri atas keputusan:  Produk (product)  Harga (price)  Tempat (place)  Promosi (promotion) 17 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Mengelola Usaha Pemasaran Untuk menemukan strategi dan bauran terbaik dan menempatkannya menjadi tindakan. perusahaan perlu terlibat dalam:  Analisis pemasaran  Perencanaan  Implementasi  kendali 18 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Rencana Pemasaran Komponen utama dari rencana pemasaran adalah:         Rangkuman eksekutif Situasi pasar saat ini Ancaman dan peluang Tujuan dan permasalahan Strategi pemasaran Program tindakan Anggaran Pengendalian 19 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Organisasi Pemasaran Departemen Pemasaran  Sebagian besar tanggung jawab implementasi dipikul oleh departemen pemasaran perusahaan  Departemen pemasaran dapat diatur dalam bentuk tunggal atau gabungan:  Organisasi pemasaran fungsional  Organisasi geografis  Organisasi manajemen produk  Organisasi manajemen pasar 20 .

semakin banyak perusahaan yang mengubah fokus organisasi mereka dari manajemen produk atau manajemen wilayah menjadi manajemen hubungan pelanggan 21 .Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Organisasi Pemasaran Fokus dalam Era Hubungan Pelanggan Dalam era hubungan pelanggan ini.

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Kendali Pemasaran  Organisasi pemasaran melaksanakan kendali pemasaran. baik kendali operasi maupun kendali strategis  Mereka menggunakan audit pemasaran untuk menentukan peluang dan masalah pemasaran serta merekomendasikan tindakan jangka pendek dan jangka panjang untuk memperbaiki seluruh kinerja pemasaran 22 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Pengembalian Investasi Pemasaran  Manajer pemasaran harus memastikan bahwa dana pemasaran mereka tidak terbuang percuma  Saat ini pemasar menghadapi tekanan yang semakin besar untuk memperlihatkan bahwa mereka memberikan nilai tambah sejalan dengan biaya yang mereka keluarkan  Dalam meresponsnya. pemasar mengembangkan ukuran tingkat pengembalian investasi pemasaran yang lebih baik 23 .

Bab 2 Perusahaan dan Strategi Pemasaran Pengembalian Investasi Pemasaran Fokus pada Pelanggan Semakin banyak pemasar yang menggunakan ukuran dampak pemasaran yang berfokus pada pelanggan sebagai masukan utama bagi pengambilan keputusan strategisnya 24 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful