PERADABAN SUKU MAYA Sejarah suku maya

Peradaban suku maya adalah sebuah peradaban yang muncul di Mesoamerika, terkenal akan skrip tertulisnya yang berasal dari masa PraColumbus, juga terkenal akan kebudayaannya yang spektakuler, arsitektur, serta sistem matematika dan astronominya yang unik. Peradaban Maya berawal pada periode Pra-klasik, yang berkembang pada Periode Klasik (sekitar 250 M sampai 900 M), dan berlanjut sampai periode PosKlasik sampai kedatangan bangsa Spanyol di Yucatan. Pada zaman keemasannya, negeri Maya adalah salah satu negeri terpadat dan berbudaya paling dinamis di dunia.

2. dan kalender tidak sendirinya dihasilkan Maya–namun kebudayaan mereka sungguh tinggi.wilayah kerajaan maya meliputi semenanjung yukatan { meksiko}. yaitu sebuah drama tradisional. Pengaruh ini didapat dari hasil pertukaran budaya serta perdagangan tanpa adanya penundukan eksternal. lebih dari 1000 kilometer dari pusat negeri Maya.pusat peradabannya ada di semenanjung yukatan. dan guatemala. Bangsa Maya tidak punah. 1. Peradaban di luar Maya juga mempengaruhi peradaban Maya. Pengaruh Maya dapat ditemukan sejauh Mexico Tengah. Rabinal Achí. epigrafi. honduras. Produk budaya seperti tulisan. Bahasa Maya tetap menjadi bahasa utama mereka saat ini. PERTANIAN . LETAK GEOGRAFIS Kerajaan maya terletak di meksiko selatan dan amerika tengah. Maya dan keturunannya membentuk populasi yang masih mempertahankan tradisi dan kepercayaan. dengan hasil akulturasi dan ideologi Katolik Roma yang diadaptasi sejak zaman praColumbus dan masa pos-pendudukan.Peradaban Maya memiliki banyak kesamaan dengan peradaban Mesoamerika yang lain. Saat ini. hal ini disebabkan tingginya interaksi dan difusi budaya yang terjadi pada wilayah tersebut. dimasukkan ke dalam daftar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia oleh UNESCO di tahun 2005. baik dari zaman setelah berakhirnya Periode Klasik ataupun dengan kedatangan penjelajah bangsa Spanyol conquistadores dan kolonisasi Spanyol yang berturut-turut. dimana ditemukan di seni tradisional Maya dan arsitekturnya. Salah satu bentuk budaya mereka.

1 tahun = 260 hari 4. LEGENDA SUKU MAYA Rahasia Kebudayaan Bangsa Maya Banyak orang pernah mendengar legenda budaya bangsa Maya. Karena mereka percaya bahwa matahari harus makan jantung dan darh manusia untuk menentukan kelangsunagn hidup di dunia. dewa hujan. dan dewa musim semi. seperti dewa laut . HASIL KEBUDAYAAN Hasil kebudayaab suku maya adalah .mereka juga mengenal upacara pemujaan yang mengorbankan nyawa manusia. Selama ini. 5. 3.  Sistem kalender berdasarkan peredaran matahari.  Tikal.  Mampu membangun kota terbesar di dunia. menjulang tinggi setinggi 600 M di atas lembah sungai Urubamba. ILMU ASTRONOMI Suku maya telah mengenal dua sistem kalender yaitu. 1 tahun=365 hari  Sistem kalender bedasarkan kepercayaan. kota theotihuakan yang di huni 100.Suku maya telah mengenal sistem pengairan terusan. Mereka membangun kebun chinampa di pulau-pulau yang dangkal di lembah meksiko dan tanamam pokoknya adalah jagung. situs tertua di dunia yang berupa piramida terjal di sisinya. kesan sebagian . dewa matahari .  Kota dongeng machu picchu bertengger mengangkangu gunung yang sempit.000 penduduk. KEPERCAYAAN Kepercayaan suku maya banyak menyembah dewa-dewa { politheisme}.

Peninggalan batu raksasa dan karya seni bangsa Maya yang mahatinggi.besar orang terhadap bangsa Maya tidak terlepas dari suasana hutan belantara di benua Amerika. jauh melebihi kehebatan teknologi masa kini. Menyinggung tentang bangsa Maya. sekalipun begitu. PROSES PENEMUAN SUKU MAYA OLEH BANGSA LUAR . menyelami kembali bekas kehidupan dan tempat tinggal bangsa Maya. berputar mengelilingi lingkaran di bawah sinar rembulan melaksanakan upacara misterius. bahwa bangsa Maya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan bangsa Tiongkok dan Mongol di belahan bumi lain yang jauh. melihat-lihat bagaimana dan apakah sebenarnya bangsa dan kebudayaan Maya. Mari kita simak ulasan yang diambil dari Buku “Himpunan Inspirasi Peradaban Prasejarah” dan di tulis ulang di fadlie. Marilah kita lepaskan prasangka dan persepsi yang telah telanjur tertanam. yang terlintas dalam benak sejumlah orang adalah sekelompok orang Indian yang sekujur tubuhnya mengenakan pakaian bulu warna cemerlang. di tengah-tengah berdiri dukun sakti yang berilmu tinggi. bekas peninggalan sejarah yang misterius berada di dalam hutan belantara yang terpencil dan sepi.id. ada beberapa orang yang mengetahui.web. Memang benar. bangsa Maya tinggal di Amerika Tengah yang sekarang ini.

kini para ilmuwan yang menyelidiki kebudayaan Maya hanya bisa menggambarkan kehebatan budaya Maya saat itu secara tambal sulam berdasarkan potongan naskah yang berhasil dikumpulkan.Bangsa Spanyol masuk ke Amerika Selatan pada abad ke-16. Tidak disangka bahwa buku-buku tersebut adalah buku kuno yang mencatat pusaka pengetahuan peninggalan kebudayaan bangsa Maya yang telah lama menghilang. Penduduk Amerika Tengah dan Selatan ketika itu hidup sebagai petani yang primitif. segera membakar tempat tersebut. Dan dengan cepat. di dalamnya tercatat secara terperinci tingkat ilmu pengetahuan dan budaya mereka yang mahatinggi pada masa itu. Mungkin demikianlah takdirnya. mengakibatkan buku kuno yang disembunyikan semuanya terbakar musnah. bangsa Spanyol menyebarkan agama mereka ke tempat tersebut. dua orang misionaris yang melihat kepercayaan takhayul dan ilmu sihir penduduk setempat. dengan status agresor mereka menjajah daratan yang asli ini. PENEMUAN PIRAMIDA DI PERADABAN SUKU MAYA . mereka sama sekali tidak berdaya menghadapi kapal dan meriam kuat bangsa Spanyol.

menandakan satu abad bangsa Maya adalah 52 tahun. bangunan tersebut cukup menakjubkan. Menara pengamat observatorium Kainuoka ini adalah peninggalan terbesar dalam sejarah. Salah satunya berhubungan dengan musim semi (musim gugur). bebatuan yang beratnya puluhan ton. Semuanya dalam posisi yang saling merapat dengan matahari dan bulan. Piramida Maya lebih rendah sedikit. Piramida Maya misalnya. secara fungsional maupun bentuk luar observatorium bangsa Maya sangat mirip dengan observatorium masa kini.Piramida bangsa Maya dapat dikatakan merupakan bangunan piramida kedua yang terkenal setelah piramida di Mesir. tidak semuanya berbentuk kerucut. tepat merupakan jumlah hari dalam satu tahun. setiap tangga memiliki 91 undakan. Ada beberapa kemiripan dengan observatorium sekarang. paling sedikit tiga di antaranya berhubungan dengan astronomi. jika tidak . peninggalan sejarah yang lain juga memiliki bangunan yang serupa. Bangsa Maya sangat memperhatikan ilmu perbintangan. Kedua jenis bangunan piramida ini terlihat tidak begitu sama. disusun dari bebatuan raksasa yang berwarna abu-abu dan putih. di puncaknya ada sebuah balairung untuk memuja dewa. Belakangan ini arkeolog beranggapan bahwa astronom bangsa Maya pada zaman purbakala telah membangun jaringan pengamat astronomi pada setiap wilayahnya. bagaimanakah caranya memotong bebatuan berukuran sangat besar. Selain jumlah undakan tangga. juga merupakan sebuah bangunan tingkat rendah yang berbentuk tabung bundar. sebuah piramida bersudut empat yang berbentuk kerucut. pada 4 bagian piramida masing-masing terdapat 52 buah relief 4 sudut. sedangkan dua lainnya berhubungan dengan aktivitas bulan. secara total 4 buah tangga ditambah satu undakan bagian paling atas adalah berjumlah 365 undakan (91 x 4 + 1 = 365). diangkut ke tempat yang jauh dalam hutan belantara. agak terkikis setelah berabadabad tertiup angin dan diterpa hujan. Dilihat dari sudut pandang masa kini. Di sekeliling piramida Maya masing-masing memiliki 4 tangga. warna piramida Mesir adalah kuning keemasan. Observatorium astronomi bangsa Maya juga memiliki bentuk bangunan yang sangat spesifik. sebagai contoh misalnya menara pengamat observatorium Kainuoka. di atas teras yang indah dan sangat besar pada menara tersebut. Dinilai pada masa kini. Empat buah pintu di lantai yang rendah tepat mengarah pada 4 posisi. Jendela di tempat itu membentuk 6 jalur hubungan dengan serambi muka. terdapat undakan kecil bertingkat-tingkat yang menuju ke teras. ditumpuk hingga mencapai tinggi 70 meter. baik di dalam maupun di luar bangunan semuanya adalah angka yang berhubungan dengan hukum peredaran benda langit. pada bagian atas terdapat sebuah kubah yang berbentuk setengah bola. kubah ini dalam rancangan observatorium sekarang adalah tempat untuk menjulurkan teropong astronomi.

budaya tersebut memasuki masa keemasan. KEPUNAHAN PERADABAN SUKU MAYA . Tulisan paling dini bangsa Maya muncul menjelang dan sekitar Masehi. dan konsep jaringan pengamat observatorium baru muncul pada zaman modern. Arkeolog menganggap.ditunjang dengan alat angkut dan peralatan yang memadai. namun batu prasasti pertama yang tergali memperlihatkan catatan yang menulis tahun 292 M. Dan suku bangsa yang hidup dalam hutan belantara. Kala itu konsep yang demikian dapatlah dikatakan sangat maju dan canggih. Misalnya batu prasasti terakhir diselesaikan pada 869 M. teleskop baru ditemukan pada abad ke-16 oleh Galileo. setelah tahun 250 M hingga masa tahun 900 M. Sejak itu. adalah sangat sulit untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. mengapa harus mengerahkan upaya dan tenaga sedemikian besar. memasuki masa yang sangat makmur dan sejahtera. membangun sebuah jaringan pengamat observatorium? Ditilik dari sejarah. Lembaran budaya cemerlang yang ditulis bangsa Maya untuk sejarah manusia. dan batu prasasti terakhir di seluruh kawasan Maya diselesaikan pada 909 M. kebudayaan bangsa Maya semestinya secara perlahan-lahan terbentuk sejak tahun 2000 SM hingga masa tahun 250 M. dan pada abad ke-7 dan 8. telah kita ketahui tingkat keanggunannya. Dan pada tarikh Masehi setelah pertengahan abad ke-5. tulisan bangsa Maya baru secara menyeluruh tersebar ke semua kawasan Maya. tulisan bangsa Maya hanya tersebar pada areal terbatas. setelah itu barulah muncul observatorium ukuran besar.

dan pendapat lain yang tak terhitung jumlahnya. intinya adalah sejarah sekali lagi telah mempertahankan orang yang baik dan sederhana. pada kenyataannya adalah sekelompok orang yang telah jatuh merosot moralnya. Pertanyaannya adalah mengapa sejarah manusia lagilagi mencatat lenyapnya umat manusia yang disebut sebagai “kebijaksanaan leluhur”? RAMALAN PADA KALENDER SUKU MAYA . bencana maupun pendapat lainnya tentang wabah. angin topan. berbagai macam versi hipotesa tentang kepunahan bangsa Maya.” Dari bukti penelitian ilmuwan ini. pembakaran hutan secara berulang kali untuk bercocok tanam yang mengakibatkan tanah gersang. Semua pusat pemujaan juga terhenti aktivitasnya. kebijaksanaan leluhur lenyap dengan sangat cepat. bahkan dikatakan populasi yang membengkak. kehidupan bangsa Maya kuno lambat laun merosot. Kemudian. tanpa sebab yang jelas. hanyalah kaidah yang dilihat oleh mata manusia masa kini. bahkan sejumlah besar balairung dewa dan bangunan model raksasa semuanya ditinggalkan begitu saja.Menurut data penelitian: “Suatu hari di tahun 909 M. sejak hari itu. dan bangsa Maya yang tertinggal pun mulai berubah menjadi buta pengetahuan dan merosot moralnya. Apa pun penyebabnya sama sekali tidaklah penting. sangat lugu dan baik seperti tidak berpengetahuan. Lalu sebagian yang masih disebut kebijaksanaan leluhur itu. membuat segenap masyarakat bangsa Maya kuno mengarah menuju kepunahan! Meskipun terdapat sejumlah dokumen yang tersisa. menuju kemerosotan moral masyarakat. gempa bumi. bahkan dikatakan invasi musuh. perang antarkota. namun sangat sulit bagi kita untuk memastikan peristiwa mengerikan apa yang sebenarnya terjadi pada tahun 909 M itu. dikarenakan perkembangan budaya materi. ataupun bencana ekonomi. tidak tahu mengejar keuntungan mendatangkan keputusasaan. sedangkan sebutan “buta pengetahuan dan merosot moralnya” yang digunakan untuk melukiskan keturunan bangsa Maya. pemberontakan kaum petani maupun masalah sosial seperti bunuh diri massal. keracunan massal. 80% bangsa kuno Maya tiba-tiba saja menghilang. kita dapat memberikan penjelasan yang rasional: Setelah mengalami perkembangan budaya yang tinggi. terbenam dalam reruntuhan tembok yang roboh. penyakit menular. mereka mendorong perkembangan hal yang tidak baik. misalnya banjir. tidak hanya meninggalkan kuil yang belum selesai dibangun.

Maksud dari “End of Times” itu sendiri masih diperdebatkan oleh para ilmuwan. End of Times = End of the World as we know it 5. Ada yang menyatakan waktu sudah tidak akan berlaku. Berhentinya waktu (bumi berhenti berputar) 2. merupakan “End of Times”.Tahun 2012 Dunia Kimat Pada Ramalan kalender Suku Maya Pada sistem penanggalan didalam Kalender Bangsa Maya/Maya Calendar yg merupakan kalender paling akurat hingga kini yg pernah ada di bumi. yang memberhentikan semua kegiatan di muka bumi ini. ke 4. Perubahan dari dimensi 3 ke dimensi 4. tepatnya tanggal 21 Desember 2012. DNA manusia meningkat dari strain 2 ke 12. Peralihan dari Zaman Pisces ke Aquarius 3. karena ditemukannya mesin waktu . sesuai dengan waktu yang kita alami. Ada yang menyatakan tidak akan terjadi apa-apa 9. Peralihan dari Abad Silver ke Abad keemasan 4. mereka (Bangsa Maya) menyatakan pada tahun 2012. sehingga manusia dapat menggunakan telepati bahkan telekinesis 8. tetapi bisa berubah-ubah. Kehidupan manusia meningkat dari level dimensi 3. bahkan 5 7. Akan ada sebuah galactic Wave yang besar. termasuk kemusnahan manusia 6. (Perhitungan Maya Calendar dari 3113 SM sampai 2012 M). dan arkeolog. Ada yang menyatakan bahwa maksudnya adalah : 1. jadi waktu tidak linear.

bangsa Maya dikenal menguasai pengetahuan tentang ilmu falak yang khusus dan mendalam. diramalkan bahwa pada periode 1992-2012 bumi akan “dimurnikan”. Hal itu bisa dilihat dari peninggalannya seperti buku-bukunya. . Bangkitnya messiah. Dalam sejarah peradaban kuno dunia. Manusia bergabung dengan komunitas antar galaxi pertama kali. Kesempurnaan dan akurasi dari pada penanggalannya membuat orang takjub. Banyak sekali pyramid. dimana prediksi semacam ini persis seperti cara penghitungan Tiongkok. Hanya beberapa tulisan pada meja-meja dan beberapa system kalender yang membingungkan tersisa sampai sekarang. Kalendernya. penghitungan perbintangan yang rumit serta metode pemikiran abstrak yang tinggi. Sekelompok masyarakat yang misterius ini tinggal di wilayah selatan Mexico sekarang (Yucatan) Guetemala. Ditemukannya mesin waktu dan stargate 11. Jose Arguelles mengabdikan dirinya untuk meneliti peradaban bangsa ini. First Contact pertama kali peradaban manusia dengan Alien/UFO 15. manusia = galaxy being Dalam kalender bangsa Maya yang sangat tersohor itu. Banyak juga batu-batu pahatan dan tulisan-tulisan misterius pada meja-meja yang ditinggalkan mereka. yang akan menyelamatkan manusia dari kehancuran 13. Manusia sudah dapat melakukan transportasi ke galaxi lain. kuil dan bangunan-bangunan kuno yang dibangun oleh Maya yang masih dapat ditemui di sana.10. bagian utara Belize dan bagian barat Honduras. Ia mendalami ramalan Maya yang dibangun di atas fondasi kalender yang dibuat bangsa itu. selanjutnya peradaban manusia sekarang ini akan berakhir dan mulai memasuki peradaban baru. secara garis besar menggambarkan siklus hukum benda langit dan hubungannya dengan perubahan manusia. Kebangkitan Isa AS / Jesus 14. Para arkeolog percaya bahwa Maya mempunyai peradaban yang luar biasa. meja-meja batu dan cerita-cerita yang bersifat mistik. Tetapi sayang sekali buku-buku mereka di perpustakaan Maya semuanya sudah dibakar oleh tentara Spanyol ketika menyerang sesudah tahun 1517. ala Zhou Yi. melalui stargate 12. Seorang sejarahwan Amerika. sistem penanggalan yang sempurna. Dr.

dalam perhitungan kalender Maya. bumi kita telah memasuki tahap terakhir dari fase Siklus Besar. matahari tepat berada di tengahtengah sela sistem galaksi. Dengan kata lain. Orang Maya menyebutnya. penyelarasan galaksi (Galatic Synchronization). Selama periode ini bumi akan mencapai pemurnian total. Pada periode ini. ini adalah singkapan misteri dari gerakan sistem galaksi kita yang diperlihatkan oleh bangsa Maya.Dalam karya Arguelles. tepatnya musim dingin tiba. Kemudian setiap tahap itu dibagi lagi menjadi 20 masa evolusi. Sesudah itu. termasuk juga hati manusia. bumi kita akan meninggalkan jangkauan sinar galaksi dan memasuki tahap baru: penyelarasan galaksi. Orang Maya percaya bahwa semua benda angkasa pada galaksi setelah selesai mengalami reaksi dari sinar galaksi dalam siklus besar ini. bangsa Maya menganggap ini adalah periode penting sebelum masa pra-Galatic Synchronization. bumi memasuki apa yang oleh bangsa Maya disebut „Periode Regenerasi Bumi”. setiap tahap evolusi pun mempunyai catatan yang sangat mendetail. kalau bumi melintasi sinar ini akan memakan waktu 5125 tahun lamanya. Dari masa 20 tahun antara tahun 1992-2012 itu. bagaikan membuka sebuah “Pintu Langit” saja bagi umat manusia. subtansi yang tidak baik akan disingkirkan. akhirnya selaras dengan galaksi (alam semesta). Pada 21 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia kali ini. matahari akan bergabung lagi dengan titik silang yang terbentuk akibat ekliptika (jalan matahari) dengan ekuator secara total. Diameter sinar secara horizontal ini ialah 5125 tahun bumi. Bumi dimurnikan. mereka menamakannya: The Earth Generetion Priod (Periode Regenerasi Bumi). Saat itulah. Mulai 1992. Waktunya dari 3113 SM sampai 2012 M. The Mayan Factor: Path Beyong Technology yang diterbitkan oleh Bear & Company pada 1973. dan substansi yang baik dan benar akan dipertahankan. akan terjadi perubahan secara total. umat manusia akan memasuki peradaban baru total yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sekarang. . Setiap masa itu akan memakan waktu 20 tahun lamanya. Setelah itu. tata surya dan bumi sedang bergerak melintasi sebuah sinar galaksi (Galatic Beam) yang berasal dari inti galaksi. atau dengan kata lain galaksi terletak di atas bumi. Pada hari itu. Arguelles dalam bukunya itu menggunakan banyak sekali diagram-diagram untuk menceritakan kondisi evolusi pada setiap tahap. disebutkan dalam penanggalan Maya tercatat bahwa sistim galaksi tata surya kita sedang mengalami „The Great Cycle‟ (siklus besar) yang berjangka lima ribu dua ratus tahun lebih. Siklus besar ini dibagi menjadi 13 tahap. (ini hampir mirip ramalan orang Indian Amerika-Utara terhadap orang sekarang ini). Dalam siklus besar ini.

jika ditinjau dari beberapa penelitian yang telah dilakukan saat ini. tidak disebutkan secara detail oleh bangsa Maya. apakah umat manusia yang terpesona oleh konsepsinya yang terbentuk sesudah kelahiran dapat menembus batas-batas untuk mengingatkan dan memahami kebenaran yang melampaui sistim pengetahuan kita. . Ketika ini terjadi. bagaimana terjadi “pemurnian” dan bagaimana pula terjadi “regenerasi” pada bumi kita ini. bumi sedang mengalami suatu siklus yang dinamakan pembalikan daya magnet kutub. Lantas. Pembalikan daya magnet kutub adalah proses yang terjadi pada waktu kutub utara dan kutub selatan saling bertukar posisi. yang ditinggalkan oleh mereka kepada anak cucunya (barangkali tidak tercatat). Dalam ramalan mereka pun tidak menyinggung tentang apa hal konkret yang memberikan semangat manusia untuk bangkit dari kesadaran dan bagaimana bumi mengalami permurnian. untuk beberapa saat medan magnet bumi mencapai Gauss nol. dan harus diuraikan dengan kode oleh manusia sekarang. Namun ia tetap saja harus dilihat. Memang pada beberapa dua dasawarsa belakangan ini. fenomena baru apa yang sudah bisa kita lihat sejak tahun 1992 sampai sekarang yang bisa kita kaitkan dengan ramalan bangsa Maya yang beradab itu? Mungkin sudah diatur.Sejak tahun 1992 sampai 2012 nanti. Sebenarnya. bahwa kalender Maya tidak hilang dan sejarah manusia.