ESTIMASI BIAYA

Nurisra

POKOK BAHASAN
1. 2. 3.

4.

Konsep Biaya Analisa Biaya Metode estimasi biaya Metode Pengendalian biaya

dikenal dengan teknik estimasi biaya. Biaya dialokasikan dalam setiap siklus proyek dengan tingkat keakuratan serta kecepatan informasi yang berbeda-beda sehingga konsep perencanaan biaya dapat beragam. Tolok ukuran keberhasilan proyek salah satunya adalah sesuai dengan biaya yang direncanakan (triple constraint/project performance) Biaya atau uang adalah sumber daya yang terbatas sehingga biaya perlu di manaj sebaik2 nya untuk menghasilkan Outputsehingga menjadi efektif dan efesien dalam penggunaannya. .KONSEP BIAYA     Untuk menghasilkan suatu produk (output) diperlukan sejumlah input yang di ukur dengan nilai besar biaya.

peralatan. material) dan jumlahnya yang diperlukan untuk melaksanakan aktivitas proyek. Bila proyek dilaksanakan melalui sebuah kontrak. . Estimasi biaya melibatkan perhitungan kuantitatif dari biaya-biaya yang muncul untuk menyelesaikan proyek. Estimasi biaya adalah proses untuk memperkirakan biaya dari sumber daya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Perencanaan sumber daya merupakan proses untuk menentukan sumber daya dalam bentuk fisik (manusia. Proses ini sangat berkaitan erat dengan proses estimasi biaya.  Estimasi Biaya.MANAJEMEN BIAYA PROYEK Hal yang pokok pada manajemen biaya proyek adalah biaya darisumber daya:  Perencanaan Sumber Daya. Sedangkan nilai kontrak merupakan keputusan dari segi bisnis di mana perkiraan biaya yang didapat dari proses estimasi merupakan salah satu pertimbangan dari keputusan yang diambil. perlu dibedakan antara perkiraan biaya dengan nilai kontrak.

Semua penyebab penyimpangan biaya harus terdokumentasi dengan baik sehingga langkah-langkah perbaikan dapat dilakukan. Penganggaran biaya adalah proses membuat alokasi biaya untuk masing-masing aktivitas dari keseluruhan biaya yang muncul pada proses estimasi. Penganggaran Biaya. Pengendalian Biaya.  . Dari proses ini didapatkan cost baseline yang digunakan untuk menilai kinerja proyek. Pengendalian biaya dilakukan untuk mendeteksi apakah biaya aktual pelaksanaan proyek menyimpang dari rencana atau tidak.

.

.

1.ANGGARAN BIAYA KASAR (TAKSIRAN) Contoh : No.000 Jml Harga Rp 12.100. Induk 10 x 8 80 150. Uraian Volume Hrg Satuan Pekerjaan m2 Rp Bgn.5 60.500 .500 Jumlah 14.000 2.287. Turutan Bgn.000 187. 3. Gang 35 7.000. 2.000 25.000 Bgn.

sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat penyusunan anggaran biaya .ANGGARAN BIAYA TELITI (DETAIL) Adalah angaran biaya bangunan atau proyek yang dihitung dengan teliti dan cermat.

Sumber informasi untuk Estimasi   Pengalaman perusahaan Informasi dari proyek-proyek terdahulu: jml material terpakai  Tenaga kerja/jam kerja yang dikeluaran  Jam peralatan yg dibutuhkan  .

.

       Mempelajari dokumen Lakukan tinjauan lokasi proyek Membuat jadwal konstruksi sebelum penawaran Menyelidiki kemapuan keuangan dan etika bisnis pemilik proyek Memilih subkontraktor dan supplier yang tepat Mengikuti rapat penjelasan Kepastian ketersediaan sumber daya .

    Membuat strategi mendapatkan proyek Mengidentifikasi dan memahami klausa-klausa dalam spesifikasi yang memberikan risiko untuk kontraktor Mengidentifikasi dan memahami klausul-klausul dalam suplemen atau kondisi khusus dalam spesifikasi yang memberikan risiko tambahan bagi kontraktor Mengidentifikasi persyaratan-persyaratan pemerintah .

     Mengidentifikasi gangguan lingkungan yang berhubungan dengan proyek Mengkaji ulang pola musim daerah lokasi proyek Mengidentifikasi lokasi pembuangan Mengkaji ulang laporan penyelidikan tanah di lokasi proyek Melakukan analisis pekerjaan-pekerjaan yang disubkontrakkan untuk memastikan bahwa seluruh pekerjaan tercakup .

TAHAP-TAHAP ESTIMASI DETAIL        AKUISISI DOKUMEN KONTRAK KAJI ULANG DOKUMEN DAN KEADAAN PROYEK MENGHADIRI RAPAT PENJELASAN MENETUKAN SAAT MEMBUAT PENAWARAN PERTIMBANGAB STRATEGI PENAWARAN PERMINTAAN HARGA DAR PARA PENYALUR MATERIAL DAN PADA SUBKONTRAKTOR MEMBANGUN METODE KONSTRUKSI .

ASURANSI.TAHAP-TAHAP ESTIMASI DETAIL       PERSYARATAN JAMINAN. DAN BIAYANYA MEMPERSIAPKAN PENELAAHAN ATAS SPESIFIKASI MEMPERSIAPKAN PENELAAHAN ATAS KUANTITAS PENELAAHAN KUANTITAS MATERIAL YANG URUT DAN KONSISTEN SATUAN PENGUKURAN MENGUKUR PERHITUNGAN .

Biaya Pembangunan Gedung. Biaya instalment. Biaya Investasi : biaya yang dikeluarkan untuk barang modal yang berhubungan dengan pembangunan maupun pengembangan fisik.KLASIFIKASI BIAYA Klasifikasi Biaya Menurut Fungsi. Misalnya : . .

Biaya mesin (peralatan). Misalnya : Biaya raw material. biaya perjalanan Biaya pemeliharaan : biaya yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan bagaimana investasi agar dapat bertahan lama.Biaya Operasional : biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan atau melaksanakan kegiatankegiatan barang modal dalam proses produksi (sehingga barang investasi tersebut berfungsi). . Misalnya : Biaya pemeliharaan gedung.

a. Biaya tidak langsung (Indirect Cost) : Biaya yang dikeluarkan pada unit-unit secara tidak langsung berhubungan dalam memproduksi output/ biaya yang dikeluarkan untuk unit penunjang/ bukan menjadi komponen tetap proyek. . b.Klasifikasi biaya menurut peranannya dalam proses produksi. Biaya langsung (Direct Cost) : Biaya yang langsung dikeluarkan pada unit-unit yang memproduksi barang atau jasa (unit produksi) atau menjadi komponen tetap dari sebuah kegiatan proyek.

PENYUSUNAN ANGGARAN BIAYA PROYEK KONTRAKTOR OWNER PENAWARAN KOMPETITIF OWNER ESTIMATE .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful