P. 1
dr indah_j2c009041

dr indah_j2c009041

|Views: 60|Likes:
Published by Teo Domina

More info:

Published by: Teo Domina on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2011

pdf

text

original

3.1.

1

Uji Flavonoid 4 ml larutan biji ketapang Tabung reaksi Penambahan serbuk Mg Penambahan 1ml HCl pekat dan 2ml amilalkohol Pengocokan kuat Pendiaman Pengamatan Hasil

5.3

Uji Flavonoid Uji flavonoid bertujuan untuk mengetahui adanya flavonoid dalam

simplisia biji ketapang. Flavonoid adalah senyawa polifenol yang mempunyai 15 atom kuinon, terdiri dari 2 cincin benzena yang dihubungkan menjadi rantai linear yang terdiri dari 3 atom karbon (Markham, 1988). Penentuan uji flavonoid dilakukan dengan menambahkan serbuk Mg dan larutan HCl pekat pada filtrat saponin. Pada proses penambahan ini terjadi reaksi eksoterm yaitu reaksi yang melepaskan panas yang ditandai dengan terbentuknya gelembung-gelembung gas dan pelepasan kalor pada permukaan tabung reaksi. Gelembung gas yang terbentuk ini adalah gas H2. Reaksi yang terjadi : Mg + 2HCl Mg2+ + 2Cl- + H2 (Markham, 1988) Produk yang dihasilkan pada reaksi diatas adalah MgCl2 dan H2. Dimana MgCl2 berada dalam kesetimbangan. Reaksi yang terjadi :

MgCl 2(aq)

MgCl +(aq) + Cl - (aq)

(Markham, 1988)

MgCl+ akan bereaksi dengan gugus karbonil pada flavon yang mengalami resonansi, sehingga akan terbentuk ikatan baru yaitu pelepasan ikatan rangkap.

Penambahan amilalkohol berfungsi untuk melarutkan flvonoid. terbentuk 2 lapisan.Reaksi yang terjadi : OH OH CH3 HO O HO O + MgCl- + H3C amil alkohol OH O OH O OH MgCl HO O OH kuning OH (Markham. misalnya kuinon. Hal ini disebabkan flavonoid merupakan senyawa polar sehingga amil alkohol yang juga bersifat polar mampu memisahkan flavonoid dari senyawasenyawa yang bersifat non polar. karena flavonoid mempunyai berat jenis yang lebih kecil daripada berat jenis senyawa yang berwarna kuning pekat yang berisi senyawa kimia lain seperti saponin. Larutan dikocok dengan tujuan untuk memperbesar distribusi flavonoid ke dalam amilalkohol. Setelah dikocok. 1988) Reaksi yang terjadi merupakan pembentukan ikatan baru dimana adanya MgCl+ mampu melarutkan flavon sehingga flavonoid dapat dipisahkan dari golongan kimia lain. . Hal ini menunjukan bahwa di dalam biji ketapang mengandung flavonoid. Lapisan atas berwarna kuning bening dan lapisan bawah kuning pekat. Flavonoid berada pada lapisan atas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->