P. 1
Kajian Jiwa Dalam Perspektif Islam - Aziz

Kajian Jiwa Dalam Perspektif Islam - Aziz

|Views: 81|Likes:
Published by John Maulana Shandy

More info:

Published by: John Maulana Shandy on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

KAJIAN JIWA & HATI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Oleh: Drs. Abd. Aziz Wahab, M.Ag.

Kepribadian
• Perilaku manusia merupakan hasil interaksi 3 subsistem dalam kepribadian (Sigmund Freud, pakar psikoanalisa) 1. Id (animal) 2. Ego (rasional) 3. Super ego (moral). • Kepribadian menyimpan dorongan biologis manusia yang juga meliputi pusat insting dan hawa nafsu. • Insting ada 3 yg dominan: 1. Thanatus (insting destruktif agresif yg merupakan insting kematian) 2. Libido (insting reproduktif, yg menyediakan energi dasar untuk kegiatan-kegiatan konstruktif) 3. Eros (insting kehidupan, meliputi dorongan seksual tetapi juga menyangkut kasih ibu, kasih ayah, pemujaan kepada Tuhan dan cinta diri / narsis).

kesenangan yang tidak terpenuhi akan menyisakan kekecewaan yang mendalam. . biasanya akan terjadi perubahan perilaku. anak akan bergerak berdasarkan prinsip kesenangan dan bernafsu untuk memenuhi kebutuhannya sesegera mungkin.• Contoh eros: ▫ Seorang anak mendadak tidak terpenuhi kasih sayangnya karena kedua orang tuanya bercerai atau salah satu dari mereka meninggal.

Analisis Sigmund Freud tentang jiwa • Situasi dan kondisi yg melingkungi dan mempengaruhi alam pikirannya yaitu budaya barat yg sekuler. bersumber pd penelitian yg mengandalkan akal pikiran atau logika intelektual yg jauh dari konsep agama (logika spiritual tentang jiwa manusia) .

Itulah yg dimaksud ahli medis sbg nyawa. .Pengertian ruh 1. 2. benda halus itu tersebar di seluruh pembuluh nadi & pembuluh balik pd seluruh bagian tubuh. manusia hanya hak pakai. Benda halus itu diumpamakan lampu di dlm sebuah rumah yg menerangi seluruh sudut rumah. Lutfi robbani: merupakan hakikat hati. Ruh dlm pengertian biologi: benda halus yg bersumber dari darah hitam di dlm rongga hati yg berupa daging berbentuk pohon cemara. Ruh dan hati saling bergantian mengacu pd lutf tsb dlm satu keteraturan dan ruh adalah milik Allah. dan seberapa lama diberi pinjaman untuk memakainya & kapan ruh itu diambil oleh yg punya yaitu Allah.

Dasar-dasar jiwa • QS. Az Zumar: 42 .

QS. Al Israa’: 85 .

• Sungguh beruntung orang yang mensucikannya (jiwa itu) • Dan sungguh rugi orang yang mengotorinya. . Asy Syams: 7-9 Artinya: • Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya) • Maka Allah mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketaqwaannya.QS.

merampok. Ketertarikan kepada hal-hal yg negatif spt mencuri. berzina & perbuatan melanggar hukum lainnya. Yusuf: 53 . QS.Macam-macam jiwa 1. Nafsu amarah (an nafsul ammaroh): nafsu yg selalu mendorong kpd dosa & kejahatan.

2. QS. Atau nafsu yg selalu menyesali diri. Nafsu lawwamah: nafsu yg selalu membuat seseorang merasa tidak puas dengan apa yg telah diperolehnya dan berusaha berbuat dan memperoleh sesuatu yg lebih baik dari yg sudah diperoleh. Al Qiyamah: 2 . Ketidakpuasan tsb yg positif membuat tarikan nafsu lawwamah ditumbuh kembangkan.

3. QS. Nafsu sawwamah (an nafsus sawwamah): hawa nafsu yg sering kali menggambarkan sesuatu maksiat atau kejahatan mjd indah dlm pandangan atau khayalannya. Yusuf: 83 .

QS. Nafsul mulhamah: hawa nafsu yg sering mendorong tingkah laku kefasikan (kedurhakaan) dan ketakwaan. Asy Syams:8. .4.

dan nafsul mardiyah: nafsu yg selalu mendorong pemiliknya untuk mjd manusia sejati. QS. Al Fajr: 27-30. Pemilik nafsu muthmainnah sangat yakin akan firman Allah. mengerti dan mampu memaknai arti hidup dan kehidupan sekaligus mengerti dan mampu memaknai arti kebahagiaan. Nafsul muthmainnah.5. nafsul radiah. . memiliki kesadaran dan jati diri.

.Artinya: • Hai jiwa yang tenang. masuklah ke dalam syurga-Ku. kembalilah kepada tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya. maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku.

ia adalah hati. jika ia baik maka baiklah tubuh itu seluruhnya. yg paling pokok adalah hati. Ia adalah pemimpin yg dipatuhi dlm dunia tubuh. • Dalam tubuh manusia. anggota tubuh lainnya hanyalah bagaikan rakyat yg siap memberikan dukungan. .HATI • Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya di dalam tubuh anak Adam terdapat segumpal darah.

Luth robbani ini mengenal Allah. di dalamnya tdp rongga yg berisi darah hitam. Al Qaaf: 37 . ia mengetahui apa yg tersirat & terlintas oleh pikiran.Pengertian hati • Segumpal daging yg berbentuk pohon cemara yg terletak pada dada sebelah kiri. QS. ini adalah sumber ruh. Inilah yg diajak bicara sebagaimana Allah isyaratkan. yg memiliki kaitan dengan daging ini. • Luth robbani rodhini. ia merupakan hakikat manusia.

Al Anfaal: 24 .QS.

mengkaji dan meyakini akan adanya Allah dan keyakinan merupakan kunci yg membuat seseorang memperoleh bashiroh (pandangan hati). .QS. Al Qaaf:16 • Allah sangat dekat dan manusia akan dekat pula kalau melakukan ijtihad.

hati akan tentram. .• Bagaimana agar iman selalu dapat diperbaharui sebagaimana Rasulullah memberikan petunjuk ketika ada seorang shahabat bertanya kepada Nabi. • Bagaimana hati supaya tentram dan ketahuilah ketentraman itu merupakan pemberian Allah yg diberikan kepada manusia yg beriman sebagaimana firman Allah. • Berbahagialah orang yang beriman dan bertakwa yang Allah berikan dalam penyempurnaannya diberikan sebuah ketentraman dalam melaksanakan ibadah kepadaNya. Ya Rasulullah bagaimana cara memperbaharui iman? Rasulullah menjawab: perbanyaklah membaca kalimat tauhid Laa ilaaha illallaah. Ingatlah berdzikir kepada Allah.

Semoga kajian ini bersamaan dengan hidayah Allah sehingga kita dipilih untuk memperoleh hidayahNya sehingga selalu senang beribadah dan menemukan nikmatnya beribadah. . Subhanallah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->