P. 1
Ruang Lingkup Pemasaran

Ruang Lingkup Pemasaran

|Views: 634|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Jaka Subhanov on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

Ruang Lingkup Pemasaran Internasional

PENDAHULUAN : RUANG LINGKUP PEMASARAN INTERNASIONAL POKOK BAHASAN
 Pemasaran

: Disiplin Ilmu Universal  Tiga Prinsip Pemasaran  Ruang Lingkup Pemasaran Global  Orientasi Manajemen  Integrasi dan Pemasaran Global: Kekuatan Pendorong dan Penghambat  Ringkasan Two Quotes Saling ketergantungan pada sarana elektronik, menciptakan dunia ini dalam gambaran sebuah perkampungan dunia (Marshal H. McLuhan, The Medium is the Message, 1967). Globalisasi harus diterima sebagai kenyataan yang tidak bisa ditolak. Hanya ada satu standar kesuksesan perusahaan : pangsa pasar internasional (Jack Welch, CEO GE, 1994). PENGANTAR Perhatikan sekeliling anda, atau mungkin pada anda sendiri; dari mana asal produk di sekitar anda ? Ingris telah terlibat dalam perdagangan internasional pada pertengahan abad 19 dan makin diperluas setelah PD-2 Sampai dua dekade yang lalu, pemasaran global belum dikenal Saat ini, pemasaran internasional : sarana untuk bertahan hidup & memanfaatkan pertumbuhan Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik Apa yang dimaksud dengan PEMASARAN GLOBAL ? Apa bedanya dengan PEMASARAN “UMUMNYA“ ? BEBERAPA PENGERTIAN Pemasaran : serangkaian kegiatan yang menjurus pada suatu transaksi pertukaran antara seorang penjual dan pembeli atas dasar peralihan laba (WJK dkk, Marketing)

Pemasaran : kumpulan konsep. kebiasaan dan prosedur serta pengalaman yang dapat diajarjan dan dapat dipelajari. kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara KONSEP PEMASARAN Konsep awal pemasaran berfokus pada produk dengan tujuan laba dan dicapai dengan cara menjual. dari Australia sampai Zanzibar (A to Z). tapi. teori. tujuan tetap laba tetapi cara mencapainya mencakup seluruh bauran pemasaran. Konsep baru beralih dari produk ke pelanggan. kebiasaan pemasaran bervariasi antar negara. sarana. Kepuasan  Loyalitas Konsep Stragetis : memperhatikan lingkungan eksternal yang lebih luas TIGA PILAR PEMASARAN Nilai Pelanggan : bgmana menciptakan nilai pelanggan yang lbh besar dari nilai yang diciptakan oleh pesaing Nilai = Manfaat/Harga Keunggulan Kompetitif : penawaran total yg lebih menarik pelanggan Fokus : pada sumberdaya untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan PEMASARAN GLOBAL Dasar keberhasilan Pemasaran Global : pemahaman mendalam akan disiplin pemasaran (proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan) Fakta : pemasaran bersifat universal. PEMASARAN : DISIPLIN YANG UNIVERSAL Pemasaran : proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya organisasi terhadap kesempatan dan kebutuhan lingkungan. Pengalaman suatu negara tidak serta-merta dapat diterapkan di negara lain .Kegiatan pemasaran : berpusat pada upaya perusahaan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan akan produk yang menawarikan nilai berdaya saing Bauran pemasaran: sarana utama pemasar Pemasaran : disiplin yang universal yang dapat diterapkan dimana saja. Walaupun bersifat universal.

Tekad Strategik. Kebutuhan Pasar. Visi Manajemen. Strategi dan Tindakan Global Faktor Penghambat : Budaya. Biaya. Biaya. pasar dunia bergerak ke arah seragam (Geocentric) DINAMIKA DAN INTEGRASI PEMASARAN GLOBAL Faktor Penggerak : Teknologi. pemikiran manajerial.5Cs Company Customer Competition Currency Country TAHAPAN DAN ORIENTASI PEMASARAN PERUSAHAAN Perusahaan Domestik : memfokuskan orientasi dan strateginya pada pasar. Perdamaian. peluang dan ancaman Sebuah perusahaan yang gagal menglobal akan beresiko kehilangan bisnis domestik DUNIA TANPA BATAS : THE BORDLESS WORLD. Perbedaan Pasar. Pasar Bebas. Sejarah Organisasi dan Fokus Domestik RINGKASAN . Kontrol Negara.Keberhasilan pemasaran global sangat tergantung pada kemampuan menjadi “orang dalam” Kemampuan “lokalisasi global” = kemampuan menjadi “orang dalam”(Think globally. Keadaan Manajemen. Peperangan. pemasong dan pesaing domestik Perusahaan Internasional : melayani pasar domestik di negara sendiri dan pasar nasional di negara lain (Etnocentric) Perusahaan Multinasional : menjual produknya ke banyak negara dan setiap negara diperlakukan secara berbeda (Policentric) Perusahaan Global/Transnasional : menganggap dunia sebagai satu pasar. Budaya. act locally) Pemasaran global tidak berarti masuk ke setiap negara Keputusan untuk masuk ke pasar global: sumberdaya. Integrasi Ekonomi. Nasionalisme.

meskipun kita melayani pasar dalam negeri! Pada saat itulah.Pemasaran global : proses memfokuskan sumberdaya dan sasaran organisasi terhadap peluang pemasaran global. . Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. kualitas produk dan proses bisnis kita harus sesuai dengan persyaratan kualitas para pemain global. Dua alasan memasuki pasar global : memanfaatkan pertumbuhan dan untuk bertahan hidup Tujuan dasar pemasaran : menciptakan nilai bagi pelanggan dan keunggulan kompetitif dengan memperbaiki fokus Manajemen perusahan dapat diklasifikasikan berdasarkan orientasinya terhadap dunia :etnocentris. policentris. regiocentris dan geocentris Pentingnya pemasaran global dibentuk oleh pengaruh dinamis dari faktor-faktor yang mendorong dan faktor-faktor yang menghambat integrasi dan pemasaran global PELUANG DAN TANTANGAN PASAR GLOBAL PESATNYA perubahan menyebabkan kiat-kiat bisnis di masa lalu menjadi usang untuk diterapkan di era persaingan global sekarang. transportasi. persaingan global tidak saja berarti pelaku bisnis dalam negeri mampu mengambil keuntungan di pasar global di luar negeri. yang juga berarti meningkatkan persaingan di antara para pelaku bisnis untuk mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan. sejumlah tantangan dipandang sebagai peluang bagi peningkatan dan pengembangan usahanya di masa depan. Tanpa direncanakan. komunikasi. Bagi pelaku bisnis yang dinamis dan proaktif. merupakan pasar yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis di seluruh dunia. Dewasa ini akibat pesatnya kemajuan di bidang teknologi informasi. menjadi pemain global bukan lagi menjadi pilihan. serta populasi penduduk terbanyak keempat di dunia. Terbukanya batas-batas negara telah mempermudah mobilitas dari suatu negara ke negara yang lain. dunia usaha mendapatkan tantangan baru dalam bentuk dunia tanpa batas yang menyebabkan arus sumber daya bergerak dengan lebih bebas. melainkan merupakan suatu keharusan bagi para pelaku bisnis dalam negeri untuk bisa tetap eksis di dunia bisnis. tapi juga mampu bertahan dari para pelaku bisnis asing yang masuk pasar domestik. Dalam tataran praktis.

dan peningkatan secara berkelanjutan serta dibingkai dalam visi yang mampu memberikan dorongan dan kesatuan arah untuk menggapai suatu tujuan dapat menjadi bagian dari kelas dunia. sebagai contoh tentang bagaimana usaha untuk meraih keberhasilan dengan penuh perjuangan sekaligus pengorbanan didasarkan pada sikap yang dimiliki yang diwujudkan dalam nilai-nilai komitmen. Bila menyitir dari pengalaman keberhasilan perusahaan untuk menyamakan derap langkah dengan tuntutan global. seluruh jajaran organisasi akan mendorong terjaminnya komitmen dan kesatuan tindakan yang mendukung terealisasikannya visi tersebut. kerja keras. Nilai-nilai mendasar yang sering disebut prasyarat utama yang menunjang upaya perusahaan menjadi perusahaan kelas dunia antara lain komitmen manajemen dan kerja sama tim. Pada gilirannya memberikan nilai kontekstual serta makna bagi seluruh aktivitas yang dilakukan.Mengambil keuntungan dari persaingan global yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing mau tidak mau harus kita pilih dalam perspektif yang lebih luas program menyelaraskan langkah memberikan kesempatan kepada diri untuk meningkatkan serta membenahi terutama mutu. Visi yang jelas dalam arti dapat dipahami dengan baik oleh. Visi merupakan pernyataan yang menyiratkan impian yang ingin diciptakan dan untuk mengejawantah di dalam realitas operasional perusahaan dan terwujud dalam derap seluruh jajaran organisasi. tapi juga meluas ke lingkungan internasional sesuai dengan sifat globalisasi yang tak terbatas. memang diperlukan visi global yang jelas. Visi yang memberikan semangat untuk menjadi yang terbaik tidak hanya di lingkungan domestik saja. Setelah menetapkan visi yang selaras dengan tuntutan global. perlu diejawantahkan ke dalam nilai-nilai yang dibangun dalam perusahaan karena kesesuaian antara visi dan nilai-nilai menghasilkan suatu efek yang mendorong percepatan pencapaian tujuan. Dari upaya-upaya yang dilakukan memang tidak mudah. Kedua hal tersebut terbukti mampu membantu mengatasi permasalahan atau kesulitan yang pasti . begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan dibuktikan. jadwal pengiriman dan harga bersaing. kerja sama. kerja nyata.

harus ada buah pikiran yang sungguh-sungguh ingin menjadi perusahaan kelas dunia. Peluang dan tantangan globalisasi menghadapkan kita pada pilihan untuk berubah. Selain merupakan tuntutan. tetapi paling tidak secara individual.timbul dalam setiap aktivitas. Tanpa bukti nyata. Perubahan yang diharapkan tentunya belum bisa dilakukan secara menyeluruh. Karena tidak hanya transparansi proses produksi yang harus diubah. keinginan bahkan komitmen untuk menjadi perusahaan kelas dunia. Proses internalisasi itu tampaknya jauh dari mudah setelah organisasi terlena dalam mekanisme rutin. dan barangkali juga sektoral. harga dan waktu penyerahan yang telah disepakati. Padahal tuntutan global baik dari segi harga. Proses internalisasi visi global ke dalam jajaran organisasi menuntut perbaikan menyeluruh untuk menjamin keberlanjutan dan keberlangsungan pasokan yang memenuhi standar kualitas. Untuk itu tekad saja tidak cukup. Tapi banyak perusahaan tidak memiliki cukup kekuatan untuk membuktikannya dengan hasil kerja secara nyata. Banyak perusahaan memiliki cita-cita. sporadic. tetapi juga akuntabilitas mekanisme harus disesuaikan dengan persyaratan pelanggan agar selaras dengan perkembangan global. upaya bersama tersebut juga merupakan kewajiban kita semua untuk meningkatkan daya saing Indonesia terutama keberpihakan pada industri dalam negeri . kualitas dan penyerahan selalu meningkat setiap waktu. visi hanyalah menjadi suatu pernyataan belaka.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->