P. 1
Pengenalan TIK SMT 1 2011-2012

Pengenalan TIK SMT 1 2011-2012

|Views: 20|Likes:
Published by Gilang Rendra

More info:

Published by: Gilang Rendra on Dec 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2011

pdf

text

original

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

SMA NEGERI 1 BOGOR

DEFINISI TEKNOLOGI
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, yaitu teknologi yang artinya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang dapat menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan suatu penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.

DEFINISI TEKNOLOGI
Teknologi, berasal dari literatur Yunani, yaitu technologia, yang berasal dari kata techne, maknanya adalah wacana seni. Pada abad ke-20 maknanya diperluas, tidak hanya alat-alat dan mesin-mesin tetapi juga metode dan teknik non-material, yaitu suatu aplikasi sistematis pada teknik maupun metode. Menurut Capra (2004,107) saat ini sebagian besar definisi teknologi menekankan hubungannya dengan sains. Ahli sosiologi Manuel Castells seperti dikutip Capra (2004, 107) mendefinisikan teknologi sebagai ‘kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan hasil penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu.

DEFINISI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi. Informasi adalah hasil dari pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan dan manfaat bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Atau menggunakan isyarat (non verbal) seperti menggunakan gerak-gerik badan misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, menggerakan tangan dan sebagainya.

mempunyai pengertian yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses. Atau hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga lebih cepat.TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Teknologi Informasi. lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya. . memanipulasi dan mengelola informasi. Teknologi Komunikasi mempunyai pengertian tentang segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk mentransfer data atau menghubungkan perangkat yang satu ke perangkat lain dengan jarak yang cukup jauh.

Media lain yang digunakan untuk mengeluarkan suara sebagai alat untuk bertukar informasi adalah kentongan dan alat tiup. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Meskipun masih terdengar. hanya sampai jarak tertentu. informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Pada awal sejarah. . Selain itu jangkauan suara juga terbatas. manusia bertukar informasi melalui bahasa. yaitu saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya. Maka bahasa adalah teknologi. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja.

Selain itu informasi yang ada dapat bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh karena gambar bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. .SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar.

Kemudian wujud informasi terus berkembang lagi dan berubah dalam bentuk suara yang dilakukan menggunakan sinyal radio. . Kemunculan telelvisi memicu munculnya era informasi terbuka. Kejadian atau informasi di suatu belahan dunia secara cepat dapat diketahui oleh masyarakat di belahan dunia lainnya. telepon hingga informasi yang dapat ditampilkan secara audio visual berkat kemunculan televisi.SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Kemudian munculah informasi yang disampaikan secara tertulis melalui surat. Penyampaian informasi secara tertulis semakin berkembang dengan munculnya jasa pos.

PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 1. Seiring perkembangan jaman. yatiu Warta Berita pada tahun 1901 dengan bahasa melayu dan aksara latin. . muncullah surat kabar yang pertama. Komputer. yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi berdasarkan prosedur atau intruksi yang telah ditentukan. Di Indonesia surat kabar mulai terbit pada abad ke 18 oleh orang-orang belanda dengan bahasa belanda. Surat kabar pertama kali dibuat di Amerika Serikat dengan nama “Public Occurrenses Both Foreign and Domestick” pada tahun 1690. 2. Surat Kabar merupakan lembaran kertas yang menghimpun berbagai informasi dari seluruh dunia. seperti koran atau majalah.

yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnetik yang membawa informasi suara melalui udara. 3. Alat ini memiliki keunggulan karena mampu menayangkan informasi berformat video. AM (Amplitude Modulation) dan FM (Frequency Modulation) merupakan sistem modulasi yang sering digunakan untuk memancarkan sinyal suara. yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media yang lain seperti laptop.2. . Radio. Proyektor LCD sering digunakan sebagai alat presentasi atau media pembelajaran di kelas. Proyektor LCD (Liquid Crystal Display).

Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Hubungan antar komputer ini menggunakan alat yang disebut modem dan aturan komunikasi yang disebut protokol. informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual. 5. Internet.PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 4. Internet menghubungkan komputer di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta. Televisi. Artinya. yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi. . yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara.

7. GPS (Global Positioning System). yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. . pengendara mobil dapat mengetahui posisinya setiap saat. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli. arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi. hanya saja outputnya keluar di tempat yang jaraknya jauh. yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak. Faximile. Dengan GPS. cara kerja faximile mirip dengan mesin fotokopi atau scanner. Umumnya.6. Secara sederhana. GPS ditempatkan di mobil atau kendaraan lainnya.

9. yaitu alat komunikasi jarak jauh untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik. Alat yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini menggunakan kabel sebagai media penghantar. . Satelit komunikasi. Gelombang yang dipancarkan stasiun televisi dipancarkan ke ruang angkasa dan diterima oleh satelit. kemudian diteruskan ke wilayah yang sulit dijangkau oleh antena pemancar di permukaan bumi. Telepon. Ada bermacammacam fungsi satelit. yaitu benda yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi.8. misalnya untuk memancarkan sinyal dari stasiun televisi.

di antaranya SMS (Short Message Services). video call.Handphone atau telepon seluler. radio FM. dan televisi. GPRS (General Packet Radio Services). MMS (Multimedia Messaging Services). Banyak fitur lain yang dimiliki telepon seluler.PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 10. . Berdasarkan data dan suara yang dikirim ada dua jenis jaringan telepon seluler. Dewasa ini. yaitu alat komunikasi bergerak yang mudah dibawa untuk mengirim data suara melalui gelombang elektromagnetik sebagai media penghantar. yaitu jaringan GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan jaringan CDMA (Code Division Multiple Access). telepon seluler tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi suara saja. WAP (Wireless Application Protocol).

Dengan teknologi ini mampu menyatukan semua jenis komunikasi. Teknologi terbaru saat ini adalah HSDPA (High Speed Downlink Packet Accses) .PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Teknologi 3G adalah singkatan dari istilah bahasa inggris yaitu Third Generation Technology atau teknologi generasi ketiga. seperti akses internet. video live dan masih banyak lagi.

Apa kepanjangan dari GSM dan CDMA ! 5.SOAL LATIHAN 1. Jelaskan pengertian dari komputer ! . Sebutkan perkembangan teknologi yang digunakan untuk bertukar informasi. 107) ! 2. Apa yang disebut dengan informasi dan komunikasi ! 3. mulai dari awal sejarah sampai sekarang ! 4. Jelaskan definisi teknologi menurut Ahli sosiologi Manuel Castells seperti dikutip Capra (2004.

tetapi sudah menjadi bagian dari alat informasi dan komunikasi. .DEFINISI KOMPUTER Kata komputer berasal dari bahasa latin computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris namanya adalah to compute yang artinya sama yaitu menghitung. Komputer mempunyai fungsi dasar sebagai alat hitung. mengolah dan menyimpan data serta memberikan informasi sesuai dengan perintah program yang diberikan secara otomatis. Komputer tidak hanya menjadi alat hitung. fungsi komputer sudah berkembang melebihi fungsi dasarnya. Saat ini. Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input data.

. Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta).DATA DAN INFORMASI Pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa informasi dengan menggunakan peralatan elektronik. simbol-simbol atau gabungan dari ketiganya. yaitu komputer. dapat berupa angka. huruf.

Sistem adalah jaringan dari elemen-elemen yang saling berhubungan. . perangkat lunak (software). dan brainware yang punya tujuan untuk mengolah data dan memberikan informasi.SISTEM KOMPUTER Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data. membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Sedangkan sistem komputer adalah gabungan dari tiga elemen utama yang saling berhubungan yaitu perangkat keras (hardware). maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer.

INPUT PROSES OUTPUT .SIKLUS PENGOLAHAN DATA Siklus pengolahan data didefinisikan sebagai cara kerja dari setiap komponen sistem komputer yang saling terkait dalam melakukan fungsinya.

SIKLUS PENGOLAHAN DATA PROSES ALU INPUT MAIN MEMORI CU SKUNDER MEMORI OUTPUT OUTPUT .

komputer memerlukan suatu alat masukan yang disebut dengan peranti masukan atau input device. Komputer akan memproses data tersebut menggunakan alat yang disebut prosessor. Proses. Input. Data tersebut dapat berupa data informasi maupun data perintah/instruksi. Berikut ini adalah beberapa istilah yang berhubungan dengan siklus pengolahan data. A. B.SIKLUS PENGOLAHAN DATA Sistem komputer memiliki siklus pengolahan data yang pasti. . yaitu proses pengolahan data yang sudah diinputkan ke komputer. yaitu suatu aktivitas memasukkan data ke komputer. Dalam proses input.

Storage. yaitu aktifitas menampilkan data hasil pemrosesan baik di layar monitor maupun dalam bentuk cetakan yang menggunakan printer. D.SIKLUS PENGOLAHAN DATA C. Program. yaitu kumpulan instruksi atau perintah yang mengatur cara kerja sistem komputer dalam mengolah data. E. Alat outputnya disebut output device. yaitu media penyimpanan data untuk menyimpan data yang sedang diproses atau yang sudah selesai diproses. Program komputer biasa disebut perangkat lunak atau software. Output. .

2. Apa fungsi dasar dari komputer ! Pengolahan data elektronik adalah ! Jelaskan perbedaan data dan informasi ! Jelaskan pengertian dari sistem ! Gambarkan siklus pengolahan data dengan gambaran yang lebih detail ! .SOAL LATIHAN 1. 4. 3. 5.

HARDWARE ALAT INPUT Alat input atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer yang akan diproses. angka. gambar. . Sinyal input berupa data-data. alat input berfungsi untuk memasukkan data dan memasukkan program. baik yang berupa huruf. Sinyal maintenance berupa program untuk mengolah data yang dimasukkan ke komputer. maupun suara yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Di dalam alat ini terdapat sinyal input dan sinyal maintenance. Dengan demikian.

KEYBOARD Keyboard adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf. tombol angka. Tombol kontrol 4. yaitu. Tombol keyboard dikelompokan menjadi 4 bagian. Tombol numerik . tombol karakter khusus. tombol kontrol dan tombol fungsi. 1. Tombol fungsi 2. Tombol Alphanumerik 3.

MOUSE Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yang tampak pada layar monitor. . Tombol kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah. sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Alat ini memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Mouse sangat penting peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User Interface) yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini. Tombol scroll digunakan untuk menggulung layar sehingga dapat berpindah halaman secara cepat.

Joystick digunakan untuk memasukkan perintah pada saat menjalankan game komputer. Gerakan kursor atau sensor gerakannya berdasarkan gerakan tuas dan gerakan bola. . Alat ini harus dihubungkan ke kartu suara (soundcard) agar dapat menerima input berupa suara. Mikrofon berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.

foto.Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar. Touch screen dapat dijumpai di tempat-tempat umum yang menyediakan informasi atau layanan umum seperti mesin ATM. atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer. Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan untuk memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan. .

Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Dengan alat ini kita dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang jelek atau rusak dengan mudah dapat dihapus. Camcorder termasuk alat input untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film.Kamera foto atau kamera digital. Di samping itu. . file foto digital lebih mudah dipindah dan diolah menggunakan komputer. Kamera video atau sering disebut camcorder..

. Di Indonesia dikenal beberapa merek processor.ALAT PROSES Processor adalah komponen utama yang berfungsi untuk mengolah data. Disamping itu processor mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. Processor sering dijuluki otaknya komputer yang berupa chip yang terbentuk dari ribuan bahkan jutaan IC yang dipadatkan. seperti Intel. Processor terdiri dari dua bagian utama yaitu aritmatika logika unit (ALU) dan control unit (CU). AMD (Advanced Micro Device). dan Cyrix.

VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan CPU dengan monitor. . Alat ini dapat digunakan sebagai alat input atau alat output berupa suara. VGA card dilengkapi dengan memori yang besarnya bervariasi mulai dari 128MB sampai 1GB bahkan lebih. Alat ini berfungsi memproses gambar pada layar monitor. Resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor. Kartu suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara. selain ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh VGA card.

Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan. menghubungkan. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard berfungsi untuk mengatur dan mengkomunikasikan data maupun informasi yang diproses di komputer. dan komponen lain. RAM.Mainboard merupakan papan elektronik untuk meletakkan dan menghubungkan berbagai macam komponen komputer seperti prosessor. mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer. .

.

Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.ALAT SIMPAN (MEMORI) Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya yang disebut cakram keras. memiliki kecepatan 1.4 juta byte).6 meter. pada 1956. .4 MB (4.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4. Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM. Reynold Johnson.

Dari ukuran 0. Ukurannya kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data. . Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar.6 meter menjadi 0.4 MB.000 rpm. Bentuknya kecil dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer. kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan hingga 10. mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte. USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk.6 centimeter. dari kapasitas 4.Perkembangan hardisk begitu pesat.

mulai dari 512 MB. Ada beberapa tipe RAM yang digunakan dalam sistem komputer modern. 1 GB. 2 GB hingga 4GB. .Random Access Memory (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan data yang dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori dan bersipat sementara. dan DDR RAM (Double Data Rate RAM). yaitu SRAM (Static RAM). Kapasitas memorinya bervariasi. DRAM (Dynamic RAM). NVRAM (Non-Volatile RAM).

Disket merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy). CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB.44 MB. . yakni 1. sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4.7 GB. Kapasitasnya yang kecil. bahkan 17 GB. membuat disket tidak banyak lagi digunakan pada masa kini. Secara fisik. CD dan DVD sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut jauh.Optical disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. kecuali untuk beberapa keperluan khusus.

. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD. Secara fisik antara CDROM dengan DVDROM sama. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja. DVDROM sanggup membaca data cakram CD. CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer. Hanya saja kemampuannya yang berbeda. Namun sebaliknya CDROM tidak sanggup membaca cakram DVD.CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD.

70 Hz. yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Ada dua jenis monitor. 16 bit color (high color) hingga 24 bit color (true color). Besar kecilnya refresh rate monitor dapat kita atur melalui sistem operasi komputer. 75 Hz dan 85 Hz. .ALAT OUTPUT Monitor adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung. Jumlah warna yang mampu ditayangkan monitor bervariasi mulai 256 color. Monitor komputer umumnya memiliki refresh rate (kecepatan pergantian gambar) 60 Hz. 72 Hz.

mirip dengan mesin ketik. yakni printer dot matrix. Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa jarum. Hasil cetakan dapat berupa teks atau gambar. Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer. Printer ini hemat tinta dan dapat memghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan kuitansi). printer inkjet.Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran. . dan printer laser.

Saat ini. lpm (line per minute) atau ppm (page per minute). Speaker merupakan alat output audio. komputer sudah menjadi media hiburan. Ukuran kecepatan mencetak sebuah printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second).Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk (tonner). Tidak heran jika produk-produk speaker aktif untuk komputer memiliki kualitas suara yang bagus. . serupa dengan mesin fotocopy. Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan hingga suhu tertentu agar melekat. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer.

Alat ini biasanya digunakan sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran. misalnya layar presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/DVD player sehingga dapat difungsikan sebagai home theater. . semakin tinggi pula intensitas cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD. Semakin besar ANSI lumens.Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar. Selain dihubungkan ke komputer.

Modem singkatan dari modulator demodulator mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. yakni modem internal dan modem eksternal. Pada umumnya. Modem internal adalah modem yang terpasang pada mainboard komputer di dalam kotak CPU. . modem memiliki kecepatan 56 kbps.PERIFERAL Modem berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui jalur telepon. sementara modem eksternal adalah modem yang dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar kotak CPU. Ada dua jenis modem yang banyak kita jumpai.

Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub. mulai dari 8. Hub atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP atau STP. 24 hingga 32 port. semakin banyak pula komputer yang dapat dihubungkannya. . 12.NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam area tertentu. 16. Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi.

UPS atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi menyimpan tenaga listrik dan memberikan listrik cadangan pada saat listrik PLN padam. . harddisk. dan lain-lain. Dengan UPS. Pada bagian tertentu terdapat kabel-kabel untuk mengalirkan listrik dari power supply ke komponen-komponen di dalam kotak CPU seperti mainboard. Secara fisik power supply berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin).Power supply yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam CPU. komputer masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar.

SOAL LATIHAN .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->