LAPORAN TEST INSULASI MEGGER DI PT. PINDAD (PERSERO) Jln. Jendral Gatot Subroto No.

517 BANDUNG 40284

Disusun Oleh: Reza Restu A. NIS : 0910.10.208

Program Studi Keahlian Kompotensi Keahlian

: Teknik Elektronika : Teknik Audio Video

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 BALEENDAH Jl. Siliwangi Km. 15 Baleendah kode pos 40375 Telp/Fax (022) 85936539

Kabupaten Bandung 2011 LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI PT. PINDAD (PERSERO) Jln. Jend. Gatot Subroto 517 BANDUNG 40284

Laporan ini telah deperiksa dan di setujui oleh :

Kepala Bengkel/Divisi,

Pembimbing,

Amin Mulyawan NIP. 02648 Mengetahui : Manager/Pimpinan Perusahaan

Budi Kuriawan NIP.

Evih Fatimah NIP. 02648

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH SMKN NEGERI 7 BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG

Laporan ini telah di periksa dan di setujui oleh :

Wakasek Hubin,

Pembimbing,

Yayat Supriatna, S.Pd NIP: 19700205200511009 Mengetahui : Kepala SMK Negeri 7Baleendah,

Asep supriyadi, S.Pd NIP:

Drs, Asep Saripul Anam NIP : 196110061988031002

selaku pembimbing di sekolah SMKN 7 Baleendah Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 7 Baleendah PT. Semoga apa yang kita lakukan demi kemajuan dunia pendidikan dan kemajuan dunia usaha dan Negara dan di catat sebagai amal shaleh dan mendapat balasan yang berlipat ganda dari allah SWT. Kritik dan saran yang inivatif. . Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada: Kedua orang tua saya yang telah memberikan doanya untuk saya. selaku Wakasek Hubin SMK Negeri 7 Baleendah. Penyusun mengucapkan terima kasih kepada rekan – rekan di PT PINDAD ( Persero ) dan orang yang terlibat dalam penyusunan laporan ini. selaku pembimbing di PT. selaku KaProg SMK Negeri 7 Baleendah.PINDAD (Persero). Bapak Asep Supriyadi. Mudah – mudahan buku praktek kerja lapangan yang sederhana ini dapat mencapai sasaran yang di ingin kan.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Baleendah. Baleendah. karena tanpa karunianya penyusunan laporan praktek kerja lapangan ( PKL) ini tidak akan terwujud. Seluruh Staf & Karyawan PT. Bapak Yayat Supriyatna S.PINDAD(Persero).Asep Saripul Anam. Bapak Drs.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat allah Swt yang senantiasa selalu memberikan limpahan rahmat dan karunianya.PINDAD (Persero) Bapak Muchtar Effendi. kreatif dan membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan penulisan di kemudian hari. Bapak Taufik Zaenal Mutaqin. 01 oktober 2011 Penyusun.

............1 Visi Dan Misi PT.5 Pembatasan Pembahasan Laporan………………………………………...... 1.......... 2..1 ALAT PERBENGKELAN……………………………………………………… 3.. 2.. 4... BAB I pendahuluan…………………………………………………………………............. 1. 1. PINDAD ( Persero ) ) …………………………………………. BAB IV MATERI KEGIATAN PRAKERIN……………………………………. 4.PINDAD (Persero) ……………………………………… 2.................. 4........3 Struktur Organisasi PT..........4 Tujuan Laporan………………………………………………………..5 LANGKAH KERJA……………………………………………………………...PINDAD (Persero)………………………………….. 2.........3 Tujuan Prakerin Industri…………………………………………………… 1........1 JENIS / TYPE PRODUK……………………………………………………….......DAFTAR ISI Lembar pengesahan industri..........2 JENIS-ALAT UKUR…………………………………………………………….. ii Kata pengantar……………………………………………………………………… iii Daftar isi……………………………………………………………………………... 3.... i Lembar pengesahan sekolah.......1 Latar Belakang PRAKERIN………………………………………………………..2 Sejarah PT.....................6 Sistematika Penulisan Hukum Kerja Pembuatan Materi Laporan Prakerin………………………………………… BAB II URAIAN PERUSAHAAN……………………………………………... 4... BAB V KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………… ......4 ALAT DAN BAHAN………………………………………………………. 2.4 TES TEGANGAN TINGGI DC………………………………………………... 1...5 Peraturan / kebijakan perusahaan………………………………………………… BAB III LANDASAN TEORI……………………………………………………… 3.. 3...........3 TES IMPULS……………………………………………………………………..... PINDAD ( Persero …………………………………………….. 1..........................4 Peta / Denah Lokasi PT.3 TUJUAN PEKERJAAN………………………………………………………… 4.2 Landasan PRAKERIN……………………………………………………....2 JENIS PEKERJAAN………………………………………………………...............

2 SARAN…………………………………………………………………………. 5.5.1 KESIMPULAN…………………………………………………………………. DAFTAR PUSTAKA DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN ..

sedangkan unsur kiat (arts) hanya dapat diperoleh melaluui proses pembiasaan (habit forming). Pada dasarnya ilmu pengetahuan.2 Landasan Hukum PRAKERIN Prakrik Kerja Industri (Prakerin) yang merupakan bagian dari kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berlandaskan. PP Nomor 29 Bab XI Pasal 20 ayat 1 yang berbunyi : “Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama dunia usaha dan para dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pengembangam pendidikan”. antara lain: 1. 1. PP Nomor 39 Bab III pasal 4 butir 8 yang berbunyi: “Peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk magang dan atau pelatihan kerja”. .1 Latar Belakang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan ke arah professional yang memadukan secara sistematik dan singkronisasi program pendidikan di sekolah dan di Dunia Usaha/Dunia Industri yang dilakukan dengan bekerja langsung pada Dunia Usaha/Dunia Industri sehingga diperoleh suatu tingkat keahlian professional tertentu yang di capai oleh siswa. 2. Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan suatu program pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dirancang untuk menumbuhkan unsur kiat (arts) pada peserta didik dengan jalan memberikan kesempatan untuk terjun langsung pada bidang profesi tertentu. dan internalisasi langsung pada bidang profesi tersebut. skill dan teknik dapat dipelajari di sekolah. dan keahlian yang di miliki oleh siswa. sejumlah perundang-undangan.BAB I PENDAHULUAN 1.

program pendidikan di bangku sekolah. 5. Melaksanakan sebagian kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan di sekolah dan sebagian lainnya di dunia usaha/dunia industri (DU/DI). Menjajaki penempatan dan lowongan kerja untuk lulusan setelah siswa menyelesaikan 7. Membekali siswa dengan pengalaman sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan dan bekal awal kemampuan guna menyesuaikan dalam dunia kerja sebagai persiapan dan bekal awal kemampuan guna menyesuaikan diri dengan DU/DI. Memantapkan disiplin. Menggunakan Unit Produksi (UP) sekolah yang berorientasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan. Keputusan Mendikbud Nomor 086/U/1993 Bab VI butir C1 (Kurikulum 1994. Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional. dunia usaha dan industri. . 3. dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. percaya diri. 6. b. Mendorong siswa berjiwa interprineur (wirausahawan). 4.3 Tujuan Prakerin Kerja Industri Praktik Kerja Industri merupakan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan melalui pengalaman kerja pada bidang profesi tertentu untuk para siswa SMK bertujuan: 1. 1. 2. c. Memberikan pengalaman dan penghargaan langsung terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan. Memperkokoh Link and Mach (keterkaitan dan kesasuaian) antara program pendidikan di sekolah dan dunia kerja (dunia usaha). SMK) yang berbunyi: “Sekolah Menengah Kejuruan dapat memilih pola penyelenggaraan pendidikan sebagai berikut: a. Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuihnya di masyarakat.3.

Urutan halaman bagian persiapan: 1. Siswa mampu membuat laporan atau karya tulis ilmiah sesuai dengan aturan dan kaidah yang benar. dan etos kerja yang sesai dengan tuntutan DU/DI.6 Sistematika Penulisan Laporan Prakerin Sistematika penulisan Laporan Prakerin memuat: 1. 1.8. serta cara penggunaan alat ukur itu dengan bertujuan supaya isi dari laporan tertulis ini tidak menyimpang dari materi dan kegiatan yang pernah di lakukan pada saat Praktek Kerja Industri. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian professional dengan tingkat pengetahuan. Dokumentasi pribadi dan Sekolah sebagai sarana dan literature untuk menunjang peningkatan pengetahuan dan wawasan dari seorang siswa untuk lebih berkembang. 1. 1. 2. 9.5 Pembatasan Pembahasan Materi Laporan Isi dari laporan di batasi dengan materi yang mencakup tentang cara menggunakan alat ukur MEGGER. Siswa mampu membuat gagasan baru dan menuangkannya ke dalam bentuk tulisan atau laporan selama kerja industri (Prakerin). keterampilan.4 Tujuan Pembuatan Laporan Pembuatan Laporan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) bertujuan: 1. Halaman Judul .

Daftar Isi 2. Bab III Landasan Teori Berisikan Uraian Materi dan Gambar yang diambil dari berbagai refrensi dijadikan acuan teoritis untuk penulisan pada Bab IV yang mencakup: 3.PINDAD (Persero) 2.2.5 Pembatasan Pembahasan Materi Kegiatan Prakerin 1. Pengesahan Pihak Dunia Usaha/Dunia Industri 3.1 Visi dan Misi PT.3 Tes Impuls .4 Denah / Peta lokasi PT.PINDAD (Persero) 2.PINDAD (Persero) 2.1 Latar Belakang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) 1. Bab II Uraian Perusahaan 2.4 Tujuan Pembuatan Laporan 1.3 Tujuan Prakerin Kerja Industri 1. Bab I Pendahuluan 1. Pengesahan Pihak Sekolah 4.2 Landasan Hukum (PRAKERIN) 1.1 Alat – Alat Perbengkelan 3.5 Pelaturan / Kebijakan Perusahaan 4.2 Jenis-jenis Alat Ukur 3.6 Sistematika Penulisan Laporan Prakerin 3.2 Sejarah Berdirinya PT.PINDAD (Persero) 2.3 Struktur Organisasi PT. Kata Pengantar 5.

1 Kesimpulan 5.4 Alat dan Bahan yang digunakan 4.4 Tes Tegangan Tinggi DC 5.3.2 Saran Daftar Gambar Daftar Pustaka .2 Jenis pekerjaan 4. Bab V Kesimpulan dan Saran 5.5 Langkah Kerja 6.3 Tujuan Pekerjaan 4. Bab IV Materi Kegiatan Prakerin Berisikan uraian kegiatan praktik selama melaksanakan Prakerin yang memuat: 4.1 Jenis/type produk 4.

PINDAD ( Persero ) 2. 2. Setelah kemerdekaan DIK berganti nama menjadi Ledger Productie (ACW) di Surabaya.2 Sejarah PT. . PINDAD (Persero) adalah untuk melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya dan pada khususnya dalam bidang industri peralatan industri manufaktur energi dan tranportasi dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang berlaku bagi Perseroan Terbatas. Pada masa penjajahan Belanda didirikan Artillerie Contructie Winkel Tahun 1923. Tahun 1947. 2. PINDAD (Persero) adalah sebagai berikut : 1. Bredjuen (LPB) di bawah NICA. Misi PT. Visi merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan yang harus dijadikan pendorong untuk maju dalam waktu yang terbatas. Oleh karena itu. 3. maka industri ini disebut Komando Perindustrian Angkatan Darat (KOPINDAD). PINDAD (Persero) Bandung pada awalnya adalah suatu usaha komando TNI-AD yang bergerak dalam bidang instalasi industri. peralatan industri dengan mendapatkan laba untuk pertumbuhan perusahaan melalui keunggulan teknologi dan efisiensi.BAB II PT. yang fungsi utamanya adalah untuk memproduksi senjata dan amunisi untuk kebutuhan Angkatan Darat khususnya dan ABRI pada umumnya. 1. PINDAD ( Persero ) Maksud dan tujuan didirikan PT. Visi PT. Sedangkan Misi adalah tugas yang diemban oleh perusahaan yang harus dipegang dan diletakan sebagai nilai-nilai dasar dalam melaksanakan kegiatan perusahaan. 2. PINDAD (Persero) : Perusahaan sehat yang mempunyai inti usaha terpadu. Adapun sejarah singkat PT. Visi dan misi adalah acuan yang digunakan untuk pengembangan perusahaan dalam jangka panjang dalam upaya memperoleh masa depan yang baik. PINDAD (Persero) : Melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang alat dan beroperasi secara fleksibel serta mandiri dan financial. PINDAD ( Persero ) PT. Tahun 1908. ACW berganti nama menjadi Dai Khi Kozo (DIK).1 Visi Dan Misi PT.

9. mendirikan BUMN dengan nama PT. secara keseluruhan PINDAD baru berproduksi penuh. Dengan adanya penyerahan kedaulatan dari pemerintahan Belanda kepada pemerintah Republik Indonesia Serikat (RIS). Tahun 1962. Pakarya Industri Strategis (Persero). PINDAD (Persero). maka instalasi ini diserahkan kepada pemerintah RIS dan tepatnya tanggal 29 April 1950. 6. pemerintahan dan sejak itu PT. Tahun 1958. Pakarya Industri Strategis berganti nama menjadi PT. Tahun 1950. PABAL-AD dalam memproduksinya tidak hanya memproduksi senjata saja. Pabrik Senjata dan Mesiu berubah nama menjadi Pabrik Alat Peralatan Angkatan Darat (PABAL-AD). 5. 8. BPIS dibubarkan oleh pemerintah dan pada tahun yang sama pemerintah Tahun 1999. 10. PINDAD. PINDAD menjadi BUMN dengan nama PT. PINDAD Tahun 1989. Tahun 1968. PABAL-AD berganti nama menjadi Perindustrian TNI-AD (PINDAD). PT. PT. 12. PINDAD (Persero) langsung di bawah pembinaan kementrian BUMN hingga sekarang. PT. . Bahana Pakarya Industri Strategis (Persero) dibubarkan oleh (Persero) dimana PINDAD adalah nama bukan singkatan. Pada tanggal 29 April 1983. 11. berganti nama menjadi Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang selanjutnya pada tanggal ini diperingati sebagai hari jadi PT. 7. tetapi juga memproduksi kebutuhan lainnya untuk AD.4. Pakarya Industri Strategis. Bahana Tahun 2002. pemerintah membentuk Badan Pengelolaan Industri Strategis (BPIS) dan Tahun 1998.

PINDAD (Persero) Struktur organisasi pada PT. PINDAD (Persero) dipimpin oleh : 1. PT.3 Struktur Organisasi PT.4 1.2.4 Direktur Produk Militer (Diprodukmil) 1. 3.1 Direksi yang terdiri 1.1 Kepala Satuan Pengawas Intern (Ka SPI) . unit-unit pusat dan unit-unit usaha.2 Direktur utama (Dirut) 1.1 Unit-Unit Usaha : Kepala Divisi Munisi (Kadivmu) Kepala Divisi Senjata (Kadivjat) Kepala Divisi Mesin Industri dan Jasa (Kadiv MI dan jasa) Kepala Divisi Tempa dan Cor (Kadiv TC) Kepala Divisi Rekayasa Industri (Kadivrekin) Pimpinan Teras terdiri dari : 1. artinya dalam hal ini Direktur Utama memberikan dan melimpahkan wewenang secara vertikal kepada bawahannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.3 Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dirrenbang) 1. 1. 1. Susunan Organisasi PT.5 3. PINDAD (Persero) merupakan suatu bentuk organisasi garis dan staf dimana sebagai pimpinan tertinggi adalah Direktur Utama.5 Direktur Produk Komersial (Diprodukkom).3 1. PINDAD (persero) terdiri dari Direksi. jabatan dalam organisasi dibedakan atas empat strata jabatan tingkat pimpinan dan satu strata jabatan tingkat pelaksana yang sebutan dan jenisnya akan diatur sendiri.Direktur Administrasi dan Keuangan (Dirminku) 2.2 1.

PINDAD (Persero) Komplek PT.8 Deputi Direktur Produk Komersial Bidang Pemasaran (Dedirprodukkom Bid Pasar) 3.PINDAD (Persero) berada di daerah kircon (kiara condong).7 Deputi Direktur Produk Militer Bid Pemasaran dan Penjualan (Dedirprodukmil Bid P dan P) 3.4 Deputi Direktur perencanaan dan pengembangan bidang usaha 3.6 Deputi Direktur Produk Militer Bidang Penelitian dan Pengembanagn (Dedirprodukmil Bid Litbang) 3.3 Kepala Pusat Pengaman (Kapuspam) 3.4 Peta / Denah Lokasi PT.4.2 Kepala Sekretariat Perusahaan (Kasetper) 3.1 Alamat PT. 2.2 Denah PT. komplek PT.PINDAD (Persero) .PINDAD (Persero) sangat strategis karena lokasinya dekat dengan stasiun kiara condong yang berlamatkan di jalan Gatot Subroto No.PINDAD (Persero) 2.517 Bandung 40284. 2.10Deputi Direktur Administrasi dan keuangan Bidang Keuangan (Dedirminku Bid Ku).5 Deputi Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bidang pengembangan Sumber Daya (Dirrenbang Bid Bang Sumber Daya) 3.4.9 Deputi Direktur Administrasi dan Keuangan Bidang Administrasi (Dedirminku Bid Min) 3.3.

Mematuhi petunjuk untuk keselamatan dalam melaksanakan kerja 7. Kedisiplinan PT PINDAD ( Persero ) mewajibkan para mahasiswa untuk belajar dengan disiplin tinggi serta berpegang pada ketentuan berikut ini: 1. Menjaga kebersihan dan ketertiban 4. Terhindar dari obat obatan terlarang 6. Tidak merokok ataupun makan dan minum selama jam kerja kecuali pada waktu istirahat yang telah di tentukan 5.2. . Dapat di percaya dan menghindarkan kerusakan dan kehilangan barang milik perusahaan. Tepat waktu dan teratur dalam mengikuti pekerjaan 2. Disiplin dan bersikap sopan santun 3.5 Peraturan / kebijakan perusahaan 1.

1 Obeng Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Di larang membawa / mengaktifkan Hp di dalam tempat kerja 5. Menjaga kebersihan dan kerapihan tempat kerja. 3. Jenis obeng lain . Jenis yang sangat umum di Indonesia adalah model Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+) dan slotted yang sering disebut obeng minus (-). Tidak membawa barang barang / peralatan kerja maupun nonkerja ke luar ruangan.2. Dilarang membawa task e dalam perusahaan / bengkel / ruangan. Rapih dalam berpakaian 4. 2.1.1 Alat Perbengkelan 3. Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. BAB III LANDASAN TEORI 3. Peraturan kerja 1.

1. Tang Kombinasi (multigripplier) : besarnya rahang bisa disetel sesuai dengan benda yang bakal dijepit. hex (segi enam). Robertson (kotak).2 Tang Alat ini digunakan untuk mencengkeram. Jenisnya ada bermacam-macam seperti : 1. memotong dan memutar kawat atau kabel. Hindari penggunaan tang kombinasi sebagai pengganti kunci pas untuk membuka atau mengencangkan baut. 3.yang digunakan di negara-negara lain antara lain Torx (bintang segi enam). .

pada umumnya berbentuk seperti pistol. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya.1.2. dan dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat .3 Solder Solder merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan PCB. 3. dan lurus dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip. Tang Pemotong : untuk pemotong kawat atau kabel. solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Jangan gunakan untuk memutuskan kawat yang terlalu keras.

1. Solder pula digunakan untuk upaya alternatif jumper dengan menghubungkan kabel kecil pada hubungan yang putus pada papan PCB agar yang retak atau terputus dapat tersambung kembali.4 Timah .kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan PCB. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas. 3.

1. Unsur ini merupakan logam miskin keperakan. dan digunakan untuk melapisi logam lainnya untuk mencegah karat. tidak mudah teroksidasi dalam udara sehingga tahan karat. 3. ditemukan dalam banyak aloy.5 Bor Tangan .Timah adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Sn (bahasa Latin: stannum) dan nomor atom 50. dapat ditempa ("malleable"). Timah diperoleh terutama dari mineral cassiterite yang terbentuk sebagai oksida.

Lampiran akan dicengkeram oleh chuck di salah satu ujung bor dan diputar sambil ditekan terhadap bahan target.1. 3. biasanya bor atau bit driver yang digunakan untuk pengeboran lubang dalam berbagai bahan atau pengancing berbagai bahan bersama-sama dengan menggunakan pengencang.Bor adalah alat yang dilengkapi dengan alat pemotong atau lampiran lampiran alat mengemudi.6 Bor tekan .

dan kepala bor. yang merupakan jarak dari pusat gelendong ke tepi terdekat pilar. Tabel dapat disesuaikan secara vertikal dan umumnya digerakkan oleh rak dan pinion .Sebuah bor tekan (juga dikenal sebagai alas bor. namun beberapa model lama bergantung pada operator untuk mengangkat dan reclamp meja dalam posisi. bor ulir. basis (atau pilar).3 Multimeter . atau bor bangku) adalah gaya tetap bor yang dapat dipasang pada berdiri atau dibaut ke lantai atau meja kerja . 3. memindahkan spindle dan chuck vertikal. Swing adalah didefinisikan sebagai jarak dua kali tenggorokan. Model portabel dengan dasar magnet pegangan benda kerja baja yang mereka bor.2. spindle (atau pena). [4] Sebuah bor tekan terdiri dari kolom.2 Jenis – Jenis Alat Ukur 3. Kepala memiliki seperangkat menangani (biasanya 3) yang memancar dari sebuah hub pusat itu. suatu 16-inch (410 mm) bor tekan memiliki 8-inci (200 mm) jarak tenggorokan. Sebagai contoh. Ukuran bor pers biasanya diukur dalam hal ayunan. sejajar dengan sumbu kolom. Tabel juga dapat offset dari sumbu spindle dan dalam beberapa kasus diputar ke posisi tegak lurus terhadap kolom. biasanya didorong oleh motor induksi. ketika dinyalakan. meja.

Multimeter ini tersedia dengan kemampuan untuk mengukur hambatan ohm. Multimeter digital . Multimeter dibagi menjadi dua yaitu : 1. volt. Analog tidak digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen. dan ohm) meter. dibutuhkan alat pengukur yang disebut dengan multimeter. tetapi kebanyakan hanya digunakan untuk baik atau jeleknya komponen pada waktu pengukuran atau juga digunakan untuk memeriksa suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada. alat ini juga berfungsi untuk mancari dan menemukan gangguan yang terjadi pada semua jenis pesawat atau alat-alat elektronik. Selain untuk mengukur besaran listrik.Mltimeter digunakan dalam pengukuran dasar besaran-besaran listrik yang meliputi pengukuran 3 besaran dasar yaitu hambatan yang dinyatakan dengan satuan Ohm. dan kuat arus listrik yang dinyatakan dengan Ampere . tegangan (Volt) dan arus (mA). Multimeter digital Multimeter digital hampir sama fungsinya dengan multimeter analog tetapi multimeter digital menggunakan tampilan angka digital.Dalam pengukuran kombinasi ketiga satuan tersebut. 2. Multimeter sering juga disebut AVO (ampere. Multimeter Analog Multimeter Analog atau yang biasa disebut multimeter jarum adalah alat pengukur besaran listrik yang menggunakan tampilan dengan jarum yang bergerak ke range-range yang kita ukur dengan probe . tegangan yang dinyatakan dengan satuan Volt.

Besarnya tahanan isolasi minimal suatu sirkuit instalasi tegangan rendah adalah 1000 kali tegangan kerja instalasi tersebut dalam satuan ohm. material isolasi atau sering di sebut isolator adalah bahan yang mempunyai kemampuan untuk menahan aliran arus listrik sehingga suatu benda yang bila digunakan untuk mengalirkan arus listrik tidak menyimpang melalui bagianbagian yang tidak semestinya. 3.000v . kondisi fisik dan kekuatan listrik dari isolasi listrik di tentukan oleh karakteristik dari bahan dan cara pengolahannya. Tahanan isolasi suatu material adalah besarnya tahanan dalam sirkuit arus listrik yang di berikan oleh isolasi pada tegangan tertentu hingga cenderung untuk menghasilkan bocoran arus.4 Megger Megger.pembacaan pengukuran besaran listrik yang lebih tepat jika dibanding dengan multimeter analog. sehingga multimeter digital dikhususkan untuk mengukur suatu besaran nilai tertentu dari sebuah komponen secara mendetail sesuai dengan besaran yang diinginkan.2. dan untuk mendapatkan hasil pengujian harus dilakukan dengan tegangan 500v samapai dengan 10. Bahan isolasi dalam suatu tahanan dapat di katakana layak apabila besarnya tahanan isolasi dari hasil pengukuran adalah lebih besar dari TID (Tingkat Isolasi Dasar) dari bahan isolator.

Tegangan keluaran dari alat ukur ini adalah tegangan tinggi arus searah. Meskipun osiloskop menampilkan tegangan . O-scope ) adalah jenis alat tes elektronik yang memungkinkan pengamatan terus menerus berbagai tegangan sinyal. biasanya sebagai grafik dua dimensi dari satu atau lebih perbedaan potensial listrik menggunakan sumbu "Y" vertikal atau. diplot sebagai fungsi waktu. Sebuah osiloskop ( juga dikenal sebagai ruang lingkup. 3.5 Osciloskop Osciloscop adalah alat ukur yang di gunakan untuk mengukur frekuensi getaran yang terjadi pada saat pengetesan Bering yang dilakukan pada motor traksi. CRO.2. Megger adalah alat ukur yang di pergunakan untuk mengukur tahanan isolasi dari alat-alat listrikmaupun instalasi-instalasi. yang dibangkitkan melaluli generator yang di putarkan oleh tegangan. Pengetesan ini bertujuan untuk menilai atau melihat seberapa kuat frekuensi ataupun getaran dan ketahanan yang dimliki oleh motor traksi. (horizontal atau sumbu 'x'). DSO atau..

atau perubahan perlahan-lahan. Selain amplitudo sinyal. Tujuan umum instrumen yang digunakan untuk pemeliharaan peralatan elektronik dan pekerjaan laboratorium. atau untuk menampilkan bentuk gelombang. osiloskop menunjukkan peristiwa yang berulang dengan baik tidak ada perubahan. teknik. Osiloskop digunakan dalam ilmu. periode. Tujuan khusus osiloskop dapat digunakan untuk tujuan seperti menganalisis suatu sistem pengapian otomotif. osiloskop dapat menunjukkan distorsi. . kedokteran. Osiloskop biasanya digunakan untuk mengamati bentuk gelombang yang tepat dari sinyal listrik. Dalam kebanyakan kasus. atau waktu naik).pada sumbu vertikal. dan industri telekomunikasi. waktu antara dua peristiwa (seperti lebar pulsa. setiap kuantitas lainnya yang dapat dikonversi ke tegangan dapat ditampilkan juga.

Oscilloscope modul perifer untuk laptop tujuan umum atau komputer pribadi desktop menggunakan layar komputer. Meskipun tidak seperti biasa.6 Vibrometer Vibrometer adalah sebuah instrumen untuk kuantifikasi getaran mekanik. alat ukur ini berfungsi mengukur tingkat kecepatan sebuah benda (singkat untuk laser-Depplor vibrometer). memungkinkan mereka untuk digunakan sebagai instrumen tes. (biasanya disebut sebagai CRO) Namun. osiloskop modern memiliki layar LCD atau LED. .2. beberapa osiloskop digunakan CRT penyimpanan untuk menampilkan acara tunggal untuk waktu yang terbatas.Awalnya semua osiloskop sinar katoda tabung yang digunakan sebagai elemen layar mereka dan amplifier linier untuk pemrosesan sinyal. 3. cepat analog-ke-digital converter dan prosesor sinyal digital.

seperti pada saat pengetesan Bering Motor Traksi. . 3.Mengandung vibrometer laser. Pergeseran frekuensi dievaluasi dengan menggunakan interferometer di vibrometer dan output sebagai sinyal tegangan atau aliran data digital sebuah Vibrometer pemindaian bidang pengukur getaran. alat ini layaknya Termometer untuk mengukur seberapa tinggi suhu yang ada pada benda ataupun alat yang mempunya tingkatan suhu.2. Karena efek Doppler shift selama gerakan permukaan yang akan diukur frekuensi sinar laser backscattered.7 Raytek Raytek adalah alat pengukur suhu yang digunakan saat pengetesan Vibrasi dan Suara Bering pada Motor Traksi. yang di fokuskan pada permukaan yang akan diukur.

tes yang di lakukan ini memerlukan tegangan yang tinggi yaitu 6KV (KiloVolt).4 Tes Tegangan Tinggi DC .Alat ini bekerja dengan cara memancarkan sinar laser infrared agar bias memulai dan mendeteksi seberapa besar keadaan suhu yang di miliki benda yang akan di ukur ketinggian suhunya. Tes ini di lakukan supaya kebocoran ataupun konsleting yang terjadi pada Koil tersebut terdeteksi dan mengetahui apakah Koil itu bocor ataupun tidak. Raytek merupakan alat pengukuran suhu yang berformat digital dengan ketepatan pengukuran yang signifikan. 3. Tes ini pula yang menentukan layak atau tidaknya tahanan yang dimiliki oleh pembungkus Koil untuk nanti di rakit dan di lanjutkan ke pengetesan berikutnya. 3.3 Tes Impuls Tes IMPULS merupakan pengetesan yang di lakukan untuk mengetahui kebocoran arus kecil pada Koil. dan cara untuk mengetahui bagaimana kebocoran yang terjadi terhadap Koil dapat di lihat dari alat (mesin) Impuls yang di pakai untuk melakukan pengetesan ini. Koil dinyatakan baik apabila gambar yang ada pada osciloskop yang terpasang di mesih Impuls itu sama dan berfrekuensi sama pula.

tes ini juga di lakukan untuk mengetahui seberapa besar isolasi tahanan yang dimiliki oleh Koil yang telah di buat. Jika arus yang keluar lebih dari 0. . dari mesin tegangan tinggi DC ada dua penjepit untuk kemudian di jepitkan ke Koil yang akan di tes. lalu di beri tegangan sebesar 9KV selama kurang lebih 1 menit lamanya untuk mengetahui kuat atau tidaknya isolasi tahanan yang di miliki oleh Koil itu. dapat di lihat dari besar kecilnya arus yang keluar. Cara pengetesan ini di lakukan dengan cara melakukan pengetesan terhadap Koil.Tes tegangan tinggi DC.25 ampere meter maka dapat di simpulkan bahwa Koil tersebut rusak.

4.1 Jenis / Type Produk Test insulasi terhadap Koil yang akan dipakai untuk rakitan sebuah Motor Traksi yang bergunakan untuk mengetahui kondisi konduktor di jaringan ataupun pada lapisan dan isolasi sebuah tahanan.2 Jenis Pekerjaan Insulasi test ini merupakan suatu pengujian yang dilakukan agar dapat mengetahui kelayakan sebuah Koil.BAB IV MATERI KEGIATAN PRAKERIN TEST INSULASI MEGGER 4. Test ini harus dilakukan secara hati-hati dan teliti karena pengetesan ini menggunkan tegangan yang tinggi. Buruknya insulasi jaringan ataupun isolasi sebuah tahanan dapat mengakibatkan terjadinya arus bocor yang dimungkinkan juga menimbulkan percikan api. Tes insulasi megger ini dilakukan terhadap tahanan isolasi yang dimilki oleh Koil. 4. Sebelum melakukan .3 Tujuan Pekerjaan Pengetesan ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui tingkat kebocoran jaringan line / phase dengan netral dan line dengan ground. Insulasi yang memadai diperlukan untuk menghindari terjadinya direct contact seperti short sirkuit atau ground fault. untuk bias mengetahui tahanan isolasi yang dimiliki oleh Koil.

Dan juga slotted. 2. Obeng Obeng adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengencangkan ataupun mengendorkan baut. Metode pengetesaan ini dilakukan dengan tegangan yang berbedabeda sesuai dengan kebutuhan.1 Alat Alat yang digunakan untuk melakukan test insulasi megger ini adalah sebagai berikut: 1. lalu bintang segienam atau Torx.5 Mega Ohm sampai dengan tegangan 5000 VDC adalah 5 Mega Ohm.4. Lalu jenis obeng lainnya sering digunakan oleh Negara lain bermacam0macam diantaranya yang berbentuk segienam atau Hex. Batas minimum insulasi yang bias ditolelir pada saat pengetesan terhadap Koil yaitu dengan tegangan 500 VDC adalah 0. Obeng memiliki beberapa model yang sering digunakan. dan lain sebagainya.pengetesan ini terlebih dahulu dilakukan pemutusan hubungan komponen elektronik dan pilot lamp dengan isolasi Koil. 3. Tang Alat ini digunkan untuk mencengkram dan mengunci bagian kaki Koil yang akan di beri tegangan pada test insulasi.4 Alat dan Bahan 4. Alat ini digunakan untuk mengetahui seberapa tinggi suhu yang ada pada saat pengetesan insulasi dilakukan terhadap Koil. yaitu obeng yang berujung positif atau plus (+). Dengan alat ini pula kita bias . 4. jenis yang sangat umum digunakan di Indonesia adalah obeng Philips yang sangat populer disebut obenng kembang. Raytek Raytek merupakan alat pengukur suhu dengan menggunakan pancaran sinar infrared. yaitu obeng yang berujung negative atau obeng minus (-). Tang yang digunakan adalah jenis tang kombinasi yang bias menahan tegangan tinggi volt DC.

2 Bahan Bahan-bahan yang digunakan untuk melaksanakan test insulasi ini adalah sebagai berikut: Koil Koil merupakan sebentuk tembaga yang telah di press dan di bentuk sedemikian rupa sehingga bisa dipergunakan untuk menjadi bahan utama untuk perakitan Motor Traksi. lalu Koil tersebut siap dipakai dan di uji di test insulasi megger ini. juga untuk bias mengetahui tingkat kebocoran yang dimiliki oleh Koil yang akan di test insulasi. Alat ini berfungsi sebagai penyalur arus tegangan tinggi DC terhadap lapisan isolasi Koil. juga berfungsi sebagai pendeteksi seberapa besar tahanan dan isolasi yang dimiliki oleh Koil itu sendiri. Lempeng Besi Lempeng besi ini diperlukan pada saat pengetesan insulasi megger ini. 4. karena untuk menghindari percikan api dan aliran langsung terhadap Koil itu sendiri dikarenakan besarnya tegangan arus DC yang akan diberikan terhadap Koli. Plat besi ini dijepitkan di masing-masing kaki Koil yang akan di beri tegangan langsung oleh megger. . Koil yang telah dilapisi dan di beri isolasi kemudian lapisan-lapisan pembalut kain yang bisa menahan tegangan. Megger Megger merupakan alat utama yang diperlukan untuk melakukan test insulasi tehadap Koil.mengetahui seberapa bagusnya sebuah isolasi yang dimilki Koil dan seberapa kuatnya tahanan panas dari tegangan tinggi DC yang bias di terima oleh Koil. Pada saat test insulasi ini dilakukan.4. 4.

Kunci kedua lempeng itu dengan obeng yang telah tersedia. terutama di bagian isolasi Koil. Tahap 1 a). b). b). Tahap 2 a). caranya yaitu sebagai berikut: 1. supaya tegangan yang dialiri terhadap Koil bisa stabil dan tidak terjadi kesalahan ataupun kebocoran karena test insulasi itu sendiri. Pasangkan kabel 3 phasa sebagai ground di kaki Koil. Pasangkan lempeng besi yang telah ada pada kedua kaki koil. Jepitkan lempeng besi itu secara berpasangan pada kaki Koil secara rapat. 2. . c). Siapkan Koil pada papan penopang yang telah di sediakan dengan rapih.Kabel 3 Phasa Kabel 3 Phasa ini diperlukan untuk melakukan test insulasi ini. d). 4. yang berfungsi sebagai ground dari Koil ke tanah.5 Langkah Kerja Untuk melakukan test insulasi ini ada beberapa perincian yang di ketahui oleh saya sebagai penulis. Jepit kedua kaki Koil dengan tang supaya lempeng besi dan isolasi Koil merapat. berguna agar tegangan yang dilakukan terhadap test insulasi ini tidak terlalu berbahaya bagi yang melakukan test insulasi ini. Papan Penopang Koil Papan ini berfungsi untuk menopang Koil.

Jangan melebihi tegangan dan batas waktu itu. Tahap 4 Tahap ini adalah tahap terakhir dari test insulasi megger ini. dengan catatan pemasangan megger ke kaki Koil ini harus secara teliti supaya tidak terjadi kebocoran karena tegangan yang akan di beri megger terhadap Koil. 3. Tahap 3 a). bahkan lebih dari Giga heartz. Atur waktu atau lama tegangan terhadap Koil dengan lama satu menit (1 menit) lamanya. Nyalakan megger secara perlahan. Dari situlah kelayakan Koil untuk pengetesan selanjutnya di tentukan. Lalu mulai pengetesan insulasi megger ini. kelayakan ataupun bagus tidaknya suatu Koil dapat terlihat.c). Atur tegangan megger dengan arus 1000 VDC. 4. . selama waktu dan tegangan yang telah di tentukan. Lalu pasangkan penjepit megger ke tang yang telah di pasang di masingmasing kaki Koil. Yaitu dengan cara melihat seberapa besar frekuensi yang di dapat oleh megger apakah di atas Mega heartz. jika melebihi kemungkinan besar Koil akan mengalami kebocoran dan tahanan isolasi yang rusak. c). Dengan selesainya test insulasi megger ini. d). b).

1 KESIMPULAN Test Insulasi Megger adalah suatu pengetesan yang dilakukan untuk mengetahui seberapa layak dan bagusnya suatu tahanan isolasi yang dimiliki oleh Koil. Sehingga sengan demikian itu siswa/siswi yang . 5. adik kelas dan pihak industri.2 SARAN Penulis juga mengungkapkan beberapa saran yang mungkin di pertimbangkan agar pelaksanaan praktek kerja industri atau prakerin di masa mendatang dapat lebih baik dan mendatangkan manfaat yang besar bagi pihak sekolah.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5. khususnya bagi diri kita sendiri. pengetesan ini dilakukan dengan pengukuran dari alat Megger dengan cara memberi arus tegangan sebesar 1000 VDC terhadap Koil. Test ini pula yang menentukan buruk atau tidaknya isolasi yang dimilki oleh Koil agar tidak terjadinya kemungkinan kebocoran yang ada pada Koil itu sendiri. agar bisa di hindarkan dari pada membahayakan nyawa seseorang dan memperkecil kemungkinan untuk mengetahui tingkat kebocoran yang akan menimbulkan percikan api yang bisa menyebabkan kebaran. Supaya dapat lulus agar dapat melakukan pengetesan selanjutnya. yang bisa berupa Mega heartz sampai Giga dan Tera heartz. apakah isolasinya layak atau tidak dapat di lihat dari seberapa besar tahanan Koil itu.

2.2.mohon untuk di tingkatkan. Lebih ketat lagi dalam memberikan peraturan kepada siswa/siswi sebelum melakukan kegiatan PRAKERIN supaya siswa/siswi saat melakukan PRAKERIN tidak mencoreng nama baik yang dimiliki oleh sekolah.agar sekolah bisa mengimbangi kemajuan teknologi tersebut dengan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi siswa/siswinya.2. Kemajuan teknologi industri hendaknya dapat menjadikan tambahan ilmu pengetahuan untuk disekolah. 3.2 SARAN UNTUK PIHAK SEKOLAH 1. 5. 5. Sehingga bisa memberikan motivasi tersendiri bagi siswa dan siswi yang melaksanakan prakerin sesuai dengan bidangnya masing-masing.3 SARAN-SARAN UNTUK ADIK KELAS .melaksanakan prakerin dapat terdorong dan mempunyai pengalaman dan wawasan lebih mengenai kejuruannya dan pengalaman mengenai lapangan kerja. Pemantauan terhadap siswa yang sedang melaksanan PRAKERIN agar lebih di tingkatkan lagi. Pihak indutri agar tidak segan-segan untuk memberikan suatu pekerjaan kepada setiap siswa/siswi PRAKERIN.1 SARAN BAGI PIHAK INDUSTRI 1.agar para siswa yang sedang PRAKERIN tidak leluasa apabila sedang PRAKERIN karena mereka merasa tidak ada yang memonitoring keadaan mereka .layaknya kepada karyawan yang lain (tentunya dengan di awasi dan di arah kan oleh pembimbing).hal ini dimksud agar siswa/siswi PRAKERIN merasa di percaya serta tertantang untuk melaksanakan suatu pekerjaan 5. Pelaksaan PRAKERIN secara teknis didasarkan cukup baik dan terorganisi.2. 2.

Bekerjalah sesuai yang diberikan pembimbing di perusahaan tempat PRAKERIN. 2. Jangan dibiasakan bolos di dalam melaksanakan PRAKERIN.1. 3. Di dalam melaksanakan PRAKERIN diharapakan kepada adik-adik semua supaya mematuhi aturan sekolah dan aturan yang telah di terapkan oleh industri. DAFTAR PUSTAKA DAFTAR GAMBAR DAFTAR LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful