Makalah Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Olahraga Renang

Oleh :

Vinny Alvenita Kuswantoro XI Ipa 7

SMA Negeri 2 Kota Cirebon

Makalah ini disusun untuk memenuhi nilai tugas mata pelajaran Pendidikan Jasmani. diantaranya mengenai sejarah renang dunia. Akhirnya. sejarah renang di Indonesia. semoga makalah ini bermanfaat. dan jenis . Desember . Saya menyadari makalah ini masih jauh dari kata sempurna.jenis gaya renang. olahraga dan kesehatan ini dengan tepat waktu Makalah ini berisi mengenai olahraga renang. 2011 Penyusun i . maka dari itu kritik dan saran akan saya terima. Olahraga dan Kesehatan.Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah Pendidikan Jasmani.

……………………………………. 1 2.1 Kesimpulan ……………………………………………………………………..…..…………….Daftar Isi Kata Pengantar ……………………………………………………………………………. Sejarah Renang di Indonesia . Daftar Gaya Renang ……………………………………………………………….. 6 Penutup III. 11 III.. i Daftar Isi …………………………………………………………………………………………… ii 1. 3 3... Sejarah Renang Dunia …………………………………………….2 Daftar Pustaka …………………………………………..………….…………………. 12 ii ..

Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya gua-gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi. Yunani.1. gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. Belanda.1 Era Olimpiade modern setelah tahun 1896 Pertandingan Olimpiade dilangsungkan pada tahun 1896 di Athena. 1 . Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trudgen. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm. nomor bebas. 500 meter. Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) dibentuk tahun 1908 semula menetapkan. yang kemudian disebut the trudgen. Gaya kupu-kupu pertama kali merupakan variasi dari gaya dada. 500 m. menggunakan sentakan mengibas. Enam pertandingan telah direncanakan. diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen. 1. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952.20 untuk 100 m gaya bebas. Olimpiade kedua diselenggarakan di Paris. hanya empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Di Jepang. 200 m gaya dada. renang termasuk dalam tujuh kemahiran yang harus dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. Medali emas pertama dimenangkan oleh Alfred Hajos dari Hungaria dengan catatan waktu 1:22. 1. Sejarah mencatat. Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800 dan sebagian besar menggunakan gaya dada. asosiasi renang sedunia. Pada tahun 1908. Sejarah Olahraga Renang Dunia Renang telah dikenal sejah zaman pra-sejarah. namun hanya empat yang betul-betul diselenggarakan: 100 m. dan 1200 m gaya bebas dan 100 m untuk pelaut.000 m. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill. Di abad pertengahan. Kompetisi khusus kaum pria (lihat juga renang pada olimpiade musim panas 1896). dan 100 meter bagi para pelaut. renang adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. Masing-masing adalah nomor 100 meter. Gaya bebas. menirunya dari Orang Amerika asli.000 m. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada 1902. 1. Olahraga renang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern 1896 di Athena. nomor bebas. sampai akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952. 4. Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Pada Olimpiade ini.200 meter. dan 200 m nomor beregu. Prancis pada 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m.

Gaya punggung juga diperkenalkan pada pertandingan Olimpiade di Paris. dimana dimenangkan oleh Paul Neumann dari Australia. Pemenangnya adalah Ioannis Malokinis dengan catatan waktu dua menit dan 20 detik.Hajos juga memenangkan pertandingan 1200 m. 220 yard. dan 200 m perlombaan beregu (lihat juga Renang pada Olimpiade musim panas tahun 1900). Dia menggunakan sentakan mengibas yang baru ini dari pada gaya dada atau tendangan menggunting dari Trudgen. Pada tahun 1897 Kapten Henry Sheffield membuat kaleng penyelamat atau silinder penyelamat. 1000 m. demikian juga halnya dengan polo air. dan mempelajarinya dengan seksama.4 (beberapa sumber mengatakan bahwa itu adalah anaknya dalam catatan waktu 0:58. ketika ia diperpendek menjadi gaya bebas saja. Pertandingan Olimpiade kedua dilaksanakan di Paris tahun 1900 menampilkan 200 m. 880 yard dan satu mil gaya bebas. meskipun itu dapat menyebabkan cidera. Seperti Trudgen. 2 . Ada dua tambahan pertandingan renang yang tidak biasa (meskipun cukup umum pada waktu itu). Olimpiade tahun 1904 di St. dia melihat tendangan mengibas. Teknik menjadi dikenal sebagai gaya bebas Australia hingga tahun 1950. perlombangan renang Olimpiade terpanjang yang pernah diadakan. 440 yard. Gaya Trudgen dikembangkan oleh guru renang dan perenang Australia keturunan Inggris bernama Richard (Fred. masingmasing nantinya menjadi perenang kejuaraan. 200 m gaya punggung. dan perlombaan renang didalam air. Louis meliputi perlombaan 50 yard. 100 yard.8). Klub Renang Osborne dari Manchester mengalahkan team klub dari Belgia. Perlombaan 1500 m juga diadakan. 4000 m gaya apa saja dimenangkan oleh John Arthur Jarvis dengan catatan waktu dibawah satu jam. dia mengajarkan gaya ini kepada keenam anaknya. Namun berbeda dengan Trudgen. Dia menggunakan gerakan ini pada tahun 1902 di Kejuaraan Internasional di Inggris untuk menciptakan rekor dunia yang baru dengan berenang di luar gaya yang dilakukan oleh semua perenang Trudgen pada 100 yard dengan catatan waktu 0:58. dan tidak mampu memenangkannya pada 500 m. dan 4*50 yard gaya bebas beranting (lihat juga renang olimpiade musim panas tahun 1904). Frederick) Cabill. yang sekarang dikenal sebagai alat bantu penyelamat di Baywatch. secara teknik dikenal sebagai front crawl. dimulai dengan perahu dayung. dia memperhatikan penduduk asli dari kepulauan Solomon. menggunakan gaya bebas. Bagian ujungnya membuatnya meluncur lebih cepat dipermukaan air. 100 yard gaya punggung dan 440 yard gaya dada. Kompetisi renang lainnya dari 100 m untuk para pelaut termasuk tiga pelaut Yunani di Teluk Zea dekat Piraeus. hambatan pelaksanaan renang di sungai Seine (berenang bersama arus). Perancis dan Jerman dengan sangat mudah. dan 4000 m gaya bebas.

Pada tahun 1907 perenang Annette Kellerman dari Australia mengunjungi Amerika Serikat sebagai "penari balet dalam air". asosiasi renang dunia Federasi Renang Amatir Internasional (FINA/Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. sehingga sekarang ada dua gaya yang ditetapkan (gaya dada dan gaya punggung) dan gaya bebas. dimana sebagian besar orang berenang dengan gaya Trudgen. Sejarah Olahraga Renang di Indonesia Pertama-tama berdiri perserikatan berenang diberi nama Bandungse Zwembond atau Perserikatan Berenang Bandung. Dia ditangkap karena mempertontonkan hal yang tidak sopan. Blitar dan Lumajang. setelah melompat kedalam kolam renang diukur. dimana jarak tanpa berenang. Surabaya. rekor-rekornya juga menjadi rekor di negeri Belanda. namun tetap mempertahankan pakaian ketatnya yang menampakkan bentuk tubuh di bawahnya. Sejak saat itu pula mulai diadakan pertandingan maupun antar daerah. serta kerah. Pada tahun 1908. Perlombaan ini juga menggambarkan kompetisi untuk lompat jauh. berhasil keluar sebagai juara pertama dan kedua dalam nomor-nomor papan 3 meter dan menara. Seiring dengan perkembangan olahraga renang. dimana baju renangnya menampakkan lengan. Bahkan kejuaraan-kejuaraan itu. Penggemar renang semakin bertambah. 2. 3 . Kedua peloncat itu juga menjadi utusan Hindi Belanda. kaki dan leher. menyelam kedalam tangki gelas. Kemudian barulah di tahun 1918 berdiri West Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa barat dan pada tahun 1927 berdiri pula Oost Java Zwembond atau Perserikatan Berenang Jawa Timur yang beranggotakan kota-kota seperti : Malang. MULO dan KWEEKSCHOOL. perserikatan ini membawahi 7 perkumpulan yang diantaranya adalah perkumpulan renang di lingkungan sekolah seperti halnya OSVIA. versi lain dari penyelarasan renang. Kellerman merubah baju renangnya menjadi berlengan panjang. peloncat indah masing-masing Haasman dan Van de Groen. Dia kemudian membintangi beberapa film. Selain Bandung. didirikan pada tahun 1917. Dalam tahun 1934. renang semakin popular. salah satunya tentang kehidupan pribadinya. Bahkan. Philipina (kini kegiatan itu berkembang menjadi Asian Games sejak tahun 1951).Perlombaan ini membedakan antara gaya dada dengan gaya bebas. celana yang lebih panjang. Jakarta dan Surabaya juga mendirikan perkumpulanperkumpulan berenang dalam tahun yang sama. Pada Far Eastern Games di Manila. seringkali anak-anak diajarkan renang pada usia sangat dini. Pasuruan.

perkembangan olahraga renang di tanah air praktis menurun. dibantu oleh wakil ketua. Dengan makin berkembangnya prestasi olahraga renang di Indonesia pada tahun 1952.Di tahun 1936. Hingga tahun 1952 telah terdaftar sebanyak 29 perkumpulan. Hingga tahun 1940. dengan kolam renangnya Cihampelas. Pet Stam seorang Hindia Belanda berdasarkan rekornya 0:59. berhasil mengukuhkan Ketua yang pertama. hal ini ditandai dengan penyelenggaraan perlombaan renang hamper setiap tahun di tingkat nasional. Oleh karena itu kemudian didirikan top-top organisasi olahraga berenang di tingkat daerah. Pada tahun 1954 regu polo air Indonesia dikirim untuk mengikuti Asian Games ke II di Manila. Begitu pula halnya dalam setiap pelaksanaanPekan Olahraga Nasional (PON). bendahara dan komisi teknik. dr. Dua orang peloncat indah masing-masing Haasman di bagian putera dan Kiki Heckle turut pula ambil bagian dalam Olimpiade Berlin. Nederlands Indishce Zwembond atau NIZB telah beranggotakan 12. Pada zaman pendudukan Jepang tahun 1943 1945. karena saat itu bangsa Indonesia dalam kancah perjuangan melawan penjajah. olahraga renang Indonesia setahap demi setahap maju dan berkembang serta selanjutnya dalam tahun 1952. Periode tahun 1945. Walaupun terbuka untuk umum.00 perenang. Perkembangan olahraga berenang di Indonesia kian hari kian berkembang. tergabung dalam PBSI. Sejak saat itu. berhasil dikirim untuk ambil bagian dalam Olimpiade Berlin atas nama negeri Belanda. Philipina. membuka seluruh kolam renang di tanah air untuk masyarakat umum. Bandung ternyata merupakan awal kegiatan renang di Indonesia. dengan dikenai tiket warga pribumi saat itu jelas akan memilih untuk berenang di sungai…saat ini hampir di semua kota / kabupaten mungkin telah memiliki kolam renang sendiri baik itu bertujuan sebagai tempat rekreasi mapun prestasi. Indonesia mengirimkan duta-duta renangnya ke arena Olympiade di Helsinki. dan International Olympic Committee (IOC). sekretaris. dunia renang Indonesia praktis berada di bawah pimpinan Zwembond Voor Indonesia (ZBVI) dan kemudian sejak tanggal 21 Maret 1951 lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia yang kemudian disingkat PBSI.9 untuk 100 meter gaya bebas yang dicatat di kolam renang Chiampelas Bandung. Kongresnya yang pertama di Jakarta. Oleh karena pemerintahan pendudukan Jepang. Prof. 4 . kesempatan untuk bisa berenang bagi bangsa Indonesia semakin besar. kemudian tahun 1953 kembali Indonesia ambil bagian dalam Youth Festival di Bukarest. cabang olahraga renang menjadi nomor-nomor utama. Poerwo Soedarmo. Hingga tanggal 20 Maret 1951. PBSI menjadi anggota resmi dari Federasi Renang Dunia . untuk tiket masukpun relatif dapat terjangkau. dimana peloncat putri menduduki urutan ke 8.FINA (singkatan dari Federation Internationale de Nation).

Pada Kongres di Malang Jawa Timur Ketua PRSI. bendahara. Seoprajogi.Pada tahun 1954. 2 orang renang. bendahara dan 3 komisi teknik. Kemudian atas permintaan peserta kongres istilah persatuan dalam singkatan PBSI. 5 . Soeprajogi. Keputusan lain yang diperoleh dalam kongres PRSI ke VI itu adalah merubah kembali istilah "Persatuan". Dalam tahun 1963 di Jakarta. D. Lie Lan Hoa. Soeprajogi. berlangsung kongres PBSI ke II. Tobing. dimana dalam kongres ini memilih kembali kepengurusan baru yang ketuanya masih tetap di jabat D. Pada tahun 1963 Indonesia harus mengundurkan diri dari pesta olahraga GANEFO. Indonesia dalam hal ini PRSI mengambil langkah pengunduran diri sebagai anggota FINA. dimana pada kongres itu disamping memilih kepengurusan baru yang ketuanya masih tetap dipercayakan kepada D. Berlangsung pula kongres PBSI ke V. kembali PRSI menyelenggarakan kongres dan berhasil menyusun kepengurusan baru dengan ketua umum D. Soeprajogi. Hingga sekarang PRSI merupakan singkatan dari Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Perubahan ini timbul dengan pertimbangan bahwa terdapatnya dua induk organisasi olahraga yang mempunyai singkatan sama PBSI. pembantu umum ditambah komisi teknik dengan 2 orang anggota. Untuk ke IV kalinya PBSI menyelenggarakan kongres pada tahun 1957 di Makasar (sekarang Ujung Pandang) Kongres ini menghasilkan beberapa keputusan. ditambah 3 pengurus lainnya. Selain cabang olahraga renang. sementara Iris. Soeprajogi di dampingi oleh 2 wakil ketua. Kongres PBSI yang ke III diselenggarakan di Cirebon. Di tahun 1959 diadakan Kejuaraan Nasional Renang. Mohamad Sukri di bagian putera. Dengan demikian PBSI dalam hal ini menjadi singkatan dari Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia. diantaranya memilih susunan kepengurusan yang baru dengan ketua D. Selanjutnya di dampingi 3 orang ketua. Kejuaraan ini untuk pertama kalinya mengadakan pemisahan antara Senior dan Junior di Malang. juga kongres ini merubah nama Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) menjadi Perserikatan Renang Seluruh Indonesia (PRSI). Meskipun dalam falsafahnya bahwa olahraga itu tidak bisa dikaitkan dengan politik. diselenggarakan di Bandung dengna menghasilkan susunan pengurus yang diketuai oleh D. Eny Nuraeni serta banyak lagi di bagian puteri. Soeprajogi. diganti menjadi Perserikatan. Untuk menghindarkan kemungkinan adanya skorsing. berhasil menampilkan nama-nama besar seperti Achmad Dimyati. dimana pesertanya ada beberapa negara yang memang belum menjadi anggota FINA. loncat indah dan polo air. singkatan ini juga digunakan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia. Jawa Timur. Kemajuan olahraga renang secara keseluruhan berkembang kian pesat dan dalam tahun 1962. dua sekretaris. ditambah satu sekretaris. Namun dalam kenyatannya perkembangan politik di dalam negeri pada waktu itu membawa pengaruh besar terhadap perkembangan olahraga.

gerakan lengan. Indonesia kembali menjadi anggota FINA. Soeprayogi. Gaya punggung Gaya samping. perenang memulai dengan gaya kupu-kupu. tempo. Gaya Renang yang utama Keseluruhan gaya renang merupakan kombinasi dari posisi badan. Meskipun demikian. Gaya renang diberi nama berdasarkan posisi badan di air (gaya dada. gaya punggung. masih dikenal berbagai variasi gaya renang yang lain. gerakan tungkai. gaya bebas. namun dengan gerakan kaki gunting. di tambah dengan 2 orang ketua. gaya punggung) atau nama pencipta (gaya trudgen).       Gaya bebas (front crawl) o Gaya trudgen (trudgeon): serupa dengan gaya bebas. Daftar gaya renang Gaya renang adalah cara melakukan gerakan lengan dan tungkai berikut koordinasi dari kedua gerakan tersebut yang memungkinkan orang berenang maju di dalam air. diteruskan dengan gaya punggung. Cara berenang seperti demikian dilakukan penyandang tuna daksa dan orang lumpuh. bendahara dan panitia teknik yang terdiri atas 3 orang masing-masing untuk renang. dan pernapasan. dan diakhiri dengan gaya bebas. atau hanya dengan kedua belah lengan sementara kaki tetap diam. Salah satu keputusannya mengukuhkan kepengurusan baru PRSI dengan ketua umum tetap dipercayakan kepada D. 6 . 3.27 April 1968. Selain empat jenis gaya renang yang dipertandingkan (gaya dada. Dalam perlombaan renang dikenal istilah renang gaya ganti yang mengacu kepada urutan gaya renang yang harus dilakukan. Dalam nomor renang gaya ganti perorangan. berasal dari perkembangan gaya dada.Pada tahun 1966. gaya dada. dan gaya kupu-kupu). loncat indah dan polo air. orang juga dapat berenang hanya dengan menggerakan kedua belah kaki sementara lengan tetap diam. Gaya kupu-kupu Gaya dada Gaya anjing: kepala mendongak di atas air sementara tungkai dan lengan digerak-gerakan di dalam air seperti anjing berenang. Pada tahun itu Indonesia mengambil bagian dalam Asian Games ke V di Bangkok. Musyawarah PRSI ke VII berlangsung kembali di Jakarta pada tanggal 24 . 2 sekretaris.

7 . dan gaya kupu-kupu. Arthur (Tums). Perenang dari suku Indian dengan mudah mengalahkan perenang Inggris. Gaya renang campuran yang diperkenalkan oleh Trudgen disebut gaya trudgen. Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill. Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja. Sydney. pria Inggris waktu itu menganggap gaya bebas tidak elegan. putra dari instruktur renang Inggris "Profesor" Frederick Cavill yang menetap di Australia sejak 1879. Dalam lomba renang. saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. gaya dada. Sewaktu mengambil napas. Di dunia Barat. Percy. gaya bebas pertama kali dilombakan tahun 1844 di London. Gaya bebas (bahasa Inggris: front crawl) adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. sehingga gaya krol identik dengan gaya bebas. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air. kecuali gaya dada. Frederick Cavill memiliki enam anak laki-laki yang semuanya perenang mahir. Walaupun demikian. Walaupun sebenarnya masih ada teknik-teknik renang "gaya bebas" yang lain.a. Berbagai sumber menyebut angka tahun yang berbeda-beda. Dibandingkan gaya berenang lainnya. posisi wajah menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh. Sewaktu pergi ke Argentina antara tahun 1870 dan 1890. perenang Inggris tetap mempertahankan gaya dada. gaya krol (front crawl) digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang gaya bebas. dan Richmond (Dick). karena banyak memercikkan air ke sana ke mari. Federasi Renang Internasional (FINA) tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang kategori gaya bebas. pelatih renang John Arthur Trudgen mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan. sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. namun tahun 1873 adalah angka tahun yang paling sering dikutip. Charles. atau gaya kupu-kupu. gaya punggung. gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Sejarah Manusia sudah berenang gaya bebas sejak zaman kuno. Namun di Inggris Trudgen memakai gerakan kaki menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun seperti gaya bebas yang dikenal orang sekarang ini. Sewaktu berenang gaya bebas. Tidak seperti halnya gaya punggung. Ernest.

Sebagian besar pemula juga menganggap gaya kupu-kupu sebagai gaya tersulit untuk dipelajari.Ketika Dick dan "Tums" sedang mengembangkan gaya trudgen. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. setelah bertemu dengan perenang Australia Barney Kieran yang mengadakan tur di Inggris pada 1905. Dalam Kejuaraan Renang Internasional 1902. perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Australia yang dipelajarinya dari Kieran. gaya dada. Di kemudian hari. Gaya krol Australia diubah sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti dikenal orang sekarang. berenang gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. dan gaya punggung yang umumnya dapat mudah dikuasai. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang terbaru dalam pertandingan renang. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas. mereka berdua melihat Alick Wickham yang berenang dengan gerakan kaki lurus melecut naik turun. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air. Berbeda dari gaya bebas. Kecepatan renang gaya kupukupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Dibandingkan ketiga gaya berenang lainnya. Ketika ditanya nama gaya renang yang dipakainya. Perenang gaya kupukupu pertama kali ikut dalam lomba renang pada tahun 1933. teknik gerakan yang buruk dalam gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi dengan besarnya tenaga yang dikeluarkan perenang. dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air. 8 . gaya renang yang dikembangkan Cavill disebut gaya krol (crawl). pemula perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. Wickham adalah orang Kepulauan Solomon yang tinggal di Sydney. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. "seperti merangkak (crawl) di dalam air". Dibandingkan gaya renang lainnya. Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.8 detik. Pada 1905. Richard Cavill memenangi lomba renang 100 yard dengan catatan waktu 58. b. menurut salah satu dari anggota keluarga Cavill.

perenang gaya dada adalah perenang yang paling lambat. Wilson terkena diskualifikasi. Pada tahun berikutnya (1935). setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangankaki. Walaupun gaya kupu-kupu sulit dipelajari. Armbruster diduga telah memperbaiki metode mengayunkan lengan ke depan sewaktu berenang gaya dada. perenang pemula belajar gaya dada atau gaya bebas. Richard Rhodes mengklaim bahwa Volney Wilson adalah orang yang menciptakan "tendangan lumba-lumba" setelah mempelajari gerakan ikan. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Satu ayunan lengan kupu-kupu dipadu dengan dua tendangan lumba-lumba.Sejarah Pada akhir tahun 1933. c. Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Hasilnya. perenang Amerika Serikat bernama Henry Myers berenang gaya kupu-kupu di perlombaan renang Brooklyn Central YMCA. Ia menyebut tendangannya sebagai "tendangan sirip ekor lumbalumba". Sieg berenang dengan tubuh dimiringkan ke salah satu sisi. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Dalam pelajaran berenang. Pelatih renang David Armbruster dari Universitas Iowa meneliti masalah hambatan air sewaktu berenang gaya dada. 9 . Gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Pada tahun 1934. Armbruster menyebut gaya "baru" tersebut sebagai gaya "kupu-kupu". Volney Wilson mencoba gerakan barunya di penyaringan wakil Amerika Serikat untuk Olimpiade 1938. Armbruster dan Sieg lalu bersama-sama mengembangkan kedua teknik ini menjadi gaya renang yang sangat cepat. batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air. perenang gaya kupu-kupu bisa berenang lebih cepat. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. namun berbeda dari gaya bebas. Di antara ketiga nomor renang resmi yang diatur Federasi Renang Internasional (FINA). Gaya kupu-kupu merupakan hasil pengembangan gaya dada. perenang Jack Sieg dari Universitas Iowa mengembangkan teknik menendang seperti sirip ekor ikan.

atau gaya kupu-kupu yang dilakukan di atas balok start. 10 . Gaya punggung adalah gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air.d. gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas. perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan. Berbeda dari sikap start perenang gaya bebas. Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900. gaya dada. perenang gaya punggung sewaktu berlomba melakukan start dari dalam kolam. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Sewaktu berlomba. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam. tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan. posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berenang gaya punggung.

Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air. Yunani. Di Jepang. Itupun baru nomor bebas. danau. hanya empat nomor yang dipertandingkan dari rencana semula enam nomor. Penggemar renang semakin bertambah. seringkali anak-anak diajarkan renang pada usia sangat dini. Sejarah mencatat. renang termasuk dalam tujuh kemahiran yang harus dimiliki oleh para ksatria termasuk berenang dengan membawa senjata. Renang gaya bebas pertama kali dikenalkan oleh Arthur Trudgen. Di abad pertengahan. Pertandingan renang yang memperebutkan gelar juara telah dimulai di Eropa sekitar tahun 1800 dan sebagian besar menggunakan gaya dada. Renang telah dikenal sejah zaman pra-sejarah. Gaya ini kemudian mulai dikombinasikan dengan gaya kaki yang menendang oleh Richard Cavill pada 1902. Masing-masing adalah nomor 100 meter. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. 11 . atau melakukan olahraga air. Persatuan Renang Internasional (Federation Internationale De Natation De Amateur/FINA) dibentuk tahun 1908 semula menetapkan. gaya kupu-kupu adalah variasi gaya dada. Olahraga renang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade modern 1896 di Athena. pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh Kaisar Suigui pada 36 sebelum Masehi.200 meter. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang. nomor bebas. renang adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai. 500 meter. dan laut sebagai bentuk rekreasi. 4. Dari gambar-gambar yang berasal dari zaman batu diketahui adanya gua-gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. mencari ikan. 1. Olimpiade kedua diselenggarakan di Paris. dan 200 m nomor beregu. Gaya ini baru menjadi gaya terpisah di tahun 1952. Seiring dengan perkembangan olah raga renang renang semakin popular. Belanda. 200 m gaya dada. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. nomor bebas. Wanita baru diperkenankan ikut pertandingan renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm. Manusia juga berenang di sungai.Kesimpulan Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. 1.000 m. Prancis pada 1900 dan mempertandingkan nomor 200 m. Bahkan. Berenang untuk keperluan rekreasi dan kompetisi dilakukan di kolam renang. Pada Olimpiade ini. dan 100 meter bagi para pelaut. mandi.000 m.

Daftar Pustaka http://map-bms.com/2010/11/sejarah-olahraga-renang-di-dunia.wikipedia.org/wiki/Berenang http://pandri-16.org/wiki/Renang http://id.blogspot.com/2009/12/04/sejarah-renang-di-indonesia/ 12 .html http://hadiprayz.wikipedia.wordpress.