BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan

1

Biologi Kelas XII SMA

BAB 7 Asal-Usul Kehidupan

Atika Almira XII IPA 8 SMA Negeri 1 Bogor
Biologi Kelas XII SMA

” Biologi Kelas XII SMA . sampai menimbulkan kehidupan (sel). Biologi Evolusi adalah disiplin ilmu cabang biologi yang membahas semua perubahanperubahan yang terjadi di permukaan bumi sejak awal mula sejarah bumi. termasuk bumi. Hal yang menjadi pertanyaan adalah. Bintang meledak menghasilkan bintang-bintang lainnya lagi dan juga planet. 2. B. semua materi di angkasa menyatu dan terkondensasi (memadat) membentuk suatu massa padat yang mengecil dan kemudian meledak.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 2 Kehidupan yang ada di bumi saat ini merupakan kelanjutan yang berkesinambungan dari makhluk hidup pertama di bumi. Teori Asal-Usul Kehidupan 1. Evolusi berasal dari kata to evolve (bahasa Inggris) yang berarti berkembang atau berubah secara perlahan-lahan. termasuk bumi. Teori abiogenesis (generatio spontanea) Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Asal katanya adalah evolut (Latin) yang berarti menggulir. Kabut ini lalu meledak lagi menghasilkan bintang dan planet. A. Beberapa ahli yang mendukung teori tersebut adalah: a. Antonie van Leeuwenhoek “Mikroorganisme (makhluk hidup) berasal dari air (benda mati). Teori Terbentuknya Bumi 1. Misteri itulah yang dicoba untuk dipelajari dalam evolusi. Teori kabut (nebula) Bintang meledak menghasilkan kabut dari gas dan debu yang disebut nebula (kabut asal). Teori Big Bang Sekitar 15 miliar tahun yang lalu. dan keanekaragaman dewasa ini. Debu dan gas hasil ledakan membentuk bintang-bintang. dari mana makhluk hidup pertama itu berasal? Dari mana asal-usul kehidupan? Semua pertanyaan tersebut masih menjadi misteri sampai saat ini.

Teori biogenesis Teori ini menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. yaitu Stoples I yang diisi dengan daging kemudian ditutup rapat-rapat sehingga tidak berhubungan dengan udara. Needham “Mikroorganisme (makhluk hidup) berasal dari air kaldu (benda mati). Kesimpulan: Adanya mikroorganisme pada labu terbuka berasal dari udara.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 3 Percobaannya: Dengan mikroskop ciptaannya ia melihat adanya mikroorganisme (makhluk hidup sangat kecil) dalam sampel air hujan dan air rendaman jerami b. Francesco Redi (1626 – 1697) Percobaannya: Dengan menggunakan beberapa jenis stoples. kemudian air kaldunya dimasukkan ke dalam beberapa labu yang sebagian tertutup rapat dan sebagian lagi terbuka. Teori ini didukung oleh: a. Hasil percobaannya menunjukkan bahwa pada labu yang tertutup tidak ditemukan mikroorganisme. b. Terakhir Stoples III diisi dengan daging dan dibiarkan terbuka sehingga dapat Biologi Kelas XII SMA . Setelah beberapa hari tidak ditemukan larva (benda hidup). Kemudian Stoples II diisi dengan daging dan ditutup dengan kain kasa (dapat berhubungan dengan udara segar). Lazzaro Spallanzani (1729 – 1799) Percobaannya: Dengan merebus daging. Setelah beberapa hari terlihat air kaldu menjadi keruh karena adanya mikroorganisme 2. sedangkan pada labu terbuka terdapat mikroorganisme (air kaldu terlihat keruh). bukan berasal dari air kaldu (benda mati).” Percobaannya: Dengan merebus daging. Tidak adanya mikroorganisme pada labu tertutup menunjukkan bahwa mikroorganisme bukan berasal dari air kaldu (benda mati). Setelah beberapa hari tidak ditemukan larva karena lalat tidak dapat masuk akibat terhalang kain kasa. kemudian air kaldu disimpan dalam keadaan terbuka.

di antara periode yang satu dengan yang lainnya terjadi bencana 3. Ternyata dalam air kaldu terdapat mikroorganisme (air terlihat keruh). Setelah beberapa hari ditemukan larva. Kesimpulan: Larva (suatu kehidupan) bukan berasal dari daging (benda mati) tetapi berasal dari telur lalat yang masuk dan bertelur pada daging. Omne vivum ex ovo (Semua makhluk hidup berasal dari telur) 2. c. Teori kreasi khas.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 4 berhubungan dengan udara luar. Dari sini dapat disimpulkan bahwa: 1. Teori kataklisma. sehingga walaupun labu tertutup masih berhubungan dengan udara luar. Kesimpulan: Mikroorganisme (makhluk hidup) yang tumbuh dalam kaldu bukan berasal dari air kaldu (benda mati) tetapi berasal dari mikroorganisme yang terdapat di udara bebas. didukung oleh Carolus Linnaeus bahwa kehidupan diciptakan oleh zat supranatural pada saat khusus 2. dipelopori oleh Cuvier bahwa semua spesies diciptakan secara terpisah dan berlangsung dalam periode-periode . ternyata tidak ditemukan adanya mikroorganisme (air kaldu tetap jernih). Evolusi Kimia Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa asal mula kehidupan di bumi adalah akibat reaksi kimia antara molekul-molekul yang terdapat di dalam samudra. Percobaannya: Labu diisi dengan air kaldu. dipelopori oleh Arrhenius. Setelah labu didinginkan selama beberapa hari. Beberapa ilmuwan Biologi Kelas XII SMA . kemudian disterilkan dengan cara dipanaskan. bahwa kehidupan berasal dari planet lain. C. karena lalat dapat masuk. Leher labu dipatahkan sehingga udara masuk dan berhubungan dengan kaldu. Louis Pasteur (1822 – 1895) Pasteur menggunakan labu berbentuk leher angsa (huruf S) dalam percobaannya. Omne vivum ex vivo (Semua makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya) Berikut ini beberapa teori lain yang dikemukakan mengenai asal usul kehidupan : 1. Omne ovum ex vivo (Semua telur berasal dari makhluk hidup) 3. Teori kosmozoa (panspermia).

ammonia. Sub prabiotik membentuk asam amino dan nukleotida. dan kemudian membentuk protobion. dan metana. Selanjutnya pada Tahap III terbentuk zat hidup yang paling sederhana yang susunan kimianya mirip virus. oksigen. dan nukleotida (penyusun DNA dan RNA) dapat terbentuk dari komponen abiotik. Dan terakhir pada Tahap IV zat hidup berevolusi menjadi makhluk hidup yang lebih kompleks. Eksperimen Miller dan modifikasinya yang diujicobakan oleh para ilmuwan lain membuktikan bahwa satuansatuan kompleks di dalam system kehidupan. dan argon yang merupakan gas-gas ringan bergerak meninggalkan bumi. nitrogen. 2. Teori ini disebut teori evolusi kimia. amonia. karbon dioksida. gula. Dalam keadaan demikian diperkirakan belum ada kehidupan di bumi.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 5 lain berpendapat bahwa atmosfer merupakan tempat asal mula kejadian makhluk hidup. Lambat laun DNA yang melakukan transkripsi untuk membentuk RNA komplemennya sehingga di dalam sub prabiotik berlangsung dogma sentral biologi dari DNA  RNA  protein. Harold Urey Proses terbentuknya makhluk hidup melalui 4 tahap. seperti lipid. molekul hidup yang pertama kali terbentuk adalah RNA. Stanley Miller Percobaannya berhasil membuktikan teori Urey. petir dan radiasi sinar kosmis mereaksikan zat-zat membentuk molekul yang lebih besar. Kemudian pada Tahap II energi dari aliran listrik. Pada saat suhu atmosfer turun di bawah 100°C terjadilah hujan air mendidih. Oparin Atmosfer bumi memiliki zat-zat anorganik berupa uap air. Menurut pendapat tersebut. asam amino. uap air. RNA melalui transkripsi balik membentuk DNA yang strukturnya lebih stabil daripada RNA sehingga jumlha DNA semakin meningkat. Menurut para ilmuwan. dan karbon dioksida. 3. ammonia. Pada Tahap I atmosfer bumi banyak mengandung zat metana. helium. yang selanjutnya membentuk protein dan asam nukleat. Kandungan protein di Biologi Kelas XII SMA . tetapi telah terjadi reaksi-reaksi kimia. keadaan atmosfer bumi saat itu berbeda dengan keadaan sekarang. Gas hidrogen. Beberapa ilmuwan yang mengemukakan teori evolusi kimia adalah sebagai berikut: 1. Senyawa-senyawa sederhana yang mengandung unsur-unsur tersebut. Zat-zat tersebut bereaksi membentuk zat-zat organik dan asama amino dengan bantuan radiasi benda angkasa dan energi listrik dari petir. Suhu bumi terus menurun mencapai titik kondensasi dan terjadi hujan yang membawa larutan zat organik ke lautan yang panas yang disebut sub prabiotik (sub primordial). dan metana dalam bentuk uap dapat tertahan di atmosfer. karbon dioksida. seperti air.

Organisme prokariotik pertama diduga adalah Cyanobacteria. salah satu menjadi inang dan lainnya masuk ke tubuh inang. dapat membentuk kompleks koloid hidrofil yang menyerap air. Sel prokariotik muncul sebelum sel eukariotik dan sel prokariotik merupakan precursor bagi munculnya sel eukariotik. Protein merupakan senyawa yang bersifat zwitter ion. Koaservat mampu menyerap zat-zat dari medium sekelilingnya (lingkungannya) sehingga koaservat menjadi bertambah besar ukurannya. 4. yaitu sebagai berikut: 1. molekul protein dikelilingi (terbungkus) oleh molekul air. Hal ini memngkinkan terbentuknya organisme heterotrof yang memperoleh zat-zat makanan (zat-zat organik) dari lingkungan dan juga replikasi diri. Gumpalan senyawa kompleks tersebut dapat terlepas dari cairan mediumnya dan membentuk emulsi. Endosimbiotik adalah simbiosis dua organism.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 6 dalam sub prabiotik semakin melimpah dan terbentuklah sel pertama pertama yang heterotrof. terutama kristaloid. Dalam kasus ini. Teori endosimbiotik banyak diterima sebagai penejelasan mengenai awal munculnya sel eukariotik. Cyanobacteria pertama hidup secara kemosintetik atau heterotrofik karena belum dapat berfotosintesis. 3. sehingga diduga telah terbentuk suatu selaput sel primitif. Oparin berhasil menjelaskan mengenai mekansime transformasi dari molekukmolekul protein sebagai benda tak hidup ke benda hidup. Selanjutnya. bakteri purba ditelan oleh sel prokariotik Biologi Kelas XII SMA . 2. senyawa tersebut secara selektif mengumpulkan senyawa-senyawa lain ke dalamnya. D. Evolusi biologi membahas asal-usul sel prokariotik dan sel eukariotik. Karena sifat tersebut. Evolusi Biologi Teori evolusi biologi menyatakan bahwa makhluk hidup pertama merupakan hasil dari evolusi molekul anorganik (evolusi kimia) yang kemudian berkembang menjadi struktur kehidupan (sel). memungkinkan terjadinya pertukaran substansi dengan lingkungannya. Selain itu. substansi di dalam koaservat membentuk enzim dan pada perbatasan antara koaservat dan media yang mengelilinginya terbentuk molekul-molekul lipida. Struktur emulsi akan bergabung membentuk koloid dan mebentuk timbunan gumpalan (koaservat). Timbunan koaservat yang mengandung berbagai senyawa kompleks organic tersebut. Terbentuknya selaput primitive menyebabkan koaservat lebih stabil dan memungkinkan terbentuknya tipetipe sel primitif. 5.

Kejadian ini dianggap sebagai cikal bakal mitokondria. yaitu bahwa Biologi Kelas XII SMA . 3. E. kemudian tak ada lagi evolusi atau perubahan. Lamarck memperkenalkan bahwa sifat fenotip perolehan lingkungan dapat diwariskan secara genetik (acquired inheritance). 5. dan mucnul punahnya makhluk hiduo disebabkan oleh bencana alam. Teori seleksi alam memiliki dua pemahaman. Bagian tubuh yang tidak digunakan akan mengalami retardasi (tidak berkembang). Teori Gradualisme Paham yang dikemukakan oleh James Hutton ini menyatakan bahwa perubahan geologis berlangsung pelan-pelan tetapi pasti. sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. 4. Salah satu yang membantah teori ini adalah Weissman dengan percobaannya dengan memotong ekor tikus karena sifat ini tidak diwariskan oleh inangnya. Teori ini dikemukakan oleh George Cuvier. dan bagian tubuh yang dipergunakan akan berkembang lebih kuat dan lebih besar. Teori Evolusi Darwin (Teori Seleksi Alam) Teori ini ditemukan berdasarkan pengembaraan Darwin berkeliling dunia dengan kapal Beagle.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 7 (inang). Namun teori ini banyak mengandung kesalahan. Teori ini menyatakan bahwa proses-proses geologis ternyata menuruti pola yang seragam. Teori Katastropisme Teori katastropisme merupakan paham tentang keanekaragaman makhluk hidup yang dihasilkan oleh nenek moyang yang umum. Teori Kreasionisme Teori ini menyatakan bahwa penciptaan kehidupan terjadi dalam sekali waktu secara sekaligus lengkap. Bakteri berfungsi melakukan reaksi kimia. Teori Lamarck Teori ini juga dikenal sebagai teori perolehan yang terwariskan secara genetic. Teori-Teori Evolusi 1. 2. Teori Uniformitarianisme Teori uniformitarianisme dinyatakan oleh Charles Lyell. Teori ini berdasar pada pendapat Aristoteles dan dianggap tidak valid. 6.

2010. Sri Ayu. Seribupena Biologi SMA Kelas XII Jilid 3. Mandiri Biologi untuk SMA/MA Kelas XII. 2007. Jakarta: Penerbit Erlangga Biologi Kelas XII SMA . kajian paleontology. dan homologi embriologi. Saktiyono. Jakarta : Penerbit Erlangga. Dyah. Seleksi alam dapat digambarkan dengan bagan berikut: Seleksi alam menghasilkan ketidakseimbangan genetik menyebabkan perubahan adaptif menyebabkan evolusi Terdapat fakta-fakta yang mendukung terjadinya evolusi. Sedangkan fakta tidak langsung yang mendukung terjadinya evolusi adalah kajian biogeografi. dkk. DAFTAR PUSTAKA Aryulina. Jakarta: Penerbit Erlangga Imaningtyas. homologi anatomi. Fakta langsungnya adalah dengan adanya variasi makhluk hidup dan juga adanya fosil. homologi molekul.BAB 7 | Asal-Usul Kehidupan 8 spesies sekarang berasal dari spesies dahulu dan terbentuknya spesies disebabkan oleh proses seleksi alam. 2004. Biologi SMA dan MA untuk Kelas XII.