P. 1
AV Blok

AV Blok

|Views: 971|Likes:
Published by Eric Hidayat

More info:

Published by: Eric Hidayat on Dec 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

AV Blok

AV Blok terjadi bila jalur SA Node ke AV Node (yang membentuk interval PR pada EKG) terhambat, maka Interval PR menjadi lebih panjang. Ibarat jalan tol macet, maka jarak tempuh ke tempat tujuan menjadi lebih lama. AV Blok dibagi menjadi 3 derajat sesuai tengan tingkat keparahan.

1. AV Blok derajat I

a. Interval PR memanjang > dari 5 kotak kecil b. Durasi Interval PR setiap beat adalah sama. Pada contoh gambar diatas menunjukkan interval PR lebih panjang dari normal yaitu 7 kk, dan setiap beat panjangnya sama.

2. AV Blok derajat 2 type mobitz I

a. Interval PR makin panjang dari 1 beat ke beat berikutnya. b. Ada gelombang P yang tidak diikuti Kompleks QRS. Pada contoh gambar diatas interval PR makin panjang yaitu 4kk, 9kk, 11kk, kemudiankompleks QRSnya tidak ada/menghilang.

3. AV Blok derajat 2 type mobitz II

b. Gelombang P bisa 2 kali lebih banyak dari kompleks QRS. bisa panjang. tetapi ada gelombang P yang tidak diikuti kompleks QRS. 4. AV Blok derajat 3 / Total AV Blok (TAVB) a.a. Pada contoh gambar diatas interval PR normal. . Interval PR bisa normal. Ada gelombang P yang tidak diikuti Kompleks QRS. b. tetapi tidak seperti mobitz 2 yang makin panjang. Gelombang P dan kompleks QRS membentuk pola irama sendiri-sendiri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->