P. 1
Sosok Guru Dalam Perspektif Al-Ghazali1

Sosok Guru Dalam Perspektif Al-Ghazali1

|Views: 34|Likes:
Published by Muhammad Iqbal

More info:

Published by: Muhammad Iqbal on Dec 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2012

pdf

text

original

SOSOK GURU DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI DAN DZAKIAH DRAZAT

Oleh: Lita Sulistia Siti Nurlela

dan al-walid (orang tua).PENGERTIAN GURU Imam al-Ghazali berkata al-muallim (guru).  Yaitu seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab atas pendidikan danpengajaran.mensucikan dan menjernihkan serta membimbing anak didiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah. serta bertugas untuk menyempurnakan.  . almudarris (pendidik).  guru adalah seseorang yang bertanggung jawab ataspendidikan dan pengajaran.

dkk.LANJUTAN  Dr. . Zakiah Drajat. mengemukakan pendapat bahwa guru adalah seseorang yang merelakan dirinya menerima dan sebagian memikul tanggung jawab pendidikan yang terpikul di pundak para orang tua.

Artinya. Orang yang berhasil memperoleh ilmu atau harta kekayaan untuk dimanfaatkan atau dinafkahkan sendiri Orang yang berhasil memperoleh ilmu atau harta kekayaan untuk dinafkahkanatau dengan menyebarkan ilmunya untuk menolong orang lain. .tidak dimanfaatkan untuk kepentingan apapun juga Orang yang menyimpan harta kekayaan atau ilmu sebanyakbanyaknya untuk dimanfaatkan sendiri. baik orang yang berhasil memperoleh ilmu maupun orangberhasil mengumpulkan harta kekayaan berada di dalam salah satu dari empat jenis berikut ini: Orang yang berhasil memperoleh harta kekayaan atau ilmu lalu disimpannya.LANJUTAN      Al-Ghazali menyamakan keberhasilan ilmu dengan terhimpunnya hartakekayaan. sehingga ia tidak perlu untuk meminta-minta.

KRITERIA KHUSUS YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU MENURUT AL-GHAZALI        Memiliki sifat kasih sayang yang tinggi terhadap anak didik Tidak boleh menuntut upah atas jerih payahnya dalam mengajar dan mendidik muridnya. Harus berfungsi juga sebagai penyuluh yang jujur dan benar dihadapan murid-muridnya. halus dan tidak menggunakan kekerasan. Mengunakan cara yang simpatik. Berani tampil sebagai panutan atau teladan yang baik dihadapan murid-muridnya serta harus mengetahui tingkat kecerdasan murid. bakat dan kejiwaan muridmuridnya . juga harus mengetahui tabiat. cacian dan makian ketika mengajar.

 Berkelakuan baik  Sehat jasmani  .KRITERIA KHUSUS YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG GURU MENURUT DZAKIAH DRAZAT Bertaqwa kepada Allah SWT  Berilmu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->