P. 1
PPT Pendidikan Dan Pembangunan

PPT Pendidikan Dan Pembangunan

|Views: 617|Likes:
Published by YeNii Okta Sarii

More info:

Published by: YeNii Okta Sarii on Dec 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2015

pdf

text

original

Hyy.. This is group four.


Yeni Okta Sari Sriwidya Hotmaria Deta Rispa Dini Lara Purnama Sari 06111410013 06111410014 06111410015 06111410018

Dosen Pembimbing : Drs. Imron A.Hakim, M.S.

SUMBANGAN PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN

Segi sasaran

Segi Lingkungan

Segi jenjang Pendidikan

Sumbangan Pendidikan pada Pembangunan

Segi Pembidangan Kerja atau sektor kehidupan

Dalam pembangunan, pendidikan berada pada posisi sentral dimana sasaran utama pembangunan adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM). Pembangunan disini diartikan bukan hanya sekedar pembangunan Fisik seperti pembangunan sarana dan pra sarana berupa gedung, jembatan, pabrik dan lainlain akan tetapi juga mencakup pembangunan manusianya. Sehingga dengan demikian keberhasilan sebuah pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas manusianya. Ada persepsi yang keliru tentang arti pembangunan yang menganggap bahwa pembangunan hanya sematamata pembangunan material dapat berdampak menghambat pembangunan sistem pendidikan. Karena pembangunan itu semestinya bersifat kompherensif yaitu mencakup mencakup pembangunan manusia dan lingkunganya.

1. Segi Sasaran Pendidikan Pendidikan adalah usaha sadar yang ditujukan kepada peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian kuat dan utuh serta bermoral tinggi. Jadi tujuan citra manusia yang dapat menjadi sumber daya pembangunan yang manusiawi.

2.

Segi Lingkungan Pendidikan

Klasifikasi ini menunjukkan peran pendidikan dalam berbagai lingkungan atau sistem. Lingkungan keluarga(pendidikan informal), lingkungan sekolah (pendidikan formal), lingkungan masyarakat (pendidikan nonformal), ataupun dalam sistem pendidikan prajabatan dan dalam jabatan

a. Lingkungan keluarga Dalam lingkungan keluarga anak dilatih berbagai kebiasaan yang baik (habbit formation) tentanng hal-hal yang berhubungan dengan kecekatan, kesopanan, dan moral. Diamping itu, kepada mereka ditanamkan keyakinan-keyakinan yang penting utamanya hal-hal yang bersifat religious. Hal-hal tersebut sangat tepat dilakukan pada masa kanak-kanak sebelum perkembangan rasio yang mendominasi perilakunya. Kebiasan baik dan keyakinan-keyakinan penting yang mendarah daging merupakan landasan yang sangat diperlukan untuk pembangunan.

b. Lingkungan Sekolah Pada lingkungan sekolah, peserta didik dibimbing untuk memperluas bekal yang telah diperoleh dari lingkungan kera keluarganya berupa pengetahuan, ketermapilan dan sikap .bekal yang dimaksud disini berupa bekal dasar, lanjutan ataupun bekal kerja yang langsung dapat digunakan secara aplikatif (sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi). Kedua macam bekal tersebut dipersiapkan secara formal dan berguna sebagai sarana penunjang pembangunan diberbagai bidang.

c. Lingkungan masyarakat Pada lingkungan masyarakat (pendidikan formal), peserta didik memperoleh bekal praktis untuk berbagai jenis pekerjaan, khusunya mereka yang tidak sempat melanjutkaan proses belajarnya melalui jalur formal. Pada masyarakat Indoneisia, sistem pendidikn non formal mengalami perekmbangan yang sangat pesat. Hal I ni bertalian dengan semaikn berkembangnnya sector swasta yang menunjangn pembangunan. Disegi lain, hal tersebut dapat diartikan bernilai positif karena dapat mengkompensasikan keterbatasan lapangan kerja formal dilembaga pemerintah. Disamping itu juga dapat memperbesar jumlah angkatan kerja tingkat rendah dan menengah yang sangat diperlukan untk memenuhi proporsi yang sealaras antara pekerja rendah, menengah, dan tinggi. Hal demikian dapat dipandang sebagai upaya untk menciptakan kestabilan nasioanal.

d. Sistem pendidikan Sistem Pendidikan dapat dilihat dalam ruang lingkup makro. Sebagai subsistem, bidang ekonomi, pendidikan,dan politik masingmasing-masing sebagai sistem. Pendidikan formal, nonformal, dan informal merupakan subsistem dari bidang pendidikan sebagai sistem dan seterusnya.

3. Segi Jenjang Pendidikan Jenjang pendidikan meliputi pendidikan dasar (basic education), pndidikan lanjutan, menengah, dan pendidikan tinggi.

4.

Segi Pembidangan Kerja atau Sektor Kehidupan Pembidangan kerja menurut sektor kehidupan meliputi bidang ekonomi, hukum, sosial politik, keuangan, perhubungan, komunikasi, pertanian, pertambangan, pertahanan, dan lain-lain.

Kesimpulan : Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa sumbangan pendidikan terhadap pembangunan dapat dilihat dari segi sasarannya, lingkungan pendidikan, jenjang pendidikan, dan sektor kehidupan. Secara khusus sumbangan pendidikan terhadap pembangunan adalah pembangunan atas penyempurnaan sistem pendidikan itu sendiri

Terima Kasih 

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->