P. 1
UNIT 1.22 Auto Saved) Lengkap

UNIT 1.22 Auto Saved) Lengkap

|Views: 178|Likes:
Published by MuhammadPersada

More info:

Published by: MuhammadPersada on Dec 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2015

pdf

text

original

TUGAS 1, 2, 3 ,4, 5 DAN 6 MATA KULIAH DOSEN : SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI PENDIDIKAN : Drs. Mas’ud Ibrahim, M.

Si

DI

S U S U N

OLEH : NAMA KELAS STAMBUK : ASTRI NURBAITY, A. Ma : B : K 10540.563911

PROGRAM PENGAKUAN PENGALAMAN KERJA DAN HASIL BELAJAR (PPKHB) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIT 1 TUGAS SOSIALOGI TUGAS: 1 A. 1. Jelaskan apa yang dimaksud sosiologi ? Jawab:  Sosiologi adalah : ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia itu berhubungan satu dengan yang lain dalam kelompoknya dan bagaimana susunan unit-unit masyarakat atau sosial disuatu wilayah serta kaitannya satu dengan yang lain. 2. jelaskan mengapa pendidikan terdapat aspek-aspek sosiologi ! Jawab:  Sebab situasi pendidikan adalah situasi yang berhubungan dalam pergaulan sosial.

3. Jelaskan mengapa unsur individu penting dalam pendekatan sosiologi pendidikan ! Jawab: Sebab individu merupakan bagian dari kelompok atau masyarakat, apabila dapat memahami tingkah laku individu, satu persatu bagaimana cara berpikirnya, kemauannya, perasaannya, perbuatannya, mentalitasnya maka akhirnya dapat dimengerti bagaimana kelompok, bagaimana mentalita kelompok. B. 1. Pendapat yang menytakan bahwa dalam kelompok-kelompok dan struktur sosial merupakan pendapat lain... A. H.P. Fainchild B. H. Abu Ahmadi C. Made pidarta D. Charles A. Ellwood Jawaban → C. Made Pidarta 2. Dalam dunia pendidikan terdapat aspek-aspek sosiologi disebabkan oleh.... A. Bidang pendidikan berkaitan dengan masalah fakta B. Bidang pendidikan berhubungan dengan masa depan C. Bidang pendidikan mempunyai andil peningkatan sumber daya manusia. D. Bidang pendidikan menyangkut hubungan dan pergaulan sosial. Jawaban → D. Bidang pendidikan mnyangkut hubungan dan pergaulan sosial 3. Pendekatan indipidu meliputi beberapa faktor yaitu: A. Faktor intern b. Faktor ekstern 

a.. kecuali. a. Imitasi b.. Milieu dan kultural d. Faktor Lingkungan d. a. Ras kulit hitam c. Intereksi sosial dan proses sosial menurut Pidarta didasari hal... Pertisifasi d. a. Intelegensi dipengaruhi oleh.. Apabila guru berpakaian rapi penuh kebajikan.. Identifikasi c... berkata benar maka. birwibawa. Milieu b.. Berkaitan dengan faktor biologis. Jika anak tertarik menerima pandangan sikap orang lain disebut.... partisipasi . Kultural c.. Ras kulit putih b....faktor yang termasuk hereditair adalah.c. Rasa sosial Jawaban → C 6. Sugesti b. Bakat d. a. Kultural dan ekstern Jawaban → D 4. Faktor. muridmuridnya meniru disebut.hal berikut. Adaftasi Jawaban → A 8.. Emosi c. Identifikasi d. Kultural Jawaban → C 5.. Sugesti Jawaban → C 7.

materi penjelasan harus sesuai dengan tujuan pendidikan.. Imitasi d. a. Jelaskan jenis budaya yang bagaimana yang perlu dilestarikan ! Jawab:  Yang dilestarikan adalah budaya yang masih diinginkan oleh masyarakat. Belanda b.. Identifikasi c. Komunikasi c.. metode harus bervariasi dan sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. Kontak antara individu dengan kelompok d. Interaksi Jawaban → B 9. B. a. Proses sosial b. 1.. 1. Kontak b. Hubungan antar kelompok gugr-guru dengan orang tua murid disebut. Latin d. Kontak antara kelompok c.. Jelaskan hal-hal apakah yang perlu diperhatikan dalam hal peningkatan mutu pendidikan ! Jawab: Harus diperhatikan adanya tujuan pendidikan. Inggris c.Kontak antara individu Jawaban B TUGAS II A. Kebudayaan berasal dari kata Culture yaitu berasal dari bahasa.. rasa dan karsa 2. Partisifasi Jawaban → B 10.b.. San sekerta  . Jelaskan pengertian dari budaya menurut Ahmad ! Jawab :  Budaya adalah daya dan budi pekerti yang berupa cipta. sosialisasi d.. Proses penyampaian pikiran dan perasaan dari seseorang kepada orang lain disebut. a.. harus dirumuskan secara jelas. 3.

Pengertian dari pembudayaan berarti kebudayaan dapat a. Diperbaharui b..Jawaban → B 2. Taylor Jawaban → C 3. Teman sejawat d. Membentuk Keinginan untuk belajar sepanjang hayat dapat dibentuk melalui. Soelaeman Soemardi c..B. Pewarisan . Membentuk manusia Indonesia seutuhnya b. rasa dan cipta masyarakat merupakan pendapat dari.. Sekolah sebagai teladan d. Pendidikan sekolah b. kecuali. Pendidikan pada keluarga Jawaban → C 5. E.. a. Pembentukan kebudayaan dapat dilaksanakan. kecuali. a. Kebudayaan sebagai semua hasil karya.. Dibentuk b. a.. Menciptakan masyarakat belajar c. Dirumuskan Jawaban → D 4. Metode penyampaian bervariasi Jawaban → B 6.. Dilaksanakan c.. Diwariskan d. Selo Soemardjan b. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi d.... Dimiliki c. a. Pendidikan pramuka c. Melalui pendidikan maka kebudayaan dapat.

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkah laku invidu Jawab:  Faktor ekstern dan faktor intern . E.. Selo Soemardjan d. Agar pendidikan menjadi pusat kebudayaan apabila memenuhi kriteria. a. H. Peningkatan mutu pendidikan b. Diambilkan d. Taylr c. Timbal balik Jawaban → C 9.. sederajat b.G... Peranan guru disekolah dalam kebudayaan.B.K. Dalam hal pembentukan kebudayaan guru dan murid mempunyai hubungan yang. Pendidikan mahal d. Mardani b. Sosialisasikan b. Membentuk manusia Indonesia seutuhnya. kecuali.. Trasmisikan c.. Bahwa pendidikan itu merupakan bagian Integral dari kebudayaan adalah pendapat dari.. Jawaban → C TUGAS SOSIOLOGI UNIT : 2 A. Vertikal d. A. L.Abu Ahmadi Jawaban → A 10.. 1. Horisontal c. a. Dibuat Jawaban → A 7.d. a.. Menciptakan masyarakat belajar c. a. Perekrutan Jawaban → D 8. kecuali.

Lingkungan phisik d. Kepribadian individu Jawaban → C . kepribadian individu 3.. Pada saat ini ada beberapa daerah yang mengikin adanya pemekaran. Pendapat yang menyatakan masyarakat adalah kelompok individu yang berintegrasi secara terorganisasi yang mengikuti suatu cara hidup tertentu merupakan pendapat dari.. a. Sutan Zanti Arbi c. kebudayaan. a.. Persuasi Jawaban → C 6. Sorjono Soekanto c. Akomodasi d. situasi. Psikologis c. kecuali. Asimilasi b. Sutan Zanti Arbi dan Syahmiar Syahrun Jawaban → D 3. Perbedaan biologis b.. Pendapat yang menyatakan bahwa syarat interaksi sosial adalah kontak sosial dan komunikasi yaitu pendapat dari. Dalam interaksi sosial dipengaruhi oleh beberapa hal.. Abu Ahmad b. Kompetensi Jawaban → D 4. a. a. H.. Tingkah laku individu dipengaruhi adanya faktor intern dan ekstern yang termasuk faktor intern. Hal-hal yang mempermudah akulturasi. Hubungan antara individu antara masyarakat dipengaruhi faktor dari dalam dan faktor dari luar. mencari kestabilan B. Made Pidarta b. pemerintah menyetujui sebagian keinginan tersebut.. Syahmiar Syahrun d. Pembawaan Jawaban → C 2. Kompetisi c. penbawaan d. Demokrasi c. hal ini digolongkan tindakan. 1. Soelaiman yoesoef d. Norma c.. Slamet Iman Santoso Jawaban → B 5. Kebudayaan b.. kecuali. kecuali.. Toleransi b. a.2. a. Jelaskan apa yang dimaksud akomodasi Jawab:  Akomodasi adalah usaha neredakan pertentangan. sebutkan faktor-faktor tersebut Jawab:  Faktor tersebut berupa norma-norma .. Sikap terbuka d....

B. a. Asimilasi Jawaban→ C 8. Membentuk watak c. kecuali... keinginan merdeka keinginan memisahkan diri tersebut dapat diatasi dengan. Mencerdaskan kehidupan bangsa d. Pada saat kita belum merdeka. 1.. Asimilasi c. Kerja sama b. Kerjasama Jawaban → A 9. 2. Persaingan d. yang berkuasa raja-raja dahulu berusaha mengawinkan anggota keluarga raja yang satu dengan anggota keluarga yang lain. Akomodasi Jawaban → B TUGAS II A. Persaingan sehat b. Akibat interaksi social yang tidak dikehendaki dan merugikan apabila timbul… a. Dalam lingkup masyarakat yang kapasitas Negara sebutkan fungsi pendidikan! Jawab:  Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban kehidupan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pertikaian c. Persaingan b. Pada saat bangsa Indonesia telah merdeka. Jelaskan pendapat Made Pidarta tentang sarana perubah social! Jawab:  Perubah sosial menurut Made Pidarta adalah dengan kebudayaan-kebudayaan baru yang diciptakan 3.. 1. Asimilasi dan akulturasi b. Akomodasi d. tetapi tidak ada keinginan daerah Aceh ingin merdeka. a. Akulturasi d. Akomodasi c. Dalam lingkup masyarakat luas ( Negara) funsi pendidikan. perpecahan d. Membentuk potensi . a. maka tindakan …. Kerjasama Jawaban → A 10. Seorang guru memberikan hadiah kepada murid yang berprestasi tindakan tersebut merupakan bentuk menumbuhkan …. kecuali a. berilah contoh dibidang energi nuklir untuk pembaruan kehidupan masyarakat! Jawab:  Contoh dengan ditemukannya energy nuklir dapat dipakai dalam pembangkit listrik. Mengembangkan kemampuan b.7. persaingan c.

kecuali…. hal tersebut sebagai sarana…. Mengembangkan kepribadian anak c. Sehat d. a. Dalam bidang pendidikan ( sekolah) dengan ditemukannya hal-hal yang baru dan bermanfaat. Seleksi b. Inovasi b. Keuntungan adanya hubungan pendidikan ( sekolah) dengan masyarakat yaitu… a. Transmisi kebudayaan Jawaban → B 5. Seleksi d. Berewatak sosial c. kecuali… a. Informasi c. Saling menunjang program d. Kerja sama dengan masyarakat 9. Membentuk peradaban c. keterampilan Jawaban → C 8. Kerja sama dengan orang tua murid d. Antara pendapat broom dan Selznick dengan sosial popenoe ada perbedaan dalam…. maka dapat diketahui kemampuan untuk bekerja dikemudian hari. Sedangkan fungsi pendidikan menurut broom. Sedangkan tujuan dari pendidikan untuk masyarakat. Mencari bantuan b. Menjalin kerjasama dengan murid c. Mengembangkan ilmu pengetahuan d. Berilmu c. Kreatif d. Dengan adanya pendidikan ( sekolah ). identik dengan adanya… a. Pembentukan iman dan taqwa b. Mengadakan seleksi dan alokasi tenaga kerja c.Jawaban→ D 2. Mengembangkan kepribadian Jawaban → C 4. Mencetak pemimpin daerah Jawaban → D . a.. Alokasi d. Dengan adanya perubahan ketentuan saat ini setiap lembaga sekolahmemiliki komite sekolah. a. Transmisi b. kecuali…. a. Transmisi Jawaban → B 7. ini sejalan dengan a. Saling melengkapi program Jawaban → C 6. Seleksi dan alokasi d. Cakap Jawaban → B 3. Inovasi sosial c. Meningkatkan integrasi sosial b. Berahlak mulia b. Harapan masyarakat terhadap pendidikan. Mencerdaskankehidupan bangsa b.

pustakawan/ pustakawati.pesuruh. bus siswa.. kedua guru dan murid layanan BP. Tergolong unsur-unsur pengertian sistem. 3. kecuali. UKS C. pelayanan kesehatan. tutorial.. Sekolah memberikan informasi kepada masyarakat c.. Menyatukan pendapat Jawaban → B TUGAS SOSIOLOGI UNIT 3 TUGAS I A. Suatu iklim sosial sekolah dipengaruhi oleh. Interaksi antar individu c. Sekolah menjalin kerjasama b. Ballantina! Jawab:  Subsistem kesatu kepala sekolah. ahli psikologi. Pustakawan Jawaban →C 3. Jelaskan bagaimana cara mengetahui tujuan dari sekolah! Jawab:  Cara mengetahui tujuan dari sekolah adalah dengan mengkaji dan mengetahui tujuan dari kurikulum sekolah. a. UKS.Output sekolah Jawaban→ B 4. Menyatukan sikap d. Saling terkait d. Sebutkan apa yang dimaksud dengan sistem menurut Sutjipto dan Basari Mukti! Jawab:  Sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian-bagian itu berinteraksi dalam suatu proses untuk mengubah masukan menjadi keluaran. infut atau masukan b. konselor. Merupakan sub sistem sosial sekolah menurut Janne H.. kecuali. 2.10. wakil kepala sekolah. Khusus b. Institusional . program khusus lainnya. tempat olah raga. Berkebudayaan Jawaban → D 2... murid Jawaban → A 5. B. a.. Guru b. Kepala dinas pendidikan d. Ballantino. Tujuan sistem lembaga sekolah yang ingin dicapai di sebut tujuan a. Sebutkan 3 sub sistem sosial menurut Jeanne H.. Dalam peranan information given to the public seharusnya a. Sub sistem c. Intelektual anak b.. keculi a.. Murid c. remedial. Pustakawan d. Ketiga pendukung terdiri sekretaris. 1. 1.. a. kondisi phisik anak d. Keseluruhan b. Merupakan bagian dari sistem sekolah.

Jelaskan mengapa pendidikan yang baik mengakibatkan mobilitas sosial yang baik! Jawab:  Pendidikan yang baik dapat memungkinkan orang mendapatkan kualifikasi pendidikan baik. 3. a. Ballantina Jawaban → B 7. H. Tujuan akhir dari sistem hendaknya. Jelaskan mengapa birokrasi mempunyai kesan buruk dan tidak disukai Jawab:  Sebab birokrasi tidak responsif terhadap perubahan yang cepat. Mencari nafkah d. berlatih mengerjakan tugas Jawaban → C 8. Tujuan pendidikan b. Bahan pelajaran d. kecuali a. dengan demikian memungkinkan orang untuk mendapatkan . Latihan bekerja b. Sutjiptodan Basori Mukti c. pendapat dari a. peserta didik c. Sebutkan pengertianbirokrasi menurut Bahar Jawab:  Birokrasi adalah rasional efesiensi organisasi yang setiap anggotanya hanya betanggung jawab pada tugas yang dipegangnya dan dia mampu untuk melakukannya.. Sekolah sebagai tempat pendidikan. kecuali a. Pendidikan b. Komponen pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai alat dalam pelaksanaan pendidikan yaitu a. Ballantina d. Kompetensi yang ingindicapai oleh setiap individu siswa. Umum d. Psikomotor Jawaban → A TUGAS II A. Kognitif d. Difasilitasi Jawaban → B 10. belajar patuh c. Keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian-bagian itu berinteraksi dalam suatu proses untu mengubah masukan menjadi keluaran. Dibiyai b.. Difungsikan d. Biaya pendidikan Jawaban → C 9. Afektif c. Nasional Jawaban → B 6. 2..c. Dicapai secara bersama dari sub sistem c. tidak menimbulkan kreatifitas dan hanya terpusat pada kekuasaan sosial pemimpin. Aswandi Bahar b. juga sebagai tempat. 1.

. Formal organization d.. Kompoten untuk melakukannya. Formal hierarchies Jawaban → A 6. Kepala sekolah b. Formal competence c.. Max Webber . Birokrasi mempunyai kesan yang tidak disukai atau buruk disebut a. Comrelated orgazation c. Horisantal d.. Pustakawan Jawaban → C 3. vertical social mobility Jawaban → A 8. a. Status competence] d.. dengan adanya karier seseorang menanjak atau jatuh. Mobilitas sosial secara dramatis. a. Ivan Reid b. 1... Intragenerational social mobility b. Tanggung jawab c.. kecuali. Jawaban → 2. Prerogatif d... Robert G.. Setiap sekolah mempunyai peraturan yang disosialisasikan.. Rules procedures d. Negatif b. Pegorative c. Separate organization Jawaban →D 5. Secara struktural birokrasi itu merupakan satu organisasi yang terpisah dan mempunyai banyak staf yang bekerja secara full time disebut juga a. Kejujuran melaksanakan tugas d. Burgess c. Rules. regulation c.pekerjaan yang baik pula dan kemudiaan orang yang mendapat pekerjaan yang baik dapat meningkatkan taraf sosialnya.. egulation and procedures Jawaban → D 7. tergolong dalam. Birokrasi mempunyai jalur komunikasi formal baik kedalam maupun keluar disebut juga a. Integrated organization b. Intergenerational social mobility c. a. a. Proaktif Jawaban → B 4. B. Fomal communication b. a. Prosedural b.. Badan pertimbangan pendidikan d. kecuali. Ada hubungan antara pendidikan dan mobilitas sosial merupakan pendapat dari. Rules. Organisasi b. Guru c. Termasuk ada kaitannya dengan birokrasi disekolah. Pengertian birokrasi ada kaitan dengan .. misalnya apabila terlambat harus melapor kepada gru piket tergolong dalam.

. Fasilitas yang baik Jawaban → B TUGAS UNIT 4 TUGAS I A. Membeli dengan sejumlah uang d.. Kesempatan memporoleh pendidikan b.d. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tugas Jawab  Status adalah posisi seseorang dalam suatu kelompok sosial 2. latihan bekerja b. Memiliki jasa yang benar Jawaban → C 2. a. Usaha dengan sengaja melalui pendidikan b. Jelaskan apa yang dimaksud Achieved status! Jawab:  Achived status adalah kedudukan status yang dicapai seseorang dengan sengaja.. Aswandi bahar .. Sumber informasi bagi guru dan pembimbing disekolah c..... Kurikulum b. pendidikan pola umumnya d. Pendapat yang menyatakan bahwa orang yang tidak mau bekerja jangan makan merupakan pendapat. Status sosial seseorang dapat diporoleh melalui. dalam hubungan mobilitas social dengan pendidikan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. a. Lembaga pendidikan sekolah merupakan tempat. Dana yang disediakan oleh pemerintah Jawaban → D 10. Jelaskan hubungan antara pendidikan dengan kemiskinan ! Jawab:  Bahwa dengan pendidikan adalah merupakan senjata yang paling ampuh dalam pengurangan kemiskinan dan kemelaratan B. Sumber informasi bagi perencanaan dan latihan d. Belajar patuh peraturan c. misalnya melalui menempuh pendidikan tertentu 3. mendapatkan pekerjaan c.. a.. Pendidikan sekolah yang lebih baik c. Keturunan c. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan d. kecuali. a. Mencari nafkah d. Mobilitas sosial ke arah yang lebih baik disebabkan.. St.. 1. Mendewasakan anak Jawaban → C 4. Sumber informasi b. Sebagai kriteria formalitas Jawaban → D 3. kecuali.. 1. H. Paul b.. Panduan pendidikan dan latihan kerja memiliki manfaat. Webb 9. a. kecuali. kecuali a.

sebab orang tetap akan bekerja walaumereka sudah tidak membutuhkan hal-hal yang bersifat materiil ini pendapat dari.. Baik pria dan wanita menyukai pekerjaan . H. kecuali. Kerja keras b. Jelaskan peran guru sebagai pengganti orang tua disekolah! .. Tujuan pendidikan nasional d. Gunawan c. kecuali.c. Moral dari pekerjaan tidak mempunyai hubungan langsung dengan kondisi material Jawaban → A 10. Ary H. Ralph lintan B. Aswandi Bahar Jawaban → C 9. Mengerjakan amal baik d.. pendapat dari. Kerja merupakan bagian paling mendasar dari kehidupan c. Moyivasi untuk bekerja tidak dapat dikaitkan hanya pada kebetuhan-kebutuhan ekonomi belaka.. Kerja huibungan langsung dengan makanan b. Fungsi pendidikan nasional Jawaban → A TUGAS SOSIOLOGI UNIT 5 TUGAS I A. a. Untuk memporoleh keberuntungan Jawaban → C 7. Berdedikasi c. Unsur-unsur prinsip kerja orang Arab. kecuali..... Hj. d. a. Misi pendidikan nasional c.. Visi pendidikan nasional b. a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum dalam UUD 1945 merupakan. Aswandi Bahar d. Beramal baik d.. a. H.. Pandangan orang melakukan pekerjaan menurut Pandji Anoraga. a. Gunawan Jawaban → A 5. Berdedikasi c. Jelaskan peran guru disekolah! Jawab:  Peran guru disekolah adalah mendidik dan mengajar 2. Ary. Miller dan Form b. 1.. a... Kerja keras b. Merupakan unsur-unsur prinsip kerja orang Amerika. Ralph Lintan d.. Ternyata yang dapat memotifasi orang bekerja itu tidak hanya sekedar memporoleh uang. Miller dan farm c. Ary H. Gunawan Jawaban → B 6. kalaupun tidak disebabkan kondisi psikologis dan sosial pekerjaan itu. Pandji Anoraga d. Hidup selamanya Jawaban → B 8.

Peran sosial guru adalah pola tingkah laku yang diharapkan masyarakat dan dipegang oleh masyarakat tersebut merupakan pendapat dari. guru disekolah selain mengajar juga mendidik 3... Cole S.. Petugas administrasi Jawaban → C 2. Pasal 3 ayat 1 uu nomor 14 tahun 2005 Jawaban → C 3. Jelaskan guru disekolah sebagai orang yang menanamkan kedisiplinan! Jawab:  Seorang guru disekolah diikuti murid-muridnya.. Metode belajar mengajar Jawaban → B 6. Materi b. pendidikan menengah dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal terdapat pada.. 1. Peran sosial guru disekolah berkaitan dengan murid . Engkoswara c. Pasal yang menyebut antara lain bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga propesional pada jejjang pendidikan dasar. sesuai Tik atau indikator Jawaban → C . Sebagai media Jawaban → A 5. Mengajar b. a. a. Transparan c. Aktif menjadi anggota legislatif d. Agar guru dapat berperan sebagai media maka harus memiliki penguasaan. kecuali. kecuali. Pasal 2 ayat 1 uu nomor 14 tahun 2005 d.. seorang murid atau pengikut guru harus tunduk pada peraturan.. H.. Peran guru sebagai penguji. Mendidik c.A. a. Sebagai penguji d.. Brembeck d. Peran sosial guru disekolah. Pasal 27 ayat 3 uu nomor 3 tahun 1989 c. Otoritas c. Pasal 27 ayat 2 uu nomor 2 tahun 1989 b.. Aswandi Bahar b.. a. kecuali. S. a. dengan kata lain guru sebagai seorang pemimpin disekolah harus memiliki dan dapat berdisiplin sehingga menjadi tauladan dalam menegakkan kedisiplinan. maka dalam menentukan evaluasi harus mengikuti ketentuan. Bratanata dkk Jawaban→ A 4. Arahan kepala sekolah d. kecuali..Jawab:  Peran guru sebagai pengganti orang tua maksudnya apa-apa yang telah dilakukan orang tua dalam mendidik anaknya dilanjutkan. a.. norma-norma yang ditanamkan gurunya. Sebagai orang yang berdisiplin c. B. Kurikulum d. Obyektipitas b. Bawahan b. sedangkan guru harus dapat diikuti murid-muridnya.

. Pembuka jalan d.... Dari arti kata aslinya disiplin memiliki makna . Menanamkan nilai masyarakat luas d. Guru memiliki pendidikan yang tinggih dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya maka disebut sebagai . Pembentukan kedisiplinan d.7. Participant b.. Pengikut b. a.... Perhatian penuh twerhadap anak c. a. mewngagumi budaya sendiri b.. 1.. bagaimana sebaiknya interaksi yang efektif antara guru dan kepala sekolah Jawab:  a. Participant penuh Jawaban → C 10. Interaksi antara bawahan dan atasan . Penurut c. Participant penuh Jawaban → C 9. Pemeran d. Peran guru dan orang tua murid ada sama. Guru sebagai pengenal kebudayaan apabila. Berusaha menanam nilai budaya yang memiliki c. Pembentukan kecakapan Jawaban →D TUGAS UNIT 6 TUGAS 1 A... a. Pembentukan gejala kepribadian b. a. Pendidikan c. Coba anda buat suatu gambar yang dapat menjelaskan tentang interaksi antara guru dan sekolah Jawab: Guru-guru lain Kepala sekolah Guru Murid-murid Staf tata usha 2. Tunduk Jawaban →A 8. ada juga yang berbeda-beda peran yang berbeda dalam hal.

1.2 dan 3 semuanya benar 3. antara lain adalah.. kecuali guru sebagai: 1. Outcome Jawaban → C.1. guru mempunyai sejumlah peran strategi. Interaksi antara teman sejawat c. Jika altenatif jaswaban (1). Jika alternatif jawaban (1). Proses dalam sistem pendidikan dalam menghasilkan : 1. Masukan instrumental – personal 3.2.(2) benar C. yakni 1. Orang kebanyakan memandang sekolah sebagai tempat pendidikan anak-anak mereka 2. Jika alternatif jawaban (2) dan (3) benar D. berikut ini adalah komponen-komponen dalam sistem pendidikan. Masukan lingkungan Jawaban → A. Sekolah sebagai satu lembaga sosial 3. Orang tua Jawaban → D. DAN 3 salah semua . Guru 2. Masukan mentah 2. Interaksi antara ahli dan tidak ahli c.. Berikut ini adalah pernyataan –pernyataan benar. Berkenaan dengan kebutuhan murid. Interaksi antara anak dengan orang tua ( dalam kekeluargaan) 3.. sedangkan jawaban 3 salah karena tidak sesuai dengan kenyataan 2. Output 3.(2) dan (3) benar semua B. Teman sejawat 3.b.(2) dan (3) salah semua B. 2 dan 3 benar. Jika alternatif jawaban (1). Pilihan jawaban : A. sedangkan jawaban 1 bukan merupakan hasil dari sistem pendidikan 4. Interaksi antara teman sejawat b. Bagaimana sebaiknya interaksi yang efektif antara guru dan pegawai tata usaha? Jawab:  a. 1. sekolah merupakan lembaga sosial yang lebih kecil dari pada organisasi sosial Jaswaban→ B 1 dan 2 benar. Interaksi dalam kekeluargaan B. Outbond 2. 1.

2 dan 3 benar semua 7. Menghargai setiap pendapat murid 3..... Sama dengan reman sepermainan 2.. Guru dapat berperan sebagai teman sejawat bagi murid-muridnya. Hubungan atasan –bawahan 3. Interaksi antara guru dan pegawai tata usaha yang efektif dapat berbentuk. Merupakan pasangan untuk berbagaipengalaman .. 6.2 dan 3 semuanya salah 10.peran guru dimaksud antara lain adalah. 2 dan 3 benar. Mempunyai kapasitas intelektual tinggi 2.2 dan 3 semuanya benar 9. 8. Anak orang tua Jawaban → A. trtapi harus mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 1. Jawaban→ C. jawaban 1 salah karena teman sejawat tidak sama pengertiannya dengan teman sepermainan. Membantu dan menyelesaikan masalah-masalah murid Jawaban → A. Teman sejawat 3. jawaban 3 salah karena revolusioner bukan merupakan ciri guru propesional. Maksud pernyataan teman sejawat adalah 1. . Revolusioner Jawaban → B. Peran guru sebagai orang tua adalah . Tidak ada huibungan sama sekali. Hubungan majikan –buruh 2.. 1 dan 2 benar. Guru SD yang propesional bukan hanya sekedar tukang atau operator. Pelindung murid-murid dari gangguan dan ancaman lingkungan 2.. 1.. Menerima dan menampung pengaduan murid-muridnya. 1.. 3.5. 1. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap hari guruberiteraksi dengan kepala sekolah yang dapat menumbuhkan produktifitas kerja kecuali. karena mempunyai tugas Jawaban → D Jawaban 1.. Transformatif 3. 1. Bembeck mengajukan sejumlah peran sosial guru disekolah Peran. Jawaban 1.. Bawahan 2.

Interaksi antara guru dengan orang tua adalah interaksi 1. Manakah dari pernyataan berikut yang benar 1. karena tidak etis 3. Bagaimana seharusnya interaksi guru dengan orang tua ? Jawaban →  Interaksi guru dengan orang tua seharusnya adalah interaksi kesejawatan. Guru bukan atasan atau bawahan orang tua. Guru harus merahasiakan prestasi belajar murid yang jelek. Gagasan-gagasan ini baik sekali jika ditawarkan kerja komite sekolah. sebagai pembuka jalan. Antara bawahan dengan atasan 3. Antar guru dan orang tua tidak terjadi interaksi Jawaban → D.1. namun mempunyai tugas yang berbeda-beda dan orang tua adalah mitra kerja. Jawaban 1. Guru dan orang tua mempunyai tujuan yang sama dalam mendidik anak. dan sebagai pembimbing. meskipun orang tua murid. B. Guru seharusnya aktif dan kreatif didalam komite sekolah. Antara atasan dengan bawahan 2.Bagaimana seharusnya peran guru di dalam komite sekolah?  Peran guru didalam komite sekolah. 2 dan 3 semuanya salah 4. Mengembangkan diri 2. Merusak diri Jawaban → B. Manakah kegiatan berikut yang benar. 1. Jawaban 1 dan 2 benar. Inteaksi antara guru dengan orang tua adalah interaksi 3. 3. karena itu adalah aib (memalikan) keluarga. Manusia normal pada hakekatnya mempunyai keinginan untuk: 1. 1. jawaban 3 salah karena tidak manusia normal yang merusak diri 2. 1. Mempertahankan diri 3. demikian juga oraqng tua bukan atasan atau bawahan guru. Sebutkan peran guru dimasyarakat menurut Brembeck! Jawaban →  Peran buru dimasyarakat menurut Brembeck adalah sebagai anggota masyarakat (peserta). orang yang berdisiplin 3. sebagai pemimpin. 2. Proses pembelajaran di sekolah hampir sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru kelas 2. Laporan guru tentang keterlambatan murid dalam proses pembelajaran seharusnya disampaikan kepada orang tua ketika orang tua menerima hasil laporan pendidikan ( waktu raport) . Segala sesuatu yang menghambat peningkatan kualitas pembelajaran sekolah harus dikomunikasikan sesegera mungkin ke komite sekolah. Orang tidak perlu menyampaikan kepada guru kelas tentang kelemaham-kelemahan anaknya. pengganti orang tua 2.2 dan 3 semuanya benar TUGAS II A. Guru sebaiknya mampu berekreasi menciptakan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 2. Guru harus dapat dipercaya olrh orang tua murid 3. sehingga tidak akan tejadi kemacetan. 1. Orang kepercayaan Jawaban → A.

karena masyarakat yang mendanai sekolah.. Guru harus mengkomunikasikan kemajuan anak disekolah kepada orang tua berkenaan dengan 1. Komite sekolah merupakan penyederhanaan dari masyarakat yang dapat dikatakan tidak terbatas. Anggota komite sekolah terdiri dari.2 dan 3 semuanya benar. Jawaban → C. Pemimpin masyarakat 2. Guru-guru di pedesaan beasanya mempunyai peran banyak . Memantau program sekolah apakah telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan 2.Jawaban → D. Sebagai pembuka jalan Jawaban → D jawaban 1. Peran guru tersebut antara lain adalah. Semua hal yang negatif.2 dan 3 semuanya salah 8. jawaban 1 khususnya tindakan anak yang bersifat kriminal termasuk jawaban 3 6.. Guru di sekolash tersebut 3. karena tidak berperan. “ School master”. Memantau dan memeriksa kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan sekolah. 1. Jawaban 1. jawaban 1. Model bagi masyarakat 2. 1. Jawaban 2 dan 3 benar. Membimbing anak-anak dan pemuda 3.2 dan 3 semuanya salah 5.. Murid –murid disekolah tersebut 2. Tidak berperan. Jawaban betul adalah 1 dan 2. .. Memegang teguh norma agama.. 1. Memantau kondisi sekolah 3. Jawaban → B. Tugas komite sekolah antara lain adalah. Orang tua murid disekolah tersebut Jawaban → D.. jawaban 3 salah. mengingat tugas –tugas guu disekolah terlalu berat Jawaban →B. 1. Semua hal yang positif 3. Sebagai peserta 2. Sebagai pemimpin 3. sedangkan C salah karena komite sekolah tidak berhak memeriksa kesalahan-kesalahan fatal.. 7. Jawaban 1. Khususnya tindakan anak yang bersipat kriminal 2. Jawaban → A. moral dan jujur 3. mengingat tugas-tugas guru disekolah terlalu berat 9. Manakah yang bukan merupakan peran guru di masyarakat 1. Komite sekolah mempunyai sejumlah pekerjaan.2 dan 3 semuanya benar 10. Jawaban betul adalah 1 dan 2. Brembeck mengajukan sejumlah peran guru dalam masyarakat. Guru yang propesional adalah orang yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->