P. 1
PEMBANGKIT LISTRIK KONVENSIONAL

PEMBANGKIT LISTRIK KONVENSIONAL

|Views: 477|Likes:
Published by Gilang Samudra

More info:

Published by: Gilang Samudra on Dec 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2014

pdf

text

original

Pembangkit Listrik Konvensional di sini yang dimaksudkan adalah pembangkit listrik biasa yang telah ada selain nuklir

Dalam penggolongan pembangkit listrik atas dasar tenaga yang digunakan ada : 1. Pembangkit Listrik Tenaga Panas 2. Pembangkit Listrik Tenaga Hidro (air) 3. Pembangkit Listrik Tenaga Angin 4. Dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas

Sebagian besar pembangkit listrik panas menghasilkan uap. dan oleh karenanya ia sering juga disebut pembangkit listrik tenaga uap. selalu terdapat panas terbuang ke lingkungan. Sehingga.Pembangkit listrik tenaga panas Di dalam pembangkit listrik tenaga panas. menjadi energi putar. Menurut hukum kedua termodinamika tidak semua energi panas dapat dialihbentukkan menjadi energi listrik. . seringkali dari pembakaran bahan bakar. daya mekanik dihasilkan oleh mesin panas yang mengubah energi panas.

Pembangkit listrik tenaga panas dikelompokkan menurut jenis bahan bakar dan jenis penggerak primer yang dibangun. untuk proses industri ataupemanasan distrik. Di negara-negara di mana pemanasan distrik menjadi hal biasa. maka pembangkit listrik. terdapat pembangkit panas yang disebut pembangkit didih panas saja. . Suatu jenis pembangkit listrik yang penting di Timur Tengah menggunakan produk sampingan panas untuk desalinasi air laut menjadi air minum.Jika buangan panas ini dimanfaatkan. biasa disebut sebagai pembangkit listrik kogenerasi atau pembangkit listrik kombinasi.

Pembangkit listrik tenaga batubara diTampa.Kogenerasi di Warsawa. Polandia Pembangkit listrik tenaga panas bumi di Islandia. Amerika Serikat .

2.Pemb. metana dari peternakan. 4. bahan bakar. kendati kepadatan-energi-rendah. 5. gas buang tanur tinggi berbea rendah. Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)[4] menggunakan panas sebuah reaktor nuklir untuk menggerakkan generator turbin uap. yang dilepaskan dari pembakaran batubara dan berperan bagipemanasan global. Di dalam industri peleburan baja. dan memiliki dampak samping buangan karbon dioksida yang cukup besar. Listrik ditinjau dari Bahan bakar 1. Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) menggunakan uap yang disarikan dari bebatuan yang panas dari bawah tanah. Pembangkit listrik tenaga batubara (PLTB) menghasilkan listrik dengan membakar batubara untuk menguapkan air. sampah kota. Kira-kira 20% pembangkitan listrik di Amerika Serikat dihasilkan oleh PLTN. 3. Energi terbarukan atau Pembangkit listrik tenaga biomassa dapat dibahanbakari oleh ampas tebu. Kira-kira 50% pembangkitan listrik di Amerika Serikat dihasilkan dari PLTB. . atau bentuk biomassa lainnya. Pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil juga dapat menggunakan generator turbin uap di dalam kasus pembangkit berbahan bakar gas alam yaitu turbin gas.

Kira-kira 80% semua energi listrik yang dibuat di dunia menggunakan turbin uap. Biasanya berupa satuan-satuan yang cukup kecil. dioperasikan dari kejauhan. Princetown . dan kadang-kadang tak berawak. Pembangkit Listrik ditinjau dari Penggerak primer 1. Pembangkit turbin gas menggunakan tekanan dinamis dari gas yang mengalir (udara dan hasil pembakaran) untuk menggerakkan turbin secara langsung. kendati berbea lebih mahal daripada pembangkit biasa. Panas buangan dari proses industri kadang-kadang cukup ekonomis untuk digunakan sebagai sumber pembangkit. Pembangkit listrik tenaga surya menggunakan cahaya matahari untuk mendidihkan air. Jenis ini dirintis oleh Britania Raya.6. Hampir semua pembangkit listrik non-hidro yang besar menggunakan sistem ini. biasanya di dalam turbin dan pendidih uap. Pembangkit turbin bakar gas alam (juga minyak bumi) dapat segera memulai gerakan dan biasa digunakan untuk memasok energi "puncak" selama masa padat penggunaan. yang kemudian uapnya menggerakkan turbin. 2. Pembangkit turbin uap menggunakan tekanan dinamis yang dihasilkan oleh desakan uap untuk menggerakkan lengan kipas. 7.

. Tetapi Pembangkit turbin angin. 4.3. kurang stabil meskipun secara ekonomis mungkin lebih murah daripada pembangkit biasa. Pembangkit turbin air juga dapat segera memulai gerakan dan saat juga biasa digunakan untuk memasok energi "puncak" selama masa padat penggunaan. Pembangkit turbin air menggunakan energi potensial/ tekanan atau energi kinetik dinamis dari air yang mengalir untuk menggerakkan turbin secara langsung. Pembangkit Listrik Tenaga angin menggunakan tekanan dinamis dari angin yang mengalir untuk menggerakkan turbin secara langsung. dan pembangkit jenis ini malahan berbea lebih murah daripada pembangkit biasa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->