RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu :…….. : Matematika :IV / I : 1 x pertemuan (2 jam pelajaran x 35 menit)

Standar Kompetensi

: Memahami dan menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan dalam menyelesaikan masalah

Kompetesi Dasar Indikator

: Mengidentifikasi sifat-sifat pengerjaan hitung : 1. Mengenal sifat-sifat operasi hitung 2. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan secara efisien

A. Tujuan Pembelajaran

:a. Siswa mampu mengenali sifat komutatif dan asosiatif b. Siswa mampu menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan secara efisien.

B. Materi Pelajaran

: Operasi Hitung Bilangan (Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi, Sifat Pertukaran (Komutatif), Sifat Pengelompokan (Asosiatif) ).

C. Metode Pembelajaran

: Pengajaran langsung, diskusi kelonpok

D. Langkah-Langkah Pembelajaran :
No Tahapan Guru 1. Appersepsi     Guru memberi salam *Siswa salam Kegiatan Siswa menjawab 5 Menit Waktu Ket

Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menanyakan / mengingatkan kembali beberapa pertanyaan

bisa berlaku bolak-balik bukan? Nah itu. Penanaman konsep Guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan penjumlahan dan perkalian bilangan    Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan padanya.  Siswa berkelompok . sifat komutatif dan asosiatif .  Siswa menyimak dengan baik 30 Menit  Siswa menjawab pertanyaan dari Guru dengan baik dan benar. Pemahaman Konsep  Guru memaparkan contoh sifat komutatif dan asosiatif yang berkaitan dengan kehidupan seharihari siswa. apa yang biasa kita lakukan? Makan nasi dulu kemudian minum. atau minum dulu kemudian makan nasi? Nah. semisal Kalau kita makan.tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan lalu. 3.   Guru menyiapkan alat peraga 2. contoh sifat komutatif dalam kehidupan sehari-hari. Siswa termotivasi terhadap materi 25 Menit Guru memotivasi siswa tentang pentingnya materi sifat komutatif dan asosiatif .

 Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan konsep sifat komutatif dan asosiatif  Guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan diskusi kelompok  Guru mengamati diskusi kelompok siswa dan memberikan pengarahan kepada kelompok yang mengalami kesulitan  Guru meminta siswa mengumpulkan tugas kelompok dan meminta 2 kelompok untuk maju mempresentasikan hasil diskusinya.  . 4. Bersama-sama guru dan siswa membuktikan bahwa pembagian tidak bersifat komutatif dan asosiatif. Penutup   Guru menilai tugas diskusi siswa Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan *Siswa menulis/mengerjakan PR 10 Menit .

Penilaian: Tes Tulis Teknik & Bentuk Instrumen 1. F. 07 Nopember 2011 Mengetahui. D07209022 .1985029201102010 LATIFATIN ASMAUL CHUSNAH NIP. Kepala Sekolah Guru Matematika WAHYUNIATI. Tugas kelompok (tes tertulis) 2. Sidoarjo. Unjuk kerja (presentasi kelompok). E. Si NIP.Alat/Sumber/Bahan: Buku Paket matematika kelas IV: Yudistira F.mengucap salam *Siswa menjawab salam E.M.  Guru member PR Guru .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.