P. 1
RPP matematika

RPP matematika

|Views: 40|Likes:

More info:

Published by: Fatin Asmaul Chusnah on Dec 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2012

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu :…….. : Matematika :IV / I : 1 x pertemuan (2 jam pelajaran x 35 menit)

Standar Kompetensi

: Memahami dan menggunakan sifat-sifat pengerjaan hitung bilangan dalam menyelesaikan masalah

Kompetesi Dasar Indikator

: Mengidentifikasi sifat-sifat pengerjaan hitung : 1. Mengenal sifat-sifat operasi hitung 2. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan secara efisien

A. Tujuan Pembelajaran

:a. Siswa mampu mengenali sifat komutatif dan asosiatif b. Siswa mampu menggunakan sifat-sifat operasi hitung untuk melakukan perhitungan secara efisien.

B. Materi Pelajaran

: Operasi Hitung Bilangan (Mengidentifikasi Sifat-Sifat Operasi, Sifat Pertukaran (Komutatif), Sifat Pengelompokan (Asosiatif) ).

C. Metode Pembelajaran

: Pengajaran langsung, diskusi kelonpok

D. Langkah-Langkah Pembelajaran :
No Tahapan Guru 1. Appersepsi     Guru memberi salam *Siswa salam Kegiatan Siswa menjawab 5 Menit Waktu Ket

Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru menanyakan / mengingatkan kembali beberapa pertanyaan

Siswa termotivasi terhadap materi 25 Menit Guru memotivasi siswa tentang pentingnya materi sifat komutatif dan asosiatif .   Guru menyiapkan alat peraga 2. 3. atau minum dulu kemudian makan nasi? Nah.  Siswa menyimak dengan baik 30 Menit  Siswa menjawab pertanyaan dari Guru dengan baik dan benar. sifat komutatif dan asosiatif .tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan lalu.  Siswa berkelompok . Pemahaman Konsep  Guru memaparkan contoh sifat komutatif dan asosiatif yang berkaitan dengan kehidupan seharihari siswa. apa yang biasa kita lakukan? Makan nasi dulu kemudian minum. bisa berlaku bolak-balik bukan? Nah itu. Penanaman konsep Guru menanyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan penjumlahan dan perkalian bilangan    Siswa menjawab pertanyaan yang di berikan padanya. contoh sifat komutatif dalam kehidupan sehari-hari. semisal Kalau kita makan.

4. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan konsep sifat komutatif dan asosiatif  Guru menyampaikan langkah-langkah pelaksanaan diskusi kelompok  Guru mengamati diskusi kelompok siswa dan memberikan pengarahan kepada kelompok yang mengalami kesulitan  Guru meminta siswa mengumpulkan tugas kelompok dan meminta 2 kelompok untuk maju mempresentasikan hasil diskusinya.  . Bersama-sama guru dan siswa membuktikan bahwa pembagian tidak bersifat komutatif dan asosiatif. Penutup   Guru menilai tugas diskusi siswa Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan *Siswa menulis/mengerjakan PR 10 Menit .

F.  Guru member PR Guru .Alat/Sumber/Bahan: Buku Paket matematika kelas IV: Yudistira F. Si NIP. D07209022 .Penilaian: Tes Tulis Teknik & Bentuk Instrumen 1. 07 Nopember 2011 Mengetahui.M.1985029201102010 LATIFATIN ASMAUL CHUSNAH NIP. Kepala Sekolah Guru Matematika WAHYUNIATI.mengucap salam *Siswa menjawab salam E. Tugas kelompok (tes tertulis) 2. E. Sidoarjo. Unjuk kerja (presentasi kelompok).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->