Sejarah Komputer Generasi Kelima by Sejarah Komputer in Perkembangan Komputer, sejarah komputer Berikut uraian Sejarah Komputer Generasi

Kelima.. Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

komputer generasi 5 Komputer generasi kelima ( masa depan ) Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

sehingga dapat menghantarkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan teknologi yang digunakan sebelumnya. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun. Clarke. HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia. Dewasa ini telah banyak kemajuan teknologi untuk mendukung perkembangan teknologi komputer. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Selain itu juga telah ditemukan teknologi superkonduktor. bercakap-cakap dengan manusia. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Meskipun gambaran visual yang ditayangkan dalam komputer tersebut masih jauh dari pemikiran kita dan realita. dsb. Mungkin bagi Anda yang membaca tulisan ini pernah menonton film berjudul “2001:Space Odyssey” karya dari Arthur C. yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Diantaranya telah ditemukannya kemampuan pemrosesan parallel dimana direncanakan untuk menggantikan model non Neumann! Dimana sistem pemrosesan parallel itu akan mampu bekerja mengkoordinasikan banyak CPU untuk secara serempak. Generasi Kelima Jaman sekarang ini teknologi sudah banyak berkembang. namun untuk mendefinisikan perkembangan komputer generasi kelima ini akan menjadi tidak mudah karena tahap ini masih sangat muda.untuk masa ke-lima ini memang sangat susah. . Apapun yang terjadi. perkembangan komputer sudah mencapai generasi kelima. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. namun tanda-tanda untuk mewujudkan itu semua sudah terlihat. yang akan menggantikan model non Neumann. yang jelas secanggih apapun kemampun sebuah komputer tidak akan bisa mengalahkan kemampuan yang membuatnya. -ciri Komputer Generasi kelima sebagai berikut: Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia. yaitu pikiran manusia. dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat. Dalam film tersebut komputer dapat diprogram sehingga dapat mendekati pemikiran manusia. dan belajar dari pengalamannya sendiri. menggunakan masukan visual. Yang lebih parah dalam film tersebut komputer mampu untuk memprogram dirinya sendiri sehingga bisa saja mungkin pemikirannya mengalahkan pemikiran manusia. Karena masih dalam sebatas imajinasi. Sejauh ini telah ada komputer yang dapat diprogram untuk dapat merespon printah secara lisan maupun nalar manusia. Dalam film tersebut merupakan gambaran komputer masa depan yang mungkin masih dalam imajinasi dalam pikiran kita.

telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction. .. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi. teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Pada generasi pentium. komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4.000 transistor. seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134. sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1. manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386. 3.komptr generasike 5. dan multikomunikasi. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”. kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275. dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas.sejarahnya Pada generasi kelima ini. selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI). Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit. Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4.. sementara masih mempertahankanbackward compatibility dengan software 32 bit.2 juta transistor. multimedia. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3. Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86. Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2.000 transistor. yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). dan 4. selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama.

• Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain.Komputer generasi kelima difokuskan kepada Artificial Inteligence (kecerdasan buatan). • Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata. Ciri-cirinya: Ciri-cirinya: • Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri. • Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya. • Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logik. yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analogi tingkah laku manusia. . • Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan. misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful