P. 1
NAMA

NAMA

|Views: 96|Likes:
Published by Aditya Ryovandy

More info:

Published by: Aditya Ryovandy on Dec 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2012

pdf

text

original

NAMA :RAHMAD KELAS :Xc SEKOLAH :SMAN 11

CIRI – CIRI : PROTISTA JAMUR BAKTERI

mutualisme.PROTISTA: 1. Habitatnya di tempat-tempat berair. Protista menelan makanan. Ciri-ciri Protozoa: 1. Contohnya : Alga 2. parit. parasit 5. dll. Protista autototrof. mencerna makanan di luar sel dan menyerap sari-sari makanannya. Contohnya: Protozoa 3. Ukuran tubuh mulai dari 10 mikron-6 mm 2. komensalisme. pseudopodia. sawah. Protista saprofit dan parasit. Cara hidupnya bebas. saprozoik. holozoik 6. yaitu protista yang memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis. silia atau dengan gerakan sel itu sendiri 4. Contoh: jamur Protista Mirip Hewan (Protozoa) Protozoa berasal dari bahasa Yunani yaitu Protos artinya pertama dan Zoon artinya hewan. radial simetris dan spiral 3. Bergerak dengan flagel. sungai. bilateral simetris. saprofit. dengan cara fagositosis melalui membran sel. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri melalui organel-organel yang secara fungsi analog dengan sistem organ pada hewan-hewan bersel banyak (metazoa). Bentuk protozoa bervariasi yaitu asimetris. Cara mendapatkan makanan dibedakan menjadi : holozoik. Protozoa sering disebut hewan bersel satu (uniseluler). Klasifikasi Protozoa Berdasarkan alat geraknya protozoa dibedakan menjadi 5 kelas yaitu: . seperti di selokan.

Berdasarkan ada tidaknya klorofil kelas flagellata dibedakan menjadi dua macam yaitu: a. mastix: cambuk.Noctiluca miliaris (mengeluarkan cahaya di malam hari) .Volvox globator (hidup berkoloni). . poros: membawa) Umumnya hidup di dalam air. Berkembangbiak dengan cara aseksual dengan pembelahan biner dan seksual dengan cara konjugasi.Habitat di perairan bersih dan perairan kotor .Contohnya: Euglena viridis (mempunyai klorofil). .Euglena sanguinea (memiliki pigmen fikoeritrin/merah). Flagellata mempunyai bentuk yang tetap. Fitoflagellata Flagellata yang mampu melakukan fotosintesis karena mempunyai kromatofora . beberapa hidup parasit pada hewan dan manusia.1. . Flagellata atau Mastigophora (Yunani.

Contohnya: Nama spesies dan penyakit yang ditimbulkan Tripanosoma levisi parasit pada darah tikus Tripanosoma cruci penyebab penyakit cagas (anemia anak) Tripanosoma evansi sakit surrah. Zooflagellata/dinoflagellata . rawa . Habitat banyak di tempat berair. palpalis) Tripanosoma rhodosiense sakit tidur. vektor lalat tsetse (G.Umumnya hidup sebagai parasit pada hewan dan manusia .nama lain hewan sandal . Mempunyai bentuk tubuh yang tetap dan tetap. Menangkap makanan dan untuk menerima rangsangan dari lingkungan.b.Tidak mempunyai klorofil. Ciliata adalah hewan yang berbulu getar. Beberapa contoh kelas ciliata: · Paramecium caudatum . dan oval. palpalis) Tripanosoma vaginalis keputihan pada vagina Leishmania donovani kalaazar Leishmania tropika penyakit kulit 2) Ciliata/Ciliophora/Infusuria Merupakan kelas terbesar dari protozoa. vector lalat tabanidae Tripanosoma brucei penyakit nagano pada ternak Tripanosoma gabiense sakit tidur. vektor lalat tsetse (G.Habitat di tempat berair.Mempunyai dua macam vakuola yaitu vakuola makanan berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan vakuola kontraktil berfungsi untuk mengeluarkan sisa makanan .Mempunyai dua macam nukleus yaitu mikronukleus untuk reproduksi dan makronukleus untuk membantu proses fisiologis yang lain . Silia berfungsi untuk bergerak. sawah. sehingga bersifat heterotrof .

Bentuknya seperti siput · Balantidium coli (habitat di kolon manusia) · Stentor sp (bentuk seperti terom · Vorticella sp (bentuk seperti lonceng. berbe ntuk oval mirip Paramecium sp · Stylonichia sp .Banyak ditemukan pada permukaan daun terendam air .Berkembangbiak dengan dua cara yaitu vegetatif dengan cara pembelahan biner dan generatif dengan cara konjugasi Nyctoterus ovalis (hidup diusus kecoa.cair . habitat di sawah-sawah) . sesil. sesil) ·Didinium sp (mangsa dari Paramecium sp) pet.

2)Tidak berklorofil estrogen bersifat heteroturof 3)Jamur bersel banyak (multi seluler) tubuhnya terdiri aras benang-benang yang yang disebut hifa. Kingdom fungi dibagi menjadi lima divisi yand berbeda dakam hal struktur hifa dan struktur penghasil spora.Divisi Zygomycota 2.Divisi Mycophycophyta . bersifat asam dan kurang cahaya matahari. 4)Hidup pada tempat yang lembab mengandung zat organik. Kelima divisi tersebut adalah : 1.Pengertian Jamur Jamur adalah makhluk hidup Eukariota bersel 1/ nulti seluler yang bersifat heterotrof dengan cara menyerap zat organic dari lingkungan.Divisi Ascomycota 3. Ciri-ciri & Struktur Jamur 1)Bersifat eukariotik.Divisi Basidionycota 4.JAMUR: A.Divisi Deuteromycota 5. dinding sel umumnya tetapi atas selulosa/zat kitin.

2.Struktur Tubuh Miseliumnya bercabang banyak dan hifanya tidak bersekat-sekat (bersifat senositik). a.Askus yang askokarpny berbentuk deperti mangkok disebut aposetium. Bentuk askus ada bermacam-macam. Ada yang hidup sebagai parasit.Ascomycotina Divisi ini bercirikn talus yang terdiri dari miselium bersepta. Miselium pada Rhizopus mempunyai tiga tife hifa. hifa yang membentuk jaringan pada permukaan substrat (misalnya roti).Klasifikasi Jamur 1. antara lain: a. Reproduksi seksualnya secara konjungsi.Cara reproduksi Zygomicetes dapat bereproduksi secara aseksual dan seksual. .B. Zygospora merupakan hasil peleburan menyeluruh antara dua gametangium yang sama atau berbeda. 3)Sporangiopor. Septa ditemukan hanya pada saat sel reproduksi terbentuk. d. c. hifa yang tumbuh tegak pada permukaan substrat dan memiliki sporangia globuler (berbentuk bulat) diujungnya. yang menimbulkan panyakit pada tumbuhan. 2)Rhizoid. b.Zigomycotina Kelas Zygomycetes Jamur ini dinamakan Zygomycetes karena membentuk spora istirahat yang berdinding tebal yang disebut zygospora. yaitu: 1)Stolon.Askus tanpa askokarp b. Reproduksi secara aseksual adalah dengan spora yang dihasilkan oleh sporangium. Reproduksi seksual membentuk askospora di dalam askus.Askus yang askokarpnya berbentuk bola tanpa ostiulum disebut kleistotesium.Askus yang askokarpnya berbentuk botol dengan leher dan memiliki ostiulum disebut peritesium. hifa yang menembus subtrat dan berfungsi sebagai jangkar untuk menyerap makanan.

hitam. daging yang sudah diolah. Reproduksi aseksual kedua jamur ini adalah dengan pembentukkan konnidium dalam rantai pada konidiofor. 2)Kelas Plectonycetes Kelas ini bercirikan adanya askokarp berbentuk bola yang disebut kleistotesium. seperti pada roti. Yang termasuk kelas Plectomycetes adalah Aspergillus dan Penicillium. penghasil flatoksin yang diduga sebagai penyebab penyakit kanker hati. Contoh anggota Hemiascomycetes adalah khamir Saccharomyces. 3)Aspergillus niger. juga disebut khanir raja yang berguna dalam pembuatan roti dan alcohol. tubuhnya terdiri dari sel bulat atau oval yang dapat bertunas sehingga terbentuk rantai sel atau hifa senu. Sedangkan reproduksi seksualnya dengan spora yang dibentuk dalam askus. . 4)Aspergillus oryzae. Askus-askus tersebut berkumpul dalam suatu badan yang disebut askokarp. Jenis-jenis Aspergillus antara lain: 1) Aspergillus fumigates. 3)Saccharomyces ellipsoideus. bersifat parasit yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan unggas 2)Aspergillus flavus. bekerja mengubah air nira(legen) menjadi tuak.Ada bermacam-macam askus tersebut digunakan sebagai dasar klasifikasi tingkat kelas. 2)tuac. tidak mempunyai hifa. 1)Kelas Hemiascomycetes Kelompok jamur ini tidak membentuk askokarp. parasit atau hipeparasit. untuk merombak zat pati dalam pembuatan minuman berakohol. mempermentasi buah anggur menjadi anggur manuman. kacang-kacangan dan lain-lain. kuning atau cokelat. Kelompok ini ada yang saprobe. Koloninya berwarna abuabu. butiran padi. khamir roti atau khamir bir. Beberapa jenis Saccharomyces antara lain: 1)Saccharomyces cerevisiae. Kapang ini benyak terdapat pada kacang tanah dan makanan yang terbuat darinya.Aspergillus Aspergillus hidup sebagai saproba pada bermacam-macam bahan organik. a. menghasilkan asam sitrat.

Tubuh buah seperti itu disebut peritesium. b. yang dapat berwarna cerah atau gelap. Divisi ini terdiri dari beberapa kelas. 3)Penecillium italicum dan P. maka disebut “Yellow rice” 3)Kelas Pyrenomycetes Ciri khas yang dimiliki adalah askokarp berbentuk khusus yang dilengkapi dengan ostiolum (lubang untuk melepas askus dan askospora). menyebabkan buah apel membusuk ditempat penyimpanan. misalnya sebgai berikut: 1)Penecillium notatum dan P. Ciriciri jamur ini antara lain: berdaging. Basidiomycotina Divisi ini sebagian besar makroskopis dan sering dijumpai ditanah dan di hutan. chrysogenum penghasil zat antibiotik (penisilin) yang ditemukan tahun 1929 oleh Alexander Fleming. 5)Penecillium islandicum merusak beras sehingga menjadi kuning. ordo Agaricales. 2)Penecillium cammemberti dan P. banyak terdapat pada bahan-bahan organik dan sebagai saprofit. saprobe. requefort dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas keju. 4)Penecillium axpansup. untuk pembuatan kecap. yang mencakup jamur-jamur berlamela atau memiliki keping lipatan. 6)Aspergillus soyae. Penicillium. tetapi pada beberapa . family Agaricaceae. tubuh buah seperti payung. parasit pada telinga menyebabkan outomikosis. spora seksualnya terbentuk pada basidium yang berbentuk ganda. Ujung konidiofornya tidak melebar melainkan bercabang-cabang tadi.Penicillium Kapang multiseluler ini mempunyai miselium bersekat-sekat. di antaranya ialah kelas Hymemomycetes. 3. Ciri utamanya ialah hifa septat dengan sambungan apit (clamp connection).5)Aspergillus nidulan. digitatum perusak buah jeruk masing-masing dinamai juga kapang biru dan kapang hijau.

Contoh klasik jamur ini di Indonesia dalah Monilia sitophila. Basidiomycotina. a. bentuknya seperti payung b. yaitu jamur oncom. jamur dami). sebagai parasit pada tanaman tingkat tinggi. Contoh: Jamur ektomikoriza yang bersimbiosis dengan tanaman pinus. Ektomikoriza Jamur ini tubuh buahnya seperti payung. misalnya Graphis. pendek bahkan tidak bertangkai. dan bersifat heterotrof dengan cara menyerap zat organik dari lingkungan. hifanya hanya menembus epidermis saja tidak sampai menembus korteks. 3.Fruktikos (seprti semak). Acomycotina. dan perusak tanaman budidaya dan tanaman hias. Jamur adalah makhluk hidup eukariota bersel satu atau multiseluleer.Folios (seperti daun). b.Deuteromycotina Divisi terakhir ini disebut juga fungi imperfecti karena belum diketahui adanya reproduksi seksual. bola/bulat. Jamur ini umumnya digunakan untuk pembuatan oncom dari bungkil kacang 5.MIKROZA Jamur yang hifanya bersimbiosis dengan akar suatu tanaman disebut mikroza.Krustos (Seperti kerak). juga sebagai indicator tingkat polusi.spesies tangkainya asimetris. C. 2. Contoh terkenal dari agaricaceae ini adalah Vovariella volvacea (jamur padi.Cara Hidup Jamur ini bersifat saprofit di banyak jenis materi organic.sebagai bahan pewarna dan penyamak. Jamur tersebut biasanya dari golongan Zygomycotina. Pada tanaman polong-polongan jamur ini dapat merangsang pertumbuhan bintil-bintil akar yang bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium. Basidiospora terdapat di permukaan lamella atau bilah yang terbentuk di bagian bawah tudungnya. simber litmus yang digunakan dalam laboratorium kimia. 4. Parmelia yang tumbuh pada bebatuan. walaupun pada dasarnya merupakan asosiasi simbiosis antara jamur mikobion dan ganggang fikobion. Manfaat liken: sebagai makanan hewan.Mycophyciphyta Liken atau lumut kerak biasanya dianggap sebagai kelompok khusus. hifa septat atau uniseluler. misalnya Usnea longgisima disebut janggut resi yang dapat mencapai beberapa meter panjangnya. Menurut bentuknya lumut kerak dapat dibagi menjadi 3 kelompok: 1. Ada dua tipe Mikroza yaitu ektomikoriza dan endomikoriza.Endokikoriza Jamur ini bersimbiosis pada akar yang hifanya menembus sampai pada sel-sel korteks.Cara reproduksi Reproduksi jamur ini secara aseksual dengan menghasilkan konidia atau menghasilkan hifa khusus disebut konidiofor. digunakan dalam industry parfum. Jamur ada yang bersifat menguntungkan dan . a. misalnya Umbellicaria. seperti coret-coret kecil yang panjang di pepohonan.

3. 14. 7.Askus : Penghasil Askospora pada jamur Ascomycetes 4.Askospora : Spora yang berada dalam askus.Basidium : Penghasil basidiospora pada jamur Basidiomycetes. 8.Zoospora : spora kembara. 10. Struktur bakteri Bakteri merupakan organisme yang paling banyak jumlahnya dan lebih tersebar luas dibandingkan mahluk hidup yang lain . Jamur yang belum diketahui reproduksi seksualnya dikelompokkan dalam divisi Deuteromycota. biasanya disebabkan karena penggabungan sel.Basidiospora : Spora yang berada dalam basidium. Basidiomycota seperti jamur kuping dan jamur merang dapat dimakan. 11.Saproba : Organisme yang hidup pada bahan-bahan mati / busuk. Perkembangbiakan. 13.Zigospora : Spora hasil persatuan dari dua hifa yang berlainan jenis (Zonjugasi).ada yang bersifat merugikan.Oospora : Sel telur yang telah dibuahi dan membentuk dinding tebal.Sel Dikariotik : Sel yang memiliki dua mukleus.Miselium : Kumpulan hifa jamur yang berfungsi menyerap bahan organik dari lingkungan tempat hidup jamur. 2. Daftar Istilah 1. Beberapa anggota Ascomycota seperti Penicillium menghasilkan antibiotika.Ciri ciri.Konidium : Tempat pembentukan konidia (spora aseksual) pada Ascomycetes 9. Bentuk dan Manfaatnya. 12. . Biasanya pada hifa. spora yang memiliki flagella BAKTERI: Bakteri .Haustoria : Hifa pada jamur parasit untuk penetrasi pada sel inang. 5.Askokarp : Tubuh buah yang berisi askus (kantung).Basidiokarp : Tubuh buah Basidiomycetestempat basidium berkumpul. 6.

Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan mahluk hidup yang lain.12 s/d ratusan mikron umumnya memiliki ukuran rata-rata 1 s/d 5 mikron. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri) Meliputi: dinding sel. Prokariot (tidak memiliki membran inti sel ) 3. Yang hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas. Struktur dasar sel bakteri struktur-bakteri1 Struktur dasar bakteri : 1. DNA. Bakteri ada yang menguntungkan tetapi ada pula yang merugikan. fimbria. Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu) Meliputi kapsul. flagelum. sitoplasma. dan granula penyimpanan 2. Dinding sel tersusun dari peptidoglikan yaitu gabungan protein dan polisakarida (ketebalan . Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam 6.Bakteri memiliki ratusan ribu spesies yang hidup di darat hingga lautan dan pada tempat-tempat yang ekstrim. klorosom. Umumnya tidak memiliki klorofil 4. Bakteri adalah organisme uniselluler dan prokariot serta umumnya tidak memiliki klorofil dan berukuran renik (mikroskopis). Ciri-ciri Bakteri Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannnya dengan mahluk hidup lain yaitu : 1. pilus. membran plasma. 5.kawah atau gambut dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan 8. ribosom. Yang hidupnya kosmopolit diberbagai lingkungan dinding selnya mengandung peptidoglikan Struktur Bakteri Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu: 1. Memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 0. Organisme multiselluler 2. Vakuola gas dan endospora. Hidup bebas atau parasit 7.

. Fimbria adalah struktur sejenis pilus tetapi lebih pendek daripada pilus. Klorosom adalah struktur yang berada tepat dibawah membran plasma dan mengandung pigmen klorofil dan pigmen lainnya untuk proses fotosintesis. Membran plasma adalah membran yang menyelubungi sitoplasma tersusun atas lapisan fosfolipid dan protein. Granula penyimpanan.peptidoglikan membagi bakteri menjadi bakteri gram positif bila peptidoglikannya tebal dan bakteri gram negatif bila peptidoglikannya tipis). karena bakteri menyimpan cadangan makanan yang dibutuhkan. Ribosom adalah organel yang tersebar dalam sitoplasma. 4. Sitoplasma adalah cairan sel. 3. Klorosom hanya terdapat pada bakteri yang melakukan fotosintesis. Flagelum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. 5. pilus mirip dengan flagelum tetapi lebih pendek. Kapsul dan lapisan lendir tersusun atas polisakarida dan air. 4. Pilus dan fimbria adalah struktur berbentuk seperti rambut halus yang menonjol dari dinding sel. kaku dan berdiameter lebih kecil dan tersusun dari protein dan hanya terdapat pada bakteri gram negatif. Kapsul atau lapisan lendir adalah lapisan di luar dinding sel pada jenis bakteri tertentu. tersusun atas protein dan RNA. 3. 2. bila lapisannya tebal disebut kapsul dan bila lapisannya tipis disebut lapisan lendir. granula Struktur tambahan bakteri : 1. 2.

Diplokokus yaitu dua sel bakteri kokus berdempetan c. 6. Bakteri Kokus : kokus a. batang (basil). f. dan ribosom. Tetrakokus yaitu empat sel bakteri kokus berdempetan berbentuk segi empat. materi genetik. Stapilokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan seperti buah anggur 2. Vakuola gas terdapat pada bakteri yang hidup di air dan berfotosintesis. Monokokus yaitu berupa sel bakteri kokus tunggal b. Jika kondisi lingkungan menguntungkan endospora akan tumbuh menjadi sel bakteri baru. Dinding endospora yang tebal tersusun atas protein dan menyebabkan endospora tahan terhadap kekeringan.dan spiral (spirilia) serta terdapat bentuk antara kokus dan basil yang disebut kokobasil. Streptokokus yaitu lebih dari empat sel bakteri kokus berdempetan membentuk rantai. Bakteri Basil : . d. Endospora mengandung sedikit sitoplasma. Bentuk Bakteri Bentuk dasar bakteri terdiri atas bentuk bulat (kokus). Sarkina yaitu delapan sel bakteri kokus berdempetan membentuk kubus e. Endospora adalah bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri gram positif dan terbentuk didalam sel bakteri jika kondisi tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri.5. Berbagai macam bentuk bakteri : 1. suhu tinggi dan zat kimia. radiasi cahaya.

Diplobasil yaitu berupa dua sel bakteri basil berdempetan c. Spiroseta yaitu bentuk sel seperti sekrup . Bakteri Spirilia : spirilia a. Spiral yaitu bentuk sel bergelombang b. Streptobasil yaitu beberapa sel bakteri basil berdempetan membentuk rantai 3.basil a. Monobasil yaitu berupa sel bakteri basil tunggal b.

Amfitrik : bila banyak flagellum dikedua ujung 4. Cara Perkembangbiakan bakteri: Bakteri umumnya melakukan reproduksi atau berkembang biak secara aseksual (vegetatif = tak kawin) dengan membelah diri.c. Zat kimia Hal tersebut diatas bervariasi menurut spesies bakterinya. Lofotrik : bila banyak flagellum disatu sisi 3. Sumber nutrisi 5. Pertukaran materi genetik disebut rekombinasi genetik atau rekombinasi DNA. Flagellum memiliki jumlah yang berbeda-beda pada bakteri dan letak yang berbeda-beda pula yaitu 1. Peritrik : bila tersebar diseluruh permukaan sel bakteri Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Bakteri Pertumbuhan pada bakteri mempunyai arti perbanyakan sel dan peningkatan ukuran populasi. Suhu 2. Monotrik : bila hanya berjumlah satu 2. Pembelahan sel pada bakteri adalah pembelahan biner yaitu setiap sel membelah menjadi dua. Zat-zat sisa metabolisme 6. . Derajat keasaman atau pH 3. Reproduksi bakteri secara seksual yaitu dengan pertukaran materi genetik dengan bakteri lainnya. Vibrio yaitu bentuk sel seperti tanda baca koma Alat Gerak Bakteri Alat gerak pada bakteri berupa flagellum atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Transformasi adalah pemindahan sedikit materi genetik. Rekombinasi genetik dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu: 1. Konsentrasi garam 4. Faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri atau kondisi untuk pertumbuhan optimum adalah : 1. Flagellum memungkinkan bakteri bergerak menuju kondisi lingkungan yang menguntungkan dan menghindar dari lingkungan yang merugikan bagi kehidupannya. bahkan satu gen saja dari satu sel bakteri ke sel bakteri yang lainnya.

Umumnya terjadi pada bakteri gram negatif. .transformasi 2. Konjugasi adalah pemindahan materi genetik berupa plasmid secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan. Transduksi adalah pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lainnnya dengan perantaraan organisme yang lain yaitu bakteriofage (virus bakteri). transduksi 3.

Pembusukan makanan contohnya Clostridium botulinum 2. Contohnya methanobacterium 8. Penghasil antibiotik contohnya adalah Bacillus polymyxa (penghasil antibiotik polimiksin B untuk pengobatan infeksi bakteri gram negatif. Clostridium tetani (penyebab . 6. Bacillus subtilis penghasil antibioti untuk pengobatan infeksi bakteri gram positif. Pembuatan makanan dan minuman hasil fermentasi contohnya Acetobacter pada pembuatan asam cuka. Berperan dalam siklus nitrogen sebagai bakteri pengikat nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan dan Azotobacter chlorococcum. misalnya enzim. 2. Lactobacillus bulgaricus pada pembuatan yoghurt. Bakteri yang merugikan sebagai berikut : 1. Penelitian rekayasa genetika dalam berbagai bidang. Penyubur tanah contohnya Nitrosococcus dan Nitrosomonas yang berperan dalam proses nitrifikasi menghasilkan ion nitrat yang dibutuhkan tanaman.sebagai contoh dalam bidang kedokteran dihasilkan obat-obatan dan produk kimia bermanfaat yang disintesis oleh bakteri.Streptomyces griseus penghasil antibiotik streptomisin untuk pengobatan bakteri gram negatif termasuk bakteri penyebab TBC dan Streptomyces rimosus penghasil antibiotik terasiklin untuk berbagai bakteri. Vibrio cholerae ( penyebab kolera atau muntaber ). Pembuatan zat kimia misalnya aseton dan butanol oleh Clostridium acetobutylicum 7. 3. Bakteri yang menguntungkan adalah sebagai berikut : 1. Penyebab penyakit pada manusia contohnya Mycobacterium tuberculosis ( penyebab penyakit TBC ). Pembusukan (penguraian sisa-sisa mahluk hidup contohnya Escherichia colie). Berperan dalam proses pembusukan sampah dan kotoran hewan sehinggga menghasilkan energi alternatif metana berupa biogas. Acetobacter xylinum pada pembuatan nata de coco dan Lactobacillus casei pada pembuatan keju yoghurt.konjugasi Peranan Bakteri Dalam kehidupan manusia bakteri mempunyai peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan. vitamin dan hormon. 5. 4.

Penyebab penyakit pada hewan contohnya Bacilluc antrachis (penyebab penyakit antraks pada sapi ) 4. terung dan tembakau) serta Agrobacterium tumafaciens (penyebab tumor pada tumbuhan) .penyakit tetanus ) dan Mycobacterium leprae (penyebab penyakit lepra ) 3. lombok. Penyebab penyakit pada tanaman budidaya contohnya Pseudomonas solanacearum (penyebab penyakit pada tanaman tomat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->