P. 1
Sistem Integument.ppt

Sistem Integument.ppt

|Views: 187|Likes:
Published by Siti Yayah

More info:

Published by: Siti Yayah on Dec 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2015

pdf

text

original

Sistem Integument

By.Zeti Harriyati

Sistem Integument

Terdiri dari :

 Kulit
 Derivat

dari Kulit :- Kulit -Rambut - Kelenjar, termasuk disini kelenjer sebasea dan kelenjar keringat, payudara, gigi

Fungsi Kulit

Fungsi Kulit

Kulit  Kulit terdiri dari 2 lapisan yang berasal dari 2 lapisan germinal yang berbeda. ( ektoderm dan Mesoderm) .

jaringan epitel permukaan yang berasal dari ektoderm permukaan Dermis . disusun oleh connective tissue yang tidak beraturan.Kulit  Epidermis. lapisan dalam yang lebih padat. berasal dari mesoderm  .

.

terjadi pertumbuhan epidermis dengan berbagai tingkatan.Kulit (Embriologi) Epidermis  Selama Trimester 1 dan 2.  peningkatan ketebalan dari epidermal .

 Sel ini kemudian berproliferasi dan membentuk epitel squamosa = periderm.Epidermis Primordia dari epidermis adalah sel ektoderm permukaan. dan lapisan basal germinativum  Ektoderm embrio mula-mula terdiri dari sel kuboid selapis---minggu ke5. membentuk lapisan dibagian luar dengan sel lebih tipis dan diameter lebih besar dari sebelumnya (epitel squamosa)---Periderm  .

.

Minggu ke-4 1. Ectoderm 2. Mesenchyme .

Minggu ke-7 1. Mesenchyme . Periderm 2. Basal layer 3.

.

menghasilkan sel baru selanjutnya membentuk lapisan permukaan. sel-sel yang berasal dari stratum germinativum membentuk lapisan intermediet .Epidermis  Lapisan basal germinal dari epidermis membentuk stratum germinativum.  Pada minggu ke -11.

Formation of the skin . Intermediate layer 4. Periderm 2. Basal layer 3. Migrating melanoblast 5.11th week 1. Mesenchyme .

Epidermis .

dan selanjutnya digantikan oleh sel yang berasal dari lapisan basal germinal .Epidermis  Periderm terus menerus mengalami keratinosit dan desquamosa.

Perkembangan Epidermis .

 Sel-sel periderm biasanya dibuang selama trmester kedua masa janin dan dapat ditemukan dalam cairan amnion. .

yang terbentuk stratum corneum.  Pola garis ini :  -Pemeriksaan FingerPrint pada kasus kriminal  -Genetika kedokteran  . Terjadi penggantian sel periderm sampai kira-kira minggu 21. Proliferasi dari sel stratum germinativum juga membentuk epidermal ridge (garis epidermis) yang berkembang sampai kedermis. setelah itu periderm tidak didapatkan lagi.

Dermis  Dermis berkembang dari mesenkim yang berasal dari mesoderm .

Stratum Compactum (lapisan retikuler/tebal. letaknya lebih kedalam lapisan papilaris).tdd: -.Serat kolagen tersususn dalam berkas yang kasar yang saling bersilangan satu sama lain .Reseptor. Meisner dll .kapiler darah dan limfe .Dermis B.

Rambut  Rambut .

mulai berkembang pada awal periode fetus ( minggu 9-12) tapi belum mudah dikenali sampai minggu ke -20 Folikel rambut mulai proliferasi pada stratum germinativum pada epidermis dan meluas kedalam laisan dermis  Rambut pertama dikenali sebagai rambut lanugo  .Rambut  Rambut.

Pembentukan rambut .

Kelenjar keringat Terletak sepanjang tubuh dan berasal dari pertumbuhan kebawah dari epidermis sampai dasar mesenkim (dermis)  .

.

.

Kelenjer minyak .

.

 Pada mudigah 7 minggu garis ini terbentang dikiri-kana tubuh dari pangkal lengan samapai tungkai bawah.  Penebalan epidermis yang menyerupai pita. garis atau rigi susu.Kelenjar payudara.  .

tunastunas epitel ini berongga membentuk ductus lactiferus. tunas induknya membentuk saluransaluran kecil dan alveoli kelenjer susu.Menjelang akhir masa kehidupan pralahir.  Setelah lahir. lubang ini berubah menjadi putting susu karena mesenkim dibawahnya berproliferasi  .  Ductus lactiferus pada mulanya bermuara kesebuah lubang epitel kecil.

Pembentukan kelenjar payudara .

Penyakit kulit Genetik  Penyakit kulit Genetik .

Iktiosis  Iktiosis .

.

Keratosis piliaris  Keratosis piliaris .

 Selamat belajar .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->