KOMPONEN EKOSISTEM DAN SALING HUBUNGAN ANTAR KOMPONEN

Satuan makhluk hidup dalam ekosistem dapat berupa individu, populasi, atau komunitas. Individu adalah makhluk tunggal. Contohnya: seekor kelinci,seekor serigala, atau individu yang lainnya. Sejumlah individu sejenis (satu species) pada tempat tertentu akan membentuk Populasi. Contoh : dipadang rumput hidup sekelompok kelinci dan sekelompok srigala. Jumlah anggota populasi dapat mengalami perubahan karena kelahiran, kematian, dan migrasi ( emigrasi dan imigrasi). Sedangkan komunitas yaitu seluruh populasi makhluk hidup yang hidup di suatu daerah tertentu dan diantara satu sama lain saling berinteraksi. Contoh: di suatu padang rumput terjadi saling interaksi antar populasi rumput, populasi kelinci dan populasi serigala. Setiap individu, populasi dan komunitas menempati tempat hidup tertentu yang disebut habitat. Komunitas dengan seluruh faktor abiotiknya membentuk suatu ekosistem. Suatu komunitas di suatu daerah yang mencakup daerah luas disebut bioma. Contoh: bioma padang rumput, bioma gurun, dan bioma hutan tropis. Semua bagian bumi dan atmosfer yang dapat dihuni makhluk hidup disebut biosfer.

Macam-macam Ekosistem Berdasarkan proses terjadinya, ekosistem dibedakan atas dua macam :

laut Ekosistem Buatan. Antara faktor biotik dan abiotik selalu mengadakan interaksi. udara. maupun faktor-faktor yang ada di sekitar makhluk hidup. atau jazad renik yang bersifat saprofit. yaitu ekosistem yang terjadi karena buatan manusia. Komponen Ekosistem Komponen Biotik.Ekosistem Alami. dan iklim Saling ketergantungan antara biotik dan abiotik Ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik Contoh: Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. hal inilah yang merupakan salah satu penyebab perubahan. Contoh: kelinci Pengurai Yaitu makhluk hidup yang menguraikan zat-zat yang terkandung di dalam sampah dan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Komponen Abiotik. tetapi selalu mengalami perubahan. Berdasarkan fungsinya komponen biotik dibedakan atas : Produsen Merupakan makhluk hidup yang mampu makanannya sendiri. cahaya. Perubahan suatu ekosistem dapat disebabkan oleh proses alamiah atau karena campur tangan manusia. gurun. (mengubah zat organik menjadi zat anorganik). Contoh : kolam. yaitu semua makhluk hidup yang berada dalam suatu ekosistem. . kebun Ekosistem tidak akan tetap selamanya. kelembaban. air. sehingga untuk kebutuhan energinya tergantung pada produsen baik secara langsung maupun tidak langsung. tanah . Contoh: bakteri. angin. misalnya. Contoh : padang rumput. yaitu ekosistem yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. yaitu semua benda tak hidup misalnya. suhu. sawah. jamur. waduk. Contoh : tumbuhan hijau menghasilkan Konsumen Merupakan makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri.

• Srigala memakan kelinci untuk bertahan hidup • Kelinci memakan tumbuhan Saling ketergantungan antara produsen. makin ke puncak semakin kecil. sehingga membentuk Piramida makanan. konsumen.Tumbuhan hijau memerlukan cahaya untuk berfotosintesis. Pola Interkasi Organisme Hubungan antara species di dalam komunitas dapat bermacam-macam sifatnya: . hal ini terjadi bila terdapat dua konsumen yang memperebutkan jenis makanan yang sama. Pada prinsipnya dalam peristiwa ini terjadi perpindahan energi (transformasi energi) matahari (kinetik) menjadi energi kimia (dalam tubuh makhluk hidup) dan siklus materi. dan pengurai terlihat dari proses makan dan dimakan diantara mereka. Saling ketergantungan sesama komponen biotik. Piramida makanan dapat memiliki satu puncak atau dua punyak. Dilihat dari jumlah massa penyusun rantai makanan tersebut. Ketergantungan komponen abiotik terhadap komponen biotik • Cacing tanah menggemburkan tanah • Tumbuhan untuk menahan erosi • Tumbuhan hijau untuk mengurangi pencemaran udara.

Contoh : Penicillium notatum menghambat pertumbuhan bakteri . Protokooperatif Hubungan saling menguntungkan antara dua populasi namun bukan merupakan keharusan. Contoh: harimau dengan rusa atau elang dengan ular Simbiosis Kehidupan bersama dua jenis makhluk hidup yang berbeda a.Netral Bila antara populasi tidak saling mempengaruhi Contoh: populasi burung gelatik dengan populasi walang sangit Kompetisi Bila antara populasi terjadi persaingan untuk memperebutkan makanan dan wilayah tempat perburuan. Parasitisme Bila salah satu populasi merugikan populasi yang lain Contoh : Cacing pita yang berada dalam perut manusia atau benalu dengan pohon jambu b. Contoh : Kupu-kupu dengan bunga atau jalak dengan kerbau e. Antibiosis Yaitu hubungan dua jenis makhluk hidup yg berbeda. Komensalisme Bila salah satu populasi untung tetapi lainya tidak dirugikan ataupun diuntungkan. Contoh: populasi singa dengan populasi harimau Predasi Hubungan antara predator dan mangsanya. salah satu menghambat pertumbuhan yang lain. Contoh: ikan hiu dengan ikan remora Anggrek dengan pohon jambu c. Mutualisme Bila populasi satu dengan populasi lain saling menguntungkan Contoh : jamur dengan ganggang membentuk lumut kerak Bakteri Rhizobium dengan akar tumbuhan polongpolongan d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful