P. 1
Pondasi

Pondasi

|Views: 465|Likes:
Published by Nanang Santosa

More info:

Published by: Nanang Santosa on Dec 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

Pondasi : SISTEM CAKAR AYAM Lahir di Ancol

Peranan pondasi turut menentukan usia dan ke stabilan suatu konstruksi bangunannya. Dalam dekade terakhir ini sistem pondasi telah berkembang dengan bermacam variasi. Tapi hanya sedikit yang menampil kan sistem pondasi untuk mengatasi masalah membangun konstruksi di atas tanah lembek. Sistem pondasi yang konvensional, cenderung hanya di sesuaikan dengan besarnya beban yang harus didukung, tapi kurang mempertimbangkan kondisi tanah lembek. Akibatnya, bangunan itu mengalami penyusutan usia atau ketidakstabilan, seperti penurunan, condong, bahkan roboh. Hal itu tentu merugikan pemilik dan kontraktor bersangkutan. Perlakuan yang seimbang antara beban dan kondisi tanah lembek perlu dipecahkan. Problema ini pernah dihadapi oleh Prof Dr Ir Sedijatmo tahun 1961, ketika sebagai pejabat PLN harus mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol Jakarta. Dengan susah payah, 2 menara berhasil didirikan dengan sistem pondasi konvensional, sedangkan sisa yang 5 lagi masih terbengkelai. Menara ini untuk menyalurkan listrik dan pusat tenaga listrik di Tanjung Priok ke Gelanggang Olah Raga Senayan dimana akan diselenggarakan pesta olah raga Asian Games 1962.

Karena waktunya sangat mendesak, sedangkan sistem pondasi konvensional sangat sukar diterapkan di rawa-rawa tersebut, maka dicarilah sistem baru untuk mengatasi masalah itu. Lahirlah ide Ir Sedijatmo untuk mendirikan menara di atas pondasi yang terdiri dari plat beton yang didukung oleh pipa-pipa beton di bawahnya. Pipa dan plat itu melekat secara monolit (bersatu), dan mencengkeram tanah lembek secara meyakinkan. Oleh Sedijatmo, hasil temuannya itu diberi nama sistem pondasi cakar ayam. Perhitungan yang dipakai saat itu (1961), masih kasar dengan dimensi 2,5 kali lebih besar dibanding dengan sistem pondasi cakar ayam yang diterapkan sekarang. Meski begitu, ternyata biayanya lebih murah dan waktunya lebih cepat daripada menggunakan tiang pancang biasa. Menara tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya, dan tetap kokoh berdiri di daerah Ancol yang sekarang sudah menjadi ka wasan industri. Dasar pemikiran. Pondasi cakar ayam terdiri dan plat beton bertulang dengan ketebalan 10-15 cm, tergantung dari jenis konstruksi dan keadaan tanah di bawahnya. Di bawah plat beton dibuat sumuran pipa-pipa dengan jarak sumbu antara 2-3 m. Diameter pipa 1,20 m, tebal 8 cm, dan panjangnya tergantung dari beban di atas plat serta kondisi tanahnya. Untuk pipa dipakai tulangan tunggal, sedangkan untuk plat dipakai tulangan ganda. “Sistem pondasi ini bisa diterapkan pada tanah lunak maupun tanah keras. Tapi menurut pengalaman, lebih ekonomis bila diterapkan atas tanah yang berdaya dukung 1,5 sampai 4 ton per meter persegi. Dasar pemikiran Iahirnya pondasi cakar ayam ialah memanfaatkan tekanan tanah pasif, yang pada sistem pondasi lain tak pernah dihiraukan. Plat beton yang tipis itu akan mengambang di permukaan tanah, sedangkan kekakuan plat ini dipertahankan oleh pipa-pipa yang tetap berdiri

di bagian bawah kolom dibuatkan suatu telapak beton. pondasi cakar ayam tidak hanya cocok untuk mendirikan gedung. sistem cakar ayam biayanya akan sama dengan pondasi tiang pancang 12 meter. Misalnya sebagai pondasi menara. Pada sistem pondasi lain. tapi juga untuk membuat jalan dan landasan. . dan konstruksinya bisa lebih ekonomis. untuk mengurangi tegangan geser pada plat beton. Paten Sistem pondàsi cakar ayam sangat sederhana. Bagi daerah yang bertanah lembek.akibat tekanan tanah pasif. Jika beban itu terpusat. sistem cakar ayam dapat menghemat biaya sampai 30%. untuk ini dilakukan penambahan pertebalan plat beton dibawah kolom bersangkutan. Seluruh sumuran beton dicetak dengan cetakan biasa di lokasi proyek. makin besar biayanya. dan ratusan bangunan gedung bertingkat di berbagai kota. hingga cocok sekali diterapkan di daerah dimana peralatan modern dan tenaga ahli sukar didapat. maka tebal plat beton di bawah pusat beban ditentukan oleh besarnya daya geser. pabrik pupuk di Surabaya. dapat dikerjakan dalam jumlah banyak secara bersamaan. volume beton pada cakar ayam akan berkurang. sistern ini dapat menggantikan pondasi tiang pancang. kolam renang dan tribune di Samarinda. Satu keuntungan lagi. Makin panjang tiang pancang yang dipakai. Dengan demikian maka plat dan konstruksi di atasnya tidak mudah bengkok. antara runway dan taxi way serta apron di Bandara Sukarno-Hatta Jakarta. Telapak beton Telapak beton. Apalagi jika alat pemancangan dan tenaga ahli harus didatangkan dari tempat lain. tanpa harus bergiliran. Dengan kemampuan yang sama. Banyak bangunan yang telah menggunakan sistem yang di ciptakan oleh Prof Sedijatmo ini. pada pondasi cakar ayam sangat baik untuk beban yang merata. Untuk gedung berlantai 3-4 misalnya. Pelaksanaan sistem ini dapat dilakukan secara simultan. bukan oleh besarnya momen. Sampai batas-batas tertentu. Sedangkan pada sistem pondasi cakar ayam. yang menggunakan plat beton dengan balok pengaku. Sistem pondasi ini mampu mendukung beban 500-600 ton per kolom. jalan akses Pluit-Cengkareng. sesuai dengan standar. Dalam hal ini. maka kekakuan itu berasal dan konstruksinya sendiri. kekakuan didapat dari tekanan tanah pasif. hangar pesawat terbang dengan bentangan 64 m di Jakarta dan Surabaya. ini berarti dengan daya dukung yang sama. Karena itu sistem ini sangat menghemat waktu. antara lain: ratusan menara PLN tegangan tinggi. sistem ini tidak memerlukan sistem drainasi dan sambungan kembang susut.

Dalam kondisi alam. Kanada. sehingga tanah tidak mudah terpengaruhi dengan iklim dan kondisi lingkungan sekitar. yaitu jenis tanah seperti apa yang akan menjadi tempat berdirinya bangunan. dan uji beban pelat.  Pondasi pada Tanah Pasir Permasalahan yang sering terjadi pada perletakan pondasi diatas tanah pasir adalah penurunan yang tidak seragam. Belgia. Karena setiap jenis tanah memiliki daya dukung yang berbeda. Pertama. Inggris. sehingga penurunan yang terjadi pun semakin beragam. Prancis. maka kan terjadi penurunan yang besar. pertimbangan yang dilakukan dalam perhitungan merancang pondasi ditinjau berdasarkan jenis tanah. Jerman Timur. perencana harus menghitung jumlah beban efektif bangunan yang akan diterima pondasi yang kemudian diteruskan kedalam tanah. Sehingga jika dijadikan sebagai tempat perletakan pondasi. yaitu: Indonesia. Karena tanah jenis ini sangat sulit dipadatkan. Amerika Serikat. Dan yang terakhir. Namun kondisi tanah dan biaya yang tersedia juga mempengaruhi struktur pondasi. dan Denmark.Sistem pondasi cakar ayam ini telah pula dikenal di banyak negara. uji kerucut statis. Untuk mengatasi masalah tersebut. dan menentukan luas pondasi yang digunakan. Jenis pondasi yang dipilih biasanya ditentukan oleh berat bangunan berdasarkan pelimpahan beban. Belanda. tanah jenis lanau ditemukan dalam kondisi longgar dan kurang padat. Th. . Jerman Barat.1987 Secara umum perancangan pondasi dilakukan dengan beberapa langkah penting. [Teknologi. Untuk itu perlu dilakukan berbagai tes atau pengujian tanah seperti uji Soil Penetration Test (SPT). Pada tanah jenis ini disarankan menggunakan pondasi yang dalam. Permasalahan yang paling menonjol dalam pemilihan jenis pondasi adalah kondisi tanah. bahkan telah mendapat pengakuan paten internasional di 11 negara. karena jenis tanah ini akan mengakibatkan penurunan terlalu besar.6. Jan-Feb. Kedua adalah menentukan kapasitas daya dukung izin.  Pondasi pada Tanah Organik Tanah organik sangat tidak disarankan untuk dijadikan tempat perletakan pondasi. Italia. berdasarkan data yang diperoleh diatas maka dapat dilakukan perancangan struktural dengan menghitung momen lentur dan gaya geser yang terjadi pada pondasi.  Pondasi Pada Tanah Lanau Tanah lanau merupakan jenis tanah yang terdapat diperalihan antara pasir dan lempung. No.I.  Pondasi Pada Tanah Lempung Pada tanah lempung perangcangan pondasi agak sulit dilakukan karena jenis tanah ini menyatu dengan air hingga tanah dengan mudah menjadi jenuh air.

Umumnya terjadi karena balok terpapar sinar matahari dan hujan. Oleh Juliana Fisaini. Tentu dengan kualitas rendah maka umur bangunan itu sendiri ikut rendah. ada beberapa tip untuk menutupi pengeluaran yang besar dengan peningkatan kekuatan struktur bangunan. Dan jika akan digunakan tanah timbunanharus dipadatkan terlebih dahulu. Balok Beton Retak Retak struktur pada balok memiliki pola vertikal atau diagonal. Untuk mengatasi masalah dengan kualitas rendah. Karena akan membahayakan bangunan. Selain itu keretakan balok dapat disebabkan proses pengerjaan yang kurang sempurna. stabliltas bangunan harus diperhitungkan. Keretakan balok beton dapat dikategorikan menjadi retak struktur yang terdiri dari retak lentur yang memiliki pola vertikal/tegak biasanya disebabkan oleh beban yang melebihi kemampuan balok dan retak geser yang memiliki pola diagonal/miring biasa terjadi setelah adanya retak lentur yang memiliki pola vertikal. Retak geser juga dapat terjadi jika balok terkena gaya gempa. sering kali disebabkan oleh kesalahan manusia (human error). . selain itu terdapat juga pola retak-retak rambut. Namun pada batuan berkapur dan memiliki lubang-lubang. Retak-retak kecil atau retak rambut. banyak disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Kerusakan pada bangunan struktur. Tanah timbunan yang akan dijadikan dasar pondasi harus diperiksa terlebih dahulu kapasitas dukungnya. baik dari segi manusia maupun material. Selain manusia. kebutuhan akan dana/uang sangat memegang peranan penting dalam memenuhi akan kualitas bangunan yang bermutu karena dengan dana yang minim tentu akan memilih material yang kualitas minim pula/kualitas rendah. mahasiswi Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala Tip Mengatasi Masalah Pada Bangunan Oleh gussuta | 43 Komentar | 0 Tautan | Dibaca: 51104 kali. Pondasi pada Tanah Timbunan Tanah timbunan merupakan tanah yang diangkut dari daerah lain ke lokasi pembangunan. 1. hal ini karena manusia/pekerja ini sebagian besar kualitasnya masih jauh dibawah rata-rata dibandingkan dengan perkembangan teknologi bahan itu sendiri.  Pondasi pada Batu Sebenarnya pondasi pada batu tak perlu dikhawatirkan karena sifat batu yang keras dipastikan mampu menahan beban bangunan dengan baik.

Hal ini diakibatkan kurangnya jumlah dan atau kurangnya ukuran besi pengikat (sengkang). kemudian dilakukan pembesaran dimensi balok dengan perkuatan eksternal. Untuk balok beton yang di bawahnya terdapat dinding. 2. retak-retak rambut sudah bisa dideteksi. 3 Alternatif solusi : 1. karena bisa menyebakan kolom roboh dan tidak mampu menopang bangunan. maka diperlukan pelebaran ukuran kolom. namun cukup mengganggu pemandangan. Retak-retak kecil ini banyak disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Fungsi kolom ini adalah untuk menopang balok dan membantu menyalurkan beban ke bawah/pondasi. cukup dilakukan penambahan dengan plesteran agar tulangan besi tidak berhubungan dengan udara luar yang dapat menyebabkan karat. . Jika setelah di analisa kolom kurang kuat. Untuk retak-retak kecil. Pelebaran ini dilakukan untuk memperkuat kolom sehingga mampu menahan beban di atasnya. dapat disebakan oleh rendahnya kualitas/mutu beton yang digunakan. sedang dan membahayakan bila tidak segera ditangani. Apa saja yang menyebabkan kolom retak ? Retak geser Retak dengan pola diagonal/miring pada kolom biasanya disebut retak geser. Retak geser seperti ini cukup membahayakan bila tidak segera di tangani. Retak rambut dengan pola tidak beraturan Saat usia bangunan masih muda. yang disebakan oleh gaya pada arah horisontal/datar. pertamatama diberi injeksi epoxy pada retakan. Tujuannya agar tulangan besi tidak berhubungan langsung dengan udara luar yang dapat menyebabkan karat. Untuk retak diagonal dan retak horisontal perlu dilakukan pemeriksaan kekuatan kolom. yaitu perubahan suhu panas dan dingin yang drastis. Untuk balok beton yang di bawahnya tidak memungkinkan diberi kolom tambahan. cukup dilakukan penambalan dengan plesteran. Selimut beton terkelupas Selimut beton pada kolom terkelupas.3 Alternatif solusi : 1. Untuk retakan kecil. setelah selesai terpapar hujan terus menerus. retak lentur perlu ditangani dengan cermat. disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada kolom. 2. Kontrol terhadap tahapan pembangunan sangat diperlukan untuk mencegah penurunan kualitas beton. 2. Seperti halnya retak geser. Tulangan bengkok Kerusakan pada kolom dimana tulangan besi utama terlihat bengkok. dapat dibuat kolom/tiang kecil tambahan disekitar retakan. 3. apabila kolom masih cukup kuat cukup dilakukan grouting dengan cairan epoxy pada daerah tekan. 3. kerusakan yang sifatnya tidak membahayakan. Sekalipun retak rambut tidak membahayakan. sehingga kekuatan beton terhadap tekanan berkurang dan selimut beton mudah pecah. Kolom Retak Keretakan pada kolom bisa dikategorikan menjadi tiga jenis. Retak lentur Retak dengan pola horisontal/datar biasanya disebut retak lentur. Misalnya rumah dibangun pada musim panas. Secara kasat mata terlihat kolom sedikit bengkok.

gempa bumi. K-250 dst). Tujuannya untuk membagi beban yang berlebih. tidak sesuai dengan beban bangunan di atasnya. 2. 2 Alternatif Solusi : 1. Ini dapat juga mengakibatkan sobeknya waterstop (karet penahan air tanah). 2. Pondasi Batu Kali Turun Penyebab : 1. Ukuran pondasi kurang besar. 5. Dinding/Lantai Retak Keretakan pada dinding banyak disebabkan oleh kurangnya kualitas beton dinding basement. sehingga terjadi keretakan pada dinding dan lantai basement. Posisi/letak pondasi berada dalam sudut longsor tanah. 3 Alternatif Solusi : 1. Buat kolom/tiang berbentuk segitiga untuk menahan kemiringan pagar. Untuk waterstop yang sobek harus diganti dengan yang baru. Adanya pergerakan tanah di bawah lantai basement. luruskan pagar yang miring dengan penambahan perkuatan sementara. Ukuran tiang disesuaikan dengan beban dinding yang ditopang. 4 Alternatif Solusi : 1. Lapisan tanah di bawah pondasi kurang padat/kurang keras sehingga tidak mampu menopang beban di atasnya. Tentu saja akan membahayakan bila dinding roboh dan menimpa lingkungan di sekitarnya atau orang yang melintas. dinding pagar tembok terkena beban angin/dorongan yang besar. Adanya perubahan karateristik tanah di sekitar pondasi pagar yang mengakibatkan daya dukung tanah berkurang. Kedua. 4. Buat pondasi dan sloof di belakang pagar sebagai tempat dudukan kolom/tiang penopang. akibatnya dinding miring. Buat pondasi baru yang berada dekat dengan pondasi yang turun. 3. Untuk rumahrumah yang dibangun secara massal kerusakan semacam ini banyak ditemui. 2. 3. Keretakan pada lantai akibat gaya uplift yang melebihi kapasitas lantai basement. berupa penopang kayu/besi pada dinding pagar. 4. . Tanah mengalami perubahan karakteristik akibat kejadian alam seperti banjir. Padatkan permukaan tanah di bawah pondasi yang baru dengan cara manual atau dengan bantuan mesin stamper sehingga daya dukung tanah meningkat. K-175. 2.3. Dinding Pagar Miring Sering kita jumpai dinding pagar tembok yang miring atau hampir roboh. Kualitas beton dinyatakan dengan satuan K (contoh : K-125. sehingga memperlemah pondasi. Gali tanah di sekitar pondasi. selanjutnya suntikkan/grouting pada daerah retakan. Apa saja penyebab dinding pagar tembok roboh ? Pertama letak pondasi kurang dalam sehingga tidak mampu menahan beban dinding pagar di atasnya. Siapkan cairan kimia khusus yang sifatnya mengikat dan cepat kering (epoxy).

3. Pecahnya keramik lantai bisa disebabkan oleh beton di bawahnya. 4. Keramik Pecah. 3. Akibatnya lantai keramik yang menempel di atasnya turut retak/pecah.com/pertimbangan-perancangan-pondasi-berdasarkan-jenis-tanah http://zoengenep. Lantai beton yang terkena beban yang melebihi kapasitasnya akan retak/pecah.anyaman besi beton. Adanya gempa menyebabkan lantai beton terkena gaya geser sehingga mengalami pergerakan. Tutup kembali permukaan lantai beton yang sudah diperbaiki dengan keramik http://www.com/fungsi-pondasi/ . Kesalahan teknis dalam pengerjaan lantai beton.com/teknik/tip-mengatasi-masalah-pada-bangunan.gussuta. Buat tiang di atas pondasi baru untuk menghentikan penurunan. 6. perancah/bekisting dilepas sebelum beton cukup keras. Akibat Lantai Beton Retak Penyebab : 1. Perbaiki ketinggian balok dan dinding yang rusak akibat penurunan pondasi. 2. Misalnya komposisi campuran semen. Lepaskan lantai keramik yang pecah dan kikis retakan pada lantai beton. misalnya kekeliruan pada susunan. 4. Beri cairan kimia khusus untuk menutup retakan. 3 Alternatif Solusi : 1. Gerakan ini juga dapat menyebabkan lantai keramik di atasnya retak/pecah.wordpress. posisi sambungan coran beton.3. pasir dan air yang tidak sesuai atau menggunakan air yang kotor dapat menyebabkan lantai beton retak. 2.html http://www.ilmusipil. Penggunaan kualitas beton yang tidak memenuhi syarat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->