Pilihlah satu jawaban yang paling tepat ! 1.

Pengertian atau konsep geografi menurut pendapat I Made Sandy adalah… a. Uraian tentang bumi dengan segenap isinya, manusia, binatang dan tumbuh - tumbuhan b. Ilmu yag mempelajari persamaan dan perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi c. Ilmu yang menggambarkan tentang bumi beserta isinya d. Ilmu yang menceritakan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk e. Ilmu yang memepelajari apa yang tampak di muka bumi baik kehidupan dan gejala - gejala 2. Bebagai aspek fisik dan aspekmanusia dalam relasi ruang suatu wilayah yang meliputi variasi penyebaran dalam ruang dipelari dalam… a. Geografi fisik d. Geografi reggional b. Geografi manusia e. Geografi teknik c. Gegrafi alam 3. Letak suatu daerah berdasarkan kenyataan di bumi disebut letak… a. Astronomis d. Sosial ekonomi b. Geologis e. Kebudayaan c. Geografis 4. Pengaruh letak lintang terhadap wilayah Indonesia adalah… a. Suhu rata – rata berkisar 200 b. Banyak angin topan c. Banyak terjadi pelapukan di Indonesia d. Perbedaan suhu siang – malam kecil e. Curah hujan merata dari barat ke timur 5. Ilmu yang mempelajari tentang tubuh bumi… a. Geomorfologi d. Oceanografi b. Fitogeografi e. Geologi c. Kartografi 6. Yag termasuk Sahul plate adalah laut… a. Flores d. Jawa b. Sulawesi e. Arafuru c. Maluku 7. Kelemahan penggunaan proyeksi silinder dalam peta adalah… a. Dapat memetakanseluruh permukaan bumi b. Garis lintang dan bujur saling tegak lurus c. Daerah dekat kutub tergambar sangat lebar d. Daerah sekitar ekuator hampir tidak terjadi distorsi e. Mudah dalam penggambarannya 8. Barisfer merupakan bagian bumi yang juga disebut dengan….. a. Inti buni d. Kerak bumi b. Payung bumi e. Zona transisi c. Selimut bumi 9. Sebuah peta diperbesar 4 kali, bila skala semula 1: 200.000, maka skala peta setelah diperbesar

rapi dan sesuai aslinya 17. Rona permukaan air dan teksturnya jelas sekali . Memberi informasi tentang tipe tanah.000 d. 1 : 600. Tempat – tempat pertemuan pada umunya menyudut lancip ke arah hilir b. Penyediaan alat d. Pemilihan prosedur b. Pada peta berwarna. Garis kontur d. 1 : 800. Korografi c. a. Warna kuning 13. Warna putih bergaris hitam c. 1 : 400. Skala peta apabila diubah kedalam skala angka menjadi… a. Kerapatan kontur c. 1 : 50. Mengetahui strukturgeologi c. Beda kontur b. Kontur interval e. bisa dibaca dan rapi e. bagus dan equidistance c. Conform.000 e. Agar peta dapat berfungsi dengan baik.000 d.000 11. daerah berawa – rawa disimbolkan sebagai… a. Analisis kualitas tanah suatu daerah 15.000 10. arah sungai dikenal dengan…. Pengnalan data dan identifikasi c. Garis – garis pada peta yang menggambarkan ketinggian permukaan buni dinamakan… a. Conform. Jelas. Oseanografi 14. a. Pemilihan tim pelaksana 16.000 b. 1 : 2. 1 : 200. Metode yang digunakan dalam pengindraan jauh meliputi… a. Warna coklat muda b.yaitu… a. 1 : 20. Peta menggambarkan struktur batuan dan sifat – sifat yang dapat mempengaruhi bentukpermukaan tanah disebut peta… a. Mudah dipahami. Jarak kontur 12. 1 : 400. equivalent dan equidistance d.000 e.000 b.000 c. Geodesi e. Warna hijau bergaris hitam d. Conform. analisis dan eqiuvalent b. Memberikan klasifikasi tentatif dari bentang alam b. Geomorfologi d.berubah menjadi…. vegetasi dan bentang geomorfologi d.000 c. Dalam pengenalan bentangan alam. Geologi b. ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi dengan baik. Warna hijau muda e. 1 : 100. Interpretasi relief atau morfologi adalah langkah untuk… a. 1 : 600. Menyiapkan satelit e. Analisis kualitas topografi e.

Lapisan sial c. Berdasarkan kondisi airnya. semakin jelas penunjukan arah hilir e. Analisis stereoskopik d. Sungai hujan e. Lapisan selesium 23. Stratus 25. Cumulus d. a. Beberapa manfaat dari peristiwa vulkanik bagi makhluh hidup. Obyek wisata gunung bromo e. a. Lapisan ozon pada atmosfer terdapat pada lapisan… a. Analisis monoskopik b. Terjadinya hujan lebat . Altostratus c. Eksosfer c. Cara pengelolaan tanah d. Lapisan sphera e. Kenutungan dengan menggunakan data gambar tiga dimensi adalah… a. Cirrus e. Mata pengamat tidak serta merta melihat medan yang sesungguhnya c. Stratosfer e. Nimbus b. Awal musim tanam e. Termosfer 24. Kawah gunung bromo d. Sungai mata air 19.c. Terlihat roa belang – belang menunjukkan pohon sepanjang alur 18. Analisis electronic digitizer c. Sungai permanen d. Danau Toba c. Analisis stetoskopik e. Pengaruh curah hujan dibidang pertanian erat kaitannya dengan… a. Batas yang teratur d. Lapisan mohorovicic d. Bengawan solo termasuk dalam jenis sungai…. Semakin jauh. kecuali…. Kelestarian tanah c. Sungai Episodik b. Tanah yang subur b. Dapat mengukur volume 22. Mesosfer b. a. troposfer d. Lapisan sima b. Menyajikan model medan yang tidak jelas b. Interpretasi citra dapat dilakukan dengan cara… a. Relatif lebih jelas karena adanya perbesaran horizontal d. Lapisan litosfer yang berada di dasar lautan disebut sebagai…. Analisis monokromatis 20. Awan bergumpul – gumpul yang terbentuk akibat udara naik dinamakan… a. Sumber air Mari baya 21. Terjadinya angin kencang b. Sungai periodik c. Memungkinkan pengukuran beda tinggi yang dapat dimanfaatkan e.

Gempa laut 27. Laut ingresi d. Erosi d. Hutan produksi e. Hutan hujan tropis c. Gurun b. Yang dimaksud dengan pemanasan udara secara turbulensi adalah… a. Laut dalam c. Cagar alam b. Atmosfer bumi b. Udara maksimum kutub menuju khatulistiwa 28. kemudian diisi udara lapisan atas d. Sering mengeluarkan asap tebal b. Laut transgresi e. Sabana 31. Hutan hujan ekuatorial 30. Peristiwa gempa yang mengakibatkan tsunami di aceh dan sumatra Utara adalah gempa…. Ynag termasuk dalam biochore adalah… a. Gempa vulkanik e. Seismograf e. Laut agregasi c. Mangrove e. Abrasi e. Terdengar suara gemuruh c. timur Sumatra. Udara yang bergerak secara horizontal karena perbedaan tekanan b. Deflasi b.26. Termograf d. Laut degradasi b. Anemometer c. Pantai karang 29. Alat untuk mencatat gempa adalah… a. Hutan mangrove c. Laut dalam yang terjadi karena penurunan dasar laut disebut sebagai… a. Gempa dangkal b. Hutan bakau d. Laut regresi 34. Pemberian panas oleh benda yang lebih panas kepada benda yang kurang panas. Eksalasi . Hutan hujan tropis d. Gempa tektonik d. Terjadinya migrsi binatang pada gunung tersebut 33. Gejala post vulkanik pada gunung berapi antara lain… a. dan Papua adalah… a. Pelapukan yang terjadi didaerah pantai yang disebabkan oleh air laut disebut… a. Pegunungan karang e. Udara yang bergerak secara tidak teratur karean terhalang e. Tumbuhan disekitar gunung layu/mati d. Terdapat sumber gas e. Hujan yang banyak ditemui didaerah utara Jawa. Sabana d. Udara bawah panas dan renggang. Altimeter b. Tanaman yang menghasilkan getah banyak tumbuh di… a. a. Gempa dislokasi c. sehingga panas keduanya sama c. Bossograf 32.

Pleistoseista c. Suhu tinggi. Ciri berkurangnya kesuburan tanah akibat sheet erotion. Berdasarkan tenaga yang mengangkut. Yang dimaksud tanah podzolik adalah tanah yang……. aeris c. Continental shelf b. Manusia 40. Tumbuhan. Letusan gunung berapi d. Homoseista 36. Mengandung kwarsa. hewan dan angin e. Pegunungan sirkum pasifik yang membentang di Amerika Selatan disebut dengan Pegunungan… a. angin dan panas matahari c. Kawah gunung apitergenang air e. kecuali……. hewan dan panas matahari d. Tanah padas c. Pelapukan organik adalah pelapukan yang disebabkan oleh… a. Bahan induk yang mengandung organik dengan sistem air jelek b. hewan dan manusia b. Bahan organik yang mengalami pelapukan d. Makroseisme e. Tanah pasir 42. Mikroseisme b. Aquatis e. Denudasi 35. Ambang laut d. Tanah abu vulkanis b. Tanah laterit d. Sierra Nevada c. a. Arakan Yoma b. Marine b. Cordeleras de Los Andes d.c. Endapan bahan yang diangkut oleh air baik batuan maupu organik e. Landas benua. . Continental slop 38. pengaruh suhu rendah. Rocky mountain 37. Tumbauhan. curah hujan tinggi c. Aelis d. Danau tektonik terjadi karena a. Tanah yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan beku dan tidak berstruktur termasuk kedalam jenis… a. Kamchatka e. tenaga air sebagi penggerak disebut juga dengan sedimen… a. a. bagian laut yang paling tepi yang mengakibatkan menurunya laut secara perlahan adalah bagian relief dasar laut yang disebut sebagai…. Garis khayal dalam peta yang menghubungkan daerah yang mengalami gempa yang sama disebut… a. Glasial 39. Lubuk laut e. Air. Patahan di dalam batuan b. Continental trog c. Sebuah slenk tergenang air c. Tanah podzolik e. Lembah sungai terbendung larva 43. hujan banyak mengandung kwarsa 41. Isoseista d. Air.

Sumber artesis b. Air yang mengalir di permukaan berwarna keruh b. Aquatis e. Zona neritis d. Arus panas .dingin d. Bentuk DAS tidak menyempit dan panjang c. Mempermudah irigasi d. Tanah yang kurus harus dipupuk. Cara menghitung air hujan yang jatuh ke DAS dengan cara Thiessen dilakukan apabila… a. Menjaga agar tiidak mudah tererosi c. Lapisan atas terkikis d.a. Marine b. Berdasarkan tenaga yang mengangkut maka tenaga air sebagai penggerak disebut juga dengan sedimen… a.panas e. Memberi bahan makanan pada tumbuhan e. Debit air yang naik secara drastis c. Bentuk DAS menyempit dan memanjang e. Zona litoral e. Arus panas – dingin . Wilayah kapiler c. Zona absyal b. Siklus hidrologi e. Arus dingin – dingin .panas . Air di bumi memiliki jumlah yang tetap karena adanya… a. Banyak sampah ynag tertimbun dan menghambat aliran air b. tujuan pemupukan adalah… a. Glasial 49. Semua benar 47. Aelis d. Arus panas . Daerah laut yang kaya ikan dan tumbuhan laut adalah….dingin b. Perputaran bumi d. Proses sedimentasi di lembah – lembah sungai e. Menurut suhunya. Laut tengah c. Bentuk DAS memanjang dan meluas d.. Bentuk DAS tidak memanjang dan sempit b. Mengurangi penguapan tanah b. Yang dapat membuat sungai meluap dan banjir adalah… a. Proses kondensasi 46. a. Aeris c. Arus dingin . Mengurangi bahaya banjir 50. arus laut dibedakan menjadi………. Bentuk DAS tidak beraturan 48. Tidak ditemukan cacing e. Erosi didaerah aliran sungai d. Zona bathyal 45. Warna tanah lebih pucat 44. Bercak – bercak dipermukaan tanah c.panas c. a.

Agar tanah tidak tererosi b. Tanah kelas 1 d. Tanah dengan kemiringan 150 sampai 300 cocok untuk tanaman semusim. Tanah kelas 4 b. Echobion c. Dari bahan induk organik yang mengalami pelapukan 52. Beberapa usaha untuk mengurangi erosi tanah. pematang e. Strenghten d. Pengukuran kedalaman laut dengan menggunakan gema duga disebut juga… a. Agar minerla dalam tanah dapat diperbanyak 56. Alga merah e. Reboisasi d. merupakan ciri dari…. Agar tanaman dapat tumbuh dnegan baik e. Echoton e. Compress c. Tanah padas d. Dari endapan bahan yang diangkut oleh air. a. dan curah hujan tinggi c. Laut yang terjadi akibat tergenangnya suatu dataran rendah karena es mencair di daerah kutub disebut… . Echocyte b. Lumpur merah d. Tanah kapur e. Plankton merah 57. Mengandung kuarsa. Bhan induk yang mengandung organik denagn sistem air jelek d. Permukaan air laut yang licin c. Agar tanah tidak kehilangan salah satu unsur haranya d. Tanah alluvial c. Tanah laterit b. Terbentuk karena tenaga alam. Tanah yang miring dibuat lahan perkebunan c. a. pengaruh suhu rendah. Warna air laut merah di laut tangah terjadi karena…. Draadlouding 58. Tanah kelas 2 e.51. Membuat parit. Sistem terasering dibuat dengan tujuan… a. Tanah yang berasal dari batuan yang menagndung kuarsa yaitu… a. Pengukuran kedalaman laut dngna batu duga diistilahkan denagn… a. Tanah kelas 3 53. Echolouding d. Menanam palawija 54. memerlukan teras dan pergiliran dengan tanaman penutup tanah dalam penanaman. Trandgresi e. Tanah podzolik 55. Cahaya matahari b. hujan banyak dan tanaman yang jelek b. Agar kesuburan tanah tetap terjaga c. kecuali… a. Rehabilitasi b. suhu tinggi. Ingresi b. baik batuan maupun oranismenya e. Echonometh 59. Tanah kelas 5 c. Yang dimaksud tanah padzolik adalah tanah yang… a.

Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang … a. National park c. sangat diperlukan pelindung pada lapisan…. Sumber daya manusia d. Dibawah ini yang termask peta tematik. Bnetuk /relief muka bumi e. Peta buta b. Resolusi platform b. Ekosistem d. Kemampuan sensor untuk menyajika gambar objek terkecil disebut…. Silisium alumunium b. a. Peakaian teknologi b. Barisfer e. Peta kepadatan penduduk d. Faktor utama terjadinya krisis lingkungan adalah… a. Meningkatnya jumlah macam kebutuhan hidup d. Peta korografi e. Laut tegresi d. Peta ikhtisar 67. Resolusi citra 65. Echocyte b. Komunitas 61. Echobion c. Sumber daya hayati e. a. Habitat e. Chalcosfer 64. Sumber daya alam c. Diperindah d. Ledakan penduduk e. Persebaran flora dan fauna c. Sumber daya nabati b. Laut trasgresi 60. Litosfer d. Resolusi parsial d.a. Sebagai pelindung bumi dari penyelusupan magma ke permukaan bumi. Silisium magnesium c. Terseleksi c. Diperjelas e. jenis – jenis tanah d. Sumber daya hewani 63. Istilah yang tepat untuk jenis sumber daya yang berasal dari tumbuhan adalah… a. Peta topografi adalah peta yang menggambarkan… a. Pola persebaran pemukiman . Diperluas b.yaitu… a. Resolusi artikal e. Cagara alam b. Laut ingresi e. Kumpulan tumbuhan. Meningkatnya gas – gas rumah kaca c. Terdapt lubang dilapisan ozon 62. Persebaran SDA b. Diperkecil 66. Peta topografi c. Resolusi spasial c. hewan atau manusia yang menempati satu aerah tertentu disebut… a.

Doldrum b. Contoh sensor alami yang digunakan untuk mengamati obyek adalah… a. Mata c. Equator Isotherm b.68. Equator thermis c. Skala adalah… a. Daerah tenang khatulistiwa disebut juga…. Grafik d. Kamera 73. Perbandinagn jarak di peta dengan jarak sebenarnya dilapangan c. Equator Thermatis . Penggambaran dua dimensi c. Daerah gradien tekanan e. Skala inci 72. Banyaknya radiasi sinar yang menerima suatu objek d. Garis 70. Gambar yang dibuat berdasarkan data lapangan pengguna 74. a. Equator isobar e. Jarak yang sama pada peta e. Garis yang menghubungkan titik – titik yang mempunyai suhu tahunan tertinggi pada garis – garis meridian yang secara kebetulan terbentang disekitar equator disebut….. Luas e. Kualitas gambar yang dihasilkan oleh suatu pengindraan c. Equator doldrum d. kecuali……… a. Radar d. Penggambaran sungai. Lintang kuda c. Gambaran yang dihasilkan berdasarkan kebutuhan pengguna e. Bidang front d. Perbandingan antara peta yang satu dengan peta yang lain b. Gambaran objek yang dihasilkan oleh pantulan sinar yang difokuskan oleh suatu lensa b. Jarak dari satu kota denagn kota lain 71. Antena e. Skala yang menggunakan garis lurus kemudian dibagi sama panjang dan dicantumkan jarak sesungguhnya dilapangan disebut skala… a. Daerah equator thermis 75. Skala mil b. Ukuran b. Skala angka c. Area e. a. dot c. Titik d. Penampakan di bumi secara vertikal 69. Perbandinagn jarak satu kota dengan kota lain d. Poligon b. Pengertian citra yang tepat dari pernyataan dibawah ini adalah… a. Radiometer b. Bentuk d. garis ketinggian dan jalan pada peta yaitu dnegan menggunakan simbol… a. Beberapa persamaan peta dan media citra. Skala pecahan e.

hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Gempa menurut penyebabnya meliputi… a. Udara jenuh mengalami penurunan suhu minimum c. kecuali…. Proses kondensasi akan terjadi apabila……. Gempa tektonik. Eflata d.. Siput kebun 82. Lahar dingin c. Tumbuhan c. Cuaca kerap berubah e. Tinggi permukaan tanah d. Gempa vulkanik. gempa vulkanik dan gempa linier c.76. Kecepatan angin bertiup berbanding lurus dengan gradien barometriknya. yang berupa zat padat disebut… a. Udara jenuh mengalami pengurangan uap air b. Hukum F Vine d. Jarak lintang dari khatulistiwa c. Rusa putih b. Pemanasan global d. Effusi e. Gorila e. Variasi tekanan udara pada permukaan buni bervariasi. a. Eksalasi 81. Gempa tektonik. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya jenis hewan dikedua tempat. Penyebaran suhu udara karna pergesaran letak matahari b. Besar kecilnya gradien barometrik e. a. Udara jennuh mengalami kenaikan suhu d. a. Hukum Stevenson e. Materi vulkanik saat terjadi letusan gunung berapi. Banyak sedikitnya hujan 79. Relief permukaan bumi b. Kelembapan udara 80. yaitu…. a. a. gempa dalam dan gempa jauh . Lahar panas b. gempa terban dan gempa dangkal d. gempa tektonik dan gemap reruntuhan/terban b. Kadal raksasa d. Hukum Alfred Wagener b. adalah bunyi hukum…. Hukum Eduard Suess 77. Penyebaran lautan 78. Penyebaran daratan e. gempa trban dan gempa lokal e. semakin besar gradien barometriknya maka semakin besar pula kecepatannya. Gempa lokal. Hukum D Mathews c. Gempa vulkanik. Amerika utara dan eropa barat pernah bersatu. kecuali…. Faktor – faktor yang mempengaruhi kecepatan angin. Ikan piranha c.

Pontianak. Hujan batu es 5. Eksplorasi minyak d. Termasuk tanah kelas 1 apabiila mempunyai ciri – ciri sbb… a. Industri tekstil e. a. Bidang peredaran bumi. Lam . Bonjol.lam b. Pontianak. Bidang peredaran bumi dalam satu tahun b. Bonjol. a. Tambulai. Jayapura e. Bidang peredaran bumi dalam mengelilingi matahari c. Bonjol. 1. Guruapin. Hujan zenit 6. a. Bonjol. Lam . Ancaman terhadap erosi kecil c.lam c. Responsif terhadap permukaan e. 3. Tambulai. Macam – macam hujan : 1. Gelomabg sekunder c. Argon b. 5 dan 6 b. Garis lintang 0 0 melewati kota… a. Lerengnya miring dan bergelombang d.5 – 14 km perdetik disebut… a. bulan dan matahari d. Balik papan Guruapin d. Sawah terasering b. Semaranng. 1. 3 dan 4 89. Guruapin. Gelombang pasang e.83. Gelombang longitudinal b. 2 dan 3 e. 1. Hujan buatan Berdasarkan macam – macam hujan tersebut yang termasuk jenios hujan berdasarkan terjadinya adlaah nomor…. Gas penyusun atmosfer bumi dalam jumlah besar adalah…. Usaha pemanfaatan lahan di dataran pantai adalah… a. Gelombang permukaan d. Gelombang tranversal 84. Hujan front 4. Bidang peredaran bumi mengelilingi bulan 88.. Bidang peredaran matahari mengelilingi bumi e. Oksigen . Hujan salju 3. Terletak pada topografi hampir datar b. Kapasitas menahan air baik 85. 2 dan 4 d. Banjarmasin 87. Pontianaak. Pontianak. Bonjol. 5 dan 6 c. Tambak udang 86. Ekliptika adalah…. Gelombang gempa yang dirambatkan dari hiposentrum ke segala arah (episentrum) dengan kecepatan 7. Sawah irigasi c. Hujan gerimis 2. Samarida. 4.

Ekstensifikasi d. 1. Asimilasi . Danau tapal kuda d. Transpirasi e. Maka kedalaman lautnya adalah…. Laut Flores e. 2..c. kina dan kopi 91. Tebu. Selisih waktu yang dipancarkan dan diterima pada sebuah echosounder ( alat pengukur kedaaman laut ) selama 3 detik. Menempatkan pegawai sesuai dengan keahliannya (the right man in the right place ) adalah salah satu contoh cara peningkatan hasil produksi dengan cara… a. 1. yaitu…. Evaporasi d. Danau Laut tawar 92. Laut Banda b.250 meter 95.. Laut Sulawesi c. Laut Timor 94. Danau kawah Gunung kelud b. the dan sayuran d. a. a.. Helium 90. Intensifikasi c.750 meter d.000 meter c. 1. Adanya panas sinar matahari ke bumi menyebabkan air di danau mengalami penguapan yang disebut… a. Padi. Tanaman budidaya yang cocok tumbuh didataran rendah adalah. Jagung. Teh. Presipitasi b. Laut – laut dibawah ini yang termasuk laut transgresi.500 meter e. Kondensasi c. a. kina dan sayuran e. Padi. Laut Arafuru d. a. the dan kina c. Waduk jati luhur c. Efisiensi b. Danau Tempe e. 2. Ekstradisi 93. Diversifikasi e. karbondioksida e. Nitrogen d. jagung dan tebu b.250 meter b. yaitu…. Danau dibawah ini yang termasuk danau tektonik.

E 21. C 17. E . Eksplorasi minyak lepas pantai e. C 5. Sebagai sarana transportasi ( kapal layar ) 98. yaitu…. yaitu…. C 15. A 23. Budidaya kerang mutiara b. A 14. B 24. Penangkapan ikan oleh nelayan 99. Arus tepi KUNCI JAWABAN 1. Usaha dibawah ini termasuk pemanfaatan sumber daya laut nonhayati. Bididaya tambak udang d. Terjadi erosi menyamping e. A 6. A 20. a. Gerak air laut yang menyerupai sungai yang sangat lebar serta memiliki peredaran tetap dan teratur disebut…. Arus lintas e. D 28. C 4. a. A 30. a. A 13. Diversifikasi e. Arus bawah c. Terdapat dataran banjir 97. Aliran / arus air deras c. A 9. Penampung sungai berbentuk U d. a. Usaha pemanfaatan tambak pada pantai Landai e. Penyebaran berbagai jenis tumbuhan ( kelapa ) b.96. B 11. A 18. B 26. Pengaruh arus laut terhadap perikanan. A 12. Ekstensifikasi c. Arus laut b. C 27. C 16. Arus atas d. Pernyataan dibawah ini merupakan ciri sungai bagian hulu. a. yaitu…. A 25. Intensifikasi d. Musim dingin di Eropa barat tidak begitu dingin c. C 8. Terjadinya meander sungai b. D 10. D 3. Ekstradisi 100. E 29. A 19. Efisiensi b. Budidaya rumput laut c. disebut dengan…. C 7. Pengaruh terhadap populasi ikan ( misalnya diperairan Jepang ) d. B 2. Peningkatan jumlah hasil produksi yang dilakukan dengan cara menambah kemampuan berproduksi dari factor – factor produksi yang telah ada. D 22.

D 99. C 98. D 92. C 82. E 64. C 86. A . B 63.31. B 97. B 41. A 83. D 96. A 95. C 61. B 49. A 37. A 56. B 57. A 59. A 75. D 44. E 54. B 65. C 62. B 76. D 77. B 46. B 32. C 55. A 72. B 68. B 87. B 52. A 81. C 66. E 79. A 85. D 84. D 33. A 74. E 73. A 34. A 48. A 51. B 100. B 88. B 80. A 67. B 89. D 50. B 71. B 39. C 58. C 94. C 60. C 70. A 91. B 35. A 40. C 42. E 43. C 78. E 47. A 45. D 53. B 93. D 38. E 69. E 36. C 90.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful