6.

AKUNTABEL
Hanya Kebenaran yang Terdengar Seperti Kebenaran

Kata kebenaran penuh artinya. Semua orang memiliki konsep sendiri akan arti kata tersebut. Pengalaman manusia membentuk sudut pandang yang berbeda-beda. Mengatakan kebenaran memiliki artian tidak mengatakan kebohongan. Mengatakan kebenaran juga bisa berbentuk opini, bahkan bila ada risiko dalam melakukannya. Lalu ada juga yang saya nilai sebagai kebenaran yang paling murni: kebenaran diri sendiri. Inti kebenaran diri sendiri adalah mengetahui siapa diri anda, kenapa anda berada di sini, dan konsisten dalam penerapannya. Bagi saya kebenaran mirip dengan akuntabilitas. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan para pemimpin adalah

menyembunyikan kebenaran dan menghindari akuntabilitas atas orangnya sendiri. Bahkan saat tidak ada komunikasi secara resmi. Kebutuhan informasi tidak akan pergi begitu saja. Sesuatu akan mengisi kekosongan itu. Akan selalu ada kerumunan orang dilorong. Percakapan pribadi di belakang pintu kantor yang tertutup, atau hujan e-mail yang tidak akan bermanfaat bagi perusahaan. Tidak ada jalan untuk menghindarinya. Hanya kebenaran yang terdengar seperti kebenaran. Selain itu, orang selalu lebih pintar daripada anggapan organisasi: mereka selalu bisa mencium bangkai ikan sebelum manajemen bisa menciumnya. Bahkan saat tidak diungkapkan dengan jelas, pelanggan anda mengetahui kebenarannya, orang-orang dalam organisasi anda akan mengetahui kebenarannya, dan para pemasok dan rekan bisnis juga mengetahui kebenaran itu.

Penggunaan Bahasa itu Penting Hal terbaik yang bisa anda lakukan untuk bisa berkomunikasi dengan jelas dan jujur adalah mengungkapkan apa adanya. Saat berbicara, pastikan tidak menyimpang dari apa yang terjadi. Hal ini sulit dilakukan dalam dunia bisnis yang telah dipenuhi dengan berbagai jargon. Kata-kata seperti merek, karyawan, aset dan pengaruh hanyalah kata abstrak yang hampa. Bahasalah yang memegang peranan penting. Tetapi bila anda tidak memilih bahasa

Kebohongan yang meruntuhkan fondasi organisasi dan membuatnya sia-sia. kita mulai melakukan kompromi. Dan jangan janjikan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin anda berikan. bila anda melakukannya dengan jujur dan tulus serta tetap berusaha untuk menjadi diri sendiri. Tetapi saat kita menghadapi konflik dalam sistem. Kita berhenti mengungkapkan apa yang sesungguhnya terjadi. kita telah melanggar rasa percaya seribu kali dalam bentuk yang kecil. menjadi agen perubahan di dalam organisasi. Pastikan bahwa apa yang telah anda katakan akan merefleksikan apa yang ada dalam pikiran anda dan siapa diri anda sebenarnya. Bahkan bila anda belum memikirkan bahasa sebagai cara untuk membentuk budaya dan identitas untuk organisasi anda. masih mungkin untuk memulainya kapan saja. atau malah yang lebih buruk ketimbang bodoh. Berbagai pilihan kecil bisa menghantarkan anda menuju kehancuran atau lebih buruk lagi masalah etika. Kita ingin mengungkapkan masalah yang sesungguhnya kepada atasan kita. hal itu akan terlihat seperti usaha perusahaan yang bodoh. tanpa menyuarakan keyakinan kita. Setengah Kebenaran Tentang Niat Baik Banyak orang memulainya dengan niat baik. Kita mungkin dengan sengaja mengaburkan atau menyamarkan apa sebenarnya yang ingin kita katakan dengan menggunakan jagon. karena kita pikir hal itu akan membuat kita terlihat baik atau membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Sedikit demi sedikit kita mulai melakukan kompromi yang seharusnya tidak kita lakukan. atau mungkin memilih untuk tidak memperbaiki asumsi orang lain yang salah. . Kita mungkin mengatakan setengah dari kebenaran kepada setengah orang disekeliling kita dan sebelmu menyadarinya. Pastikan niat anda dan apa yang anda lakukan itu konsisten.yang tepat merefleksikan niat dan menerapkan tindakan nyata dan otentik setelahnya. Rasa takut akan kebenaran selalu menang pada akhirnya. Kita akan mulai mengambil proyek yang tidak kita yakini. Kompromi dimulai dengan cara yang halus. Mengatakan yang sebenranya harus diawali dengan bersikap jujur kepada diri sendiri dan kemudian dengan orang lain. memenuhi kebutuhan orang-orang yang kita layani.

Saat anda mendefenisikan: mengatakan yang sebenarnya. kenyataan. Mungkin orang lain sepakat. rasa peduli yang tulus. apa yang kita pegang? Apa yang anda lakukan disini? Katakan apa yang mengganggu anda dan lakukan dengan cukup seiring. Namun. dan mendorong pemikiran mandiri. tetapi pertemuan juga bisa menjadi hidup dengan sendirinya. Kadang-kadang sebuah pemikiran atau solusi dilontarkan yang akan menyebabkan kelompok itu mengarah ke arah tertentu. Anda menjadi magnet atas kebenaran orang lain dan kadang-kadang juga menjadi kebohongan. Sekelompok orang cerdas dan berkomitmen tinggi duduk disekeliling meja konfrensi bisa menjadi hal yang sangat bagus. Seperti itu. Rasa Percaya = Kebenaran + Tanggung-jawab Berbagai keputusan bisnis yang paling penting dibuat berdasarkan konsensus. Kebenaran dan akuntabilitas adalah tujuan dan kepercayaan menjadi jembatan yang akan mengantarkan anda kesana. tanyakan pada diri sendiri. Dalam setiap pertemuan kelompok. mau mendengar. Dasar kepercayaan akan menciptakan budaya kebenaran dan akuntabilitas. Pertukaran yang Bertahan Lama Semakin besar sebuah perusahaan. dan semangat memiliki yang luar biasa untuk mengubah arah pembicaraan dan keputusan. Tetapi kombinasi dari kebenaran. Tetapi dinamika yang sama muncul juga saat berbicara dengan orang diluar perusahaan. anda akan melihat seberapa tinggi standar yang anda ciptakan. dari peretemuan tim sampai pertemuan departemen sampai pertemuan perusahaan secara luas. mungkin tidak. Menghindari kebenaran selalu membuat masalah lebih buruk lagi dan semua orang merugi. bahkan dalam situasi dimana anda tidak sepakat dengan arah yang dituju secara konsensus. Berusahalah membangun kepercayaan dengan karyawan dan anggota tim. akan lebih mudah untuk mengikuti arus dan tidak berbicara daripada menyuarakan opini anda.Tidak ada “kebenaran dalam menyembunyikan”. . konflik semakin sering terjadi. Saat hal itu terjadi. Tunjukkan bahwa anda peduli. pertemuan dari berbagai jenis macam pemikiran. lebih penting untuk angkat bicara. saat orang-orang mengelilingi anda dan kelompok itu mulai mengambil langkah yang tidak nyaman bagi anda.

itu adalah kesalahan anda. ini adalah tanggung jawabku. Kenyataannya adalah perusahaan tidak bersifat baik atau buruk. aku salah. anda berhutang pada diri sendiri untuk menilai situasi tersebut dan mengambil langkah untuk mengubahnya. Seberapa pun sulit hal itu. aku melakukan itu. Anda tahu bahwa anda mempercayai para pemimpin yang bekerja dengan anda setiap hari. Anda tahu bahwa kata-kata yang digunakan perusahaan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan para karyawannya. Miliki Hal itu Tidak ada hal yang lebih penting bagi saya dibandingkan pemikiran memiliki ha itu saat hal itu adalah kebenaran. Bila anda berada dalam sebuah lingkungan dimana kebenaran jarang terungkap dan rasa takut hampir selalu ada. hampir tidak mungkin anda memberikan hasil yang terbaik. atau hal lainnya. Bila anda tidak merasakan bahwa pekerjaan yang anda lakukan memang benar. Tujuannya bukan hanya mengambil tanggung jawab atas apa yang telah terjadi tetapi juga untuk menunjukkan pada orang lain bahwa anda bisa membuat kesalahan namun tetap melangkah maju. Pekerjakan Anda atau Topi Anda Jujur kepada diri sendiri adalah kebenaran yang paling penting.Saat beberapa individu atau sekelompok individu ingi mempertanyakan perusahaan karena kekhawatiran adanya kecurangan. Saat berbagai keputusan yang merugikan telah dibuat. Bila anda menginginkan organisasi yang menyuarakan kebenaran. Anda tahu di dalam diri anda bahwa anda meyakini misi perusahaan dan peranan yang harus dimainkan untuk mewujudkannya. Tidak peduli. maka lebih mudah menentang perusahaan secara keseluruhan. Orang-orangnyalah. Tetapi anda harus bersungguh-sungguh. sungguh penting mengambil tanggung jawab atas berbagai masalah begitu juga dengan kesuksesan. Anda juga bagian dari kelompok. anda sebaiknya berbicara benar kepada semua orang. tetapi penting untuk mengatakan. tidak adanya tanggung jawab. bukanlah kesalahan orang lain. seberapa besar kebencian atau rasa takut akan penolakan yang anda alami. Bila . aku memilikinya. Hal itu membutuhkan nilai-nilai yang ditanamkan ke dalam DNA perusahaan.

atau orang kami adalah aset terbesar kami. saat berpegang pada kebenaran sebagai penuntun. Untuk meraih kesuksesan. apa yang dilakukan lebuh penting dari janji-janjinya. Tidak peduli seberapa nyata rasa takut itu. Perusahaan Bisa Membuat Suara Bising dan Tidak Ada Orang yang Menuruni Tangga. anda memegang tanggung jawab. Dan seberapa besar tanggung-jawab anda. pikirkan tentang seberapa besar waktu yang anda habiskan mengkhawatirkan hantu yang mengejar anda.. Anda tidak bisa menjadi produktif. Sungguh mudah mengatakan pelanggan diutamakan. anda sudah memiliki cukup banyak kegelisahan dan kekhawatiran tanpa harus ditambah rasa takut yang menyusup ke dalam organisasi dan kelompok. Bila anda memimpin. anda akan menemukan solusi tepat dihadapan anda dan yakin bahwa berbagai kesempatan baru saja terjadi. semua orang dalam organisasi harus memahami dan memiliki komitmen itu. Lihatlah rasa takut dengan mata kebenaran dan lihat apa yang bisa anda lakukan untuk mematahkannya ata mengalahkannya. Lanjutan ntah dari mana la itu. semua yang mereka lakukan sebaiknya mencerminkan hal itu. Pemimpin Dibayar Untuk Tidak Tahu. Saat pemimpin suatu perusahaan mengatakan bahwa mereka melayani pelanggan. dan Bahkan Saat Mereka Tidak Tahu. atau kami peduli dengan lingkungan. ada sebuah suara bising yang besar mengatakan anda memiliki . Mereka Dibayar Untuk Tahu..anda selalu melihat ke belakang. Saat seorang pemimpin menghadapi tantangan besar. Sebagai manusia biasa.. Saat perusahaan membuat janji tentang siapa diri mereka dan apa yang mereka junjung tinggi.

anda telah memberikan komitmen kepada seluruh organisasi bukan hanya kepada atasan anda. anda harus menempatkan rasa perduli dan perhatian yang sama. Saat mempekerjakan orang . Bila ingin mendapatkan kesuksesan dalam organisasi. kita di bilang berhasil saat mampu mengembangkan pemimpin baru dan memberikan mereka dukungan dan sumber daya yang mereka perlukan sesuai dengan kebutuhannya. dengannya datang srmua kebutuhan manusia. ke dalam diri oran-orang yang anda pekerjakan seperti saat anda menerapkan strategi dan mencapai hasil dalam organisasi.kemampuan dan bisa melakukan apa yang harus dilakukan. Bila ingin mengembangkan organisasi. Seperti bagaimana anda harus terus-menerus belajar sebagai seorang pemimpin. mereka memberikan jabatan untukmu dan mereka membayarmu tetapi kau harus nasih banyak belajar. Para Pemimpin Lebih Bermanfaat Saat Mereka Bekerja dengan Bawahannya dan Juga Saat Membantu Bawahannya Untuk Maju. Saya yakin bila anda berkomitmen untuk melakukan sesuatu. anda harus terlebih dahulu mengembangkan orang-orang anda. Sebagai pemimpin. Bila ingin bertahan dan tumbuh sebagai perusahaan. anda seharusnya ingin mempekerjakan orang yang mau belajar. Sungguh mudah mempekerjakan orang tetapi lebih sulit mengembangkannya. Bila telah mengeluarkan semua yang anda miliki. tetapi juga berbagai kesalahan supaya mereka tetap berada di depan mata mu. Kita juga dibilang berhasil saat menolong orang memilih jalannya sendiri dan menemukan tempat dimana mereka bisa menemui kesuksesan. saya ingin mengambil orang yang busa mempelajari sesuatu dari orang yang memiliki keahlian dan kemampuan. Hei bodoh. bukan aset. Pengalaman dan keahlian adalah sesuatu yang yang penting dan harus dimiliki tetapi bila saya boleh memilih. bila seseorang telah memberikan usaha seoptimal . kita mempekerjakan orang bukan karena mereka adalah piala yang kita menangkan tetapi kita mempekerjakan mereka karena potensi yang mereka miliki. Kamu lebih baik mengingat tidak hanya yang telah kami lakukan dengan benar. Ingat. anda harus bertahan dengan orangorang yang mengembangkannya. kita mempekerjakan manusia. fokus dan tindakan yang sama. Tetapi pemimpin juga harus mendengarkan suara kecil yang mengatakan.

anda akan tetap memegang teguh nilai dan apa yang penting bagi anda dan organisasi. Tetapi suara kecil yang tenang. dan rekan yang bekerja sama dengan anda. dalam pelanggan yang anda layani. Bila anda mendengarkan suara itu dalam diri sendiri. dan mereka masih tidak bisa meraih hasil yang diharapkan. dalam orang yang anda pinpin. Mencapai tujuan yang besar. diraih melalui tindakan ytang besar yang dilakukan setiap hari. anda akan mengembangkan kebiasaan menjadi pemimpin yang melayani. Memimpin Adalah Pekerjaan yang Tidak Pernah Berhenti Kesuksesan pribadi dan organisasi bukanlah sifat dasar seseorang. Suara bising yang besar akan menciptakan energi dan semangat dan kadang-kadang kepercayaan diri ata chutzpa yang kita butuhkan untuk melangkah maju. yaitu tipe pemimpin yang paling baik. Bila anda mendengarkan suara kecil itu. mereka harus diraih setiap harinya.mungkin. itulah yang akan membawa kita ke sana. menjaga mata agar tidak terlepas dari tujuan yang besar. sbuah percakapan dan keputusan yang jujur adalah jalan terbaik. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful