P. 1
Kegunaan Photoshop Pada Foto Alam

Kegunaan Photoshop Pada Foto Alam

|Views: 665|Likes:
Published by cardinav
MAKALAH PHOTOSHOP Kegunaan Photoshop pada Foto Alam

Untuk Pemenuhan Tugas Mata Kuliah Softskill

Oleh: Carolina Dinda Avileti 2IA01 / 51410519

Universitas Gunadarma Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika 2011 – 2012
MAKALAH PHOTOSHOP Kegunaan Photoshop pada Foto Alam

Untuk Pemenuhan Tugas Mata Kuliah Softskill

Oleh: Carolina Dinda Avileti 2IA01 / 51410519

Universitas Gunadarma Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika 2011 – 2012

More info:

Published by: cardinav on Dec 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

MAKALAH PHOTOSHOP Kegunaan Photoshop pada Foto Alam

Untuk Pemenuhan Tugas Mata Kuliah Softskill

Oleh: Carolina Dinda Avileti 2IA01 / 51410519

Universitas Gunadarma Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika 2011 – 2012

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas berkatnya sehingga makalah dengan judul “MAKALAH PHOTOSHOP, Aplikasi Penggunaan Photoshop pada Foto Alam” berhasil saya selesaikan. Makalah ini bertujuan unuk pemenuhan tugas dengan tema multimedia dalam mata kuliah Softskill (Pengenalan Teknologi Internet dan New Media ). Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop atau Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Oleh karena itu, Photoshop dapat diaplikasikan pada foto alam atau foto bernuansa alam. Dengan tujuan memberikan sedikit informasi mengenai Photoshop serta aplikasinya pada foto, maka saya membuat makalah ini. Semoga makalah ini berguna bagi para pembaca sekalian. Demikianlah makalah ini saya buat, atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 20 Desember 2011 Hormat saya,

Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah 1.2 Batasan Masalah 1.3 Tujuan Penulisan 1 1 1

ii
iii

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Definisi Photoshop 2.2 Fitur-Fitur dalam Photoshop 2.3 Beberapa Kegunaan Photoshop pada Foto Alam 2.3.1 Manupulasi Foto yang Kusam dan Saturasi Rendah 2.3.2 Fine Art dalam 2 Menit 2.3.3 Gunakan Preset 2.3.4 Hard Contrast 2.3.5 Memberi Sentuhan Pop Art pada Foto Nature 2 2 3 3 6 7 8 8

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan 11

DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Berkembangnya teknologi dan gadget, membuat orang semakin berekplorasi mengenai berbagai hal di dunia ini, termasuk dalam foto. Dengan menggunakan kamera, kita dapat menangkap momen-momen yang istimewa. Namun terkadang, hasil foto yang kita dapat mengalami ketidaksempurnaan. Menggunakan Photoshop adalah salah satu solusinya.

1.2

Batasan Masalah
Saya membatasi masalah penulisan pada hal mengenai definisi Photoshop, fitur-fitur dalam Photoshop, dan kegunaan Photoshop pada foto alam

1.3

Tujuan Penulisan
Makalah ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui definisi dan itu-fitur pada Photoshop. 2. Mengetahui kegunaan Photoshop pada foto alam.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop atau Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3, dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

2.2 Fitur-Fitur dalam Photoshop
Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut. Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. file format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD. Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:

• • • • • •

RGB color model Lab color model CMYK color model Grayscale Bitmap Duotone

Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama “Photoshop CS2.” CS merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi Creative Suite buatan Adobe dan disebut “2″ karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan “warp,” versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF. Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter “reduce grain” (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk memperjelas perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photoshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

2.3

Beberapa Kegunaan Photoshop pada Foto Alam
2.3.1 Manupulasi Foto yang Kusam dan Saturasi Rendah
Saat memotret dibawah sinar matahari yang terik, terkadang sulit untuk membuat eksposur yang panjang. Cobalah memotret objek dibawah naungan bayang-bayang, misalnya di bawah pepohonan. Foto yang nanti dihasilkan mungkin terlihat kusam atau memiliki saturasi yang rendah. Namun Photoshop dapat menolong.

1. Foto Tanpa Kontras

Saat membuat foto seperti ini, kita bisa saja langsung menghapusnya. Foto ini tidak memiliki kontras dan saturasi yang rendah. Namun dengan beberapa klik pada Photoshop, foto ini dapat diperbaiki. Kita perlu untuk mengangkat warna hijau terang dan abu-abu pada daun. 2. Atur Hue dan Saturation

Pada menu Photoshop, klik menu image/adjustment/hue-saturation. Lalu masukkan nilai -4 untuk Hue dan +12 untuk Saturation. Pada menu dropdown “Edit” pilih warna hijau. Masukkan nilai -12 untuk Hue dan +48 untuk Saturation. Terakhir, masukkan angka -12 pada Lightness

3. Atur Level

Pada menu Photoshop, klik menu image/adjustment/level. Dua buah pengatur level berbentu segitiga berwarna hitam dan putihang berada pada “horison” mengatur gelap dan teang pada foto. Geser kedua segitiga tersebut masingmasing mendekati “kaki gunung” untuk menghasilkan foto yang kontras. Karena gambar masih terlalu terang, geser segtiga abu-abu sedikit ke kanan (0.89). 4. Atur Channel Red

Sekarang waktunya menambah sedikit sentuhan lagi pada foto. Untuk manambah kesan hangat, masuklah ke menu level lagi. Lalu pada dropdown menu, pilih channel Red dan geser slider putih ke kiri untuk manambah warna merah pada foto. Atur agar warna merah tidak tampil berlebihan.

2.3.2 Fine Art dalam 2 Menit

Kebun bunga baik dalam foto asli maupun digital, didominasi hanya oleh 2 warna saja, yaitu hijau dan warna bunga tersebut. Seperti halnya hitam dan putih. Dengan penanganan yang tepat, foto ini layak dipajang di ruangan Anda. Pertama-tama buka foto Anda di Photoshop. Lalu pilih menu image/adjustment/channel mixer. Centang box monochrome di bagian bawah menu. Pasang angka +32 pada channel red, +38 pada channel green, dan -72 pada channel blue. Untuk menambah kesan fine art, tambahkan vignet pada foto. Masuklah ke menu filter/distort/lens correction. Pada slider vignette, masukkan angka minus sesuai selera Anda, misalnya -40. Photoshop segera memberikan efek vignette pada foto Anda. Langkah terakhir, duplikat layer background dan set blending mode pada layer paling atas. Isi angka 20% atau lebih sesuai dengan keinginan Anda.

2.3.3 Gunakan Preset

Adjustment layer menjadi alternatif terbaik untuk mengkonversi foto berwana menjadi hitam putih. Dengan pilihan ini, parameter asli dari foto bisa di kembalikan secara instan. Cukup dengan menonaktifkan layer visibility yang diwakili oleh simbol mata pada layer palette. Pada window black and white terdapat pilihan preset yang berisi bermacam filter yang biasa digunakan untuk pemotretan bw (black and white) dan slider untuk mengontrol warna. Pilihan pengaturan yang cukup lengkap ini memudahkan bagi mereka yang senang mencoba berbagai setting. Hanya dengan menggeser slider dan lihat hasil akhirnya. Setting apapun yang digunakan, pada tahap akhir Anda disarankan untuk mengontrol tingkat kontras foto dengan fitur, seperti level.

2.3.4 Hard Contrast

Bunga daisy dengan latar belakang rumput tampak cantik namun sudah terlalu sering diabaikan. Setelah dikonversi menjadi foto bw, foto ini akan tampil lebih menonjol. Namun setelah dikonversi background tampak gelap. Untuk memperbaikinya, dapat dilakukan dengan adjustment layer/black white lalu menambah brightness pada background dengan menggeser slider hijau dan kuning. Untuk finishing, gunakan level untuk meningkatkan warna hitam.

2.3.5 Memberi Sentuhan Pop Art pada Foto Nature
Hanya beberapa klik pada Photoshop untuk membuat karya Pop Art dari foto Anda. Treatment seperti ini cocok untuk diaplikasikan dengan objek tunggal dengan background blurry (kabur atau berbayang).

1. Convert ke BW

Pertama-tama, ubah foto Anda menjadi hitam putih dang tombol adjustment layer yang berada di bagian bawah layer palette dan pilih black&white. Setelah itu sebuah layer bertuliskan black&white tampil di atas layer background. Pada tahap ini sebaiknya Anda tidak mengubah nilai kontras agar detail pada foto masih terjaga untuk proses berikutnya. 2. Gradient Map

Langkah selanjutnya, klik lagi tombol adjustment layer dan kali ini pilih gradient map. Pada box Gradient Used for Grayscale Mapping, pilih gradasi berwarna orange-kuningorange. Lalu foto secara otomatis berubah warna dan di atas layer black&white tampil layer baru bertuliskan gradient map.

3.

Level

Finishing akhir adalah memberikan koreksi kontras dengan menggunakan adjustment layer/level. Geser slider sesuai keinginan atau atur kontras dalam channel-channel yang tersedia. Kini karya Pop Art Anda sudah siap untuk diupload ke internet.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop atau Sotosop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Beberapa kegunaan Photoshop pada foto alam antara lain: membuat foto dengan efek gradasi warna (Manupulasi Foto yang Kusam dan Saturasi Rendah; Memberi Sentuhan Pop Art pada Foto Nature) dan membuat foto dengan efek hitam-putih (Fine Art dalam 2 Menit; Gunakan Preset; Hard Contrast).

DAFTAR PUSTAKA
“Ide Segar untuk Foto Nature Anda” [Praktik]. Chip. Kompas Gramedia, November 2011, h.63,66-69. http://alfhainfo.blogspot.com/2009/01/definisi-photoshop-dan-pengertian.html http://irfankg.wordpress.com/2011/01/14/definisi-photoshop/ http://www.zulfick.co.cc/2010/04/pengertian-adobe-photoshop.html

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->