Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikannya, tanpa Rahmat-Nya kami mungkin tidak sanggup untuk menyelesaikan makalah ini. Perkembangan dunia bisnis saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan itu hendaknya diimbangi pula dengan perkembangan sarana-sarana pendukung. Sarana-sarana tersebut diperlukan demi kelancaran dan kemudahankemudahan dalam dunia bisnis, namun sarana-sarana tersebut tidak lengkap jika tidak diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan dari orang-orang yang menggunakannya. Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar peluang untuk menjadi wirausahawan muda, dengan kemampuan yang terbatas seorang mahasiswapun sanggup untuk berwirausaha asalkan ada kemauan yang kuat dalam menjalankannya ini sesuai dengan tugas kami mengenai mata kuliah yang diajarkan yaitu Entrepreneur (wirausaha). Makalah ini memuat tentang bagaimana pentingnya untuk seseorang dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri, dan dalam makalah ini mengenai mahasiswa yang ingin membuka lapangan pekerjaan sendiri, atau bisa disebut juga wirausahawan muda yang ingin belajar mandiri tanpa harus meminta dari orang tua sendiri ataupun dari orang lain. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telahbekerja sama dalam menyelesaikan makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini belum sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun bagi penyempurnaan makalah ini. Kami berharap makalah ini dapat memberikan mafaat yang besar bagi para pengajar (Dosen Pengajar) dan para mahasiswa pada khususnya.

Bekasi, November 2011 Penulis

.…………………….………………………………………..………3 .iii A.2 BAB III PENUTUP…….………………………………… …………….....……1 B.……………………………………..DAFTAR ISI Kata pengantar………………………………………………………i Daftar isi…………………………………………………………….…………………………………………… A. Latar Belakang B.. Target PemasarandanKeunggulan…………. Tujuan BAB II Pembahasan………….. A. Kesimpulan & Saran…………………………………………………………..ii BABI Pendahuluan………. SejarahSingkatdan Modal……………………………………….

Dengan semakin banyak mahasiswa yang bepikiran untuk menjadi seorang wirausaha maka semakin banyak lapangan pekerjaan yang terbuka dan secara otomatis dapat meningkatkan taraf hidup bangsa yang lebih sejahtera. Pada dasarnya seorang anak ingin melanjutkan study untuk kuliah yaitu dengan harapan ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik salah satu contohnya yaitu menjadi Direktur. B.BAB I PENDAHULUAN A. jika lembaga pendidikan yang tersedia sudah sesuai dengan standar pendidikan di indonesia belum tentu jga berpengaruh terhadap mahasiswanya.Pegawai Bank dan lain-lain. dan dalam mata kuliah entrepreneur ini mahasiswa akan diberikan gambaran untuk menjadi seorang wirausaha muda yang dapat menghasilkan uang sendiri tanpa harus merepotkan orang tua maupun orang lain. . Padahal jika dilihat dari segi keuangan akankah lebih baik untuk menjadi seorang wirausaha.Manager. Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang berkembang dengan sangat cepat tentunya diimbangi dengan kemampuan penggunanya. selalu berorientasi ke masa depan yang lebih baik menjadikan generasi muda yang handal. tanpa harus ada pengangguran seperti sekarang ini. Tidak hanya itu berentrepreneur pada saat muda akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan karena dapat menambah wawasan kami dalam dunia usaha sekaligus untuk memberikan peluang kepada diri sendiri dan orang lain jika tidak mau bekerja dengan orang lain lebih baik membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain sekaligus untuk mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia sekarang ini. Tujuan Adapun tujuan dari makalah ini yaitu untuk membangun pribadi mahasiswa akan berwirausaha yang baik dimulai dari sejak dini.kreatif dan inovatif dalam berpikir demi kemajuan bangsa. Di era globalisasi ini tentunya banyak lembaga pendidikan yang ingin bersaing menjadi yang terbaik dalam menangani masalah pengangguran di indonesia.

Perjalanan kami bermula dari membeli barang dagang di salah satu tempat perbelanjaan yang mungkin lokasinya terbilang jauh dari tempat tinggal kami.rambut.segi pemasaran barang. Modal Modal awal yang kami miliki adalahsebesar Rp.kami membelanjakan modal kami tersebut dengan 2 tahap karena kami melihat target pemasaran di lapangan. Karena target pemasaran yang sudah lumayan cukup banyak.dll. dompet.Kami memilih lokasi tersebut karena menyangkut beberapa hal yaitu terjangkau dalam segi modal yang kami miliki.bross. .Dengan modal yang cukup lumayan untuk awal permulaan dalam bewirausaha. Sejarah Singkat Bermula dari mata kuliah entrepreneur.000 per 10 orang anggota kelompok.BAB II PEMBAHASAN A.kalung. Kami langsung membelanjakan modal kami ketempat perbelanjaan yang ada di daerah Kota. Kami memulai usaha pada hari minggu.dan segi terjangkaunya waktu yang kami miliki.tas. B. akhirnya kami melakukan pembelanjaan ke-2. gelang. kami diberi tugas untuk berwirausaha muda mandiri. Di minggu pertama kami mendapatkan omset sebesar 10% dari modal yang kami miliki kami merasa cukup senang karena awal permulaan kami sudah mendapatkan hasil yang cukup meskipun belum maksimal. kami membelanjakan dengan sisa modal yang kami miliki dan tambahan dari uang penjualan di minggu pertama kami. Usaha yang kami jalankan dibidang perdagangan yaitu menjual berbagai macam accesoris wanita seperti:jepitan.karena kami melakukan rintisan wirausaha sebagai pedagang kaki lima.untuk menambah omset kami. Kami dikelompokkan 1 kelompok 10 orang yang nantinya akan menjalankan suatu usaha. dengan hasil yang seperti itumenjadikan sebagai motivasi kami untuk lebih semangat dan giat lagi untuk menjalankan usaha ini.500.

Kami membuka usaha disalah satu tempat yang tidak sulit untuk dikunjungi customer. Limited edition hanyaada di toko kami . 3. 2.com”.C. Keunggulan Adapunkeunggulanproduk kami yaitu : 1. 2. Hargalebihterjangkau. D. 3. Relatiflebihbanyakpeminatnya. Target Pemasaran Pada tahap ini kami melakukan transaksi jual beli terhadap custumer ada 3 cara yaitu: 1. Dengan cara inilah kami memasarkan produk kami dengan harapan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha sendiri dan menghasikan uang sendiri tanpa harus merepotkan orang tua dan orang lain. 4. Kualitasbarangbagus.blogspot. Melakukan pemesanan lewat online karena kami sendiri telah memasarkan produk ini lewat internetdengannama blog “doremishop. yaitu di Puri Gading. Pesan langsung melalui kami sendiri.

Secara tidak disadari itu merupakan musuh yang tidak kita ketahu darimana datangnya. Dalam segala hal yang kita lakukan pasti ada ujian. Bila kita mampu menghadapinya maka tunggulah kesuksesan telah menunggu. Tapi kita juga jangan lupa berdoa karena dalam suatu hadis dikatakan “kejarlah akhiratmu maka dunia akan mengejarmu”jadi dalam melakukan usaha apapun harus diimbangi dengan keimanan. B. Kesimpulan Jadiusaha yang kami jalankanbelumterbilangusaha yang sukses karena kami sendiri masih tahap awal dalam membuka usaha. yakin denganusaha yang dijalankan. cobaan dan tantangannya. Memang kegagalan merupakan cambuk untuk sebuah kesuksesan tapi dibalik kegagalan itu pasti ada hikmahnya. Saran Kamimenyadaribahwamakalah yang kami buatbelumsempurnamakadariitu kami mengharapkankritikdan saran yang membangundaridosensertamahasiswa yang membacamakalahiniuntukkesempurnaanmakalah kami. . Ada pepetah bilang “masih banyak jalan menuju roma” kita memang harus selalu optimis dengan semuanya. Selain itu juga kita tidak boleh menyerah apalagi putus asa dalam melakukan usaha apa pun Karena semua yang kita lakukan pasti ada jalannya.Maka dari itu kunci kesuksesan dalam berentrepreneur adalah percaya diri.BAB III PENUTUP A. beraniuntukberinteraksidengan orang banyakyang memilikikarakteryang berbeda–beda. arahnya dan tujuanya tapi itu semua memang harus kita hadapi.

.

Kautsar  Ni Ketut Sri  Amanda Putri NIM: 12112634 12112728 12114810 12117039 12117244 12117917 12118117 12118196 12118123 12118591 .NamaKelompok:  DefitraFaan  ShelyKartikaHerli  Josani  RiskaUtamiDewi  InezaMelani  IntanRistiyani  ErfinEkaIndriyati  M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful