Setiap inci bagian tubuh kita memperlihatkan adanya eksistensi sebuah organisasi.

Mulai dari Sistem-sistem yang ada di dalam tubuh kita, sampai pada unit terkecil dalam tubuh kita, yaitu sel. Sel adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup. Sel sebagai suatu unit kehidupan tidak lepas dari proses beroraganisasi sejak terbentuknya zigot. Sel memiliki sebuah inti (nucleus) yang mengatur segala aktivitas sel tersebut. Layaknya sebuah organisasi, sel tanpa sebuah inti tidak dapat menjalankan kehidupannya. Sebuah organisasi dalam menjalankan eksistensinya membutuhkan seorang pemimpin. Inti selsebagai pemimpin memiliki sebuah Materi Genetik yang berfungsi sebagai sumber informasi, komando, pengaturan segala aktivitas sel. Materi genetik ini diperankan oleh molekul DNA(deoxyribonucleic acid). Sistem informasi genetik yang dimiliki DNA berupa urutan basa nitrogen yang nantinya diterjemahkan ke dalam urutan asam aminoprotein penyusun . Melalui protein inilah aktifitas sel dapat dilakukan, komponen sel dapat dibentuk, reaksi-reaksi kimia di dalam sel dapat berjalan dan sifat-sifat pewarisan dari suatu organisme dapat dimunculkan.

Sel sebagai suatu organisasi memiliki organel-organel spesifik yang memiliki peran penting dalam menjalankan program atau perintah dari inti sel. Tiap organel dalam sel memiliki fungsi masing-masing dan saling berintegrasi dalam mewujudkan tujuan bersama, yaitu eksistensi sel dalam menjalankan kehidupannya. Pelaksanaan fungsi tiap unit kerja di dalam sel berlangsung secara kompak, bekerja sama sebagai satu kesatuan tim kerja. Apabila salah satu saja komponen sel terganggu kinerjanya, maka eksistensi sel juga terganggu. Sel-sel yang memilki fungsi yang sama jika bergabung dan bekerja sama untuk melaksanakan suatu fungsi tertentu disebut dengan jaringan. Jaringan-jaringan di dalam tubuh bekerja sama untuk menjalankan fungsi tertentu dikenal dengan nama organ. Kumpulan organ yang membentuk suatu sistem di dalam tubuh disebut sebagai sistem organ, seperti sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem reproduksi dan sistem yang lainnya. Tingkatan organisasi di dalam tubuh kita beranjak dari sel, jaringan, organ dan sistem organ.

com/2009/02/12/belajar-organisasi/ .http://wordbiology.wordpress.

jaringan saraf. 3. dan jaringan ikat • extermely fungsi yang kompleks menjadi mungkin . Sel merupakan unit kehidupan dasar. • • • Jaringan • • Sebuah jaringan (tidak Kleenex) adalah sekelompok sel dengan struktur yang sama melakukan fungsi yang sama Ada empat tipe dasar dari jaringan yang ditemukan dalam tubuh manusia: o Epitel o Ikat o Berotot o Syaraf Organ • terdiri dari dua atau lebih jenis jaringan. Ada berbagai jenis sel dalam tubuh seperti sel darah. Kelompok bentuk jaringan organ.1. sel otot. jaringan otot. Sel • Sebuah asosiasi molekul menghasilkan tingkat berikutnya organisasi . dan sel-sel tulang. 4. Organel adalah agregat dari makromolekul yang digunakan untuk melakukan pengurapan tertentu dalam sel. Jaringan adalah kelompok sel berfungsi bersama-sama. 2. Kelompok fungsi organ bersama sebagai sistem organ.Sel Sel adalah unit dasar dari makhluk hidup Ini memiliki struktur subselular disebut organel. sel saraf. Contoh: o Usus menyerap makanan kecil yang terbuat dari semua empat jenis jaringan o o Perut adalah organ itu terdiri dari jaringan epitel.

Fungsi dari Struktur dan Organel-Organel Sel Fungsi Struktur Sel – Sebagai barier . Lipid 4 %.SEL merupakan unit struktural terkecil penyusun tubuh manusia dan terdiri dari organel-organel yang menjalankan fungsi masingmasing untuk berbagai aktivitas tubuh Struktur dasar sel : – – Membran Protoplasma – Nukleus Struktur Membran sel manusia tersusun dari lapisan ganda molekul lipid dengan beberapa protein globular yang tertanam di dalamnya. Fosfolipid 25 %. Tebal lapisan membran : 6 – 10 nm Komposisi : Protein 55 %. Kolesterol 13 %. Karbohidrat 3 %.

Limpa -Mata .Duodenum .Otak .Ginjal .Paruparu .Usus .Zakar Sistem tubuh manusia         Sistem kardiovaskular: memompa darah ke seluruh tubuh Sistem pencernaan: pemrosesan makanan yang terjadi di dalam mulut.Paratiroid .Ovarium .Kandung empedu .Pituitari .Tiroid .Thymus .Vena .Lambung . mengirim.Hati .Pankreas . perut.Jantung .– Pembawa materi hereditas – Pelaksana aktivitas metabolik 1.Rahim . rambut Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah Sistem otot: menggerakkan tubuh Sistem saraf: mengumpulkan.Appendiks .Kunci paha . dan memproses informasi dalam otak dan saraf .Esofagus .Prostat .Organel yang aktif dalam metabolisme sel RETICULUM ENDOPLASMA (RE) RE granula sbg tempat sintesis protein RE agranula Sbg tempat sintesis dan metabolisme asam lemak dan fosfolipid APARATUS GOLGI Membawa dan mengarahkan protein keluar sel ke tempatnya yang tepat LISOSOM Sebagai sistem pencernaan intrasel yang akan mencerna dan membuang bahan-bahan yang tidak dibutuhkan RIBOSOM Sebagai tempat sintesis protein MITOKONDRIA Sebagai alat respirasi (pembentukan energi) VAKUOLA / GELEMBUNG Sebagai alat transportasi Organ dalam Nama-nama umum organ dalam (secara alfabetis) : Adrenalin .Kandung kemih . dan usus Sistem endokrin: komunikasi dalam tubuh dengan hormon Sistem kekebalan: mempertahankan tubuh dari serangan benda yang menyebabkan penyakit Sistem integumen: kulit.Kulit .

Sesuai namanya. selaput kaki pada kulit katak membantu dalam pergerakan g. jaringan pengikat berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh. Penerima rangsang. kulit katak berfungsi sebagai alat pernapasan h. mengatur tekanan osmosis dalam tubuh e. Eksotelium: epitel yang membungkus bagian luar tubuh 2. Jaringan epitel terdiri dari 3 macam: 1. kulit yang menanggapi rangsang dari luar g. misalnya pada usus yang menyerap sari-sari makanan b. Mesotelium: epitel yang membatasi rongga tubuh Fungsi jaringan epitelium yakni: a. sebagai organ sekresi dan penyerapan.    Sistem reproduksi: organ seks Sistem pernafasan: organ yang digunakan bernafas. Transportasi. • Jaringan otot. kulit melindungi jaringan tubuh di bawahnya f. Ada lima kelompok jaringan dasar yang membentuk tubuh manusia:  Jaringan epitelium. contohnya testis yang mensekresikan sperma c. Jaringan ini berfungsi untuk melindungi organ yang dilapisinya. Endotelium: epitel yang melapisi organ dalam tubuh 3. Absorpsi. Jaringan yang disusun oleh lapisan sel yang melapisi permukaan organ seperti permukaan kulit. Alat gerak. . paru-paru Sistem rangka: sokongan dan perlindungan struktural dengan tulang Sistem urin: ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin Jaringan dalam biologi adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. Pernapasan. Mengatur suhu tubuh. Proteksi. kulit yang mengeluarkan keringat d. Contoh jaringan ini adalah jaringan darah. kulit mengatur suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat jika tubuh kepanasan • Jaringan pengikat. Sekresi. Ekskresi.

otot lurik yang dapat ditemukan pada rangka tubuh. • Jaringan saraf.organ saling bergantung dan saling memengaruhi satu sama lainnya. dan jaringan saraf.Jaringan otot terbagi atas tiga kategori yang berbeda yaitu otot licin yang dapat ditemukan di organ tubuh bagian dalam. jaringan ikat.dan menguatkan bentuk tubuh organ adalah kelompok jaringan yang melakukan beberapa fungsi.melindungi tubuh. . setiap organ tidak bekerja sendirisendiri. jaringan epitel. Sistem Organ merupakan bentuk kerjasama antar organ untuk melakukan fungsi . Penyusun organ adalah beberapa jenis jaringan yang terorganisir dan saling berkaitan satu dg lainnya. Struktur usus halus terdiri dari jaringan otot. Dalam melaksanakan kerja sama ini.fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsung di dalam tubuh suatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organisme yang bersangkutan. • Jaringan penyokong adalah jaringan yang terdiri dari jaringan tulang rawan dan jaringan tulang yang berfungsi untuk memberi bentuk tubuh. berfungsi mencerna dan menyerap sari-sari makanan. Contoh: usus halus. adalah jaringan yang berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsangan. melainkan organ . Sistem pencernaan A. dan otot jantung yang dapat ditemukan di jantung. Organ Organ merupakan bagian tubuh yang memiliki satu atau lebih fungsi tertentu.

Kelenjar buntu (endokrin) Fungsi: menghasilkan hormon untuk mendorong pertumbuhan. trakea / trakhea. uretra 8. hati (racun) dan kulit (keringat). testis) dan betina (ovarium. pelindung organ internal. 3. Kulit (integumen) Fungsi: pelindung tubuh Penyusun: kulit dan derivatnya. pembuluh darah. Penyusun: kelenjar tiroid. paru-paru (karbon dioksida). Terdiri dari hidung. menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. darah. Sistem Ekskresi Sistem ekskresi berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangannya terhadap lingkungan. ureter. perkembangan dan koordinasi aktifitas tubuh.html Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu. usus halus. Terdiri atas ginjal. kelenjar pituitari dan kelenjar adrenal 5. lambung. Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Sistem Pada Badan Manusia 1. usus besar. Pencernaan Fungsi: memproses makanan Penyusun: mulut. Respirasi Fungsi: bernapas (pertukaran udara) Penyusun: hidung. 31 pasang saraf spinal.B. laring. Penyusun: tulang & otot 2. Sirkulasi Fungsi: transportasi darah dan cairan limfa Penyusun: jantung. paru-paru 6. bronki dan paru-paru. kantong kemih. mengatur keseimbangan osmotik darah Penyusun: ginjal. 3.blogspot. faring. kelenjar pencernaan 7. alat gerak. kelenjar paratiroid. Eksresi (ginjal) Fungsi: pengeluaran sisa-sisa metabolisme. sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik 4. http://biocyberway. Reproduksi Fungsi: perkembangbiakan Penyusun: organ kelamin pada jantan (penis. Sistem Pernapasan / Sistem Pernafasan Sistem pernapasan adalah sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen. faring. Saraf Fungsi: koordinasi aktifitas tubuh Penyusun: otak. pembuluh limfa. kerongkongan. anus. uterus) 9. Sistem Pencernaan .com/2008/04/organ-dan-sistem-organ. 2. 12 pasang saraf kranial. Sistem Organ Sistem organ merupakan gabungan dari berbagai organ yang melaksanakan satu fungsi dalam koordinasi tertentu. Berikut ini berbagai sistem dalam tubuh beserta fungsinya dan organ penyusunnya: 1. Gerak Fungsi: penyokong. tenggorokan/trakea.

tulang rusuk. tempat pembentukan sel darah. kerongkongan. tulang angota badan atas dan bawah. menyebar sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa ke luar tubuh. hati dan pankreas. pembuluh arteri. rangka penopang tulang bahu. Terdiri atas jantung. ovarium dan bagian alat kelamin lainnya. otot jantung dan otot rangka. Sistem Syaraf/ Sistem Saraf Sistem saraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan. Terdiri dari otak. menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. 4. rangka penopang tulang pinggul. 5. 8. lambung.Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia. tulang belakang. Terdiri dari testis. Sistem Rangka Sistem adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral. Terdiri atas otot polos. Terdiri atas kelenjar tiroid. pembuluh vena. 9. 6. tempat melekatnya otot rangka. 7. Terdiri dari mulut. melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh. kelenjar pankreas. Sistem Otot Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi seperti untuk alat gerak. Terdiri dari tengkorak. Sistem Peredaran / Transportasi Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit. http://organisasi. kelenjar kelamin. simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf. pembuluh kapiler.org/definisi-pengertian-organ-sistem-organ-fungsi-serta-macam-jenissistem-tubuh-manusia . rektum. Sistem Reproduksi Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. kelenjar hipofisa/putuitari. pembuluh getah bening (limfatik) dan kelenjar limfe. saraf tulang belakang. Sistem Endoktrin Sistem endoktrin adalah sistem yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh. kelenjar paratiroid dan kelenjar buntu. kelenjar suprarenal.